HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by bsetiawan »

Pororo wrote: Sat Apr 04, 2020 5:07 Jadi kalo newbie bole simpulkan lagi
Icip-icip led panda boleh tapi produk yang dicoba harus menggunakan chip yang well known seperti cree xhp atau zes
Meskipun kadang kita ngga tau juga tu chip asli ato ngga?
(saat ini lagi tunggu barang datang merk T8 /Ka**r chip (katanya ZES) mau jadi penantang halogen legendaris osram NBR yang kesohor
Chip bermerek bukan jaminan outputnya bagus. Chip dgn lensa seperti XHP TIDAK COCOK untuk aplikasi lampu mobil krena titik fokusnya NYEBAR sehingga jangkauan sorotan berkurang dan pemakaian di reflektor menyilaukan arah lawan krena tidak ada cut off-nya.

T8 dari katur outputnya mirip2 dgn halogen standar 55/60W. Setelah mencapai suhu operasional, intensitas meredupnya lumayan banyak krena panas dan driver LEDnya menyatu dgn heat sink.
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Pororo »

bsetiawan wrote: Sat Apr 04, 2020 13:17
Pororo wrote: Sat Apr 04, 2020 5:07 Jadi kalo newbie bole simpulkan lagi
Icip-icip led panda boleh tapi produk yang dicoba harus menggunakan chip yang well known seperti cree xhp atau zes
Meskipun kadang kita ngga tau juga tu chip asli ato ngga?
(saat ini lagi tunggu barang datang merk T8 /Ka**r chip (katanya ZES) mau jadi penantang halogen legendaris osram NBR yang kesohor
Chip bermerek bukan jaminan outputnya bagus. Chip dgn lensa seperti XHP TIDAK COCOK untuk aplikasi lampu mobil krena titik fokusnya NYEBAR sehingga jangkauan sorotan berkurang dan pemakaian di reflektor menyilaukan arah lawan krena tidak ada cut off-nya.

T8 dari katur outputnya mirip2 dgn halogen standar 55/60W. Setelah mencapai suhu operasional, intensitas meredupnya lumayan banyak krena panas dan driver LEDnya menyatu dgn heat sink.
Oo... begitu ya Om
Berarti tinggal mengarah ke Luxeon ya om

Atau kalau boleh saya minta rekomendasi
Untuk lampu led H4 dengan harapan performanya 50% lebih baik dari Halogen performa seperti Osram NBR
Kira-kira menurut om akan mengarah ke produk manakah kandidat yang saya inginkan tsb
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by piggypig77 »

rudyzanetti wrote: Fri Apr 03, 2020 17:37
Turboman wrote: Fri Apr 03, 2020 2:44 Semalam liat3

LightForce juga bikin LED H4 utk mobil2 yg H4

pake Heat sink yg model pita2 panjang, gak pake fan

Chip nya Lumiled ZES

ada yg pernah pake ?
Dulu sebelum pake extreme ultinon, sy sempet pake led yg kayak di attachment. Sayang dulu sy blm tau triknya buat nyetel led di reflektor h4.
Pas tau triknya, coba pasang di livina bokap yg sama2 h4 reflektor. Terangnya imbang lah ama extreme ultinon. Malah kalo mau jujur, lebih terang led ini drpd yg asli keluaran philips.
Led ini, satu lampu ada 8chip led. 4 lampu dekat, dan 4 lampu jauh.
Beda led ini ama yg asli philips
1. Warnanya ada sedikit semu biru( mungkin 6500k?)
2. Passive heatsink nya jauh lebih kecil ketimbang yg ori Philips yg lebih besar.
3. Driver led juga jauh lebih kecil ini daripada yg asli philips.

Harganya? Untuk keluaran led bikinan china tanpa merk, ini lumayan mahal menurut saya. Mirip2 ama led keluaran osram. Hehe.

Om bisa tolong di share om tempat belinya dmn? Hehehe
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kandlcorp »

Pororo wrote: Sun Apr 05, 2020 3:55
Oo... begitu ya Om
Berarti tinggal mengarah ke Luxeon ya om

Atau kalau boleh saya minta rekomendasi
Untuk lampu led H4 dengan harapan performanya 50% lebih baik dari Halogen performa seperti Osram NBR
Kira-kira menurut om akan mengarah ke produk manakah kandidat yang saya inginkan tsb
Luxeon yang ini ya om?

Kalo ngeliat ulasan di toko ijo
Terangnya ko cm mirip2 xhp50 nya katur dl di reflektor ya..
Ga begitu rata terangnya, ga tegas, kalo di sebelah2an sm halogen kadang bs kalah pengalaman dulu..
Kl di projie agak kurang yakin bs mantap karena intensitasnya kurang kl liat di reflektor segitu terangnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kandlcorp »

Ni mgkn nambahin satu lg soal luxeon
Ada tambahan testinya disitu..
Bener begitu dikenain ke lampu jalan,
Intensitasnya berkurang jauh, hampir ga keliatan.
No offense buat penjual ataupun barang nya ya.
Cm secara objektif kyknya kurang worth it
IMHO ya
Screenshot_2020-04-05-14-51-25-036_com.tokopedia.tkpd.jpg
Screenshot_2020-04-05-14-53-41-248_com.tokopedia.tkpd.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by bsetiawan »

Pororo wrote: Sun Apr 05, 2020 3:55
bsetiawan wrote: Sat Apr 04, 2020 13:17
Pororo wrote: Sat Apr 04, 2020 5:07 Jadi kalo newbie bole simpulkan lagi
Icip-icip led panda boleh tapi produk yang dicoba harus menggunakan chip yang well known seperti cree xhp atau zes
Meskipun kadang kita ngga tau juga tu chip asli ato ngga?
(saat ini lagi tunggu barang datang merk T8 /Ka**r chip (katanya ZES) mau jadi penantang halogen legendaris osram NBR yang kesohor
Chip bermerek bukan jaminan outputnya bagus. Chip dgn lensa seperti XHP TIDAK COCOK untuk aplikasi lampu mobil krena titik fokusnya NYEBAR sehingga jangkauan sorotan berkurang dan pemakaian di reflektor menyilaukan arah lawan krena tidak ada cut off-nya.

T8 dari katur outputnya mirip2 dgn halogen standar 55/60W. Setelah mencapai suhu operasional, intensitas meredupnya lumayan banyak krena panas dan driver LEDnya menyatu dgn heat sink.
Oo... begitu ya Om
Berarti tinggal mengarah ke Luxeon ya om

Atau kalau boleh saya minta rekomendasi
Untuk lampu led H4 dengan harapan performanya 50% lebih baik dari Halogen performa seperti Osram NBR
Kira-kira menurut om akan mengarah ke produk manakah kandidat yang saya inginkan tsb
Coba F03 H4 dari Novsight. Intensitasnya kurleb 3X-nya halogen 55W dan cut off-nya jg rapi, mirip dgn halogen. Klo mau lbh tinggi bisa coba F06 H4 (kurleb 4X-nya halogen 55/60W). Kena bea masuk 17.5% pun, Lazada/Alicepat lbh murah.

Bisa awet atau tdk, sangat tergantung pemakaiannya. Untuk ruang mesin yg padat dan panas seperti di Brio/Mobilio/Freed, terutama sisi pengemudi, umur pakainya tdk bisa lama krena terkena semburan udara panas dari fan radiator. Ada baiknya ditambah potongan karet atau sejenisnya, untuk mengalihkan/mengurangi semburan udara panas tsb. F06 H4 ada sensor temperaturnya; tdk bisa digunakan pada Brio/Mobilio/Freed tanpa tambahan potongan karet tsb. Setelah kurleb 30 menit, LEDnya bisa kedip2 krena kepanasan.

Untuk model2 Toyota selama ini blm pernah ada kendala apa pun, krena ruang mesin tdk sepadat/sepanas H tegak
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Pororo »

kandlcorp wrote: Sun Apr 05, 2020 7:47
Pororo wrote: Sun Apr 05, 2020 3:55

Luxeon yang ini ya om?

Kalo ngeliat ulasan di toko ijo
Terangnya ko cm mirip2 xhp50 nya katur dl di reflektor ya..
Ga begitu rata terangnya, ga tegas, kalo di sebelah2an sm halogen kadang bs kalah pengalaman dulu..
Kl di projie agak kurang yakin bs mantap karena intensitasnya kurang kl liat di reflektor segitu terangnya
Yang katur om,
Bentuk mirip yang katur xhp50 tapi pake chip zes 4 biji
Yang jenis inipun memang sepengetahuan saya dari baca-baca komentar yang pernah pake, kurleb setara xhp50 terangnya tapi (katanya) lebih rapi cutoff nya jika dibanding xhp50.

https://www.lazada.co.id/products/lampu ... a&search=1

Merujuk pada harga, ekspektasi saya sih mengharapkan 50% lbh terang karna pernah lihat bos juragan lampu ngukur lumennya sekitar 1500 lm/1biji
Let see lah

Soal lampu jalan yang warna kuning, memang kesohor memakan cahaya led diatas 5000K yang intensitasnya dalam katageri so-so
Soal dia tidak kelihatan diarea yang terang saya pribadi bisa maklumin om asal ditempat gelap jangan :big_slap:

Sama soal hujan saat malam apakah masih bisa diharapkan (ini yang big question) :ungg:
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Pororo »

bsetiawan wrote: Sun Apr 05, 2020 7:58
Pororo wrote: Sun Apr 05, 2020 3:55
bsetiawan wrote: Sat Apr 04, 2020 13:17

Chip bermerek bukan jaminan outputnya bagus. Chip dgn lensa seperti XHP TIDAK COCOK untuk aplikasi lampu mobil krena titik fokusnya NYEBAR sehingga jangkauan sorotan berkurang dan pemakaian di reflektor menyilaukan arah lawan krena tidak ada cut off-nya.

T8 dari katur outputnya mirip2 dgn halogen standar 55/60W. Setelah mencapai suhu operasional, intensitas meredupnya lumayan banyak krena panas dan driver LEDnya menyatu dgn heat sink.
Oo... begitu ya Om
Berarti tinggal mengarah ke Luxeon ya om

Atau kalau boleh saya minta rekomendasi
Untuk lampu led H4 dengan harapan performanya 50% lebih baik dari Halogen performa seperti Osram NBR
Kira-kira menurut om akan mengarah ke produk manakah kandidat yang saya inginkan tsb
Coba F03 H4 dari Novsight. Intensitasnya kurleb 3X-nya halogen 55W dan cut off-nya jg rapi, mirip dgn halogen. Klo mau lbh tinggi bisa coba F06 H4 (kurleb 4X-nya halogen 55/60W). Kena bea masuk 17.5% pun, Lazada/Alicepat lbh murah.

Bisa awet atau tdk, sangat tergantung pemakaiannya. Untuk ruang mesin yg padat dan panas seperti di Brio/Mobilio/Freed, terutama sisi pengemudi, umur pakainya tdk bisa lama krena terkena semburan udara panas dari fan radiator. Ada baiknya ditambah potongan karet atau sejenisnya, untuk mengalihkan/mengurangi semburan udara panas tsb. F06 H4 ada sensor temperaturnya; tdk bisa digunakan pada Brio/Mobilio/Freed tanpa tambahan potongan karet tsb. Setelah kurleb 30 menit, LEDnya bisa kedip2 krena kepanasan.

Untuk model2 Toyota selama ini blm pernah ada kendala apa pun, krena ruang mesin tdk sepadat/sepanas H tegak
Tks rekomendasinya om
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by rudyzanetti »

kandlcorp wrote: Sun Apr 05, 2020 7:55 Ni mgkn nambahin satu lg soal luxeon
Ada tambahan testinya disitu..
Bener begitu dikenain ke lampu jalan,
Intensitasnya berkurang jauh, hampir ga keliatan.
No offense buat penjual ataupun barang nya ya.
Cm secara objektif kyknya kurang worth it
IMHO ya

Screenshot_2020-04-05-14-51-25-036_com.tokopedia.tkpd.jpgScreenshot_2020-04-05-14-53-41-248_com.tokopedia.tkpd.jpg
Ini di mobil apa ya? Tipenya h4 jg?
Kl di livina bokap sih ga ancur kayak gt. Kalo yg di gambar sih glare parah banget.
Sy jg beli ditoko itu, malah pas jaman sy beli ga ada garansi 18 bln. Cm 3 bulan. Haha
Kalo di h4 reflektor, waktu low beam pastiin beam pattern yg muncul di dinding membentuk huruf "v".
Nah nyetel led china ini yg rada ribet, kalo penjualnya bilang yg penting mangkoknya ngadep ke atas, ga bakal pas setelannya.
Coba perhatiin mangkok bohlam halogen yang uda kepasang di reflektor. posisinya memang menghadap ke atas, tp rada miring.
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kandlcorp »

rudyzanetti wrote: Sun Apr 05, 2020 17:08
Ini di mobil apa ya? Tipenya h4 jg?
Kl di livina bokap sih ga ancur kayak gt. Kalo yg di gambar sih glare parah banget.
Sy jg beli ditoko itu, malah pas jaman sy beli ga ada garansi 18 bln. Cm 3 bulan. Haha
Kalo di h4 reflektor, waktu low beam pastiin beam pattern yg muncul di dinding membentuk huruf "v".
Nah nyetel led china ini yg rada ribet, kalo penjualnya bilang yg penting mangkoknya ngadep ke atas, ga bakal pas setelannya.
Coba perhatiin mangkok bohlam halogen yang uda kepasang di reflektor. posisinya memang menghadap ke atas, tp rada miring.
Kurang tau si om.
Cm ngeliat produknya khusus h4..
Makanya ga ngerti, cm nyomot testi yg disitu ko kurang meyakinkan..
Makanya td disclaimer dulu hehe. No offense sm produk atau toko tertentu. Cm ngeliat objektif aja dr kacamata calon pembeli. Soalnya garansi 18 bulan memang menggiurkan, tp kl cahayanya gt ko kurang meyakinkan. Harga sm barang ga sesuai price to performance nya.. kl segitu mending dl punya saya h4 xhp50 di reflektor, cm 390an dr alicepat bener2 plug n play tanpa setting yang memakan tenaga dan cutoffnya jauh lebih rapi
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Pororo »

kandlcorp wrote: Sun Apr 05, 2020 19:50
rudyzanetti wrote: Sun Apr 05, 2020 17:08
Ini di mobil apa ya? Tipenya h4 jg?
Kl di livina bokap sih ga ancur kayak gt. Kalo yg di gambar sih glare parah banget.
Sy jg beli ditoko itu, malah pas jaman sy beli ga ada garansi 18 bln. Cm 3 bulan. Haha
Kalo di h4 reflektor, waktu low beam pastiin beam pattern yg muncul di dinding membentuk huruf "v".
Nah nyetel led china ini yg rada ribet, kalo penjualnya bilang yg penting mangkoknya ngadep ke atas, ga bakal pas setelannya.
Coba perhatiin mangkok bohlam halogen yang uda kepasang di reflektor. posisinya memang menghadap ke atas, tp rada miring.
Kurang tau si om.
Cm ngeliat produknya khusus h4..
Makanya ga ngerti, cm nyomot testi yg disitu ko kurang meyakinkan..
Makanya td disclaimer dulu hehe. No offense sm produk atau toko tertentu. Cm ngeliat objektif aja dr kacamata calon pembeli. Soalnya garansi 18 bulan memang menggiurkan, tp kl cahayanya gt ko kurang meyakinkan. Harga sm barang ga sesuai price to performance nya.. kl segitu mending dl punya saya h4 xhp50 di reflektor, cm 390an dr alicepat bener2 plug n play tanpa setting yang memakan tenaga dan cutoffnya jauh lebih rapi
Berdasar pengalaman pake xhp50 om, jika dibandingkan dengan halogen performa seperi Osram NBR dan sejenis kira-kira seberapa besar peningkatan performanya om?
Dan pernah mengalami hujan saat malam sewaktu memakai ini om ? Bisa diandalkan ?
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kandlcorp »

Pororo wrote: Mon Apr 06, 2020 3:42 Berdasar pengalaman pake xhp50 om, jika dibandingkan dengan halogen performa seperi Osram NBR dan sejenis kira-kira seberapa besar peningkatan performanya om?
Dan pernah mengalami hujan saat malam sewaktu memakai ini om ? Bisa diandalkan ?

Halogen pernah liat pengujiannya si om juraganlampu, nbr sebenernya output lux nya sm aja kyk halogen biasa, cm karena lebih tinggi K dibanding halogen biasa, mata kt membaca lebih terang.
Secara umum, led yg standar itu 5000K ke atas. Yg sy ambil kmrn 6500K xhp50, Jadi kl dibandingin sm halogen, baik nbr maupun standar, kualitas pada saat hujan pasti kalah. Karena led kodratnya untuk jalan non hujan.
Tp kl dibandingkan jalan non hujan, pasti menang xhp50. Yg jelas cut off nya rapih, ga seperti led dengan price range yg sama. Entah kl led nya uda di modif seperti di om juraganlampu, jalan hujan jg menang.
Gampangnya you got what you pay
Note: kmrn xhp50 400 sama ongkir
Juraganlampu jual jg xhp50 yg uda di modif 1,1an dg upgrade driver dan chip jd bs nembus ujan
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by josomba »

Pororo wrote: Mon Apr 06, 2020 3:42
Berdasar pengalaman pake xhp50 om, jika dibandingkan dengan halogen performa seperi Osram NBR dan sejenis kira-kira seberapa besar peningkatan performanya om?
Dan pernah mengalami hujan saat malam sewaktu memakai ini om ? Bisa diandalkan ?
bener kata om Kandlcorp

Kalau lawan hujan nembus atau tidak, sepengetahuan ane color temp lebih pengaruh ... Contoh foglamp dibuat kuning pisan alias color temp <= 3000K supaya ga mantul balik ntuh cahaya di antara kabut......

Kalau pake LED yg rata2 5800K and up, pasti jd redup kalau di tengah hujan...

CMIIW.... hanya berdasarkan pengalaman pribadi aja :ungg:

Nah kalau LED yg dikasih bungkus/shield tabung warna kuning, sehingga bisa setara 4000K itu lain cerita.
Image
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by supriyadi »

Pulkam bulan Februari kemarin. HL pake Osram NBU, foglamp udah yang kuning 3000 K, lewat pendakian 17 ke arah Sumbar jam 5 subuh. Kabut pekat nyaris tak tembus. Mau nyalip gamang, didepan ntah belok kanan ntah belok kiri
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Pororo »

Untuk saya pribadi
Sepertinya memang sudah harus alih teknologi ke LED
Menggunakan halogen, ya kadang itu keresahannya, di medan kering terasa kurang puas
Di medan basah dan berkabut (yang saya alami) juga ngga joss banget
Saya memang memahami LED yang cendrung putih pasti agak loyo ditengah hujan cuma berharap jangan sampai gelap gulita saja
Toh mau sekencang apa saya drive ditengah hujan..
Dan berharap di medan kering dapat performa yang lebih

Dan inilah cerita awal pengembaraan bersama LED (eh belom ding) belom nyampe barangnya
Dan tentu dimulai dengan produk best value ver ane

Dan selayaknya orang yang mau masuk kategori tua... cendrung susah alih teknologi baru sehingga banyak tanya :big_blushing:

Thanks all...
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by bsetiawan »

josomba wrote: Mon Apr 06, 2020 4:11
Pororo wrote: Mon Apr 06, 2020 3:42
Berdasar pengalaman pake xhp50 om, jika dibandingkan dengan halogen performa seperi Osram NBR dan sejenis kira-kira seberapa besar peningkatan performanya om?
Dan pernah mengalami hujan saat malam sewaktu memakai ini om ? Bisa diandalkan ?
bener kata om Kandlcorp

Kalau lawan hujan nembus atau tidak, sepengetahuan ane color temp lebih pengaruh ... Contoh foglamp dibuat kuning pisan alias color temp <= 3000K supaya ga mantul balik ntuh cahaya di antara kabut......

Kalau pake LED yg rata2 5800K and up, pasti jd redup kalau di tengah hujan...

CMIIW.... hanya berdasarkan pengalaman pribadi aja :ungg:

Nah kalau LED yg dikasih bungkus/shield tabung warna kuning, sehingga bisa setara 4000K itu lain cerita.
Jdi teringat pelajaran fisika di sekolah: Cahaya hanya akan bergerak pada garis lurus, tidak bisa membelok dengan sendirinya. Mata kita bisa melihat saat lampu disorot ke benda/permukaan, krena ada cahaya yg mantul balik ke mata kita.

Saat hujan, terutama aspal hitam yang basah disorot oleh lampu, cahaya dari sorotan tersebut dibelokkan oleh lapisan air di atas permukaan aspal tsb; krena adanya perbedaan medium (dari udara ke air). Sehingga cahaya yg mantul ke mata kita jdi minim atau nihil; makanya seakan2 cahaya tsb kelihatan seperti "diserap" oleh aspal basah tdi. Ilustrasi ini sama seperti saat mata kita melihat pensil yg dicelup ke dalam air, posisi/bentuk pensilnya seakan seperti bengkok.
Refraction.jpg
Pencil_in_a_bowl_of_water.jpg
Jdi mau warna apa pun, klo kena aspal basah pasti kelihatan seperti cahayanya terserap.

Bisa menembus hujan atau tidak tergantung titik fokusnya nyebar/pecah atau tidak dan seberapa padatnya intensitas titik fokus tsb. CMIIW
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by slapnuts »

bsetiawan wrote: Mon Apr 06, 2020 9:18
josomba wrote: Mon Apr 06, 2020 4:11
Pororo wrote: Mon Apr 06, 2020 3:42
Berdasar pengalaman pake xhp50 om, jika dibandingkan dengan halogen performa seperi Osram NBR dan sejenis kira-kira seberapa besar peningkatan performanya om?
Dan pernah mengalami hujan saat malam sewaktu memakai ini om ? Bisa diandalkan ?
bener kata om Kandlcorp

Kalau lawan hujan nembus atau tidak, sepengetahuan ane color temp lebih pengaruh ... Contoh foglamp dibuat kuning pisan alias color temp <= 3000K supaya ga mantul balik ntuh cahaya di antara kabut......

Kalau pake LED yg rata2 5800K and up, pasti jd redup kalau di tengah hujan...

CMIIW.... hanya berdasarkan pengalaman pribadi aja :ungg:

Nah kalau LED yg dikasih bungkus/shield tabung warna kuning, sehingga bisa setara 4000K itu lain cerita.
Jdi teringat pelajaran fisika di sekolah: Cahaya hanya akan bergerak pada garis lurus, tidak bisa membelok dengan sendirinya. Mata kita bisa melihat saat lampu disorot ke benda/permukaan, krena ada cahaya yg mantul balik ke mata kita.

Saat hujan, terutama aspal hitam yang basah disorot oleh lampu, cahaya dari sorotan tersebut dibelokkan oleh lapisan air di atas permukaan aspal tsb; krena adanya perbedaan medium (dari udara ke air). Sehingga cahaya yg mantul ke mata kita jdi minim atau nihil; makanya seakan2 cahaya tsb kelihatan seperti "diserap" oleh aspal basah tdi. Ilustrasi ini sama seperti saat mata kita melihat pensil yg dicelup ke dalam air, posisi/bentuk pensilnya seakan seperti bengkok.

Refraction.jpg
Pencil_in_a_bowl_of_water.jpg

Jdi mau warna apa pun, klo kena aspal basah pasti kelihatan seperti cahayanya terserap.

Bisa menembus hujan atau tidak tergantung titik fokusnya nyebar/pecah atau tidak dan seberapa padatnya intensitas titik fokus tsb. CMIIW
Setuju banget om
Sesuai dengan hukum fisika yang pernah dipelajari bahwa cahaya bergerak merambat lurus, kecuali ada media tertentu yang dapat membiaskannya.

Image

Pada kondisi jalan kering, cahaya lampu akan dengan mudah dipantulkan kembali ke mata pengemudi sehingga jalan telihat

Image
Pada kondisi jalan basah karena air, sifat air akan menjadikan jalan bagaikan cermin yang siap memantulkan cahaya yang datang sebesar sudut datangnya. Nah cahaya yang datang dari pengemudi A akan diterima pengemudi B di depannya. Pada kondisi seperti ini nyala lampu masih sedikit terlihat karena terbantu oleh pantulan air di jalan. Mobil dengan proyektor dan output lebar akan lebih nyaman karena sinar dapat menjangkau sisi kanan-kiri jalan sehingga patokan masih terlihat walau sinar lampu di jalan ga terlihat.

Image

Ilustrasinya terlihat ketika menyalakan senter ke sebuah cermin, sinar lampu senter akan memantul sempurna sesuai besaran sudut datang yang diterima cermin. Kondisi ini berlaku di jalan meski sinar ga sempurna memantul 100 persen dikarenakan jalan berair tidak sesempurna cermin dalam memantulkan bayangan. Apalagi adanya refraksi pada jalan sehingga membuat cahaya yang jatuh tidak akan diterima sempurna ke mata kita.

Image

Foto pantulan sinar mobil yang berlawanan ke jalan yang langsung diterima mata.

Image

Kondisi hujan aspal hitam, pada kondisi ini, seterang apapun cahaya lampu yang jatuh ke jalan seolah-olah akan terserap oleh aspal hitam pekat. Hal ini diperparah apabila temperatur warna yang dipakai juga tinggi, semakin ga keliatan. Mobil ber-output lebar dengan proyektor akan diuntungkan pada kondisi seperti ini karena nyala lampu yang lebar sehingga menjangkau bagian pinggir jalan unuk dijadikan acuan.


Maaf apabila gambar ilustrasinya jelek, maklum hanya sekedar corat-coret dari iPad ✌️
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Taufiq6210 »

slapnuts wrote: Mon Apr 06, 2020 11:10 Image

Kondisi hujan aspal hitam, pada kondisi ini, seterang apapun cahaya lampu yang jatuh ke jalan seolah-olah akan terserap oleh aspal hitam pekat. Hal ini diperparah apabila temperatur warna yang dipakai juga tinggi, semakin ga keliatan. Mobil ber-output lebar dengan proyektor akan diuntungkan pada kondisi seperti ini karena nyala lampu yang lebar sehingga menjangkau bagian pinggir jalan unuk dijadikan acuan.
Berarti kalau aspalnya hitam pekat lebih baik pake temperatur warna rendah (halogen) ya?
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by slapnuts »

Taufiq6210 wrote: Mon Apr 06, 2020 11:18
slapnuts wrote: Mon Apr 06, 2020 11:10 Image

Kondisi hujan aspal hitam, pada kondisi ini, seterang apapun cahaya lampu yang jatuh ke jalan seolah-olah akan terserap oleh aspal hitam pekat. Hal ini diperparah apabila temperatur warna yang dipakai juga tinggi, semakin ga keliatan. Mobil ber-output lebar dengan proyektor akan diuntungkan pada kondisi seperti ini karena nyala lampu yang lebar sehingga menjangkau bagian pinggir jalan unuk dijadikan acuan.
Berarti kalau aspalnya hitam pekat lebih baik pake temperatur warna rendah (halogen) ya?
Yes, lebih baik lagi hid bertemperatur rendah antara 3000K-4300K karena cahaya lebih pekat dibanding halogen
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by bsetiawan »

slapnuts wrote: Mon Apr 06, 2020 11:10 Maaf apabila gambar ilustrasinya jelek, maklum hanya sekedar corat-coret dari iPad ✌️
Illustrasinya sangat jelas dan mantap :big_exellent: :big_exellent:
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Pororo »

slapnuts wrote: Mon Apr 06, 2020 11:10
bsetiawan wrote: Mon Apr 06, 2020 9:18
josomba wrote: Mon Apr 06, 2020 4:11
Setuju banget om
Sesuai dengan hukum fisika yang pernah dipelajari bahwa cahaya bergerak merambat lurus, kecuali ada media tertentu yang dapat membiaskannya.

Image

Pada kondisi jalan kering, cahaya lampu akan dengan mudah dipantulkan kembali ke mata pengemudi sehingga jalan telihat

Image
Pada kondisi jalan basah karena air, sifat air akan menjadikan jalan bagaikan cermin yang siap memantulkan cahaya yang datang sebesar sudut datangnya. Nah cahaya yang datang dari pengemudi A akan diterima pengemudi B di depannya. Pada kondisi seperti ini nyala lampu masih sedikit terlihat karena terbantu oleh pantulan air di jalan. Mobil dengan proyektor dan output lebar akan lebih nyaman karena sinar dapat menjangkau sisi kanan-kiri jalan sehingga patokan masih terlihat walau sinar lampu di jalan ga terlihat.

Image

Ilustrasinya terlihat ketika menyalakan senter ke sebuah cermin, sinar lampu senter akan memantul sempurna sesuai besaran sudut datang yang diterima cermin. Kondisi ini berlaku di jalan meski sinar ga sempurna memantul 100 persen dikarenakan jalan berair tidak sesempurna cermin dalam memantulkan bayangan. Apalagi adanya refraksi pada jalan sehingga membuat cahaya yang jatuh tidak akan diterima sempurna ke mata kita.

Image

Foto pantulan sinar mobil yang berlawanan ke jalan yang langsung diterima mata.

Image

Kondisi hujan aspal hitam, pada kondisi ini, seterang apapun cahaya lampu yang jatuh ke jalan seolah-olah akan terserap oleh aspal hitam pekat. Hal ini diperparah apabila temperatur warna yang dipakai juga tinggi, semakin ga keliatan. Mobil ber-output lebar dengan proyektor akan diuntungkan pada kondisi seperti ini karena nyala lampu yang lebar sehingga menjangkau bagian pinggir jalan unuk dijadikan acuan.


Maaf apabila gambar ilustrasinya jelek, maklum hanya sekedar corat-coret dari iPad ✌️
Great ilustration and explaination.... :big_exellent: :big_exellent:
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Pororo »

Malam pertama bersama....LED
Sebelumnya saya mohon maaf ini sekedar review pengalaman saya memakai HL LED tidak ada foto, ilustrasi dsb (waktu yang singkat dan yang utama memang malas)
Barang sampai siang, sore mulai operasi ganti. Ambil selotip kertas seadanya, posisi mobil asal, hidupin lampu lama (halogen) terlihat garis batas miring, kasi tanda, matikan.
Copot mulai pasang lampu LED, agak susah terganjal moncong karet penutup pada bagian pinggang LED. Tekan-dorong paksa akhirnya masuk diposisinya.
Test nyala, di dinding LED terlihat jauh lebih terang kira-kira 2x halogen tapi....pola LED berantakan diatas tanda halogen dan tidak ada garis tegas... GAWAT... mulai kecut nyali, dengan cahaya seperti ini alamat disumpahin orang dijalan
Cabut LED...Lepas karet penutup coba pasang tanpa itu.... Wallaa.... Sinar rapi... batas jelas bahkan garis V-nya lebih panjang ketas
O berarti karena ketahan moncong karet tadi dan memang posisi ring karet bawaan juga belum nampak
Solusi potong dikit moncong karet bawaan sedikit kira2 3-4 mm, pasang lagi, ngga perlu tekan paksa seperti awal tadi
Sinar yang diharapkan muncul juga... lega...
Pasang yang sebelahnya... potong moncong karet sebelumnya. Jess langsung rapi garis batasnya, bahkan lebih rapi dari yang kiri
Puter-puter dikit yang kiri.... ternyata puetr dikit kalo ngga pas bisa langsung berantakan sinarnya.
Atur-atur tapi dalam hati sudah pede sepertinya ngga akan bikin silau lawan... pas azan magrib... yo wes....
Tunggu gelap dikit pengen tes jalan...
Lewat rute biasa... mata saya langsung terasa lebih rileks, adem liat warna putih
Oh teryata selama ini mata lumayan berjuang juga dengan sinar kuning halogen (poin plus pertama)
Lebih terang dari halogen... untuk yang saya pakai ini iya ada peningkatan tapi ngga ngejreng banget pake rasa-rasa paling 20-30% lah (oke lah ada harga ada rupa)
Dijalan yang sepi dan minim cahaya terasa terangnya
Poin lain yang saya suka adalah lebarnya sapuan cahaya LED sehingga bahu jalan kiri-kanan nampak jelas
Ini beda dengan halogen dimana rasanya tidak selebar itu
Masuk kejalan yang ramai dan penuh lampu jalan saya mulai bertanya-tanya mana lampu mobil saya ??
Tapi lucunya saya bisa melihat jalan dengan cukup jelas diantara sela-sela lmpu jalan satu dan yang lain
Mulai coba jejerin mobil dengan motor dan mobil lain,,, Ada lampunya, bahkan rasanya lebih terang dikit dari halogen mobil lain
Lucunya ada perasaan mencari-cari mana lampu mobil saya nih... tapi jalan didepan saya terlihat cukup jelas tidak ada masalah
Tebakan saya ini mungkin karena pengaruh warna putih dimana mata cendrung "biasa" dengan warna ini
Dengan halogen kita berasa "beda" karena berkas lampu kuning yang cendrung tidak natural dengan sekitarnya sehingga mudah ditangkap
Jadi versi saya lampu LED ini kesannya "bekerja dengan senyap"
Dilingkungan yang cendrung ramai saya bisa melihat jalan dengan jelas tapi bertanya-tanya mana lampu mobil saya
Di lingkungan yang gelap terangnya terasa dan poin lebar yang saya suka
o Ya ternyata lampu LED ini Fanass juga ya, pada saat saya setel-setel diawal tadi putar-putar lampunya pegang cover pendinginnya panas juga padahal tes nyala bentar saja. Habis jalan-jalan sekitar 30 menitan saya ngga mau pegang lagi... saya percaya itu fanass
Kipasnya pas awal sama sekali tidak terdengar habis keliling mati mesin baru terdengar suaranya tapi overall cendrung minim suaranya, mesin on ngga akan terdengar.
O ya minus lain yang terasa ada interferensi ke radio sinyal radio jadi hilang saat lampu ini menyala, but it's ok bisa puter lagu tanpa masalah

Akhir kata dengan budget yang setara halogen performa saya pribadi puas
Saya suka mata yang lebih rilek, lebar sapuannya di lingkungan yang gelap berasa terangnya (lebih dari halogen)
Di tempat terang saya bertanya-tanya mana berkas lampu mobil saya tapi jalan bisa dilihat jelas (saya harus belajar cuek untuk ini)
Berharap lampu ini bisa awet dan mudah-mudahan performanya tidak turun terlalu banyak hohoho
Panjang juga jadinya ya....sekian terimakasih
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kunaskun »

josomba wrote: Mon Apr 06, 2020 4:11 bener kata om Kandlcorp

Kalau lawan hujan nembus atau tidak, sepengetahuan ane color temp lebih pengaruh ... Contoh foglamp dibuat kuning pisan alias color temp <= 3000K supaya ga mantul balik ntuh cahaya di antara kabut......

Kalau pake LED yg rata2 5800K and up, pasti jd redup kalau di tengah hujan...

CMIIW.... hanya berdasarkan pengalaman pribadi aja :ungg:

Nah kalau LED yg dikasih bungkus/shield tabung warna kuning, sehingga bisa setara 4000K itu lain cerita.
kalau mau warna putih kisaran 4000K keatas untuk terangi aspal hitam ketika hujan2an itu cuma bisa di HID yg watt besar dan branded/OE grade. pengalaman temen si gitu ya yg hobi turing ke luar kota via pantura. karena intensitas output HID itu bisa tembus 2500-3000 lux. LED branded saja ga sampe segitu, dan ketika hujan besar blas ga kelihatan itu jalanan karena intensitasnya kalah dengan derasnya hujan dan pekatnya aspal.

foglamp sendiri kalau bawaan mobil setahu saya biasanya sifat sebaran cahayanya (di luar pake sumber cahaya jenis apa ya) termasuk kategori driving light. makanya kadang dikasi warna kuning pekat all-season sekalipun tetap tidak tembus karena memang sebaran cahanya tidak fokus tapi menyebar, kalaupun kelihatan lebih kearah karena warna semakin mendekati merah, secara alami mata manusia lebih sensitif ke warna merah.
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kandlcorp »

Pororo wrote: Tue Apr 07, 2020 14:07 Malam pertama bersama....LED
Sebelumnya saya mohon maaf ini sekedar review pengalaman saya memakai HL LED tidak ada foto, ilustrasi dsb (waktu yang singkat dan yang utama memang malas)
Barang sampai siang, sore mulai operasi ganti. Ambil selotip kertas seadanya, posisi mobil asal, hidupin lampu lama (halogen) terlihat garis batas miring, kasi tanda, matikan.
Copot mulai pasang lampu LED, agak susah terganjal moncong karet penutup pada bagian pinggang LED. Tekan-dorong paksa akhirnya masuk diposisinya.
Test nyala, di dinding LED terlihat jauh lebih terang kira-kira 2x halogen tapi....pola LED berantakan diatas tanda halogen dan tidak ada garis tegas... GAWAT... mulai kecut nyali, dengan cahaya seperti ini alamat disumpahin orang dijalan
Cabut LED...Lepas karet penutup coba pasang tanpa itu.... Wallaa.... Sinar rapi... batas jelas bahkan garis V-nya lebih panjang ketas
O berarti karena ketahan moncong karet tadi dan memang posisi ring karet bawaan juga belum nampak
Solusi potong dikit moncong karet bawaan sedikit kira2 3-4 mm, pasang lagi, ngga perlu tekan paksa seperti awal tadi
Sinar yang diharapkan muncul juga... lega...
Pasang yang sebelahnya... potong moncong karet sebelumnya. Jess langsung rapi garis batasnya, bahkan lebih rapi dari yang kiri
Puter-puter dikit yang kiri.... ternyata puetr dikit kalo ngga pas bisa langsung berantakan sinarnya.
Atur-atur tapi dalam hati sudah pede sepertinya ngga akan bikin silau lawan... pas azan magrib... yo wes....
Tunggu gelap dikit pengen tes jalan...
Lewat rute biasa... mata saya langsung terasa lebih rileks, adem liat warna putih
Oh teryata selama ini mata lumayan berjuang juga dengan sinar kuning halogen (poin plus pertama)
Lebih terang dari halogen... untuk yang saya pakai ini iya ada peningkatan tapi ngga ngejreng banget pake rasa-rasa paling 20-30% lah (oke lah ada harga ada rupa)
Dijalan yang sepi dan minim cahaya terasa terangnya
Poin lain yang saya suka adalah lebarnya sapuan cahaya LED sehingga bahu jalan kiri-kanan nampak jelas
Ini beda dengan halogen dimana rasanya tidak selebar itu
Masuk kejalan yang ramai dan penuh lampu jalan saya mulai bertanya-tanya mana lampu mobil saya ??
Tapi lucunya saya bisa melihat jalan dengan cukup jelas diantara sela-sela lmpu jalan satu dan yang lain
Mulai coba jejerin mobil dengan motor dan mobil lain,,, Ada lampunya, bahkan rasanya lebih terang dikit dari halogen mobil lain
Lucunya ada perasaan mencari-cari mana lampu mobil saya nih... tapi jalan didepan saya terlihat cukup jelas tidak ada masalah
Tebakan saya ini mungkin karena pengaruh warna putih dimana mata cendrung "biasa" dengan warna ini
Dengan halogen kita berasa "beda" karena berkas lampu kuning yang cendrung tidak natural dengan sekitarnya sehingga mudah ditangkap
Jadi versi saya lampu LED ini kesannya "bekerja dengan senyap"
Dilingkungan yang cendrung ramai saya bisa melihat jalan dengan jelas tapi bertanya-tanya mana lampu mobil saya
Di lingkungan yang gelap terangnya terasa dan poin lebar yang saya suka
o Ya ternyata lampu LED ini Fanass juga ya, pada saat saya setel-setel diawal tadi putar-putar lampunya pegang cover pendinginnya panas juga padahal tes nyala bentar saja. Habis jalan-jalan sekitar 30 menitan saya ngga mau pegang lagi... saya percaya itu fanass
Kipasnya pas awal sama sekali tidak terdengar habis keliling mati mesin baru terdengar suaranya tapi overall cendrung minim suaranya, mesin on ngga akan terdengar.
O ya minus lain yang terasa ada interferensi ke radio sinyal radio jadi hilang saat lampu ini menyala, but it's ok bisa puter lagu tanpa masalah

Akhir kata dengan budget yang setara halogen performa saya pribadi puas
Saya suka mata yang lebih rilek, lebar sapuannya di lingkungan yang gelap berasa terangnya (lebih dari halogen)
Di tempat terang saya bertanya-tanya mana berkas lampu mobil saya tapi jalan bisa dilihat jelas (saya harus belajar cuek untuk ini)
Berharap lampu ini bisa awet dan mudah-mudahan performanya tidak turun terlalu banyak hohoho
Panjang juga jadinya ya....sekian terimakasih
Selamat bergabung om hehe..
Kalo newbie boleh cermati, kemungkinan cara pasang nya agak beda nih.
Gatau sm atau engga.
Dl punya h4 reflektor mitsubishi mirage, karetnya dicopot dulu, terus pasang dl dudukan lednya (tanpa bohlam), dikunci, baru pasang karet, terakhir baru led nya. Biasanya jadi pas. Kalo urutannya terbalik, biasanya akan jadi kendala
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Pororo »

kandlcorp wrote: Tue Apr 07, 2020 14:36
Selamat bergabung om hehe..
Kalo newbie boleh cermati, kemungkinan cara pasang nya agak beda nih.
Gatau sm atau engga.
Dl punya h4 reflektor mitsubishi mirage, karetnya dicopot dulu, terus pasang dl dudukan lednya (tanpa bohlam), dikunci, baru pasang karet, terakhir baru led nya. Biasanya jadi pas. Kalo urutannya terbalik, biasanya akan jadi kendala
Sama caranya Om
Begitu juga susunan acaranya :big_grin:
Cuma dikaret saya, bibir lobang tsb cukup pajang jadi menghambat proses pengunciannya
Entah juga saya yang males efford nariknya lagi
Jadi saya kurangi saja panjang bibir tsb dgn cara digunting
Masuk kategori treatmen ringan sih om tidak merusak/memperbesar diameter lubang karet cuma disunat aja :big_slap: