Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

justforlaughs
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 14 Nov 2021, 01:00
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: Sienta

Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by justforlaughs »

Halo teman, saya newbie dan pertama kali post.

Saya ada sienta Q dari pemberian. Saya menyukai mobil ini, menurut saya MPV dari toyota paling enak disetir. Irit, ac dingin, nyaman dan banyak hal positif lainnya.

Cuma saya masih sedikit terganggu dengan radius putar mobil ini.

Saya menemukan hal yg menarik ketika membaca brosur sienta singapore:
Polish_20211114_152058020.jpg
Polish_20211114_152058020.jpg (121.55 KiB) Viewed 1078 times

A. Sienta Q dengan spek 195/50r16. Apakah dengan mengganti ke 185/60r15 benar radius putar menjadi 5.3m ? Karena seingat saya mobilio 5.3m. Kebetulan kemaren tanya auto2000 dan velg 15" sienta murmer :big_exellent:

B. Apakah teman ada solusi untuk mengurangi radius putar?

C. Saya pernah tanya ke toko velg, infonya dengan mengganti velg depan lebih masuk ke dalam bisa mengurangi radius putar dengan trade-off lebih mudah understeer. Apakah menurut teman info tersebut tepat?



Terima kasih πŸ™
r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 432
Joined: 24 Dec 2013, 10:19

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by r1409 »

ga pernah punya sienta, tapi dugaan saya ada pada limiter putaran setir, di versi profil ban lebar diberi limiter biar ban tidak gesrot ketika belok maksimal.

kalau benar, maka tinggal ganti ke profil lebih kecil dan lepas/kurangi limiternya, maka akan bisa mengurangi radius putar karena memang ini mobil yg sama.
yanuarra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2779
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by yanuarra »

r1409 wrote: ↑14 Nov 2021, 16:39 ga pernah punya sienta, tapi dugaan saya ada pada limiter putaran setir, di versi profil ban lebar diberi limiter biar ban tidak gesrot ketika belok maksimal.

kalau benar, maka tinggal ganti ke profil lebih kecil dan lepas/kurangi limiternya, maka akan bisa mengurangi radius putar karena memang ini mobil yg sama.
Limiter putaran setir itu kaya apa ya om barangnya?
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 2L 4 Banger

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by Duvebriliant0 »

yaris baru kan "katanya" radius putarnya lebih pendek yah? 5.1M, siapatau racksteernya bisa make yasir punya :mky_01:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

ZRE143R
TGN140R
justforlaughs
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 14 Nov 2021, 01:00
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: Sienta

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by justforlaughs »

yanuarra wrote: ↑14 Nov 2021, 16:51
r1409 wrote: ↑14 Nov 2021, 16:39 ga pernah punya sienta, tapi dugaan saya ada pada limiter putaran setir, di versi profil ban lebar diberi limiter biar ban tidak gesrot ketika belok maksimal.

kalau benar, maka tinggal ganti ke profil lebih kecil dan lepas/kurangi limiternya, maka akan bisa mengurangi radius putar karena memang ini mobil yg sama.
Limiter putaran setir itu kaya apa ya om barangnya?
r1409 wrote: ↑14 Nov 2021, 16:39 ga pernah punya sienta, tapi dugaan saya ada pada limiter putaran setir, di versi profil ban lebar diberi limiter biar ban tidak gesrot ketika belok maksimal.

kalau benar, maka tinggal ganti ke profil lebih kecil dan lepas/kurangi limiternya, maka akan bisa mengurangi radius putar karena memang ini mobil yg sama.
Duvebriliant0 wrote: ↑14 Nov 2021, 17:56 yaris baru kan "katanya" radius putarnya lebih pendek yah? 5.1M, siapatau racksteernya bisa make yasir punya :mky_01:
Thanks masukannya πŸ‘. Mungkin harus konsultasi ke beres dulu. Yaris dengan sienta punya basis sama ya om? Berarti vios sama jg?
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 691
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by pendoli »

Halo om, ada users sienta di sini yg kecilin velg dan benar radius putar jadi lebih kecil kok

Untuk poin C, ngga signifikan kok risikonya om
justforlaughs
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 14 Nov 2021, 01:00
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: Sienta

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by justforlaughs »

pendoli wrote: ↑14 Nov 2021, 20:11 Halo om, ada users sienta di sini yg kecilin velg dan benar radius putar jadi lebih kecil kok

Untuk poin C, ngga signifikan kok risikonya om
Thanks om atas pencerahannya. Btw, user sienta yg downsize velg nama akunnya apa?

Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by b0ku »

justforlaughs wrote: ↑14 Nov 2021, 15:32 Halo teman, saya newbie dan pertama kali post.

Saya ada sienta Q dari pemberian. Saya menyukai mobil ini, menurut saya MPV dari toyota paling enak disetir. Irit, ac dingin, nyaman dan banyak hal positif lainnya.

Cuma saya masih sedikit terganggu dengan radius putar mobil ini.

Saya menemukan hal yg menarik ketika membaca brosur sienta singapore:

Polish_20211114_152058020.jpg


A. Sienta Q dengan spek 195/50r16. Apakah dengan mengganti ke 185/60r15 benar radius putar menjadi 5.3m ? Karena seingat saya mobilio 5.3m. Kebetulan kemaren tanya auto2000 dan velg 15" sienta murmer :big_exellent:

B. Apakah teman ada solusi untuk mengurangi radius putar?

C. Saya pernah tanya ke toko velg, infonya dengan mengganti velg depan lebih masuk ke dalam bisa mengurangi radius putar dengan trade-off lebih mudah understeer. Apakah menurut teman info tersebut tepat?



Terima kasih πŸ™
saya kasih solusi terbaik dapet uang pulaa :mky_03:

jual sientanya ganti freed aja karena freed harga secondnya lebih murah otomatis dapet duit lebih :mky_02:

itu mobil radius puter sama handlingnya terbaik buat mobil roti tawar :mky_01:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 691
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by pendoli »

justforlaughs wrote: ↑15 Nov 2021, 11:57
pendoli wrote: ↑14 Nov 2021, 20:11 Halo om, ada users sienta di sini yg kecilin velg dan benar radius putar jadi lebih kecil kok

Untuk poin C, ngga signifikan kok risikonya om
Thanks om atas pencerahannya. Btw, user sienta yg downsize velg nama akunnya apa?

Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?
Lupa om coba cek di thread sienta aja

Understeer tu kalo misalnya ngebut trus setir diputer belok tapi mobilnya masi lurus ajah. Kemungkinannya si sangat kecil yah kecuali ngebut banget.
vincewonk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 476
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by vincewonk »

justforlaughs wrote: ↑15 Nov 2021, 11:57
pendoli wrote: ↑14 Nov 2021, 20:11 Halo om, ada users sienta di sini yg kecilin velg dan benar radius putar jadi lebih kecil kok

Untuk poin C, ngga signifikan kok risikonya om
Thanks om atas pencerahannya. Btw, user sienta yg downsize velg nama akunnya apa?

Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?
mobil papa saya downgrade om, sienta Q tanpa bodykit dan velg tipe G.
skrg pakai XM2+ 185 60 15.

anda tipe driver agresif kah om? kalau iya, jangan dikecilin bannya.
cuma papa saya nyetir van roti tawar tau diri sih, ga kenceng di tikungan
saya nyari google ada sih keluar under vs oversteer

belum lagi dikata2in orang tiap kali servis, udah bagus2 pake bodykit, ban low profile velg 16. koq didowngrade? :big_childish:
beli tipe G aj, ya kita beli VSCnya untuk safety.
Attachments
0000451843.jpg
0000451843.jpg (18.16 KiB) Viewed 663 times
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8476
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by marmut »

justforlaughs wrote: ↑15 Nov 2021, 11:57
Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?


understeer itu saat kita masuk tikungan dan memutar setir, tapi kendaraan masih belum "nurut" dan cenderung keluar jalur, otomatis kita harus memutar setir lebih banyak lagi supaya mobil mau "nurut" dan berbelok.

kalau di mobil FWD mengatasinya sangat mudah, injek pedal gas saja alias berakselerasi dan bersiap untuk countersteer.
yanuarra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2779
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by yanuarra »

marmut wrote: ↑15 Nov 2021, 18:31
justforlaughs wrote: ↑15 Nov 2021, 11:57
Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?


understeer itu saat kita masuk tikungan dan memutar setir, tapi kendaraan masih belum "nurut" dan cenderung keluar jalur, otomatis kita harus memutar setir lebih banyak lagi supaya mobil mau "nurut" dan berbelok.

kalau di mobil FWD mengatasinya sangat mudah, injek pedal gas saja alias berakselerasi dan bersiap untuk countersteer.
:frm_salut:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8476
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by marmut »

yanuarra wrote: ↑15 Nov 2021, 19:30

:frm_salut:

2826207952.jpg
2826207952.jpg (14.65 KiB) Viewed 559 times
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: 09 May 2017, 10:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas
Contact:

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by jessboy »

b0ku wrote: ↑15 Nov 2021, 12:35
justforlaughs wrote: ↑14 Nov 2021, 15:32 Halo teman, saya newbie dan pertama kali post.

Saya ada sienta Q dari pemberian. Saya menyukai mobil ini, menurut saya MPV dari toyota paling enak disetir. Irit, ac dingin, nyaman dan banyak hal positif lainnya.

Cuma saya masih sedikit terganggu dengan radius putar mobil ini.

Saya menemukan hal yg menarik ketika membaca brosur sienta singapore:

Polish_20211114_152058020.jpg


A. Sienta Q dengan spek 195/50r16. Apakah dengan mengganti ke 185/60r15 benar radius putar menjadi 5.3m ? Karena seingat saya mobilio 5.3m. Kebetulan kemaren tanya auto2000 dan velg 15" sienta murmer :big_exellent:

B. Apakah teman ada solusi untuk mengurangi radius putar?

C. Saya pernah tanya ke toko velg, infonya dengan mengganti velg depan lebih masuk ke dalam bisa mengurangi radius putar dengan trade-off lebih mudah understeer. Apakah menurut teman info tersebut tepat?



Terima kasih πŸ™
saya kasih solusi terbaik dapet uang pulaa :mky_03:

jual sientanya ganti freed aja karena freed harga secondnya lebih murah otomatis dapet duit lebih :mky_02:

itu mobil radius puter sama handlingnya terbaik buat mobil roti tawar :mky_01:
si om bisa aja :big_biglaugh:
emang beneran ya bisa memperkecil radius putar hanya dengan ganti ban ke ukuran lebih kecil? bukannya udah fix ya dari racksteer
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
justforlaughs
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 14 Nov 2021, 01:00
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: Sienta

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by justforlaughs »

marmut wrote: ↑15 Nov 2021, 18:31
justforlaughs wrote: ↑15 Nov 2021, 11:57
Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?


understeer itu saat kita masuk tikungan dan memutar setir, tapi kendaraan masih belum "nurut" dan cenderung keluar jalur, otomatis kita harus memutar setir lebih banyak lagi supaya mobil mau "nurut" dan berbelok.

kalau di mobil FWD mengatasinya sangat mudah, injek pedal gas saja alias berakselerasi dan bersiap untuk countersteer.
vincewonk wrote: ↑15 Nov 2021, 17:24
justforlaughs wrote: ↑15 Nov 2021, 11:57
pendoli wrote: ↑14 Nov 2021, 20:11 Halo om, ada users sienta di sini yg kecilin velg dan benar radius putar jadi lebih kecil kok

Untuk poin C, ngga signifikan kok risikonya om
Thanks om atas pencerahannya. Btw, user sienta yg downsize velg nama akunnya apa?

Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?
mobil papa saya downgrade om, sienta Q tanpa bodykit dan velg tipe G.
skrg pakai XM2+ 185 60 15.

anda tipe driver agresif kah om? kalau iya, jangan dikecilin bannya.
cuma papa saya nyetir van roti tawar tau diri sih, ga kenceng di tikungan
saya nyari google ada sih keluar under vs oversteer

belum lagi dikata2in orang tiap kali servis, udah bagus2 pake bodykit, ban low profile velg 16. koq didowngrade? :big_childish:
beli tipe G aj, ya kita beli VSCnya untuk safety.
Saya tipilkal slow om, kecepatan tidak pernah lebih dari 80kpj. Secara estetika jadi kurang kalau downsize velg, tapi benefitnya radius putar lebih sempit dan lebih bisa meredam getaran&guncangan karena ban lebih tebal πŸ‘Œ

jessboy wrote: ↑15 Nov 2021, 21:20
b0ku wrote: ↑15 Nov 2021, 12:35
justforlaughs wrote: ↑14 Nov 2021, 15:32 Halo teman, saya newbie dan pertama kali post.

Saya ada sienta Q dari pemberian. Saya menyukai mobil ini, menurut saya MPV dari toyota paling enak disetir. Irit, ac dingin, nyaman dan banyak hal positif lainnya.

Cuma saya masih sedikit terganggu dengan radius putar mobil ini.

Saya menemukan hal yg menarik ketika membaca brosur sienta singapore:

Polish_20211114_152058020.jpg


A. Sienta Q dengan spek 195/50r16. Apakah dengan mengganti ke 185/60r15 benar radius putar menjadi 5.3m ? Karena seingat saya mobilio 5.3m. Kebetulan kemaren tanya auto2000 dan velg 15" sienta murmer :big_exellent:

B. Apakah teman ada solusi untuk mengurangi radius putar?

C. Saya pernah tanya ke toko velg, infonya dengan mengganti velg depan lebih masuk ke dalam bisa mengurangi radius putar dengan trade-off lebih mudah understeer. Apakah menurut teman info tersebut tepat?



Terima kasih πŸ™
si om bisa aja :big_biglaugh:
emang beneran ya bisa memperkecil radius putar hanya dengan ganti ban ke ukuran lebih kecil? bukannya udah fix ya dari racksteer

Saya ada logika sederhana om. Dulu pernah punya Civic velg stock 16" , dimodif ganti ke 19". Di U turn yang rutin dilewati sejak ganti 19" tidak pernah bisa sekali putaran
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: 26 Nov 2015, 23:27

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by rajapb »

kayaknya steering rack sienta tipe q beda sama yg dibawahnya deh, rasionya mungkin lebih sharp yg Q jadinya putaran setir atau lock to locknya berkurang
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by b0ku »

jessboy wrote: ↑15 Nov 2021, 21:20
si om bisa aja :big_biglaugh:
emang beneran ya bisa memperkecil radius putar hanya dengan ganti ban ke ukuran lebih kecil? bukannya udah fix ya dari racksteer
karena dulu saya sempet pake yaris bakpao radius puternya juga parah, akhirnya cuma tahan 3 bulan abis itu saya tuker sama freed adek saya :big_think: harusnya sih radius putar pengaruh dari rack tapi pelek juga ada pengaruh, tapi overaal banyakan sih dari racknya, karena lucunya saya sekarang pake pajero juga malah enak di pake manuver di tempat sempit di banding yaris ternyata setelah cek spek emang pajero radius puternya paling kecil di banding mobil sekelas :big_think:
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1061
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by krniawnhdr »

berarti solusinya yang paling ampuh itu ganti racksteernya ya?
racksteer new yaris apa interchangeable dengan racksteer sienta?
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by b0ku »

krniawnhdr wrote: ↑16 Nov 2021, 09:46 berarti solusinya yang paling ampuh itu ganti racksteernya ya?
racksteer new yaris apa interchangeable dengan racksteer sienta?
nah itu keknya kudu jejerin 2 2nya buat liat dudukannya sama soket2xnya bisa jadi yang baru duduknya beda :big_think:

soalnya dulu jazz cuma modal facelift aja axle belakangnya malah lebih lebar :big_bored:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 577
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by azu »

Racksteer Sienta E/G dan Sienta V/Q itu partnumbernya berbeda sih, jadi ada kemungkinan perbedaan radius putar juga disebabkan oleh racksteer tsb.

Sienta E dan G
45510-0D440 Gear Assy, Steering
https://www.megazip.net/zapchasti-dlya- ... k-18060902

Sienta V dan Q
45510-0D560 Gear Assy, Steering
https://www.megazip.net/zapchasti-dlya- ... k-18060902
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 204
Joined: 11 Mar 2016, 10:15

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by dori2802 »

justforlaughs wrote: ↑14 Nov 2021, 15:32 Halo teman, saya newbie dan pertama kali post.

Saya ada sienta Q dari pemberian. Saya menyukai mobil ini, menurut saya MPV dari toyota paling enak disetir. Irit, ac dingin, nyaman dan banyak hal positif lainnya.

Cuma saya masih sedikit terganggu dengan radius putar mobil ini.

Saya menemukan hal yg menarik ketika membaca brosur sienta singapore:

Polish_20211114_152058020.jpg


A. Sienta Q dengan spek 195/50r16. Apakah dengan mengganti ke 185/60r15 benar radius putar menjadi 5.3m ? Karena seingat saya mobilio 5.3m. Kebetulan kemaren tanya auto2000 dan velg 15" sienta murmer :big_exellent:

B. Apakah teman ada solusi untuk mengurangi radius putar?

C. Saya pernah tanya ke toko velg, infonya dengan mengganti velg depan lebih masuk ke dalam bisa mengurangi radius putar dengan trade-off lebih mudah understeer. Apakah menurut teman info tersebut tepat?



Terima kasih πŸ™
pernah punya sienta om. dan saya setuju sama pendapat om. kekurangannya ya itu radius putar, dan secara teori-praktek memperkecil ukuran ban+velg bisa memperpendek radius putar, karena daya pijak ban lebih ke dalam. efek positif lainnya adalah mobil jadi lebih lincah dan lebih efisien bahan bakar karena luas gesekan lebih kecil. tapi efek negatifnya pasti terkait pengereman pasti lebih panjang jaraknya. walaupun kalau sudah terbiasa tidak akan masalah

kalau sienta ganti Freed..? kalau saya no way. freed ga ada enak2nya. menang di captain seat aja.
saya jadi penggemar roti tawar setelah punya sienta ini hampir 4 tahun, ganti C26 dan sekarang ganti Voxy
Mazda FE 1998 - Honda D13B4 - Daihatsu 3SZ-VE - Toyota 1TR-FE - Toyota 2NR-FE - Nissan MR20DD - Toyota 2GD-FTV
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 585
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by quyquy »

Saya user Sienta.

Tipe V matic tahun 2017

Ukuran standar Velgnya 16 inch.
Sekarang pakai velg 15 inch dengan profil tinggi.

Hasil yang diraih
1. Naekan sedikit lebih empuk
2. Radius putar bagaimana? sedikit improve tp nggak banyak

Tipsnya: Saya pasangin mirror kecil tambahan di spionnya. Lah buat apa? buat ngintip bawah mobil jadi waktu belok saya bisa mepet abis shg bisa lebih dapat puter baliknya.

Kenapa sih Sienta radius putarnya lebar banget?
Hmmm.. kemungkinan besar karena kaki2nya (mungkin) dibikin lebih besar dari kontruksi yaris/vios sebelumnya.

Kok bisa memprediksi spt itu?
Ya saya sih belum komparasi langsung, tapi yang jelas ini kaki2 sienta sampai umur 65 ribu kilometer belum ada keluhan kletek2. Padahal sering hajar jalan keriting. Buat ukuran mobil FWD, umur kaki2 65ribu cukup oke banget bandelnya.
Beda banget ama Yaris bakpo. Umur 40an ribu uda kletek2.
Jadi tebakan saya, si Toyota improve disisi kaki2 ntah sterring racknya atau hal yang lainnya.
Nah improvenya ini kebangetan sih sampai2 sulit puter balik ya walau disisi lain kekuatan kaki2nya oke banget.

Oiya btw saya pernah naek Freed sodara. Naekannya lebih keras dari Sienta saya. Padahal menurut saya Sienta itu naekannya keras.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11237
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by ChZ »

quyquy wrote: ↑16 Nov 2021, 10:47
Kenapa sih Sienta radius putarnya lebar banget?
Hmmm.. kemungkinan besar karena kaki2nya (mungkin) dibikin lebih besar dari kontruksi yaris/vios sebelumnya.

Kok bisa memprediksi spt itu?
Ya saya sih belum komparasi langsung, tapi yang jelas ini kaki2 sienta sampai umur 65 ribu kilometer belum ada keluhan kletek2. Padahal sering hajar jalan keriting. Buat ukuran mobil FWD, umur kaki2 65ribu cukup oke banget bandelnya.
Beda banget ama Yaris bakpo. Umur 40an ribu uda kletek2.
Jadi tebakan saya, si Toyota improve disisi kaki2 ntah sterring racknya atau hal yang lainnya.
Nah improvenya ini kebangetan sih sampai2 sulit puter balik ya walau disisi lain kekuatan kaki2nya oke banget.

Oiya btw saya pernah naek Freed sodara. Naekannya lebih keras dari Sienta saya. Padahal menurut saya Sienta itu naekannya keras.
kalau durability kaki kaki mobil sih overall skrg memang meningkat om. dulu mobil FWD kena jalanan +62 minimal 40 ribu gak repair kaki kaki udah bagus banget.

dugaan saya justru kaitannya dengan handling. makin kecil rasio setir handling makin enak jadi mobil makin lincah buat selap selip.... ya memang harus diakui sienta handlingnya enak gak terlalu banyak puter setir buat belok.

tapi dugaan saya vendor yang supply ini salah desain... mungkin gak dibikin variable gear ratio atau bikin gear ratio steeringnya kepanjangan padahal sebenernya gak perlu sepanjang itu.

soalnya nurut saya beloknya setir sienta ini memang aneh, ban berbeloknya lebih pendek dari putaran setir kaya mobil setirnya speeleng / gak pas, kayak setirnya udah mentok duluan padahal bannya masih sisa banyak.

beda gitu sama setir honda civic turbo / CRV turbo saya yang lock to locknya pendek tapi speeleng setirnya dikit.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by b0ku »

ChZ wrote: ↑16 Nov 2021, 13:45
kalau durability kaki kaki mobil sih overall skrg memang meningkat om. dulu mobil FWD kena jalanan +62 minimal 40 ribu gak repair kaki kaki udah bagus banget.

dugaan saya justru kaitannya dengan handling. makin kecil rasio setir handling makin enak jadi mobil makin lincah buat selap selip.... ya memang harus diakui sienta handlingnya enak gak terlalu banyak puter setir buat belok.

tapi dugaan saya vendor yang supply ini salah desain... mungkin gak dibikin variable gear ratio atau bikin gear ratio steeringnya kepanjangan padahal sebenernya gak perlu sepanjang itu.

soalnya nurut saya beloknya setir sienta ini memang aneh, ban berbeloknya lebih pendek dari putaran setir kaya mobil setirnya speeleng / gak pas, kayak setirnya udah mentok duluan padahal bannya masih sisa banyak.

beda gitu sama setir honda civic turbo / CRV turbo saya yang lock to locknya pendek tapi speeleng setirnya dikit.
tapi masalahnya ini setir ud ada dari jaman XP90 sampe Yaris XP150 malah tambah parah baru di benerin pas facelift terakhir aneh kan?? itu nomor partsnya saya ud cek yang di kasih diatas barangnya bisa di pake ke yaris juga jd racknya sama sma yaris :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11237
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta

Post by ChZ »

b0ku wrote: ↑16 Nov 2021, 13:56
tapi masalahnya ini setir ud ada dari jaman XP90 sampe Yaris XP150 malah tambah parah baru di benerin pas facelift terakhir aneh kan?? itu nomor partsnya saya ud cek yang di kasih diatas barangnya bisa di pake ke yaris juga jd racknya sama sma yaris :big_think:
XP90 yaris telor berarti udah gini? tp mungkin badannya gak gede jd gak berasa ya :big_biglaugh:

yah beginilah kl parts gak desain inhouse, mungkin kontrak produksi di vendornya masih banyak :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Post Reply