Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by zzzprince »

Izin bertanya kepada rekan2 SM yang doyan modif exhaust apalagi yang pengalaman di bidang ini, saya lagi bimbang mau ganti exhaust full system atau reson & muffler include piping.
Rencananya mobil semi harian saya yaitu calya manual mau balik pake knalpot borong. Adapun part yang mau dipakai sebagai berikut

1. Header ORD
2. Resonator Ironcrafts flow absorp
3. Muffler Ironcrafts torque mini
4. Piping by kansai malang @ 1.5 inch (diameter std pipa knalpot calya)

Kira kira baiknya saya ganti fullset ajadari header ke muffler, atau cukup ganti piping, reson dan muffler tok? Rencananya mau di mod secara proper, tanpa potong pipa bawaan supaya kemudian hari bisa std lagi :big_childish:

Mohon pencerahannya. Thank you
g36
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by g36 »

Bantu jawab om.

Balik lagi ke user, mau pentingin ga potong pipa atau cost?
Kalo ga mau potong pipa pasti kudu fullset om. Apalagi kalo headernya ORD lama yang ga ada bolt on (apa sekarang masih gitu ya?). Udah pasti jatuhnya lebih mihul daripada potong pipa.

Kalo asal pasang dan lebih murah, pipa OEM pasti dipotong untung pasang reson, header (kl ujung pipanya lebih panjang dari bolt on bawaan). Masalah balik std sih bisa2 aja om. Saya pake new swift bolak balik potong pipa mainan knalpot :mky_01: pas dijual juga ga dicek asal suara std.

Kalo saran pribadi sih om, coba aja dr header dulu. Maksimal tambah sama reson. Takutnya mobilnya ngempos apalagi cc kecil om. Piping sm muffler ini kalo racikannya ngga pas yang ada bikin hati kesel soalnya gegara ngempos ga keruan :mky_01:
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
kangadut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Thu Aug 16, 2018 13:25
Location: jakarta

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by kangadut »

kebetulan ngomongin muffler, mau tanya:
ane punya panther tua super ngebul asap hitam dah purging dan carbon cleaner tp sepertinya msh ada sisa jelagah di knalpot yg bikin ngebul. knalpot bawaan msh layak..
Apa ada bengkel khusus bersihin knalpot dan exhaust tanpa modif ya?
ultimate0
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Mon Oct 15, 2012 4:13

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by ultimate0 »

Saran saya klo custom mending ganti semua dri header sampai muffler. Jangan lupa perhatiin juga ukuran diameter dalam pipa dari header sampai muffler, misal ukuran diameter dalam header 2inch, tapi disambung piping 1,5inch, flow jadi jelek(karena asap pembuangan bisa balik ke arah mesin dan kecepatan aliran udara berkurang) dan performa malah jelek. Dari header sampai muffler minimal ukuran diameter dalam pipa (bukan ukuran diameter luar pipa)makin besar.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by zzzprince »

g36 wrote: Sun Jun 09, 2019 1:06 Bantu jawab om.

Balik lagi ke user, mau pentingin ga potong pipa atau cost?
Kalo ga mau potong pipa pasti kudu fullset om. Apalagi kalo headernya ORD lama yang ga ada bolt on (apa sekarang masih gitu ya?). Udah pasti jatuhnya lebih mihul daripada potong pipa.

Kalo asal pasang dan lebih murah, pipa OEM pasti dipotong untung pasang reson, header (kl ujung pipanya lebih panjang dari bolt on bawaan). Masalah balik std sih bisa2 aja om. Saya pake new swift bolak balik potong pipa mainan knalpot :mky_01: pas dijual juga ga dicek asal suara std.

Kalo saran pribadi sih om, coba aja dr header dulu. Maksimal tambah sama reson. Takutnya mobilnya ngempos apalagi cc kecil om. Piping sm muffler ini kalo racikannya ngga pas yang ada bikin hati kesel soalnya gegara ngempos ga keruan :mky_01:
kalau cost masih bisa diakalin sih om hehehe. BTW sampai saat ini header ORD masih belum ada yg bolt on setau saya, pasti lebih panjang daripada header OEM mobil. nah saya menghindari potong2 pipa, mending buat piping baru sih, supaya pipa oem berikut perintilannya masih terjaga. btw untuk calya exhaustnya cuma ada 2 potong, dari header langsung flange ke pipa reson muffler tanpa sambungan sama sekali.
ultimate0 wrote: Sun Jun 09, 2019 2:41 Saran saya klo custom mending ganti semua dri header sampai muffler. Jangan lupa perhatiin juga ukuran diameter dalam pipa dari header sampai muffler, misal ukuran diameter dalam header 2inch, tapi disambung piping 1,5inch, flow jadi jelek(karena asap pembuangan bisa balik ke arah mesin dan kecepatan aliran udara berkurang) dan performa malah jelek. Dari header sampai muffler minimal ukuran diameter dalam pipa (bukan ukuran diameter luar pipa)makin besar.
nah bahasan ukuran pipa juga ga kalah menarik nih. saya pernah riset kecil2 an di calya, fullset header reson muffler, pipa ganti 1.8 inch pas idling avg konsumsi bensin di mid turunnya cepet banget. terus saya coba ganti pipa dari header ke reson pake 1.5 inch dan reson ke muffler pake 1.8 rada mendingan. cuma masih tetep boros itungannya kalau full to full.
dari ORD sendiri nyaranin pake full 1.5 inch dari depan ke belakang mengingat ecu blm ada oprekan dan belum porting polish. tapi belum saya realisasi mengingat dulu pas pakai fullset asep kendaraan jadi bau bensin banget.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by martinnn »

aliran std aja om.... nanti suara mobilnya lebih kenceng daripada speednya kan malu
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
ferrariman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Feb 03, 2017 4:28

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by ferrariman »

kalo ganti fullset gini udah pasti ga ada bau2 gosong lagi ya?
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by racho »

mending ambil jalan murmer aja.
header sama muffler ganti, piping standar. kalo cocok bonusnya itu mobil tambah irit juga kok (asal ga digeber2).

kalo masalah jual seken, pedagang jarang yang niat ampe ngolong kok, apalagi orang awam...
kelas2 calsig-avxen mah pembeli ga terlalu banyak pertimbangan, ga kayak beli eropah.
ferrariman wrote: Mon Jun 10, 2019 2:21 kalo ganti fullset gini udah pasti ga ada bau2 gosong lagi ya?
kalo cuma mo ilangin bau gosong, mending pake pertamax turbo yang kadar sulfurnya rendah
kalo ganti header/fullset bau gosong ilang, diganti sama bau exhaust permanen kayak kijang tua at anytime.
kangadut wrote: Sun Jun 09, 2019 1:49 kebetulan ngomongin muffler, mau tanya:
ane punya panther tua super ngebul asap hitam dah purging dan carbon cleaner tp sepertinya msh ada sisa jelagah di knalpot yg bikin ngebul. knalpot bawaan msh layak..
Apa ada bengkel khusus bersihin knalpot dan exhaust tanpa modif ya?
yakin gegara jelaga? kalo cuma gegara jelaga ya geber2 aja di tol dah cukup lah.
coba aja copot knalpotnya dulu dan digas, ngebul item ga?
:mky_03:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
ferrariman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Feb 03, 2017 4:28

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by ferrariman »

racho wrote: Mon Jun 10, 2019 2:41
kalo cuma mo ilangin bau gosong, mending pake pertamax turbo yang kadar sulfurnya rendah
kalo ganti header/fullset bau gosong ilang, diganti sama bau exhaust permanen kayak kijang tua at anytime.
Udah pernah om pake pertamax turbo, tetep masih bau gosong masuk om kalo udah di atas 110 km/h
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by zzzprince »

racho wrote: Mon Jun 10, 2019 2:41 mending ambil jalan murmer aja.
header sama muffler ganti, piping standar. kalo cocok bonusnya itu mobil tambah irit juga kok (asal ga digeber2).

kalo masalah jual seken, pedagang jarang yang niat ampe ngolong kok, apalagi orang awam...
kelas2 calsig-avxen mah pembeli ga terlalu banyak pertimbangan, ga kayak beli eropah.
Nah ini dia om, header ord vs header std mobil panjangnya beda. Lebih panjang/ ke belakang yg punyanya ord, otomatis kalau mau ganti header kudu potong pipa bawaan or ganti pipa set, dan reson muffler std udah jadi 1 sama pipanya, gak ada flange sama sekali.
Sementara saya maunya barang OEM sama sekali gak diutak atik mengingat juga kalau mau beli oemnya lagi bakalan susah banget (piping knalpot set)

Jadi, ganti header dan muffler only pakai pipa oem tanpa potong pipa oem rasanya mustahil
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by Rasuano »

Kalo saya sih muffler dan reson aja om, karena klo ganti full set terlalu berisik suara mobilnya yang mana bikin jd gak nyaman.
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by nugroho bagor »

Rasuano wrote: Mon Jun 10, 2019 5:40 Kalo saya sih muffler dan reson aja om, karena klo ganti full set terlalu berisik suara mobilnya yang mana bikin jd gak nyaman.
Saya paling seneng ,dengar full set Kansai, derum-nya , enak banget
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by Rasuano »

nugroho bagor wrote: Mon Jun 10, 2019 9:54
Rasuano wrote: Mon Jun 10, 2019 5:40 Kalo saya sih muffler dan reson aja om, karena klo ganti full set terlalu berisik suara mobilnya yang mana bikin jd gak nyaman.
Saya paling seneng ,dengar full set Kansai, derum-nya , enak banget
Full set kansai emg enak banget suaranya apalagi kalo lagi narik. Yaris bakpao sepupu saya pake itu. Masalahnya mobil saya sm dia kenceng suaranya sama. Kalo saya ganti fullset wah lebih kacau lg suaranya. Kalo lg parkir mobil saya kedengeran dr lt 3 gedung kampus, smp orang2 afal kalo saya dateng. Jarak parkiran ke gedung 25 meteran. Tengsin juga...
Mau di stdin lagi males.. akselerasi lebih baik setelah modif...
Sorry oot
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by bembenk95 »

Rasuano wrote: Mon Jun 10, 2019 5:40 Kalo saya sih muffler dan reson aja om, karena klo ganti full set terlalu berisik suara mobilnya yang mana bikin jd gak nyaman.
yakin ganti muffler ngak berisik ?
Muffler Custom/ Racing itu lebih ke arah free flow. tidak ada sekat / chamber peredam.

Ane aja Custom Header, Katalik di buang. Reson & Muffler masih Standar. Bini di dalam mobil aja komplen kok lebih berisik.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by bembenk95 »

zzzprince wrote: Mon Jun 10, 2019 5:10
racho wrote: Mon Jun 10, 2019 2:41 mending ambil jalan murmer aja.
header sama muffler ganti, piping standar. kalo cocok bonusnya itu mobil tambah irit juga kok (asal ga digeber2).

kalo masalah jual seken, pedagang jarang yang niat ampe ngolong kok, apalagi orang awam...
kelas2 calsig-avxen mah pembeli ga terlalu banyak pertimbangan, ga kayak beli eropah.
Nah ini dia om, header ord vs header std mobil panjangnya beda. Lebih panjang/ ke belakang yg punyanya ord, otomatis kalau mau ganti header kudu potong pipa bawaan or ganti pipa set, dan reson muffler std udah jadi 1 sama pipanya, gak ada flange sama sekali.
Sementara saya maunya barang OEM sama sekali gak diutak atik mengingat juga kalau mau beli oemnya lagi bakalan susah banget (piping knalpot set)

Jadi, ganti header dan muffler only pakai pipa oem tanpa potong pipa oem rasanya mustahil
om mobilnya apa ? tanya aja lsg ke ORD ada tipe PNP ngak Full SET Header, Reason sama Muffler, buat tipe mobil nya.
Kalo ngak ada, dan niat Part bawaan bisa di pasang balik. Mau ngak mau harus Custom Full SET dari depan sampai belakang ke Bengkel Header/ Knalpot.

Mobil ane tipe yg termasuk langka utk dpt PNP Header. Mau ngak mau di Custom, Header di design bisa pas dgn sisa Sistem Knalpot yg bawaan.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by zzzprince »

bembenk95 wrote: Tue Jun 11, 2019 1:30
zzzprince wrote: Mon Jun 10, 2019 5:10
racho wrote: Mon Jun 10, 2019 2:41 mending ambil jalan murmer aja.
header sama muffler ganti, piping standar. kalo cocok bonusnya itu mobil tambah irit juga kok (asal ga digeber2).

kalo masalah jual seken, pedagang jarang yang niat ampe ngolong kok, apalagi orang awam...
kelas2 calsig-avxen mah pembeli ga terlalu banyak pertimbangan, ga kayak beli eropah.
Nah ini dia om, header ord vs header std mobil panjangnya beda. Lebih panjang/ ke belakang yg punyanya ord, otomatis kalau mau ganti header kudu potong pipa bawaan or ganti pipa set, dan reson muffler std udah jadi 1 sama pipanya, gak ada flange sama sekali.
Sementara saya maunya barang OEM sama sekali gak diutak atik mengingat juga kalau mau beli oemnya lagi bakalan susah banget (piping knalpot set)

Jadi, ganti header dan muffler only pakai pipa oem tanpa potong pipa oem rasanya mustahil
om mobilnya apa ? tanya aja lsg ke ORD ada tipe PNP ngak Full SET Header, Reason sama Muffler, buat tipe mobil nya.
Kalo ngak ada, dan niat Part bawaan bisa di pasang balik. Mau ngak mau harus Custom Full SET dari depan sampai belakang ke Bengkel Header/ Knalpot.

Mobil ane tipe yg termasuk langka utk dpt PNP Header. Mau ngak mau di Custom, Header di design bisa pas dgn sisa Sistem Knalpot yg bawaan.
Mobilnya calya manual euro2 om. Kebetulan part nya udah ada dan mmg dari ord nya cuma ada header yg gak pnp. Kalau mau full pnp dan pengerjaannya qualified by ord rasanya mobil harus dibawa ke workshopnya dia yg ada di jkt. Sementara mobil skrg ada di malang hehehe. Rencananya mau pasang di bengkel kansai malang aja. Kalo boleh tau mobilnya si om apa nih
kangadut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Thu Aug 16, 2018 13:25
Location: jakarta

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by kangadut »

racho wrote: Mon Jun 10, 2019 2:41 mending ambil jalan murmer aja.
header sama muffler ganti, piping standar. kalo cocok bonusnya itu mobil tambah irit juga kok (asal ga digeber2).

kalo masalah jual seken, pedagang jarang yang niat ampe ngolong kok, apalagi orang awam...
kelas2 calsig-avxen mah pembeli ga terlalu banyak pertimbangan, ga kayak beli eropah.
ferrariman wrote: Mon Jun 10, 2019 2:21 kalo ganti fullset gini udah pasti ga ada bau2 gosong lagi ya?
kalo cuma mo ilangin bau gosong, mending pake pertamax turbo yang kadar sulfurnya rendah
kalo ganti header/fullset bau gosong ilang, diganti sama bau exhaust permanen kayak kijang tua at anytime.
kangadut wrote: Sun Jun 09, 2019 1:49 kebetulan ngomongin muffler, mau tanya:
ane punya panther tua super ngebul asap hitam dah purging dan carbon cleaner tp sepertinya msh ada sisa jelagah di knalpot yg bikin ngebul. knalpot bawaan msh layak..
Apa ada bengkel khusus bersihin knalpot dan exhaust tanpa modif ya?
yakin gegara jelaga? kalo cuma gegara jelaga ya geber2 aja di tol dah cukup lah.
coba aja copot knalpotnya dulu dan digas, ngebul item ga?
:mky_03:
Ah bener bgt nih, ga kepikiran :mky_01:
Makasih suhu atas pencerahannya
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by zzzprince »

Sundul ah belum dapet pencerahan euy
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Ganti Exhaust full system atau reson & muffler only

Post by bembenk95 »

zzzprince wrote: Tue Jun 11, 2019 12:40
bembenk95 wrote: Tue Jun 11, 2019 1:30
zzzprince wrote: Mon Jun 10, 2019 5:10

Nah ini dia om, header ord vs header std mobil panjangnya beda. Lebih panjang/ ke belakang yg punyanya ord, otomatis kalau mau ganti header kudu potong pipa bawaan or ganti pipa set, dan reson muffler std udah jadi 1 sama pipanya, gak ada flange sama sekali.
Sementara saya maunya barang OEM sama sekali gak diutak atik mengingat juga kalau mau beli oemnya lagi bakalan susah banget (piping knalpot set)

Jadi, ganti header dan muffler only pakai pipa oem tanpa potong pipa oem rasanya mustahil
om mobilnya apa ? tanya aja lsg ke ORD ada tipe PNP ngak Full SET Header, Reason sama Muffler, buat tipe mobil nya.
Kalo ngak ada, dan niat Part bawaan bisa di pasang balik. Mau ngak mau harus Custom Full SET dari depan sampai belakang ke Bengkel Header/ Knalpot.

Mobil ane tipe yg termasuk langka utk dpt PNP Header. Mau ngak mau di Custom, Header di design bisa pas dgn sisa Sistem Knalpot yg bawaan.
Mobilnya calya manual euro2 om. Kebetulan part nya udah ada dan mmg dari ord nya cuma ada header yg gak pnp. Kalau mau full pnp dan pengerjaannya qualified by ord rasanya mobil harus dibawa ke workshopnya dia yg ada di jkt. Sementara mobil skrg ada di malang hehehe. Rencananya mau pasang di bengkel kansai malang aja. Kalo boleh tau mobilnya si om apa nih
odong2 ane Kia Rio Pride,
kalo dah beli dan memang ngak bisa PNP. mau ngak mau Header ORD nya di custom lagi, biar cocok sama pipa yg asli.
diskusi lagi sama ORD limit custom headernya spt apa. biar ngak salah potong. hhhhhh

+ di foto & attach aja Header ORD nya om, kali ada yg bisa bantu setelah liat gambarnya
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223