Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

CVT vs Dual Clutch



mantapp.
transmisi masa depan :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iadinata
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Jun 09, 2021 6:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Camry

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by iadinata »

erwinign wrote: Wed Jun 09, 2021 16:36
iadinata wrote: Wed Jun 09, 2021 13:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat. :)
Soal poin 1 itu apa mungkin sebelum2 ini dijual krn emang udah gejala kena girboksnya ya om? Sepengalaman saya kok belum pernah gitu kuras ATF malah jd harus OH transmisi.

Walaupun emang banyak faktor sebenernya, sebelum2 ini ntah telat kuras ATF/salah spek ATFnya/oli ATF pas om ganti itu yg kenapa2

Bukan nyinggung om, tapi saya jd tertarik buat diskusiin special case kaya om punya
Saya beli mobil thn 2007 dan kejadian tahun 2018. Sampai sekarang masih saya rawat.
Urusan perawatan di transmisi hanya ganti oli transmisi sampai mutusin untuk flushing di 2018.
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Greenhunter »

iadinata wrote: Sat Jun 12, 2021 12:59
erwinign wrote: Wed Jun 09, 2021 16:36

Soal poin 1 itu apa mungkin sebelum2 ini dijual krn emang udah gejala kena girboksnya ya om? Sepengalaman saya kok belum pernah gitu kuras ATF malah jd harus OH transmisi.

Walaupun emang banyak faktor sebenernya, sebelum2 ini ntah telat kuras ATF/salah spek ATFnya/oli ATF pas om ganti itu yg kenapa2

Bukan nyinggung om, tapi saya jd tertarik buat diskusiin special case kaya om punya
Saya beli mobil thn 2007 dan kejadian tahun 2018. Sampai sekarang masih saya rawat.
Urusan perawatan di transmisi hanya ganti oli transmisi sampai mutusin untuk flushing di 2018.
Kalau boleh tahu mobilnya apa om ? Atau salah spek olinya ? Contoh : nissan minta olinya nissan matic D, gak tahu kompatibel dengan dex 3 atau ndak, secara yg bnyk dibengkel umum dexron lll
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adityabp »

Mohon pencerahannya.
Ini saya sdh kurangin 300ml, kok posisi ATF di dipstick tetep segini ya? Mobil Serena C24.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 6:10 Mohon pencerahannya.
Ini saya sdh kurangin 300ml, kok posisi ATF di dipstick tetep segini ya? Mobil Serena C24.


entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.

untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adityabp »

marmut wrote: Sun Jun 13, 2021 6:34
adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 6:10 Mohon pencerahannya.
Ini saya sdh kurangin 300ml, kok posisi ATF di dipstick tetep segini ya? Mobil Serena C24.


entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.

untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
Thx om. Itu kondisi mesin dingin.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
[emo-yesno]
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

iadinata wrote: Sat Jun 12, 2021 12:59
erwinign wrote: Wed Jun 09, 2021 16:36
iadinata wrote: Wed Jun 09, 2021 13:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat. :)
Soal poin 1 itu apa mungkin sebelum2 ini dijual krn emang udah gejala kena girboksnya ya om? Sepengalaman saya kok belum pernah gitu kuras ATF malah jd harus OH transmisi.

Walaupun emang banyak faktor sebenernya, sebelum2 ini ntah telat kuras ATF/salah spek ATFnya/oli ATF pas om ganti itu yg kenapa2

Bukan nyinggung om, tapi saya jd tertarik buat diskusiin special case kaya om punya
Saya beli mobil thn 2007 dan kejadian tahun 2018. Sampai sekarang masih saya rawat.
Urusan perawatan di transmisi hanya ganti oli transmisi sampai mutusin untuk flushing di 2018.
kl tau gitu ga akan di flushing ya om. berarti bener jg omongan si grandpa scotty kilmer ttg flushing utk high mileage cars.

btw itu tempat flushing nya tau kl akhirnya transmisi jd bermasalah? dan apakah ada bentuk peduli atau tanggung jawab?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 8:05
marmut wrote: Sun Jun 13, 2021 6:34
adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 6:10 Mohon pencerahannya.
Ini saya sdh kurangin 300ml, kok posisi ATF di dipstick tetep segini ya? Mobil Serena C24.


entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.

untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
Thx om. Itu kondisi mesin dingin.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
[emo-yesno]
that means you don't know what you're doing. stop before you do any further damage.

fyi, atf volume nya bertambah dan akan terus bertambah semakin suhunya naik. makanya ada prosedur yg hrs dibaca, kapan (pada suhu berapa) dan ketika apa (mesin mati atau hidup) itu pembacaan via dipstick bisa dilakukan. setiap mobil beda2 caranya dan adanya di service manualnya. kl beruntung cari di online ada yg spill the information. kl ga tau infonya sama juga berjalan dlm gelap.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 10:20
adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 8:05
marmut wrote: Sun Jun 13, 2021 6:34



entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.

untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
Thx om. Itu kondisi mesin dingin.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
[emo-yesno]
that means you don't know what you're doing. stop before you do any further damage.

fyi, atf volume nya bertambah dan akan terus bertambah semakin suhunya naik. makanya ada prosedur yg hrs dibaca, kapan (pada suhu berapa) dan ketika apa (mesin mati atau hidup) itu pembacaan via dipstick bisa dilakukan. setiap mobil beda2 caranya dan adanya di service manualnya. kl beruntung cari di online ada yg spill the information. kl ga tau infonya sama juga berjalan dlm gelap.
Jd inget metik mitsu jadul mbah

Dl d manual book nya bahkan ga bahas samsek, adanya cuman d stick nya doank tulisan hot and cold

Baca2 d bulletin servis bengkel malah baru tau kl prosedur nya, panasin mesin, ampe suhu temperatur kerja, bawa jalan sebentar (jgn stop n go) trus pindah2an in gigi, dan leave the enjin On, taruh trnasmisi di N, bukan P

Njirrr
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adityabp »

Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 10:20
adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 8:05
marmut wrote: Sun Jun 13, 2021 6:34



entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.

untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
Thx om. Itu kondisi mesin dingin.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
[emo-yesno]
that means you don't know what you're doing. stop before you do any further damage.

fyi, atf volume nya bertambah dan akan terus bertambah semakin suhunya naik. makanya ada prosedur yg hrs dibaca, kapan (pada suhu berapa) dan ketika apa (mesin mati atau hidup) itu pembacaan via dipstick bisa dilakukan. setiap mobil beda2 caranya dan adanya di service manualnya. kl beruntung cari di online ada yg spill the information. kl ga tau infonya sama juga berjalan dlm gelap.
Masalahnya, panas atau dingin emg segitu tingginya. Gak berubah. Makanya saya bingung.
Oke, ntar saya coba ikuti prosedur cek ATF yg benar.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 12:05
Masalahnya, panas atau dingin emg segitu tingginya. Gak berubah. Makanya saya bingung.
Oke, ntar saya coba ikuti prosedur cek ATF yg benar.
lah itu bukti fotonya bisa sampe lewat hot. berarti berubah kan.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adityabp »

DOHC wrote: Sun Jun 13, 2021 11:28
Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 10:20
adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 8:05
Thx om. Itu kondisi mesin dingin.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
[emo-yesno]
that means you don't know what you're doing. stop before you do any further damage.

fyi, atf volume nya bertambah dan akan terus bertambah semakin suhunya naik. makanya ada prosedur yg hrs dibaca, kapan (pada suhu berapa) dan ketika apa (mesin mati atau hidup) itu pembacaan via dipstick bisa dilakukan. setiap mobil beda2 caranya dan adanya di service manualnya. kl beruntung cari di online ada yg spill the information. kl ga tau infonya sama juga berjalan dlm gelap.
Jd inget metik mitsu jadul mbah

Dl d manual book nya bahkan ga bahas samsek, adanya cuman d stick nya doank tulisan hot and cold

Baca2 d bulletin servis bengkel malah baru tau kl prosedur nya, panasin mesin, ampe suhu temperatur kerja, bawa jalan sebentar (jgn stop n go) trus pindah2an in gigi, dan leave the enjin On, taruh trnasmisi di N, bukan P

Njirrr
Di manual C24 prosedurnya ditaruh di H-CVT.
Ya pantesan saya skip.
:mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adityabp »

Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 12:13
adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 12:05
Masalahnya, panas atau dingin emg segitu tingginya. Gak berubah. Makanya saya bingung.
Oke, ntar saya coba ikuti prosedur cek ATF yg benar.
lah itu bukti fotonya bisa sampe lewat hot. berarti berubah kan.
Itu mesin dingin om. Dah parkir semalam, paginya saya cek.
Kalo mesin panas, segitu juga. Padahal dah jalan jauh (40an km).
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 12:25
Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 12:13
adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 12:05
Masalahnya, panas atau dingin emg segitu tingginya. Gak berubah. Makanya saya bingung.
Oke, ntar saya coba ikuti prosedur cek ATF yg benar.
lah itu bukti fotonya bisa sampe lewat hot. berarti berubah kan.
Itu mesin dingin om. Dah parkir semalam, paginya saya cek.
Kalo mesin panas, segitu juga. Padahal dah jalan jauh (40an km).
Apa jangan2 cvt fluid itu sebenernya cuman minyak pelincir biasa sperti oli mesin, makanya koefisien muai nya ga segede oli2 hidrolik sperti atf atau psf :big_think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 12:22
Di manual C24 prosedurnya ditaruh di H-CVT.
Ya pantesan saya skip.
:mky_01:
bentar2 ..... tenang dulu

C24 itu geared A/T lho bukan cvt. sejak kapan pakai NS-1?

kl ga salah dia pakai nissan matic D deh. (atau matic J)

coba cek lagi. geared AT dikasih cvt fluid sih siap2 ambrol.

serena yg pakai cvt itu C25 dan C26 (dan skrg C27 terbaru)
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adityabp »

Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 12:40
adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 12:22
Di manual C24 prosedurnya ditaruh di H-CVT.
Ya pantesan saya skip.
:mky_01:
bentar2 ..... tenang dulu

C24 itu geared A/T lho bukan cvt. sejak kapan pakai NS-1?

kl ga salah dia pakai nissan matic D deh. (atau matic J)

coba cek lagi. geared AT dikasih cvt fluid sih siap2 ambrol.

serena yg pakai cvt itu C25 dan C26 (dan skrg C27 terbaru)
Di buku manual nya mmg disebut 2 macam ATF: Matic D3 dan H-CVT.
Tapi prosedur cek level ATF yg dibahas detail cuma yg H-CVT.
Lha, krn C24 yg di sini pake 4AT, ya saya gak baca donk prosedur cek ATFnya.
:mky_03:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adityabp »

BTW, tadi dah saya ikutin prosedur cek ATF yg benar. Kebetulan juga mobil sempet jalan dulu +/-50km.
Dah yahhhh... pas di batas MIN. Alias (agak) tekor.
:big_cry:
.
.
.
.
.
*untung yg 300ml blm dibuang*
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 15:29
Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 12:40
adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 12:22
Di manual C24 prosedurnya ditaruh di H-CVT.
Ya pantesan saya skip.
:mky_01:
bentar2 ..... tenang dulu

C24 itu geared A/T lho bukan cvt. sejak kapan pakai NS-1?

kl ga salah dia pakai nissan matic D deh. (atau matic J)

coba cek lagi. geared AT dikasih cvt fluid sih siap2 ambrol.

serena yg pakai cvt itu C25 dan C26 (dan skrg C27 terbaru)
Di buku manual nya mmg disebut 2 macam ATF: Matic D3 dan H-CVT.
Tapi prosedur cek level ATF yg dibahas detail cuma yg H-CVT.
Lha, krn C24 yg di sini pake 4AT, ya saya gak baca donk prosedur cek ATFnya.
:mky_03:
prosedur sama aja utk 4AT kaya gitu. ada 2 step, pertama cold (suhu 30-50), kedua hot setelah mobil dipakai minimal 5 menit (suhu 50-80). itu suhu maksudnya suhu atf bukan suhu radiator coolant. cara taunya hrs pakai scan tool.

n olinya Matic D.
Ryzendria
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Aug 15, 2019 13:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Mobilio

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Ryzendria »

Mau tanya om,
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km

Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.

Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?

Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?


Terimakasih om2
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by indeskey »

Ryzendria wrote:Mau tanya om,
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km

Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.

Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?

Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?


Terimakasih om2
Wah mantabs om, membuktikan cvt ahond kuat juga sampai 200k dgn interval ganti 40k. Saran nubi sih tetap aja om pake hcf2, mungkin intervalnya di persingkat jadi 20-30k
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

Disini sudah ada yang nyoba ATF yang masuk tipe LV (low visco) dan comply dexron 6 kedalam matic 5AT honda? Misal seperti aisin afw vi, total mvlv, ptt automat lv1 dll

Temen ada yang make aisin afw vi di GE8, katanya enak2 aja, gak slip dan pick up power lebih enteng
Cuma saya agak ragu utk jangka panjang,, konon matic 5AT honda desainnya berbeda, lebih mirip konstruksi automated manual transmision ketimbang geared matic lainnya yg pake planetary gear, dan kandungan ATF Z1/DW1 mengandung aditif yg agak berbeda dari ATF lain
Tapi klo baca PDS AFW VI, Automat LV1 dll tadi juga comply di DW1
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

ariswp wrote: Mon Jun 14, 2021 0:20 Disini sudah ada yang nyoba ATF yang masuk tipe LV (low visco) dan comply dexron 6 kedalam matic 5AT honda? Misal seperti aisin afw vi, total mvlv, ptt automat lv1 dll

Temen ada yang make aisin afw vi di GE8, katanya enak2 aja, gak slip dan pick up power lebih enteng
Cuma saya agak ragu utk jangka panjang,, konon matic 5AT honda desainnya berbeda, lebih mirip konstruksi automated manual transmision ketimbang geared matic lainnya yg pake planetary gear, dan kandungan ATF Z1/DW1 mengandung aditif yg agak berbeda dari ATF lain
Tapi klo baca PDS AFW VI, Automat LV1 dll tadi juga comply di DW1
yah klo comply ke dw1 gpp om, pk ptt lv-1
ge8 ini dw1?

mereka jg dah doing riset terkait hal itu.
apalagi PTT bumn thai.

klo z1 beda lg loh, itu pk ptt 1a
Last edited by Suryaputra on Mon Jun 14, 2021 2:42, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ryzendria
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Aug 15, 2019 13:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Mobilio

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Ryzendria »

indeskey wrote: Sun Jun 13, 2021 18:05
Ryzendria wrote:Mau tanya om,
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km

Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.

Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?

Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?


Terimakasih om2
Wah mantabs om, membuktikan cvt ahond kuat juga sampai 200k dgn interval ganti 40k. Saran nubi sih tetap aja om pake hcf2, mungkin intervalnya di persingkat jadi 20-30k
Sebenernya sih udah gemes pengen ganti / kuras sekalian gitu...

Soalnya kalau lg panas / macet2an ria, suka2 dia aja tuh pas ngegas lembut aja ngejedug :mky_07:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

Ryzendria wrote: Sun Jun 13, 2021 17:31 Mau tanya om,
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km

Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.

Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?

Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?


Terimakasih om2
Kalau mobil ane sudah tembus 200k, selalu pake lendir tertentu, ane akan tetap stay disitu jg.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

ariswp wrote: Mon Jun 14, 2021 0:20 Disini sudah ada yang nyoba ATF yang masuk tipe LV (low visco) dan comply dexron 6 kedalam matic 5AT honda? Misal seperti aisin afw vi, total mvlv, ptt automat lv1 dll

Temen ada yang make aisin afw vi di GE8, katanya enak2 aja, gak slip dan pick up power lebih enteng
Cuma saya agak ragu utk jangka panjang,, konon matic 5AT honda desainnya berbeda, lebih mirip konstruksi automated manual transmision ketimbang geared matic lainnya yg pake planetary gear, dan kandungan ATF Z1/DW1 mengandung aditif yg agak berbeda dari ATF lain
Tapi klo baca PDS AFW VI, Automat LV1 dll tadi juga comply di DW1
Saya perna liat girbok metik oddysey 2003 ama ge8 lg di bedah, 2 2 nya mirip metik konvensional koq

Ad pressure plate, ad planetary gear jg, cuman utk girbok2 4 speed jadulnya ad beberapa kasus (kecil) d valve body nya agak rentan


honda bkin girbok metik nya in house sendiri, ga kaya tyota outsource ke aisin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: