Dilema buang katalis/catalytic converter

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 16 Oct 2016, 05:21

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by ABEDUL »

ane sendiri pasti matiin mobil jika sedang menunggu, ane sendiri gak faham teori" spt om" diatas, yg jelas kalau sedang nunggu pasti di matikan mobil dengan alasan biar mesin agak dingin walau sebentar, plus hemat bbm aja.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by Turboman »

racho wrote:
efact wrote: 11 Jul 2017, 10:43 Katalis yang mau dibobok / dilepas 3 3 nya atau 1 aja om btw?

kebetulan saya ad fiesta yang dari lahir cuma 1 biji katalis (di header aja), skrg pakai catless header,
performa naik yes, 0.3 sec faster to 100 Km/h dengan muffler standar, efisiensi bbm naik juga yes, kurleb dapet gain 0.5 - 0.8 Km/Ltr

Bau gosong dalem kabin juga lenyap kalo dibejek, tp IMHO bau knalpot nya cukup ganggu sih, terutama pas lagi manuver parkir di rumah / basement yang sirkulasi udaranya ga sbaik di lapangan luas..

jd menurut saya sih.. kalo mentingin power ya efeknya berasa.. kasus ini ganti header yah.. entah kalo hanya ngebobok.. mungkin ada, tpi rasa2 nya bakal minim.. apalagi kalo muffler standar..ntar plong di depan tp nahan di ujungnya imho.. sebab skr sy juga ganti muffler belakangnya dan itu gain another 0.3 sec 0-100 nya..
Terus untuk kesehatan, agaknya kurang setuju nih, krn bau CO HC Nox saat di closed area itu cukup ganggu buat sy.. kadang malah sampe bikin pusing hahahah..

Choice is back to you om.. :big_peace:
soal kesehatan, yes... I agree. polusi HC itu bener2 bikin pedes mata. kalo CO+NOx sih kagak bau, kagak berasa, tau2 mati.
mau mesin bersih ato kotor, tanpa katalis, HC bakal naik minimal 3-10x lipat.

ane sementara kepikiran mau coba potong katalis di center pipe, ganti pipa plong aja. kalo berubah pikiran ya pasang lagi.

kalo katalis header, umm... harusnya kalo dibuang more effective buat power.
kalo kata orang2 di forum2 luar negeri, hasil bobokan rasanya sama kayak header custom; konon desain header OEM-nya sendiri udah bagus.
plus, OEM biasanya tahan lama.

btw, nice info... kalo dapet 1km/l buat mobil saya itu udeh gede banget, coz cuma 6km/l
:big_slap:
ChZ wrote: 11 Jul 2017, 10:59 Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...
kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya? :evil:
ya dikasi tahu aja, knalpotnya bau......sgt mengganggu

kalo ane si pake Ipah gak pernah pake ritual panasin mesin, idupin mesin pun pas penumpang udah mau naek, lgs mundur keluar garasi en jalan pelan2 pake gigi rendah sampe jarum naek dr batas C
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by efact »

racho wrote: 11 Jul 2017, 11:13
soal kesehatan, yes... I agree. polusi HC itu bener2 bikin pedes mata. kalo CO+NOx sih kagak bau, kagak berasa, tau2 mati.
mau mesin bersih ato kotor, tanpa katalis, HC bakal naik minimal 3-10x lipat.

ane sementara kepikiran mau coba potong katalis di center pipe, ganti pipa plong aja. kalo berubah pikiran ya pasang lagi.

kalo katalis header, umm... harusnya kalo dibuang more effective buat power.
kalo kata orang2 di forum2 luar negeri, hasil bobokan rasanya sama kayak header custom; konon desain header OEM-nya sendiri udah bagus.
plus, OEM biasanya tahan lama.

btw, nice info... kalo dapet 1km/l buat mobil saya itu udeh gede banget, coz cuma 6km/l
:big_slap:
err.. mungkin lebih cocok diubah ke persentase kali ya.. anggepan standar fiesta sy 10,5an.. setelah catless + muffler jd 11,3++ .. kira2 7 persenan :mrgreen: ..
kalo konvert ke 6 km/l.. paling jd 6.5an kali yah :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: dengan catatan header designnya ok..

Tp ngebobok apa ra sayang om? kalo andai kata bobokannya ga sesuai harapan.. mau balik aslinya repot lagi nanti.. imho sih.. pemahaman saya dibobok sih kan yg tabung gendut di header itu diganti pipa biasa kan? .. kayanya di grandis 2 biji ya di header CC nya? 4-2 (cc) - 1?
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by efact »

ChZ wrote: 11 Jul 2017, 10:59
Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...

Sering kok di beberapa tempat ada mobil yang dari ane dateng sampe pulang dia mesinnya nyala terus... eh supirnya lagi bobok di dalem...

Sya kalo nunggu temen (terutama cewek) yang dandan bisa sampe FRD gak jomblo... di mobil, buka kaca dikit, matiin mesin. Atw totally matiin mobil dan cari tempat jajan... :ngacir:
Setuju.. selain buang bensin percuma.. ritual bgtu cuma numpuk karbon di combustion chamber :mky_05:
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: 30 Oct 2011, 18:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by iwidiyanto »

pernah coba gt racing knalpot di sadang? pengerjaannya cukup rapi...bisa minta bolt on jg. tapi g tau juga pake itung2an rumus ato ngga.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by coklatMetalik »

Turboman wrote: 11 Jul 2017, 11:32 ya dikasi tahu aja, knalpotnya bau......sgt mengganggu

kalo ane si pake Ipah gak pernah pake ritual panasin mesin, idupin mesin pun pas penumpang udah mau naek, lgs mundur keluar garasi en jalan pelan2 pake gigi rendah sampe jarum naek dr batas C
Di manual book LGX tertulis
"setelah mesin menyala selama 10 detik, kendaraan anda siap dijalankan"

Ya udh ane ikutin aja....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by racho »

coklatMetalik wrote: 11 Jul 2017, 13:17 Di manual book LGX tertulis
"setelah mesin menyala selama 10 detik, kendaraan anda siap dijalankan"

Ya udh ane ikutin aja....
wow...
jaman LGX aja manasinnya cukup 10 detik ya,
berarti yang manasin mobil yang satu generasi sama LGX sampe >10 menit berarti orang ...... [isi sendiri sesuai imajinasi]
efact wrote: 11 Jul 2017, 11:37 Tp ngebobok apa ra sayang om? kalo andai kata bobokannya ga sesuai harapan.. mau balik aslinya repot lagi nanti.. imho sih.. pemahaman saya dibobok sih kan yg tabung gendut di header itu diganti pipa biasa kan? .. kayanya di grandis 2 biji ya di header CC nya? 4-2 (cc) - 1?
nggak. dibobok itu ya cukup modal linggis/pahat sama martil. copot header, gebuk2 katalisnya, tampung puingnya.
abis itu puingnya di-recovery biar dapet platinum, rhodium, sama palladium. sumbangin ke Iron Man buat bantu Spider Man.
:mky_02:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by coklatMetalik »

racho wrote: 11 Jul 2017, 13:38
coklatMetalik wrote: 11 Jul 2017, 13:17 Di manual book LGX tertulis
"setelah mesin menyala selama 10 detik, kendaraan anda siap dijalankan"

Ya udh ane ikutin aja....
wow...
jaman LGX aja manasinnya cukup 10 detik ya,
berarti yang manasin mobil yang satu generasi sama LGX sampe >10 menit berarti orang ...... [isi sendiri sesuai imajinasi]
efact wrote: 11 Jul 2017, 11:37 Tp ngebobok apa ra sayang om? kalo andai kata bobokannya ga sesuai harapan.. mau balik aslinya repot lagi nanti.. imho sih.. pemahaman saya dibobok sih kan yg tabung gendut di header itu diganti pipa biasa kan? .. kayanya di grandis 2 biji ya di header CC nya? 4-2 (cc) - 1?
nggak. dibobok itu ya cukup modal linggis/pahat sama martil. copot header, gebuk2 katalisnya, tampung puingnya.
abis itu puingnya di-recovery biar dapet platinum, rhodium, sama palladium. sumbangin ke Iron Man buat bantu Spider Man.
:mky_02:
Butuh edukasi :mky_03:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by efact »

racho wrote: 11 Jul 2017, 13:38
nggak. dibobok itu ya cukup modal linggis/pahat sama martil. copot header, gebuk2 katalisnya, tampung puingnya.
abis itu puingnya di-recovery biar dapet platinum, rhodium, sama palladium. sumbangin ke Iron Man buat bantu Spider Man.
:mky_02:
:big_chicken: Kalo kaya gtu sih mending ganti header aja om..
selain sayang CC asli nya.. juga ruang kopong gede hasil bobok itu khawatir malah bikin flow jadi kacau..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by ChZ »

racho wrote: 11 Jul 2017, 11:13
kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya? :evil:
15-20 menitan sih gila om... buang solar banget :mky_05:
efact wrote: 11 Jul 2017, 11:43
Setuju.. selain buang bensin percuma.. ritual bgtu cuma numpuk karbon di combustion chamber :mky_05:
Giliran bensin boros bingung... lha kerjaannya aja buang-buang bensin :mky_05:
coklatMetalik wrote: 11 Jul 2017, 13:17
Turboman wrote: 11 Jul 2017, 11:32 ya dikasi tahu aja, knalpotnya bau......sgt mengganggu

kalo ane si pake Ipah gak pernah pake ritual panasin mesin, idupin mesin pun pas penumpang udah mau naek, lgs mundur keluar garasi en jalan pelan2 pake gigi rendah sampe jarum naek dr batas C
Di manual book LGX tertulis
"setelah mesin menyala selama 10 detik, kendaraan anda siap dijalankan"

Ya udh ane ikutin aja....
Manasin mobil emang bagusnya sambil dijalanin low speed biar pelumasannya lebih bagus... makanya uwe pake mobil jg ga manasin, jalan 1-2 menit temperatur dah normal langsung tancap.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by racho »

efact wrote: 11 Jul 2017, 14:19 :big_chicken: Kalo kaya gtu sih mending ganti header aja om..
selain sayang CC asli nya.. juga ruang kopong gede hasil bobok itu khawatir malah bikin flow jadi kacau..
yup. ada risiko kesitu.
kalo max HP sih 100% yakin bakal naik karena maximum flow pasti naik, tapi low-end torquenya takut ancur gegara turbulensi.
makanya ane blom lakuin.
iwidiyanto wrote: 11 Jul 2017, 12:59 pernah coba gt racing knalpot di sadang? pengerjaannya cukup rapi...bisa minta bolt on jg. tapi g tau juga pake itung2an rumus ato ngga.
we'll see... thanks infonya gan.
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by arfs »

ChZ wrote: 11 Jul 2017, 09:34 Nah iya... uwe buang katalis dengan ganti downpipe aftermarket. Ga pake potong-potong.
U mah bikin aja straight pipe... 4-4-4 keluar nya di samping... biar moar resing... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
racho wrote: 11 Jul 2017, 10:36
niat ane buang katalis itu salah satunya biar gak ada bau telor busuk, mungkin ane salah cara menyampaikan aja di atas.
sebenernya ane lebih milih pake header custom, cuma kebetulan buat mobil ane nyarinya agak susah, susah nyari yg bagus n itungannya jelas.
udah tanya ORD blom ada, Kansai... ehm harganya tinggi... giliran nemu produsen lain yg pernah bikin, ga bisa bikin model 4-2-1 panjang (ane butuh torsi bawah). ada kenalan produsen custom header yg bagus om?
takutnya kalo bikin asal-asalan, boros iya, ngempos iya.
:mky_02:
Wah saya malah pasang ORD, soalnya kebetulan ada buat mobil saya.
Emang kalo boleh tau om mau mau ganti header di mobil apa?
Coba kontek ke DD Exhaust di Srengseng, Jakarta. mungkin bisa custom disana.
Soalnya saya dulu ganti pasang header nya disana lihat ada VW Golf dan Scirocco ganti downpipe custom disana.
efact wrote: 11 Jul 2017, 10:43 Katalis yang mau dibobok / dilepas 3 3 nya atau 1 aja om btw?

kebetulan saya ad fiesta yang dari lahir cuma 1 biji katalis (di header aja), skrg pakai catless header,
performa naik yes, 0.3 sec faster to 100 Km/h dengan muffler standar, efisiensi bbm naik juga yes, kurleb dapet gain 0.5 - 0.8 Km/Ltr

Bau gosong dalem kabin juga lenyap kalo dibejek, tp IMHO bau knalpot nya cukup ganggu sih, terutama pas lagi manuver parkir di rumah / basement yang sirkulasi udaranya ga sbaik di lapangan luas..

jd menurut saya sih.. kalo mentingin power ya efeknya berasa.. kasus ini ganti header yah.. entah kalo hanya ngebobok.. mungkin ada, tpi rasa2 nya bakal minim.. apalagi kalo muffler standar..ntar plong di depan tp nahan di ujungnya imho.. sebab skr sy juga ganti muffler belakangnya dan itu gain another 0.3 sec 0-100 nya..
Terus untuk kesehatan, agaknya kurang setuju nih, krn bau CO HC Nox saat di closed area itu cukup ganggu buat sy.. kadang malah sampe bikin pusing hahahah..

Choice is back to you om.. :big_peace:
Wah kalau saya cukup ganti header aja... kalo ganti full system paling cuman terasa enak atau puas 1 minggu pertama nya doang. Rasain mobil kenceng plus suara nya kenceng jg (walaupun bakal kyk alay kali) tapi selanjut nya pasti pusing sendiri dengerin suara dengung nya :mky_07:

Nah bau CO HC Nox jg bikin saya kalau keluarin mobil dari garasi dorong ke depan dulu sampe carpot, tutup pintu garasi baru deh nyalain biar gk masuk ke dalam rumah...

Tapi kalau mau parkir garasi, yah mau gk mau dah parkir sampe garasi dulu cepet2 baru matiin. soalnya carpot rmh saya miring kebawah jadi kalo didorong mobil nya dr carpot ke garasi berat pastinya, gk kyk keluarin nya tinggal dorong majuin dikit lsg ke bantu gravitasi :mky_01:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by efact »

arfs wrote: 11 Jul 2017, 15:41
Wah kalau saya cukup ganti header aja... kalo ganti full system paling cuman terasa enak atau puas 1 minggu pertama nya doang. Rasain mobil kenceng plus suara nya kenceng jg (walaupun bakal kyk alay kali) tapi selanjut nya pasti pusing sendiri dengerin suara dengung nya :mky_07:

Nah bau CO HC Nox jg bikin saya kalau keluarin mobil dari garasi dorong ke depan dulu sampe carpot, tutup pintu garasi baru deh nyalain biar gk masuk ke dalam rumah...

Tapi kalau mau parkir garasi, yah mau gk mau dah parkir sampe garasi dulu cepet2 baru matiin. soalnya carpot rmh saya miring kebawah jadi kalo didorong mobil nya dr carpot ke garasi berat pastinya, gk kyk keluarin nya tinggal dorong majuin dikit lsg ke bantu gravitasi :mky_01:
persis om.. parkiran rumah juga gituu.. lebih2 saya kalo parkir biasanya mukanya ngaddep keluar.. tpi ya ga sampe dorong dulu sampe keluar sih.. :mky_01:

btw soal muffler sih tergantung tipenya juga.. punya saya kaga pake dengung2 syukurnya.. sebab pakenya yang reverse flow dan ori jepun.. dulu pernah pake merk lokal pesaing ORD (censored) freeflow.. itu suaranya emang naujubilee. alay banget...dengung pula.. mana tenaga perasaan ga berasa beda sama yg reverse flow itu hahaha.. ga pake lama cuma nyoba dari bengkel knalpot sampe rumah lgsung saya copot.. untungnya di Indo.. dijual cepet lakunya muffler model gini.. jd ga sampe ngerugiii :big_biglaugh:
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
piko25
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by piko25 »

bikin ilang garansi gk sih pke header aftermarket?
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 02 Jan 2009, 14:07

Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Post by dimasapri »

Pgn juga lepas catalyst, tapi bagaimana dengan pembacaan error by ECU?
Apakah mengabaikan saja check engine / MIL dalam jangka panjang tidak akan berdampak negatif?
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Post by efact »

dimasapri wrote: 07 Oct 2017, 06:32 Pgn juga lepas catalyst, tapi bagaimana dengan pembacaan error by ECU?
Apakah mengabaikan saja check engine / MIL dalam jangka panjang tidak akan berdampak negatif?
selama o2 sensor tetep kepasang bener ga ada check engine kok om.. alias normal2 saja..
some case mobil2 tertentu kudu ngakalin aja pemasangan o2 sensor yg kedua nya..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 30 Sep 2016, 10:52

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by slowipah »

ChZ wrote: 11 Jul 2017, 10:59 Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...
kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya? :evil:
[/quote]
Paling benci org ndeso ga tau diri gini.. ane pake diesel plg ga prnh panasin mobil di carport, parkiran.ga mau celakain keluarga
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by Turboman »

slowipah wrote:
ChZ wrote: 11 Jul 2017, 10:59 Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...
kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya? :evil:
Paling benci org ndeso ga tau diri gini.. ane pake diesel plg ga prnh panasin mobil di carport, parkiran.ga mau celakain keluarga[/quote]

edukasi aja

suru pake oli bagus

warming up 1 menit aja....lgs jalan
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 02 Jan 2009, 14:07

Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Post by dimasapri »

efact wrote: 07 Oct 2017, 08:55
dimasapri wrote: 07 Oct 2017, 06:32 Pgn juga lepas catalyst, tapi bagaimana dengan pembacaan error by ECU?
Apakah mengabaikan saja check engine / MIL dalam jangka panjang tidak akan berdampak negatif?
selama o2 sensor tetep kepasang bener ga ada check engine kok om.. alias normal2 saja..
some case mobil2 tertentu kudu ngakalin aja pemasangan o2 sensor yg kedua nya..
Itu maksudnya, Om.
Semudah itukah mengakali O2 sensor yg kedua (setelah catalyst)?
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Post by efact »

dimasapri wrote: 08 Oct 2017, 13:07
efact wrote: 07 Oct 2017, 08:55
dimasapri wrote: 07 Oct 2017, 06:32 Pgn juga lepas catalyst, tapi bagaimana dengan pembacaan error by ECU?
Apakah mengabaikan saja check engine / MIL dalam jangka panjang tidak akan berdampak negatif?
selama o2 sensor tetep kepasang bener ga ada check engine kok om.. alias normal2 saja..
some case mobil2 tertentu kudu ngakalin aja pemasangan o2 sensor yg kedua nya..
Itu maksudnya, Om.
Semudah itukah mengakali O2 sensor yg kedua (setelah catalyst)?
emm.. kalo saya boleh bilang sih mudah om.. asal bengkel yang masang tau trik nya, :mrgreen: :mrgreen: yg pnting gimana caranya debit gas buang yg dibaca sensor kedua (setelah catalyst) sebisa mungkin jangan sederas yg dibaca sensor 1 (sebelum catalyst)
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by vipere »

Livina ane yang udah umur 9 tahun juga barusan dibuang catalytic nya oleh bengkel resmi, karena rusak .
Gejalanya di dashboard bagian bawah sampe ke tempat rem tangan terasa panas.
Efeknya setelah dibuang , suara knalpot nya jadi lebih nyaring.
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 02 Jan 2009, 14:07

Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Post by dimasapri »

efact wrote: 09 Oct 2017, 10:15
dimasapri wrote: 08 Oct 2017, 13:07
efact wrote: 07 Oct 2017, 08:55

selama o2 sensor tetep kepasang bener ga ada check engine kok om.. alias normal2 saja..
some case mobil2 tertentu kudu ngakalin aja pemasangan o2 sensor yg kedua nya..
Itu maksudnya, Om.
Semudah itukah mengakali O2 sensor yg kedua (setelah catalyst)?
emm.. kalo saya boleh bilang sih mudah om.. asal bengkel yang masang tau trik nya, :mrgreen: :mrgreen: yg pnting gimana caranya debit gas buang yg dibaca sensor kedua (setelah catalyst) sebisa mungkin jangan sederas yg dibaca sensor 1 (sebelum catalyst)
Yg diukur kecepatan aliran gas buang atau kandungan oksigen, Om?
Di bengkel mana yg bisa ngakalin o2 sensor yg kedua?
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Post by efact »

dimasapri wrote: 02 Nov 2017, 06:59
efact wrote: 09 Oct 2017, 10:15
dimasapri wrote: 08 Oct 2017, 13:07

Itu maksudnya, Om.
Semudah itukah mengakali O2 sensor yg kedua (setelah catalyst)?
emm.. kalo saya boleh bilang sih mudah om.. asal bengkel yang masang tau trik nya, :mrgreen: :mrgreen: yg pnting gimana caranya debit gas buang yg dibaca sensor kedua (setelah catalyst) sebisa mungkin jangan sederas yg dibaca sensor 1 (sebelum catalyst)
Yg diukur kecepatan aliran gas buang atau kandungan oksigen, Om?
Di bengkel mana yg bisa ngakalin o2 sensor yg kedua?
sebener yang diukur oksigennya om,,
2 sensor itu beda tugasnya (meskipun cara kerja nya sama)
sensor 1 lebih ngaruh ke air fuel ratio kalo lg closed loop systemnya,
sensor 2 cuman ngecek fungsi catalyst aja sih imho,
nah karna cara kerja nya sama, kalo CC dibuang, otomatis gas buang ke sensor 2 juga plong aja sama spt ke sensor 1, makanya kudunya gas buang sebelom lewat ke sensor 2 itu disaring dulu, biar seolah2 bacanya konstan sgtu2 aja

tapi kejadian check light nyala cuma in case mobil2 tertentu aja sih om, di Toyota atau kebanyakan Honda biasanya cuman holdernya o2 sensor yg kedua dipanjangin aja udh cukup ga akan bikin masalah apa apa.

kalo bengkel, emm.. mungkin salah 1nya bisa nyobain yg di srengseng tuh om, mereka ngerti kok,,
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 02 Jan 2009, 14:07

Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Post by dimasapri »

efact wrote: 02 Nov 2017, 08:38
dimasapri wrote: 02 Nov 2017, 06:59
efact wrote: 09 Oct 2017, 10:15

emm.. kalo saya boleh bilang sih mudah om.. asal bengkel yang masang tau trik nya, :mrgreen: :mrgreen: yg pnting gimana caranya debit gas buang yg dibaca sensor kedua (setelah catalyst) sebisa mungkin jangan sederas yg dibaca sensor 1 (sebelum catalyst)
Yg diukur kecepatan aliran gas buang atau kandungan oksigen, Om?
Di bengkel mana yg bisa ngakalin o2 sensor yg kedua?
sebener yang diukur oksigennya om,,
2 sensor itu beda tugasnya (meskipun cara kerja nya sama)
sensor 1 lebih ngaruh ke air fuel ratio kalo lg closed loop systemnya,
sensor 2 cuman ngecek fungsi catalyst aja sih imho,
nah karna cara kerja nya sama, kalo CC dibuang, otomatis gas buang ke sensor 2 juga plong aja sama spt ke sensor 1, makanya kudunya gas buang sebelom lewat ke sensor 2 itu disaring dulu, biar seolah2 bacanya konstan sgtu2 aja

tapi kejadian check light nyala cuma in case mobil2 tertentu aja sih om, di Toyota atau kebanyakan Honda biasanya cuman holdernya o2 sensor yg kedua dipanjangin aja udh cukup ga akan bikin masalah apa apa.

kalo bengkel, emm.. mungkin salah 1nya bisa nyobain yg di srengseng tuh om, mereka ngerti kok,,
Thanks infonya Om :big_exellent:
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 26 Sep 2017, 14:38

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by akbrn »

slowipah wrote:
ChZ wrote: 11 Jul 2017, 10:59 Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...
kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya? :evil:
Paling benci org ndeso ga tau diri gini.. ane pake diesel plg ga prnh panasin mobil di carport, parkiran.ga mau celakain keluarga[/quote]
Diem2 sumpel knalpotnya pake bola golf / sejenisnya. Wkwkwk
Post Reply