Re: Ganti air radiator beda merk
Posted: Wed Nov 14, 2018 5:50
Coolant buatan lokal yg Silicate free
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Waduhh gt ya om, udah terlanjur saya top up pake prestone ijo lagi. Dr hampir nyetuh batas low, saya top up sampe batas high. Gapapa kah? Apa mendingan kuras?Turboman wrote: ↑Wed Nov 14, 2018 5:48kalo kurang dikit Top Up pake Amidis ajablueflag1905 wrote:Om mau tanya, mobil ane splash, selama ini msh pake coolant asli suzuki, nah ini di reservoir udah agak kurang, trs ane beli prestone hijau. Dicampur gapapa ga ya? Agak khawatir nih mau nyampur
Coolant2 mobil Jepang std nya kan Silucate free ?
Prestone ijo terang bukannya masi ada Silicate nya ?
Pake coolant aja terusRamdaniram wrote: ↑Fri Nov 16, 2018 15:08 Saya baru ganti air radiator dari air aqua ke cairan coolant, radiator baru pemakaian selama 3 bulanan kurang lebih mengunakan air aqua, apakah aman saya gunakan air coolant itu ? Tapi pas di kuras pas di keluarin air pertama itu ga ada kottoran atau keliatan air berwarna coklat gatau karena sekali buang, nah sesudah buang saya isi aja cairan coolant itu warna merah pas di nyalain mesin aman aja kok, tapi selama setengah jaman itu juga ga ada masalah yang di timbulkan amper radiator normal belum di pake jalan si gatau kalau lebih dari itu mah, nah saya mau nanya apakah saya harus kembaliin lagi aja ke air aqua ? Apa gimana ? Aman ga kalau kembali pake air aqua ? Apa lanjutin aja itu pake coolantnya, mungpung belum jauh saya pemakainya belum di apa apain lagi juga, mohon solusinya yah
Dari pengalaman saya, wajar saja kalau coolant radiator berkurang bila mobil dipakai jalan jarak jauh (lebih dari 1000 km) cuma berkurang nya sedikit saja atau beberapa mili. Kalau berkurangnya banyak maka baru tidak wajar, apalagi sampai dibawah batas bawahnya.Dxo24 wrote:om om sekalian, wajarkah kalo air coolant berkurang? saya sekitar 6 bulan lalu abis korok radiator dan nambal karena ada lobang kecil sekali, jd akhirnya saya putuskan utk ditambal dulu krn belum terlalu bermasalah. nah setelah beberapa minggu ini, air coolant berkurang beberapa mili, jd saya beberapa kali nambahin pake air accu krn memang terpaksa daripada pakai air sumur.
ohiya pada waktu abis jalan, dicek tdk ada rembesan dr air coolant. lalu air coolant nya pakai yg non merk warnanya hijau
Betul sekali.. kemarin saya baru ganti pipa radiator & rumah thermostat sx4 2008 karena bocor akibat keropos. Padahal sejak dari tangan 1 selalu pake coolant, walo dulu pake coolant hijau & setelah saya pake saya ganti prestone botol kuning tutup merah.Jambangan wrote:Pake coolant aja terusRamdaniram wrote: ↑Fri Nov 16, 2018 15:08 Saya baru ganti air radiator dari air aqua ke cairan coolant, radiator baru pemakaian selama 3 bulanan kurang lebih mengunakan air aqua, apakah aman saya gunakan air coolant itu ? Tapi pas di kuras pas di keluarin air pertama itu ga ada kottoran atau keliatan air berwarna coklat gatau karena sekali buang, nah sesudah buang saya isi aja cairan coolant itu warna merah pas di nyalain mesin aman aja kok, tapi selama setengah jaman itu juga ga ada masalah yang di timbulkan amper radiator normal belum di pake jalan si gatau kalau lebih dari itu mah, nah saya mau nanya apakah saya harus kembaliin lagi aja ke air aqua ? Apa gimana ? Aman ga kalau kembali pake air aqua ? Apa lanjutin aja itu pake coolantnya, mungpung belum jauh saya pemakainya belum di apa apain lagi juga, mohon solusinya yah [emoji120]
Mobil apapun harusnya pake coolant
Entah kenapa sering liat mobkas tahun baru isi reservoir radiatornya air biasa
Udah ga selera liatnya pasti bakalan bermasalah terus tuh cooling systemnya kedepannya
Jambangan wrote: ↑Thu Nov 22, 2018 12:27Pake coolant aja terusRamdaniram wrote: ↑Fri Nov 16, 2018 15:08 Saya baru ganti air radiator dari air aqua ke cairan coolant, radiator baru pemakaian selama 3 bulanan kurang lebih mengunakan air aqua, apakah aman saya gunakan air coolant itu ? Tapi pas di kuras pas di keluarin air pertama itu ga ada kottoran atau keliatan air berwarna coklat gatau karena sekali buang, nah sesudah buang saya isi aja cairan coolant itu warna merah pas di nyalain mesin aman aja kok, tapi selama setengah jaman itu juga ga ada masalah yang di timbulkan amper radiator normal belum di pake jalan si gatau kalau lebih dari itu mah, nah saya mau nanya apakah saya harus kembaliin lagi aja ke air aqua ? Apa gimana ? Aman ga kalau kembali pake air aqua ? Apa lanjutin aja itu pake coolantnya, mungpung belum jauh saya pemakainya belum di apa apain lagi juga, mohon solusinya yah
Mobil apapun harusnya pake coolant
Entah kenapa sering liat mobkas tahun baru isi reservoir radiatornya air biasa
Udah ga selera liatnya pasti bakalan bermasalah terus tuh cooling systemnya kedepannya
pengalaman nyata, kijang kapsul dengan air biasa tanpa coolant, suhu menunjukkan lebih dari setengah, panas !. Setelah ganti coolant merek Top One lumayan lebih adem, penunjuk suhu selalu dibawah setengah.Ramdaniram wrote: ↑Fri Nov 16, 2018 15:08 Saya baru ganti air radiator dari air aqua ke cairan coolant, radiator baru pemakaian selama 3 bulanan kurang lebih mengunakan air aqua, apakah aman saya gunakan air coolant itu ? Tapi pas di kuras pas di keluarin air pertama itu ga ada kottoran atau keliatan air berwarna coklat gatau karena sekali buang, nah sesudah buang saya isi aja cairan coolant itu warna merah pas di nyalain mesin aman aja kok, tapi selama setengah jaman itu juga ga ada masalah yang di timbulkan amper radiator normal belum di pake jalan si gatau kalau lebih dari itu mah, nah saya mau nanya apakah saya harus kembaliin lagi aja ke air aqua ? Apa gimana ? Aman ga kalau kembali pake air aqua ? Apa lanjutin aja itu pake coolantnya, mungpung belum jauh saya pemakainya belum di apa apain lagi juga, mohon solusinya yah
buset pake air sawah
ane pernah pake coolant top 1 di swift mayan jg omilhami wrote: ↑Fri Nov 23, 2018 2:59
pengalaman nyata, kijang kapsul dengan air biasa tanpa coolant, suhu menunjukkan lebih dari setengah, panas !. Setelah ganti coolant merek Top One lumayan lebih adem, penunjuk suhu selalu dibawah setengah.
Coolant titik didih nya lebih tinggi dari air biasa, diatas 100C. Kalau pakai air biasa, akibat efek overheat diatas, air bisa mendidih cepat habis karena tekanan uap akan mendorong klep terbuka sehingga uap air keluar. Dan air yang mendidih itu kemampuan pendinginannya jauh berkurang.
Ini gatau bener apa gak ya um karena berdasarkan nonton Yusup...dulu saya juga pernah kuras cuman drain n refill kondisi mesin mati, dalam 3 hari udah ampe kurang dr low. Terus drpd takut kenapa2, coba nguras lg tp setelah liat cara orang di Yusup, yakni setelah drain n refill, nyalain mesin sampe 10-15 menit sambil tutup radiator dibuka. Pas kipas muter, si coolant gerak n agak turun. Saat turun isi lg pertahanin ketinggian di leher radiator. Pas proses gitu ada gelembung2 keluar juga, target kita sampe gelembungnya ilang sih, jd total bisa 15-25 menit mesin nyala. Nah setelah metode kedua ini sih pas ngecek 1 minggu, 2 minggu dst ga kurang lg. Nyoba lg metode sama bulan lalu di 2 mobil beda, no problemo juga.erwinign wrote: ↑Wed Dec 05, 2018 14:28 Mau nanya, 2 minggu lalu saya kuras coolant bawaan pabrik pake prestone ijo botol kuning (ready to use). Tadi siang saya cek, di botol reservoir dkt aki coolant nya hampir kosong, bahkan dibawah low. Akhirnya sy tambahin pake sisa yg ada di botol. Kira2 ini kenapa ya? Selama ini belum pernah ada masalah soal coolant ac dkk. Temperatur mesin juga oke. Apa coolant nya yg ndak cocok ya? Mobil br 4th padahal
Yg saya bold, itu krn masih ada ruang kosong di jalur cooling system.josomba wrote: ↑Thu Dec 06, 2018 0:14Ini gatau bener apa gak ya um karena berdasarkan nonton Yusup...dulu saya juga pernah kuras cuman drain n refill kondisi mesin mati, dalam 3 hari udah ampe kurang dr low. Terus drpd takut kenapa2, coba nguras lg tp setelah liat cara orang di Yusup, yakni setelah drain n refill, nyalain mesin sampe 10-15 menit sambil tutup radiator dibuka. Pas kipas muter, si coolant gerak n agak turun. Saat turun isi lg pertahanin ketinggian di leher radiator. Pas proses gitu ada gelembung2 keluar juga, target kita sampe gelembungnya ilang sih, jd total bisa 15-25 menit mesin nyala. Nah setelah metode kedua ini sih pas ngecek 1 minggu, 2 minggu dst ga kurang lg. Nyoba lg metode sama bulan lalu di 2 mobil beda, no problemo juga.erwinign wrote: ↑Wed Dec 05, 2018 14:28 Mau nanya, 2 minggu lalu saya kuras coolant bawaan pabrik pake prestone ijo botol kuning (ready to use). Tadi siang saya cek, di botol reservoir dkt aki coolant nya hampir kosong, bahkan dibawah low. Akhirnya sy tambahin pake sisa yg ada di botol. Kira2 ini kenapa ya? Selama ini belum pernah ada masalah soal coolant ac dkk. Temperatur mesin juga oke. Apa coolant nya yg ndak cocok ya? Mobil br 4th padahal
Entah deh tuh kenapa gitu, CMIIW.
Kalo saya, saya pake aquadest/air ac + radiator flush buat nguras coolant yg lama. Sirkulasikan sampai air yg terbuang bening tdk berbusa (gak ijo lagi), baru buang airnya lewat kran bawah radiator.touchme wrote: ↑Thu Dec 06, 2018 1:54 nambain sharing, ane kalo nguras radiator urutannya:
1. buka tap buangan air radiator dan setelah habis tutup lagi.
2. buka selang atas yang balik ke radiator, lalu tutup lubang selang yang diradiator pakai plastik dan dikaretin. isi penuh radiator pake coolant. tutup radiator biarin terbuka..
3. minta bantuan orang laen buat idupin mesin dan rev ke 1500-2000 rpm. tujuannya biar suhu mesin naik dan termostat ngebuka (ane ga suka bebongkaran termostat kalo ga perlu) supaya coolant baru dari radiator tersirkulasi dan mendorong keluar sisa coolant yang ada di water jacket
4. begitu air mulai mengalir keluar (hati-hati air dari waterjacket panas) ikuti dengan tuang coolant keradiator lalu perhatiin air yang keluar... kalo warnanya uda bening seperti coolant baru dan air bisa ngalir lancar tanpa ada udara lagi, minta asisten matiin mesin.
5. pasang kembali selang, tambah coolant sampai penuh dan tutup capnya. kuras juga reservoirnya.
6. rev mesin lagi 5-10menit sampai suhu mesin normal sambil perhatikan apa ada kebocoran. tambah air di reservoir kalo berkurang. selesai. total coolant yang kepake sekitar 1 3/4 galon mobil innova bensin. biasa sisa coolantnya ane bawa dimobil buat jaga-jaga.
ane nguras 1-1,5 taun sekali tanpa liat kilometer. 13 taon mobil dipiara blom pernah nemu masalah radiator.. dan tiap kali nguras coolant yang keluar selalu bening tanpa ada tanda karat. coolant yang dipake gado gado sedapetnya aja dari toyota, prestone ijo ampe prestone long life coolant concentrate yang dioplos dulu pake aquades..
kalo untuk nambain ane usahain slalu pake coolant. ogah pake air lain karna diluted dong coolantnya
kalo saya kuras coolant, gak pernah pake ritual pemanasan seperti itu. setelah semua selesai, coolant di reservoir selalu saya lebihkan (diatas upper). nanti nya setelah pemakaian saya cek lagi, kadang pas garis upper dan kadang sedikit dibawah garis upper. di motor juga saya terapkan hal yang samajosomba wrote: ↑Thu Dec 06, 2018 0:14Ini gatau bener apa gak ya um karena berdasarkan nonton Yusup...dulu saya juga pernah kuras cuman drain n refill kondisi mesin mati, dalam 3 hari udah ampe kurang dr low. Terus drpd takut kenapa2, coba nguras lg tp setelah liat cara orang di Yusup, yakni setelah drain n refill, nyalain mesin sampe 10-15 menit sambil tutup radiator dibuka. Pas kipas muter, si coolant gerak n agak turun. Saat turun isi lg pertahanin ketinggian di leher radiator. Pas proses gitu ada gelembung2 keluar juga, target kita sampe gelembungnya ilang sih, jd total bisa 15-25 menit mesin nyala. Nah setelah metode kedua ini sih pas ngecek 1 minggu, 2 minggu dst ga kurang lg. Nyoba lg metode sama bulan lalu di 2 mobil beda, no problemo juga.erwinign wrote: ↑Wed Dec 05, 2018 14:28 Mau nanya, 2 minggu lalu saya kuras coolant bawaan pabrik pake prestone ijo botol kuning (ready to use). Tadi siang saya cek, di botol reservoir dkt aki coolant nya hampir kosong, bahkan dibawah low. Akhirnya sy tambahin pake sisa yg ada di botol. Kira2 ini kenapa ya? Selama ini belum pernah ada masalah soal coolant ac dkk. Temperatur mesin juga oke. Apa coolant nya yg ndak cocok ya? Mobil br 4th padahal
Entah deh tuh kenapa gitu, CMIIW.
IMHO, ritual pemanasan perlu dilakukan supaya tidak ada udara yg terjebak di jalur coolant system.iwing wrote: ↑Thu Dec 06, 2018 7:17kalo saya kuras coolant, gak pernah pake ritual pemanasan seperti itu. setelah semua selesai, coolant di reservoir selalu saya lebihkan (diatas upper). nanti nya setelah pemakaian saya cek lagi, kadang pas garis upper dan kadang sedikit dibawah garis upper. di motor juga saya terapkan hal yang samajosomba wrote: ↑Thu Dec 06, 2018 0:14Ini gatau bener apa gak ya um karena berdasarkan nonton Yusup...dulu saya juga pernah kuras cuman drain n refill kondisi mesin mati, dalam 3 hari udah ampe kurang dr low. Terus drpd takut kenapa2, coba nguras lg tp setelah liat cara orang di Yusup, yakni setelah drain n refill, nyalain mesin sampe 10-15 menit sambil tutup radiator dibuka. Pas kipas muter, si coolant gerak n agak turun. Saat turun isi lg pertahanin ketinggian di leher radiator. Pas proses gitu ada gelembung2 keluar juga, target kita sampe gelembungnya ilang sih, jd total bisa 15-25 menit mesin nyala. Nah setelah metode kedua ini sih pas ngecek 1 minggu, 2 minggu dst ga kurang lg. Nyoba lg metode sama bulan lalu di 2 mobil beda, no problemo juga.erwinign wrote: ↑Wed Dec 05, 2018 14:28 Mau nanya, 2 minggu lalu saya kuras coolant bawaan pabrik pake prestone ijo botol kuning (ready to use). Tadi siang saya cek, di botol reservoir dkt aki coolant nya hampir kosong, bahkan dibawah low. Akhirnya sy tambahin pake sisa yg ada di botol. Kira2 ini kenapa ya? Selama ini belum pernah ada masalah soal coolant ac dkk. Temperatur mesin juga oke. Apa coolant nya yg ndak cocok ya? Mobil br 4th padahal
Entah deh tuh kenapa gitu, CMIIW.
Thanks om buat penjelasannya. pemanasan itu berarti bener buat keluarin udara kosong itu ya.adityabp wrote: ↑Thu Dec 06, 2018 4:17 Yg saya bold, itu krn masih ada ruang kosong di jalur cooling system.
Jadi ketika mesin mati dan suhu mesin turun, terciptalah ruang vakum yg menyedot coolant dari reservoir.
anda lebih beruntung dari saya.
Dulu waktu saya pertama kali DIY ganti coolant, saya ngalamin hal yg lebih parah.
Baru jalan 300an meter dari rumah, tiba2x overheat. Saya buka kap, coolantnya ternyata luber dari reservoir ampe berceceran di jalan.
Terpaksa balik kanan sambil terseok-seok, krn tiap kali jarum temp gauge naik, mesti brenti matiin mesin dulu.