Posisi Knalpot pengaruh ngga ? (mobil)

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
abdoel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33

Post by abdoel »

pak PenyuTurbo,

kalo biopremium ditambah acetone ada efeknya gak ?

kalo di motor 2T di minumi acetone gimana ? kan ada oli sampingnya ?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

abdoel wrote:pak PenyuTurbo,

kalo biopremium ditambah acetone efeknya gak ?
Biopremium itu Premium + Ethanol ... Ethanol ini yang akan menyebabkan mesin underpower dan Pemakaian BBM bertambah boros. Lebih baik make premium aja.

Efeknya ada ... yaitu mengkounter efek negatif dari ethanol ... podo wae makai premium ... mendingan premium + acetone sementara ramuanku sik durung sampe daerah.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

abdoel wrote:pak PenyuTurbo,

kalo di motor 2T di minumi acetone gimana ? kan ada oli sampingnya ?
Wis dijajal ... hasile ... tarikanne enteng buanget. Oli samping itu menurunkan daya penguapan BBM sewaktu disemburkan ke ruang bakar ... dadi nek diminumi acetone hasile ... sampeyan cobaen tah. Motor Suzuki Bebek sampeyan tambahono 10 cc aja.
Image
User avatar
abdoel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33

Post by abdoel »

aku nggae vespa'61 Pak,
masalah e hampir 4 bl sekali mbongkar silinder gae mberseni kerak e.
terus takerane piye Pak ? opo koyo mobil ?
matur sembahnuwun yo Pak
User avatar
abdoel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33

Post by abdoel »

PakPenyuTurbo,

padahal biopremium oktan e opo RON e yo 90 sedangkan premium 88,

aku yo wis nyobo vespa ku nggae biopremium tarikan e kurang lan luweh angel distater masio tah nggae premium yo angel staterane..... he....he....
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

abdoel wrote:aku nggae vespa'61 Pak,
masalah e hampir 4 bl sekali mbongkar silinder gae mberseni kerak e.
terus takerane piye Pak ? opo koyo mobil ?
matur sembahnuwun yo Pak
Saken sampeyan ... nek kerak nasi .. ueenak banget ... lha iki kerak silinder ...

Kerak (endapan karbon - carbon deposit) itu terjadi karena pembakaran nggak sempurna. Nggak sempurnanya pembakaran itu terjadi karena keurang sempurnanya penguapan BBM (yang dicampur oli samping ... nek vespa lak dadi siji).

Takerane 3.5 cc untuk setiap liter BBM yang ada dalam tanki BBM. Insyaa Allah, mudah-mudahan keraknya berkurangan ... sing ngati-ati nek wis ono tenagane ... jok ngebut-ngebut.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

abdoel wrote:PakPenyuTurbo,

padahal biopremium oktan e opo RON e yo 90 sedangkan premium 88,

aku yo wis nyobo vespa ku nggae biopremium tarikan e kurang lan luweh angel distater masio tah nggae premium yo angel staterane..... he....he....
Sampeyan bener RON bioPremium lebih tinggi dari Premium ... karena ethanol ... sing dadi masalane kuwi ethanol menyerap uap air atau bisa juga bercampur dengan air yang kita nggak tahu sehinga penguapan akan menjadi susah (BBM itu akan terbakar kalau sudah jadi uap). Ethanol disamping susah penguapannya (dalam silinder ruang bakar), laju pembakarannya juga lambat. Nek Premium ae susah distart ... apalagi Bio Premium ... semangkin suuuusssaaaahhhhh.

Kandungan energi dalam ethanol jauh lebih kecil dari premium, kira-kira 34% lebih sedikit. Kalau premium, kandungan energinya sekitar 33 MJ/liter ... sedang ethanol cuman sekitar 20MJ/liter ... Kalau dua-duanya dicampur tentunya energi yang dihasilkan antara 20MJ/L s/d 33 MJ/L tergantung dari persentase campuran. Tentu saja hasil akhirnya ... tarikannya ngeden.

Insyaa Allah, dengan menambahkan acetone kedalamnya (premium) ... penguapan akan cepat dan busi dengan mudah membakarnya ... alias gampang di starter. Setelah itu .... "Selamat Tinggal Kerak".


Catatan :

1. Tingginya nilai oktan itu hanya untuk mencegah terjadinya NGELITIK pada mesin-mesin yang ber-kompressi lebih tinggi. SEmakin tinggi kompresinya ... maka syarat oktan nya juga semakin tinggi ... Gampang-nggaknya di starter itu nggak ada kaitan dengan Oktan ... hanya berkaitan dengan mudahnya penguapan BBM dalam silinder dan kuatnya percikan bunga api busi. Walaupun Busi bagus tapi nek uap BBM-nya kurang yo susah distart ...

2. Thread ini dari posisi knalpot sampai ke Vespa '61, ... lalu posisi knalpot Vespa '61 udah di modif apa belum ? .... hehehehehehehe ...
Image
User avatar
abdoel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33

Post by abdoel »

Saken sampeyan ... nek kerak nasi .. ueenak banget ... lha iki kerak silinder ...
kerak telor pancen enak,
entep goreng tambah gulo abang cair enak juga........
lha kok malah mbahas pangannan......
:lol:
sing ngati-ati nek wis ono tenagane ... jok ngebut-ngebut.
kendaraan tuo ora wani banter-banter, masio tah mesine sing digae bendinane PX th 95 sedangkan mesin asline disimpen :e-dance:
wong yen arep numpak ae sungkem disek kuatir kualat :lol:
Thread ini dari posisi knalpot sampai ke Vespa '61, ... lalu posisi knalpot Vespa '61 udah di modif apa belum ? .... hehehehehehehe ...
iyo-yo judule posisi knalpot gae mobil lhakok sampek mbahas vespa iki piye :lol:
knalpot e bentuk e standar tapi jeroane wis diilangi suarane dadi koyo motor 2 t, sebab yen ora ngono knalpot e gampang buntu je.........

matur sembahnuwun yo Pak

:e-clap:
deadwood
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19

Post by deadwood »

wah koq PM saya macet yah ... tulis disini aja deh ...

pak penyu , apakah penggunaan acetone 100cc/40l premium di jazz umur 22rb km ( 2tahun ) masih aman untuk fuel line yg dr rubber itu ? thanks ...
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

deadwood wrote:wah koq PM saya macet yah ... tulis disini aja deh ...

pak penyu , apakah penggunaan acetone 100cc/40l premium di jazz umur 22rb km ( 2tahun ) masih aman untuk fuel line yg dr rubber itu ? thanks ...
Yang macet ni yang dikasih PM atau apanya ... hehehehehehe.

Umur 22 rb km (2 tahun) ... gak jadi masalah ... punya gw umur 8 tahun (370 rb km) ... pun gak jadi masalah.
Image
deadwood
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19

Post by deadwood »

mo kirim pm ngga bisa .. hehe ...

wah sip deh ... mulai hari ini rutin tiap 1 tanki 100cc acetone ... tar coba lihat hasil`nya ...
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

Wah telat neh.....Harus baca dari awal ,mana yang mau di tanyakan bingung,apalagi komentar..ke..ke...ke..
asdw
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Fri Sep 24, 2004 6:38
Location: Indonesia

Post by asdw »

Boss Penyu, kalo 400cc Toulene (Thinner) + 100cc Acetone dicampurkan ke 40lt Premium bisa ga utk mobil saya Hyundai Acent 2002 dg kompresi 10:1.
Thinner utk menaikkan oktan & acetone utk menghilangkan kotoran.

Masih aman tdk thd selang karet bensin? Thanks ya bos.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

asdw wrote:Boss Penyu, kalo 400cc Toulene (Thinner) + 100cc Acetone dicampurkan ke 40lt Premium bisa ga utk mobil saya Hyundai Acent 2002 dg kompresi 10:1.
Thinner utk menaikkan oktan & acetone utk menghilangkan kotoran.

Masih aman tdk thd selang karet bensin? Thanks ya bos.
Bisa boss, dan masih aman thd selang karet bensin ... cuman waktu nuang jangan sampai keca cat mobilnya ... nuanginnya pakai corong yang disambung dengan selang plastik transparan.
Image
Rudi
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Sep 27, 2006 4:22

Post by Rudi »

PenyuTurbo wrote:
asdw wrote:Boss Penyu, kalo 400cc Toulene (Thinner) + 100cc Acetone dicampurkan ke 40lt Premium bisa ga utk mobil saya Hyundai Acent 2002 dg kompresi 10:1.
Thinner utk menaikkan oktan & acetone utk menghilangkan kotoran.

Masih aman tdk thd selang karet bensin? Thanks ya bos.
Bisa boss, dan masih aman thd selang karet bensin ... cuman waktu nuang jangan sampai keca cat mobilnya ... nuanginnya pakai corong yang disambung dengan selang plastik transparan.
Corong plastik dan Selang plastiknya itu bisa bertahan lama ngak pak terhadap Aceton ?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Rudi wrote: Corong plastik dan Selang plastiknya itu bisa bertahan lama ngak pak terhadap Aceton ?
Bisa banget ... asal jangan plastik yang bening ... transparan tapi bukan bening kaya kaca.
Image
Ridha Sulaiman
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Apr 08, 2006 6:30

gmana biar suara kenceng?

Post by Ridha Sulaiman »

Penyuturbo, gmana dong biar suara kenceng tapi ga terlalu ngaruh ke boros dan performa ngedrop? Mobiku starlet 1300cc
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: gmana biar suara kenceng?

Post by PenyuTurbo »

Ridha Sulaiman wrote:Penyuturbo, gmana dong biar suara kenceng tapi ga terlalu ngaruh ke boros dan performa ngedrop? Mobiku starlet 1300cc
Cukup dengan menghilangkan muffler/resonator bagian tengah ... kemudian muffler belakang diganti dengan Straight Through Muffler atau TWIN Tail Pipe ... biar agak ngebass sedikit.

Orang berlomba untuk dapat power tapi dengan kesunyian ... eeeee ... malah yang ini sebaliknya ... hehehehehehe ... jangan kenceng-kenceng banget suaranya ... ntar diikutin ama JIN.
Image
frontier

Post by frontier »

Pak Penyu, omong2.. dimana ya nyari pengganti rubber fuel lines menjadi teflon ? Aku sekarang bersama Jeskoneng ada di Jakarta pak, mau menemui bung David Cihampelas Motor, nyobain ramuan sampeyan dan ngabuburit di tol Cipularang... hayoooo..... sapa aja yang mau ikuuut..... daftar ke bung David lah....
User avatar
abdoel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33

Post by abdoel »

melok lopo Cak ?
piye Cak rasane minak penyu turbo ne ?
frontier

Post by frontier »

minyak penyuturbo, sing wis nyobak, dan sedang terus nyobak, adalah mas David Digitall... aku yo katene njaluk hare...
deadwood
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19

Post by deadwood »

bung penyu kemana yah ?? koq uda lama banget ga ada kabar kayanya , hehe ...

anyway, masi pada rutin pake acetone ngga nih ? yakin aman and bermanfaat khan pemakaian acetone ini secara rutin ? kalo ngga bisa rugi gw , abis beli acetone 3liter , buat persediaan , hehe ...
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

deadwood wrote:bung penyu kemana yah ?? koq uda lama banget ga ada kabar kayanya , hehe ...

anyway, masi pada rutin pake acetone ngga nih ? yakin aman and bermanfaat khan pemakaian acetone ini secara rutin ? kalo ngga bisa rugi gw , abis beli acetone 3liter , buat persediaan , hehe ...
Here I am ... sorry lama gak OL ...

Itu aceotne 3 liter untuk berapa lama ???
Image
frontier

Post by frontier »

Pak PenyuTurbo dan bung Reyner, gue masih terus pake Acetone... 100 cc untuk 40 Liter ( 1 full tank Jazz).. dan ada kawan yang bilang bahwa fuel hoses Jazz itu terbuat dari bahan Teflon aslinya, apa iya Pak ? kalo itu benar, berarti pengguna Jazz yang memakai Acetone atau additif2 lain tidak perlu terlalu kuatir dengan daya tahan slang2 BBM, tidak mudah mengeras/getas lalu retak....
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:Pak PenyuTurbo dan bung Reyner, gue masih terus pake Acetone... 100 cc untuk 40 Liter ( 1 full tank Jazz).. dan ada kawan yang bilang bahwa fuel hoses Jazz itu terbuat dari bahan Teflon aslinya, apa iya Pak ? kalo itu benar, berarti pengguna Jazz yang memakai Acetone atau additif2 lain tidak perlu terlalu kuatir dengan daya tahan slang2 BBM, tidak mudah mengeras/getas lalu retak....
Check aja ... kalau cukup keras dan warnanya putih (dalemnya) berarti dari teflon ... kalau luar dalam hitam ... ya bukan dari Teflon.

Sekarang dimana ? Banjar atau SBY ?
Image