Page 28 of 61

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Sun May 16, 2021 23:39
by Nextyounz
Pagi, ada yg sudah pakai ATE Dot 3, buat Ertiga bisa kan ya, ada review yg sudah pakai? Warna biru ga pengaruh ke performa kan ya, tau nya warna clear atau merah aja.
Dan ada rekomendasi lapak yg jual ORI?

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Mon May 17, 2021 2:17
by Suryaputra
Nextyounz wrote: Sun May 16, 2021 23:39 Pagi, ada yg sudah pakai ATE Dot 3, buat Ertiga bisa kan ya, ada review yg sudah pakai? Warna biru ga pengaruh ke performa kan ya, tau nya warna clear atau merah aja.
Dan ada rekomendasi lapak yg jual ORI?
cek manual booknya.
spek atf nya apa?

klo JWS AW-1 (aisin warner), itu bisa pakai PTT automat LV-1.
kelas keraton nya ada Q8 Auto MV dan Amsoil ATF.

kudu low viscocity.

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Mon May 17, 2021 2:39
by Nextyounz
Suryaputra wrote: Mon May 17, 2021 2:17
Nextyounz wrote: Sun May 16, 2021 23:39 Pagi, ada yg sudah pakai ATE Dot 3, buat Ertiga bisa kan ya, ada review yg sudah pakai? Warna biru ga pengaruh ke performa kan ya, tau nya warna clear atau merah aja.
Dan ada rekomendasi lapak yg jual ORI?
cek manual booknya.
spek atf nya apa?

klo JWS AW-1 (aisin warner), itu bisa pakai PTT automat LV-1.
kelas keraton nya ada Q8 Auto MV dan Amsoil ATF.

kudu low viscocity.
maaf sebelumnya post nya salah tulis malah ke rem hehe..
terima kasih sarannta om, iya AW-1 dimanual. kapasitas sesuai manual kan 5L, itu klo kuras 5L jg ga ya om ?

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Mon May 17, 2021 2:54
by sintoni
Suryaputra wrote: Mon May 17, 2021 2:17
Nextyounz wrote: Sun May 16, 2021 23:39 Pagi, ada yg sudah pakai ATE Dot 3, buat Ertiga bisa kan ya, ada review yg sudah pakai? Warna biru ga pengaruh ke performa kan ya, tau nya warna clear atau merah aja.
Dan ada rekomendasi lapak yg jual ORI?
cek manual booknya.
spek atf nya apa?

klo JWS AW-1 (aisin warner), itu bisa pakai PTT automat LV-1.
kelas keraton nya ada Q8 Auto MV dan Amsoil ATF.

kudu low viscocity.
ATE Dot 3 ini maksudnya minyak rem?

Ini om Nextyounz mau ganti minyak rem atau oli matic?

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Mon May 17, 2021 3:00
by josomba
sintoni wrote: Mon May 17, 2021 2:54
ATE Dot 3 ini maksudnya minyak rem?

Ini om Nextyounz mau ganti minyak rem atau oli matic?
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Ogut sbenernya tergelitik pgn nanya "mau ganti minyak rem atau oli matic", eh si mbah nanya duluan :big_grin:

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Mon May 17, 2021 3:14
by Omnibus
salah kamar karaoke nih rupanya

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Mon May 17, 2021 3:17
by indeskey
Omnibus wrote:salah kamar karaoke nih rupanya
Mbah minta kamar buat serpis as kopel ada mbah...

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Mon May 17, 2021 3:19
by Omnibus
indeskey wrote: Mon May 17, 2021 3:17
Omnibus wrote:salah kamar karaoke nih rupanya
Mbah minta kamar buat serpis as kopel ada mbah...
ada. minta ke mbah marmut kunci kamarnya. :big_biglaugh:

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Mon May 17, 2021 3:25
by Suryaputra
sintoni wrote: Mon May 17, 2021 2:54
Suryaputra wrote: Mon May 17, 2021 2:17
Nextyounz wrote: Sun May 16, 2021 23:39 Pagi, ada yg sudah pakai ATE Dot 3, buat Ertiga bisa kan ya, ada review yg sudah pakai? Warna biru ga pengaruh ke performa kan ya, tau nya warna clear atau merah aja.
Dan ada rekomendasi lapak yg jual ORI?
cek manual booknya.
spek atf nya apa?

klo JWS AW-1 (aisin warner), itu bisa pakai PTT automat LV-1.
kelas keraton nya ada Q8 Auto MV dan Amsoil ATF.

kudu low viscocity.
ATE Dot 3 ini maksudnya minyak rem?

Ini om Nextyounz mau ganti minyak rem atau oli matic?
wkwkwkwkwkwk,
klo DOT 3 mah gampang, klo sy pk PTT DOT-3 fluid, warna clear emas :big_biglaugh:

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... 0036-00285

beli 2 kaleng krn harus diflush lendir lama dibuang

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Mon May 17, 2021 3:48
by Nextyounz
sintoni wrote: Mon May 17, 2021 2:54
Suryaputra wrote: Mon May 17, 2021 2:17
Nextyounz wrote: Sun May 16, 2021 23:39 Pagi, ada yg sudah pakai ATE Dot 3, buat Ertiga bisa kan ya, ada review yg sudah pakai? Warna biru ga pengaruh ke performa kan ya, tau nya warna clear atau merah aja.
Dan ada rekomendasi lapak yg jual ORI?
cek manual booknya.
spek atf nya apa?

klo JWS AW-1 (aisin warner), itu bisa pakai PTT automat LV-1.
kelas keraton nya ada Q8 Auto MV dan Amsoil ATF.

kudu low viscocity.
ATE Dot 3 ini maksudnya minyak rem?

Ini om Nextyounz mau ganti minyak rem atau oli matic?
maaf sebelumnya post nya salah tulis malah ke rem hehe.. belum di approved lagi postingnyannay maapkeun.
sekalian aja tanya om buat matic nya, iya AW-1 dimanual. kapasitas sesuai manual kan 5L, itu klo kuras 5L jg ga ya om ?

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Mon May 17, 2021 5:50
by sintoni
Nextyounz wrote: Mon May 17, 2021 3:48
maaf sebelumnya post nya salah tulis malah ke rem hehe.. belum di approved lagi postingnyannay maapkeun.
sekalian aja tanya om buat matic nya, iya AW-1 dimanual. kapasitas sesuai manual kan 5L, itu klo kuras 5L jg ga ya om ?
Kalau pake mesin flushing pasti lebih dari 5 liter, karena kadang bs kecampur.

Kalau mau ya kuras manual / gerlong aja, biasa pake lebih dikit.

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Wed Jun 09, 2021 13:53
by iadinata
Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat. :)

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Wed Jun 09, 2021 16:36
by maastricht889
iadinata wrote: Wed Jun 09, 2021 13:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat. :)
Soal poin 1 itu apa mungkin sebelum2 ini dijual krn emang udah gejala kena girboksnya ya om? Sepengalaman saya kok belum pernah gitu kuras ATF malah jd harus OH transmisi.

Walaupun emang banyak faktor sebenernya, sebelum2 ini ntah telat kuras ATF/salah spek ATFnya/oli ATF pas om ganti itu yg kenapa2

Bukan nyinggung om, tapi saya jd tertarik buat diskusiin special case kaya om punya

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Wed Jun 09, 2021 16:42
by maastricht889
Nextyounz wrote: Mon May 17, 2021 3:48
sintoni wrote: Mon May 17, 2021 2:54
Suryaputra wrote: Mon May 17, 2021 2:17

cek manual booknya.
spek atf nya apa?

klo JWS AW-1 (aisin warner), itu bisa pakai PTT automat LV-1.
kelas keraton nya ada Q8 Auto MV dan Amsoil ATF.

kudu low viscocity.
ATE Dot 3 ini maksudnya minyak rem?

Ini om Nextyounz mau ganti minyak rem atau oli matic?
maaf sebelumnya post nya salah tulis malah ke rem hehe.. belum di approved lagi postingnyannay maapkeun.
sekalian aja tanya om buat matic nya, iya AW-1 dimanual. kapasitas sesuai manual kan 5L, itu klo kuras 5L jg ga ya om ?
Cek postingan saya jauh2 sebelum ini om di thread sini, saya pake ertiga 2014 AT juga. Kalo kuras gerlong/manual memang bener kok butuhnya 5lt thok (2lt karter+kurleb 3lt di daleman girboks). Memang di satu sisi ngirit dan hasilnya tetep oke dibanding sebelum kuras ATF+saya wkt itu ATF salah spek sama susukinya sebagian, jadi gak karuan sblm itu.

Cm sih setelah kita di SM diskusi kanan kiri atas bawah slh satunya sama mbah omnibus disimpulin gerlong itu oke, tapi scr data itungan ya oli ATF lama masih ada dan cukup banyak di dalem girbok. Makanya kuras ATF pake mesin itu butuh banyak ya slh satunya buat dorong2in sisa oli lama yg jelek. Rata2 pake mesin butuh 8-10lt, tapi itungan om omnibus kalo mau bener2 bersih seinget saya ya total hbs 12-13lt.

Rekomen oli, saya rekomen PTT automat LV1, Q8 auto MV ato yg kelas wahid ya amsoil. Inget, ini girbok ertiga/girbok susuki yg K series+FWD ga gitu banyak oli ATF yg comply speknya om. Biasa beres/SnD pun ngertinya cuman penting dexron 3/3317 asal tuang. Saya skrg pake Q8 Auto JK waktu masih jaman comply ke AW1 enak sih, bedanya sama Q8 MV itu yg JK lebih kentel scr visco

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Thu Jun 10, 2021 2:40
by Xous
Trakhir d4d AT 05 sy sukses bertahan dg metode ini sampe d 420k. Ambil seken pas 220k. Pas d jual sm pdgnya d turunkan buat Oh tapi cm d bersihkan aja krn mnrt bengkel msh baik, crita wkt sy antar bpkbnya.
iadinata wrote: Wed Jun 09, 2021 13:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat. :)

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Thu Jun 10, 2021 3:06
by benzz89

Xous wrote:Trakhir d4d AT 05 sy sukses bertahan dg metode ini sampe d 420k. Ambil seken pas 220k. Pas d jual sm pdgnya d turunkan buat Oh tapi cm d bersihkan aja krn mnrt bengkel msh baik, crita wkt sy antar bpkbnya.
Set deh badak amat itu matic nya si Aisin 3040... 420 rebu KM cuman bebersih aja jeroannya & blom ada yg diganti2 sama sekali.

Cocok banget nih buat yg mau pakai mobilnya sampe 20 taon, jaminan gak bakal ganti seglondongan punya.

300 rebu KM aja sih merem dahh... enak makan, enak tidur pokoknya, masih geli2 basah aja lah itu buat si A3040 hahaha...

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Thu Jun 10, 2021 14:09
by GDNGAN
Malam om mau tanya Oli transmisi Chevy Trax, gue mau ganti oli transnya, speknya dexron VI kan. Nah gue masih nyimpen PTT automat LV-1, bisa buat dexron VI kan ya? Dulu gue pake buat toyota yg speknya WS. Thankyou!

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Fri Jun 11, 2021 1:39
by Suryaputra
iadinata wrote: Wed Jun 09, 2021 13:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat. :)
yup make sense, sy pernah lihat di channel youtube jg spt itu amannya.
hindari flushing pakai mesin, karena resiko contains debris dan oli spec beda yg masih ada di dalam mesin flushing.

pantas aja, transmisi honda cvt jaman now, ya dirancang untuk ganti aja.
klo ganti brand ATF pun jg, paling sistem drain & refill 2-3x

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Fri Jun 11, 2021 2:39
by DOHC
Suryaputra wrote: Fri Jun 11, 2021 1:39
iadinata wrote: Wed Jun 09, 2021 13:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat. :)
yup make sense, sy pernah lihat di channel youtube jg spt itu amannya.
hindari flushing pakai mesin, karena resiko contains debris dan oli spec beda yg masih ada di dalam mesin flushing.

pantas aja, transmisi honda cvt jaman now, ya dirancang untuk ganti aja.
klo ganti brand ATF pun jg, paling sistem drain & refill 2-3x
Honda setau saya dr jaman kijang super commando ssx baru nya masi 12 juta aj, ga perna anjurin pake mesin2 flushing buat atf metik grand civic ama accord nya

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Fri Jun 11, 2021 2:40
by maastricht889
DOHC wrote: Fri Jun 11, 2021 2:39
Suryaputra wrote: Fri Jun 11, 2021 1:39
iadinata wrote: Wed Jun 09, 2021 13:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat. :)
yup make sense, sy pernah lihat di channel youtube jg spt itu amannya.
hindari flushing pakai mesin, karena resiko contains debris dan oli spec beda yg masih ada di dalam mesin flushing.

pantas aja, transmisi honda cvt jaman now, ya dirancang untuk ganti aja.
klo ganti brand ATF pun jg, paling sistem drain & refill 2-3x
Honda setau saya dr jaman kijang super commando ssx baru nya masi 12 juta aj, ga perna anjurin pake mesin2 flushing buat atf metik grand civic ama accord nya
Tapi merk ATFnya mo apa aja asal spek mashok ga masalah ya om?

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Fri Jun 11, 2021 2:42
by sintoni
DOHC wrote: Fri Jun 11, 2021 2:39
Suryaputra wrote: Fri Jun 11, 2021 1:39
iadinata wrote: Wed Jun 09, 2021 13:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat. :)
yup make sense, sy pernah lihat di channel youtube jg spt itu amannya.
hindari flushing pakai mesin, karena resiko contains debris dan oli spec beda yg masih ada di dalam mesin flushing.

pantas aja, transmisi honda cvt jaman now, ya dirancang untuk ganti aja.
klo ganti brand ATF pun jg, paling sistem drain & refill 2-3x
Honda setau saya dr jaman kijang super commando ssx baru nya masi 12 juta aj, ga perna anjurin pake mesin2 flushing buat atf metik grand civic ama accord nya
Jadi sudah ga osa gerlong2-an mbah?

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Fri Jun 11, 2021 4:32
by DOHC
erwinign wrote: Fri Jun 11, 2021 2:40
DOHC wrote: Fri Jun 11, 2021 2:39
Suryaputra wrote: Fri Jun 11, 2021 1:39

yup make sense, sy pernah lihat di channel youtube jg spt itu amannya.
hindari flushing pakai mesin, karena resiko contains debris dan oli spec beda yg masih ada di dalam mesin flushing.

pantas aja, transmisi honda cvt jaman now, ya dirancang untuk ganti aja.
klo ganti brand ATF pun jg, paling sistem drain & refill 2-3x
Honda setau saya dr jaman kijang super commando ssx baru nya masi 12 juta aj, ga perna anjurin pake mesin2 flushing buat atf metik grand civic ama accord nya
Tapi merk ATFnya mo apa aja asal spek mashok ga masalah ya om?
Ho oh,mustinya gapapa yah utk trans geared metiknya

Toh dl yg z-1 bawaan perna saya coba buat ge8, ampas banget itu

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Fri Jun 11, 2021 4:34
by DOHC
sintoni wrote: Fri Jun 11, 2021 2:42
DOHC wrote: Fri Jun 11, 2021 2:39
Suryaputra wrote: Fri Jun 11, 2021 1:39

yup make sense, sy pernah lihat di channel youtube jg spt itu amannya.
hindari flushing pakai mesin, karena resiko contains debris dan oli spec beda yg masih ada di dalam mesin flushing.

pantas aja, transmisi honda cvt jaman now, ya dirancang untuk ganti aja.
klo ganti brand ATF pun jg, paling sistem drain & refill 2-3x
Honda setau saya dr jaman kijang super commando ssx baru nya masi 12 juta aj, ga perna anjurin pake mesin2 flushing buat atf metik grand civic ama accord nya
Jadi sudah ga osa gerlong2-an mbah?
Kl gerlong mustinya justru gapapa mbah

Krn honda lebi ga mau pake mesin2 flushing gt, takut kcampur2 ama oli atf laen, atau malah kemasukan kotoran

Kl gerlong kan cuman copot pasang selang cooler doank buat nge buang atf, masukin atf baru nya tetep dr lobang fill

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Fri Jun 11, 2021 4:37
by Suryaputra
hmmm lg consider.
berarti klo mau ganti merk CVTF lain, lgs ganti aja.
jd flushing naturally ajah di OCI berikutnya.

cukup drain & refill 1x

soalnya sayang jg klo mau ganti merk keraton, harus drain & refill 2-3x :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Posted: Fri Jun 11, 2021 5:23
by MSU
Xous wrote: Thu Jun 10, 2021 2:40 Trakhir d4d AT 05 sy sukses bertahan dg metode ini sampe d 420k. Ambil seken pas 220k. Pas d jual sm pdgnya d turunkan buat Oh tapi cm d bersihkan aja krn mnrt bengkel msh baik, crita wkt sy antar bpkbnya.
iadinata wrote: Wed Jun 09, 2021 13:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat. :)
maksudnya odo d4d-nya om skrg 420rb km om? dgn odo segitu pernah OH matic-nya?
sy cari info aja seberapa bandelnya d4d ini sbg kandidat pengganti mobil ops skrg