Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

sintoni wrote: Thu Nov 12, 2020 6:56
DOHC wrote: Thu Nov 12, 2020 6:19
SonOfGod wrote: Thu Nov 12, 2020 3:02 Suhu2 dimari mau tanya dong, mobil saya CRV 2015 2.400cc. Km saat ini 73rb. Terakhir ganti oli matic di km 40.000. Menurut montir honda dan buku panduan ganti lg di km 80.000. Sy uda tanya ke montirnya tidak perlu flush. Sy liat di dipstick oli warnanya sudah coklat. Tapi disarankan hanya ganti oli saja yang 3 liter. Bahkan di bengkel hondanya sendiri tidak ada alat ATF changernya. Pertanyaan saya kenapa bengkel honda tidak ada pelayanan flush oli matic yang menggunakan ATF changer apabila flush oli matic itu merupakan hal yang penting untuk kelangsungan hidup transmisi matic? Apakah dalam kasus ini saya perlu melakukan flush oli matic atau cukup ganti saja yang 3 liter?
Krn di SOP (ini kl bener dipraktekin yah) honda, penggunaan atf changer itu d haramkan. Jd metode flush mreka itu = drain n fill dr oil pan nya 3 kali
Kalau dipikir malah lebih boros + ga mungkin sebersih total flush ya mbah?

Kalau pake ATF changer emang kenapa ga boleh mbah? Kalau sistem gerlong ada dipstiknya ga ya?
Kl mau nyarinya yg bener2 100 % full total flush, itu perlu nya bsa ampe berbelas ampe berpuluh2 liter om.. mbah omni perna ngasi itung2an nya kl ga salah d tret sebelah

Kl ngandelin mesin flush pun, jg tetep perlu banyak banget karena prinsip nya kan ngedorong oli lama, plus belom termasuk faktor oli yg tercampur d mesin charger, oli yg tercampur di dalem valve body, oil pump nya dan the mighty TC yg hold more than half of total atf fluid.. jd yah berbelas2 liter atf pake mesin charger pun ga akan ckup utk mencapai 100% full total flush..

Kan bsa liat dr sight glass mesin warna atf nya ? Sila dicoba kluarin atf lama, dcaampur ama atf baru, perbandingan 50:50 jg ud bkin perubahan warna yg signifikan koq, tp kandungan nya yah tetep aj cuman 50: 50

Makanya drpd pake alat2 charger gt, saya pribadi seh mending ikutin cara gerlong nya om turbo aj, efektifitas mirip2 ama charger tp dgn kuantiti atf yg jauhhh lebi minim

Mengenai honda, seinget saya krn mreka ga brani jamin kl pressure dr mesin2 charger itu sama dgn pressure yg ditimbulkan dr girbok mesin mreka.. blom lg faktor kotoran, atf merk laen yg kecampur dan ga cocok.. makanya mreka ga perna rekomen pake alat2 utk ngeflush.. 3x drain n fill mustinya ud ckup utk bkin atf nya = 75 % fresh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Thu Nov 12, 2020 6:19
SonOfGod wrote: Thu Nov 12, 2020 3:02 Suhu2 dimari mau tanya dong, mobil saya CRV 2015 2.400cc. Km saat ini 73rb. Terakhir ganti oli matic di km 40.000. Menurut montir honda dan buku panduan ganti lg di km 80.000. Sy uda tanya ke montirnya tidak perlu flush. Sy liat di dipstick oli warnanya sudah coklat. Tapi disarankan hanya ganti oli saja yang 3 liter. Bahkan di bengkel hondanya sendiri tidak ada alat ATF changernya. Pertanyaan saya kenapa bengkel honda tidak ada pelayanan flush oli matic yang menggunakan ATF changer apabila flush oli matic itu merupakan hal yang penting untuk kelangsungan hidup transmisi matic? Apakah dalam kasus ini saya perlu melakukan flush oli matic atau cukup ganti saja yang 3 liter?
Krn di SOP (ini kl bener dipraktekin yah) honda, penggunaan atf changer itu d haramkan. Jd metode flush mreka itu = drain n fill dr oil pan nya 3 kali
Di haramkan biar sekalian ganti sama gearboxnya nanti om :big_slap:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

erwinign wrote: Thu Nov 12, 2020 8:56
DOHC wrote: Thu Nov 12, 2020 6:19
SonOfGod wrote: Thu Nov 12, 2020 3:02 Suhu2 dimari mau tanya dong, mobil saya CRV 2015 2.400cc. Km saat ini 73rb. Terakhir ganti oli matic di km 40.000. Menurut montir honda dan buku panduan ganti lg di km 80.000. Sy uda tanya ke montirnya tidak perlu flush. Sy liat di dipstick oli warnanya sudah coklat. Tapi disarankan hanya ganti oli saja yang 3 liter. Bahkan di bengkel hondanya sendiri tidak ada alat ATF changernya. Pertanyaan saya kenapa bengkel honda tidak ada pelayanan flush oli matic yang menggunakan ATF changer apabila flush oli matic itu merupakan hal yang penting untuk kelangsungan hidup transmisi matic? Apakah dalam kasus ini saya perlu melakukan flush oli matic atau cukup ganti saja yang 3 liter?
Krn di SOP (ini kl bener dipraktekin yah) honda, penggunaan atf changer itu d haramkan. Jd metode flush mreka itu = drain n fill dr oil pan nya 3 kali
Di haramkan biar sekalian ganti sama gearboxnya nanti om :big_slap:
Lohh ahond itu malah salah satu pabrikan yg ckup reasonable utk urusan penggantian atf loh om

Bahkan d luar negeri sekalipun


Yg sinting tuh pabrikan yg blg kl atf nya lifetime lah, ngitung2 score ampe brapa ratus lah dl baru bole ganti.. nahh itu baru skalinya ganti lgs segelondong
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Thu Nov 12, 2020 9:04
erwinign wrote: Thu Nov 12, 2020 8:56
DOHC wrote: Thu Nov 12, 2020 6:19

Krn di SOP (ini kl bener dipraktekin yah) honda, penggunaan atf changer itu d haramkan. Jd metode flush mreka itu = drain n fill dr oil pan nya 3 kali
Di haramkan biar sekalian ganti sama gearboxnya nanti om :big_slap:
Lohh ahond itu malah salah satu pabrikan yg ckup reasonable utk urusan penggantian atf loh om

Bahkan d luar negeri sekalipun


Yg sinting tuh pabrikan yg blg kl atf nya lifetime lah, ngitung2 score ampe brapa ratus lah dl baru bole ganti.. nahh itu baru skalinya ganti lgs segelondong
Ohh br tau saya om, krn dulu perasaan di crv kurasnya pake mesin krn abis 9lt an (beres)
tororidho
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Mon Sep 24, 2018 4:48
Location: Bekasi

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by tororidho »

Halo om semua, saya ingin tanya

Jd Livina 1.5 AT 2011 saya beberapa bulan lalu kuras dan ganti ATF pake PTT automat LV karena kebetulan bengkel saat itu punya olinya yg spek ini. Tapi setelah browsing2 lagi spek PDSnya ternyata ini suitable utk nissan matic S, sedangkan livina speknya matic D. Mungkin harusnya pake yg automat 1A ya.

Kira2 klo udh telanjur pake yg PTT LV di livina sy aman gak ya utk jangka panjangnya dan gaperlu diganti sblm waktunya kuras lg? Atau segera harus saya kuras lagi dan ganti dengan yg speknya lebih compliance matic D nissan? Terimakasih
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

tororidho wrote: Tue Nov 24, 2020 12:22 Halo om semua, saya ingin tanya

Jd Livina 1.5 AT 2011 saya beberapa bulan lalu kuras dan ganti ATF pake PTT automat LV karena kebetulan bengkel saat itu punya olinya yg spek ini. Tapi setelah browsing2 lagi spek PDSnya ternyata ini suitable utk nissan matic S, sedangkan livina speknya matic D. Mungkin harusnya pake yg automat 1A ya.

Kira2 klo udh telanjur pake yg PTT LV di livina sy aman gak ya utk jangka panjangnya dan gaperlu diganti sblm waktunya kuras lg? Atau segera harus saya kuras lagi dan ganti dengan yg speknya lebih compliance matic D nissan? Terimakasih
menurut Bitog ttg hal itu (klik here) matic S itu versi update dr matic J tapi tdk compatible dgn matic D.

matic S compatability -> PTT LV (lv = low viscosity).

tp menurut sy kl dipakai tdk ada nyentak pas shift up or down atau bunyi dengung, kl saya sih pake terus aja. siapa tau malah bensin jd lbh irit dikit. tp itu kl saya, resiko ga ditanggung. :big_blushing:
tororidho
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Mon Sep 24, 2018 4:48
Location: Bekasi

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by tororidho »

Omnibus wrote: Tue Nov 24, 2020 13:47
tororidho wrote: Tue Nov 24, 2020 12:22 Halo om semua, saya ingin tanya

Jd Livina 1.5 AT 2011 saya beberapa bulan lalu kuras dan ganti ATF pake PTT automat LV karena kebetulan bengkel saat itu punya olinya yg spek ini. Tapi setelah browsing2 lagi spek PDSnya ternyata ini suitable utk nissan matic S, sedangkan livina speknya matic D. Mungkin harusnya pake yg automat 1A ya.

Kira2 klo udh telanjur pake yg PTT LV di livina sy aman gak ya utk jangka panjangnya dan gaperlu diganti sblm waktunya kuras lg? Atau segera harus saya kuras lagi dan ganti dengan yg speknya lebih compliance matic D nissan? Terimakasih
menurut Bitog ttg hal itu (klik here) matic S itu versi update dr matic J tapi tdk compatible dgn matic D.

matic S compatability -> PTT LV (lv = low viscosity).

tp menurut sy kl dipakai tdk ada nyentak pas shift up or down atau bunyi dengung, kl saya sih pake terus aja. siapa tau malah bensin jd lbh irit dikit. tp itu kl saya, resiko ga ditanggung. :big_blushing:
Thx responsnya om. Wah ternyata di forum luar pun ga rekomen ya pake atf matic S ke matic D, berarti kudu dikuras lg deh nih haha

Ada rekomendasi ATF yg menuhin standar matic D ini selain oli dari nissan nya gak om? Klo Castrol Dex III compatible kah dgn matic livina? Soalnya harganya murmer hehe
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Nov 24, 2020 13:47
tororidho wrote: Tue Nov 24, 2020 12:22 Halo om semua, saya ingin tanya

Jd Livina 1.5 AT 2011 saya beberapa bulan lalu kuras dan ganti ATF pake PTT automat LV karena kebetulan bengkel saat itu punya olinya yg spek ini. Tapi setelah browsing2 lagi spek PDSnya ternyata ini suitable utk nissan matic S, sedangkan livina speknya matic D. Mungkin harusnya pake yg automat 1A ya.

Kira2 klo udh telanjur pake yg PTT LV di livina sy aman gak ya utk jangka panjangnya dan gaperlu diganti sblm waktunya kuras lg? Atau segera harus saya kuras lagi dan ganti dengan yg speknya lebih compliance matic D nissan? Terimakasih
menurut Bitog ttg hal itu (klik here) matic S itu versi update dr matic J tapi tdk compatible dgn matic D.

matic S compatability -> PTT LV (lv = low viscosity).

tp menurut sy kl dipakai tdk ada nyentak pas shift up or down atau bunyi dengung, kl saya sih pake terus aja. siapa tau malah bensin jd lbh irit dikit. tp itu kl saya, resiko ga ditanggung. :big_blushing:
ada jg orang versi saya

jelas2 dsuru nya pake oli encer

malah ngeyel pake yg the most kentel possible

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman »

tororidho wrote:Halo om semua, saya ingin tanya

Jd Livina 1.5 AT 2011 saya beberapa bulan lalu kuras dan ganti ATF pake PTT automat LV karena kebetulan bengkel saat itu punya olinya yg spek ini. Tapi setelah browsing2 lagi spek PDSnya ternyata ini suitable utk nissan matic S, sedangkan livina speknya matic D. Mungkin harusnya pake yg automat 1A ya.

Kira2 klo udh telanjur pake yg PTT LV di livina sy aman gak ya utk jangka panjangnya dan gaperlu diganti sblm waktunya kuras lg? Atau segera harus saya kuras lagi dan ganti dengan yg speknya lebih compliance matic D nissan? Terimakasih
selama shifting normal / kerja Transmisi normal bisa pake terus

kecuali kalo kerja matic jadi gak karu2 an baru deh buang / kuras
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

1. Biasanya, atf yg encer klo dipakaiin ke girboks yg rekomen diisi atf kentel, cenderung gpp, plg efeknya pindah gigi lbh nyentak, kerja matic jd lbh ringan krn encer.

2. Tapi klo girboks matic yg direkomen pakai atf encer, trus dituang atf lbh kentel, ini bs jadi masalah.
girboks lbh berat kerjanya dan mesin bisa jd lbh dengung ketika akselerasi.

Untuk opsi 1, logikanya spt mesin jadul dikasih oli 0w20.
selama dirasa2 enak dan aksel prima, ya lanjut aja pakai 6 bln - 1 thn ke depan, baru ganti lg sesuai spek.

yg penting olinya asli ajah.
bukan oli jadi2an
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bryanguppiez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by bryanguppiez »

halo om. mau tanya.
rencana mau kuras matic, sy udah beli oli ptt lv 1.
ada rekomendasi bengkel yg mau ngerjain di daerah soloraya gak? nyoba nanya ke s n d kudu oli dr tokonya.
*bakpao 2012
hanupis
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Auanz »

agan2 maaf mau tanya untuk pajero gen 2. 2010

atf yang cocok apa yah ? kl kuras biasa bisa berapa Liter abisnya ?

thankyou
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by maastricht889 »

bryanguppiez wrote: Mon Dec 14, 2020 4:26 halo om. mau tanya.
rencana mau kuras matic, sy udah beli oli ptt lv 1.
ada rekomendasi bengkel yg mau ngerjain di daerah soloraya gak? nyoba nanya ke s n d kudu oli dr tokonya.
*bakpao 2012
hanupis
Di carfix veteran aja om bisa. Saya di semarang dulu jg flush ATF di yaris bakpao ya ke carfix, bawa oli sendiri plg nambah jasa dikit disamping jasa ATF. Wes dah bener om oli ATFnya itu. Saya pas itu pakek q8 auto JK habis 9lt pake mesin
limaues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by limaues »

Mau tanya suhu, habis ganti oli cvt di km 40k, sekarang km 47k setiap lari diatas 80km/jam bunyi memdengung. Besok rencana mau ke honda buat tanya mereka. Sebelum nya mau tanya senior disini kenapa bisa gitu, btw Saya service di beres honda cibubur. Tau bikin problem gal akan di ganti2, Karena maksud nya ganti biar awet, sebelum nya tidak ada keluhan sama sekali
limaues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by limaues »

Sorry mobil nya honda hrv 1.5e tahun 2016 dipakai January 2017.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Thu Nov 26, 2020 9:27 1. Biasanya, atf yg encer klo dipakaiin ke girboks yg rekomen diisi atf kentel, cenderung gpp, plg efeknya pindah gigi lbh nyentak, kerja matic jd lbh ringan krn encer.

2. Tapi klo girboks matic yg direkomen pakai atf encer, trus dituang atf lbh kentel, ini bs jadi masalah.
girboks lbh berat kerjanya dan mesin bisa jd lbh dengung ketika akselerasi.

Untuk opsi 1, logikanya spt mesin jadul dikasih oli 0w20.
selama dirasa2 enak dan aksel prima, ya lanjut aja pakai 6 bln - 1 thn ke depan, baru ganti lg sesuai spek.

yg penting olinya asli ajah.
bukan oli jadi2an
Kl AC60E dikasi afw+ gmana tu mbah

Dsuru nya WS tp dikasi kentel
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Sun Jan 31, 2021 8:49
Suryaputra wrote: Thu Nov 26, 2020 9:27 1. Biasanya, atf yg encer klo dipakaiin ke girboks yg rekomen diisi atf kentel, cenderung gpp, plg efeknya pindah gigi lbh nyentak, kerja matic jd lbh ringan krn encer.

2. Tapi klo girboks matic yg direkomen pakai atf encer, trus dituang atf lbh kentel, ini bs jadi masalah.
girboks lbh berat kerjanya dan mesin bisa jd lbh dengung ketika akselerasi.

Untuk opsi 1, logikanya spt mesin jadul dikasih oli 0w20.
selama dirasa2 enak dan aksel prima, ya lanjut aja pakai 6 bln - 1 thn ke depan, baru ganti lg sesuai spek.

yg penting olinya asli ajah.
bukan oli jadi2an
Kl AC60E dikasi afw+ gmana tu mbah

Dsuru nya WS tp dikasi kentel
bengek dong mbah :ungg:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Sun Jan 31, 2021 9:05
DOHC wrote: Sun Jan 31, 2021 8:49
Suryaputra wrote: Thu Nov 26, 2020 9:27 1. Biasanya, atf yg encer klo dipakaiin ke girboks yg rekomen diisi atf kentel, cenderung gpp, plg efeknya pindah gigi lbh nyentak, kerja matic jd lbh ringan krn encer.

2. Tapi klo girboks matic yg direkomen pakai atf encer, trus dituang atf lbh kentel, ini bs jadi masalah.
girboks lbh berat kerjanya dan mesin bisa jd lbh dengung ketika akselerasi.

Untuk opsi 1, logikanya spt mesin jadul dikasih oli 0w20.
selama dirasa2 enak dan aksel prima, ya lanjut aja pakai 6 bln - 1 thn ke depan, baru ganti lg sesuai spek.

yg penting olinya asli ajah.
bukan oli jadi2an
Kl AC60E dikasi afw+ gmana tu mbah

Dsuru nya WS tp dikasi kentel
bengek dong mbah :ungg:
Gpp d kasi kentel dikit, itung2 nge gym

Biar jantan mobil nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Sun Jan 31, 2021 11:38
Suryaputra wrote: Sun Jan 31, 2021 9:05
DOHC wrote: Sun Jan 31, 2021 8:49

Kl AC60E dikasi afw+ gmana tu mbah

Dsuru nya WS tp dikasi kentel
bengek dong mbah :ungg:
Gpp d kasi kentel dikit, itung2 nge gym

Biar jantan mobil nya
iya lah
angkot aja pk mesran super ganti klo inget.
kdg sampe knalpot berasap ya cuek aja. :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

limaues wrote: Sun Jan 31, 2021 8:38 Mau tanya suhu, habis ganti oli cvt di km 40k, sekarang km 47k setiap lari diatas 80km/jam bunyi memdengung. Besok rencana mau ke honda buat tanya mereka. Sebelum nya mau tanya senior disini kenapa bisa gitu, btw Saya service di beres honda cibubur. Tau bikin problem gal akan di ganti2, Karena maksud nya ganti biar awet, sebelum nya tidak ada keluhan sama sekali
bunyi dengung langsung muncul sesudah keluar bengkel atau setelah 7000 km dr ganti cvt fluid om? (47k-40k)

coba cek faktur pembayarannya. bagian rincian parts n consumables itu ada part number dan name nya apakah tertera HCF2?
brp botol bayarnya?
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by indeskey »

kalau dengung bisa jadi grease nya drive shaft itu dah habis atau bocor. brev saya sekarang dengungnya makin kenceng, dulu inner bootnya sempet pecah karetnya, greese kemana2 sebelum itu ya dengung kenceng. pas ganti boot dan regrease pake topwan balik hening lagi tapi dapet 6 bulanan dengung lagi :big_dunno:

mestinya sih kemaren sebelum ganti oli cvt di cek lagi, karena kalau nyopot drive shaft itu ngocor oli cvt nya. dulu dibengkel ditampung dan dimasukin lagi hahaha... :upss:

kalau oli cvt yg saya rasakan sih, cuma masalah sedikit menghentak/jeduk aja. pas pake hcf2 lebih kerasa dibanding yg sekarang saya pake cfex.
limaues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by limaues »

Bunyi nya keras sih setelah 47rb, sebelum nya gak pernah sekenceng ini bunyi nya. Oli nya hcf2 dan di kasih satu jerigen yg ukuran 4 liter. Suara nya seperti knalpot agak bass gitu, cuma susah tau nya dari depan atau belakang, seperti nya dari belakang. Mungkin mau coba saran om kusnakun coba di rotasi roda nya dulu. Kalau halus so far gada masalah jeduk atau kadar, cuma suara nya agak ganggu
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

95% bukan dr cvt kl begitu. faktor lain spt ban di rotasi bisa bikin bunyi. dan juga bearing roda dicek.
Sobirin
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Nov 29, 2020 12:49
Location: Tambun
Daily Vehicle: Trailbalezer

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Sobirin »

Alternative untuk olintransmisi matic buat trailblzer apa ya om..
Saat ini kan kl Gm pake brand sendiri ...kl brand lain yg sama speknya bisa bantu infonya.. yg kelas low. Middle dan high..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

limaues wrote: Mon Feb 01, 2021 11:31 Bunyi nya keras sih setelah 47rb, sebelum nya gak pernah sekenceng ini bunyi nya. Oli nya hcf2 dan di kasih satu jerigen yg ukuran 4 liter. Suara nya seperti knalpot agak bass gitu, cuma susah tau nya dari depan atau belakang, seperti nya dari belakang. Mungkin mau coba saran om kusnakun coba di rotasi roda nya dulu. Kalau halus so far gada masalah jeduk atau kadar, cuma suara nya agak ganggu

di mobil kan ada dongkrak, ga mungkin kalo ngga ada.
bisa pakenya dan tau caranya kan?
angkat ban 1 per 1, nggak perlu ketinggian yang penting ban bisa muter bebas.
posisi shifter di N.
puter ban pake tangan agak cepet, tangan 1nya pegang per.
ada vibrasi nggak di per?

cobain dulu.