WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by hackers11 »

Sesuai judul, postingan ini dimulai dari salah satu seller yg cukup gencar jualannya di komunitas raize rocky.
Semua foto diambil dari yg beliau share di grub.
Jadi yg beliau push adalah perbaikan jalur udara dimana pemakaian jalur inlet udara ke airbox diganti pipa diameter gede dan penambahan semacam Velocity stack di outlet airbox ke mesin.

Di dyno dgn 2 hal itu plus ecu refresh (cabut sekring efi kyknya) menghasilkan 129 hp 165nm pas dites di sigma speed.
Di tempat yg sama sepertinya Ridwan Hanif dalet sekitar 102an hp stock.

So apa memang/mungkin 2 item itu yg dijual 450rb untuk pipa inlet dan 250rb Velocity stack bisa sesignifikan itu?
Apa ada yg paham mungkin?

Note disini, saya udah beli Velocity stacknya juga sih. Cuma beliau marketingnya jago, no need bahasa teknikal bwt jualan tp bagus karena sampai dyno juga.
Di saya ga terlalu terasa memang, tp baru 1 dari 2 mods terpasang.
Foto 1 adalah perbandingan inlet standar dgn racikan beliau.
Foto 2 Velocity stacknya
FB_IMG_1675051624851~2.jpg
The attachment FB_IMG_1675051250932~2.jpg is no longer available
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by hackers11 »

Di Tapatalk foto 2 ga muncul. Maaf kalo nambahin foto kedua di post terpisah
FB_IMG_1675051250932~2.jpg
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by ChZ »

modifikasi pada jalur intake mungkin bisa nambah HP. kalau lihat ukuran pipa sepertinya emang lebih besar.

tapi say hasilnya lebih gede dari chiptuning, kok saya ragu. modern cars itu bisa tau kalo ada komponen yang diubah dan tanpa ulikan pada elektronik rasanya mustahil bisa naik banyak.

mungkin hrs coba fair head on mobil yang sama. cuaca yang sama. tempat yang sama. bkn mau nuduh sigma speed bohong atau pesenan gimana2 ini bengkel om taqwa keliatan tau mesin juga, tapi dyno result juga bisa di request di beberapa tempat utk rumus kalkulasinya diubah. jd supaya fair emang harus diteliti lebih lanjut.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by hackers11 »

ChZ wrote:modifikasi pada jalur intake mungkin bisa nambah HP. kalau lihat ukuran pipa sepertinya emang lebih besar.

tapi say hasilnya lebih gede dari chiptuning, kok saya ragu. modern cars itu bisa tau kalo ada komponen yang diubah dan tanpa ulikan pada elektronik rasanya mustahil bisa naik banyak.

mungkin hrs coba fair head on mobil yang sama. cuaca yang sama. tempat yang sama. bkn mau nuduh sigma speed bohong atau pesenan gimana2 ini bengkel om taqwa keliatan tau mesin juga, tapi dyno result juga bisa di request di beberapa tempat utk rumus kalkulasinya diubah. jd supaya fair emang harus diteliti lebih lanjut.
Nah, apakah ini poor man's cold air intake gt kah?
Kalo vw golf dan terakhir gr yaris di iklan ig katanya CAI bisa sih gain 20an hp.
Apa basisnya sama?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by ChZ »

hackers11 wrote: 30 Jan 2023, 12:56 Nah, apakah ini poor man's cold air intake gt kah?
Kalo vw golf dan terakhir gr yaris di iklan ig katanya CAI bisa sih gain 20an hp.
Apa basisnya sama?
gain di mobil internal combustion itu bkn angka pasti sekian hp kalo claim nya langsung angka artinya either marketing gak ngerti mesin atau overclaim. biasa by percentage.

GR yaris naik 20hp itu sekitarcuma sekitar 7%. kalo diterapkan angka yang sama gain di raize harusnya cuma 107hp.

mungkin ya emang pipa metal dan size lebih besar jd udara masuk lebih dingin volume lebih gede = gain power. wkwkwkkwkw. itupun di mobil modern tetep harus ubah setelan ECU karena timing bukaan valve dan ignition timing yang sebenernya ngaruh banyak. makanya ganti filter udara ngga bisa tambah tenaga gede.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by hackers11 »

ChZ wrote:
hackers11 wrote: 30 Jan 2023, 12:56 Nah, apakah ini poor man's cold air intake gt kah?
Kalo vw golf dan terakhir gr yaris di iklan ig katanya CAI bisa sih gain 20an hp.
Apa basisnya sama?
gain di mobil internal combustion itu bkn angka pasti sekian hp kalo claim nya langsung angka artinya either marketing gak ngerti mesin atau overclaim. biasa by percentage.

GR yaris naik 20hp itu sekitarcuma sekitar 7%. kalo diterapkan angka yang sama gain di raize harusnya cuma 107hp.

mungkin ya emang pipa metal dan size lebih besar jd udara masuk lebih dingin volume lebih gede = gain power. wkwkwkkwkw. itupun di mobil modern tetep harus ubah setelan ECU karena timing bukaan valve dan ignition timing yang sebenernya ngaruh banyak. makanya ganti filter udara ngga bisa tambah tenaga gede.
Sip sip, thanks penjelasannya om.
Gpp lah ya dicoba ini. Costnya masi reasonable ketimbang beli CAI beneran.
Terkait gain, kalo bisa 107an hp plus downpipe yg sudah kepasang di mobil cukup lah deket2 115 hp kasarnya.

Cuma ada concern sih.
Itu lubang gede gt kalo masuk hewan serem juga.
Kalo masi pake paper filter ngeri2 sedap wkwkwk
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by alvin23 »

hackers11 wrote: 30 Jan 2023, 11:27 Sesuai judul, postingan ini dimulai dari salah satu seller yg cukup gencar jualannya di komunitas raize rocky.
Semua foto diambil dari yg beliau share di grub.
Jadi yg beliau push adalah perbaikan jalur udara dimana pemakaian jalur inlet udara ke airbox diganti pipa diameter gede dan penambahan semacam Velocity stack di outlet airbox ke mesin.

Di dyno dgn 2 hal itu plus ecu refresh (cabut sekring efi kyknya) menghasilkan 129 hp 165nm pas dites di sigma speed.
Di tempat yg sama sepertinya Ridwan Hanif dalet sekitar 102an hp stock.

So apa memang/mungkin 2 item itu yg dijual 450rb untuk pipa inlet dan 250rb Velocity stack bisa sesignifikan itu?
Apa ada yg paham mungkin?

Note disini, saya udah beli Velocity stacknya juga sih. Cuma beliau marketingnya jago, no need bahasa teknikal bwt jualan tp bagus karena sampai dyno juga.
Di saya ga terlalu terasa memang, tp baru 1 dari 2 mods terpasang.
Foto 1 adalah perbandingan inlet standar dgn racikan beliau.
Foto 2 Velocity stacknyaFB_IMG_1675051624851~2.jpgFB_IMG_1675051250932~2.jpg
Saya jg dah liat nih...

Sebnarnya yg saya pertanyakan modifikasi yg inlet jd gede sih, tdnya kan belalai pipih dari pabrikan, itu gmn efeknya ya, filter udara jd harus sering dibersihin apa gimana...

Tapi secara umum air intake pasti efeknya lebih besar ke mesin turbo dibandingkan mesin N/A


Mengenai Dyno, kayaknya mesin Raize Rocky di on paper underspec, dynonya selalu diatas angka brosur
Rocky R ADS CVT 2021
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by farizfsa »

ya memang sangat mungkin sih, cuma naik power ttp harus diliat kurva tenaganya, jgn2 melempem di bawah tp naik bgt diatas jd ga enak buat harian
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by hackers11 »

Kebetulan ada dikasi dynonya.
Biar komplit taro sini sekalian aja kali ya.
Oya, ternyata juga pake k&n filter juga.
Total 3 ubahan untuk meraih 120an hp itu
FB_IMG_1675069600686.jpg
FB_IMG_1675069600686.jpg (47.3 KiB) Viewed 1273 times
FB_IMG_1675069614493.jpg
FB_IMG_1675069614493.jpg (49.07 KiB) Viewed 1273 times
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by darrelund »

hackers11 wrote: 30 Jan 2023, 16:08 Kebetulan ada dikasi dynonya.
Biar komplit taro sini sekalian aja kali ya.
Oya, ternyata juga pake k&n filter juga.
Total 3 ubahan untuk meraih 120an hp ituFB_IMG_1675069614493.jpgFB_IMG_1675069600686.jpg
bensin pke apa ini?

rata jg yah naiknya
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by McLaren »

Kenapa sii dyno selalu mulai dari 2000 rpm?
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 01 Nov 2021, 11:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by bensindanoli »

hackers11 wrote: 30 Jan 2023, 11:29 Di Tapatalk foto 2 ga muncul. Maaf kalo nambahin foto kedua di post terpisahFB_IMG_1675051250932~2.jpg
Fiesta/ecosport itu tutup atas box filter udaranya sdh mengaplikasikan bentuk velostack dr pabriknya. Ganti K&N/Ferrox ngaruh banyak. Belom lagi bentuknya yg sudah short CAI bawaan lahir.

Mobil saya blm dyno, tp dengan setup ultimate K&N drop in filter, Kansai 421, Muffler Ironcrafts Silent S sudah cukup pede untuk nanjak parkiran curam full muatan di D, sekitar 2000rpm an tanpa melempem batuk2. Pertalite pula.
Cuma ya mesin NA naiknya dikit. Cukup buat bikin butt-o-meter happy. Paling bener ya dites di medan ekstreme seperti tanjakan parkiran GI atau di Jagorawibahn
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by hackers11 »

darrelund wrote:
hackers11 wrote: 30 Jan 2023, 16:08 Kebetulan ada dikasi dynonya.
Biar komplit taro sini sekalian aja kali ya.
Oya, ternyata juga pake k&n filter juga.
Total 3 ubahan untuk meraih 120an hp ituFB_IMG_1675069614493.jpgFB_IMG_1675069600686.jpg
bensin pke apa ini?

rata jg yah naiknya
Bensin ga disebut sih om. Ga bisa comment [emoji28]
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by KielConstantine »

hackers11 wrote: 30 Jan 2023, 11:27 So apa memang/mungkin 2 item itu yg dijual 450rb untuk pipa inlet dan 250rb Velocity stack bisa sesignifikan itu?

Note disini, saya udah beli Velocity stacknya juga sih..
Berhubung udah dibeli. Gimana kalo riset sendiri aja om?

Dyno dulu kondisi engine bone stock, bayar jasa dyno
Trus pasang tuh 2 barang; dyno lagi kondisi terpasang, bayar lg

Bawa ke tempat dyno independent (jgn tmpt dyno hasil kolaborasi sama ntuh produk :upss: ) Ke teddy rev engineering aj, ada jg ks nusa; atau bawa ke si dalvin elika yang paling nyakitin hasilnya soalnya wheel-horsepower wkwkwk

Baru deh keliatan beneran ngaruh apa cuma iklan doang. Atau ngaruh karena sugesti ud kluar duit :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by KielConstantine »

McLaren wrote: 30 Jan 2023, 22:49 Kenapa sii dyno selalu mulai dari 2000 rpm?
Ane sih sotoy jawabnya ya secara bukan tuner. Tapi keknya sihh biar lebih bagus aja kurvanya wakakaka..

Sebenernya bisa aja ditampilin data dari rpm 0; trus
pake gear 1; gear 2; gear 3. kalo mau request. Tapi kurvanya amburadul kg karuan

Trus rata2 start pake gear 3 buat ketemu peak horsepower di suatu engine . Tp ini raize cvt ya pake virtual gear 3 lah hahahaha..

Cmiiw yahh. Ini kira2 ane doang :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by trebla88 »

Raize/rocky cukup pake ron 98 aja uda mayan
Itu fambar dyno naik di torsinya aga ga bisa dipercaya kalau cuma itu ubahannya
Cmmiw
adrianomyman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: 26 Mar 2018, 20:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by adrianomyman »

hackers11 wrote: 31 Jan 2023, 00:58
darrelund wrote:
hackers11 wrote: 30 Jan 2023, 16:08 Kebetulan ada dikasi dynonya.
Biar komplit taro sini sekalian aja kali ya.
Oya, ternyata juga pake k&n filter juga.
Total 3 ubahan untuk meraih 120an hp ituFB_IMG_1675069614493.jpgFB_IMG_1675069600686.jpg
bensin pke apa ini?

rata jg yah naiknya
Bensin ga disebut sih om. Ga bisa comment [emoji28]
Dia katanya selalu pake pertabo ron98
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by hackers11 »

bensindanoli wrote:
hackers11 wrote: 30 Jan 2023, 11:29 Di Tapatalk foto 2 ga muncul. Maaf kalo nambahin foto kedua di post terpisahFB_IMG_1675051250932~2.jpg
Fiesta/ecosport itu tutup atas box filter udaranya sdh mengaplikasikan bentuk velostack dr pabriknya. Ganti K&N/Ferrox ngaruh banyak. Belom lagi bentuknya yg sudah short CAI bawaan lahir.

Mobil saya blm dyno, tp dengan setup ultimate K&N drop in filter, Kansai 421, Muffler Ironcrafts Silent S sudah cukup pede untuk nanjak parkiran curam full muatan di D, sekitar 2000rpm an tanpa melempem batuk2. Pertalite pula.
Cuma ya mesin NA naiknya dikit. Cukup buat bikin butt-o-meter happy. Paling bener ya dites di medan ekstreme seperti tanjakan parkiran GI atau di Jagorawibahn
Hoo, kirain itu ga ada basisnya yg Velocity. Ternyata oem di Ford ya. [emoji106]
KielConstantine wrote:
hackers11 wrote: 30 Jan 2023, 11:27 So apa memang/mungkin 2 item itu yg dijual 450rb untuk pipa inlet dan 250rb Velocity stack bisa sesignifikan itu?

Note disini, saya udah beli Velocity stacknya juga sih..
Berhubung udah dibeli. Gimana kalo riset sendiri aja om?

Dyno dulu kondisi engine bone stock, bayar jasa dyno
Trus pasang tuh 2 barang; dyno lagi kondisi terpasang, bayar lg

Bawa ke tempat dyno independent (jgn tmpt dyno hasil kolaborasi sama ntuh produk :upss: ) Ke teddy rev engineering aj, ada jg ks nusa; atau bawa ke si dalvin elika yang paling nyakitin hasilnya soalnya wheel-horsepower wkwkwk

Baru deh keliatan beneran ngaruh apa cuma iklan doang. Atau ngaruh karena sugesti ud kluar duit :big_biglaugh:
Saya baru beli yg Velocity stacknya aja om.
Yg pipa inlet ke airbox belum.
Kalo beli pipa inlet sekalian dyno blom kepikiran karena cost dan dana masi disimpan bwt remap(kalo dah bobol) atau pake racechip wkwkwk.

Tp sekilas dari penjelasan om chz memang ada basisnya sih.
Bener kyknya ini poor man CAI.
Kenaikan tenaganya aja yg sekilas terlalu wow.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by kunaskun »

hackers11 wrote: 31 Jan 2023, 09:10 So apa memang/mungkin 2 item itu yg dijual 450rb untuk pipa inlet dan 250rb Velocity stack bisa sesignifikan itu?

Note disini, saya udah beli Velocity stacknya juga sih..

Tp sekilas dari penjelasan om chz memang ada basisnya sih.
Bener kyknya ini poor man CAI.
Kenaikan tenaganya aja yg sekilas terlalu wow.
nambah sebanyak itu mestinya pengaruh remap atau tuning chip.
velocity stack sudah saya pasang juga di Daihatsu A200 saya, efeknya emang ada, terutama ndut2an di kecepatan rendah berkurang 50%. design air filter box bawaan sudah ada velocity stack (semua mobil juga ada hanya bentuk dan ukuran beda2) tapi entah kenapa pake buatan ini berasa ada improvement. dari material dan model sebenernya si lebih murah bikin sendiri tapi ya mendingan terima jadi saja :big_biglaugh:

nah soal air intake udah saya kulik dengan lepas part dari air intake assy yang bentuknya seperti leher angsa, yg nempel diatas apron.
setelah air filter box total ada 4 part: leher karet, leher angsa plastik, tutup intake assy dan lower part intake assy.

hasilnya: emang efeknya dashyat, lebih berasa dari pake Filter Udara K&N dan velocity stack. terutama mesin 1200cc seperti saya, pas idle dan kecepatan rendah mesin lebih halus dan getaran minor berkurang, toel dikit jalannya lebih progresif dan paling penting pas kecepatan rendah gejala ndut2an jauh berkurang lagi mungkin total berkurang 80% dari aslinya.

pangkal masalahnya setelah saya telusuri sepertinya ujung air intake (part keempat / lower part intake assy), jadi corong masuknya itu kecil, berkelok2 dan letaknya di assy yang nempel di depan kondesor dan hadep bawah pula. desain kaya gini si sepertinya untuk libas banjir setinggi engine hood kali, masalahnya mobil kaya gini siapa juga mau libas air setinggi itu :big_slap: dan sialnya ujung air intake udah sekecil itu masih ketutup gril depan pula :big_chicken: . alhasil ketika lepas gas terjadi ndut2an karena ketika Engine fuel cut off, otomatis throttle body akan buka dikit untuk imbangi efek "vacuum" mendadak eh udaranya ga kesedot karena udahlah jaraknya panjang masih ketambahan ujungnya kecil (di mobil lain biasanya ada semacam "tembolok" atau resonantor atau chamber box di jalur air intake assy buat bantu kevakuman ini atau ngurangi berisik).

Nah soal kenapa nambahin performa sebetulnya ada korelasi dengan panjangnya air intake tsb, Engineer toyota itu entah kenapa niatnya udah bener bikin Cold Air Intake dari belakang grille seperti biasanya mobil modern dan bagusnya segitu panjangnya bagus buat bantu torsi di putaran bawah (daripada cape2 bikin manifold intake muter2), tapi mungkin kepikiran eh iya ujungnya kurang aman ni buat Indonesia karena kan ini model Jeep / SUV dong pasti bisa dong buat terabas banjir kaya kakak2nya si gerobak sayur ngebul, ya udah kasih tutup lagi d biar aman. malah performa jadi drop dan segala efek bagus jadi lenyap :big_slap: Padahal kalau mau buat anti air kesedot masuk itu di sepanjang jalur intake semuanya ada lobang2 pembuangan kecil di bagian bawah buat bantu buang air malah semut bisa kesedot juga kayanya :big_slap:

yang dijual seller tsb sebetulnya buat gantiin part kedua yaitu leher angsa plastik tsb agar bisa sedot udara langsung dari belakang front grille, saya pengen pake selang silicone saja yang biasa buat piping turbo, karena melihat bentuknya yang dijual seller tsb kurang keren jadi kurang ricer :big_biglaugh:

tapi balik lagi, kalau sampe nambah 20 hp mestinya ngga lah, mungkin naik 1-2 hp adalah, terutama butt-o-meter :big_smoking:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by hackers11 »

kunaskun wrote:
hackers11 wrote: 31 Jan 2023, 09:10 So apa memang/mungkin 2 item itu yg dijual 450rb untuk pipa inlet dan 250rb Velocity stack bisa sesignifikan itu?

Note disini, saya udah beli Velocity stacknya juga sih..

Tp sekilas dari penjelasan om chz memang ada basisnya sih.
Bener kyknya ini poor man CAI.
Kenaikan tenaganya aja yg sekilas terlalu wow.
nambah sebanyak itu mestinya pengaruh remap atau tuning chip.
velocity stack sudah saya pasang juga di Daihatsu A200 saya, efeknya emang ada, terutama ndut2an di kecepatan rendah berkurang 50%. design air filter box bawaan sudah ada velocity stack (semua mobil juga ada hanya bentuk dan ukuran beda2) tapi entah kenapa pake buatan ini berasa ada improvement. dari material dan model sebenernya si lebih murah bikin sendiri tapi ya mendingan terima jadi saja :big_biglaugh:

nah soal air intake udah saya kulik dengan lepas part dari air intake assy yang bentuknya seperti leher angsa, yg nempel diatas apron.
setelah air filter box total ada 4 part: leher karet, leher angsa plastik, tutup intake assy dan lower part intake assy.

hasilnya: emang efeknya dashyat, lebih berasa dari pake Filter Udara K&N dan velocity stack. terutama mesin 1200cc seperti saya, pas idle dan kecepatan rendah mesin lebih halus dan getaran minor berkurang, toel dikit jalannya lebih progresif dan paling penting pas kecepatan rendah gejala ndut2an jauh berkurang lagi mungkin total berkurang 80% dari aslinya.

pangkal masalahnya setelah saya telusuri sepertinya ujung air intake (part keempat / lower part intake assy), jadi corong masuknya itu kecil, berkelok2 dan letaknya di assy yang nempel di depan kondesor dan hadep bawah pula. desain kaya gini si sepertinya untuk libas banjir setinggi engine hood kali, masalahnya mobil kaya gini siapa juga mau libas air setinggi itu :big_slap: dan sialnya ujung air intake udah sekecil itu masih ketutup gril depan pula :big_chicken: . alhasil ketika lepas gas terjadi ndut2an karena ketika Engine fuel cut off, otomatis throttle body akan buka dikit untuk imbangi efek "vacuum" mendadak eh udaranya ga kesedot karena udahlah jaraknya panjang masih ketambahan ujungnya kecil (di mobil lain biasanya ada semacam "tembolok" atau resonantor atau chamber box di jalur air intake assy buat bantu kevakuman ini atau ngurangi berisik).

Nah soal kenapa nambahin performa sebetulnya ada korelasi dengan panjangnya air intake tsb, Engineer toyota itu entah kenapa niatnya udah bener bikin Cold Air Intake dari belakang grille seperti biasanya mobil modern dan bagusnya segitu panjangnya bagus buat bantu torsi di putaran bawah (daripada cape2 bikin manifold intake muter2), tapi mungkin kepikiran eh iya ujungnya kurang aman ni buat Indonesia karena kan ini model Jeep / SUV dong pasti bisa dong buat terabas banjir kaya kakak2nya si gerobak sayur ngebul, ya udah kasih tutup lagi d biar aman. malah performa jadi drop dan segala efek bagus jadi lenyap :big_slap: Padahal kalau mau buat anti air kesedot masuk itu di sepanjang jalur intake semuanya ada lobang2 pembuangan kecil di bagian bawah buat bantu buang air malah semut bisa kesedot juga kayanya :big_slap:

yang dijual seller tsb sebetulnya buat gantiin part kedua yaitu leher angsa plastik tsb agar bisa sedot udara langsung dari belakang front grille, saya pengen pake selang silicone saja yang biasa buat piping turbo, karena melihat bentuknya yang dijual seller tsb kurang keren jadi kurang ricer :big_biglaugh:

tapi balik lagi, kalau sampe nambah 20 hp mestinya ngga lah, mungkin naik 1-2 hp adalah, terutama butt-o-meter :big_smoking:
Betul om. Di duo RR di grup fb dishare bentuk aslinya.
Ujungnya kecil dan berkelok kelok.
Nyabut yg kayak bibir di paling ujung itu pake tools ga om?
Oya, di mobil pake aftermarket air filter atau standar?
Kalo restriksi dibuka, kok kyknya filter after market bisa kewalahan karena extra pressure. Apa perlu balik ke filter standar kali ya?
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by McLaren »

KielConstantine wrote: 31 Jan 2023, 03:26
McLaren wrote: 30 Jan 2023, 22:49 Kenapa sii dyno selalu mulai dari 2000 rpm?
Ane sih sotoy jawabnya ya secara bukan tuner. Tapi keknya sihh biar lebih bagus aja kurvanya wakakaka..

Sebenernya bisa aja ditampilin data dari rpm 0; trus
pake gear 1; gear 2; gear 3. kalo mau request. Tapi kurvanya amburadul kg karuan

Trus rata2 start pake gear 3 buat ketemu peak horsepower di suatu engine . Tp ini raize cvt ya pake virtual gear 3 lah hahahaha..

Cmiiw yahh. Ini kira2 ane doang :big_biglaugh:
Padahal cukup krusial yak…

Ngomong2 soal velocity stack, sy pake di 2KD box filter standar..
Tp kok kayanya ngga ngaruh wkwkwk
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by kunaskun »

hackers11 wrote: 01 Feb 2023, 09:32Betul om. Di duo RR di grup fb dishare bentuk aslinya.
Ujungnya kecil dan berkelok kelok.
Nyabut yg kayak bibir di paling ujung itu pake tools ga om?
lepasnya cuma pake trim removal tool aja karena pake kancing plastik standard, cuma caranya itu susah banget karena kehalang grill dan bumper.
Oya, di mobil pake aftermarket air filter atau standar?
Kalo restriksi dibuka, kok kyknya filter after market bisa kewalahan karena extra pressure. Apa perlu balik ke filter standar kali ya?
filter udara dari awal langsung K&N, makanya saya bilang lebih berasa daripada ganti filter udara.

mesin bensin sekecil itu mana mungkin bisa ada extra pressure, daya sedotnya dari efek vacuum mau segede apa :big_biglaugh:
fansdiesel
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: 19 Jul 2018, 12:30

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by fansdiesel »

biasa penjual sugesti emang mangsanya mobil mobil kelas jelata begini
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by hackers11 »

kunaskun wrote:
hackers11 wrote: 01 Feb 2023, 09:32Betul om. Di duo RR di grup fb dishare bentuk aslinya.
Ujungnya kecil dan berkelok kelok.
Nyabut yg kayak bibir di paling ujung itu pake tools ga om?
lepasnya cuma pake trim removal tool aja karena pake kancing plastik standard, cuma caranya itu susah banget karena kehalang grill dan bumper.
Oya, di mobil pake aftermarket air filter atau standar?
Kalo restriksi dibuka, kok kyknya filter after market bisa kewalahan karena extra pressure. Apa perlu balik ke filter standar kali ya?
filter udara dari awal langsung K&N, makanya saya bilang lebih berasa daripada ganti filter udara.

mesin bensin sekecil itu mana mungkin bisa ada extra pressure, daya sedotnya dari efek vacuum mau segede apa :big_biglaugh:
Gampang2 susah ya. Coba lepas sendiri ah wkwkwk
fansdiesel wrote:biasa penjual sugesti emang mangsanya mobil mobil kelas jelata begini
Nah, cuma sedikit out of the box aja cara jualannya karena dibackup dyno.
Tp udah diapain aja ga disebut sih.
Bisa jadi udah pake downpipe. Udah muffler full system dll dll bwt hasilkan power itu.
Tapi tentunya bisa juga cuma 2 modifan aja hasilkan segitu karena beliau dapet golden sample engine [emoji28]
blackncp91
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 15 Feb 2021, 12:30
Location: Indonesia

Re: WTA Improve Jalur Udara di mobil turbo naikin HP?

Post by blackncp91 »

Sejak mobil ganti ke raize 1 taunan lalu emang udah sering memantau om seller yg jualan velocity ini di grup fb :D cuma sampe skrg msh belum beli karena takutnya itu cuma efek sugesti aja (walaupun di backup hasil dyno dan testi2 customernya), apalagi selama setaunan ini wara wiri pake si raize yg bener2 nihil part modif, koq rasa2nya utk sekadar pemakaian harian mesin 1000cc turbonya udah mumpuni sekali, di tol ga pernah kehabisan napas. Cukup dikasih bensin ron 92 (pertamax atau shell super), tarikannya udah enteng, kalo dikasih pertalite entah sugesti doang, tapi tarikan berasa boyo dan lebih boros.

Kalo saya malah kepikirannya pengen improve bagian kaki2 saja, karena terus terang diatas 120kmh handlingnya udah ga nyaman, limbung sekali, malah bikin ga pede utk geber mesinnya, padahal mesinnya sih msh narik banget.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post