W212 Mercy tua yg msh berkelas

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6032
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by BADAK »

farizfsa wrote: Sat Jul 19, 2025 3:30
BADAK wrote: Sat Jul 19, 2025 1:50 Halooo.. ijin nimbrug. Setelah hunting beberapa bulan akhirnya dapat jd unit yg saya inginkan W212 E300 Avg Paladium Silver. Kebetulan lg seperti waktu dulu beli boxer, dapetnya jg di dekat kota tempat tinggal.

Sempat berpikir cukup lama untuk angkat ini mobil, karena benernya hanya untuk hobby aja, dan pajaknya termasuk mahal untuk mobil tua. Sengaja cari yg W212 E300 non FL karena demen aja modelnya, grill nya yg masih berdiri tegak. Hahaha.
Dari beberapa unit yg dicari, yg ini harga nya paling rasional dengan kondisi yg termasuknya bagus. Beberapa unit mint dgn kondisi diatasnya selisihnya kisaran 50-100jt. Ya udah gua pikir mending selisihnya buat biaya restorasi aja.

Tantangannya kalo di saya adalah bengkel spesialis tidak ada, karena saya stay di daerah atau bisa dibilang kota kecil. Yg mana parts kalo beli harus via online. Tp nekad aja deh, toh saya memang udah belasan tahun kerja di bidang spare part walopun sparepart nya bidang mobil umum.

Saat ini saya membutuhkan informasi untuk fanbelt ukuran real nya berapa kah? Karena udah cek via tokoijo dan chatgpt
Koq dikasih nya ukurannya beda2, jd takut salah.
Sama berikutnya untuk shock lebih nyaman pakai Sachs atau Billstein?
:thanks:
Beli sachs kl cari empuk om
Ok. Noted.
Sachs sesuai OEM nya ya. Apakah tipe elegance n avg, E300 n E250 jg sama semua shock nya?
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 922
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

setau asya shock sama, per nya aja yang beda
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6032
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by BADAK »

Ok thx infonya. Udah saya pesan depan n blk merk Sachs.
Baru pegang 2 minggu udah abis 15jt buat nyicil peremajaan.
Ganti filter udara Ori, filter oli Mann, filter cabin Bosch, oli Liqui Moly, shock dpn n blk Sachs +boot2 shock Sachs
, stopper dpn blk, shock kap mesin Stabilus, engine n trans mounting Lemforder. PR berikutnya kyk nya perlu ganti kampas rem n disc brake jg.
Oiya untuk penggantian oli kemarin saya lihat di web katanya perlu sekitar 7.5lt, di chatgpt 8.5lt, tapi real nya ternyata 7lt sudah dibatas normal. Tapi demi amannya kemarin saya tambahin lg jd 7.5lt. Emang yg bener harusnya berapa lt yah?
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3147
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

BADAK wrote: Mon Jul 21, 2025 6:47 Ok thx infonya. Udah saya pesan depan n blk merk Sachs.
Baru pegang 2 minggu udah abis 15jt buat nyicil peremajaan.
Ganti filter udara Ori, filter oli Mann, filter cabin Bosch, oli Liqui Moly, shock dpn n blk Sachs +boot2 shock Sachs
, stopper dpn blk, shock kap mesin Stabilus, engine n trans mounting Lemforder. PR berikutnya kyk nya perlu ganti kampas rem n disc brake jg.
Oiya untuk penggantian oli kemarin saya lihat di web katanya perlu sekitar 7.5lt, di chatgpt 8.5lt, tapi real nya ternyata 7lt sudah dibatas normal. Tapi demi amannya kemarin saya tambahin lg jd 7.5lt. Emang yg bener harusnya berapa lt yah?
seinget saya itu mesin v6 nya mercy minta hampir 8 liter, saya terakhir pake w212 e300 tidak pernah beli diatas 8 liter oli sih, itu sudah termasuk ganti filter. jd kayanya 8.5 liter ga mungkin.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 922
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

gpp om peremajaan itu memang perlu, ga mau dong naik mb tapi rasa nya kayak gerobak he he he. arm2/balljoint nya sekalian diganti itu, klo blom pernah diganti takutnya udah pada aus. kayaknya sy wkt itu abis 20jt deh rombak kaki2. saya pribadi sih lebih cocok ke bilstein b4 yang lebih firm, dulu pernah pake sasch buat saya terlalu empuk... terlalu ngayun2. tapi ini ya selera sih.

soal oli mesin sih klo ke bengkel spesialis biasnaya beli 8 liter, diisi 7.5 liter.

klo dikota om jarang ada bengkel spesialis, alangkah baiknya invest di scanner mb. biar ga salah diagnosa klo ada masalah. https://www.amazon.com/LAUNCH-Elite-2-0 ... 7Q7YP?th=1

ini jg bisa coding tipis2 kayak matiin timer ac recirculation, rubah L/100km ke km/liter dll.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6032
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by BADAK »

farizfsa wrote: Mon Jul 21, 2025 7:36
BADAK wrote: Mon Jul 21, 2025 6:47 Ok thx infonya. Udah saya pesan depan n blk merk Sachs.
Baru pegang 2 minggu udah abis 15jt buat nyicil peremajaan.
Ganti filter udara Ori, filter oli Mann, filter cabin Bosch, oli Liqui Moly, shock dpn n blk Sachs +boot2 shock Sachs
, stopper dpn blk, shock kap mesin Stabilus, engine n trans mounting Lemforder. PR berikutnya kyk nya perlu ganti kampas rem n disc brake jg.
Oiya untuk penggantian oli kemarin saya lihat di web katanya perlu sekitar 7.5lt, di chatgpt 8.5lt, tapi real nya ternyata 7lt sudah dibatas normal. Tapi demi amannya kemarin saya tambahin lg jd 7.5lt. Emang yg bener harusnya berapa lt yah?
seinget saya itu mesin v6 nya mercy minta hampir 8 liter, saya terakhir pake w212 e300 tidak pernah beli diatas 8 liter oli sih, itu sudah termasuk ganti filter. jd kayanya 8.5 liter ga mungkin.
Wahh kalo gitu udah tepat yah saya minta diisikan 7.5lt. Hehehe.
Owner sebelumnya udah cerita kalo selama pegang 3th memang belum pernah ganti oli karena belum sampai 5000km. Dan setelag saya tap oli nya ternyata yg keluar hanya 6lt. Ketika dicek memang ada sedikit rembesan di bagian calter. :big_dunno:
tesna wrote: Mon Jul 21, 2025 7:36 gpp om peremajaan itu memang perlu, ga mau dong naik mb tapi rasa nya kayak gerobak he he he. arm2/balljoint nya sekalian diganti itu, klo blom pernah diganti takutnya udah pada aus. kayaknya sy wkt itu abis 20jt deh rombak kaki2. saya pribadi sih lebih cocok ke bilstein b4 yang lebih firm, dulu pernah pake sasch buat saya terlalu empuk... terlalu ngayun2. tapi ini ya selera sih.

soal oli mesin sih klo ke bengkel spesialis biasnaya beli 8 liter, diisi 7.5 liter.

klo dikota om jarang ada bengkel spesialis, alangkah baiknya invest di scanner mb. biar ga salah diagnosa klo ada masalah. https://www.amazon.com/LAUNCH-Elite-2-0 ... 7Q7YP?th=1

ini jg bisa coding tipis2 kayak matiin timer ac recirculation, rubah L/100km ke km/liter dll.
Iya om ini masih nyicil2 dulu biar gak kaget langsung keluar duit banyak. Hahaha.
Kemarin waktu bawa pulang unit nya aja udah enak bgt make nya, pdhl belum ada peremajaan apa2, dan shock belakang mati 1 (info dr owner sebelumnya).
Ok siap ntar saya nabung dulu buat beli scanner nya. Sekarang PR nya masih cukup banyak, kemungkinan bakal habis 20-25jt buat peremajaan. Kemarin waktu cek unit sempat minta teman bengkel yg pny scanner untuk cek, dan hasilnya no malfunction. Yg tidak aktif hanya dynamic seat nya, diluar itu semua masih aktif. Next time pingin servis jg agar makin perfect condition.
stealthy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by stealthy »

Sedikit sharing bengkel dalam journey saya pertama kali ngerawat Mercy (W221)

Kebetulan kemarin mau ganti kaca film, tapi ketika mau dipasang, ternyata kaca film yang lama sudah baret2 yang disebabkan karena karet di dalam pintu nya sudah getas.

Mencari parts ini ternyata ngga gampang, saya coba tanya ke Toko XX di Gunung Sahari, ke Kurxx Jxxx di Blok M, Starxxx di Sunter, dan di tokped, tapi semua ngga ada yang punya.

Kemudian dapet rekomendasi ke Benz Pratama di Pluit, begitu contact owner nya (ko Chen2) dan beliau langsung bilang ada.

Janjian kesana, dan ga pake lama langsung dipasang, sekalian ganti filter AC dan wiper.

Dari hasil share biaya ke temen2 di komunitas sih rata2 pada bilang mahal, tapi menurut saya pribadi tetap ok karena ko Chen2 ini sangat OK untuk di ajak diskusi, dan ngga terlalu komersil. Contoh, beliau rekomen saya hanya ganti karet dalem pintu untuk kaca depan, karena yang belakang jarang dibuka, ada part lain yang saya explore mau diganti beliau bilang ga perlu, di benerin.

Wiper juga setelah saya ganti, kebetulan besok nya hujan dan kok jalan nya ga smooth, ga pake babibu beliau bilang bawa aja ke toko nanti di cek dan di ganti, dan betul saya kesana dan diganti.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6032
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by BADAK »

Om kalo mau kuras radiator coolant oli n matic habis nya berapa liter ya?
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1260
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ctopher7 »

BADAK wrote: Sat Jul 26, 2025 8:11 Om kalo mau kuras radiator coolant oli n matic habis nya berapa liter ya?
ini yang mau dikuras coolant, oli mesin atau atf om?
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6032
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by BADAK »

ctopher7 wrote: Sun Jul 27, 2025 6:34
BADAK wrote: Sat Jul 26, 2025 8:11 Om kalo mau kuras radiator coolant oli n matic habis nya berapa liter ya?
ini yang mau dikuras coolant, oli mesin atau atf om?
Semua. Oli mesin sudah. Saya isikan 7.5lt.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1260
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ctopher7 »

BADAK wrote: Sun Jul 27, 2025 12:07
ctopher7 wrote: Sun Jul 27, 2025 6:34
BADAK wrote: Sat Jul 26, 2025 8:11 Om kalo mau kuras radiator coolant oli n matic habis nya berapa liter ya?
ini yang mau dikuras coolant, oli mesin atau atf om?
Semua. Oli mesin sudah. Saya isikan 7.5lt.
saya kalo coolant beli yang mb approval 325.6 warna merah, diisi 1-2 liter sisanya pake amidis.

7g tronic saya kurang tau tapi kalo 9g tronic kmarin cari atf dengan mb approval 236.17 habis 10 botol + ganti pan yang berikut dengan filternya

oli cari yang mb approval 229.5, biasanya 0w40 atau 5w40 kapasitas sesuai buku panduan aja. kalo di m274 itu 7 liter uda sama ganti filter. kalo mau lebih akurat ya cek dipstick
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 922
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

serahkan ke bengkel spesialis terpercaya aja om. yg pasti semua cairannya harus sesuai dan mb approved.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6032
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by BADAK »

tesna wrote: Mon Jul 28, 2025 1:26 serahkan ke bengkel spesialis terpercaya aja om. yg pasti semua cairannya harus sesuai dan mb approved.
Bengkel spesialis ada nya di sby yg mana jaraknya sekitar 200km dr kota saya
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 922
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

BADAK wrote: Mon Jul 28, 2025 2:41
tesna wrote: Mon Jul 28, 2025 1:26 serahkan ke bengkel spesialis terpercaya aja om. yg pasti semua cairannya harus sesuai dan mb approved.
Bengkel spesialis ada nya di sby yg mana jaraknya sekitar 200km dr kota saya
main2 ke forum luar yg biasa DIY, atau cari di youtube video2 nya jadi bisa tau prosedur yang benar. Forum yg saya suka itu di mbworld.org maap klo saya kurang bs bantu karena saya serahkan ke bengkel ahahahhjaha

nilai2 torsi klo ngencengin baut itu yg biasa sy cari2 dulu sih, kayak kmrn ganti busi pastiin angka torsi nya sesuai spec
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1260
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ctopher7 »

tesna wrote: Tue Jul 29, 2025 1:31
BADAK wrote: Mon Jul 28, 2025 2:41
tesna wrote: Mon Jul 28, 2025 1:26 serahkan ke bengkel spesialis terpercaya aja om. yg pasti semua cairannya harus sesuai dan mb approved.
Bengkel spesialis ada nya di sby yg mana jaraknya sekitar 200km dr kota saya
main2 ke forum luar yg biasa DIY, atau cari di youtube video2 nya jadi bisa tau prosedur yang benar. Forum yg saya suka itu di mbworld.org maap klo saya kurang bs bantu karena saya serahkan ke bengkel ahahahhjaha

nilai2 torsi klo ngencengin baut itu yg biasa sy cari2 dulu sih, kayak kmrn ganti busi pastiin angka torsi nya sesuai spec
yess dan kalo mau detail + akurat ya kudu download wis/asra sama epc

di beberapa page lalu ada linknya (forum rusia), silahkan dicari sndiri

syaratnya gaboleh buta banget tentang komputer haha

saya kalo lg ke bengkel spesialis mreka ada softwarenya lengkap, sampe stardiag c4 pun ada