Hallo suhu suhu.
Newbie d forum mau tanya² soal matic & suara mesin rush konde.
Saya baru meminang rush konde matic beberapa bulan lau. Sebelumnya selalu melihara mobil manual. Ini rush mobil matic ke 3 setelah melihara ayla 1000 matic.
Sejarah mobil: suzuki truntung MT, kijang doyok MT, kijang super MT, zebra 1.3 MT, avanza gen 1 MT, city tech gd8 MT, vios gen 1 AT, ayla gen 1 1.0 AT.
Setelah beli ni rush udah ganti oli mesin (mobil super), busi, filter udara & oli.
Ada yang mau ditanyakan karna mobil pertama minibus matic.
1. Sekarang di mesin ada suara nguing. Bunyi nguing dari mesin akan tetep stabil (maksimal suaranya) kalo rpm mesin di atas 2000. Kalo rpm dibawah itu akan semakin halus.
Udah coba nyala matiin ac, nyala matiin lampu besar dengan kondisi berhenti suara tetep ada dan gk berubah makin kenceng atau makin pelan. Kira² asalnya dari mana ya?
2. Karena kaget dari lcgc ke minibus, apakah normal kalo rush matic ganti gigi di rpm sekitar 2500 rpm?
Bisa di ubah gk biar di bawah 2000 rpm? Dan apa resikonya?
3. Kaki udah sekolah selama sekian bulan tuk bawa rush sehalus mungkin, jalan dalkot jakarta (pamulang - semanggi via tol ciputat desari) full to full 1:8 pakai shell super. Normal kah?
4. Terkait pertanyaan no 3, pengaruh gk kalo ban ukurannya di kecilin pakai velg r15 205/70? Sekarang masih pakai ban std r16 235/65.
5. Bar bensin rush apakah normal kalo dari 2 bar tiba² jadi satu bar kedip²?
Maap suhu pertanyaan nya banyak.
Saya hobby ngerawat & bongkar mobil sendiri, kecuali yg berat² nyerah gk ada waktu n alat. Hehehe..
Rush old konde AT & suara mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Oct 01, 2024 3:33
- Location: Pontir
- Daily Vehicle: Motoran
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 655
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Rush old konde AT & suara mesin
1. Sekarang di mesin ada suara nguing. Bunyi nguing dari mesin akan tetep stabil (maksimal suaranya) kalo rpm mesin di atas 2000. Kalo rpm dibawah itu akan semakin halus.
Udah coba nyala matiin ac, nyala matiin lampu besar dengan kondisi berhenti suara tetep ada dan gk berubah makin kenceng atau makin pelan. Kira² asalnya dari mana ya?
Bunyi kayak siulan? setau sy itu khasnya mesin K3 dan K3SVE
2. Karena kaget dari lcgc ke minibus, apakah normal kalo rush matic ganti gigi di rpm sekitar 2500 rpm?
drain dan refill dl aja maticnya pakai oli matic Toyota T4, karena standarnya kalo gas diurut penggantian di RPM 2000 saja.
Bisa di ubah gk biar di bawah 2000 rpm? Dan apa resikonya? yg in kurnag tahu, mungkin suhu2 bisa menjelaskan
3. Kaki udah sekolah selama sekian bulan tuk bawa rush sehalus mungkin, jalan dalkot jakarta (pamulang - semanggi via tol ciputat desari) full to full 1:8 pakai shell super. Normal kah?
Normal Om, Dalkot segituan..Luar Kota bisa 1:11
4. Terkait pertanyaan no 3, pengaruh gk kalo ban ukurannya di kecilin pakai velg r15 205/70? Sekarang masih pakai ban std r16 235/65.
Irit ga seberapa, tapi jadi ga safety, paling banter ke ban 215/60 R17 atau 215/65 R16 ( tipe ukuran AN Rush tipe G dan GR )
5. Bar bensin rush apakah normal kalo dari 2 bar tiba² jadi satu bar kedip²?
Belum pernah ngalamin.
Udah coba nyala matiin ac, nyala matiin lampu besar dengan kondisi berhenti suara tetep ada dan gk berubah makin kenceng atau makin pelan. Kira² asalnya dari mana ya?
Bunyi kayak siulan? setau sy itu khasnya mesin K3 dan K3SVE
2. Karena kaget dari lcgc ke minibus, apakah normal kalo rush matic ganti gigi di rpm sekitar 2500 rpm?
drain dan refill dl aja maticnya pakai oli matic Toyota T4, karena standarnya kalo gas diurut penggantian di RPM 2000 saja.
Bisa di ubah gk biar di bawah 2000 rpm? Dan apa resikonya? yg in kurnag tahu, mungkin suhu2 bisa menjelaskan
3. Kaki udah sekolah selama sekian bulan tuk bawa rush sehalus mungkin, jalan dalkot jakarta (pamulang - semanggi via tol ciputat desari) full to full 1:8 pakai shell super. Normal kah?
Normal Om, Dalkot segituan..Luar Kota bisa 1:11
4. Terkait pertanyaan no 3, pengaruh gk kalo ban ukurannya di kecilin pakai velg r15 205/70? Sekarang masih pakai ban std r16 235/65.
Irit ga seberapa, tapi jadi ga safety, paling banter ke ban 215/60 R17 atau 215/65 R16 ( tipe ukuran AN Rush tipe G dan GR )
5. Bar bensin rush apakah normal kalo dari 2 bar tiba² jadi satu bar kedip²?
Belum pernah ngalamin.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Oct 01, 2024 3:33
- Location: Pontir
- Daily Vehicle: Motoran
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1748
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Rush old konde AT & suara mesin
Ganti gigi di 2500rpm (selalu) menurut sy ga normal
Krn logic ganti gigi matik tu mestinya dia bisa baca antara pedal gas diinjak santai s/d kickdown
Saran aja...coba ganti filter matic & kecukupan volume oli matic-nya (bds pengalaman pribadi)
Krn logic ganti gigi matik tu mestinya dia bisa baca antara pedal gas diinjak santai s/d kickdown
Saran aja...coba ganti filter matic & kecukupan volume oli matic-nya (bds pengalaman pribadi)
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Oct 01, 2024 3:33
- Location: Pontir
- Daily Vehicle: Motoran
Re: Rush old konde AT & suara mesin
Kick down gk 2500 rpm, gk merhatiin malah kalo kick down di berapa rpm. Jarang kick down juga. Yaa akselerasi normal dy selalu di 2500. Mau se halus apapun nyolek gas ganti gigi dari 1 ke 2, 2 ke 3, 3 ke 4 di 2500 rpm.
Oli masih merah, gk kurang. Kalo ganti matic ada rencana sekalian ganti oli matic nya. Belum menemukan tempat yg recomend d daerah pamulang hu.. penghuni baru soalny..