Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

dh1904
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Mar 24, 2019 6:04
Location: Kota Jakarta Barat
Daily Vehicle: Honda Accord

Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by dh1904 »

Hi.....
Saya ingin bertanya.
Mobil saya honda accord 2006.
Pernah ada kejadian selang radiator lepas bagian bawah. Dan itu sudah saya alami 2 kali.
Dan pagi ini saat mesin dingin saya ingin cek air radiator. Saat saya buka tutup radiator, airnya langsung muncrat. Seperti ada tekanan. Padahal mesin mati dan dingin.
Boleh tau kenapa yach....
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by Wistuwis »

Kalo suhu mesin gmn om? Overheat gak kalau dipakai lama, macet2an di jalan?
Menurut newbie ini kemungkinan saluran radiator dengan reservoir tersumbat om, jadi tekanan di dalam radiator hasil uap panasnya tertahan di dalam, tidak tersalurkan. Itu menjelaskan juga kenapa sampai 2x selang lepas.
Coba cek tutup radiatornya masih berfungsi normal atau tidak. Atau spesifikasi tutup radiatornya sesuai dengan jenis radiatornya gak.
Ngasepngaspal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
Location: Makassar
Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by Ngasepngaspal »

Bisa jadi tersumbat om. Mungkin endapan karat, karena pemakaian sebelumnya hanya pakai air kerannsaja.
dh1904
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Mar 24, 2019 6:04
Location: Kota Jakarta Barat
Daily Vehicle: Honda Accord

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by dh1904 »

Suhu mobil normal saat jalan lama di level 1/2 dan tidak overheat.
Dan ac juga dingin banget.
Tadi saya sudah tiup selang je reservoir.
Kalo tutup radiator sih saya kurang tau normal atau tidak.
Besok saya beli baru deh.
Oh iya...kemarin saat selang lepas.....saya isi air radiator tapi turun terus dan gak penuh penuh. Saya check gak ada air radiator yg bocor.
Saya selalu pakai coolent gan.
nowtaps
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Jul 05, 2018 6:04
Location: Bandung

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by nowtaps »

Sebelumnya mesin pernah overheat gak waktu selangnya lepas?

Dulu pernah kaya gini juga, ternyata head gasket mesinnya yang kena, kompresinya bocor sampe ke sistem radiatornya, jadi airnya muncrat pas distarter (kalau gak salah ya, udah lama juga)
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by ilhami »

kalau gasket bocor harusnya airnya keruh, atau berminyak ya, atau malah asap dan olinya putih
SoGoLs
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Nov 17, 2018 14:04
Location: Ngawi

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by SoGoLs »

Punya ane thermostat tak lepas...
Kalo punya ane di gas muncrat....lepas gas tidak....
Tapi habis di gas ada buih....bukan gelembung....
Gak pernah overheat... suhunya gak ngerti berapa...soalnya vios di dashboard temperature cuman nongol ijo kalo dingin dan merah kalo over heat.... dan belum pernah nongol merah...
Kondisi busi normal..gak ada tanda2 bercak putih...oli normal gak ada campuran air, coolant juga normal!
Kira2 itu normal gak ya om?... atau sudah waktunya turun setengah?
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by Pugman »

dh1904 wrote: Sun Mar 24, 2019 8:08 Suhu mobil normal saat jalan lama di level 1/2 dan tidak overheat.
Dan ac juga dingin banget.
Tadi saya sudah tiup selang je reservoir.
Kalo tutup radiator sih saya kurang tau normal atau tidak.
Besok saya beli baru deh.
Oh iya...kemarin saat selang lepas.....saya isi air radiator tapi turun terus dan gak penuh penuh. Saya check gak ada air radiator yg bocor.
Saya selalu pakai coolent gan.
Gak penuh-penuh itu diisi air coolant berapa liter Om? Dulu saya pakai Peugeot 406, pernah 1x bocor dibagian pembuangan air di blok mesin. Itu mobil saya isi air biasa 1 galon aqua 19 liter aja masih kurang 1/3 galon lagi. Ya kira2 total 25liter.. Mobil 2000cc keatas kan bagian kisi2nya besar, wajar memang kalau diisi kaya ga penuh2..
Oya kalau suhu dingin masih muncrat berarti ada yang mampet. Kalau mobil saya malah pernah itu kisi radiator
Bagian atas dipegang ga terasa panas, bagian bawahnya panas. Dicheck ternyata memang dijalur air kisi yang atas mampet.
SoGoLs
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Nov 17, 2018 14:04
Location: Ngawi

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by SoGoLs »

SoGoLs wrote: Wed Jul 31, 2019 8:54 Punya ane thermostat tak lepas...
Kalo punya ane di gas muncrat....lepas gas tidak....
Tapi habis di gas ada buih....bukan gelembung....
Gak pernah overheat... suhunya gak ngerti berapa...soalnya vios di dashboard temperature cuman nongol ijo kalo dingin dan merah kalo over heat.... dan belum pernah nongol merah...
Kondisi busi normal..gak ada tanda2 bercak putih...oli normal gak ada campuran air, coolant juga normal!
Kira2 itu normal gak ya om?... atau sudah waktunya turun setengah?
Ada yang bisa bantuin masalah ane gak?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by marmut »

SoGoLs wrote: Wed Jul 31, 2019 16:43
SoGoLs wrote: Wed Jul 31, 2019 8:54 Punya ane thermostat tak lepas...
Kalo punya ane di gas muncrat....lepas gas tidak....
Tapi habis di gas ada buih....bukan gelembung....
Gak pernah overheat... suhunya gak ngerti berapa...soalnya vios di dashboard temperature cuman nongol ijo kalo dingin dan merah kalo over heat.... dan belum pernah nongol merah...
Kondisi busi normal..gak ada tanda2 bercak putih...oli normal gak ada campuran air, coolant juga normal!
Kira2 itu normal gak ya om?... atau sudah waktunya turun setengah?
Ada yang bisa bantuin masalah ane gak?

tujuan lepas thermostat apa?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by kompresorz »

marmut wrote: Thu Aug 01, 2019 6:29
SoGoLs wrote: Wed Jul 31, 2019 16:43
SoGoLs wrote: Wed Jul 31, 2019 8:54 Punya ane thermostat tak lepas...
Kalo punya ane di gas muncrat....lepas gas tidak....
Tapi habis di gas ada buih....bukan gelembung....
Gak pernah overheat... suhunya gak ngerti berapa...soalnya vios di dashboard temperature cuman nongol ijo kalo dingin dan merah kalo over heat.... dan belum pernah nongol merah...
Kondisi busi normal..gak ada tanda2 bercak putih...oli normal gak ada campuran air, coolant juga normal!
Kira2 itu normal gak ya om?... atau sudah waktunya turun setengah?
Ada yang bisa bantuin masalah ane gak?

tujuan lepas thermostat apa?
:big_think: ?
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by paidjho »

kompresorz wrote:
marmut wrote: Thu Aug 01, 2019 6:29
SoGoLs wrote: Wed Jul 31, 2019 16:43 Ada yang bisa bantuin masalah ane gak?

tujuan lepas thermostat apa?
:big_think: ?
Biar berat berkurang, power to weight ratio berkurang 300gr, sehingga biar resing....

Mengurangi 1 menit dalam quarter miles...


#kaboorr....
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by kompresorz »

paidjho wrote: Tue Aug 06, 2019 12:37
kompresorz wrote:
marmut wrote: Thu Aug 01, 2019 6:29


tujuan lepas thermostat apa?
:big_think: ?
Biar berat berkurang, power to weight ratio berkurang 300gr, sehingga biar resing....

Mengurangi 1 menit dalam quarter miles...


#kaboorr....
:big_exellent: ...

berarti masalahnya terselesaikan.... :off_good_job:
QkyAryaone
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Apr 19, 2020 14:13
Location: Bogor
Daily Vehicle: Honda City

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by QkyAryaone »

Hallo...
Saya mau tanya..
Mobil sya Honda City. Air radiator sering berkurang tapi tdk ada kebocoran. setiap habis dipakai jalan...kadang luber keluar ke reservoir tank dan panas mendidih.
Pada kondisi mesin masih dingin sya buka tutup radiator dan sya hidupkan mesin... Air selalu mengalir keluar terus... Saat fan hidup baru ga keluar tapi keluar gelembung2...
Kira2 apanya ya? Apakah dri thermostat yg macet dalam kondisi terbuka...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by DOHC »

QkyAryaone wrote: Sun Apr 19, 2020 14:24 Hallo...
Saya mau tanya..
Mobil sya Honda City. Air radiator sering berkurang tapi tdk ada kebocoran. setiap habis dipakai jalan...kadang luber keluar ke reservoir tank dan panas mendidih.
Pada kondisi mesin masih dingin sya buka tutup radiator dan sya hidupkan mesin... Air selalu mengalir keluar terus... Saat fan hidup baru ga keluar tapi keluar gelembung2...
Kira2 apanya ya? Apakah dri thermostat yg macet dalam kondisi terbuka...
ini honda city apa yah ? yg type Z atau yg GD8 yg masi ada heater ?
abis servis radiator ? pake coolant perna di ganti / kuras ? coolant nya isi aer ledeng ?

d daerah sekitar belt2 mesin, ada jejak bekas air coolant yg mengering ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
QkyAryaone
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Apr 19, 2020 14:13
Location: Bogor
Daily Vehicle: Honda City

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by QkyAryaone »

Honda city GD8... Service radiator belum... Karena belum pasti bermasalah di radiator'a apa dari sisi mesin.
Ga pake coolant.. Tapi aer biasa... Sekitar belt mesin kering ga ada bocoran.

Klo normal radiator di buka tutup'a trus hidupkan mesin air tumpah/luber ga seh ya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by DOHC »

QkyAryaone wrote: Mon Apr 20, 2020 3:59 Honda city GD8... Service radiator belum... Karena belum pasti bermasalah di radiator'a apa dari sisi mesin.
Ga pake coolant.. Tapi aer biasa... Sekitar belt mesin kering ga ada bocoran.

Klo normal radiator di buka tutup'a trus hidupkan mesin air tumpah/luber ga seh ya?
Ohh aer ledeng yah.. kmungkinan itu radiator kisi2nya ad mampet berkerak kl tuh, atau worst case yah termostat ud kena

Normalnya yah kl mesin idup trus tutup dibuka yah aer nya luber.. ntar turun pelan2 pas termostat kebuka

Cara simpel yah coba aj dl kuras radiatornya.. buka selang atas ama bawah, trus semprot dorong pake aer selang.. jgn lupa copotin jg termostat nya buat d cek, kl ud bekarat atau bekerak d ganti... abis itu pakein coolant, yg murmer jg gapapa..

Colek mbah marmut angkat barbel dl ahh, siapa tau ad wejangan laen
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by Profith83 »

coolant menurut saya harus yah.
guna coolant:

1. anti karat semua jalur yang dilalui coolant. Termostat, jalu pendingin turbo, jalur di celah celah mesin dan radiator itu sendiri. Ngeri kalau bayangin sampai ada jalur karatan dan yang pasti betulinnya mahal. Lebih murah pakai coolant 2-3 thn ganti
2. mendinginkan mobil dengan cepat karena coolant ada bahan penyerap dan penyebar panasnya. Mobil terkena macet2x an pakai coolant gak takut overheat.
3. Tidak terbuang waktu kita pas luar kota tiba tiba mobil macet/overheat

Oh iya sharing hal lucu mengenai radiator Innova diesel LGX.
Pernah pas ke Bali tuh kalau mobil jalan dan pasang AC, suhu radiator normal saja tidak overheat. Tapi kalau macet dan pasang AC overheat sampai air coolant meluber dari reservoir. Anak masih umur 2 dan 3 thn. Mau gak mau harus pasang AC.
Jadinya selama perjalanan bawa air ledeng taruh di galon.
Di penyebrangan air coolant kuning keluar deras. pengukur suhu di dalam mobil naik hampir 3/4. matikan tunggu dingin, isi lagi air.

Singkat cerita pulang sampai Surabaya ke bengkel radiator, dichek gratis cuma diambil tas kresek kecil yang lengket antara AC dan radiator.
Setelah itu mobil dipakai sampai 3 thn gapapa, sampai akhirnya dijual.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by ak4ng »

Profith83 wrote: Mon Apr 20, 2020 6:11 coolant menurut saya harus yah.
guna coolant:

1. anti karat semua jalur yang dilalui coolant. Termostat, jalu pendingin turbo, jalur di celah celah mesin dan radiator itu sendiri. Ngeri kalau bayangin sampai ada jalur karatan dan yang pasti betulinnya mahal. Lebih murah pakai coolant 2-3 thn ganti
2. mendinginkan mobil dengan cepat karena coolant ada bahan penyerap dan penyebar panasnya. Mobil terkena macet2x an pakai coolant gak takut overheat.
3. Tidak terbuang waktu kita pas luar kota tiba tiba mobil macet/overheat

Oh iya sharing hal lucu mengenai radiator Innova diesel LGX.
Pernah pas ke Bali tuh kalau mobil jalan dan pasang AC, suhu radiator normal saja tidak overheat. Tapi kalau macet dan pasang AC overheat sampai air coolant meluber dari reservoir. Anak masih umur 2 dan 3 thn. Mau gak mau harus pasang AC.
Jadinya selama perjalanan bawa air ledeng taruh di galon.
Di penyebrangan air coolant kuning keluar deras. pengukur suhu di dalam mobil naik hampir 3/4. matikan tunggu dingin, isi lagi air.

Singkat cerita pulang sampai Surabaya ke bengkel radiator, dichek gratis cuma diambil tas kresek kecil yang lengket antara AC dan radiator.
Setelah itu mobil dipakai sampai 3 thn gapapa, sampai akhirnya dijual.
Nganu om, innova lgx tu gmn om, innova diesel kan radiatornya sistem closed, lgx sistem open :big_peace:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by Profith83 »

ak4ng wrote: Mon Apr 20, 2020 6:19
Profith83 wrote: Mon Apr 20, 2020 6:11 coolant menurut saya harus yah.
guna coolant:

1. anti karat semua jalur yang dilalui coolant. Termostat, jalu pendingin turbo, jalur di celah celah mesin dan radiator itu sendiri. Ngeri kalau bayangin sampai ada jalur karatan dan yang pasti betulinnya mahal. Lebih murah pakai coolant 2-3 thn ganti
2. mendinginkan mobil dengan cepat karena coolant ada bahan penyerap dan penyebar panasnya. Mobil terkena macet2x an pakai coolant gak takut overheat.
3. Tidak terbuang waktu kita pas luar kota tiba tiba mobil macet/overheat

Oh iya sharing hal lucu mengenai radiator Innova diesel LGX.
Pernah pas ke Bali tuh kalau mobil jalan dan pasang AC, suhu radiator normal saja tidak overheat. Tapi kalau macet dan pasang AC overheat sampai air coolant meluber dari reservoir. Anak masih umur 2 dan 3 thn. Mau gak mau harus pasang AC.
Jadinya selama perjalanan bawa air ledeng taruh di galon.
Di penyebrangan air coolant kuning keluar deras. pengukur suhu di dalam mobil naik hampir 3/4. matikan tunggu dingin, isi lagi air.

Singkat cerita pulang sampai Surabaya ke bengkel radiator, dichek gratis cuma diambil tas kresek kecil yang lengket antara AC dan radiator.
Setelah itu mobil dipakai sampai 3 thn gapapa, sampai akhirnya dijual.
Nganu om, innova lgx tu gmn om, innova diesel kan radiatornya sistem closed, lgx sistem open :big_peace:
wakakaka ... nganu om. Salah saya ... maksudnya Kijang LGX :big_grin:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by DOHC »

Kl d negeri 4 musim sehh wajib pake coolant, scara mreka perlu bgt anti freeze nya..

Tp kl d iklim tropis kta.. sifat anti rust ama anti boil nya yg justru kita perlu dr coolant..

Dan tuk coolant itu sendiri, sifat anti boil dan anti freeze nya lama utk menurun / jelek, tp yg lebi cepet menurun justru sifat anti rust nya, makanya diperlukan kuras berkala
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by indeskey »

Kalau mesih ahond hrv nya om DOHC ganti tiap berapa lama om? Kalau bukman kan 100k km atau 5/6 tahun yak. Tp kayaknya kelamaan ya kalau 5 thn. Lumayan mahal lagi itu coolant 100an seliter.

Kalau ganti cukup drain yg diradiator sama reservoir terus diisi lg aja ya om? Masih ada coolant yg kesisa dijalur sama mesin aman kah.
DOHC wrote:Kl d negeri 4 musim sehh wajib pake coolant, scara mreka perlu bgt anti freeze nya..

Tp kl d iklim tropis kta.. sifat anti rust ama anti boil nya yg justru kita perlu dr coolant..

Dan tuk coolant itu sendiri, sifat anti boil dan anti freeze nya lama utk menurun / jelek, tp yg lebi cepet menurun justru sifat anti rust nya, makanya diperlukan kuras berkala
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by DOHC »

indeskey wrote: Mon Apr 20, 2020 14:31 Kalau mesih ahond hrv nya om DOHC ganti tiap berapa lama om? Kalau bukman kan 100k km atau 5/6 tahun yak. Tp kayaknya kelamaan ya kalau 5 thn. Lumayan mahal lagi itu coolant 100an seliter.

Kalau ganti cukup drain yg diradiator sama reservoir terus diisi lg aja ya om? Masih ada coolant yg kesisa dijalur sama mesin aman kah.
DOHC wrote:Kl d negeri 4 musim sehh wajib pake coolant, scara mreka perlu bgt anti freeze nya..

Tp kl d iklim tropis kta.. sifat anti rust ama anti boil nya yg justru kita perlu dr coolant..

Dan tuk coolant itu sendiri, sifat anti boil dan anti freeze nya lama utk menurun / jelek, tp yg lebi cepet menurun justru sifat anti rust nya, makanya diperlukan kuras berkala
ane sehh ganti tiap perpanjang stnk, ngikutin cara mbah sjamsul

ganti nya jg cuman buka baut drain bawah, ama buang yg di tabung reservoir.. 4 liter cukup.. pake coolant seiken, toh bawaan ahond jg pake nya merek itu.. murah..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by indeskey »

DOHC wrote:
indeskey wrote: Mon Apr 20, 2020 14:31 Kalau mesih ahond hrv nya om DOHC ganti tiap berapa lama om? Kalau bukman kan 100k km atau 5/6 tahun yak. Tp kayaknya kelamaan ya kalau 5 thn. Lumayan mahal lagi itu coolant 100an seliter.

Kalau ganti cukup drain yg diradiator sama reservoir terus diisi lg aja ya om? Masih ada coolant yg kesisa dijalur sama mesin aman kah.
DOHC wrote:Kl d negeri 4 musim sehh wajib pake coolant, scara mreka perlu bgt anti freeze nya..

Tp kl d iklim tropis kta.. sifat anti rust ama anti boil nya yg justru kita perlu dr coolant..

Dan tuk coolant itu sendiri, sifat anti boil dan anti freeze nya lama utk menurun / jelek, tp yg lebi cepet menurun justru sifat anti rust nya, makanya diperlukan kuras berkala
ane sehh ganti tiap perpanjang stnk, ngikutin cara mbah sjamsul

ganti nya jg cuman buka baut drain bawah, ama buang yg di tabung reservoir.. 4 liter cukup.. pake coolant seiken, toh bawaan ahond jg pake nya merek itu.. murah..
Siyap noted om, tak ikutin. Nuhun om.
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue May 09, 2017 3:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Post by jessboy »

Profith83 wrote: Mon Apr 20, 2020 6:11 coolant menurut saya harus yah.
guna coolant:

1. anti karat semua jalur yang dilalui coolant. Termostat, jalu pendingin turbo, jalur di celah celah mesin dan radiator itu sendiri. Ngeri kalau bayangin sampai ada jalur karatan dan yang pasti betulinnya mahal. Lebih murah pakai coolant 2-3 thn ganti
2. mendinginkan mobil dengan cepat karena coolant ada bahan penyerap dan penyebar panasnya. Mobil terkena macet2x an pakai coolant gak takut overheat.
3. Tidak terbuang waktu kita pas luar kota tiba tiba mobil macet/overheat

Oh iya sharing hal lucu mengenai radiator Innova diesel LGX.
Pernah pas ke Bali tuh kalau mobil jalan dan pasang AC, suhu radiator normal saja tidak overheat. Tapi kalau macet dan pasang AC overheat sampai air coolant meluber dari reservoir. Anak masih umur 2 dan 3 thn. Mau gak mau harus pasang AC.
Jadinya selama perjalanan bawa air ledeng taruh di galon.
Di penyebrangan air coolant kuning keluar deras. pengukur suhu di dalam mobil naik hampir 3/4. matikan tunggu dingin, isi lagi air.

Singkat cerita pulang sampai Surabaya ke bengkel radiator, dichek gratis cuma diambil tas kresek kecil yang lengket antara AC dan radiator.
Setelah itu mobil dipakai sampai 3 thn gapapa, sampai akhirnya dijual.
setuju banget kalau harus pake coolant seperti yang om sebutkan.
harga gak seberapa tapi fungsinya penting banget.
soalnya pernah ngalamin mobil overheat dengan mobil kijang kapsul pas naik ke puncak.
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya