Tanya : Ganti oli transmisi matic
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9519
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
CVT vs Dual Clutch
mantapp.
transmisi masa depan
mantapp.
transmisi masa depan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: 09 Jun 2021, 13:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Camry
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Saya beli mobil thn 2007 dan kejadian tahun 2018. Sampai sekarang masih saya rawat.erwinign wrote: ↑09 Jun 2021, 23:36Soal poin 1 itu apa mungkin sebelum2 ini dijual krn emang udah gejala kena girboksnya ya om? Sepengalaman saya kok belum pernah gitu kuras ATF malah jd harus OH transmisi.iadinata wrote: ↑09 Jun 2021, 20:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat.
Walaupun emang banyak faktor sebenernya, sebelum2 ini ntah telat kuras ATF/salah spek ATFnya/oli ATF pas om ganti itu yg kenapa2
Bukan nyinggung om, tapi saya jd tertarik buat diskusiin special case kaya om punya
Urusan perawatan di transmisi hanya ganti oli transmisi sampai mutusin untuk flushing di 2018.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 521
- Joined: 25 Aug 2014, 21:12
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Kalau boleh tahu mobilnya apa om ? Atau salah spek olinya ? Contoh : nissan minta olinya nissan matic D, gak tahu kompatibel dengan dex 3 atau ndak, secara yg bnyk dibengkel umum dexron llliadinata wrote: ↑12 Jun 2021, 19:59Saya beli mobil thn 2007 dan kejadian tahun 2018. Sampai sekarang masih saya rawat.erwinign wrote: ↑09 Jun 2021, 23:36
Soal poin 1 itu apa mungkin sebelum2 ini dijual krn emang udah gejala kena girboksnya ya om? Sepengalaman saya kok belum pernah gitu kuras ATF malah jd harus OH transmisi.
Walaupun emang banyak faktor sebenernya, sebelum2 ini ntah telat kuras ATF/salah spek ATFnya/oli ATF pas om ganti itu yg kenapa2
Bukan nyinggung om, tapi saya jd tertarik buat diskusiin special case kaya om punya
Urusan perawatan di transmisi hanya ganti oli transmisi sampai mutusin untuk flushing di 2018.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: 07 May 2014, 09:36
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Mohon pencerahannya.
Ini saya sdh kurangin 300ml, kok posisi ATF di dipstick tetep segini ya? Mobil Serena C24.
Ini saya sdh kurangin 300ml, kok posisi ATF di dipstick tetep segini ya? Mobil Serena C24.
- Attachments
-
- IMG_20210613_113652959~2.jpg (87.64 KiB) Viewed 631 times
- marmut
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10950
- Joined: 16 Oct 2013, 13:27
- Location: tangerang selatan
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.
untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: 07 May 2014, 09:36
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Thx om. Itu kondisi mesin dingin.marmut wrote: ↑13 Jun 2021, 13:34
entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.
untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
kl tau gitu ga akan di flushing ya om. berarti bener jg omongan si grandpa scotty kilmer ttg flushing utk high mileage cars.iadinata wrote: ↑12 Jun 2021, 19:59Saya beli mobil thn 2007 dan kejadian tahun 2018. Sampai sekarang masih saya rawat.erwinign wrote: ↑09 Jun 2021, 23:36Soal poin 1 itu apa mungkin sebelum2 ini dijual krn emang udah gejala kena girboksnya ya om? Sepengalaman saya kok belum pernah gitu kuras ATF malah jd harus OH transmisi.iadinata wrote: ↑09 Jun 2021, 20:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat.
Walaupun emang banyak faktor sebenernya, sebelum2 ini ntah telat kuras ATF/salah spek ATFnya/oli ATF pas om ganti itu yg kenapa2
Bukan nyinggung om, tapi saya jd tertarik buat diskusiin special case kaya om punya
Urusan perawatan di transmisi hanya ganti oli transmisi sampai mutusin untuk flushing di 2018.
btw itu tempat flushing nya tau kl akhirnya transmisi jd bermasalah? dan apakah ada bentuk peduli atau tanggung jawab?
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
that means you don't know what you're doing. stop before you do any further damage.adityabp wrote: ↑13 Jun 2021, 15:05Thx om. Itu kondisi mesin dingin.marmut wrote: ↑13 Jun 2021, 13:34
entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.
untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
fyi, atf volume nya bertambah dan akan terus bertambah semakin suhunya naik. makanya ada prosedur yg hrs dibaca, kapan (pada suhu berapa) dan ketika apa (mesin mati atau hidup) itu pembacaan via dipstick bisa dilakukan. setiap mobil beda2 caranya dan adanya di service manualnya. kl beruntung cari di online ada yg spill the information. kl ga tau infonya sama juga berjalan dlm gelap.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Jd inget metik mitsu jadul mbahOmnibus wrote: ↑13 Jun 2021, 17:20that means you don't know what you're doing. stop before you do any further damage.adityabp wrote: ↑13 Jun 2021, 15:05Thx om. Itu kondisi mesin dingin.marmut wrote: ↑13 Jun 2021, 13:34
entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.
untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
fyi, atf volume nya bertambah dan akan terus bertambah semakin suhunya naik. makanya ada prosedur yg hrs dibaca, kapan (pada suhu berapa) dan ketika apa (mesin mati atau hidup) itu pembacaan via dipstick bisa dilakukan. setiap mobil beda2 caranya dan adanya di service manualnya. kl beruntung cari di online ada yg spill the information. kl ga tau infonya sama juga berjalan dlm gelap.
Dl d manual book nya bahkan ga bahas samsek, adanya cuman d stick nya doank tulisan hot and cold
Baca2 d bulletin servis bengkel malah baru tau kl prosedur nya, panasin mesin, ampe suhu temperatur kerja, bawa jalan sebentar (jgn stop n go) trus pindah2an in gigi, dan leave the enjin On, taruh trnasmisi di N, bukan P
Njirrr
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: 07 May 2014, 09:36
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Masalahnya, panas atau dingin emg segitu tingginya. Gak berubah. Makanya saya bingung.Omnibus wrote: ↑13 Jun 2021, 17:20that means you don't know what you're doing. stop before you do any further damage.adityabp wrote: ↑13 Jun 2021, 15:05Thx om. Itu kondisi mesin dingin.marmut wrote: ↑13 Jun 2021, 13:34
entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.
untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
fyi, atf volume nya bertambah dan akan terus bertambah semakin suhunya naik. makanya ada prosedur yg hrs dibaca, kapan (pada suhu berapa) dan ketika apa (mesin mati atau hidup) itu pembacaan via dipstick bisa dilakukan. setiap mobil beda2 caranya dan adanya di service manualnya. kl beruntung cari di online ada yg spill the information. kl ga tau infonya sama juga berjalan dlm gelap.
Oke, ntar saya coba ikuti prosedur cek ATF yg benar.
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: 07 May 2014, 09:36
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Di manual C24 prosedurnya ditaruh di H-CVT.DOHC wrote: ↑13 Jun 2021, 18:28Jd inget metik mitsu jadul mbahOmnibus wrote: ↑13 Jun 2021, 17:20that means you don't know what you're doing. stop before you do any further damage.
fyi, atf volume nya bertambah dan akan terus bertambah semakin suhunya naik. makanya ada prosedur yg hrs dibaca, kapan (pada suhu berapa) dan ketika apa (mesin mati atau hidup) itu pembacaan via dipstick bisa dilakukan. setiap mobil beda2 caranya dan adanya di service manualnya. kl beruntung cari di online ada yg spill the information. kl ga tau infonya sama juga berjalan dlm gelap.
Dl d manual book nya bahkan ga bahas samsek, adanya cuman d stick nya doank tulisan hot and cold
Baca2 d bulletin servis bengkel malah baru tau kl prosedur nya, panasin mesin, ampe suhu temperatur kerja, bawa jalan sebentar (jgn stop n go) trus pindah2an in gigi, dan leave the enjin On, taruh trnasmisi di N, bukan P
Njirrr
Ya pantesan saya skip.
- Attachments
-
- IMG_20210613_191258905.jpg (720.13 KiB) Viewed 546 times
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: 07 May 2014, 09:36
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Itu mesin dingin om. Dah parkir semalam, paginya saya cek.
Kalo mesin panas, segitu juga. Padahal dah jalan jauh (40an km).
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Apa jangan2 cvt fluid itu sebenernya cuman minyak pelincir biasa sperti oli mesin, makanya koefisien muai nya ga segede oli2 hidrolik sperti atf atau psf
numpang lewat aja....
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
bentar2 ..... tenang dulu
C24 itu geared A/T lho bukan cvt. sejak kapan pakai NS-1?
kl ga salah dia pakai nissan matic D deh. (atau matic J)
coba cek lagi. geared AT dikasih cvt fluid sih siap2 ambrol.
serena yg pakai cvt itu C25 dan C26 (dan skrg C27 terbaru)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: 07 May 2014, 09:36
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Di buku manual nya mmg disebut 2 macam ATF: Matic D3 dan H-CVT.
Tapi prosedur cek level ATF yg dibahas detail cuma yg H-CVT.
Lha, krn C24 yg di sini pake 4AT, ya saya gak baca donk prosedur cek ATFnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: 07 May 2014, 09:36
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
BTW, tadi dah saya ikutin prosedur cek ATF yg benar. Kebetulan juga mobil sempet jalan dulu +/-50km.
Dah yahhhh... pas di batas MIN. Alias (agak) tekor.
.
.
.
.
.
*untung yg 300ml blm dibuang*
Dah yahhhh... pas di batas MIN. Alias (agak) tekor.
.
.
.
.
.
*untung yg 300ml blm dibuang*
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
prosedur sama aja utk 4AT kaya gitu. ada 2 step, pertama cold (suhu 30-50), kedua hot setelah mobil dipakai minimal 5 menit (suhu 50-80). itu suhu maksudnya suhu atf bukan suhu radiator coolant. cara taunya hrs pakai scan tool.adityabp wrote: ↑13 Jun 2021, 22:29Di buku manual nya mmg disebut 2 macam ATF: Matic D3 dan H-CVT.
Tapi prosedur cek level ATF yg dibahas detail cuma yg H-CVT.
Lha, krn C24 yg di sini pake 4AT, ya saya gak baca donk prosedur cek ATFnya.
n olinya Matic D.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: 15 Aug 2019, 20:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda Mobilio
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Mau tanya om,
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km
Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.
Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?
Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?
Terimakasih om2
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km
Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.
Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?
Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?
Terimakasih om2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: 23 Nov 2018, 16:27
- Location: Depok
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Wah mantabs om, membuktikan cvt ahond kuat juga sampai 200k dgn interval ganti 40k. Saran nubi sih tetap aja om pake hcf2, mungkin intervalnya di persingkat jadi 20-30kRyzendria wrote:Mau tanya om,
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km
Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.
Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?
Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?
Terimakasih om2
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 521
- Joined: 19 Dec 2016, 15:39
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Disini sudah ada yang nyoba ATF yang masuk tipe LV (low visco) dan comply dexron 6 kedalam matic 5AT honda? Misal seperti aisin afw vi, total mvlv, ptt automat lv1 dll
Temen ada yang make aisin afw vi di GE8, katanya enak2 aja, gak slip dan pick up power lebih enteng
Cuma saya agak ragu utk jangka panjang,, konon matic 5AT honda desainnya berbeda, lebih mirip konstruksi automated manual transmision ketimbang geared matic lainnya yg pake planetary gear, dan kandungan ATF Z1/DW1 mengandung aditif yg agak berbeda dari ATF lain
Tapi klo baca PDS AFW VI, Automat LV1 dll tadi juga comply di DW1
Temen ada yang make aisin afw vi di GE8, katanya enak2 aja, gak slip dan pick up power lebih enteng
Cuma saya agak ragu utk jangka panjang,, konon matic 5AT honda desainnya berbeda, lebih mirip konstruksi automated manual transmision ketimbang geared matic lainnya yg pake planetary gear, dan kandungan ATF Z1/DW1 mengandung aditif yg agak berbeda dari ATF lain
Tapi klo baca PDS AFW VI, Automat LV1 dll tadi juga comply di DW1
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9519
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
yah klo comply ke dw1 gpp om, pk ptt lv-1ariswp wrote: ↑14 Jun 2021, 07:20 Disini sudah ada yang nyoba ATF yang masuk tipe LV (low visco) dan comply dexron 6 kedalam matic 5AT honda? Misal seperti aisin afw vi, total mvlv, ptt automat lv1 dll
Temen ada yang make aisin afw vi di GE8, katanya enak2 aja, gak slip dan pick up power lebih enteng
Cuma saya agak ragu utk jangka panjang,, konon matic 5AT honda desainnya berbeda, lebih mirip konstruksi automated manual transmision ketimbang geared matic lainnya yg pake planetary gear, dan kandungan ATF Z1/DW1 mengandung aditif yg agak berbeda dari ATF lain
Tapi klo baca PDS AFW VI, Automat LV1 dll tadi juga comply di DW1
ge8 ini dw1?
mereka jg dah doing riset terkait hal itu.
apalagi PTT bumn thai.
klo z1 beda lg loh, itu pk ptt 1a
Last edited by Suryaputra on 14 Jun 2021, 09:42, edited 2 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: 15 Aug 2019, 20:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda Mobilio
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Sebenernya sih udah gemes pengen ganti / kuras sekalian gitu...indeskey wrote: ↑14 Jun 2021, 01:05Wah mantabs om, membuktikan cvt ahond kuat juga sampai 200k dgn interval ganti 40k. Saran nubi sih tetap aja om pake hcf2, mungkin intervalnya di persingkat jadi 20-30kRyzendria wrote:Mau tanya om,
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km
Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.
Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?
Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?
Terimakasih om2
Soalnya kalau lg panas / macet2an ria, suka2 dia aja tuh pas ngegas lembut aja ngejedug
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5684
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Kalau mobil ane sudah tembus 200k, selalu pake lendir tertentu, ane akan tetap stay disitu jg.Ryzendria wrote: ↑14 Jun 2021, 00:31 Mau tanya om,
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km
Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.
Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?
Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?
Terimakasih om2
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Saya perna liat girbok metik oddysey 2003 ama ge8 lg di bedah, 2 2 nya mirip metik konvensional koqariswp wrote: ↑14 Jun 2021, 07:20 Disini sudah ada yang nyoba ATF yang masuk tipe LV (low visco) dan comply dexron 6 kedalam matic 5AT honda? Misal seperti aisin afw vi, total mvlv, ptt automat lv1 dll
Temen ada yang make aisin afw vi di GE8, katanya enak2 aja, gak slip dan pick up power lebih enteng
Cuma saya agak ragu utk jangka panjang,, konon matic 5AT honda desainnya berbeda, lebih mirip konstruksi automated manual transmision ketimbang geared matic lainnya yg pake planetary gear, dan kandungan ATF Z1/DW1 mengandung aditif yg agak berbeda dari ATF lain
Tapi klo baca PDS AFW VI, Automat LV1 dll tadi juga comply di DW1
Ad pressure plate, ad planetary gear jg, cuman utk girbok2 4 speed jadulnya ad beberapa kasus (kecil) d valve body nya agak rentan
honda bkin girbok metik nya in house sendiri, ga kaya tyota outsource ke aisin
numpang lewat aja....
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 44 Replies
- 4420 Views
-
Last post by chain90s
-
- 32 Replies
- 2526 Views
-
Last post by KielConstantine
-
- 6 Replies
- 1250 Views
-
Last post by ricz
-
- 40 Replies
- 3451 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 7 Replies
- 1359 Views
-
Last post by MrRichardhn
-
- 19 Replies
- 2018 Views
-
Last post by vulvy8858
-
- 280 Replies
- 16884 Views
-
Last post by Salvanost
-
- 88 Replies
- 4945 Views
-
Last post by noire
-
- 36 Replies
- 2815 Views
-
Last post by S13rra
-
- 41 Replies
- 3604 Views
-
Last post by y_anjasrana