Yang saya tahu mobil dgn transmisi CVT itu sangat smooth saat dikendarai dan memang lebih efficient dalam konsumsi BBM di bandingkan dengan transmisi matic model lama. Matic model lawas biasanya akan lebih boros BBM dibanding dgn varian MT nya, sementara mobil dgn matic CVT justru bisa lebih efficient fuel consumptionnya di banding tipe MT nya.
Untuk matic CVT cepat jebol atau tidaknya tergantung dengan cara pemakainya atau user saat mengendarai mobil yg bertrasmissi CVT tsb serta perawatan transmisinya seperti penggantian oli CVT nya secara periodik (karena oli transmissi CVT juga bisa terdegredasi dan berkurang volumenya)
dgn menggunakan CVTF yg tepat sesuai dengan requirementnya.
Apakah gejala awal transmisi CVT bermasalah silahkan baca di link ini
http://kompasmatic.com/2015/02/21/gejal ... ermasalah/
Saya pribadi juga sudah menggunakan mobil dan motor yg
bertrasmissi CVT. Untuk di motor yg saya tahu selama 16 tahun lebih belum pernah jebol atau ganti transsmisi CVT yg saya alami, cuma perlu ganti oli Maticnya saja sampai dgn odo yg sudah mutar balik aman sentosa.
Sementara untuk mobil, saya belajar dari pengalaman perawatan di motor cuma ganti oli transmissi nya saja dipercepat saat odo mencapai 48 ribu KM (4 tahun masa pakai) dan tidak ngikuti anjuran buku manualnya yg menyarankan ganti oli transmisi saat odo mencapai 100 ribu Km[emoji2].
Odo mobil sekarang baru on going 69
ribu Km dan umurnya baru 5 tahun lebih dan transmissi masih smooth serta masih sangat irit saja sampai skrg walau cuma isi pakai premium ron 88 tanpa pakai additive apapun sehingga tidak merepotkan.[emoji2]
IMG_20190706_184828.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.