Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 12:57
Aih si mbah rahasia2an,
tak kirimin foto ozy syahputra neh
aih, tu orang mah ngeri.... ik suka lekong beneran dong yang jantan...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 12:57
Aih si mbah rahasia2an,
tak kirimin foto ozy syahputra neh
sy tanya di mobil mbah yg mobilio mbah.Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 12:56Klo di mobil lain, sy blm prnh lakuin.Omnibus wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 12:13mbah, pernah coba lakuin sendiri belom?Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 4:57 ........
Caranya (setelah ngisi cvtf):
1. buka baut lubang untuk ngukur atf level yg ada di girboks
2. Pastikan gakda cairan yg keluar dr lubang tsb
(artinya atf dah di titik maksimal, dan klo masih ada lendir yg keluar dr lubang tsb, artinya atf masih di atas titik maksimal)
3. Tutup lobang tsb
itu check bolt antik lho. pas kita tungguin keluar dia ga ada keluar alias kosong, pdhl udah diisi sampe 4L. perlu mantra khusus baru bisa keluar n yg tau cuma mbah delko.
sy sm mbah marmut pernah bahas ginian di PM, kita sama2 ngalamin hal yg sama.
Krn mbl lain ada dipstick dan rulesnya
Di lio mah normal mbah,Omnibus wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 13:07sy tanya di mobil mbah yg mobilio mbah.Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 12:56Klo di mobil lain, sy blm prnh lakuin.Omnibus wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 12:13
mbah, pernah coba lakuin sendiri belom?
itu check bolt antik lho. pas kita tungguin keluar dia ga ada keluar alias kosong, pdhl udah diisi sampe 4L. perlu mantra khusus baru bisa keluar n yg tau cuma mbah delko.
sy sm mbah marmut pernah bahas ginian di PM, kita sama2 ngalamin hal yg sama.
Krn mbl lain ada dipstick dan rulesnya
gini2Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 13:10Di lio mah normal mbah,Omnibus wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 13:07sy tanya di mobil mbah yg mobilio mbah.Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 12:56
Klo di mobil lain, sy blm prnh lakuin.
Krn mbl lain ada dipstick dan rulesnya
Angkat pakai hidrolis.
Mesin off, gigi posisi P.
Sy minta tolong aja teknisinya
Ni mbah delko kelep klo gak ngasih tau, tak kirimin foto ozy jembatan ancol
Q8 Auto JK masih comply kok om sama AW1, sampe sekarang sih formulasi masih percis sama dulu. Cuma memang kalau pake MV sih lebih bagus.erwinign wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 1:57Salah satunya saya korbannya om asal tuang karter 3317. Akhirnya ganti q8 auto jk waktu masi comply ke AW1, sampe sekarang josss gandos. Udh saya kuras ke q8 sebelum keadaan tambah memburukkino wrote: ↑Sun Dec 05, 2021 7:11nah itu bener sekali
kemarin ane sudah ke beres sijuki di tes sama sa nya jalan muter2 ternyata hasilnya normal tidak ada tanda2 salah spek oli
sambil jalan si sa malah ngomong ini mobil harusnya pake atf 3317 bukan aw-1?! walah
kalo sa beres sijuki aja nyaranin 3317 gimana customernya yg awam manut aja itu kalo gak tau jenis olinya harus aw-1
Saya perna tanya sama spv mekaniknya soal oli ini, dia cuma bilang "BIASANYA atf ertiga yg penting udah dex 3"
Ati2 kl cari ertiga matic bekas, byk yg gini. Pdhl di buku panduan udh jelas, di dipstick atfnya jelas ketulis AW1. Minta saya colok pake dipsticknya itu kalo SAnya ngeyel
ai malah lupa rahasia nya mbahmarmut wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 12:43Omnibus wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 12:13
mbah, pernah coba lakuin sendiri belom?
itu check bolt antik lho. pas kita tungguin keluar dia ga ada keluar alias kosong, pdhl udah diisi sampe 4L. perlu mantra khusus baru bisa keluar n yg tau cuma mbah delko.
sy sm mbah marmut pernah bahas ginian di PM, kita sama2 ngalamin hal yg sama.
mbahcicing maneh... sumpah pocong awas kalo bocorin rahasia.DOHC
naini diaa ..... baru tuh bisa ngocor keluar dr check hole nyaDOHC wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 13:22gini2Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 13:10Di lio mah normal mbah,
Angkat pakai hidrolis.
Mesin off, gigi posisi P.
Sy minta tolong aja teknisinya
Ni mbah delko kelep klo gak ngasih tau, tak kirimin foto ozy jembatan ancol
saya kasi tau r a h a s i a nya
pas ganti nya wajip di malem kemis pon, dan wajip berawan, lebi bagus lg kl bsa nge liat ada kucing item liwat
nahh trus pas ganti nya, jgn lupa taro roko tjap geledek, minyak wangi tjap bunga ros, ama pisang mas sesisir
Migor sama margarinnya kok gak adaa?
sudilahh kiranya membuat hamba paham huuOmnibus wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 11:27anda yg belum ngerti berarti ......touchme wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 7:25cvt ahond pake baut check level lagi ga om? enak si ini kalo cuma nunggu ga ada cvtf ngalir artinya dah ok.Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 4:57
Klo jarang ganti cvtf, atau ganti merk.
cukup 2x tap aja.
Pastikan teknisi melakukan SOP, untuk cek level atf jgn kelebihan.
Caranya (setelah ngisi cvtf):
1. buka baut lubang untuk ngukur atf level yg ada di girboks
2. Pastikan gakda cairan yg keluar dr lubang tsb
(artinya atf dah di titik maksimal, dan klo masih ada lendir yg keluar dr lubang tsb, artinya atf masih di atas titik maksimal)
3. Tutup lobang tsb
kalo di yoyota, begitu buka baut pan langsung ngocor cvtf sekitar 700-800ml. ini kondisi baru blom pernah dibuka ya.. jd asumsi dari oli bawaan ya uda segitu jumlahnya (lebih dari baut check level). aneh emang kalo dipikir apa gunanya baut check level secara dari aslinya juga diisi lebih dari itu.. wkwk.
buka baut check hrs dlm suhu atf tertentu n dlm kondisi mesin nyala. suhu atf tertentu itu dibaca pake scanner atau bisa juga cara manual masuk ke service mode nanti ikutin perintah sesuai indikator gigi di dashboard.
Waktu jaman honda masih ada dipstick,Omnibus wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 2:28buka baut check hrs dlm suhu atf tertentu n dlm kondisi mesin nyala. suhu atf tertentu itu dibaca pake scanner atau bisa juga cara manual masuk ke service mode nanti ikutin perintah sesuai indikator gigi di dashboard.
yg jelas caranya ribed om, bukan main langsung buka itu check bolt. kl pagi dibuka trus ngocor bukan artinya dia overfill, bisa jd malah sebetulnya sdh tepat. krn suhu atf penting.
nah di jess sy yg pertama kali ganti bener begitu n bisa keluar. begitu yg kedua kali, caranya sama tp ga keluar. tambahin lagi msh ga keluar. tambah lagi msh ga keluar. sampe 4L trus diem n berfikir keras, ini ga bener nih wakakakakaka. besok paginya mesin dingin sy buka, langsung ngocor banyak yg kemaren kepenuhan. disitulah anehnya mbah.Suryaputra wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 2:44
Tp di lio ini, baut check dibuka setelah diisi atf cvt 3,5 liter,
Dalam kondisi mesin agak hangat, keluar sekitar 100ml.
Berarti atf yg terpakai sekitar 3,4 liter.
Dan dicek manual book sesuai mbah.
Kapasitasnya 3,4 liter
Suryaputra wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 2:44
Waktu jaman honda masih ada dipstick,
Ada indikator hot dan cold.
Jd bisa diukur, posisi yg pas ketika hot dan cold emang beda.
Tp di lio ini, baut check dibuka setelah diisi atf cvt 3,5 liter,
Dalam kondisi mesin agak hangat, keluar sekitar 100ml.
Berarti atf yg terpakai sekitar 3,4 liter.
Dan dicek manual book sesuai mbah.
Spesifikasi ganti 3,4 liter
Itu creepy sihOmnibus wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 3:17nah di jess sy yg pertama kali ganti bener begitu n bisa keluar. begitu yg kedua kali, caranya sama tp ga keluar. tambahin lagi msh ga keluar. tambah lagi msh ga keluar. sampe 4L trus diem n berfikir keras, ini ga bener nih wakakakakaka. besok paginya mesin dingin sy buka, langsung ngocor banyak yg kemaren kepenuhan. disitulah anehnya mbah.Suryaputra wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 2:44
Tp di lio ini, baut check dibuka setelah diisi atf cvt 3,5 liter,
Dalam kondisi mesin agak hangat, keluar sekitar 100ml.
Berarti atf yg terpakai sekitar 3,4 liter.
Dan dicek manual book sesuai mbah.
Kapasitasnya 3,4 liter
n krn keluarnya kurleb 700ml berarti cuma 3.3L yg masuk, sy tambahin lagi 100ml spy 3.4L.
lhaa ini dia yang ane kelewat... buka pan pertama pas kondisi dingin. jd harusnya sama kaya waktu check level ya om?Omnibus wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 2:28buka baut check hrs dlm suhu atf tertentu n dlm kondisi mesin nyala. suhu atf tertentu itu dibaca pake scanner atau bisa juga cara manual masuk ke service mode nanti ikutin perintah sesuai indikator gigi di dashboard.
yg jelas caranya ribed om, bukan main langsung buka itu check bolt. kl pagi dibuka trus ngocor bukan artinya dia overfill, bisa jd malah sebetulnya sdh tepat. krn suhu atf penting.
nah kl sdh pakai prosedur yg betul ya udah jangan dibuka2 lagi pas mobil dingin. hehehe nyari kerjaan itu namanya. ntar musti ritual lagi lho.touchme wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 4:18lhaa ini dia yang ane kelewat... buka pan pertama pas kondisi dingin. jd harusnya sama kaya waktu check level ya om?Omnibus wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 2:28buka baut check hrs dlm suhu atf tertentu n dlm kondisi mesin nyala. suhu atf tertentu itu dibaca pake scanner atau bisa juga cara manual masuk ke service mode nanti ikutin perintah sesuai indikator gigi di dashboard.
yg jelas caranya ribed om, bukan main langsung buka itu check bolt. kl pagi dibuka trus ngocor bukan artinya dia overfill, bisa jd malah sebetulnya sdh tepat. krn suhu atf penting.
untuk next stepnya kayanya si udah akur sama yang om jelasin. ribet emang nih harus jumper jumperan obd segala buat masuk service mode.. uda berapa kali tetep degdegan salah colok pin
Harusnya kalau panas bukannya memuai ya mbah? Kok pas mesin dingin malah ngocor?Omnibus wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 3:17nah di jess sy yg pertama kali ganti bener begitu n bisa keluar. begitu yg kedua kali, caranya sama tp ga keluar. tambahin lagi msh ga keluar. tambah lagi msh ga keluar. sampe 4L trus diem n berfikir keras, ini ga bener nih wakakakakaka. besok paginya mesin dingin sy buka, langsung ngocor banyak yg kemaren kepenuhan. disitulah anehnya mbah.Suryaputra wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 2:44
Tp di lio ini, baut check dibuka setelah diisi atf cvt 3,5 liter,
Dalam kondisi mesin agak hangat, keluar sekitar 100ml.
Berarti atf yg terpakai sekitar 3,4 liter.
Dan dicek manual book sesuai mbah.
Kapasitasnya 3,4 liter
n krn keluarnya kurleb 700ml berarti cuma 3.3L yg masuk, sy tambahin lagi 100ml spy 3.4L.
maka itu ...... aneh kansintoni wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 8:52Harusnya kalau panas bukannya memuai ya mbah? Kok pas mesin dingin malah ngocor?Omnibus wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 3:17nah di jess sy yg pertama kali ganti bener begitu n bisa keluar. begitu yg kedua kali, caranya sama tp ga keluar. tambahin lagi msh ga keluar. tambah lagi msh ga keluar. sampe 4L trus diem n berfikir keras, ini ga bener nih wakakakakaka. besok paginya mesin dingin sy buka, langsung ngocor banyak yg kemaren kepenuhan. disitulah anehnya mbah.Suryaputra wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 2:44
Tp di lio ini, baut check dibuka setelah diisi atf cvt 3,5 liter,
Dalam kondisi mesin agak hangat, keluar sekitar 100ml.
Berarti atf yg terpakai sekitar 3,4 liter.
Dan dicek manual book sesuai mbah.
Kapasitasnya 3,4 liter
n krn keluarnya kurleb 700ml berarti cuma 3.3L yg masuk, sy tambahin lagi 100ml spy 3.4L.
Hondo wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 9:08 permisi om,
nubie numpang tanya ni kalau avanza veloz 1.5 taun 2017, di manual book tertulis nya bisa pilih T-IV dan Dexron 3. kondisi KM 60.000, belum pernah ganti ATF sama sekali, masih oli bawaan pabrik.
sekarang kalau mau kuras dan ganti yang lebih encer, misal nya PTT Automat LV-1 (kelas WS ini klo gak salah) itu kira kira apakah jadi lebih enak? atau malah jadi bikin cepet rusak?
Klo mau experimen, dan bukan mbl satu2nya,Hondo wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 9:08 permisi om,
nubie numpang tanya ni kalau avanza veloz 1.5 taun 2017, di manual book tertulis nya bisa pilih T-IV dan Dexron 3. kondisi KM 60.000, belum pernah ganti ATF sama sekali, masih oli bawaan pabrik.
sekarang kalau mau kuras dan ganti yang lebih encer, misal nya PTT Automat LV-1 (kelas WS ini klo gak salah) itu kira kira apakah jadi lebih enak? atau malah jadi bikin cepet rusak?