Dilema buang katalis/catalytic converter

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by ChZ »

Sering kejadian sih supir tidur di dalem mobil mesin dan AC nyala... kadang ane muter mall belanja dan makan malem sekitar 30 menit sampe 1 jam balik parkiran eh masih nyala juga...

Rasanya pingin negur supirnya "mas sampeyan meh bunuh diri tah... montor dimurupno sak jam..."

Klo saya majikannya saya kasih duit makan biar dia keluar cari makan atau ngopi... drpd buang bensin dan buang nyawa sendiri...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by kunaskun »

ChZ wrote: 02 Nov 2017, 16:24 Sering kejadian sih supir tidur di dalem mobil mesin dan AC nyala... kadang ane muter mall belanja dan makan malem sekitar 30 menit sampe 1 jam balik parkiran eh masih nyala juga...

Rasanya pingin negur supirnya "mas sampeyan meh bunuh diri tah... montor dimurupno sak jam..."

Klo saya majikannya saya kasih duit makan biar dia keluar cari makan atau ngopi... drpd buang bensin dan buang nyawa sendiri...
makanya banyak driver yang ga ada bossnya jadi ugal2an di parkiran pas tetiba disuruh jemput atau nyari parkiran karena mabok CO2... :mky_01: yang kaya gini si biasanya boss-nya ga beda jauh dari sopirnya, karena bossnya pelit jadi sama supirnya dikerjain aja nyalain mesin + AC, lumayan d adem, kalau ditanya kenapa isi bensin boros (kalau bukan jatah kantor) ya bilang aja macet. tetangga ane dulu kaya gini drivernya, boss sama driver sama aja ngeselinnya. bayangin aja itu oli + mesin gimana dalemnya, belum bicara AC dsb karena cara pake idle run gitu.

makanya sejak saat itu, selalu ada yang tanya beli mobil ex kantor gimana, saya jawab aja kaya diatas. kadang masih lebih mending beli ex emak2 antar anak ke sekolah, karena emak2 itu jarang banget mau lama2 di mobil mendingan ngeloyor ngegosip. atau mobil ex dokter sekalian, gambling ga keurus.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by tesna »

kalau buat harian, jangan dilepas lah. klo buat race sih mendingan karena mobilnya jadi dipakenya jarang-jarang. tapi buat harian, coba bayangin klo semuanya di lepas cc nya. Udaranya jadi makin beracun...
Dangers of pollutants
Without the redox process to filter and convert the nitrogen oxides, carbon monoxides, and hydrocarbons, the air quality (especially in large cities) becomes harmful to the human being.

Nitrogen oxides: These compounds are of the same family as nitrogen dioxide, nitric acid, nitrous oxide, nitrates, and nitric oxide. When NOx is released into the air, it reacts, stimulated by sunlight, with organic compounds in the air; the result is smog. Smog is a pollutant and has adverse effects on children's lungs. NOx reacting with sulfur dioxide produces acid rain, which is highly destructive to everything it lands on. Acid rain corrodes cars, plants, buildings, national monuments and pollutes lakes and streams to an acidity unsuitable for fish. NOx can also bind with ozone to create biological mutations (such as smog), and reduce the transmission of light.
mau jadi kontributor peracun masyarakat dan lingkungan? sure masih ada yang kontributor yg buruk (angkutan umum cumi2) tapi ya jangan mentang2 ky gitu jadi bisa berbuat yang selevel sama mereka.

Be part of change! no matter how small
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by bembenk95 »

akhirnya, katalik manifold terganti dgn header 4-1,
damn, bau/asap exhaustnya emang jd bikin perih mata ... :mky_01:
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by NYoman »

Dibeberapa negara seperti US misalnya, Illegal untuk melepas CC.. Dan beberapa juga di mobil buat trackday freeflow pipenya masih ada CC nya.. Karena sekarang BBM sudah menuju EURO IV yuk sama2 peduli dengan lingkungan ;)

Saya aja ganti Header baru panasin langsung perih mata, jadi serik juga di tenggorokan kalau deket2.. Tapi itu masa lalu sih, jadi ya biarkan mobil itu standart apa adanya, pabrikan membuat kendaraan nya sudah diperhitungkan dengan keadaan dan pasokan BBM di Indonesia.. \m/
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by saturday »

bembenk95 wrote: 22 Oct 2018, 08:54 akhirnya, katalik manifold terganti dgn header 4-1,
damn, bau/asap exhaustnya emang jd bikin perih mata ... :mky_01:
NYoman wrote: 22 Oct 2018, 09:19 Dibeberapa negara seperti US misalnya, Illegal untuk melepas CC.. Dan beberapa juga di mobil buat trackday freeflow pipenya masih ada CC nya.. Karena sekarang BBM sudah menuju EURO IV yuk sama2 peduli dengan lingkungan ;)

Saya aja ganti Header baru panasin langsung perih mata, jadi serik juga di tenggorokan kalau deket2.. Tapi itu masa lalu sih, jadi ya biarkan mobil itu standart apa adanya, pabrikan membuat kendaraan nya sudah diperhitungkan dengan keadaan dan pasokan BBM di Indonesia.. \m/
Sama nih. Saya abis ganti header + resonator asep knalpotnya baunya jadi ampun-ampunan. Enggak nyangka jadi separah ini soalnya pas tanya sama penjualnya katanya masih "lolos emisi". Dibelakang mobil bentar aja baju uda bau asep. Sekarang jadi ogah buka kaca jendela lama-lama dan selalu ingetin temen/keluarga jangan lama-lama berdiri dibelakang ni mobil :big_dunno:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by Salvanost »

saturday wrote: 22 Oct 2018, 20:54
bembenk95 wrote: 22 Oct 2018, 08:54 akhirnya, katalik manifold terganti dgn header 4-1,
damn, bau/asap exhaustnya emang jd bikin perih mata ... :mky_01:
NYoman wrote: 22 Oct 2018, 09:19 Dibeberapa negara seperti US misalnya, Illegal untuk melepas CC.. Dan beberapa juga di mobil buat trackday freeflow pipenya masih ada CC nya.. Karena sekarang BBM sudah menuju EURO IV yuk sama2 peduli dengan lingkungan ;)

Saya aja ganti Header baru panasin langsung perih mata, jadi serik juga di tenggorokan kalau deket2.. Tapi itu masa lalu sih, jadi ya biarkan mobil itu standart apa adanya, pabrikan membuat kendaraan nya sudah diperhitungkan dengan keadaan dan pasokan BBM di Indonesia.. \m/
Sama nih. Saya abis ganti header + resonator asep knalpotnya baunya jadi ampun-ampunan. Enggak nyangka jadi separah ini soalnya pas tanya sama penjualnya katanya masih "lolos emisi". Dibelakang mobil bentar aja baju uda bau asep. Sekarang jadi ogah buka kaca jendela lama-lama dan selalu ingetin temen/keluarga jangan lama-lama berdiri dibelakang ni mobil :big_dunno:
Wah kebetulan saya ketemu penawaran ganti header + seting remap
Syukurlah disini ada yg sharing info,

berhubung sudah berkeluarga, sering ke bagasi belakang buat ambil sama taruh stroller dan barang2 belanjaan

Jadibisa jadi bahan pertimbangan kalau mau ganti header
Thx om sharing infonya
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by saturday »

Salvanost wrote: 22 Oct 2018, 21:27 Wah kebetulan saya ketemu penawaran ganti header + seting remap
Syukurlah disini ada yg sharing info,

berhubung sudah berkeluarga, sering ke bagasi belakang buat ambil sama taruh stroller dan barang2 belanjaan

Jadibisa jadi bahan pertimbangan kalau mau ganti header
Thx om sharing infonya
exh.jpg
exh.jpg (49.38 KiB) Viewed 715 times
Tolong benerin kalau saya salah yah. Kalau cuman ganti header saja, rasanya asap knalpot enggak terlalu parah baunya. Kemarin catalytic converter saya dilepas karena resonator dipasangnya disana. Jadi menurut tebakan saya (inget cuman tebakan ya... saya juga masih newbie kurang ngerti), kalau saya hanya ganti header tapi enggak pasang resonator, itu catalytic converter masih bisa dipasang dan asapnya enggak sepedes ini.

Berhubung udah kebeli resonatornya juga ya mau gak mau saya tetep pasang daripada mubazir :big_childish:
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by bembenk95 »

saturday wrote: 22 Oct 2018, 21:51
Salvanost wrote: 22 Oct 2018, 21:27 Wah kebetulan saya ketemu penawaran ganti header + seting remap
Syukurlah disini ada yg sharing info,

berhubung sudah berkeluarga, sering ke bagasi belakang buat ambil sama taruh stroller dan barang2 belanjaan

Jadibisa jadi bahan pertimbangan kalau mau ganti header
Thx om sharing infonya
exh.jpg

Tolong benerin kalau saya salah yah. Kalau cuman ganti header saja, rasanya asap knalpot enggak terlalu parah baunya. Kemarin catalytic converter saya dilepas karena resonator dipasangnya disana. Jadi menurut tebakan saya (inget cuman tebakan ya... saya juga masih newbie kurang ngerti), kalau saya hanya ganti header tapi enggak pasang resonator, itu catalytic converter masih bisa dipasang dan asapnya enggak sepedes ini.

Berhubung udah kebeli resonatornya juga ya mau gak mau saya tetep pasang daripada mubazir :big_childish:
yang di gambar itu bener itu ilustrasi , exhaust sistem mobil om ?
secara ane, kataliknya gabung di manifold castnya.

kalo katalik ngak di buang meski ganti header ama buang resonator, mestinya asap gas buang memang ngak perih.
Header G4EE small.jpg
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by saturday »

bembenk95 wrote: 23 Oct 2018, 11:26
saturday wrote: 22 Oct 2018, 21:51
Salvanost wrote: 22 Oct 2018, 21:27 Wah kebetulan saya ketemu penawaran ganti header + seting remap
Syukurlah disini ada yg sharing info,

berhubung sudah berkeluarga, sering ke bagasi belakang buat ambil sama taruh stroller dan barang2 belanjaan

Jadibisa jadi bahan pertimbangan kalau mau ganti header
Thx om sharing infonya
exh.jpg

Tolong benerin kalau saya salah yah. Kalau cuman ganti header saja, rasanya asap knalpot enggak terlalu parah baunya. Kemarin catalytic converter saya dilepas karena resonator dipasangnya disana. Jadi menurut tebakan saya (inget cuman tebakan ya... saya juga masih newbie kurang ngerti), kalau saya hanya ganti header tapi enggak pasang resonator, itu catalytic converter masih bisa dipasang dan asapnya enggak sepedes ini.

Berhubung udah kebeli resonatornya juga ya mau gak mau saya tetep pasang daripada mubazir :big_childish:
yang di gambar itu bener itu ilustrasi , exhaust sistem mobil om ?
secara ane, kataliknya gabung di manifold castnya.

kalo katalik ngak di buang meski ganti header ama buang resonator, mestinya asap gas buang memang ngak perih.
Header G4EE small.jpg
Saya gak sempet foto pas lagi kondisi asli. Yang pasti pas setelah dicopot, cast exhaust manifold dan catalytic converter saya terpisah. Enggak gabung kayak di fotonya Om.

Ini diagram di Civic saya. Kelihatannya agak ketengah posisinya.
images (2).png
maleosx
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 28 Jan 2014, 19:45

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by maleosx »

bembenk95 wrote: 23 Oct 2018, 11:26
saturday wrote: 22 Oct 2018, 21:51
Salvanost wrote: 22 Oct 2018, 21:27 Wah kebetulan saya ketemu penawaran ganti header + seting remap
Syukurlah disini ada yg sharing info,

berhubung sudah berkeluarga, sering ke bagasi belakang buat ambil sama taruh stroller dan barang2 belanjaan

Jadibisa jadi bahan pertimbangan kalau mau ganti header
Thx om sharing infonya
exh.jpg

Tolong benerin kalau saya salah yah. Kalau cuman ganti header saja, rasanya asap knalpot enggak terlalu parah baunya. Kemarin catalytic converter saya dilepas karena resonator dipasangnya disana. Jadi menurut tebakan saya (inget cuman tebakan ya... saya juga masih newbie kurang ngerti), kalau saya hanya ganti header tapi enggak pasang resonator, itu catalytic converter masih bisa dipasang dan asapnya enggak sepedes ini.

Berhubung udah kebeli resonatornya juga ya mau gak mau saya tetep pasang daripada mubazir :big_childish:
yang di gambar itu bener itu ilustrasi , exhaust sistem mobil om ?
secara ane, kataliknya gabung di manifold castnya.

kalo katalik ngak di buang meski ganti header ama buang resonator, mestinya asap gas buang memang ngak perih.
Header G4EE small.jpg
Ini mirip model katalik konverter punya karimun wagon r yah. Cuman karimun 3 silinder jadi pipanya 3 doang. Saya juga pengen ngeganti nih, cuman binggung kan ada colokan sensor di catalic converternya. Kalau headernya diganti model plong, sensornya nancepin dimana yah ?
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by racho »

maleosx wrote: 07 Jan 2019, 14:11 Ini mirip model katalik konverter punya karimun wagon r yah. Cuman karimun 3 silinder jadi pipanya 3 doang. Saya juga pengen ngeganti nih, cuman binggung kan ada colokan sensor di catalic converternya. Kalau headernya diganti model plong, sensornya nancepin dimana yah ?
kalo posisi sensor di belakang catalytic converter, ya ga usah dipasang itu sensor.
palingan lampu check engine light (CEL) nyala; meski sebenernya ga ada pengaruhnya apa2 ke mesin.
CEL nyala buat kasi tau kalo gas buang mobil sampeyan kotor...

tapi kalo posisinya di depan, ya dibikin aja dudukan sensor buat itu sensor; biar mesinnya gak masuk mode 'open-loop' dan jadi boros.
saturday wrote: 23 Oct 2018, 11:43 Saya gak sempet foto pas lagi kondisi asli. Yang pasti pas setelah dicopot, cast exhaust manifold dan catalytic converter saya terpisah. Enggak gabung kayak di fotonya Om.

Ini diagram di Civic saya. Kelihatannya agak ketengah posisinya.
images (2).png
di beberapa mobil memang ada dual catalyst. satu di header, satu lagi di kolong; ya mungkin kayak civic sampeyan itu.
workshop manual grandis saya juga bilang begitu, cuma karena produksi u/ ASEAN market catalyst kolongnya kagak ada dari pabriknya.
alhasil begitu ane ganti custom header ya selamat tinggal bumiku sayang...
:mky_03:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by FR6 »

efact wrote: 11 Jul 2017, 10:43 Katalis yang mau dibobok / dilepas 3 3 nya atau 1 aja om btw?

kebetulan saya ad fiesta yang dari lahir cuma 1 biji katalis (di header aja), skrg pakai catless header,
performa naik yes, 0.3 sec faster to 100 Km/h dengan muffler standar, efisiensi bbm naik juga yes, kurleb dapet gain 0.5 - 0.8 Km/Ltr

Bau gosong dalem kabin juga lenyap kalo dibejek, tp IMHO bau knalpot nya cukup ganggu sih, terutama pas lagi manuver parkir di rumah / basement yang sirkulasi udaranya ga sbaik di lapangan luas..

jd menurut saya sih.. kalo mentingin power ya efeknya berasa.. kasus ini ganti header yah.. entah kalo hanya ngebobok.. mungkin ada, tpi rasa2 nya bakal minim.. apalagi kalo muffler standar..ntar plong di depan tp nahan di ujungnya imho.. sebab skr sy juga ganti muffler belakangnya dan itu gain another 0.3 sec 0-100 nya..
Terus untuk kesehatan, agaknya kurang setuju nih, krn bau CO HC Nox saat di closed area itu cukup ganggu buat sy.. kadang malah sampe bikin pusing hahahah..

Choice is back to you om.. :big_peace:
Sama nih Om, gerobak saya dulu fiesta lepas katalis, sisanya standar. Tarikan bawahnya lebih enteng. Tapi muffler tip jadi gampang gosong/kotor.
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by bembenk95 »

maleosx wrote: 07 Jan 2019, 14:11
bembenk95 wrote: 23 Oct 2018, 11:26
saturday wrote: 22 Oct 2018, 21:51

exh.jpg

Tolong benerin kalau saya salah yah. Kalau cuman ganti header saja, rasanya asap knalpot enggak terlalu parah baunya. Kemarin catalytic converter saya dilepas karena resonator dipasangnya disana. Jadi menurut tebakan saya (inget cuman tebakan ya... saya juga masih newbie kurang ngerti), kalau saya hanya ganti header tapi enggak pasang resonator, itu catalytic converter masih bisa dipasang dan asapnya enggak sepedes ini.

Berhubung udah kebeli resonatornya juga ya mau gak mau saya tetep pasang daripada mubazir :big_childish:
yang di gambar itu bener itu ilustrasi , exhaust sistem mobil om ?
secara ane, kataliknya gabung di manifold castnya.

kalo katalik ngak di buang meski ganti header ama buang resonator, mestinya asap gas buang memang ngak perih.
Header G4EE small.jpg
Ini mirip model katalik konverter punya karimun wagon r yah. Cuman karimun 3 silinder jadi pipanya 3 doang. Saya juga pengen ngeganti nih, cuman binggung kan ada colokan sensor di catalic converternya. Kalau headernya diganti model plong, sensornya nancepin dimana yah ?
di header custom ane sih di bikin, drat ulir om buat pasang sensor O2 itu. jarak di usahakan sama dgn ori punya. bengkel custom header sudah tau kok. tapi kalo ada sensor juga sesudah katalik, cara akalinnnya di dratnya tipe panjang yg agak jauh dari pipa, atau tambah Resistor, buat trik bacaan O2/CO nya.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
maleosx
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 28 Jan 2014, 19:45

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by maleosx »

bembenk95 wrote: 08 Jan 2019, 16:51
maleosx wrote: 07 Jan 2019, 14:11
bembenk95 wrote: 23 Oct 2018, 11:26

yang di gambar itu bener itu ilustrasi , exhaust sistem mobil om ?
secara ane, kataliknya gabung di manifold castnya.

kalo katalik ngak di buang meski ganti header ama buang resonator, mestinya asap gas buang memang ngak perih.
Header G4EE small.jpg
Ini mirip model katalik konverter punya karimun wagon r yah. Cuman karimun 3 silinder jadi pipanya 3 doang. Saya juga pengen ngeganti nih, cuman binggung kan ada colokan sensor di catalic converternya. Kalau headernya diganti model plong, sensornya nancepin dimana yah ?
di header custom ane sih di bikin, drat ulir om buat pasang sensor O2 itu. jarak di usahakan sama dgn ori punya. bengkel custom header sudah tau kok. tapi kalo ada sensor juga sesudah katalik, cara akalinnnya di dratnya tipe panjang yg agak jauh dari pipa, atau tambah Resistor, buat trik bacaan O2/CO nya.
Screenshot_2019-01-08-18-20-59.png
Saya mau beli ini gan. Ada lobang sensornya dilubang tengah.

Tapi orisinilnya lubang sensornya di body catalicnya.

Apa ga masalah yah
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by bembenk95 »

maleosx wrote: 08 Jan 2019, 18:23
bembenk95 wrote: 08 Jan 2019, 16:51
maleosx wrote: 07 Jan 2019, 14:11 Ini mirip model katalik konverter punya karimun wagon r yah. Cuman karimun 3 silinder jadi pipanya 3 doang. Saya juga pengen ngeganti nih, cuman binggung kan ada colokan sensor di catalic converternya. Kalau headernya diganti model plong, sensornya nancepin dimana yah ?
di header custom ane sih di bikin, drat ulir om buat pasang sensor O2 itu. jarak di usahakan sama dgn ori punya. bengkel custom header sudah tau kok. tapi kalo ada sensor juga sesudah katalik, cara akalinnnya di dratnya tipe panjang yg agak jauh dari pipa, atau tambah Resistor, buat trik bacaan O2/CO nya.
Screenshot_2019-01-08-18-20-59.png

Saya mau beli ini gan. Ada lobang sensornya dilubang tengah.
Tapi orisinilnya lubang sensornya di body catalicnya.
Apa ga masalah yah
ane nemu gmr manifold Wagon R dr googl, (cek kalo salah ya [emo-police] )
manifold wagon R.jpg
manifold wagon R.jpg (61.41 KiB) Viewed 805 times
itu posisi sensor O2-nya sebelum katalik om,meski satu bagian dengan katalik. jd header yg om mau beli ok aja posisi utk pemasangan sensor O2 nya.
.
.ada pakar tune up mau tambahkan info, silahkan.. nubie emang br modif header aja di gerobak tua ane...hhh
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by martinnn »

maleosx wrote: 08 Jan 2019, 18:23
bembenk95 wrote: 08 Jan 2019, 16:51
maleosx wrote: 07 Jan 2019, 14:11

Ini mirip model katalik konverter punya karimun wagon r yah. Cuman karimun 3 silinder jadi pipanya 3 doang. Saya juga pengen ngeganti nih, cuman binggung kan ada colokan sensor di catalic converternya. Kalau headernya diganti model plong, sensornya nancepin dimana yah ?
di header custom ane sih di bikin, drat ulir om buat pasang sensor O2 itu. jarak di usahakan sama dgn ori punya. bengkel custom header sudah tau kok. tapi kalo ada sensor juga sesudah katalik, cara akalinnnya di dratnya tipe panjang yg agak jauh dari pipa, atau tambah Resistor, buat trik bacaan O2/CO nya.
Screenshot_2019-01-08-18-20-59.png

Saya mau beli ini gan. Ada lobang sensornya dilubang tengah.

Tapi orisinilnya lubang sensornya di body catalicnya.

Apa ga masalah yah
bisikin sellernya om... gerobak 3 silinder ogut juga lagi nyari custom header and mufflernya
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by bembenk95 »

martinnn wrote: 09 Jan 2019, 09:33
maleosx wrote: 08 Jan 2019, 18:23
bembenk95 wrote: 08 Jan 2019, 16:51

di header custom ane sih di bikin, drat ulir om buat pasang sensor O2 itu. jarak di usahakan sama dgn ori punya. bengkel custom header sudah tau kok. tapi kalo ada sensor juga sesudah katalik, cara akalinnnya di dratnya tipe panjang yg agak jauh dari pipa, atau tambah Resistor, buat trik bacaan O2/CO nya.
Screenshot_2019-01-08-18-20-59.png
Saya mau beli ini gan. Ada lobang sensornya dilubang tengah.
Tapi orisinilnya lubang sensornya di body catalicnya.
Apa ga masalah yah
bisikin sellernya om... gerobak 3 silinder ogut juga lagi nyari custom header and mufflernya
ngak coba cari di komunitas karimun om informasi header yg cocok..? dari pada dpt bengkel yg bikin dari coba2 :mky_01:

dari ubek2 forum sih, buat design dan bikin header ada ironcraft, ordexhaust om, & cek IG mereka kalo pingin tau suara2 muffler mrk.
kalo info bengkel knalpot yg sering wara wiri di forum ada Indojaya, Budi Knalpot, DD Auto Exhaust, Standard Adi Knalpot (Kansai), semua posisi di jakarta/ depok.

selamat berburu header .... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
maleosx
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 28 Jan 2014, 19:45

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by maleosx »

martinnn wrote: 09 Jan 2019, 09:33
maleosx wrote: 08 Jan 2019, 18:23
bembenk95 wrote: 08 Jan 2019, 16:51

di header custom ane sih di bikin, drat ulir om buat pasang sensor O2 itu. jarak di usahakan sama dgn ori punya. bengkel custom header sudah tau kok. tapi kalo ada sensor juga sesudah katalik, cara akalinnnya di dratnya tipe panjang yg agak jauh dari pipa, atau tambah Resistor, buat trik bacaan O2/CO nya.
Screenshot_2019-01-08-18-20-59.png

Saya mau beli ini gan. Ada lobang sensornya dilubang tengah.

Tapi orisinilnya lubang sensornya di body catalicnya.

Apa ga masalah yah
bisikin sellernya om... gerobak 3 silinder ogut juga lagi nyari custom header and mufflernya
Bukalapak om. Search aja "header karimun wagon r"
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: 05 Dec 2016, 01:38

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by zzzprince »

efact wrote: 11 Jul 2017, 17:02
arfs wrote: 11 Jul 2017, 15:41
Wah kalau saya cukup ganti header aja... kalo ganti full system paling cuman terasa enak atau puas 1 minggu pertama nya doang. Rasain mobil kenceng plus suara nya kenceng jg (walaupun bakal kyk alay kali) tapi selanjut nya pasti pusing sendiri dengerin suara dengung nya :mky_07:

Nah bau CO HC Nox jg bikin saya kalau keluarin mobil dari garasi dorong ke depan dulu sampe carpot, tutup pintu garasi baru deh nyalain biar gk masuk ke dalam rumah...

Tapi kalau mau parkir garasi, yah mau gk mau dah parkir sampe garasi dulu cepet2 baru matiin. soalnya carpot rmh saya miring kebawah jadi kalo didorong mobil nya dr carpot ke garasi berat pastinya, gk kyk keluarin nya tinggal dorong majuin dikit lsg ke bantu gravitasi :mky_01:
persis om.. parkiran rumah juga gituu.. lebih2 saya kalo parkir biasanya mukanya ngaddep keluar.. tpi ya ga sampe dorong dulu sampe keluar sih.. :mky_01:

btw soal muffler sih tergantung tipenya juga.. punya saya kaga pake dengung2 syukurnya.. sebab pakenya yang reverse flow dan ori jepun.. dulu pernah pake merk lokal pesaing ORD (censored) freeflow.. itu suaranya emang naujubilee. alay banget...dengung pula.. mana tenaga perasaan ga berasa beda sama yg reverse flow itu hahaha.. ga pake lama cuma nyoba dari bengkel knalpot sampe rumah lgsung saya copot.. untungnya di Indo.. dijual cepet lakunya muffler model gini.. jd ga sampe ngerugiii :big_biglaugh:
Pingin tau knalpotnya apa om
toms22
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 15 Jul 2019, 09:30
Location: Purwokerto
Daily Vehicle: Jazz ge8

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by toms22 »

Pengalaman pakai ge8, copot header+frontpipe, ganti custom yg gak ada cc nya, tarikan lebih nendang, sama suara knalpot jadi lbh garing dan ngebass. Lbh enak suaranya buat lari di atas 3000rpm. Klo soal irit si ga gitu perhatiin, puas dipakai di jalanan. Tapi pas diparkiran terutama di tempat tertutup baunya emang menyengat bgt, berasa gak sehat aja gitu.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by KielConstantine »

toms22 wrote: 01 Sep 2019, 21:23 Pengalaman pakai ge8, copot header+frontpipe, ganti custom yg gak ada cc nya, tarikan lebih nendang, sama suara knalpot jadi lbh garing dan ngebass. Lbh enak suaranya buat lari di atas 3000rpm. Klo soal irit si ga gitu perhatiin, puas dipakai di jalanan. Tapi pas diparkiran terutama di tempat tertutup baunya emang menyengat bgt, berasa gak sehat aja gitu.
Sama om.. haha

Jaman kuliah 7-8 tahun lalu pake GE8 (a/t) jg.. gonta ganti full exhaust dari ujung header non katalis + front pipe non reson + custom muffler.. udah gitu ditambah open filter KNN yg model jamur.. rusuh deh.. tarik sampe redline trus ganti gigi kek nembak gitu suara knalpotnya :big_biglaugh: bersyukur masih A/T konvensional jadi ada berasa ganti gigi nya pas mentok redline. Drpd jazz model skarang yg CVT...

Enak pas dibejek doank, tp bgitu parkir bau asep pedes banget.... buru2 matiin mesin trus masuk rumah
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
3azz
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 02 Dec 2019, 10:28
Location: Bandung, West Java, Indonesia

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by 3azz »

Salam..

apakah ada yang sudah ngetes perbandingan emisi:
"copot cat + bensin RON >95 vs exhaust dengan cat + bensin RON 92"

siapatau bisa jadi pertimbangan rekan2 disini.. :big_smile]
XtremeCheater
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 07 Nov 2019, 08:35
Location: Boja
Daily Vehicle: Toyota Agya

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by XtremeCheater »

racho wrote: 09 Jul 2017, 12:06 Selamat pagi suhu-suhu SM yang sudah lama malang melintang di dunia otomotif...

Ane lagi ada dilema buat buang katalis (ganti header atau bobok katalis) demi naikin performa dan efisiensi gerobak tua ane, karena konon salah satu modif termurah buat dongkrak performa adalah buang katalis (>3% hp/torsi pasti dapet lah)

Langsung aja,
pernahkah terlintas di pikiran saudara2 SM (terutama yg kendaraannya dah gak standar) tentang "DOSA" akibat buang katalis/ganti header?
:ungg:

yang sementara ini jadi pertimbangan ane buat buang katalis:
1. more powahhh...
2. lebih irit BBM (asumsi ga dibejek2)
3. less CO2 pollution (karena katalisnya gak konversi 2CO+O2 jadi 2CO2)
4. kesehatan ane dan penumpang
5. kalo ganti header, headernya bisa dijual ke pengepul katalis
:mky_03:

khusus poin no.4,
konon bau telor busuk yg biasa kecium di kabin saat akselerasi itu adalah H2S akibat reaksi katalis dengan bensin lokal yg sulfurnya tinggi (500ppm, pertabo 100ppm). ane juga baru tau, konon gas telor busuk (H2S) lebih bahaya dari karbon monoksida :frm_bang_head:
su'udzon ane, pabrikan ga peduli sama emisi H2S ini karena sepertinya ga diatur di aturan emisi.
(ref. wikipedia; sila bandingkan carbon monoxide vs. hydrogen sulfide)

sebagai informasi, gerobak tua ane lahir dengan 3 biji katalis, spek EURO-4 (max. 50ppm).
ane ngecek merk2 jepun lokalan, rata2 katalis cuma sebiji nempel di manifold.

cuplikan wiki:
https://en.wikipedia.org/wiki/Catalytic_converter
Unwanted reactions
Unwanted reactions can occur in the three-way catalyst, such as the formation of odoriferous hydrogen sulfide and ammonia. Formation of each can be limited by modifications to the washcoat and precious metals used. It is difficult to eliminate these byproducts entirely. Sulfur-free or low-sulfur fuels eliminate or reduce hydrogen sulfide.


So, shall we gut our catalyst for the sake of better power and my own health?
Lagi googling buat cari yang pasang cc ke sepeda motor tua malah muncul postingan ini. Buat poin nomor 3 sama 4, justru yang berbahaya itu gas CO nya gan, kalo gas CO itu nempel di paru paru kita jadi racun. Dulu baca di buku kimia jaman SMA. Justru CO2 masuk ke paru-paru kita sekedar lewat doang ga diikat sama darah, yang nempel O2. Kalo O2 deketan sama CO, O2 nya kalah. Intinya CO itu racun.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by kemuningauto »

Katalis / Katalik / Catalytic Converter
- Mengurangi polusi udara
- Menambah filterisasi gas buang sehingga suara otomatis sedikit lebih halus
- BBM lebih hemat karena filterisasi lebih bagus

Kalo dicabut biasa untuk modifikasi cari tenaga + suara. Preferensi masing2 sih, tergantung mobil jg, ada yg 2 Catalyticnya.
Untung di Indo belum ada uji emisi, jadi aman2 aja kalo mau dilepas.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
Post Reply