Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman »

Wongsuroboyo wrote:
Turboman wrote: Thu Apr 13, 2017 13:29
Wongsuroboyo wrote:Mohon info, saya mau flush oli matik innova 14, pake oli ori atf toyota T IV, sdh jalan 21rb, apakah sdh cukup bagus? Atau ada recomendasi oli yang setara? Di tunggu infonya suhu, nuwun......
cari ATF yg harga berapaan ?

pow steer bisa pake T-4
Yang value for money aja om, kalo T IV sdh cukup bagus buat di pake 20 rb terus flush, akan sy pake terus, bgm om? Mbl setahun jalan 10rb an, mohon saran om, nuwun
T-4 segallon 4 L harga 330 rb aka 83 rb / L

kalo mesin std pake itu ya oke aja

mau bagusan dikit bisa pake Aisin AFW harga beda tipis di Toda

pake T-4 tiap 15 - 20 rb km buang 4 L yg di pan, masukkin 4 L baru, jadi fresh terus
Wongsuroboyo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Tue May 10, 2016 6:45

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Wongsuroboyo »

Ok, terima kasih infonya, jadi skrg posisi mesin std km 21 rb, dari baru, belum pernah ganti atf dan power steering , cukup ganti yg di pan saja 1 galon, ga usah di flush, begitu seterusnya tiap 20 rb km beserta oli power steering nya pake atf T IV? Saya di surabaya om, jauh dari toda hehehe.....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman »

Wongsuroboyo wrote:Ok, terima kasih infonya, jadi skrg posisi mesin std km 21 rb, dari baru, belum pernah ganti atf dan power steering , cukup ganti yg di pan saja 1 galon, ga usah di flush, begitu seterusnya tiap 20 rb km beserta oli power steering nya pake atf T IV? Saya di surabaya om, jauh dari toda hehehe.....
Bisa om

tiap 20 rb km ganti yg di pan

nanti 60 rb km baru kuras total

Utk di Sby, mau yg lebih bagus dr T-4 ya Q8 Auto JK, bentar lagi kayaknya masuk ke toko2 oli
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by POS VETT »

Kalau tiap 20k km ganti yang 4l, ya gak perlu kuras total, sudah cukup fresh olinya.

Mahal juga T-IV harganya, di sini sekitar Rp. 50k/liter.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
Wongsuroboyo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Tue May 10, 2016 6:45

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Wongsuroboyo »

Turboman wrote: Fri Apr 14, 2017 10:06
Wongsuroboyo wrote:Ok, terima kasih infonya, jadi skrg posisi mesin std km 21 rb, dari baru, belum pernah ganti atf dan power steering , cukup ganti yg di pan saja 1 galon, ga usah di flush, begitu seterusnya tiap 20 rb km beserta oli power steering nya pake atf T IV? Saya di surabaya om, jauh dari toda hehehe.....
Bisa om

tiap 20 rb km ganti yg di pan

nanti 60 rb km baru kuras total

Utk di Sby, mau yg lebih bagus dr T-4 ya Q8 Auto JK, bentar lagi kayaknya masuk ke toko2 oli
Saya ada kenalan dealer q8, pake q8 unitrans jk T IV lebih bagus yah om?
Wongsuroboyo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Tue May 10, 2016 6:45

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Wongsuroboyo »

Turboman wrote: Fri Apr 14, 2017 10:06
Wongsuroboyo wrote:Ok, terima kasih infonya, jadi skrg posisi mesin std km 21 rb, dari baru, belum pernah ganti atf dan power steering , cukup ganti yg di pan saja 1 galon, ga usah di flush, begitu seterusnya tiap 20 rb km beserta oli power steering nya pake atf T IV? Saya di surabaya om, jauh dari toda hehehe.....
Bisa om

tiap 20 rb km ganti yg di pan

nanti 60 rb km baru kuras total

Utk di Sby, mau yg lebih bagus dr T-4 ya Q8 Auto JK, bentar lagi kayaknya masuk ke toko2 oli
Saya ada kenalan dealer q8, pake q8 unitrans jk T IV lebih bagus yah om? Bisa flush berapa km/lama kalo q8?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman »

POS VETT wrote:Kalau tiap 20k km ganti yang 4l, ya gak perlu kuras total, sudah cukup fresh olinya.

Mahal juga T-IV harganya, di sini sekitar Rp. 50k/liter.
T-IV cuman 330 rb gallon / 4 L di toko oli

T-WS juga sama harganya

kalo ane sih tetep yah di suatu titik akan kuras total, sebab konon filter ATF pun sebaiknya diganti jika sudah mnempuh jarak tertentu kata si TTK (Toledo Trans kit)
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by POS VETT »

Kalau lepas oil pan untuk ganti filter memang hanya yang 4 liter itu yang keluar; penggantian secara dikuras total butuh alat.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman »

Image

anggap tulisan tsb ada unsur peningkatan omzet

berarti idealnya filter ATF tetap perlu ada diganti, entah di 100 / 150 rb km misalnya
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by maastricht889 »

Om turbo, kl mobil saya sekarang km 50rb, tapi kondisi ATF yang 3-4 liter telat ganti (baru ganti 40rb kemarin) apa harus flush ATFnya ya Om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman »

erwinign wrote:Om turbo, kl mobil saya sekarang km 50rb, tapi kondisi ATF yang 3-4 liter telat ganti (baru ganti 40rb kemarin) apa harus flush ATFnya ya Om?
kalo baru ganti ya ga usah

next ganti yg 4 L per 20 rb km aja
User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by BrianK3 »

Guys, minta second opinion donk. Kalau buat T-IV kondisi olinya seperti ini masih bagus tidak? Terakhir flush sekitar 30rb km yg lalu. Thanks in advance.

Image

Image
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kurniakerten »

BrianK3 wrote: Mon Apr 17, 2017 10:21 Guys, minta second opinion donk. Kalau buat T-IV kondisi olinya seperti ini masih bagus tidak? Terakhir flush sekitar 30rb km yg lalu. Thanks in advance.

Image

Image
sekedar gambaran aja, kemarin habis ganti oli CVT J4 Mitsubishi... warna oli aslinya jernih agak kebiruan.. sementara yg dikeluarkan dari mobil gw udah jadi merah gelap... nah berarti emang oli itu udah harus diganti... km udah 46 ribu...
E300 W212
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman »

BrianK3 wrote:Guys, minta second opinion donk. Kalau buat T-IV kondisi olinya seperti ini masih bagus tidak? Terakhir flush sekitar 30rb km yg lalu. Thanks in advance.

Image

Image
buang yg di pan per 20 rb km

User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by BrianK3 »

Nah itu dia. Saya ada bawa ke Toda, mekanik bilang masih lumayan olinya jadi dia saranin flush sekalian di km 40rb. Cuma saya ngerasa ganti gigi 3 ke 4 lebih pelan dari biasanya dan tuas transmisi agak seret kalau pindah dari P ke R atau sebaliknya. Thanks om @Turboman dan @kurniakerten for the advice.
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ecco »

Turboman wrote: Fri Apr 14, 2017 17:12 Image

anggap tulisan tsb ada unsur peningkatan omzet

berarti idealnya filter ATF tetap perlu ada diganti, entah di 100 / 150 rb km misalnya
apakah semua transmisi metik ada filternya Om Turbo?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Profith83 »

Om Turbo,

Innova diesel saya thn 2012. Waktu itu ganti olie transmisi di thn 2015 KM 30,000 dengan pakai alat di Auto 2000 Surabaya Kertajaya.
Alatnya dipasang 2 selang ditancapkan ke mobil.
Dari Mobil bagian bawah ada 2 selang yang ditancapkan ke 2 selang alat tersebut, sambil mengisi olie transmisi.. Sampai akhirnya olie yang lewat selang merah muda alias bersih, asalnya merah pekat.

Cara diatas apakah artinya dikuras total Om?
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kurniakerten »

Profith83 wrote: Mon Apr 17, 2017 13:26 Om Turbo,

Innova diesel saya thn 2012. Waktu itu ganti olie transmisi di thn 2015 KM 30,000 dengan pakai alat di Auto 2000 Surabaya Kertajaya.
Alatnya dipasang 2 selang ditancapkan ke mobil.
Dari Mobil bagian bawah ada 2 selang yang ditancapkan ke 2 selang alat tersebut, sambil mengisi olie transmisi.. Sampai akhirnya olie yang lewat selang merah muda alias bersih, asalnya merah pekat.

Cara diatas apakah artinya dikuras total Om?
Yak betul... biasanya habis sekitar 8 liter atau bahkan lebih...
E300 W212
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman »

ecco wrote:
Turboman wrote: Fri Apr 14, 2017 17:12 Image

anggap tulisan tsb ada unsur peningkatan omzet

berarti idealnya filter ATF tetap perlu ada diganti, entah di 100 / 150 rb km misalnya
apakah semua transmisi metik ada filternya Om Turbo?
biasanya ada
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ecco »

Oms, ada yg pernah pake cvt fluid non OEM?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
memphisraines
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by memphisraines »

baleno 2002 saya di buku petunjuk disuruh ganti atf tiap 100rb km.. dan pemilik dahulu pernah ganti atf di 100rb lebih sedikit.. ada nota.. sekarang km 177rb.. baiknya diganti di km berapa ya? thanks for advice

Sent from my MI MAX using Tapatalk

whatever your flag..we share the same road..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman »

memphisraines wrote:baleno 2002 saya di buku petunjuk disuruh ganti atf tiap 100rb km.. dan pemilik dahulu pernah ganti atf di 100rb lebih sedikit.. ada nota.. sekarang km 177rb.. baiknya diganti di km berapa ya? thanks for advice

Sent from my MI MAX using Tapatalk
kalo ATF OEM bagusnya per 20 rb km ganti yg di pan

60 rb km kuras total
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Profith83 »

Turboman wrote: Tue Apr 18, 2017 5:10
memphisraines wrote:baleno 2002 saya di buku petunjuk disuruh ganti atf tiap 100rb km.. dan pemilik dahulu pernah ganti atf di 100rb lebih sedikit.. ada nota.. sekarang km 177rb.. baiknya diganti di km berapa ya? thanks for advice

Sent from my MI MAX using Tapatalk
kalo ATF OEM bagusnya per 20 rb km ganti yg di pan

60 rb km kuras total
Om Turbo,
Kuras Total itu yang pakai mesin yah? dan dari mesin tersebut ada 2 selang yang dsconnect ke Mobil?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman »

Profith83 wrote:
Turboman wrote: Tue Apr 18, 2017 5:10
memphisraines wrote:baleno 2002 saya di buku petunjuk disuruh ganti atf tiap 100rb km.. dan pemilik dahulu pernah ganti atf di 100rb lebih sedikit.. ada nota.. sekarang km 177rb.. baiknya diganti di km berapa ya? thanks for advice

Sent from my MI MAX using Tapatalk
kalo ATF OEM bagusnya per 20 rb km ganti yg di pan

60 rb km kuras total
Om Turbo,
Kuras Total itu yang pakai mesin yah? dan dari mesin tersebut ada 2 selang yang dsconnect ke Mobil?
pake mesin boleh

ala Gerlong juga boleh
User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by loadeddiapers »

Turboman wrote: Fri Apr 14, 2017 17:12 [IMG]https://uploads.tapatalk-cdn.com/201704 ... 9b.jpg[IMG]

anggap tulisan tsb ada unsur peningkatan omzet

berarti idealnya filter ATF tetap perlu ada diganti, entah di 100 / 150 rb km misalnya
Kalo dari rekomendasi om turbo idealnya diganti di brp km ya om filternya???
Thanks :mky_08:
Image