Penyebab transmisi CVT jebol

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by osbertc0ol »

marama wrote: 09 Aug 2019, 09:52 CVT jebol ada cerita, bulan lalu serena C26 kantor dipakai ke jogja, odo 70k rutin servis beres, mobil tahun 2015. Waktu arah pulang kembali ke jakarta terpaksa di towing krn mobil mogok, dibawa ke beres nissan cvt nya jebol tagihan 70jt an ganti segelondong. Apakah bener xtronic nissan kalau buat rute tol jauh gini panas ya? penasaran aja saya , kata bengkel ad beberapa kejadian gini alasannya krn sdh diatas 3th (alasan g masuk akal sih hahaa)
Soalnya Nissan pede dengan oli CVT mereka hanya perlu diganti jika komputer bilang suruh ganti atau paling cepat 100rb km.
harus rutin diganti itu oli cvt.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by adityabp »

osbertc0ol wrote: 09 Aug 2019, 10:35
marama wrote: 09 Aug 2019, 09:52 CVT jebol ada cerita, bulan lalu serena C26 kantor dipakai ke jogja, odo 70k rutin servis beres, mobil tahun 2015. Waktu arah pulang kembali ke jakarta terpaksa di towing krn mobil mogok, dibawa ke beres nissan cvt nya jebol tagihan 70jt an ganti segelondong. Apakah bener xtronic nissan kalau buat rute tol jauh gini panas ya? penasaran aja saya , kata bengkel ad beberapa kejadian gini alasannya krn sdh diatas 3th (alasan g masuk akal sih hahaa)
Soalnya Nissan pede dengan oli CVT mereka hanya perlu diganti jika komputer bilang suruh ganti atau paling cepat 100rb km.
harus rutin diganti itu oli cvt.
CVT Belt-nya yg jebol om?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by evanbngdor »

marama wrote: 09 Aug 2019, 09:52 CVT jebol ada cerita, bulan lalu serena C26 kantor dipakai ke jogja, odo 70k rutin servis beres, mobil tahun 2015. Waktu arah pulang kembali ke jakarta terpaksa di towing krn mobil mogok, dibawa ke beres nissan cvt nya jebol tagihan 70jt an ganti segelondong. Apakah bener xtronic nissan kalau buat rute tol jauh gini panas ya? penasaran aja saya , kata bengkel ad beberapa kejadian gini alasannya krn sdh diatas 3th (alasan g masuk akal sih hahaa)
Mirip kasusnya sama temen saya, Xtrail T32 tahun 2016 nya didiagnosa CVT nya yg jebol, mesti ganti segelondong harga 60 juta part nya aja, inden sekitar 1 bulan. Padahal kilometer masih ngga tinggi2 amat, 50rb.
:big_dunno:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
skylion
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 11 Apr 2007, 15:03

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by skylion »

Jadi gmn cara merawat cvt agar tidak jebol?
User avatar
ders
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: 23 Aug 2018, 12:18

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ders »

1. hindari kontak langsung dengan air/debu/lumpur.
2. bersihkan apabila terlihat debu menempel.
3. usahakan menggunakan suhu ruangan tidak berlebihan untuk penyimpanan.
4. biarkan saja jangan merubah letak dan posisi mobilnya, tetap berada di antara mobil lain.. didalam ruang penyimpanan / showroom dealer
skylion wrote:Jadi gmn cara merawat cvt agar tidak jebol?
piss om [emoji120]
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by rendr »

marama wrote: 09 Aug 2019, 09:52 CVT jebol ada cerita, bulan lalu serena C26 kantor dipakai ke jogja, odo 70k rutin servis beres, mobil tahun 2015. Waktu arah pulang kembali ke jakarta terpaksa di towing krn mobil mogok, dibawa ke beres nissan cvt nya jebol tagihan 70jt an ganti segelondong. Apakah bener xtronic nissan kalau buat rute tol jauh gini panas ya? penasaran aja saya , kata bengkel ad beberapa kejadian gini alasannya krn sdh diatas 3th (alasan g masuk akal sih hahaa)
rutin flush oli CVT kah??

memang CVT itu kurang durable untuk dipake "kerja" wabil khusus produk Jatco, di T31 sih udh banyak yg kasus, dulu belom 3 taun T31 2.5 temen juga udh jebol... sepaket 80jtan++, biasanya yg kalah pulley nya duluan, friksi tinggi disana, makanya perlu rutin flush CVTF nya.. apalagi kalo buat "kerja keras" sih maksimal tiap 20rb km ganti... kalo ngikutin beres mah ganti olinya sekaligus ganti transmisi..
:mky_01:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
nisfi19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 24 May 2016, 14:29

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by nisfi19 »

Sore om semua, mau nanya adakah batasan khusus seperti maksimal di KM brp harus ganti oli CVT ? sy baru angkut a4 2013 KM64rban udah waktunya blom ya untuk pergantian ? soalnya lumayan sayang aja om klo masih bisa diberdayakan oli cvt bawaannya... :mky_01:
oh iya dan kalaupun iya ada rekomendasi tempat pergantian selain di bengkel quattro ? 1L 1 juta rupiah disana :big_childish:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by indeskey »

marama wrote: 09 Aug 2019, 09:52 CVT jebol ada cerita, bulan lalu serena C26 kantor dipakai ke jogja, odo 70k rutin servis beres, mobil tahun 2015. Waktu arah pulang kembali ke jakarta terpaksa di towing krn mobil mogok, dibawa ke beres nissan cvt nya jebol tagihan 70jt an ganti segelondong. Apakah bener xtronic nissan kalau buat rute tol jauh gini panas ya? penasaran aja saya , kata bengkel ad beberapa kejadian gini alasannya krn sdh diatas 3th (alasan g masuk akal sih hahaa)
waduh baru 70k dan usia 4 thn dah jebol. :big_dunno:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by indeskey »

nisfi19 wrote: 09 Aug 2019, 15:46 Sore om semua, mau nanya adakah batasan khusus seperti maksimal di KM brp harus ganti oli CVT ? sy baru angkut a4 2013 KM64rban udah waktunya blom ya untuk pergantian ? soalnya lumayan sayang aja om klo masih bisa diberdayakan oli cvt bawaannya... :mky_01:
oh iya dan kalaupun iya ada rekomendasi tempat pergantian selain di bengkel quattro ? 1L 1 juta rupiah disana :big_childish:
mobil apa ini om?

saran newbie sih km dah 64k dan kalau nggak tau track recordnya mending di ganti om. harga oli cuma 1% kalau dibanding ganti cvt gelondongan.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lemonadelovers »

marama wrote: 09 Aug 2019, 09:52 CVT jebol ada cerita, bulan lalu serena C26 kantor dipakai ke jogja, odo 70k rutin servis beres, mobil tahun 2015. Waktu arah pulang kembali ke jakarta terpaksa di towing krn mobil mogok, dibawa ke beres nissan cvt nya jebol tagihan 70jt an ganti segelondong. Apakah bener xtronic nissan kalau buat rute tol jauh gini panas ya? penasaran aja saya , kata bengkel ad beberapa kejadian gini alasannya krn sdh diatas 3th (alasan g masuk akal sih hahaa)
Alasannya ga masuk akal, krna klo kepanasan ada fail safe/ protect.
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by josomba »

rendr wrote: 09 Aug 2019, 13:52 rutin flush oli CVT kah??

memang CVT itu kurang durable untuk dipake "kerja" wabil khusus produk Jatco, di T31 sih udh banyak yg kasus, dulu belom 3 taun T31 2.5 temen juga udh jebol... sepaket 80jtan++, biasanya yg kalah pulley nya duluan, friksi tinggi disana, makanya perlu rutin flush CVTF nya.. apalagi kalo buat "kerja keras" sih maksimal tiap 20rb km ganti... kalo ngikutin beres mah ganti olinya sekaligus ganti transmisi..
:mky_01:
Idem.... dulu juke di rumah, pake sampe 90k KM.... di 80k KM ga kuat nanjak dago pakar bandung. Umur mobil waktu itu baru 3 tahunan awal. Ganti oli cvt, kuat nanjak lg......

ga lama udahnya nongol bunyi nging nging...... jual deh :wkkk:
Image
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Herman7103 »

Yang saya tahu mobil dgn transmisi CVT itu sangat smooth saat dikendarai dan memang lebih efficient dalam konsumsi BBM di bandingkan dengan transmisi matic model lama. Matic model lawas biasanya akan lebih boros BBM dibanding dgn varian MT nya, sementara mobil dgn matic CVT justru bisa lebih efficient fuel consumptionnya di banding tipe MT nya.

Untuk matic CVT cepat jebol atau tidaknya tergantung dengan cara pemakainya atau user saat mengendarai mobil yg bertrasmissi CVT tsb serta perawatan transmisinya seperti penggantian oli CVT nya secara periodik (karena oli transmissi CVT juga bisa terdegredasi dan berkurang volumenya)
dgn menggunakan CVTF yg tepat sesuai dengan requirementnya.

Apakah gejala awal transmisi CVT bermasalah silahkan baca di link ini
http://kompasmatic.com/2015/02/21/gejal ... ermasalah/

Saya pribadi juga sudah menggunakan mobil dan motor yg
bertrasmissi CVT. Untuk di motor yg saya tahu selama 16 tahun lebih belum pernah jebol atau ganti transsmisi CVT yg saya alami, cuma perlu ganti oli Maticnya saja sampai dgn odo yg sudah mutar balik aman sentosa.
Sementara untuk mobil, saya belajar dari pengalaman perawatan di motor cuma ganti oli transmissi nya saja dipercepat saat odo mencapai 48 ribu KM (4 tahun masa pakai) dan tidak ngikuti anjuran buku manualnya yg menyarankan ganti oli transmisi saat odo mencapai 100 ribu Km[emoji2].
Odo mobil sekarang baru on going 69
ribu Km dan umurnya baru 5 tahun lebih dan transmissi masih smooth serta masih sangat irit saja sampai skrg walau cuma isi pakai premium ron 88 tanpa pakai additive apapun sehingga tidak merepotkan.[emoji2]











IMG_20190706_184828.jpeg
IMG_20190706_184828.jpeg (40.59 KiB) Viewed 1764 times
:glodak:
HR15DE 2014
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 27 May 2019, 08:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Ridhobramantio »

Saya user t31, taun lalu cvt malfunction, discan ga ada error apapun, dibawah 40
Cvt normal, tapi 40 keatas rpm lompat2, di 50 keatas dia kayak nyangkut di rpm 2500 tapi ga lompat2 lagi, discan ga ada error apapun, udah coba ganti bodyvalve tetep sama gejalanya, akhirnya ganti isi cvtnya, tapi udah diganti dia masih tetep kayak nyangkut di gigi setengah gitu om2, jadi agak ngeden walopun rpm manteng ga lompat2, ada yg pernah alamin ga om2? Itu apa yang salah ya? Oia tcm juga udah ganti
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by NYoman »

T31 saya juga dulu pernah ganti full assy sih, emg CVT nya si Nissan udah terkenal gampang jebol dimana2.. No offense tp emg sering terjadi..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by pernahmiskin »

Seringkih itukah cvt mobil ?

Koq beda dengan cvt motor matic yg lebih kuat..

Saya pernah oli motor matic ampe jd bubur n mengental

Kelar saya bongkar cvt, bersihin daleman cvt, isi oli lancar jaya lagi...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Zaxis »

T31 saya belom jebol tuh cvt nya uda lebih 90rb km

Malah kaki nya yg minta jajan
Wajar aja tiap hari lewatin jalan semi off road/hajar lobang
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Jambangan »

Untung T31 2014 ane dulu udah dijual di odo 54rb KM
Takut jadi bom waktu :ngacir:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by jivos »

btw ada user nissan kah disini dg odo up 100/120k up yg masih pake cvt bawaan aslinya?

bc" weakness point dr nissan adlh quality gearboks CVT nya yg lemah, meski ex perawatan kelas dewa beres.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lemonadelovers »

jivos wrote: 10 Aug 2019, 09:13 btw ada user nissan kah disini dg odo up 100/120k up yg masih pake cvt bawaan aslinya?

bc" weakness point dr nissan adlh quality gearboks CVT nya yg lemah, meski ex perawatan kelas dewa beres.
Saya om, udah 112rb KM so far baik2 aja..
Tp memang CVT saya beda krna dipasang d mesin besar / 3500cc unit CVT nya beda, lebih besar, soalnya handle power besar 280PS/344Nm
Dan saya ud tanya beres blm ada masalah untuk CVT tipe ini
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by jivos »

lemonadelovers wrote: 10 Aug 2019, 09:45
jivos wrote: 10 Aug 2019, 09:13 btw ada user nissan kah disini dg odo up 100/120k up yg masih pake cvt bawaan aslinya?

bc" weakness point dr nissan adlh quality gearboks CVT nya yg lemah, meski ex perawatan kelas dewa beres.
Saya om, udah 112rb KM so far baik2 aja..
Tp memang CVT saya beda krna dipasang d mesin besar / 3500cc unit CVT nya beda, lebih besar, soalnya handle power besar 280PS/344Nm
Dan saya ud tanya beres blm ada masalah untuk CVT tipe ini
mantap um..
harapannya aman" sj slama mbl msh d pegang.
dluaran pk angka "not more than 100kmiles" utk umut cvt nissan ini, yg klo kita convert krg lbh 160.934 km.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lemonadelovers »

jivos wrote: 10 Aug 2019, 09:54
lemonadelovers wrote: 10 Aug 2019, 09:45
jivos wrote: 10 Aug 2019, 09:13 btw ada user nissan kah disini dg odo up 100/120k up yg masih pake cvt bawaan aslinya?

bc" weakness point dr nissan adlh quality gearboks CVT nya yg lemah, meski ex perawatan kelas dewa beres.
Saya om, udah 112rb KM so far baik2 aja..
Tp memang CVT saya beda krna dipasang d mesin besar / 3500cc unit CVT nya beda, lebih besar, soalnya handle power besar 280PS/344Nm
Dan saya ud tanya beres blm ada masalah untuk CVT tipe ini
mantap um..
harapannya aman" sj slama mbl msh d pegang.
dluaran pk angka "not more than 100kmiles" utk umut cvt nissan ini, yg klo kita convert krg lbh 160.934 km.
Soalnya CVT unit beda2 tergantung CC mesinnya, ini ada pendapat dr CVT-Parts.co.nz
“This CVT Transmission is designed for vehicles up to 3500 CC and is used in several Nissan vehicles with a V6 engine like the Murano,Pressage,Maxima and lot more.

This is a very reliable transmission and does not cause many problems solong you do the maintenance every 40.000 km and use only NS2 CVT oil.It is recommended to replace the internal oil filter when you do an oil change.You can do towing with this transmission up to 1000 kg but if you do a lot of towing we recommend to fit an extra oil cooler.“
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by jivos »

lemonadelovers wrote: 10 Aug 2019, 10:00
jivos wrote: 10 Aug 2019, 09:54
lemonadelovers wrote: 10 Aug 2019, 09:45

Saya om, udah 112rb KM so far baik2 aja..
Tp memang CVT saya beda krna dipasang d mesin besar / 3500cc unit CVT nya beda, lebih besar, soalnya handle power besar 280PS/344Nm
Dan saya ud tanya beres blm ada masalah untuk CVT tipe ini
mantap um..
harapannya aman" sj slama mbl msh d pegang.
dluaran pk angka "not more than 100kmiles" utk umut cvt nissan ini, yg klo kita convert krg lbh 160.934 km.
Soalnya CVT unit beda2 tergantung CC mesinnya, ini ada pendapat dr CVT-Parts.co.nz
“This CVT Transmission is designed for vehicles up to 3500 CC and is used in several Nissan vehicles with a V6 engine like the Murano,Pressage,Maxima and lot more.

This is a very reliable transmission and does not cause many problems solong you do the maintenance every 40.000 km and use only NS2 CVT oil.It is recommended to replace the internal oil filter when you do an oil change.You can do towing with this transmission up to 1000 kg but if you do a lot of towing we recommend to fit an extra oil cooler.“
:big_exellent:
indeed mungkin yg dmaksud utk bbrp type cvtnya, dluar cvt heavy duty kls engine yg om pake.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lemonadelovers »

Kesimpulan yg saya baca sih ganti oli cvt maks 30rb km krna disini masuk ke “severe condition” dan ganti filter cvt nya jg
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by kunaskun »

jivos wrote: 10 Aug 2019, 09:13 btw ada user nissan kah disini dg odo up 100/120k up yg masih pake cvt bawaan aslinya?

bc" weakness point dr nissan adlh quality gearboks CVT nya yg lemah, meski ex perawatan kelas dewa beres.
teman saya dulu pake C26. 5 tahun 140 ribu km kurleb, lalu dijual. hanya ganti CVT Fluid satu kali di km berapa saya lupa, itu saja sudah paksa beres untuk ganti karena beres berpegangan ke Scanner untuk baca sensor CVTF Detoriate yg kasih info nilainya berapa, kalau memang muncul ganti baru diganti.. sedangkan dia punya di scan masih masuk range normal katanya. C26 ini daily usage untuk toll sekali jalan bisa 80 km pp, service besar yang saya ingat hanya pernah overheat nyala karena extra fan mati satu dan satu kali ga bisa start karena aki tewas kehabisan air = lokasi aki susah banget di akses untuk cek air aki (driver's car ya). sekarang sudah ganti ke C27.

soal transmisi matik si, untuk saya pribadi ga terlalu percaya omongan orang2, karena banyak juga user error, yg disalahin merek mobilnya, atau beres error yang disalahin user atau mereknya. gitu juga dengan CVT. hal sederhana saja, tidak usah soal ganti oli transmisi, banyak yg pas nanjak malah pamer: nih mobil hebat loh, di tanjakan masuk D, lepas gas dan rem ga mundur/melorot ke belakang... [emo-yesno] atau pas lampu merah masuk P atau pas parkir pede banget modal P doang tanpa parking brake ga peduli itu tempat parkir rata atau ngga, dsb...

mendingan ganti oli transmisi rutin. berat di dompet, tenang di hati.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by indeskey »

kunaskun wrote:
jivos wrote: 10 Aug 2019, 09:13 btw ada user nissan kah disini dg odo up 100/120k up yg masih pake cvt bawaan aslinya?

bc" weakness point dr nissan adlh quality gearboks CVT nya yg lemah, meski ex perawatan kelas dewa beres.
teman saya dulu pake C26. 5 tahun 140 ribu km kurleb, lalu dijual. hanya ganti CVT Fluid satu kali di km berapa saya lupa, itu saja sudah paksa beres untuk ganti karena beres berpegangan ke Scanner untuk baca sensor CVTF Detoriate yg kasih info nilainya berapa, kalau memang muncul ganti baru diganti.. sedangkan dia punya di scan masih masuk range normal katanya. C26 ini daily usage untuk toll sekali jalan bisa 80 km pp, service besar yang saya ingat hanya pernah overheat nyala karena extra fan mati satu dan satu kali ga bisa start karena aki tewas kehabisan air = lokasi aki susah banget di akses untuk cek air aki (driver's car ya). sekarang sudah ganti ke C27.

soal transmisi matik si, untuk saya pribadi ga terlalu percaya omongan orang2, karena banyak juga user error, yg disalahin merek mobilnya, atau beres error yang disalahin user atau mereknya. gitu juga dengan CVT. hal sederhana saja, tidak usah soal ganti oli transmisi, banyak yg pas nanjak malah pamer: nih mobil hebat loh, di tanjakan masuk D, lepas gas dan rem ga mundur/melorot ke belakang... [emo-yesno] atau pas lampu merah masuk P atau pas parkir pede banget modal P doang tanpa parking brake ga peduli itu tempat parkir rata atau ngga, dsb...

mendingan ganti oli transmisi rutin. berat di dompet, tenang di hati.
Setuju sekali om, tp harusnya nggak berat di dompet ya ganti oli cvt lebih lama dari oli mesin 20-30k baru ganti. Eman2 cvt nya.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post