Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

DOHC wrote: Wed Feb 24, 2021 6:05
MSU wrote: Wed Feb 24, 2021 2:12
DOHC wrote: Mon Feb 22, 2021 15:36

nah itu yg sempet mbah omni kasi tau ke saya kapan ari yg lalu

perihal afw+ tp koq sapu jagat dr t4 ke WS, padahal WS itu ga backward compatibility

entah ini si aisin sebodo teuing atau emg afw+ itu isinya ramuan dewa sapujagat

cuman slama ini sehh saya cemplungin afw+ ke ac60E ga ad masalah samsek jd yah sbodo aj lah, biar jantan mobilnya
nah ini yang saya juga heran...
akhirnya saya ttp pake T-IV utk kijang tua saya...drpd kenapa2..
Kijang yg innova seblom ribon ama gen sblom2 nya mmg bagusan t4 aj mbah

Lagian 4 speed jgn dikasi tralu encer. Apalagi kelas mobil barang gt..
noted om...btw berhubung buku manualnya ilang...akhirnya ngisi lagi by feeling & bolak balik cek sambil dipake jalan..
kaget juga abis hampir 4L..innova perasaan cm 2L-an ya..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

MSU wrote: Wed Feb 24, 2021 7:29
DOHC wrote: Wed Feb 24, 2021 6:05
MSU wrote: Wed Feb 24, 2021 2:12

nah ini yang saya juga heran...
akhirnya saya ttp pake T-IV utk kijang tua saya...drpd kenapa2..
Kijang yg innova seblom ribon ama gen sblom2 nya mmg bagusan t4 aj mbah

Lagian 4 speed jgn dikasi tralu encer. Apalagi kelas mobil barang gt..
noted om...btw berhubung buku manualnya ilang...akhirnya ngisi lagi by feeling & bolak balik cek sambil dipake jalan..
kaget juga abis hampir 4L..innova perasaan cm 2L-an ya..
4 liter normal om

Inofa lama , kijang lama emg pasti 4 literan

Malah honda2 jadul, mitsu2 jadul bsa 4 liter lebih

Justru yg 2 literan itu gen inofa ribon, fortuner ribon.. 2 .5 liter doank
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by midrpm »

Om kalo matic CVT macem hrv, jazz gk5, alphard, xtrail dll itu maticnya bsa di flushing juga ga ya seperti matic2 yg pake torque converter? atau cuma bsa di tap aja ya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

midrpm wrote: Wed Feb 24, 2021 20:43 Om kalo matic CVT macem hrv, jazz gk5, alphard, xtrail dll itu maticnya bsa di flushing juga ga ya seperti matic2 yg pake torque converter? atau cuma bsa di tap aja ya?
klo cvt honda yg om sebut, itu drain aja.
klo masih 1 merk HCF2, ganti tiap 2 thn sekali / 20rb km (max banget)

klo ganti merk, drain and refill 2x
jd butuh 2x lbh banyak.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by midrpm »

Suryaputra wrote: Wed Feb 24, 2021 22:29
midrpm wrote: Wed Feb 24, 2021 20:43 Om kalo matic CVT macem hrv, jazz gk5, alphard, xtrail dll itu maticnya bsa di flushing juga ga ya seperti matic2 yg pake torque converter? atau cuma bsa di tap aja ya?

klo cvt honda yg om sebut, itu drain aja.

klo masih 1 merk HCF2, ganti tiap 2 thn sekali / 20rb km (max banget)

klo ganti merk, drain and refill 2x
jd butuh 2x lbh banyak.
Itu yg saya bold mksd om hanya cvt honda aja ya yg gantinya cuma di drain? klo cvt di mobil nissan gitu gmn om? tetep hanya bsa di drain aja atau bsa di flushing pake alat seperti pada matic torq conv ya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

midrpm wrote: Thu Feb 25, 2021 19:53
Suryaputra wrote: Wed Feb 24, 2021 22:29
midrpm wrote: Wed Feb 24, 2021 20:43 Om kalo matic CVT macem hrv, jazz gk5, alphard, xtrail dll itu maticnya bsa di flushing juga ga ya seperti matic2 yg pake torque converter? atau cuma bsa di tap aja ya?

klo cvt honda yg om sebut, itu drain aja.

klo masih 1 merk HCF2, ganti tiap 2 thn sekali / 20rb km (max banget)

klo ganti merk, drain and refill 2x
jd butuh 2x lbh banyak.
Itu yg saya bold mksd om hanya cvt honda aja ya yg gantinya cuma di drain? klo cvt di mobil nissan gitu gmn om? tetep hanya bsa di drain aja atau bsa di flushing pake alat seperti pada matic torq conv ya?
saya kurang paham klo cvt selain honda, krn blm punya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

midrpm wrote: Thu Feb 25, 2021 19:53
Suryaputra wrote: Wed Feb 24, 2021 22:29
midrpm wrote: Wed Feb 24, 2021 20:43 Om kalo matic CVT macem hrv, jazz gk5, alphard, xtrail dll itu maticnya bsa di flushing juga ga ya seperti matic2 yg pake torque converter? atau cuma bsa di tap aja ya?

klo cvt honda yg om sebut, itu drain aja.

klo masih 1 merk HCF2, ganti tiap 2 thn sekali / 20rb km (max banget)

klo ganti merk, drain and refill 2x
jd butuh 2x lbh banyak.
Itu yg saya bold mksd om hanya cvt honda aja ya yg gantinya cuma di drain? klo cvt di mobil nissan gitu gmn om? tetep hanya bsa di drain aja atau bsa di flushing pake alat seperti pada matic torq conv ya?
Kenek maling delko numpang jawap

Mau itu cvt nissan, toyota, subaru, honda, mirip2 om, yg beda cuman material nya aj

Kcuali D-CVT baru buatan toyodai nippon, nah itu baru CVT jenis baru

Btw, utk cvt liat aj dia pake nya cvt atf fluid warmer atau yg model oil cooler kaya geared AT.. kl warmer yah ga bisa d flush pake mesin (dan ga disaranin jg)

Lagian justru enaknya cvt malah ga perlu mesin2 an kl mau ngeflush.. drain n fill 2-3 kali kapasitas oil pan ud ckup.. ga perlu mesin2an sgala
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Fri Feb 26, 2021 5:15
midrpm wrote: Thu Feb 25, 2021 19:53
Suryaputra wrote: Wed Feb 24, 2021 22:29

klo cvt honda yg om sebut, itu drain aja.

klo masih 1 merk HCF2, ganti tiap 2 thn sekali / 20rb km (max banget)

klo ganti merk, drain and refill 2x
jd butuh 2x lbh banyak.
Itu yg saya bold mksd om hanya cvt honda aja ya yg gantinya cuma di drain? klo cvt di mobil nissan gitu gmn om? tetep hanya bsa di drain aja atau bsa di flushing pake alat seperti pada matic torq conv ya?
Kenek maling delko numpang jawap

Mau itu cvt nissan, toyota, subaru, honda, mirip2 om, yg beda cuman material nya aj

Kcuali D-CVT baru buatan toyodai nippon, nah itu baru CVT jenis baru

Btw, utk cvt liat aj dia pake nya cvt atf fluid warmer atau yg model oil cooler kaya geared AT.. kl warmer yah ga bisa d flush pake mesin (dan ga disaranin jg)

Lagian justru enaknya cvt malah ga perlu mesin2 an kl mau ngeflush.. drain n fill 2-3 kali kapasitas oil pan ud ckup.. ga perlu mesin2an sgala
ky mbah omni dong..
drain and refill pk amsoil cvt :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by josomba »

Suryaputra wrote: Fri Feb 26, 2021 5:36 ky mbah omni dong..
drain and refill pk amsoil cvt :mky_01:
Berdasarkan mitos yg beredar, bahkan mbah omni ini pake sampe 30L ya mbah?

Konon jika dilihat pake mikroskop gaboleh sampe ada partikel bekas interval sebelum....walaupun cuman 1 ppm doang



:ngacir: :ngacir:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Fri Feb 26, 2021 5:36
DOHC wrote: Fri Feb 26, 2021 5:15
midrpm wrote: Thu Feb 25, 2021 19:53
Itu yg saya bold mksd om hanya cvt honda aja ya yg gantinya cuma di drain? klo cvt di mobil nissan gitu gmn om? tetep hanya bsa di drain aja atau bsa di flushing pake alat seperti pada matic torq conv ya?
Kenek maling delko numpang jawap

Mau itu cvt nissan, toyota, subaru, honda, mirip2 om, yg beda cuman material nya aj

Kcuali D-CVT baru buatan toyodai nippon, nah itu baru CVT jenis baru

Btw, utk cvt liat aj dia pake nya cvt atf fluid warmer atau yg model oil cooler kaya geared AT.. kl warmer yah ga bisa d flush pake mesin (dan ga disaranin jg)

Lagian justru enaknya cvt malah ga perlu mesin2 an kl mau ngeflush.. drain n fill 2-3 kali kapasitas oil pan ud ckup.. ga perlu mesin2an sgala
ky mbah omni dong..
drain and refill pk amsoil cvt :mky_01:

Dan ngaku nya OCI nya per 10 rebu km (walaupun yakin seyakin nya saya, per 100 kl puteran konci kontak jg ud d ganti)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

josomba wrote: Fri Feb 26, 2021 5:44
Suryaputra wrote: Fri Feb 26, 2021 5:36 ky mbah omni dong..
drain and refill pk amsoil cvt :mky_01:
Berdasarkan mitos yg beredar, bahkan mbah omni ini pake sampe 30L ya mbah?

Konon jika dilihat pake mikroskop gaboleh sampe ada partikel bekas interval sebelum....walaupun cuman 1 ppm doang



:ngacir: :ngacir:
Bukan mitos mbah

Tp pakta, 30 L buat kuras CVT, kl VRZ denger2 ampe nyewa truk tangki buat bawa sisa oli nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Fri Feb 26, 2021 5:48
josomba wrote: Fri Feb 26, 2021 5:44
Suryaputra wrote: Fri Feb 26, 2021 5:36 ky mbah omni dong..
drain and refill pk amsoil cvt :mky_01:
Berdasarkan mitos yg beredar, bahkan mbah omni ini pake sampe 30L ya mbah?

Konon jika dilihat pake mikroskop gaboleh sampe ada partikel bekas interval sebelum....walaupun cuman 1 ppm doang



:ngacir: :ngacir:
Bukan mitos mbah

Tp pakta, 30 L buat kuras CVT, kl VRZ denger2 ampe nyewa truk tangki buat bawa sisa oli nya
emang luar biasa mbah suhu yg satu itu :ungg:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

oli bekas saya banyak tukang pengepul yg mau nampung, katanya msh licin buat campuran oli acdc mereka.

:big_weee:




.............. :ngacir:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by indeskey »

Omnibus wrote:oli bekas saya banyak tukang pengepul yg mau nampung, katanya msh licin buat campuran oli acdc mereka.

:big_weee:




.............. :ngacir:
Wah nggak usah ke tukang ngepul mbah suhu, saya mau nampung cvt ams nya oci 1000 kan yak...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Fri Feb 26, 2021 7:56 oli bekas saya banyak tukang pengepul yg mau nampung, katanya msh licin buat campuran oli acdc mereka.

:big_weee:




.............. :ngacir:
*kontek si ayung, nanya perna ngambil dr bandung ga
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

Gulf LV lagi promo di official store tokoijo.

Sayang barang harus PO 7 hari.

Lumayan jg sih, mau nyetok tapi ms bingung antara ini atau AFW+, harga mirip2 soalnya.

*bukan sales oli*
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

sintoni wrote: Sat Feb 27, 2021 3:43 Gulf LV lagi promo di official store tokoijo.

Sayang barang harus PO 7 hari.

Lumayan jg sih, mau nyetok tapi ms bingung antara ini atau AFW+, harga mirip2 soalnya.

*bukan sales oli*
Mending ini donk mbah

Ud fully sintetik, LV pula

Ehh tp si aisin vi di indoutama jg murah seh yah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

DOHC wrote: Sat Feb 27, 2021 4:08
sintoni wrote: Sat Feb 27, 2021 3:43 Gulf LV lagi promo di official store tokoijo.

Sayang barang harus PO 7 hari.

Lumayan jg sih, mau nyetok tapi ms bingung antara ini atau AFW+, harga mirip2 soalnya.

*bukan sales oli*
Mending ini donk mbah

Ud fully sintetik, LV pula

Ehh tp si aisin vi di indoutama jg murah seh yah
AFW+ jg full sintetis mbah.

Ga mau terlalu encer jg mbah buat truk 2 ton.

Ane jg ms ada sisa AFW+ 1 literan.
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by midrpm »

Suryaputra wrote: Fri Feb 26, 2021 5:09
midrpm wrote: Thu Feb 25, 2021 19:53
Itu yg saya bold mksd om hanya cvt honda aja ya yg gantinya cuma di drain? klo cvt di mobil nissan gitu gmn om? tetep hanya bsa di drain aja atau bsa di flushing pake alat seperti pada matic torq conv ya?
saya kurang paham klo cvt selain honda, krn blm punya :big_biglaugh:
Siap om hehe
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by midrpm »

DOHC wrote: Fri Feb 26, 2021 5:15
midrpm wrote: Thu Feb 25, 2021 19:53
Itu yg saya bold mksd om hanya cvt honda aja ya yg gantinya cuma di drain? klo cvt di mobil nissan gitu gmn om? tetep hanya bsa di drain aja atau bsa di flushing pake alat seperti pada matic torq conv ya?
Kenek maling delko numpang jawap

Mau itu cvt nissan, toyota, subaru, honda, mirip2 om, yg beda cuman material nya aj

Kcuali D-CVT baru buatan toyodai nippon, nah itu baru CVT jenis baru

Btw, utk cvt liat aj dia pake nya cvt atf fluid warmer atau yg model oil cooler kaya geared AT.. kl warmer yah ga bisa d flush pake mesin (dan ga disaranin jg)

Lagian justru enaknya cvt malah ga perlu mesin2 an kl mau ngeflush.. drain n fill 2-3 kali kapasitas oil pan ud ckup.. ga perlu mesin2an sgala
tq om DOHC penjelasannya, jd intinya baik itu cvt atf fluid warmer atau yg model oil cooler kaya geared AT keduanya tdk bsa di flush ya, jadi perawatan yg dilakukan hanya dengan drain oli lama dari carter matic lalu isi lagi, seperti ganti oli mesin?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

midrpm wrote: Mon Mar 08, 2021 21:21
DOHC wrote: Fri Feb 26, 2021 5:15
midrpm wrote: Thu Feb 25, 2021 19:53
Itu yg saya bold mksd om hanya cvt honda aja ya yg gantinya cuma di drain? klo cvt di mobil nissan gitu gmn om? tetep hanya bsa di drain aja atau bsa di flushing pake alat seperti pada matic torq conv ya?
Kenek maling delko numpang jawap

Mau itu cvt nissan, toyota, subaru, honda, mirip2 om, yg beda cuman material nya aj

Kcuali D-CVT baru buatan toyodai nippon, nah itu baru CVT jenis baru

Btw, utk cvt liat aj dia pake nya cvt atf fluid warmer atau yg model oil cooler kaya geared AT.. kl warmer yah ga bisa d flush pake mesin (dan ga disaranin jg)

Lagian justru enaknya cvt malah ga perlu mesin2 an kl mau ngeflush.. drain n fill 2-3 kali kapasitas oil pan ud ckup.. ga perlu mesin2an sgala
tq om DOHC penjelasannya, jd intinya baik itu cvt atf fluid warmer atau yg model oil cooler kaya geared AT keduanya tdk bsa di flush ya, jadi perawatan yg dilakukan hanya dengan drain oli lama dari carter matic lalu isi lagi, seperti ganti oli mesin?
Ohh bukan bukan

Jd gini

Kl cvt itu pd mobil2 jepang yg umum di sini, umumnya ga bsa pake mesin flush krn mreka ga ad selang fluida nya yg kluar masuk ke radiator, makanya ga bsa pake mesin flush

Kl geared AT umumnya ad selang kuar masuk tsb makanya bsa pake mesin flush
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by midrpm »

DOHC wrote: Tue Mar 09, 2021 2:25
midrpm wrote: Mon Mar 08, 2021 21:21
tq om DOHC penjelasannya, jd intinya baik itu cvt atf fluid warmer atau yg model oil cooler kaya geared AT keduanya tdk bsa di flush ya, jadi perawatan yg dilakukan hanya dengan drain oli lama dari carter matic lalu isi lagi, seperti ganti oli mesin?
Ohh bukan bukan

Jd gini

Kl cvt itu pd mobil2 jepang yg umum di sini, umumnya ga bsa pake mesin flush krn mreka ga ad selang fluida nya yg kluar masuk ke radiator, makanya ga bsa pake mesin flush

Kl geared AT umumnya ad selang kuar masuk tsb makanya bsa pake mesin flush
Oo gitu om. Dan untuk transmisi cvt ini kalo kita tap olinya dari carter berarti ga keluar semua ya om? masih ada sisa2 sekian liter lagi di dlm gearbox?

Klo di geared AT kan klo kita tap dari carter cuma keluar sekian liter aja, maka dari itu ada mesin flushing untuk buang semua sisa oli di gearboxnya yg jumlahnya bsa sampai 8 liter lebih, sedangkan di carter hanya 3-4 liter aja.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

kalo konteksnya girboks cvt honda,

1. jika gak ganti brand CVTF, cukup drain 1x tiap 1-2 tahun sekali.


2. jika ganti brand cvtf, ideal nya minimal 2x drain, jadi butuh 7 liter cvtf baru (2x kapasitas carter oli cvt).

jadi, jika om pakai amsoil cvt, drain 1x spt ganti cvtf biasa & jalanin mobil muter keliling bengkel.
setelah itu dibuang lagi lendir keraton nya, dan isi dgn yg Amsoil CVT yg baru :mky_04:

jd klo pk amsoil, minimal beli 8 botol, krn per botol cmn 946 Ml



Benchmarknya mbah omnibus ajah,
dia beli puluhan liter amsoil, hanya untuk drain girboks cvt, dan jgn sampai ada sisa partikel iron dr oli lama sblmnya.
terbaik itu om :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

midrpm wrote: Tue Mar 16, 2021 22:11
DOHC wrote: Tue Mar 09, 2021 2:25
midrpm wrote: Mon Mar 08, 2021 21:21
tq om DOHC penjelasannya, jd intinya baik itu cvt atf fluid warmer atau yg model oil cooler kaya geared AT keduanya tdk bsa di flush ya, jadi perawatan yg dilakukan hanya dengan drain oli lama dari carter matic lalu isi lagi, seperti ganti oli mesin?
Ohh bukan bukan

Jd gini

Kl cvt itu pd mobil2 jepang yg umum di sini, umumnya ga bsa pake mesin flush krn mreka ga ad selang fluida nya yg kluar masuk ke radiator, makanya ga bsa pake mesin flush

Kl geared AT umumnya ad selang kuar masuk tsb makanya bsa pake mesin flush
Oo gitu om. Dan untuk transmisi cvt ini kalo kita tap olinya dari carter berarti ga keluar semua ya om? masih ada sisa2 sekian liter lagi di dlm gearbox?

Klo di geared AT kan klo kita tap dari carter cuma keluar sekian liter aja, maka dari itu ada mesin flushing untuk buang semua sisa oli di gearboxnya yg jumlahnya bsa sampai 8 liter lebih, sedangkan di carter hanya 3-4 liter aja.
Tergantung cvt nya om

Kaya di cvt honda jazz gen 1, itu pas d tap, hampir mayoritas atf kluar

Tp rata2 matic cvt skrg mirip geared AT, pas d tap ga kluar smua, krn matic cvt skrg pake torque converter jg, itu yg nampung atf banyak
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by midrpm »

DOHC wrote: Wed Mar 17, 2021 1:24
midrpm wrote: Tue Mar 16, 2021 22:11
Oo gitu om. Dan untuk transmisi cvt ini kalo kita tap olinya dari carter berarti ga keluar semua ya om? masih ada sisa2 sekian liter lagi di dlm gearbox?

Klo di geared AT kan klo kita tap dari carter cuma keluar sekian liter aja, maka dari itu ada mesin flushing untuk buang semua sisa oli di gearboxnya yg jumlahnya bsa sampai 8 liter lebih, sedangkan di carter hanya 3-4 liter aja.
Tergantung cvt nya om

Kaya di cvt honda jazz gen 1, itu pas d tap, hampir mayoritas atf kluar

Tp rata2 matic cvt skrg mirip geared AT, pas d tap ga kluar smua, krn matic cvt skrg pake torque converter jg, itu yg nampung atf banyak
Oh ok2 jd bergantung cvt-nya jg ya, siap deh thx ilmunya om DOHC