menutup egr mesin honda L15Z

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

fikrebi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Mon Jun 13, 2016 14:47

menutup egr mesin honda L15Z

Post by fikrebi »

misi om" semua
mau minta saran
bulan lalu saya remap sekalian ganti DP dan FP mobil saya honda brv manual di salah satu bengkel surabaya..
dan baru minggu lalu ane ngolong liat ternyata egr nya di tutup sama empuh nya bengkel..
ane sempat nanya sama empuhnya bengkel katanya ga ada masalah..
apakah nutup egr di mesin bensin g masalah ya om" semuanya?? ada resiko ga ya??

terima kasih om" semua
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: menutup egr mesin honda L15Z

Post by racho »

engga. mobil jadul kaga ada EGR bae2 aja. mobil ane (Mitsu 4G69) slot EGR-nya malah disumbat dari pabrik.

EGR di mesin bensin mostly urusannya buat ngurangi emisi NOx...
ada juga efeknya ke efisiensi BBM, tapi harusnya gak banyak.
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: menutup egr mesin honda L15Z

Post by silentIm2 »

Saya pernah baca EGR yang bikin mesin bensin ga ngelitik dengan kompresi 1:10 ke atas. Karena mesin bensin harus selalu stoichiometrik, ketika mesin dalam kondisi beban partial, throttle terbuka sedikit, maka hanya sedikit oksigen yang masuk bersama dengan bensin (14:1). Karena ruang silinder volumenya fixed, maka sisa volume dipenuhi oleh gas EGR yang inert. Sehingga efeknya seperti menaikkan kompresi ratio.

Dulu belum ada EGR mesin bensin kompresi rasionya cuma bisa 1:9 maks.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: menutup egr mesin honda L15Z

Post by diveblues »

sebetulnya rugi menutup egr untuk mesin bensin khususnya mesin dengan port injection, karena pada dasarnya egr cuma bekerja di rpm rendah dan meningkatkan efisiensi pembakaran. Tapi pada rpm atas, egr selalu tertutup.
Untuk pemakaian harian tentunya menutup egr bikin mesin jadi lebih boros bahan bakar
nuelgs
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47

Re: menutup egr mesin honda L15Z

Post by nuelgs »

dulu jazz saya pipa egrnya pecah
terus coba ditutup malah nyala indikator check engine
akhirnya bikin pipa egr di budi knalpot
mungkin kalo sudah diremap sih ga masalah, karena tuningnya sudah disesuaikan dengan kondisi tsb
makanya check engine juga ga nyala
fikrebi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Mon Jun 13, 2016 14:47

Re: menutup egr mesin honda L15Z

Post by fikrebi »

jadi emang lebih baik di buka lagi ya om??
saya kemarin ga perhatikan sih pas di pasang DP nya
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: menutup egr mesin honda L15Z

Post by sm4 »

fikrebi wrote: Sat Oct 19, 2019 1:35 jadi emang lebih baik di buka lagi ya om??
saya kemarin ga perhatikan sih pas di pasang DP nya
paling baik ya balikin ke standar pabrik aja om. buka lagi.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: menutup egr mesin honda L15Z

Post by qushay20019 »

fikrebi wrote: Sat Oct 19, 2019 1:35 jadi emang lebih baik di buka lagi ya om??
saya kemarin ga perhatikan sih pas di pasang DP nya
Kalo ane di posisi om, ane bakal tanya dulu sama mekanik yg modif downpipe nya, apa emang dia nutup EGR dulu. Kalo emang dia yg nutup, minta buka lagi aja krn setau ane fungsi EGR itu penting untuk mengurangi emisi NOx sama menjaga suhu ruang bakar supaya tetap dalam batas aman khususnya pada rpm tinggi. CMIIW
petrolhead27
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Jan 02, 2020 2:14
Location: Bandung

Re: menutup egr mesin honda L15Z

Post by petrolhead27 »

diveblues wrote: Fri Oct 18, 2019 12:11 sebetulnya rugi menutup egr untuk mesin bensin khususnya mesin dengan port injection, karena pada dasarnya egr cuma bekerja di rpm rendah dan meningkatkan efisiensi pembakaran. Tapi pada rpm atas, egr selalu tertutup.
Untuk pemakaian harian tentunya menutup egr bikin mesin jadi lebih boros bahan bakar
Maaf gan bukannya EGR menutup di rpm rendah (idle) dan EGR bekerja pada saat engine dapat beban (high rpm)? CMMIW :big_deal:
Referensi dari aa1car.com
https://www.aa1car.com/library/egr.htm
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: menutup egr mesin honda L15Z

Post by albertusac »

ikut nimbrung aja kalo di spin diesel EGR nyala di persneling tinggi (4 dan 5 saja) dan load rendah-medium dengan rpm under 2500. selebihnya egrnya nutup pol.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: menutup egr mesin honda L15Z

Post by Omnibus »

Dari Wikipedia:

EGR is typically not employed at high loads because it would reduce peak power output. This is because it reduces the intake charge density. EGR is also omitted at idle (low-speed, zero load) because it would cause unstable combustion, resulting in rough idle.

translation:

EGR biasanya tidak digunakan pada beban tinggi karena akan mengurangi output daya puncak. Ini karena mengurangi kepadatan asupan intake. EGR juga dihilangkan saat idle (kecepatan rendah, beban nol) karena akan menyebabkan pembakaran yang tidak stabil, menghasilkan idle kasar.