Page 2 of 24

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Mon May 22, 2017 3:46
by daftar
Turboman wrote: Sun May 21, 2017 23:05 Coolant yg warna hijau muda cerah itu mengandung Silicate

pemakaian maksimal 2 tahun atau leboh baik lagi gak sampe 2 tahun ganti, kalo engga lama2 akan bikin endaoan coklat
Nah bener ini, cuman endapan ini asalnya dari mana ya, apakah endapan dari caira coolant atau dari karat :e-think:

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Mon May 22, 2017 5:14
by Hanggar
Saya dulu piara Nissan March matic selama 4,5 tahun ngak pernah kuras radiator . . . .soale pas servis di Beres belum masa nya. Paling air di reservoir turun sedikit.

Re: RE: Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Mon May 22, 2017 5:41
by Herman7103
Hanggar wrote:Saya dulu piara Nissan March matic selama 4,5 tahun ngak pernah kuras radiator . . . .soale pas servis di Beres belum masa nya. Paling air di reservoir turun sedikit.
Sama om, saya juga skrg pelihara ANGL CVT 2014 sampe skrg blm pernah kuras cuma beberapa bln lalu beli radiator coolant di beres rupanya merk Prestone dgn cairan warna hijau ready use yg saya pake utk top up supaya ke batas atas.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app


Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Mon May 22, 2017 5:46
by michaelgiri93
Uhm kalau di manual miras saya pertama ganti coolant setelah 5 tahun, setelah itu tiap 3 tahun ganti

Re: RE: Re: RE: Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Mon May 22, 2017 5:49
by Herman7103
Herman7103 wrote:
Hanggar wrote:Saya dulu piara Nissan March matic selama 4,5 tahun ngak pernah kuras radiator . . . .soale pas servis di Beres belum masa nya. Paling air di reservoir turun sedikit.
Sama om, saya juga skrg pelihara ANGL CVT 2014 sampe skrg blm pernah kuras cuma beberapa bln lalu beli radiator coolant di beres rupanya merk Prestone dgn cairan warna hijau ready use yg saya pake utk top up supaya ke batas atas.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app
Sorry saya update warna cairan nya biru bukan hijau.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app


Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Mon May 22, 2017 5:49
by coklatMetalik
adityabp wrote: Mon May 22, 2017 3:40
coklatMetalik wrote: Mon May 22, 2017 2:50 Kalo kuras radiator yg tadinya pake air biasa mau ganti ke coolant apa ada prosedur khusus?
Yg pasti siap2x radiator mampet krn tersumbat karat yg rontok dari waterjacket krn kena antikaratnya coolant.
Utk membuang karat dari jeroan mesin, harus dikuras pake coolant dalam jumlah banyak.
Selang radiator atas harus dilepas spy karat yg terbawa coolant langsung terbuang, tidak menyumbat radiator.
Kalo bisa radiator juga diganti baru, spy deposit karat yg sdh lama terbentuk di radiator yg lama tdk terbawa masuk kembali ke mesin.
Tergerusnya deposit karat di radiator juga bisa bikin radiator bocor.
Semoga membantu.
Wah brarti cara mudahnya ganti radiatornya aja sekalian ya...

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Mon May 22, 2017 6:43
by lorensiuswlt
btw untuk kuras full, itu harus buang semua coolant dari radiator dan blok mesin kan? di e36 aga ribet untuk kuras yang diblok mesin, drain bolt yang di blok mesin susah amat diakses kecuai ngolong dari bawah pake lifter, tapi siap2 mandi air radiator kalau bukanya ga pelan2. Ada cara yang ga ribet ga ya buat kuras coolant di blok mesin?

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Mon May 22, 2017 6:52
by adityabp
coklatMetalik wrote: Mon May 22, 2017 5:49
adityabp wrote: Mon May 22, 2017 3:40
coklatMetalik wrote: Mon May 22, 2017 2:50 Kalo kuras radiator yg tadinya pake air biasa mau ganti ke coolant apa ada prosedur khusus?
Yg pasti siap2x radiator mampet krn tersumbat karat yg rontok dari waterjacket krn kena antikaratnya coolant.
Utk membuang karat dari jeroan mesin, harus dikuras pake coolant dalam jumlah banyak.
Selang radiator atas harus dilepas spy karat yg terbawa coolant langsung terbuang, tidak menyumbat radiator.
Kalo bisa radiator juga diganti baru, spy deposit karat yg sdh lama terbentuk di radiator yg lama tdk terbawa masuk kembali ke mesin.
Tergerusnya deposit karat di radiator juga bisa bikin radiator bocor.
Semoga membantu.
Wah brarti cara mudahnya ganti radiatornya aja sekalian ya...
Ya.
Apesnya kalo ternyata ada sisa deposit karat yg bandel yg baru rontok setelah mobil jalan sekian lama, radiator bisa mampet :D
Ciri radiator mampet : Coolant di botol cadangan naik tinggi banget kalo mesin panas banget, terutama kalo kena macet.

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Mon May 22, 2017 15:49
by vinchazz
coklatMetalik wrote: Mon May 22, 2017 2:50 Kalo kuras radiator yg tadinya pake air biasa mau ganti ke coolant apa ada prosedur khusus?
kalo sudah lama banget mending jangan sih gan, why ? karena bkin tambah kerjaan banyak sekali

dulu cr-v saya waktu dipegang sopir utk nyokap dikasih air biasa
dan waktu dikasih ke saya dengan pedenya saya langsung minta kuras ganti ke coolant prestone ready to use

hasilnya ? harus 4x masuk bengkel gegara radiator bocor
kok bocor ? karatnya pada lepas dimana ternyata beberapa bagian sudah karat parah sehingga ketika dikasih coolant dan itu karat lepas, jadi berlobang dah :wkkk:

hasilnya ? beli radiator OEM baru, dan sejak awal kasih prestone ready to use dan gk pernah sentuh air biasa lagi
selalu sedia cadangan 1 botol aqua taruh di tempat ban serep
jadi kalo kurang ya isi pake itu jangan pake air biasa :big_peace:

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Mon May 22, 2017 16:20
by new_shogun
ikut nanya dong suhu2 sekalian...

mobil saya Vios 2009 MT, air radiatornya warna merah. apakah itu coolant bawaan dari toyota?
kalau iya merknya apa? kapasitas radiator berapa liter? soalnya saya ada rencana flush dan beli coolant di bengkel luaran biar lebih murah. trims.

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Mon May 22, 2017 16:21
by daftar
Kalo nambah dikit lebih baik air aki (bukan zuur) ketimbang air mineral, namanya air mineral ada kandungan mineral yg kemungkinan bisa bikin karat

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 0:35
by vinchazz
new_shogun wrote: Mon May 22, 2017 16:20 ikut nanya dong suhu2 sekalian...

mobil saya Vios 2009 MT, air radiatornya warna merah. apakah itu coolant bawaan dari toyota?
kalau iya merknya apa? kapasitas radiator berapa liter? soalnya saya ada rencana flush dan beli coolant di bengkel luaran biar lebih murah. trims.
udah sejak 2009 berarti udah pernah di flush ya om ? coba tanya aja ke tempat terakhir flush pake air radiator toyota ato merk laen macem prestone yng ada warna merahnya

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 2:13
by coklatMetalik
Kyknya blm lama sih radiator sy diisi air biasa...

Dulu seinget saya itu radiator isinya coolant ijo. Cm emg saya selama bbrp tahun gk pernah periksa detail, cuma cek ketinggian air di wadah air cadangan, krn tdk pernah kurang ya saya gk pernah buka tutupnya & liat isinya. 2 minggu yg lalu iseng saya buka itu wadah air cadangan, langsung bingung saya, kok jd bening????

Dugaan saya ini radiator pernah diservis atau apa gitu sama orangtua atau supir saya, lalu coolantnya gk diisi coolant lg tp diganti air...

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 2:54
by iwing
klo belum terlalu lama mungkin gak masalah om ganti pake cooolant. timbul nya karat kan butuh waktu lama. cmiiw

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 3:37
by Dat510
Om, kalau saya dulu pakai coolant, terus saat darurat diisi air keran sekitar 1 liter, itu bermasalah ngga ya? Apa akan membuat karat juga?

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 5:18
by vinchazz
Dat510 wrote: Tue May 23, 2017 3:37 Om, kalau saya dulu pakai coolant, terus saat darurat diisi air keran sekitar 1 liter, itu bermasalah ngga ya? Apa akan membuat karat juga?
abis diisi air biasa segera di kuras ato didiamkan ?
ada baiknya sih jangan dicampur gitu kecuali darurat ya :big_think:

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 6:25
by Dat510
vinchazz wrote: Tue May 23, 2017 5:18
Dat510 wrote: Tue May 23, 2017 3:37 Om, kalau saya dulu pakai coolant, terus saat darurat diisi air keran sekitar 1 liter, itu bermasalah ngga ya? Apa akan membuat karat juga?
abis diisi air biasa segera di kuras ato didiamkan ?
ada baiknya sih jangan dicampur gitu kecuali darurat ya :big_think:
Di kuras cuma ngga kuras full om, cuma copot salah satu selang paling bawah, terus tambah coolant lagi, yang kekuras sekitar 2 liter aja.

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 6:37
by vinchazz
Dat510 wrote: Tue May 23, 2017 6:25
vinchazz wrote: Tue May 23, 2017 5:18
Dat510 wrote: Tue May 23, 2017 3:37 Om, kalau saya dulu pakai coolant, terus saat darurat diisi air keran sekitar 1 liter, itu bermasalah ngga ya? Apa akan membuat karat juga?
abis diisi air biasa segera di kuras ato didiamkan ?
ada baiknya sih jangan dicampur gitu kecuali darurat ya :big_think:
Di kuras cuma ngga kuras full om, cuma copot salah satu selang paling bawah, terus tambah coolant lagi, yang kekuras sekitar 2 liter aja.
smoga aja dengan kuras gitu, air kerannya udha kebuang semua
soalnya air keran = penyebab karat biasanya :big_think:

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 7:00
by Dat510
vinchazz wrote: Tue May 23, 2017 6:37
Dat510 wrote: Tue May 23, 2017 6:25
vinchazz wrote: Tue May 23, 2017 5:18

abis diisi air biasa segera di kuras ato didiamkan ?
ada baiknya sih jangan dicampur gitu kecuali darurat ya :big_think:
Di kuras cuma ngga kuras full om, cuma copot salah satu selang paling bawah, terus tambah coolant lagi, yang kekuras sekitar 2 liter aja.
smoga aja dengan kuras gitu, air kerannya udha kebuang semua
soalnya air keran = penyebab karat biasanya :big_think:
Nah itu juga yg ane pikirin, air keran kan penyebab karat, tapi sebenernya air kerannya kecampur dengan coolant yg udah ada, semoga ngga kenapa2 deh.

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 8:33
by new_shogun
vinchazz wrote: Tue May 23, 2017 0:35
new_shogun wrote: Mon May 22, 2017 16:20 ikut nanya dong suhu2 sekalian...

mobil saya Vios 2009 MT, air radiatornya warna merah. apakah itu coolant bawaan dari toyota?
kalau iya merknya apa? kapasitas radiator berapa liter? soalnya saya ada rencana flush dan beli coolant di bengkel luaran biar lebih murah. trims.
udah sejak 2009 berarti udah pernah di flush ya om ? coba tanya aja ke tempat terakhir flush pake air radiator toyota ato merk laen macem prestone yng ada warna merahnya
masalahnya ini boil ambil seken om :mky_01:

barangkali ada yang tau, bawaan vios-yaris pake coolant apa? yaris sepupu juga pake coolant warna merah. jadi saya asumsikan bawaan toyota emang yang warna merah itu. masalahnya itu merknya apa?

kalo ganti yang ijo takut rontok. pengalaman twincam dulu dari air biasa ganti coolant ijo. karat rontok semua, termasuk radiatornya rontok bolong2 :wkkk: . kayaknya yang warna ijo keras banget ya adiktifnya?

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 8:46
by Jagonyaaki
new_shogun wrote: Tue May 23, 2017 8:33
vinchazz wrote: Tue May 23, 2017 0:35
new_shogun wrote: Mon May 22, 2017 16:20 ikut nanya dong suhu2 sekalian...

mobil saya Vios 2009 MT, air radiatornya warna merah. apakah itu coolant bawaan dari toyota?
kalau iya merknya apa? kapasitas radiator berapa liter? soalnya saya ada rencana flush dan beli coolant di bengkel luaran biar lebih murah. trims.
udah sejak 2009 berarti udah pernah di flush ya om ? coba tanya aja ke tempat terakhir flush pake air radiator toyota ato merk laen macem prestone yng ada warna merahnya
masalahnya ini boil ambil seken om :mky_01:

barangkali ada yang tau, bawaan vios-yaris pake coolant apa? yaris sepupu juga pake coolant warna merah. jadi saya asumsikan bawaan toyota emang yang warna merah itu. masalahnya itu merknya apa?

kalo ganti yang ijo takut rontok. pengalaman twincam dulu dari air biasa ganti coolant ijo. karat rontok semua, termasuk radiatornya rontok bolong2 :wkkk: . kayaknya yang warna ijo keras banget ya adiktifnya?
Bawaan mobil atoyot mah Toyota LLC...

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 8:47
by Hanggar
Bawaan mobil Toyota yaa pake coolant merk Toyota yg warna merah itu Om. Byk yg jual di toko part Toyota. Ini salah satu coolant yg paling bagus hasil tes tabloid otomotif bbrp tahun lampau. Ada yg jual konsentrat nya . . .ada juga yg udah ready to use alias tinggal tuang.

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 9:22
by adityabp
AFAIK, bedanya coolant yg ijo dgn merah.
Yg ijo isinya etilen glikol, sdgkan yg merah propilen glikol.
Etilen glikol rasanya manis tapi beracun, makanya berbahaya kalo dibuang sembarangan krn bisa membunuh hewan peliharaan.
Sebaliknya, propilen glikol tdk beracun, aman bila terkonsumsi. Makanya coolant sekarang warnanya merah krn pake propilen glikol. Ramah lingkungan.

Tapi secara fisika, etilen glikol masih lebih baik sbg pendingin mesin dibanding propilen glikol. So, saya kira kalo memang aditifnya sama, mesin yg tadinya pake coolant merah bisa diganti dgn coolant yg ijo. CMIIW

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 14:23
by Mozawa
daftar wrote: Mon May 22, 2017 16:21 Kalo nambah dikit lebih baik air aki (bukan zuur) ketimbang air mineral, namanya air mineral ada kandungan mineral yg kemungkinan bisa bikin karat
gak ada bedanya antara air murni , air ac , air sumur dan air kran dan air mineral...ketiganya sama sama merupakaan salah satu pembentuk karat.

karena karat adalah hasil reaksi kimia h2o (air) , fe (besi) , dan o2(oksigen).

yang ane heran , banyak yg nyaranin air ac saja , dgn asumsi air ac itu murni , jadi merupakan pelindung karat yang baik...hahahaha......

memang kandungan mineral di air ada yg bisa berfungsi sebagai katalis , misal garam, ataupun asam.

tapi garam tidak ada kandungannya di air sumur, kecuali sumur dekat pantai berair payau.

untuk air mineral , memang air ini ditambahkan kandungan mineral didalamnya..tapi jumlahnya sangat sedikit dan tidak berfungsi sbg katalis karat..

mineral yg terlalu hanyak mengakibatkan pembentukan kerak..(misal air pdam , dgn kandungan kaporit).

untuk air aki , memang sebenarnya adalah air murni..tapi yg perlu diperhatikan adalah , banyak produsen yang menambahkan sedikit h2so4 (asam sulfat - salah satu zat yang paling korosif thd besi) didalamnya..mungkin untuk pengawet dari kandungan organik yang hidup didalam air, misal lumut.

untuk pengencer coolant , memang idealnya air murni.

Re: Ganti air radiator beda merk

Posted: Tue May 23, 2017 14:46
by Woompy
adityabp wrote: Mon May 22, 2017 6:52
coklatMetalik wrote: Mon May 22, 2017 5:49
adityabp wrote: Mon May 22, 2017 3:40
Yg pasti siap2x radiator mampet krn tersumbat karat yg rontok dari waterjacket krn kena antikaratnya coolant.
Utk membuang karat dari jeroan mesin, harus dikuras pake coolant dalam jumlah banyak.
Selang radiator atas harus dilepas spy karat yg terbawa coolant langsung terbuang, tidak menyumbat radiator.
Kalo bisa radiator juga diganti baru, spy deposit karat yg sdh lama terbentuk di radiator yg lama tdk terbawa masuk kembali ke mesin.
Tergerusnya deposit karat di radiator juga bisa bikin radiator bocor.
Semoga membantu.
Wah brarti cara mudahnya ganti radiatornya aja sekalian ya...
Ya.
Apesnya kalo ternyata ada sisa deposit karat yg bandel yg baru rontok setelah mobil jalan sekian lama, radiator bisa mampet :D
Ciri radiator mampet : Coolant di botol cadangan naik tinggi banget kalo mesin panas banget, terutama kalo kena macet.
Wah kalo kemaren waktu saya kuras coolant sendiri malah pas panas di reservoir coolantnya turun. Begitu di pas in sampai batas maximum eh pas udh dingin naik diatas batas maximum.....