Penyebab transmisi CVT jebol

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Fri Jul 16, 2021 8:26
Profith83 wrote: Fri Jul 16, 2021 2:41
Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 18:08
di mobil sy yg jazz rs GK5 jg spt itu. ga mau upshift kl rpm jatuhnya terlalu low (bukan krn torque nya sih). jadi misalnya jalan 60-70 kph tp kl pakai gigi 7 rpmnya msh diatas 1000 rpm dia mau aja masuk ke 7 itu. sementara kl jalannya 40 kph misalnya dia ga mau masuk ke 7 krn rpm akan terlalu rendah.

beda sm vrz sy om. vrz sama spt camry xv50 juga, kita shift ke S4, S5, atau S6 pun kapanpun ga masalah. dia akan display itu tp bukan berarti ada di gigi tsb. dia akan menyesuaikan gigi yg optimum utk cruising speed tp maksimal di S-brp yg kita pasang. misalnya kl kita taruh di S4 akan bermain di 1,2,3,4 aja (tidak masuk gigi 5 dan 6), tapi kl kita deselerasi sampai berhenti di TL dia akan downshift dr 4 ke 3,2,1 dan start jalan dr 1,2,3,4 lagi dengan tetap display di dashboard S4 aja terus. demikian jg kl kita pilih S1 (berarti cuma gigi 1), S2 (gigi 1, 2), S3 (gigi 1,2,3) dst dst.
Nah ini Kalau HRV, gearnya sesuai dengan display angka yang kita naikkan dari 1 sd 6 atau berapa max nya, belum pernah coba.
Jadi seakan akan gearnya mirip manual sesuai dengan yang kita inginkan.

Tapi kalau Innova D4 atau S4 dia bukan masuk gigi 4, melainkan batas max 4. Jadi dia akan main gigi 1 sd 4

Om sebenarnya suka karakter yang model Honda atau Toyota?
Saya pernah coba toyota dari D3 misal kecepatan 50, kemudian naikkan ke D4 masih butuh waktu sekitar 1 detik lebih, baru naik dia.
Kalau Honda begitu kita pindahkan paling 0.2 detik langsung pindah.
kl yg model honda musti kitanya perhatian terus sebab tiap mobil berhenti dia otomatis balik ke gigi 1. jd kl kita lupa shift up mesin meraung minta ganti ke 2 dst. tiap kali mobil stop n go begitu jd betul2 full manual.
kl model toyota kan engga. hmm ..... kayanya lbh suka model toyota lah om, lbh relax utk drivernya.

yg vrz sy ga lama shift up nya. ga sampe 1 detik gitu. ganti oli atf nya pakai merk nganu om.
Nganu yang depannya A....
Saya cuma ganti ke PPT LV1 mbah, sudah lumayan. Sekitar 1 detik. Kalau D nya responsif banget gak ada gejala bingung.
Tapi kalau Manual yang bisa plus minus nah itu waktu digeber RPM 2500 kemudian dinaikkan (plus) gak bisa langsung naik ada jeda dikit.

Sebelum kuras PTT LV kalau D nya bisa tunggu 0.8 detik untuk dia mikir
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Fri Jul 16, 2021 10:24
Omnibus wrote: Fri Jul 16, 2021 8:26
Profith83 wrote: Fri Jul 16, 2021 2:41

Nah ini Kalau HRV, gearnya sesuai dengan display angka yang kita naikkan dari 1 sd 6 atau berapa max nya, belum pernah coba.
Jadi seakan akan gearnya mirip manual sesuai dengan yang kita inginkan.

Tapi kalau Innova D4 atau S4 dia bukan masuk gigi 4, melainkan batas max 4. Jadi dia akan main gigi 1 sd 4

Om sebenarnya suka karakter yang model Honda atau Toyota?
Saya pernah coba toyota dari D3 misal kecepatan 50, kemudian naikkan ke D4 masih butuh waktu sekitar 1 detik lebih, baru naik dia.
Kalau Honda begitu kita pindahkan paling 0.2 detik langsung pindah.
kl yg model honda musti kitanya perhatian terus sebab tiap mobil berhenti dia otomatis balik ke gigi 1. jd kl kita lupa shift up mesin meraung minta ganti ke 2 dst. tiap kali mobil stop n go begitu jd betul2 full manual.
kl model toyota kan engga. hmm ..... kayanya lbh suka model toyota lah om, lbh relax utk drivernya.

yg vrz sy ga lama shift up nya. ga sampe 1 detik gitu. ganti oli atf nya pakai merk nganu om.
Nganu yang depannya A....
Saya cuma ganti ke PPT LV1 mbah, sudah lumayan. Sekitar 1 detik. Kalau D nya responsif banget gak ada gejala bingung.
Tapi kalau Manual yang bisa plus minus nah itu waktu digeber RPM 2500 kemudian dinaikkan (plus) gak bisa langsung naik ada jeda dikit.

Sebelum kuras PTT LV kalau D nya bisa tunggu 0.8 detik untuk dia mikir
dr mana itu dpt angka 1 detik atau 0.8 detik? kl cuma feeling sy jg mau feeling aja. hehe enak tanpa empirical data. vrz sy sptnya hmm ..... 420.5 mili detik. :mky_03:

*1 detik itu 1000 mili detik, kl supercar skrg kisaran 60 mili detik.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Fri Jul 16, 2021 10:57
Profith83 wrote: Fri Jul 16, 2021 10:24
Omnibus wrote: Fri Jul 16, 2021 8:26

kl yg model honda musti kitanya perhatian terus sebab tiap mobil berhenti dia otomatis balik ke gigi 1. jd kl kita lupa shift up mesin meraung minta ganti ke 2 dst. tiap kali mobil stop n go begitu jd betul2 full manual.
kl model toyota kan engga. hmm ..... kayanya lbh suka model toyota lah om, lbh relax utk drivernya.

yg vrz sy ga lama shift up nya. ga sampe 1 detik gitu. ganti oli atf nya pakai merk nganu om.
Nganu yang depannya A....
Saya cuma ganti ke PPT LV1 mbah, sudah lumayan. Sekitar 1 detik. Kalau D nya responsif banget gak ada gejala bingung.
Tapi kalau Manual yang bisa plus minus nah itu waktu digeber RPM 2500 kemudian dinaikkan (plus) gak bisa langsung naik ada jeda dikit.

Sebelum kuras PTT LV kalau D nya bisa tunggu 0.8 detik untuk dia mikir
dr mana itu dpt angka 1 detik atau 0.8 detik? kl cuma feeling sy jg mau feeling aja. hehe enak tanpa empirical data. vrz sy sptnya hmm ..... 420.5 mili detik. :mky_03:

*1 detik itu 1000 mili detik, kl supercar skrg kisaran 60 mili detik.
metode perkiraan hahahaha. Gimana yah ngukurnya susah Om.
Intinya setelah ganti ke PTT LV1 lebih enak jauh drdpd bawaan.
Belum pernah coba yang keraton Amsoil. Kayanya ini saja cukup om
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Duvebriliant0 »

Suryaputra wrote: Fri Jul 16, 2021 4:55
Duvebriliant0 wrote: Fri Jul 16, 2021 2:10
Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:26

sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahaha

aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
okeh om aman yah kalo sering dipake begitu, thx oom
Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:32

hahaha ... is ok OM. Santai aja.
Kebetulan om tidak pernah lihat dan saya pernah lihat.

pernah baca kalau CVT tidak cocok untuk ditarik tarik (sentak sentak) karena dia pakai rantai/belt baja.
Bukan pakai gear. beltnya rentan hancur. Pernah lihat yang hancur/terlepas/protol kecil kecil.

CVT cocoknya ditarik pelan pelan, sampai kecepatan tinggi pun tak apa jangan dikagetin.
Sering dikagetin rusak juga seal drive shaft dll.

Pastikan 2 thn atau max 20rb KM ganti olinya
thx oom, mulai tobat nih abis kuras di 100k bakal rutin per 20k kalo gt :big_exellent:
klo mesinnya masih std pabrik, insya Allah aman.
krn transmisi cvtnya dirancang untuk bisa handle power dan torsi maximal sesuai setting pabrik.

sy pernah angkat jazz gd3, km 100rb an
masih mantap cvt nya, tiptronic 7 speednya jg gak ada gejala aneh2. dan masih responsif.
yg ptg ganti lendir rutin aja.

beda cerita klo mesin dah remap plus plus modif mesin, dsb.
itu hati2 :mky_01:
klo liat cerita di youtube dsb, itu yg jebol2 kita gaktau gmn the other side of story nya :mky_03:
ini nih yg agak ditakutin soalnya sempet telat cuma tap di 80k km sama 100k kemaren kuras.. next per 20k km aja mestinya ya
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ginting »

Omnibus wrote: Fri Jul 16, 2021 8:26
Profith83 wrote: Fri Jul 16, 2021 2:41
Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 18:08
di mobil sy yg jazz rs GK5 jg spt itu. ga mau upshift kl rpm jatuhnya terlalu low (bukan krn torque nya sih). jadi misalnya jalan 60-70 kph tp kl pakai gigi 7 rpmnya msh diatas 1000 rpm dia mau aja masuk ke 7 itu. sementara kl jalannya 40 kph misalnya dia ga mau masuk ke 7 krn rpm akan terlalu rendah.

beda sm vrz sy om. vrz sama spt camry xv50 juga, kita shift ke S4, S5, atau S6 pun kapanpun ga masalah. dia akan display itu tp bukan berarti ada di gigi tsb. dia akan menyesuaikan gigi yg optimum utk cruising speed tp maksimal di S-brp yg kita pasang. misalnya kl kita taruh di S4 akan bermain di 1,2,3,4 aja (tidak masuk gigi 5 dan 6), tapi kl kita deselerasi sampai berhenti di TL dia akan downshift dr 4 ke 3,2,1 dan start jalan dr 1,2,3,4 lagi dengan tetap display di dashboard S4 aja terus. demikian jg kl kita pilih S1 (berarti cuma gigi 1), S2 (gigi 1, 2), S3 (gigi 1,2,3) dst dst.
Nah ini Kalau HRV, gearnya sesuai dengan display angka yang kita naikkan dari 1 sd 6 atau berapa max nya, belum pernah coba.
Jadi seakan akan gearnya mirip manual sesuai dengan yang kita inginkan.

Tapi kalau Innova D4 atau S4 dia bukan masuk gigi 4, melainkan batas max 4. Jadi dia akan main gigi 1 sd 4

Om sebenarnya suka karakter yang model Honda atau Toyota?
Saya pernah coba toyota dari D3 misal kecepatan 50, kemudian naikkan ke D4 masih butuh waktu sekitar 1 detik lebih, baru naik dia.
Kalau Honda begitu kita pindahkan paling 0.2 detik langsung pindah.
kl yg model honda musti kitanya perhatian terus sebab tiap mobil berhenti dia otomatis balik ke gigi 1. jd kl kita lupa shift up mesin meraung minta ganti ke 2 dst. tiap kali mobil stop n go begitu jd betul2 full manual.
kl model toyota kan engga. hmm ..... kayanya lbh suka model toyota lah om, lbh relax utk drivernya.

yg vrz sy ga lama shift up nya. ga sampe 1 detik gitu. ganti oli atf nya pakai merk nganu om.
Transmissi Mux beda sama sama GNKI saya.
Kalau GNKI itu menganut "range"..kalau masuk di D3 , maka main di range 1-2-3-2-1...

kalau di MUX mirip Honda...maka kalau kita masukkan di mode M ..maka muncul angka di dashboard di gigi brp, misalnya gigi 4..
kalau kita melambat dia turun sendiri...
kalau berhenti jadi 1...maka untuk naek harus manual mode...harus sodok sodok ke arah depan (+)
jadi serasa mobil manual aja, tp gak pake injak kopling...

untuk naek ke 2 musti
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by KielConstantine »

Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:07 iyah oom mobilnya altis 2012, saya kira mode manual di CVT ya prinsipnya sama semua hehee maaf yah oom atas kesalahan sy :big_peace:
Modelnya yg kaya bgini bukan om ?

Image

Image

Punya om type 1.8 apa 2.0 ?
Enak kg dipakenya? Ane baru tau model yg itu jg pake CVT…. Kirain yg lebih baru aja..
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Duvebriliant0 »

KielConstantine wrote: Sat Jul 17, 2021 6:46
Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:07 iyah oom mobilnya altis 2012, saya kira mode manual di CVT ya prinsipnya sama semua hehee maaf yah oom atas kesalahan sy :big_peace:
Modelnya yg kaya bgini bukan om ?

Image

Image

Punya om type 1.8 apa 2.0 ?
Enak kg dipakenya? Ane baru tau model yg itu jg pake CVT…. Kirain yg lebih baru aja..
betul oom kyk gitu, saya make yg 2.0 facelift. beda exterior cuma grill, lampu depan, sama ada korner sensor. selama ini sih enak enak ajaa om 2.0nya mayan irit sama alus bener. cuma problem racksteer aja klo kena jalan gk bagus glodakan dikit.

model prefacelift 2.0nya masih 4at oom, yang bentuknya kyk gini.. cuma ada 2009 doang kalo gasalah sebelum facelift Image
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by KielConstantine »

Duvebriliant0 wrote: Sat Jul 17, 2021 7:44
KielConstantine wrote: Sat Jul 17, 2021 6:46
Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:07 iyah oom mobilnya altis 2012, saya kira mode manual di CVT ya prinsipnya sama semua hehee maaf yah oom atas kesalahan sy :big_peace:
Modelnya yg kaya bgini bukan om ?

Image

Image

Punya om type 1.8 apa 2.0 ?
Enak kg dipakenya? Ane baru tau model yg itu jg pake CVT…. Kirain yg lebih baru aja..
betul oom kyk gitu, saya make yg 2.0 facelift. beda exterior cuma grill, lampu depan, sama ada korner sensor. selama ini sih enak enak ajaa om 2.0nya mayan irit sama alus bener. cuma problem racksteer aja klo kena jalan gk bagus glodakan dikit.

model prefacelift 2.0nya masih 4at oom, yang bentuknya kyk gini.. cuma ada 2009 doang kalo gasalah sebelum facelift Image
Wow thx infonya om :frm_salut:

Type 2.0 seh kenceng donk yah. Napasnya panjang ehehehe, bagus deh odo 100rb masih awet cvt-nya. Yg penting sering rutin ganti oli transmisi aja sesuai anjuran suhu omni 👍
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Duvebriliant0 »

KielConstantine wrote: Sat Jul 17, 2021 10:29
Duvebriliant0 wrote: Sat Jul 17, 2021 7:44
KielConstantine wrote: Sat Jul 17, 2021 6:46

Modelnya yg kaya bgini bukan om ?

Image

Image

Punya om type 1.8 apa 2.0 ?
Enak kg dipakenya? Ane baru tau model yg itu jg pake CVT…. Kirain yg lebih baru aja..
betul oom kyk gitu, saya make yg 2.0 facelift. beda exterior cuma grill, lampu depan, sama ada korner sensor. selama ini sih enak enak ajaa om 2.0nya mayan irit sama alus bener. cuma problem racksteer aja klo kena jalan gk bagus glodakan dikit.

model prefacelift 2.0nya masih 4at oom, yang bentuknya kyk gini.. cuma ada 2009 doang kalo gasalah sebelum facelift Image
Wow thx infonya om :frm_salut:

Type 2.0 seh kenceng donk yah. Napasnya panjang ehehehe, bagus deh odo 100rb masih awet cvt-nya. Yg penting sering rutin ganti oli transmisi aja sesuai anjuran suhu omni 👍
siap oom :big_exellent:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by zzzprince »

Permisi rekan-rekan, mau tanya seputaran cvt ni.. untuk guling lemaz pakai cvt model apa ya? Ay agak tertarik buat pinang versi Smart enjoy cvt nya karna fitur banyak beda dgn versi MT nya

Coba search CVTF nya pakai Shell sl 2100, agak jarang ada atau malah cuma ada di beresnya.. substitusi nya bs pakai oli apa ya...

Atau better ambil MT nya aja supaya lebih safe?

Mohon pencerahannya, terima kasih
Screenshot_20210718_172115.jpg
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ariswp »

zzzprince wrote: Sun Jul 18, 2021 9:18 Permisi rekan-rekan, mau tanya seputaran cvt ni.. untuk guling lemaz pakai cvt model apa ya? Ay agak tertarik buat pinang versi Smart enjoy cvt nya karna fitur banyak beda dgn versi MT nya

Coba search CVTF nya pakai Shell sl 2100, agak jarang ada atau malah cuma ada di beresnya.. substitusi nya bs pakai oli apa ya...

Atau better ambil MT nya aja supaya lebih safe?

Mohon pencerahannya, terima kasih

Screenshot_20210718_172115.jpg
Temen ada yang pake shell spirax s5 cvt x buat guling lemaz nya (doi beli guling lemaz batch awal dan dibuat gerobak harian) so far ga ada masalah
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by zzzprince »

ariswp wrote:
zzzprince wrote: Sun Jul 18, 2021 9:18 Permisi rekan-rekan, mau tanya seputaran cvt ni.. untuk guling lemaz pakai cvt model apa ya? Ay agak tertarik buat pinang versi Smart enjoy cvt nya karna fitur banyak beda dgn versi MT nya

Coba search CVTF nya pakai Shell sl 2100, agak jarang ada atau malah cuma ada di beresnya.. substitusi nya bs pakai oli apa ya...

Atau better ambil MT nya aja supaya lebih safe?

Mohon pencerahannya, terima kasih

Screenshot_20210718_172115.jpg
Temen ada yang pake shell spirax s5 cvt x buat guling lemaz nya (doi beli guling lemaz batch awal dan dibuat gerobak harian) so far ga ada masalah
Batch awal berarti yg cooling CVT blm improve ya om? Impresi nya sejauh ini bagaimana apa seperti yg santer diberitakan?

S5x aman berarti kalo khilaf pakai amsoil CVT aman lah ya... Biar awet gitu dipakai di kalimantan
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by jdm86 »

Halo om, numpang nimbrung ada beberapa pertanyaan terkait dengan CVT.
Mobilnya CRV Turbo FL odo 8000

1. Pada saat mobil mundur khususnya apabila tanjakan dan gasnya disentak ada bunyi bletak lumayan kenceng itu apakah masalah di cv joint kah ? Saya liat di thread atas rombongan honda yang pakai cvt ada kasus seperti itu, tapi tidak di sebutkan untuk crv.

2. Sudah pernah ganti oli CVT dengan HCF2, pada saat di drain keluar 3,2 liter dari kapasitas yang seharusnya yaitu 3,7 liter. Setelah dituang CVTF baru sudah dilakukan proses pengecheckan dengan membuka check bolt pada saat suhu CVTF sekitar 65 C. Saya check suhu CVTF dengan menggunakan OBD scanner. Gejala bletak pada saat mundur masih muncul tp gejala stutter lumayan berkurang.

3. Terkait dengan CVTF oil apakah wajib menggunukan HCF-2 Honda atau boleh pake Q8 / Amsoil. Kalau baca di forum luar mereka bilang lebih baik pakai ori honda saja karena memang transmission in house honda agak sedikit unik.

Semoga bisa mendapatkan pencerahan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ChZ »

jdm86 wrote: Fri Mar 18, 2022 4:27 Halo om, numpang nimbrung ada beberapa pertanyaan terkait dengan CVT.
Mobilnya CRV Turbo FL odo 8000

1. Pada saat mobil mundur khususnya apabila tanjakan dan gasnya disentak ada bunyi bletak lumayan kenceng itu apakah masalah di cv joint kah ? Saya liat di thread atas rombongan honda yang pakai cvt ada kasus seperti itu, tapi tidak di sebutkan untuk crv.

2. Sudah pernah ganti oli CVT dengan HCF2, pada saat di drain keluar 3,2 liter dari kapasitas yang seharusnya yaitu 3,7 liter. Setelah dituang CVTF baru sudah dilakukan proses pengecheckan dengan membuka check bolt pada saat suhu CVTF sekitar 65 C. Saya check suhu CVTF dengan menggunakan OBD scanner. Gejala bletak pada saat mundur masih muncul tp gejala stutter lumayan berkurang.

3. Terkait dengan CVTF oil apakah wajib menggunukan HCF-2 Honda atau boleh pake Q8 / Amsoil. Kalau baca di forum luar mereka bilang lebih baik pakai ori honda saja karena memang transmission in house honda agak sedikit unik.

Semoga bisa mendapatkan pencerahan
1&2 most possible cause dari cv joint tapi coba aja dicek lebih lanjut di bengkel. problem kyk gini musti liat langsung pake mata telanjang soalnya.

3. bbrp user yang udah tune civic turbo sih banyak yg pake Q8 / ams baik2 aja. tapi kalau stock hcf2 aja cukup apalagi CRV tuningan CVT nya gak se agresif civic. kalo saya di civic skrg pake fk pulse cvtf for honda dulu di bengkel teman dikasih ini. lebih gak banyak selip dibanding HCF2 sih. cm urusan product sheet nya saya nyari kok gak ada tapi :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lemonadelovers »

jdm86 wrote: Fri Mar 18, 2022 4:27 Halo om, numpang nimbrung ada beberapa pertanyaan terkait dengan CVT.
Mobilnya CRV Turbo FL odo 8000

1. Pada saat mobil mundur khususnya apabila tanjakan dan gasnya disentak ada bunyi bletak lumayan kenceng itu apakah masalah di cv joint kah ? Saya liat di thread atas rombongan honda yang pakai cvt ada kasus seperti itu, tapi tidak di sebutkan untuk crv.

2. Sudah pernah ganti oli CVT dengan HCF2, pada saat di drain keluar 3,2 liter dari kapasitas yang seharusnya yaitu 3,7 liter. Setelah dituang CVTF baru sudah dilakukan proses pengecheckan dengan membuka check bolt pada saat suhu CVTF sekitar 65 C. Saya check suhu CVTF dengan menggunakan OBD scanner. Gejala bletak pada saat mundur masih muncul tp gejala stutter lumayan berkurang.

3. Terkait dengan CVTF oil apakah wajib menggunukan HCF-2 Honda atau boleh pake Q8 / Amsoil. Kalau baca di forum luar mereka bilang lebih baik pakai ori honda saja karena memang transmission in house honda agak sedikit unik.

Semoga bisa mendapatkan pencerahan
Klo saya pakai hcf2. Jaga2 klo klaim warranty gak d void krna oli beda
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by sherryandkez »

jdm86 wrote: Fri Mar 18, 2022 4:27 Halo om, numpang nimbrung ada beberapa pertanyaan terkait dengan CVT.
Mobilnya CRV Turbo FL odo 8000

1. Pada saat mobil mundur khususnya apabila tanjakan dan gasnya disentak ada bunyi bletak lumayan kenceng itu apakah masalah di cv joint kah ? Saya liat di thread atas rombongan honda yang pakai cvt ada kasus seperti itu, tapi tidak di sebutkan untuk crv.

2. Sudah pernah ganti oli CVT dengan HCF2, pada saat di drain keluar 3,2 liter dari kapasitas yang seharusnya yaitu 3,7 liter. Setelah dituang CVTF baru sudah dilakukan proses pengecheckan dengan membuka check bolt pada saat suhu CVTF sekitar 65 C. Saya check suhu CVTF dengan menggunakan OBD scanner. Gejala bletak pada saat mundur masih muncul tp gejala stutter lumayan berkurang.

3. Terkait dengan CVTF oil apakah wajib menggunukan HCF-2 Honda atau boleh pake Q8 / Amsoil. Kalau baca di forum luar mereka bilang lebih baik pakai ori honda saja karena memang transmission in house honda agak sedikit unik.

Semoga bisa mendapatkan pencerahan
mungkin saya coba jawab nomer 3, honda usahain pake chemical ori aja. pengalaman saya di genio pake oli ps lain bocor terus, tp kalo pake honda punya malah ga bocor2 dan murah lagi hahahaha. oli mesin nya sih ampas, saya oli mesin q8 oli matic aisin.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by sahabatq8 »

arfs wrote: Wed May 09, 2018 6:23 Asal CVTF nya diganti rutin gk ikutin anjuran ATPM Nissin nya mesti nya ok..

ATPM nya aja ngawur di buku service manual suruh ganti nya 100.000km baru kuras CVTF nya...

*di merk nissan
Xtrail saya 60rb aja udah gak enak banget. Oli keluarnya usah item. Ganti Q8 Cvt evo langsung jos, sampe sekarang udah jalan 30rb lagi.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by sahabatq8 »

jdm86 wrote: Fri Mar 18, 2022 4:27 Halo om, numpang nimbrung ada beberapa pertanyaan terkait dengan CVT.
Mobilnya CRV Turbo FL odo 8000

1. Pada saat mobil mundur khususnya apabila tanjakan dan gasnya disentak ada bunyi bletak lumayan kenceng itu apakah masalah di cv joint kah ? Saya liat di thread atas rombongan honda yang pakai cvt ada kasus seperti itu, tapi tidak di sebutkan untuk crv.

2. Sudah pernah ganti oli CVT dengan HCF2, pada saat di drain keluar 3,2 liter dari kapasitas yang seharusnya yaitu 3,7 liter. Setelah dituang CVTF baru sudah dilakukan proses pengecheckan dengan membuka check bolt pada saat suhu CVTF sekitar 65 C. Saya check suhu CVTF dengan menggunakan OBD scanner. Gejala bletak pada saat mundur masih muncul tp gejala stutter lumayan berkurang.

3. Terkait dengan CVTF oil apakah wajib menggunukan HCF-2 Honda atau boleh pake Q8 / Amsoil. Kalau baca di forum luar mereka bilang lebih baik pakai ori honda saja karena memang transmission in house honda agak sedikit unik.

Semoga bisa mendapatkan pencerahan
Kalo mobil honda yang udah pake hcf-2 sih gak masalah ya, malah enakan pake Q8 , fuel efficiency jg bertambah sedikit. Nah kalo yang cvt honda first gen itu lain cerita, better stick dengan oli honda.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by sahabatq8 »

zzzprince wrote: Sun Jul 18, 2021 9:18 Permisi rekan-rekan, mau tanya seputaran cvt ni.. untuk guling lemaz pakai cvt model apa ya? Ay agak tertarik buat pinang versi Smart enjoy cvt nya karna fitur banyak beda dgn versi MT nya

Coba search CVTF nya pakai Shell sl 2100, agak jarang ada atau malah cuma ada di beresnya.. substitusi nya bs pakai oli apa ya...

Atau better ambil MT nya aja supaya lebih safe?

Mohon pencerahannya, terima kasih

Screenshot_20210718_172115.jpg
Bantu jawab , kebetulan ada temen punya wuling almaz dan saat ke bengkel dia sempet nanya SAnya. Katanya kalo wuling oli bawaannya si shell sl 2100 , tapi kalo speknya patokanya itu spek hcf2nya honda. Pake Q8 CVT EVO sih udah di coba gak masalah.
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by jdm86 »

Akhirnya hari sabtu kemarin mampir ke tempat om marmut buat ganti CVT Fluid CRV Turbo
Odo pada saat pengerjaan sekitar 9600

Kenapa diganti ? Mau memastikan saja kondisinya masih bagus dan sekalian check level
Digantinya pakai apa ? tentu saja salah brand favourite dari kuwait.
WhatsApp Image 2022-03-26 at 12.45.18.jpeg
Setelah di drain terlampi kondisi visual oli
WhatsApp Image 2022-03-26 at 13.34.35.jpeg
Pada saat drain kemarin total oli yang keluar sekitar 4.3 liter ( versus 3.7 liter sesuai yang tercetak di buku manual ).
Perbedaan ini mungkin saja karena kemaren flushing dengan metode gerlong yang mana oli yang di drain akan lebih banyak.

So far setelah ganti pake Q8, response cvt jauh lebih baik dengan sedikit slip dan lebih stabil pada suhu tinggi. Oli HCF-2 bawaan apabila suhu sudah mencapai 90 C lumayan terasa slipnya.
Kalau di pantau di OBD Monitor rata-rata suhu CVTF pada saat stop and go bisa mencapai angka 90 dan next levelnya memasang CVT Cooler
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Kaleng »

jdm86 wrote: Tue Mar 29, 2022 8:21 Akhirnya hari sabtu kemarin mampir ke tempat om marmut buat ganti CVT Fluid CRV Turbo
Odo pada saat pengerjaan sekitar 9600

Kenapa diganti ? Mau memastikan saja kondisinya masih bagus dan sekalian check level
Digantinya pakai apa ? tentu saja salah brand favourite dari kuwait.
WhatsApp Image 2022-03-26 at 12.45.18.jpeg

Setelah di drain terlampi kondisi visual oli
WhatsApp Image 2022-03-26 at 13.34.35.jpeg

Pada saat drain kemarin total oli yang keluar sekitar 4.3 liter ( versus 3.7 liter sesuai yang tercetak di buku manual ).
Perbedaan ini mungkin saja karena kemaren flushing dengan metode gerlong yang mana oli yang di drain akan lebih banyak.

So far setelah ganti pake Q8, response cvt jauh lebih baik dengan sedikit slip dan lebih stabil pada suhu tinggi. Oli HCF-2 bawaan apabila suhu sudah mencapai 90 C lumayan terasa slipnya.
Kalau di pantau di OBD Monitor rata-rata suhu CVTF pada saat stop and go bisa mencapai angka 90 dan next levelnya memasang CVT Cooler
Mau tny om, pantau suhu cvtf dis top & go, utk obd reader dipasang terus sepanjang jalan atau pas mau cek dan kondisi mesin hidup dicolok saja?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Suryaputra »

jdm86 wrote: Tue Mar 29, 2022 8:21 Akhirnya hari sabtu kemarin mampir ke tempat om marmut buat ganti CVT Fluid CRV Turbo
Odo pada saat pengerjaan sekitar 9600

Kenapa diganti ? Mau memastikan saja kondisinya masih bagus dan sekalian check level
Digantinya pakai apa ? tentu saja salah brand favourite dari kuwait.
WhatsApp Image 2022-03-26 at 12.45.18.jpeg

Setelah di drain terlampi kondisi visual oli
WhatsApp Image 2022-03-26 at 13.34.35.jpeg

Pada saat drain kemarin total oli yang keluar sekitar 4.3 liter ( versus 3.7 liter sesuai yang tercetak di buku manual ).
Perbedaan ini mungkin saja karena kemaren flushing dengan metode gerlong yang mana oli yang di drain akan lebih banyak.

So far setelah ganti pake Q8, response cvt jauh lebih baik dengan sedikit slip dan lebih stabil pada suhu tinggi. Oli HCF-2 bawaan apabila suhu sudah mencapai 90 C lumayan terasa slipnya.
Kalau di pantau di OBD Monitor rata-rata suhu CVTF pada saat stop and go bisa mencapai angka 90 dan next levelnya memasang CVT Cooler
Wah mantapp.
Yg bedain keraton macam amsoil dan q8 dgn brand mainstream, ya stabilitas visco di suhu tinggi nya dan sampai ditap lg tetap di rentang segitu V100 nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by jdm86 »

Kaleng wrote: Tue Mar 29, 2022 9:40
Mau tny om, pantau suhu cvtf dis top & go, utk obd reader dipasang terus sepanjang jalan atau pas mau cek dan kondisi mesin hidup dicolok saja?
Kalau saya pakai OBD model dibawah om.
IMG_20220329_133330.jpg
Ini saya colok terus selama perjalannya, jadi kalau abis narik tau kapan harus cooling down.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by marmut »

jdm86 wrote: Tue Mar 29, 2022 8:21

Pada saat drain kemarin total oli yang keluar sekitar 4.3 liter ( versus 3.7 liter sesuai yang tercetak di buku manual ).
Perbedaan ini mungkin saja karena kemaren flushing dengan metode gerlong yang mana oli yang di drain akan lebih banyak.



tepatnya,

the omnibus way

yang diajarkan dan dipatenkan oleh mahaguru
Omnibus
pisangGoreng007
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Thu Feb 25, 2021 4:29
Location: tangerang selatan
Daily Vehicle: Xpander Cvt

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by pisangGoreng007 »

Malam suhu2 semuanya..

Ijin bertanya, barangkali disini ada pengguna xpander yg udh cvt.
Apakah ngerasa jedug jg saat perpindahan gigi dari D ke N?

Rasanya kya ada hentakan di perseneling gt.

Sempet nanya sm SA nya mitsu, ktnya itu normal & memang karakter cvt nya xpander seperti itu. Jd cvt nya itu model baru yg dikembangkan oleh mitsu, Efek nya mesin jd lbh responsif dibanding cvt biasa

Cmn karena jedug gt, jd was2 untuk pemakaian jangka panjang nya