HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by adityabp »

bsetiawan wrote: 15 Aug 2018, 08:31
liemivan86 wrote: 10 Aug 2018, 18:18 Begini Om, kalo mau liat glare, dekat kan mobil ke tembok, jarak 0.5-1 m lah dari tembok. Dari sana akan terlihat cahaya bocor di atas cut off dan di sekeliling mobil. Bahkan di halogen juga cahaya bocor ini ada, tapi intensitas rendah, untuk membantu lihat rambu, dll.

Dan saya jamin, head lamp H4 dikasih HID atau LED pasti ada glare nya. Bahkan LED Philips saja ada glare nya, karena itu, mereka membatasi intensitas cahaya nya agar tidak terlalu silau untuk lawan arah.
Saya lampirkan foto Grand Innova menggunakan LED H4. Mohon pencerahannya; bagian "glare" yg dimaksud sebelah mana Om. Jdi kita semua bisa sama2 belajar dan tau apa yg harus diperhatikan pada saat memilih dan membeli LED/HID.
IMHO, ini bagus kok cutoff-nya.
Tinggal dites jalan aja om. Kalo emang masih agak menyilaukan lawan, terpaksa diturunin sedikit.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by adityabp »

bsetiawan wrote: 10 Aug 2018, 07:02
liemivan86 wrote: 09 Aug 2018, 23:14 Here we go again...

Seperti yang pernah saya tulis dulu, batok H4 sampai jaman punggung unta jadi lurus pun tidak akan bisa tidak silau bila dipasang HID atau LED. Karena memang dasar nya batok H4 adalah kompromi antara low beam dan high beam. Pakai halogen aja sebenarnya banyak cahaya bocor kemana-mana, tapi karena intensitas cahaya halogen rendah, jadi tidak terlalu silau.

Kalo mau fokus ya harus retrofit pakai projector.
Foto yang saya lampirkan menunjukkan hasil sorotan LED menggunakan reflektor H4 Grand Innova. Pada sorotan low beam bagian kanan apakah ada cahaya yg bocor? Kiri memang lebih tinggi karena posisi setir di Indonesia di kanan, jdi mengikuti standar cut-off ECE RHD.
Masing2 projector dan reflektor memiliki karakteristik dan efisiensi yang berbeda. Pada umumnya cahaya dari projector memiliki cut off yg lbh jelas dan jangkauan yg lbh jauh, tpi tdk semua projector lebih unggul dari reflektor.
Beberapa projector bawaan dari pabrik memiliki lubang "squirrel finder" untuk membocorkan sedikit cahaya untuk membantu penerangan.
Sori baru liat yg ini.
IMHO, bagus kok om. Aman.
:big_exellent:
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: 04 Feb 2010, 15:44

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by marama »

Skrg hrg HID osram sudah terjangkau ya, saya akhirnya ganti LED ke HID osram (kembali ke teknologi jadul hehe) karena LED di headlamp projie cahayanya menurut saya masih kurang oke cut off nya bikin agak sakit mata kalau nyetir lama2 (saya pakai LED E3 sebelumnya)
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by efact »

marama wrote: 15 Aug 2018, 09:07 Skrg hrg HID osram sudah terjangkau ya, saya akhirnya ganti LED ke HID osram (kembali ke teknologi jadul hehe) karena LED di headlamp projie cahayanya menurut saya masih kurang oke cut off nya bikin agak sakit mata kalau nyetir lama2 (saya pakai LED E3 sebelumnya)
nah ini setuju soal sakit matanya, kalo saya malah sakit mata pas macet2an belakang mobil yng banyak krom2annya, malah silau sendiri.. apa krn lumens nya jauh lebih tinggi?

solusi sederhananya pas macet dimatiin aja sih cuman pake lampu kota doang :mky_01:
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by liemivan86 »

bsetiawan wrote:
liemivan86 wrote: 10 Aug 2018, 18:18 Begini Om, kalo mau liat glare, dekat kan mobil ke tembok, jarak 0.5-1 m lah dari tembok. Dari sana akan terlihat cahaya bocor di atas cut off dan di sekeliling mobil. Bahkan di halogen juga cahaya bocor ini ada, tapi intensitas rendah, untuk membantu lihat rambu, dll.

Dan saya jamin, head lamp H4 dikasih HID atau LED pasti ada glare nya. Bahkan LED Philips saja ada glare nya, karena itu, mereka membatasi intensitas cahaya nya agar tidak terlalu silau untuk lawan arah.
Saya lampirkan foto Grand Innova menggunakan LED H4. Mohon pencerahannya; bagian "glare" yg dimaksud sebelah mana Om. Jdi kita semua bisa sama2 belajar dan tau apa yg harus diperhatikan pada saat memilih dan membeli LED/HID.
Itu om, di atas cut off itu ada sinar yang bocor. Memang kelihatannya tidak banyak, dan memang tidak terlalu menyilaukan, waktu pakai halogen, tapi saat diganti LED atau HID yang lumens nya tinggi, ini lumayan menyilaukan. Karena posisi nya di atas cut off, semakin jauh dari mobil, kebocoran ini akan terlihat semakin tinggi, dan pada jarak tertentu, akan sampai ke mata orang yang berlawanan arah.

Bandingkan dengan cut off projector, sori, ini ambil dari Google karena skr siang. Di atas cut off sama sekali tidak ada cahaya bocor, kalo pun ada, sedikit sekali, tidak banyak.

Selain itu, buat saya, kebocoran paling parah dari H4 itu ada di samping. Liat yang saya tanda di sebelah kiri. Itu akan menyilaukan orang yang persis di samping, dan ini tidak mungkin hilang, karena memang desain reflector H4 pasti ada kebocoran di sana.
IMG_20180815_120439.jpg
IMG_20180815_120439.jpg (40.02 KiB) Viewed 160 times
IMG_20180815_120439.jpg
IMG_20180815_120439.jpg (40.02 KiB) Viewed 160 times
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by liemivan86 »

Kayaknya foto cut off projector nya tidak masuk ya? Saya ulang di sini ya..
IMG_20180815_121917.jpg
IMG_20180815_121917.jpg (11.01 KiB) Viewed 263 times
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by liemivan86 »

Btw, saya bukan menjelek2kan produk tertentu ya, tapi saya berbagi dari pengalaman. Karena dulu waktu belum ada yang masukkan HID dari China, saya salah satu yang pertama jualan HID China, dan waktu itu stok nya semua H4, karena sebagian besar mobil masih pakai H4.

Pertama pakai bangga banget, yang lain masih pakai lampu halogen yang di cat, Philips, Wurth, dll, punya saya paling putih dan paling terang. Tapi setelah sekian lama pakai, sekali2 papasan dengan papa saya yang pakai mobil itu, koq silau ya. Dan setelah dipelajari ternyata memang ada kekurangan tertentu yang tidak bisa dihilangkan karena itu adalah karakter dari reflector H4.

Kalo yang seperti di Juke dan Vios, itu reflector D2R. Ini reflector yang memang di desain khusus untuk HID. Dulu ini adalah kompromi terbaik antara glare yang sedikit dan harga yang tidak terlalu mahal. Mirip seperti lampu model vario skr deh, tidak se terang projector tapi lebih baik daripada reflector lainnya.
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 23 Oct 2016, 22:48

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by Ivano »

liemivan86 wrote:Kayaknya foto cut off projector nya tidak masuk ya? Saya ulang di sini ya..
IMG_20180815_121917.jpg
Ini joss.

Dan pedagang yang insap, karena silau sendiri.
Salut Om Liemivan86.

Kalau saya merasa mobil atau motor simpangan dengan saya lampunya menyilaukan, saya akan nyalakan high beam.

Sebagai pemberitahuan, kalau lampunya menyilaukan, dan rasanya seperti itu kalau papasan sama dia (saya high beam).

Semoga aja paham, daripada dilempar sendal.
[emoji5]
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 23 Oct 2016, 22:48

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by Ivano »

Saya pengguna SUV tinggi, yg dari pabrikan sudah pakai led projie.

Kalau simpangan sama sedan, atau di belakang sedan pas berenti, saya selalu matikan lampu utama.
Karena secara default, posisi lampu saya tinggi.
Pasti menyilaukan spion luar dan tengah nya dia.

Berusaha ber empati aja.
gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: 15 Sep 2012, 17:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by gerobak nippon »

Mau tanya om..
ANPS itu apakah LED di Headlampnya bisa di ganti ?
Maksudnya ganti LED nya saja dengan watt yg lebih besar..
Saya merasa kok lampu ANPS kurang terang yaa..
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 23 Oct 2016, 22:48

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by Ivano »

gerobak nippon wrote:Mau tanya om..
ANPS itu apakah LED di Headlampnya bisa di ganti ?
Maksudnya ganti LED nya saja dengan watt yg lebih besar..
Saya merasa kok lampu ANPS kurang terang yaa..
Haahh... kurang terang?
Kaca film windshield nya kegelapen kali om?
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 23 Oct 2016, 22:48

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by Ivano »

Asli bawaan mobil kan vkool (mungkin kawe), terlalu terang dan kurang private.
Saya ganti 3M crystalline, dah enak banget.
Siang adem, malam terang banget di dalem.
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by supriyadi »

gerobak nippon wrote: 15 Aug 2018, 23:12 Mau tanya om..
ANPS itu apakah LED di Headlampnya bisa di ganti ?
Maksudnya ganti LED nya saja dengan watt yg lebih besar..
Saya merasa kok lampu ANPS kurang terang yaa..
Saya kalo papasan Pasport atau Fortie rasanya mau lempar batu. Itu LED silau banget :big_peace:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by liemivan86 »

supriyadi wrote:
gerobak nippon wrote: 15 Aug 2018, 23:12 Mau tanya om..
ANPS itu apakah LED di Headlampnya bisa di ganti ?
Maksudnya ganti LED nya saja dengan watt yg lebih besar..
Saya merasa kok lampu ANPS kurang terang yaa..
Saya kalo papasan Pasport atau Fortie rasanya mau lempar batu. Itu LED silau banget :big_peace:
Pasti bawa mobil kecil ya? Pajero sport dan fortuner baru ini memang Headlamp nya posisi nya memang tinggi. Kalo papasan sama mobil kecil, hilang dah pandangan ke depan..
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by supriyadi »

liemivan86 wrote: 16 Aug 2018, 19:27
supriyadi wrote:
gerobak nippon wrote: 15 Aug 2018, 23:12 Mau tanya om..
ANPS itu apakah LED di Headlampnya bisa di ganti ?
Maksudnya ganti LED nya saja dengan watt yg lebih besar..
Saya merasa kok lampu ANPS kurang terang yaa..
Saya kalo papasan Pasport atau Fortie rasanya mau lempar batu. Itu LED silau banget :big_peace:
Pasti bawa mobil kecil ya? Pajero sport dan fortuner baru ini memang Headlamp nya posisi nya memang tinggi. Kalo papasan sama mobil kecil, hilang dah pandangan ke depan..
Iya Om, bawa merk batu makam yang panjang. Gimana lagi cuma segitu kemampuan saya
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by supriyadi »

supriyadi wrote: 16 Aug 2018, 20:02
liemivan86 wrote: 16 Aug 2018, 19:27
supriyadi wrote:
Saya kalo papasan Pasport atau Fortie rasanya mau lempar batu. Itu LED silau banget :big_peace:
Pasti bawa mobil kecil ya? Pajero sport dan fortuner baru ini memang Headlamp nya posisi nya memang tinggi. Kalo papasan sama mobil kecil, hilang dah pandangan ke depan..
Iya Om, bawa merk batu makam yang panjang. Gimana lagi cuma segitu kemampuan saya
. Tapi tetal bersyukur masih dikaruniai rezeki buat beli gerobak
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by liemivan86 »


supriyadi wrote:
Iya Om, bawa merk batu makam yang panjang. Gimana lagi cuma segitu kemampuan saya
. Tapi tetal bersyukur masih dikaruniai rezeki buat beli gerobak
Siap om. Memang benar, apa pun mobil kita harus disyukuri. Saya sendiri agak heran sih dengan desain fortuner dan pajero sport baru ini, posisi Headlamp nya tinggi banget.

Padahal truk jaman sekarang justru Headlamp nya di desain rendah supaya tidak menyilaukan lawan arah..
gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: 15 Sep 2012, 17:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by gerobak nippon »

Ivano wrote: 15 Aug 2018, 23:15
gerobak nippon wrote:Mau tanya om..
ANPS itu apakah LED di Headlampnya bisa di ganti ?
Maksudnya ganti LED nya saja dengan watt yg lebih besar..
Saya merasa kok lampu ANPS kurang terang yaa..
Haahh... kurang terang?
Kaca film windshield nya kegelapen kali om?
Apa mungkin memang pengaruh kaca film depan ya om ?
Kaca film depan masih v-kool murmer bawaan dealer..

supriyadi wrote: 16 Aug 2018, 18:30 Saya kalo papasan Pasport atau Fortie rasanya mau lempar batu. Itu LED silau banget :big_peace:
Hehehee.. maap om.. :big_peace:

Ivano wrote: 15 Aug 2018, 23:18 Asli bawaan mobil kan vkool (mungkin kawe), terlalu terang dan kurang private.
Saya ganti 3M crystalline, dah enak banget.
Siang adem, malam terang banget di dalem.
Iya om, masih pake kaca film v-kool kawe bawaan dealer..
Ganti 3M blok depan kenak berapa ya om ?
Bener2 enak yah om ?
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 23 Oct 2016, 22:48

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by Ivano »

gerobak nippon wrote:
Ivano wrote: 15 Aug 2018, 23:15
gerobak nippon wrote:Mau tanya om..
ANPS itu apakah LED di Headlampnya bisa di ganti ?
Maksudnya ganti LED nya saja dengan watt yg lebih besar..
Saya merasa kok lampu ANPS kurang terang yaa..
Haahh... kurang terang?
Kaca film windshield nya kegelapen kali om?
Apa mungkin memang pengaruh kaca film depan ya om ?
Kaca film depan masih v-kool murmer bawaan dealer..

supriyadi wrote: 16 Aug 2018, 18:30 Saya kalo papasan Pasport atau Fortie rasanya mau lempar batu. Itu LED silau banget :big_peace:
Hehehee.. maap om.. :big_peace:

Ivano wrote: 15 Aug 2018, 23:18 Asli bawaan mobil kan vkool (mungkin kawe), terlalu terang dan kurang private.
Saya ganti 3M crystalline, dah enak banget.
Siang adem, malam terang banget di dalem.
Iya om, masih pake kaca film v-kool kawe bawaan dealer..
Ganti 3M blok depan kenak berapa ya om ?
Bener2 enak yah om ?
3M Crystalline di dealer resminya, seingat saya (taun2016, boil dateng langsung ganti), under 2jt buat windscreen. Gak tau lagi sekarang.
Atau mungkin brand lain yg bagus, ada yang bisa review.
Selama saya pakai ini, puwas banget sih.
Siang, malem, hujan, kabut gak pernah kedodoran lihat depan.

Maaf bukan sales windowfilm.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by liemivan86 »


Ivano wrote: 3M Crystalline di dealer resminya, seingat saya (taun2016, boil dateng langsung ganti), under 2jt buat windscreen. Gak tau lagi sekarang.
Atau mungkin brand lain yg bagus, ada yang bisa review.
Selama saya pakai ini, puwas banget sih.
Siang, malem, hujan, kabut gak pernah kedodoran lihat depan.

Maaf bukan sales windowfilm.
Pakai crystalline yang mana ya om? Saya pernah pakai crystalline yang 40%, kalo siang memang dingin, tapi malam agak gelap, karena warna nya agak hitam kemerahan gitu.

Entah kalo yang crystalline 20% ya..
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 01 Aug 2016, 22:44

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by bsetiawan »

liemivan86 wrote: 15 Aug 2018, 12:29 Btw, saya bukan menjelek2kan produk tertentu ya, tapi saya berbagi dari pengalaman. Karena dulu waktu belum ada yang masukkan HID dari China, saya salah satu yang pertama jualan HID China, dan waktu itu stok nya semua H4, karena sebagian besar mobil masih pakai H4.
Pertama pakai bangga banget, yang lain masih pakai lampu halogen yang di cat, Philips, Wurth, dll, punya saya paling putih dan paling terang. Tapi setelah sekian lama pakai, sekali2 papasan dengan papa saya yang pakai mobil itu, koq silau ya. Dan setelah dipelajari ternyata memang ada kekurangan tertentu yang tidak bisa dihilangkan karena itu adalah karakter dari reflector H4.
Santai Om. Saya jg hanya penghobi dgn latar blkg elektro yg ingin mengikuti perkembangan perlampuan mobil. Diawali belasan th yg lalu, mulai menghabiskan gaji untuk mencoba berbagai merek HID sampai LED mulai muncul pada 2014, saya hanya ingin berbagi pengalaman dgn komunitas di sini supaya bisa mengambil keputusan yg terbaik saat mempertimbangkan untuk mengupgrade lampu mobil. Krena klo salah pilih, selain menghabiskan duit keringat, waktu, tenaga, jg perasaan kecewa dan bahkan kesal.
Saya ingat dgn jelas Cree MT-G2 mulai diluncurkan pada 2014. Krena cacat design pada sirkulasi udara yg mengakibatkan karet batok lampu di Innova saya meleleh dan harus mengganti batok lampu.
liemivan86 wrote: 09 Aug 2018, 23:14
bsetiawan wrote:HID atau LED dengan geometri yg benar, sinarnya bisa fokus dan tidak akan menyilaukan arah lawan.
Yang menjadi masalah klo cari murah seperti LED C6 yg menggunakan chip tipe COB atau menggunakan chip Cree tanpa glare shield, selain menyilaukan arah lawan, sinarnya pun akan pecah dan tdk bisa menjangkau jarak jauh.
Here we go again...
Seperti yang pernah saya tulis dulu, batok H4 sampai jaman punggung unta jadi lurus pun tidak akan bisa tidak silau bila dipasang HID atau LED. Karena memang dasar nya batok H4 adalah kompromi antara low beam dan high beam. Pakai halogen aja sebenarnya banyak cahaya bocor kemana-mana, tapi karena intensitas cahaya halogen rendah, jadi tidak terlalu silau.
Sepertinya definisi "Fokus" yg kita maksud berbeda. Dari awal saya tdk pernah membandingkan fokusnya reflektor H4 dgn projector. Fokus yg saya maksud di reflektor H4 = hot spot-nya tidak pecah/nyebar; masih berbentuk seperti hot spot-nya halogen H4 dan meminimalkan silau ke arah lawan; BUKAN fokus tanpa kebocoran seperti projector! Patokan atau standar "Fokus" yg saya maksud = bentuk cahaya/hot spot H4 standar dari pabrik!
Semua kekurangan pada reflektor H4 yg Om jabarkan memang benar. Pada umumnya reflektor H4 digunakan pada mobil kelas menengah ke bawah; sedangkan projector tanpa kebocoran cahaya dan performa wahid digunakan pada mobil kelas menengah dan ke atas seperti CX-5. Jdi ada harga ada rupa.
Setelah mencoba puluhan tipe LED, poin yg ingin saya sampaikan: walaupun sama2 nyala, tidak setiap chip LED memiliki karakteristik yg sama dan menghasilkan sorotan cahaya yg berbeda pada saat dipasang di reflektor atau projector.
Di sini saya lampirkan beberapa foto untuk membantu menjelaskan arti/definisi "Tidak fokus" yg saya maksud. Hot spot-nya pecah dan menyebar, seperti yg dihasilkan dari chip tipe Cree dan COB; bukan hanya bocor lgi, tpi sangat meyilaukan arah lawan dan jangkauan sorotan cahayanya pun jg tidak bisa jauh.
Attachments
Innova - Cree H4 - Seraya.jpg
Cree H4 - Lo-Hi - Seraya.jpg
Cree Chip.jpg
Cree Chip vs. Philips Chip - 1.jpg
Cree Chip vs. Philips Chip - 1.jpg (51.58 KiB) Viewed 160 times
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 01 Aug 2016, 22:44

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by bsetiawan »

liemivan86 wrote: 09 Aug 2018, 23:14 Kalo mau fokus ya harus retrofit pakai projector.

Tidak semua orang rela/mau mobilnya (terutama klo msh baru kinyis2) dibongkar/dikanibal untuk diretrofit dgn projector. Di daerah2 jg tdk bnyk/ada tukang retrofit yg bisa/mampu mengerjakan dgn benar (asal main potong kabel, setting lampu tdk benar, dsb). Pemasangan perkabelan yg asal2an (dipotong - dililit-diisolasi) meningkatkan resiko pemakaian seperti mobil terbakar.
Sudah bbrp kli saya membantu teman2 merapikan/membereskan hasil retrofit yg asal2an dgn berbagai kekurangan; seperti batok lampu berembunr, dsb.
liemivan86 wrote: 10 Aug 2018, 18:18 Begini Om, kalo mau liat glare, dekat kan mobil ke tembok, jarak 0.5-1 m lah dari tembok. Dari sana akan terlihat cahaya bocor di atas cut off dan di sekeliling mobil. Bahkan di halogen juga cahaya bocor ini ada, tapi intensitas rendah, untuk membantu lihat rambu, dll.
Dan saya jamin, head lamp H4 dikasih HID atau LED pasti ada glare nya. Bahkan LED Philips saja ada glare nya, karena itu, mereka membatasi intensitas cahaya nya agar tidak terlalu silau untuk lawan arah.
Saya menyempatkan untuk mengukur dan membandingkan cahaya dari reflektor H4 menggunakan halogen 55/60W dan LED 50W:

Halogen H4 55W/60W:
- Dari jarak sekitar 4 meter, intensitas kebocoran yg nyorot ke tembok samping hanya 17 Lux. Diambil dgn jarak 4m krena selebihnya dari ini jdi samar2/tdk terbaca oleh lux meter.
- Dari jarak 8.3 meter, intensitas pada hot spot dari reflektor H4 = 152 Lux (low beam) dan 566 Lux (high beam). Diambil dari jarak segini krena klo terlalu dekat, intensitasnya terlalu tinggi untuk lux meter yg saya miliki. Selain itu, jarak ideal untuk menyetel ketinggian lampu jg sekitar 7.5 meter dari tembok.
LED H4 50W:
- intensitas kebocoran ini naik jdi 26 Lux;
- intensitas pada hot spot naik jdi 422 Lux (low beam) dan 1459 Lux (high beam).
Dari data di atas, intensitas kebocorannya tidak jauh berbeda dgn DRL, Angel/Devil eyes, bahkan penerangan jalan umum yg berwarna kuning (ini sinarnya jg nyebar); naiknya tidak sebanyak cahaya utama (yg nyorot ke depan) karena tidak ada komponen hot spot-nya.
Di sini jg saya lampirkan beberapa foto untuk membantu menunjukkan arti "Fokus" dan "hot spot" yg saya maksud.
Attachments
P9 H4 Output Shot 2 - Seraya (Thermal).jpg
P9 H4 Output Shot 2 - Seraya.jpg
P9 H4 Output Shot - SERAYA (Thermal).jpg
P9 H4 Output Shot - SERAYA.jpg
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 01 Aug 2016, 22:44

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by bsetiawan »

liemivan86 wrote: 15 Aug 2018, 12:17 Itu om, di atas cut off itu ada sinar yang bocor. Memang kelihatannya tidak banyak, dan memang tidak terlalu menyilaukan, waktu pakai halogen, tapi saat diganti LED atau HID yang lumens nya tinggi, ini lumayan menyilaukan. Karena posisi nya di atas cut off, semakin jauh dari mobil, kebocoran ini akan terlihat semakin tinggi, dan pada jarak tertentu, akan sampai ke mata orang yang berlawanan arah.
Bandingkan dengan cut off projector, sori, ini ambil dari Google karena skr siang. Di atas cut off sama sekali tidak ada cahaya bocor, kalo pun ada, sedikit sekali, tidak banyak.
Selain itu, buat saya, kebocoran paling parah dari H4 itu ada di samping. Liat yang saya tanda di sebelah kiri. Itu akan menyilaukan orang yang persis di samping, dan ini tidak mungkin hilang, karena memang desain reflector H4 pasti ada kebocoran di sana. IMG_20180815_120439.jpgIMG_20180815_121917.jpg
Kebocoran di atas cut off memang ada kemungkinan menyilaukan klo dari jarak dekat dan pada sudut tertentu; tpi tidak akan bisa menjangkau jarak jauh krena tdk ada faktor/komponen hot spot. Hanya komponen dari hot spot yg bisa menjangkau jauh. Data untuk intensitasnya sdh saya post di atas dan Om sendiri jg blg/menyarankan untuk melihat kebocoran ini dari jarak "0.5-1 m" dari tembok. Jdi supaya tidak silau, alihkan pandangan dari sumber cahaya; jgn melihat langsung ke sumber cahayanya!

Saya lihat kebocoran ke samping sebagai salah satu fitur untuk melebarkan sorotan cahaya dari lampunya. Bahkan projector HID Outlander Sport pun jg membocorkan cahaya ke samping dgn menggunakan reflektor, untuk memperlebar sorotan lampunya. Pengendara di samping kita lihatnya ke depan, bukan ke samping. Pengendara dari arah lawan jg lihatnya ke belakang kita, bukan ke samping kita. Supaya tdk silau klo papasan, alihkan pandangan dari sumber cahaya!

Dengan semua kekurangan reflektor H4, design ini sdh direstui oleh Department of Transportation (DOT) USA dan European Commisioner for Transport. Dengan hasil lux meter di atas, penggantian sumber cahaya dgn intensitas lbh tinggi tdk akan menambah intensitas kebocoran/glare yg berarti; asalkan sumber cahaya penggantinya bisa menghasilkan hot-spot yg mirip dgn halogen H4!
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 01 Aug 2016, 22:44

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by bsetiawan »

Ivano wrote: 15 Aug 2018, 23:00 Saya pengguna SUV tinggi, yg dari pabrikan sudah pakai led projie.

Kalau simpangan sama sedan, atau di belakang sedan pas berenti, saya selalu matikan lampu utama.
Karena secara default, posisi lampu saya tinggi.
Pasti menyilaukan spion luar dan tengah nya dia.

Berusaha ber empati aja.
Mungkin setelan lampu utama bisa diturunkan lgi. Sebagai penggantinya, foglamp bisa diretrofit dgn projector. :big_exellent:
Kenshiro7
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 18 Jul 2014, 23:12

Re: HID KIT 6000K (OSRAM VS PHILLIP)

Post by Kenshiro7 »

bsetiawan wrote: 19 Aug 2018, 17:22
liemivan86 wrote: 09 Aug 2018, 23:14 Kalo mau fokus ya harus retrofit pakai projector.

Tidak semua orang rela/mau mobilnya (terutama klo msh baru kinyis2) dibongkar/dikanibal untuk diretrofit dgn projector. Di daerah2 jg tdk bnyk/ada tukang retrofit yg bisa/mampu mengerjakan dgn benar (asal main potong kabel, setting lampu tdk benar, dsb). Pemasangan perkabelan yg asal2an (dipotong - dililit-diisolasi) meningkatkan resiko pemakaian seperti mobil terbakar.
Sudah bbrp kli saya membantu teman2 merapikan/membereskan hasil retrofit yg asal2an dgn berbagai kekurangan; seperti batok lampu berembunr, dsb.
liemivan86 wrote: 10 Aug 2018, 18:18 Begini Om, kalo mau liat glare, dekat kan mobil ke tembok, jarak 0.5-1 m lah dari tembok. Dari sana akan terlihat cahaya bocor di atas cut off dan di sekeliling mobil. Bahkan di halogen juga cahaya bocor ini ada, tapi intensitas rendah, untuk membantu lihat rambu, dll.
Dan saya jamin, head lamp H4 dikasih HID atau LED pasti ada glare nya. Bahkan LED Philips saja ada glare nya, karena itu, mereka membatasi intensitas cahaya nya agar tidak terlalu silau untuk lawan arah.
Saya menyempatkan untuk mengukur dan membandingkan cahaya dari reflektor H4 menggunakan halogen 55/60W dan LED 50W:

Halogen H4 55W/60W:
- Dari jarak sekitar 4 meter, intensitas kebocoran yg nyorot ke tembok samping hanya 17 Lux. Diambil dgn jarak 4m krena selebihnya dari ini jdi samar2/tdk terbaca oleh lux meter.
- Dari jarak 8.3 meter, intensitas pada hot spot dari reflektor H4 = 152 Lux (low beam) dan 566 Lux (high beam). Diambil dari jarak segini krena klo terlalu dekat, intensitasnya terlalu tinggi untuk lux meter yg saya miliki. Selain itu, jarak ideal untuk menyetel ketinggian lampu jg sekitar 7.5 meter dari tembok.
LED H4 50W:
- intensitas kebocoran ini naik jdi 26 Lux;
- intensitas pada hot spot naik jdi 422 Lux (low beam) dan 1459 Lux (high beam).
Dari data di atas, intensitas kebocorannya tidak jauh berbeda dgn DRL, Angel/Devil eyes, bahkan penerangan jalan umum yg berwarna kuning (ini sinarnya jg nyebar); naiknya tidak sebanyak cahaya utama (yg nyorot ke depan) karena tidak ada komponen hot spot-nya.
Di sini jg saya lampirkan beberapa foto untuk membantu menunjukkan arti "Fokus" dan "hot spot" yg saya maksud.
Kayaknya om yg punya lapak P9 LED di toped ya?
Foto2nya sama seperti di Lapak :D

Apakah ada HID yg nyalanya instant kalo buat nge dim?

Terima kasih
Post Reply