FILTER OLI MESIN

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

FILTER OLI MESIN

Post by marmut »

selamat malam buat warga SM dimanapun anda berada.
saya cari-cari sepertinya trit mengenai filter oli mesin belum ada ya? atau saya yang kurang rajin mencari?
buat pihak yang berwenang, kalau ada trit serupa boleh di gabung supaya lebih ringkas.

jadi ceritanya kemarin sore ada tetangga minta tolong kepada saya untuk mengganti filter oli mesin plus menambah oli mesinnya karena menurut beliau, oli berkurang cukup banyak tetapi entah terjadi kebocoran dimana.
si pemilik dengan bangganya memperlihatkan kepada saya filter oli dengan bungkus warna dasar putih bermotif polka dot merah dan hitam sambil berkata :

"saya beli di langganan, murah ini pak cuma tigapuluh ribu..."

dengan wajah sumringah.

lalu saya jawab,

"iya pak, murah karena nggak asli."

tanpa memperhatikan lebih lanjut si filter dan si empunya mobil. bodo amat mau tersinggung, lagian mana ada filter oli genuine merk mobil dengan harga 30 ribu? sing nduwe pabrik mbahmu po?

setelah filter oli mesin terpasang plus penambahan oli mesin sebanyak 1 liter selesai, saya start mesin dan segera memeriksa apakah ada kebocoran.
sekitar 2-3 menit idle sambil sesekali RPM dinaikkan sampai 3-4 ribuan dan kemudian kembali idle lagi, semua beres tidak ada rembesan oli. aman, saya pikir.

lalu pergilah si tetangga ini pulang. tidak berselang setengah jam, beliau kembali sambil mukanya pucat dan berkata,

"pak tadi pas ditikungan situ tiba-tiba lampu olinya nyala. saya brenti trus liat banyak oli berceceran dibawah...."

saya periksa, memang banyak sekali bekas cipratan oli di mesin, tapi darimana? perasaan tadi filter oli sudah cukup kencang sesuai dengan anjuran seperti biasanya.
iseng saya coba kencangkan lagi dengan tangan, masih bisa diputar tetapi dengan effort yang lebih besar dari biasanya. setelah itu saya cek dipstick, gak onok oline... gendheng..!
:big_think:
sebanyak itukah bocornya?
saya isi sekitar 2 liter oli, posisi dipstick masih hampir setengahnya.
biar lah, coba start mesin dulu pengen liat, masa iya sih bocor dari filter oli? gendheng apa...?
cekk.... grenggg..... tokcer. mesin pun sukses nyala tapi sambil ada suara PYUUUUURRRR..... dari bawah.
j4ncuk. a5u tenan.
oli mesin sukses berlomba melarikan diri dari dalam mesin ramai-ramai.

kondisi bagian bawah yang tersiram oli setelah lebih kurang 18 jam kemudian,

20190619_155223.jpg

akhirnya saya buka filternya untuk diperiksa lebih lanjut.
tampak luar dan saya perhatikan kondisi sambungan antar logamnya serta seal tidak ada masalah. kondisi seal-pun masih baik tidak ada retak atau pecah.
ah, sudah lah.... besok pagi saja dilihat lagi. sekarang saya pasang filter oli baru kepunyaan mobil lain, merk sebelah tetapi masih saudara. walaupun dimensi lebih kecil tetapi bisa terpasang.
setelah isi oli mesin lagi sebanyak 3 liter, mesin saya start, dan aman tidak ada kebocoran walaupun RPM saya panteng di 4 ribu selama lebih dari 30 detik.

nah, tadi siang saya iseng perhatikan lagi ada apa gerangan dengan filter oli murah kebanggaan bapak tetangga ini?
berikut penampakannya,

20190619_154418.jpg

dan ini yang lebih dekat lagi,

20190619_154418-1.jpg

puk1m4k.... macam mana lubang filter oli rapat seperti ini?
$&*@£¥₩xyz★¿

pantas saja oli berantakan keluar lewat celah seal lha wong ngga ada lubangnya.... asem.

dan ini penampakan sisi dalam dari filter oli yang saya pasang,

20190619_154456.jpg

terlihat jelas kan bedanya? yang satu (hampir) tidak ada lubang, hanya berupa garis bekas mesin punch yang tidak sempurna membuat lubang. satunya dengan lubang yang cukup besar sehingga pelumas dengan mudah lewat.

nah, pelajaran buat yang hobi memakai "filter oli asli" dengan harga murah, agar lebih berhati-hati. perhatikan dengan saksama barang yang anda beli sebelum membayar.
kalau sudah kejadian seperti diatas, mau untung beberapa belas ribu, malah merogoh kocek lebih dalam lagi.

saran saya kalau tidak mau pakai filter oli asli dengan alasan (mungkin) mahal, silahkan beli merk aftermarket yang sudah jelas dan di tempat yang memang bisa mempertanggung jawabkan dagangannya.
banyak kok saat ini merk-merk filter aftermarket dengan harga yang lebih murah, sama dengan, atau bahkan lebih mahal dari merk aslinya.

sampai dengan berita ini dimuat, kondisi mobil sudah aman sentausa tanpa ada kebocoran.

terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca sedikit ketikan dari saya.

:beer:
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 10 Feb 2017, 13:26
Daily Vehicle: CRV

Re: FILTER OLI MESIN

Post by arief225 »

marmut wrote:selamat malam buat warga SM dimanapun anda berada.
saya cari-cari sepertinya trit mengenai filter oli mesin belum ada ya? atau saya yang kurang rajin mencari?
buat pihak yang berwenang, kalau ada trit serupa boleh di gabung supaya lebih ringkas.

jadi ceritanya kemarin sore ada tetangga minta tolong kepada saya untuk mengganti filter oli mesin plus menambah oli mesinnya karena menurut beliau, oli berkurang cukup banyak tetapi entah terjadi kebocoran dimana.
si pemilik dengan bangganya memperlihatkan kepada saya filter oli dengan bungkus warna dasar putih bermotif polka dot merah dan hitam sambil berkata :

"saya beli di langganan, murah ini pak cuma tigapuluh ribu..."

dengan wajah sumringah.

lalu saya jawab,

"iya pak, murah karena nggak asli."

tanpa memperhatikan lebih lanjut si filter dan si empunya mobil. bodo amat mau tersinggung, lagian mana ada filter oli genuine merk mobil dengan harga 30 ribu? sing nduwe pabrik mbahmu po?

setelah filter oli mesin terpasang plus penambahan oli mesin sebanyak 1 liter selesai, saya start mesin dan segera memeriksa apakah ada kebocoran.
sekitar 2-3 menit idle sambil sesekali RPM dinaikkan sampai 3-4 ribuan dan kemudian kembali idle lagi, semua beres tidak ada rembesan oli. aman, saya pikir.

lalu pergilah si tetangga ini pulang. tidak berselang setengah jam, beliau kembali sambil mukanya pucat dan berkata,

"pak tadi pas ditikungan situ tiba-tiba lampu olinya nyala. saya brenti trus liat banyak oli berceceran dibawah...."

saya periksa, memang banyak sekali bekas cipratan oli di mesin, tapi darimana? perasaan tadi filter oli sudah cukup kencang sesuai dengan anjuran seperti biasanya.
iseng saya coba kencangkan lagi dengan tangan, masih bisa diputar tetapi dengan effort yang lebih besar dari biasanya. setelah itu saya cek dipstick, gak onok oline... gendheng..!
:big_think:
sebanyak itukah bocornya?
saya isi sekitar 2 liter oli, posisi dipstick masih hampir setengahnya.
biar lah, coba start mesin dulu pengen liat, masa iya sih bocor dari filter oli? gendheng apa...?
cekk.... grenggg..... tokcer. mesin pun sukses nyala tapi sambil ada suara PYUUUUURRRR..... dari bawah.
j4ncuk. a5u tenan.
oli mesin sukses berlomba melarikan diri dari dalam mesin ramai-ramai.

kondisi bagian bawah yang tersiram oli setelah lebih kurang 18 jam kemudian,

20190619_155223.jpg

akhirnya saya buka filternya untuk diperiksa lebih lanjut.
tampak luar dan saya perhatikan kondisi sambungan antar logamnya serta seal tidak ada masalah. kondisi seal-pun masih baik tidak ada retak atau pecah.
ah, sudah lah.... besok pagi saja dilihat lagi. sekarang saya pasang filter oli baru kepunyaan mobil lain, merk sebelah tetapi masih saudara. walaupun dimensi lebih kecil tetapi bisa terpasang.
setelah isi oli mesin lagi sebanyak 3 liter, mesin saya start, dan aman tidak ada kebocoran walaupun RPM saya panteng di 4 ribu selama lebih dari 30 detik.

nah, tadi siang saya iseng perhatikan lagi ada apa gerangan dengan filter oli murah kebanggaan bapak tetangga ini?
berikut penampakannya,

20190619_154418.jpg

dan ini yang lebih dekat lagi,

20190619_154418-1.jpg

puk1m4k.... macam mana lubang filter oli rapat seperti ini?
$&*@£¥₩xyz★¿

pantas saja oli berantakan keluar lewat celah seal lha wong ngga ada lubangnya.... asem.

dan ini penampakan sisi dalam dari filter oli yang saya pasang,

20190619_154456.jpg

terlihat jelas kan bedanya? yang satu (hampir) tidak ada lubang, hanya berupa garis bekas mesin punch yang tidak sempurna membuat lubang. satunya dengan lubang yang cukup besar sehingga pelumas dengan mudah lewat.

nah, pelajaran buat yang hobi memakai "filter oli asli" dengan harga murah, agar lebih berhati-hati. perhatikan dengan saksama barang yang anda beli sebelum membayar.
kalau sudah kejadian seperti diatas, mau untung beberapa belas ribu, malah merogoh kocek lebih dalam lagi.

saran saya kalau tidak mau pakai filter oli asli dengan alasan (mungkin) mahal, silahkan beli merk aftermarket yang sudah jelas dan di tempat yang memang bisa mempertanggung jawabkan dagangannya.
banyak kok saat ini merk-merk filter aftermarket dengan harga yang lebih murah, sama dengan, atau bahkan lebih mahal dari merk aslinya.

sampai dengan berita ini dimuat, kondisi mobil sudah aman sentausa tanpa ada kebocoran.

terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca sedikit ketikan dari saya.

[emoji481]
Saya tiap ganti oli ganti filter. Tpi harganya 52rb. Amankah?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: FILTER OLI MESIN

Post by sintoni »

Kalau aftermarket yang murah kira2 apa rekomendasinya om Hamster?

Ane sempet pake Denso kok bisa murah bener ya, rasanya cuma 20rb malahan.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: FILTER OLI MESIN

Post by josomba »

sintoni wrote: 20 Jun 2019, 10:37 Kalau aftermarket yang murah kira2 apa rekomendasinya om Hamster?

Ane sempet pake Denso kok bisa murah bener ya, rasanya cuma 20rb malahan.
Sakura n Aspira om...

Ini mobil kutu owe dah 3 interval ganti oli di mbah hamster cukup Aspira aja.
Image
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: FILTER OLI MESIN

Post by josomba »

marmut wrote: 19 Jun 2019, 23:15 selamat malam buat warga SM dimanapun anda berada.
saya cari-cari sepertinya trit mengenai filter oli mesin belum ada ya? atau saya yang kurang rajin mencari?
-CUT-

terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca sedikit ketikan dari saya.

:beer:
Mbah, sempet nanya beli dimana?
Image
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: FILTER OLI MESIN

Post by Jambangan »

Saya pake filter oli aspira exposio beli di shop n drive
Tapi rasanya mesin jadi agak kasar pas start awal pagi2 dibanding pake filter bawaan mobil beli di beres
Ada suara tek tek tek tambahan sekitar 5 detik
Walaupun lampu oli langsung mati setelah mesin distart
Apa anti drain back valve nya jelek jadi oli ngisi dulu ke filternya??
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: FILTER OLI MESIN

Post by marmut »

arief225 wrote: 20 Jun 2019, 00:48
Saya tiap ganti oli ganti filter. Tpi harganya 52rb. Amankah?

bukan harga yang jadi masalah, tapi asli atau enggak.
kalau beli barang palsu seharga barang asli ya itu dagelan namanya....

sintoni wrote: 20 Jun 2019, 10:37 Kalau aftermarket yang murah kira2 apa rekomendasinya om Hamster?

Ane sempet pake Denso kok bisa murah bener ya, rasanya cuma 20rb malahan.
ada denso, aspira, sakura, bosch, tinggal pilih.
denso bisa murah? karena mereka beli dari aspira dan dikasih label denso.

josomba wrote: 20 Jun 2019, 11:55
Mbah, sempet nanya beli dimana?
katanya di warung soto deket tikungan....
:ngacir:

Jambangan wrote: 20 Jun 2019, 12:50 Saya pake filter oli aspira exposio beli di shop n drive
Tapi rasanya mesin jadi agak kasar pas start awal pagi2 dibanding pake filter bawaan mobil beli di beres
Ada suara tek tek tek tambahan sekitar 5 detik
Walaupun lampu oli langsung mati setelah mesin distart
Apa anti drain back valve nya jelek jadi oli ngisi dulu ke filternya??
SnD filternya yang warna oranje kan? paling dari aspira atau denso.
jadi ada suara? gapapa, itu tanda mesin beroperasi. lagian mesin kalo senyap banget ngga enak lah..... pemilik mobil musti dibikin ketar ketir keringet dingin beserta mules biar afdol.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: FILTER OLI MESIN

Post by iwing »

thx info nya om marmut. selama ini gak pernah merhatikan hal tersebut. btw selama ini semua filter (oli, mesin, kabin) pake sakura
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: FILTER OLI MESIN

Post by coklatMetalik »

Sy sih selalu pk yang orisinil Toyota Indonesia, 90915-YZZZ1. 25 rebuan...

Ada jg yg ori dari toyota jepang tp harganya 3 kalinya, blm pernah nyoba sih, ada bedanya gk ya?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: FILTER OLI MESIN

Post by MSU »

untuk Toyota 7K saya selalu pake Denso..kl ga salah 15ribuan...ganti tiap 5rb km hehe...
di kuda diesel juga pake denso...murah meriah
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: FILTER OLI MESIN

Post by aabx »

Mantap infonya om, sekarang saya jadi merhatiin macem2 filter oli.
Kalau merek KEn gimana om? Biasanya sama bengkel langganan dikasih merek itu, dikasih harga 40-50rb. Barusan jadi cek di tokoijo ada yang harga 20rb an juga. Setahun 2x ganti oli filternya sekali, 50rb rupiah setahun untuk jaga kondisi mesin sih value nya bagus sekali haha.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: FILTER OLI MESIN

Post by josomba »

aabx wrote: 20 Jun 2019, 16:20 Mantap infonya om, sekarang saya jadi merhatiin macem2 filter oli.
Kalau merek KEn gimana om? Biasanya sama bengkel langganan dikasih merek itu, dikasih harga 40-50rb. Barusan jadi cek di tokoijo ada yang harga 20rb an juga. Setahun 2x ganti oli filternya sekali, 50rb rupiah setahun untuk jaga kondisi mesin sih value nya bagus sekali haha.
Ken produsennya filter OEM Honda...
Image
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: FILTER OLI MESIN

Post by coklatMetalik »

MSU wrote: 20 Jun 2019, 15:57 untuk Toyota 7K saya selalu pake Denso..kl ga salah 15ribuan...ganti tiap 5rb km hehe...
di kuda diesel juga pake denso...murah meriah
Filter kuda yg denso brapaan om?
Yg ori lumayan, ampir 120rb :mky_01:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 01 Oct 2016, 18:33

Re: FILTER OLI MESIN

Post by zanira »

Waduh...
Segitu parahnya gara" filter aspal :e-snooty:

Klo saya beli oli di luaran, tapi gantinya tetap di beres, sekalian beli filternya jg disitu.

Ongkos ganti oli goban, tp gratis kopi, teh, kue" + wifi an sepuasny :upss:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: FILTER OLI MESIN

Post by rendr »

Saya baru tau filter oli ada "acdc" nya jg dan modelny begini pula.. thanks bgt om marmut sharingnya....
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 10 Feb 2017, 13:26
Daily Vehicle: CRV

Re: FILTER OLI MESIN

Post by arief225 »

marmut wrote:
arief225 wrote: 20 Jun 2019, 00:48
Saya tiap ganti oli ganti filter. Tpi harganya 52rb. Amankah?

bukan harga yang jadi masalah, tapi asli atau enggak.
kalau beli barang palsu seharga barang asli ya itu dagelan namanya....

sintoni wrote: 20 Jun 2019, 10:37 Kalau aftermarket yang murah kira2 apa rekomendasinya om Hamster?

Ane sempet pake Denso kok bisa murah bener ya, rasanya cuma 20rb malahan.
ada denso, aspira, sakura, bosch, tinggal pilih.
denso bisa murah? karena mereka beli dari aspira dan dikasih label denso.

josomba wrote: 20 Jun 2019, 11:55
Mbah, sempet nanya beli dimana?
katanya di warung soto deket tikungan....
:ngacir:

Jambangan wrote: 20 Jun 2019, 12:50 Saya pake filter oli aspira exposio beli di shop n drive
Tapi rasanya mesin jadi agak kasar pas start awal pagi2 dibanding pake filter bawaan mobil beli di beres
Ada suara tek tek tek tambahan sekitar 5 detik
Walaupun lampu oli langsung mati setelah mesin distart
Apa anti drain back valve nya jelek jadi oli ngisi dulu ke filternya??
SnD filternya yang warna oranje kan? paling dari aspira atau denso.
jadi ada suara? gapapa, itu tanda mesin beroperasi. lagian mesin kalo senyap banget ngga enak lah..... pemilik mobil musti dibikin ketar ketir keringet dingin beserta mules biar afdol.
Susahnya tidak tinggal di jakarta[emoji23]
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 23 Oct 2016, 22:48

Re: FILTER OLI MESIN

Post by Ivano »

marmut wrote:selamat malam buat warga SM dimanapun anda berada.
saya cari-cari sepertinya trit mengenai filter oli mesin belum ada ya? atau saya yang kurang rajin mencari?
buat pihak yang berwenang, kalau ada trit serupa boleh di gabung supaya lebih ringkas.

jadi ceritanya kemarin sore ada tetangga minta tolong kepada saya untuk mengganti filter oli mesin plus menambah oli mesinnya karena menurut beliau, oli berkurang cukup banyak tetapi entah terjadi kebocoran dimana.
si pemilik dengan bangganya memperlihatkan kepada saya filter oli dengan bungkus warna dasar putih bermotif polka dot merah dan hitam sambil berkata :

"saya beli di langganan, murah ini pak cuma tigapuluh ribu..."

dengan wajah sumringah.

lalu saya jawab,

"iya pak, murah karena nggak asli."

tanpa memperhatikan lebih lanjut si filter dan si empunya mobil. bodo amat mau tersinggung, lagian mana ada filter oli genuine merk mobil dengan harga 30 ribu? sing nduwe pabrik mbahmu po?

setelah filter oli mesin terpasang plus penambahan oli mesin sebanyak 1 liter selesai, saya start mesin dan segera memeriksa apakah ada kebocoran.
sekitar 2-3 menit idle sambil sesekali RPM dinaikkan sampai 3-4 ribuan dan kemudian kembali idle lagi, semua beres tidak ada rembesan oli. aman, saya pikir.

lalu pergilah si tetangga ini pulang. tidak berselang setengah jam, beliau kembali sambil mukanya pucat dan berkata,

"pak tadi pas ditikungan situ tiba-tiba lampu olinya nyala. saya brenti trus liat banyak oli berceceran dibawah...."

saya periksa, memang banyak sekali bekas cipratan oli di mesin, tapi darimana? perasaan tadi filter oli sudah cukup kencang sesuai dengan anjuran seperti biasanya.
iseng saya coba kencangkan lagi dengan tangan, masih bisa diputar tetapi dengan effort yang lebih besar dari biasanya. setelah itu saya cek dipstick, gak onok oline... gendheng..!
:big_think:
sebanyak itukah bocornya?
saya isi sekitar 2 liter oli, posisi dipstick masih hampir setengahnya.
biar lah, coba start mesin dulu pengen liat, masa iya sih bocor dari filter oli? gendheng apa...?
cekk.... grenggg..... tokcer. mesin pun sukses nyala tapi sambil ada suara PYUUUUURRRR..... dari bawah.
j4ncuk. a5u tenan.
oli mesin sukses berlomba melarikan diri dari dalam mesin ramai-ramai.

kondisi bagian bawah yang tersiram oli setelah lebih kurang 18 jam kemudian,

20190619_155223.jpg

akhirnya saya buka filternya untuk diperiksa lebih lanjut.
tampak luar dan saya perhatikan kondisi sambungan antar logamnya serta seal tidak ada masalah. kondisi seal-pun masih baik tidak ada retak atau pecah.
ah, sudah lah.... besok pagi saja dilihat lagi. sekarang saya pasang filter oli baru kepunyaan mobil lain, merk sebelah tetapi masih saudara. walaupun dimensi lebih kecil tetapi bisa terpasang.
setelah isi oli mesin lagi sebanyak 3 liter, mesin saya start, dan aman tidak ada kebocoran walaupun RPM saya panteng di 4 ribu selama lebih dari 30 detik.

nah, tadi siang saya iseng perhatikan lagi ada apa gerangan dengan filter oli murah kebanggaan bapak tetangga ini?
berikut penampakannya,

20190619_154418.jpg

dan ini yang lebih dekat lagi,

20190619_154418-1.jpg

puk1m4k.... macam mana lubang filter oli rapat seperti ini?
$&*@£¥₩xyz★¿

pantas saja oli berantakan keluar lewat celah seal lha wong ngga ada lubangnya.... asem.

dan ini penampakan sisi dalam dari filter oli yang saya pasang,

20190619_154456.jpg

terlihat jelas kan bedanya? yang satu (hampir) tidak ada lubang, hanya berupa garis bekas mesin punch yang tidak sempurna membuat lubang. satunya dengan lubang yang cukup besar sehingga pelumas dengan mudah lewat.

nah, pelajaran buat yang hobi memakai "filter oli asli" dengan harga murah, agar lebih berhati-hati. perhatikan dengan saksama barang yang anda beli sebelum membayar.
kalau sudah kejadian seperti diatas, mau untung beberapa belas ribu, malah merogoh kocek lebih dalam lagi.

saran saya kalau tidak mau pakai filter oli asli dengan alasan (mungkin) mahal, silahkan beli merk aftermarket yang sudah jelas dan di tempat yang memang bisa mempertanggung jawabkan dagangannya.
banyak kok saat ini merk-merk filter aftermarket dengan harga yang lebih murah, sama dengan, atau bahkan lebih mahal dari merk aslinya.

sampai dengan berita ini dimuat, kondisi mobil sudah aman sentausa tanpa ada kebocoran.

terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca sedikit ketikan dari saya.

[emoji481]
Kalau lihat fisiknya sih, ini Filter Oli refurb/bekas/remake dari home industry yg ndak bener dan ilegal.

Karena terlihat "luka" goresan, dan bagian dalam bukan dibuat dengan peralatan yang proper.

Ini sangat berbahaya. Buat bengkel dan user, harus sangat waspada.

Murah tidak identik jelek, mahal tidak berbanding lurus kualitas (jika beli onlen).

Selalu waspada saja.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: FILTER OLI MESIN

Post by DOHC »

Mbah, itu merek apaan ad polkadot merah item sgala..
Btw dl ane jg perna kena filter oli aspal buat lipindut ane, beli d sala satu toko ondrdil batu makam lmayan terkenal d dtmf, itu ketauan nya pas dikencengin pake tangan, smua tulisan nya pindah ke tangan ane
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: FILTER OLI MESIN

Post by marmut »

DOHC wrote: 21 Jun 2019, 04:53 Mbah, itu merek apaan ad polkadot merah item sgala..

-

ini mbah....

unnamed-1.png
unnamed-1.png (47.98 KiB) Viewed 2790 times
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: FILTER OLI MESIN

Post by coklatMetalik »

marmut wrote: 21 Jun 2019, 13:19
DOHC wrote: 21 Jun 2019, 04:53 Mbah, itu merek apaan ad polkadot merah item sgala..

-

ini mbah....


unnamed-1.png
Oalahh...
Ustahiyad KW toh...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: FILTER OLI MESIN

Post by racho »

parahhh... ampe mampet gitu. ini mah versi iblisnya filter KW.
thanks sharingnya om marmut.

kalo ane, dari dulu pake denso/sakura blom pernah ada masalah. bae2 aja.
justru pernah masalah pake ori dari beres, kebetulan dapet yang defect jadi rembes dikit.

kalo cari murah, Sakura is the choice lah. perusahaan Tbk juga, jadi pasti takut kalo main-main sama kualitas produk.
pemalsu juga males mau malsuin, udah murah.
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: FILTER OLI MESIN

Post by iwing »

om marmut, kalo pasang filter oli baru gitu, apa langsung pasang aja..?? karena klo saya punya kebiasaan, sblm di pasang, filter oli nya saya isi oli dulu
engbud
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 11 Feb 2018, 07:32

Re: FILTER OLI MESIN

Post by engbud »

mau tanya kalau boleh, apakah ada yg pernah pakai filter oli yg hybrid atau yang ada amganet nya?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: FILTER OLI MESIN

Post by marmut »

racho wrote: 21 Jun 2019, 14:17

-

kalo ane, dari dulu pake denso/sakura blom pernah ada masalah. bae2 aja.
justru pernah masalah pake ori dari beres, kebetulan dapet yang defect jadi rembes dikit.

-

rembes bisa jadi karena over tightening. biasanya pada ngencengin pake kunci.
proses ngencengin pake kunci sebenernya tidak salah, tapi tingkat kekencangannya yang jadi masalah besar.
karena mayoritas filter oli musti hand tightening.

iwing wrote: 21 Jun 2019, 15:00 om marmut, kalo pasang filter oli baru gitu, apa langsung pasang aja..?? karena klo saya punya kebiasaan, sblm di pasang, filter oli nya saya isi oli dulu

saya belum pernah lihat petunjuk di kemasan maupun di filternya musti diisi oli atau tidak. hanya ada petunjuk gasket musti dioles tipis dengan oli, dan kencangkan 1/2 - 3/4 putaran dengan tangan.
saya pun selalu mengisi filter dengan sedikit oli sebelum dipasang.
jangan lupa permukaan yang nempel dengan gasket dibersihkan dulu...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: FILTER OLI MESIN

Post by DOHC »

marmut wrote: 21 Jun 2019, 13:19
DOHC wrote: 21 Jun 2019, 04:53 Mbah, itu merek apaan ad polkadot merah item sgala..

-

ini mbah....


unnamed-1.png
uastaganaga..

nanti iseng coba muter atrium ahh, siapa tau nemu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post