Penyebab transmisi CVT jebol

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Newmember2018
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Sat Dec 08, 2018 7:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ignis

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Newmember2018 »

Kalau standar pabrik CVT ada lifetimenya gak?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ginting »

Newmember2018 wrote:Kalau standar pabrik CVT ada lifetimenya gak?
gak ada pabrikan yg berani klaim lifetimenya oom

beraninya kasih warranty wkwkwk
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Ridhobramantio »

kunaskun wrote: Sat Aug 10, 2019 4:16
jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 2:13 btw ada user nissan kah disini dg odo up 100/120k up yg masih pake cvt bawaan aslinya?

bc" weakness point dr nissan adlh quality gearboks CVT nya yg lemah, meski ex perawatan kelas dewa beres.
teman saya dulu pake C26. 5 tahun 140 ribu km kurleb, lalu dijual. hanya ganti CVT Fluid satu kali di km berapa saya lupa, itu saja sudah paksa beres untuk ganti karena beres berpegangan ke Scanner untuk baca sensor CVTF Detoriate yg kasih info nilainya berapa, kalau memang muncul ganti baru diganti.. sedangkan dia punya di scan masih masuk range normal katanya. C26 ini daily usage untuk toll sekali jalan bisa 80 km pp, service besar yang saya ingat hanya pernah overheat nyala karena extra fan mati satu dan satu kali ga bisa start karena aki tewas kehabisan air = lokasi aki susah banget di akses untuk cek air aki (driver's car ya). sekarang sudah ganti ke C27.

soal transmisi matik si, untuk saya pribadi ga terlalu percaya omongan orang2, karena banyak juga user error, yg disalahin merek mobilnya, atau beres error yang disalahin user atau mereknya. gitu juga dengan CVT. hal sederhana saja, tidak usah soal ganti oli transmisi, banyak yg pas nanjak malah pamer: nih mobil hebat loh, di tanjakan masuk D, lepas gas dan rem ga mundur/melorot ke belakang... [emo-yesno] atau pas lampu merah masuk P atau pas parkir pede banget modal P doang tanpa parking brake ga peduli itu tempat parkir rata atau ngga, dsb...

mendingan ganti oli transmisi rutin. berat di dompet, tenang di hati.
Waah termasuk user yang beruntung itu temen om, sebenernya nissan itu untung2an setau saya(dari kasus yg sering saya denger) dan memang yang sering bermasalah itu cvt yang 2000 dan 2500 cc, yang diatasnya malah kuat, saya selama pake t31 udah sealus2nya pakemya, ga pernah masih jalan tuker gigi r atau d, dan ganti oli juga, di km 125 rb masih tetep kena cvtnya, tapi temen saya yang kasar pakenya dan ga pernah ganti oli malah ga kenapa2 padahal kmnya udah 190 rb, dan malah ada yg tembus 210 rb no prob cvtnya, dan yang saya tau cvt buatan jatco yang dipake di nissan ini juga dipake di outlander sport sama lancer ex, dan beberapa model chrysler/jeep, dan di os juga kejadiannya sama.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by kunaskun »

Ridhobramantio wrote: Sat Aug 10, 2019 6:57 Waah termasuk user yang beruntung itu temen om, sebenernya nissan itu untung2an setau saya(dari kasus yg sering saya denger) dan memang yang sering bermasalah itu cvt yang 2000 dan 2500 cc, yang diatasnya malah kuat, saya selama pake t31 udah sealus2nya pakemya, ga pernah masih jalan tuker gigi r atau d, dan ganti oli juga, di km 125 rb masih tetep kena cvtnya, tapi temen saya yang kasar pakenya dan ga pernah ganti oli malah ga kenapa2 padahal kmnya udah 190 rb, dan malah ada yg tembus 210 rb no prob cvtnya, dan yang saya tau cvt buatan jatco yang dipake di nissan ini juga dipake di outlander sport sama lancer ex, dan beberapa model chrysler/jeep, dan di os juga kejadiannya sama.
ya makanya saya blg saya ga terlalu percaya omongan org2 ini itu bla2 nah kalau soal beruntung gini jadi bingung :mky_02:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by jivos »

kunaskun wrote: Sat Aug 10, 2019 8:14
Ridhobramantio wrote: Sat Aug 10, 2019 6:57 Waah termasuk user yang beruntung itu temen om, sebenernya nissan itu untung2an setau saya(dari kasus yg sering saya denger) dan memang yang sering bermasalah itu cvt yang 2000 dan 2500 cc, yang diatasnya malah kuat, saya selama pake t31 udah sealus2nya pakemya, ga pernah masih jalan tuker gigi r atau d, dan ganti oli juga, di km 125 rb masih tetep kena cvtnya, tapi temen saya yang kasar pakenya dan ga pernah ganti oli malah ga kenapa2 padahal kmnya udah 190 rb, dan malah ada yg tembus 210 rb no prob cvtnya, dan yang saya tau cvt buatan jatco yang dipake di nissan ini juga dipake di outlander sport sama lancer ex, dan beberapa model chrysler/jeep, dan di os juga kejadiannya sama.
ya makanya saya blg saya ga terlalu percaya omongan org2 ini itu bla2 nah kalau soal beruntung gini jadi bingung :mky_02:
diatas sekedar open discuss sj, bkn open flame.
asumsi normal average usage driving n well regular maintenance....cvt nissan akan flaws duluan by percentage population compare yg lainnya, klo scoty kilmer blgnya the most crappy cvt fm nissan/jatco, hal yg sama dg transmisi bbrp merk yg dsbt diatas, utk jatco sendiri sy pengalaman pernah 2x overhaoul di 2unit audi A3 sy.

cb kita liat k depan...by population brp unit yg kuat tanpa penggantian gb bawaannya. utk liat case by case atopun omongon satu dua org ...sama pendapatnya dg sy, ngga perlu di dengerin atopun d jadikan patokan.

*mungkin mirip kek transmisi dct ford, mrk tau persisis transmisi mrk b'mslh, tapi tetap jln terus dpasarkan, dg policy ksh waranty sembari b'jon, dan b'harap seiring waktu usernya sendiri sdh cape k bnegkel. yg sblmnya ksh statement "transmisi sy kuat khok, nda ada masalah..itu mah tergantung gmn ngerawatnya"
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by DOHC »

CVT matic sebenernya ad jg koq yg kuat2.. ntuh yg dipake corolla, subbie, ama ahond (gen 2 dgn embel2 earthdream) relatif banyak yg pecah telor 100 rebuan km ga masalah.. dan mengenai CVT nya jatco, perna baca di forum2 lancer aussie, emg ad beberapa kes cvt nya overheat pdahal odo blom terbang2 amat, solusi nya bisa di coba ganti filter ama upgrade ke ATF yg full syn
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by jivos »

spendapat om klep.

*pointnya bukan d mslh:
-type transmisinya
krn msg" type transmisi punya + & - nya baik MT, TC, DCT, atpun CVT.

-bukan pula krn made in jatco, krn bs jd ada prod gb jatco yg t'bukti kuat. sy sendiri br tau dr postingan om diatas bhw cvtnya dr jatco, dan kebetulan sj bbrp merk yg d dsbt memang b'mslh, hal yg sama dg pengalaman d mbl saya yg pake jatco, ini pun blm bs kita jadikan patokan

akan tambah binun nantinya "jika seandainya" cvt tyt/subie/honda yg suply jg dr jatco tapi khok bs mudah tembus 100k. (sy ngga tau tyt subi, ahond supply cvt nya inhouse ato dr luar)

-bukan pula krn cara pemakain/perawatan yg salah

*subjectnya lbh k quality atonggak flaws dsign

sy posting brgkt dg info d kepala (bc" dr luar)
1.avoid any nissan cvt
2 bc 2pages terakhir trid ini yg kbanyaka cvt nissan yg pd jebol. sementara honda(excd gen1), tyt,subie relatif adem n baik" sj n punya keyakinan bukan hal yg susah buat cvt mrk utk tembus diatas 150k.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by kompresorz »

bus saya transmisi cvt kuat ah...

sampe skrg udah kilometer dikit lagi 80 ribu....msh bejek sembarangan aja...

kadang klo di tol main manual...ampe mentokin rpm lari 160-180...


pancen oye....masih jalan tuh busnya.. :e-think:


mitos alias hoakzz ah...


:ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by kunaskun »

jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 8:42 diatas sekedar open discuss sj, bkn open flame.
asumsi normal average usage driving n well regular maintenance....cvt nissan akan flaws duluan by percentage population compare yg lainnya, klo scoty kilmer blgnya the most crappy cvt fm nissan/jatco, hal yg sama dg transmisi bbrp merk yg dsbt diatas, utk jatco sendiri sy pengalaman pernah 2x overhaoul di 2unit audi A3 sy.

cb kita liat k depan...by population brp unit yg kuat tanpa penggantian gb bawaannya. utk liat case by case atopun omongon satu dua org ...sama pendapatnya dg sy, ngga perlu di dengerin atopun d jadikan patokan.

*mungkin mirip kek transmisi dct ford, mrk tau persisis transmisi mrk b'mslh, tapi tetap jln terus dpasarkan, dg policy ksh waranty sembari b'jon, dan b'harap seiring waktu usernya sendiri sdh cape k bnegkel. yg sblmnya ksh statement "transmisi sy kuat khok, nda ada masalah..itu mah tergantung gmn ngerawatnya"
nah ini maksud saya, makanya saya blg: saya ga terlalu percaya omongan orang2, kemudian di reply om Ridho bahwa ngalamin sendiri dan berkaitan dengan keberuntungan = saya jadi bingung sendiri mau komen apalagi.

dan setahu saya Jatco itu memang nomor satu dunia untuk urusan CVT. selalu terdepan. mirip Aisin untuk Geared AT.

kalau ford DCT menurut saya memang level junk, karena pabrikannya sendiri sampe mesti kasih extend warranty, kalau tidak salah VW Audi DSG juga sama kan. Sedangkan Nissan CVT (Jatco) ini sendiri kan berbeda.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by jivos »

update,

tyt cvt...all supply by aisin
honda cvt..all inhouse by honda
subaru cvt..all inhouse by fujiheavyindustries
nissan cvt..all supply by jatco

jatco per 2015 ..is the largest cvt supplier that mostly comes fm nissanrenault line up.
As of March 2015, JATCO is 75% owned by Nissan, 15% owned by Mitsubishi Motors, and 10% owned by Suzuki.
ungggggg...cvt swiftsport sendiri ngg lepas dr mslh, juke ipar 90k dah mulai tanda" , lg minta bantu d tendang jual :mky_01:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by josomba »

jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 16:37
ungggggg...cvt swiftsport sendiri ngg lepas dr mslh, juke ipar 90k dah mulai tanda" , lg minta bantu d tendang jual :mky_01:
Haha tanda keramatnya (kalau ga pernah ganti atf) keknya memang di sekitaran 90k ya....

Anyway, nissin T32 lineup kasus cvt jebol agak jarang ketimbang T31....walau ada aja sih 1-2 user report di forum sebelah... Apakah mungkin dah ganti tipe juga sipiti-nya?

T32 di rumah udah jalan hampir 60k masih oke ntuh sipiti sih. Pernah flush awal tahun lalu di todut. Keluar2 waktu itu juga dah hitam (38k-3 tahun).....
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by DOHC »

seharus nya (dan selayak nya) sehh pabrikan mengupdate kualiti cvt nya, misal di ahond yg cvt gen 1 nya acak kadut (e.g. bahkan di malon problem nya lebi buanyakkk dibanding sini), skrg yg cvt earthdream nya ud much better, bahkan saking pede nya di taruh di ampir smua line up jualan nya ahond, krn engineer nya ud pede ama improvement kualitas belt dan pulley nya (2 masalah utama di gen 1 cvt mreka).

mustinya sehh hal serupa jg sama di jatco, palagi sperti kata om kun ama jivos, produsen cvt numero uno di dunia utk cvt.. kl ampe skrg masi bermasalah yah siap2 aj gulung tikar..

btw soal ketahanan cvt nya unik jg yahh, perna baca crita om kompre punya alpard cvt nya jebol, tp stelah diganti (atau di btulin), skrg ud gapapa pdahal pedal to metal always.. baca2 pej blakang ad jg crv turbo baru yg cvt nya ud jebol, pdahal hrv ane ud ampir 100 rebu masi smooth.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Mz175 »

Jadi emang bener kata om scotty kilmer. Cvt buatan jatco memang sering bermasalah. Makanya dia bilang di US, nissan terkenal dengan durability transmisi cvt yg buruk.
iritpoll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Oct 02, 2017 5:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by iritpoll »

jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 16:37 update,

tyt cvt...all supply by aisin
honda cvt..all inhouse by honda
subaru cvt..all inhouse by fujiheavyindustries
nissan cvt..all supply by jatco

jatco per 2015 ..is the largest cvt supplier that mostly comes fm nissanrenault line up.
As of March 2015, JATCO is 75% owned by Nissan, 15% owned by Mitsubishi Motors, and 10% owned by Suzuki.
ungggggg...cvt swiftsport sendiri ngg lepas dr mslh, juke ipar 90k dah mulai tanda" , lg minta bantu d tendang jual :mky_01:
Kelihatannya emang harus sering ganti oli cvt lebih sering daripada anjuran pabrikan. Dulu ganti Freed 5AT di 30K udah banyak gram yg nempel di baut magnet. CVT dah pasti frictionnya lebih gede.

Btw apakah Mitsu outlander juga pake Jatco??
Last edited by iritpoll on Sun Aug 11, 2019 5:13, edited 1 time in total.
1K1FS-K14B-4AT-AISIN
T32-QR25DE-CVT-JATCO
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Ridhobramantio »

iritpoll wrote: Sun Aug 11, 2019 5:05
jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 16:37 update,

tyt cvt...all supply by aisin
honda cvt..all inhouse by honda
subaru cvt..all inhouse by fujiheavyindustries
nissan cvt..all supply by jatco

jatco per 2015 ..is the largest cvt supplier that mostly comes fm nissanrenault line up.
As of March 2015, JATCO is 75% owned by Nissan, 15% owned by Mitsubishi Motors, and 10% owned by Suzuki.
ungggggg...cvt swiftsport sendiri ngg lepas dr mslh, juke ipar 90k dah mulai tanda" , lg minta bantu d tendang jual :mky_01:
Kelihatannya emang harus sering ganti oli cvt lebih sering daripada anjuran pabrikan. Dulu ganti Freed 30K udah banyak gram yg nempel di baut magnet. CVT dah pasti frictionnya lebih gede.

Btw apakah Mitsu outlander juga pake Jatco??
Mitsu outlander, lancer ex, serena c26, xtrail 2,0 cvtnya sama om setau saya CMIIW, karna yang 2000 cc ini banyak model sama mungkin, nissan pun nyediain assy cvt hanya untuk 2000 cc yang saya denger dari salah satu sa nissan
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Mozawa »

cvt gk5 ane masih sehat.dan smooth.usia mobil 4 tahun.
km 100.000 an..
ganti oli 1 di 20.000 ,2 di 50.000 dan 3 di 100.000km..
yang terakhir telat ganti oli...hahahah.....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
mchfi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Mar 27, 2019 6:11

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by mchfi »

Mozawa wrote: Sun Aug 25, 2019 13:37 cvt gk5 ane masih sehat.dan smooth.usia mobil 4 tahun.
km 100.000 an..
ganti oli 1 di 20.000 ,2 di 50.000 dan 3 di 100.000km..
yang terakhir telat ganti oli...hahahah.....
Jazz taun 2014 ya?
Ganti olinya hatisnya yiap 20kkm sekali?
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Fertille »

kompresorz wrote: Sat Aug 10, 2019 13:55 bus saya transmisi cvt kuat ah...

sampe skrg udah kilometer dikit lagi 80 ribu....msh bejek sembarangan aja...

kadang klo di tol main manual...ampe mentokin rpm lari 160-180...


pancen oye....masih jalan tuh busnya.. :e-think:


mitos alias hoakzz ah...


:ngacir:
jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 16:37 update,

tyt cvt...all supply by aisin
honda cvt..all inhouse by honda
subaru cvt..all inhouse by fujiheavyindustries
nissan cvt..all supply by jatco

jatco per 2015 ..is the largest cvt supplier that mostly comes fm nissanrenault line up.
As of March 2015, JATCO is 75% owned by Nissan, 15% owned by Mitsubishi Motors, and 10% owned by Suzuki.
ungggggg...cvt swiftsport sendiri ngg lepas dr mslh, juke ipar 90k dah mulai tanda" , lg minta bantu d tendang jual :mky_01:
Nah kan.....

Satu tambahan point lagi buat toyota made by aisin.... :mky_08:

Kebetulan kah aisin soal durability???? :mky_01:

Sekalian made by yang AT nya dong ummss???

Suzuki inhouse apa OEM juga yaaa?????
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Tampanman »

Fertille wrote: Tue Aug 27, 2019 3:43
kompresorz wrote: Sat Aug 10, 2019 13:55 bus saya transmisi cvt kuat ah...

sampe skrg udah kilometer dikit lagi 80 ribu....msh bejek sembarangan aja...

kadang klo di tol main manual...ampe mentokin rpm lari 160-180...


pancen oye....masih jalan tuh busnya.. :e-think:


mitos alias hoakzz ah...


:ngacir:
jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 16:37 update,

tyt cvt...all supply by aisin
honda cvt..all inhouse by honda
subaru cvt..all inhouse by fujiheavyindustries
nissan cvt..all supply by jatco

jatco per 2015 ..is the largest cvt supplier that mostly comes fm nissanrenault line up.
As of March 2015, JATCO is 75% owned by Nissan, 15% owned by Mitsubishi Motors, and 10% owned by Suzuki.
ungggggg...cvt swiftsport sendiri ngg lepas dr mslh, juke ipar 90k dah mulai tanda" , lg minta bantu d tendang jual :mky_01:
Nah kan.....

Satu tambahan point lagi buat toyota made by aisin.... :mky_08:

Kebetulan kah aisin soal durability???? :mky_01:

Sekalian made by yang AT nya dong ummss???

Suzuki inhouse apa OEM juga yaaa?????
Jadi yang made by aisin itu yang durability paling bagus om?
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by arfs »

Fertille wrote: Tue Aug 27, 2019 3:43 Nah kan.....

Satu tambahan point lagi buat toyota made by aisin.... :mky_08:

Kebetulan kah aisin soal durability???? :mky_01:

Sekalian made by yang AT nya dong ummss???

Suzuki inhouse apa OEM juga yaaa?????
https://www.jatco.co.jp/english/products/cvt7.html (scroll ke paling bawah)
Sizuki ignis n all new swift jg pake jatco
Bahkan chevrolet spark jg pake cvt buatan jatco :mky_03:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Fertille »

arfs wrote: Tue Aug 27, 2019 3:52
Fertille wrote: Tue Aug 27, 2019 3:43 Nah kan.....

Satu tambahan point lagi buat toyota made by aisin.... :mky_08:

Kebetulan kah aisin soal durability???? :mky_01:

Sekalian made by yang AT nya dong ummss???

Suzuki inhouse apa OEM juga yaaa?????
https://www.jatco.co.jp/english/products/cvt7.html (scroll ke paling bawah)
Sizuki ignis n all new swift jg pake jatco
Bahkan chevrolet spark jg pake cvt buatan jatco :mky_03:
Ertiga AT made by mana ya ummss??
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by newcity_vtec »

DOHC wrote: Sat Aug 10, 2019 23:56

btw soal ketahanan cvt nya unik jg yahh, perna baca crita om kompre punya alpard cvt nya jebol, tp stelah diganti (atau di btulin), skrg ud gapapa pdahal pedal to metal always..
Om, om kompre service CVT-nya dimana nih?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ChZ »

jivos wrote: Sat Aug 10, 2019 8:42
kunaskun wrote: Sat Aug 10, 2019 8:14
Ridhobramantio wrote: Sat Aug 10, 2019 6:57 Waah termasuk user yang beruntung itu temen om, sebenernya nissan itu untung2an setau saya(dari kasus yg sering saya denger) dan memang yang sering bermasalah itu cvt yang 2000 dan 2500 cc, yang diatasnya malah kuat, saya selama pake t31 udah sealus2nya pakemya, ga pernah masih jalan tuker gigi r atau d, dan ganti oli juga, di km 125 rb masih tetep kena cvtnya, tapi temen saya yang kasar pakenya dan ga pernah ganti oli malah ga kenapa2 padahal kmnya udah 190 rb, dan malah ada yg tembus 210 rb no prob cvtnya, dan yang saya tau cvt buatan jatco yang dipake di nissan ini juga dipake di outlander sport sama lancer ex, dan beberapa model chrysler/jeep, dan di os juga kejadiannya sama.
ya makanya saya blg saya ga terlalu percaya omongan org2 ini itu bla2 nah kalau soal beruntung gini jadi bingung :mky_02:
diatas sekedar open discuss sj, bkn open flame.
asumsi normal average usage driving n well regular maintenance....cvt nissan akan flaws duluan by percentage population compare yg lainnya, klo scoty kilmer blgnya the most crappy cvt fm nissan/jatco, hal yg sama dg transmisi bbrp merk yg dsbt diatas, utk jatco sendiri sy pengalaman pernah 2x overhaoul di 2unit audi A3 sy.

cb kita liat k depan...by population brp unit yg kuat tanpa penggantian gb bawaannya. utk liat case by case atopun omongon satu dua org ...sama pendapatnya dg sy, ngga perlu di dengerin atopun d jadikan patokan.

*mungkin mirip kek transmisi dct ford, mrk tau persisis transmisi mrk b'mslh, tapi tetap jln terus dpasarkan, dg policy ksh waranty sembari b'jon, dan b'harap seiring waktu usernya sendiri sdh cape k bnegkel. yg sblmnya ksh statement "transmisi sy kuat khok, nda ada masalah..itu mah tergantung gmn ngerawatnya"
Transmisi AT biasa yang katanya lebih "bulletproof" minta overhaul di 130-150k juga ada... jd sebenernya agak random case juga ya.

Honda Odyssey RA temen saya di 130k kalo nggak salah overhaul. Tapi CR-V gen 1 temen saya sampe 180k malah blm pernah overhaul.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by jivos »

m'cb jwb pertanyaan um" diatas, dg asumsi perawatan n pemakain benar, versi sy y:

1.utk gb AT & cvt
gb Aisin defect error n longevitya by population dr total produksinya..paling minim n relatif b'umur panjang.

2. the worst gb type AT//CVT//DCT adlh:
gb keluaran jatco n haldex

jatco at/cvt/dct...t'pasang d nisssanrenault group, mitsubisi, n suzuki, serta aliansi groupnya, subaru sblm era cvt..pk jatco AT n lemah gb nya.

haldex at/cvt/dct..t'pasang d vag group, ford, volvo, dan aliansinya...lupa sy sapa lg yg pake.

3. utk honda...baik AT geared /CVT nya inhouse honda, catatan utk transmisi keluaran" awal longevety nya rada kurang d banding dg gb aisin yg mmg spesialis bermain d industri transmisi.


klo dr sisi reliability itu ..yg ideal adlh:
engine ....pake honda
transmisi..pake toyota(aisin)
trus mblnya d ksh nama HONDTA ato TOYONDA :weekk:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by DOHC »

newcity_vtec wrote: Tue Aug 27, 2019 4:47
DOHC wrote: Sat Aug 10, 2019 23:56

btw soal ketahanan cvt nya unik jg yahh, perna baca crita om kompre punya alpard cvt nya jebol, tp stelah diganti (atau di btulin), skrg ud gapapa pdahal pedal to metal always..
Om, om kompre service CVT-nya dimana nih?
kayanya di beres om, kl baca dr tret ini
viewtopic.php?f=4&t=27884&start=25
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: