(Help and need advice) Mesin 2ZZ-GE

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Mordecai20

(Help and need advice) Mesin 2ZZ-GE

Post by Mordecai20 »

Ada yang tau seputar mesin ini? Mohon bimbingan-nya. Ane butuh info mengenai mesin ini
Dari yang ane lihat, mesin ini sepertinya cukup jarang digunakan para modifikator di Indonesia.
g36
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13

Re: (Help and need advice) Mesin 2ZZ-GE

Post by g36 »

Mesin rare nih om, most popularly dipake di Celica GTS (versi performance nya). Denger2 sih Will VS juga pake mesin ini, tapi belum pernah lihat sendiri sih.

A very good performance/budget engine, engineered by Yamaha.....problem umumnya di desain oil pan nya aja (katanya). Bisa diakalin dengan comot oil pan dan pump dari 1ZZ (katanya).

Soal kenaikan performa sih kayanya 200+ bhp sih gampang om dengan mods2 basic ky IHE....untuk 200 whp bisa pake turbo or supercharger. Kasi boost 0.4 bar aja kuat harusnya om, beberapa mesin2 economy aja masih bisa main di 0.3-0.4 tanpa upgrade internals

Om ada rencana bangun 2ZZ kah?
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
Mordecai20

Re: (Help and need advice) Mesin 2ZZ-GE

Post by Mordecai20 »

g36 wrote: Sat Feb 22, 2020 3:03 Mesin rare nih om, most popularly dipake di Celica GTS (versi performance nya). Denger2 sih Will VS juga pake mesin ini, tapi belum pernah lihat sendiri sih.

A very good performance/budget engine, engineered by Yamaha.....problem umumnya di desain oil pan nya aja (katanya). Bisa diakalin dengan comot oil pan dan pump dari 1ZZ (katanya).

Soal kenaikan performa sih kayanya 200+ bhp sih gampang om dengan mods2 basic ky IHE....untuk 200 whp bisa pake turbo or supercharger. Kasi boost 0.4 bar aja kuat harusnya om, beberapa mesin2 economy aja masih bisa main di 0.3-0.4 tanpa upgrade internals

Om ada rencana bangun 2ZZ kah?
Wah terimakasih atas penjelasannya om G36 :big_smile] akhirnya Ane jadi sedikit tahu soal mesin ini. Engineered by Yamaha :big_chicken: Berarti mesin ini secara gak langsung direct succesornya si 4A-GE ya? Denger-denger mesin ini limitnya emang cuma sampai 3xxhp, benar gak ya? maafkan ane kalau nanya lagi ke om :big_sorry:
Kalau soal rencana ngebangun sih udah ada, tapi budgetnya yang belom siap hehe
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: (Help and need advice) Mesin 2ZZ-GE

Post by hackers11 »

Mau nambahin karena ada temen yg swap engine corolla GTI dia pk mesin ini.
Menurut dia perbandingan cc ke hp besar, dan bisa narik ke rpm tinggi.
Selain itu lebih murah drpd setup turbo. Instalasi masi on progres, tp pas tanya sama mekaniknya, ganjalan utama lebih ke dana daripada masang ke body corolla ae92.
Kata temen saya ini termasuk gem karena ga famous jadi harga mesin murah, perasaan under 15jt sama wiring. Ngobrolnya taun lalu sih jd lupa2 ingat.
Oya, sebelumnya dia ngoprek 4age redtop bawaan gti mungkin udah abis dekat 10 jt, ganti head, per klep, porting dan filter.
g36
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13

Re: (Help and need advice) Mesin 2ZZ-GE

Post by g36 »

Mordecai20 wrote: Sun Feb 23, 2020 6:40
Wah terimakasih atas penjelasannya om G36 :big_smile] akhirnya Ane jadi sedikit tahu soal mesin ini. Engineered by Yamaha :big_chicken: Berarti mesin ini secara gak langsung direct succesornya si 4A-GE ya? Denger-denger mesin ini limitnya emang cuma sampai 3xxhp, benar gak ya? maafkan ane kalau nanya lagi ke om :big_sorry:
Kalau soal rencana ngebangun sih udah ada, tapi budgetnya yang belom siap hehe
Yess it is the true successor of the legendary 4AGE....Mesin NA dengan power cukupan tapi high-rev ala2 mesin motor.

3xx hp kayanya kudu forced induction om, kalo dr base nya 180an hp main stage 1 paling 220 max..... perhitungan kasar sih minimal boost 0.5 bar. Anyway, ngejar 300 hp very recommended kudu built engine. Stang piston forged, balance crankshaft, piston (bisa naik/turun kompresi tergantung mau main NA ato FI), upgrade valvetrain.

Sisanya? Benahin fueling (injector, fuel pump, FPR), pengaturan mesin pake standalone, upgrade pengapian, dkk dll.....
Kalo tujuannya buat as much hp as possible ya buanyak om sebetulnya, the sky is the limit kalo kata orang barat mah. Jangan lupa bahwa makin naik % tenaga mesin, makin riskan mesinnya jebol 🤣 karena resing itu kejam. At least dengan built engine, beban mesin dialihkan dari part ringkih ke part yang lebih robust (bottom end, engine block, dsb)

CMIIW: belum pernah ngoprek mesinnya, just common knowledge
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)