WTA : Kaki-kaki F10-2012

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: 09 May 2017, 10:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas
Contact:

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by jessboy »

deathstroke wrote: 09 Sep 2020, 18:33
azerbaijan wrote: 09 Sep 2020, 17:36Itu kenapa om decide harus turun mesin om? Apakah karena KM sudah 200rban? Secara GCU apakah ada trouble ya terkait komponen dari mobil? Boleh share om range ganti mesin DCnya abis berapa dan ngelakuinnya dimana? Menurut saya F10 bisa sampai 200rb ini perlu di highlight karena orang orang biasanya takut sama BMW
iyah gan, pas ambil mobil ini juga ane cek nya bener2 detail dan nego seada adanya, harganya menggiurkan soalnya wkwkwk.

waktu sblm ambil mobil di scan sih aman semua ga ada error codes, tarik data di astra juga rawatan banget, ganti oli tiap 5rb KM, kaki2 semua baru ganti 2019 steering rack nya doang yg gak ganti, aki baru ganti 2019/11, ban baru ganti 2019/11 non rft bridgestone, interior rapih ga ada grepes2, cuma jok depan aja udah rada kempes busa nya sama cat nya dah pudar, handle pintu 4 4nya udah pada meleleh (jok udah di restore dan ganti 4 handle total 2jt) problem yg paling parah cuma timing chainnya udah bunyi parah, tinggal coplok nya doang itu rante, makanya pas ane ambil lsg bw ke bengkel ganti timing chain sekalian deh turunin mesin (kl mau ganti timingchain set aja gak harus turun mesin kok, cukup lepas head aja), ane turun mesin karna mau bersihin dan mau liat parts2 yg gak keliatan aja udh pada rapuh apa belum, berhubung BMW makin kesini makin banyak pake parts plastik dan karet2 sampah jadi biar sekalian keliatan aja hahahaha, sekalian skir klep, bersihin pala piston, ganti oli matic, ganti oli gardan, dan semua gasket2nya.

alhamdulillah pas turun mesin sih mesinnya bersih gak banyak deposit/sludge, mungkin karna interval ganti oli pemilik sblmnya deket bgt kaliya tiap 5000KM.. gak banyak parts tambahan yang diganti sih, cuma:
-selang radiator tengah;ori bmw (825rb) - ujungnya udah rapuh
-o ring inlet coolant pipe yg ke turbo (5rb perak) - udah copot jadi coolant bocor
-center mount;swag (1.3jt) - jebol

cuma ya gitu, namanya turun mesin ada aja masalahnya, gak tau mekanik bengkelnya yg ga kompeten atau emg pure kecelakaan aja, jadi tambah ganti;
-tambahan oli 5L + filter oli;ane pake amsoil european 5w40 dan filter pake mann (1.1jt) - pas naik mesin, bengkel isi oli cuma 5L, pas ane bawa pulang dr bengkel mobilnya, ane coba geber dijalan tbtb drivetrain warning nyala tulisan suruh tambah oli seliter, jadi ane mampir di pertamina buat beli fastron sementara, nyampur deh tuh oli fastron sm amsoil, jadi kena 2x ganti oli.. bengkel gamau tanggung jawab wkwk
-selang radiator yg ke tank;ori bmw (815rb) - dipatahin mekanik, 100% ane yg nanggung
-vacuum pump (3.6jt); vaico germany (sebelumnya ori BMW padahal harga 8.5jt huhu) - pentil yg ke pressure converter dipatahin mekanik, dan besi bagian atas penyok jadi oli pada bocor dr cam (kyknya pas turun mesin jatoh atau di getok pake palu buat copotin jadi bisa penyok gt) utk vacuum pump bengkel setuju buat ganti rugi 50/50, barang masih pesen 7 hari lg katany, sementara mereka akalin dulu ditambel pake lem besi :)

----------
-total dc turun mesin dan ganti semua parts sih 26jt-an, cuma karena ada kelalaian bengkel dan mekanik jadi nambah kurleb 3.6jt-an.

-buat interior rapihin semua 2jt

-kompresor ac jebol + flush ac 9jt
----------

sama ane mau ganti waterpump + thermostat, karna di record astra belum pernah ganti waterpump dr baru, thermostat baru ganti sekali tahun 2015.. udah termasuk hoki sih ini 185.000 KM water pump belum mati, harusnya udh ganti 2x ganti wkwkwk, buat preventive maintenance aja..

dc ganti waterpump set + thermostat 10jt (parts only) kyknya ane mau ganti sendiri aja, udh kurang percaya sama bengkel2 skrg, mayan irit2 ongkos jg

intinya kalo mau beli bmw bekas terutama mesin N20 ini harus mau belajar dan riset tentang mesin itu.. apa2 aja common problems nya, jadi kita dateng ke bengkel udh tau mau ganti apa aja, jgn suruh bengkelnya yg diagnosis.. pengalaman ane benerin mobil ini soalnya 90% mekanik dan bengkel salah diagnosa semua (so far 5 bengkel yg ane udh konsul dan datengin - 3 di jaksel, 2 di tangerang) yg berhasil bantu ane cari solusi dan tepat baru cuma 1 bengkel aja.

dan harus sering2 baca forum2 luar juga, karena high mileage BMW diluar udah banyak.. jadi mereka lebih tau penyakit mesin N20 ini dan apa apa aja solusinya.. gak kaya kita pake BMW di sayang2 terus, ngeliat kilometer gondrong langsung ngeri, padahal ya namanya barang dipake, parts udh hampir elektronik semua pasti ada umurnya, cepat atau lambat mmg hrs diganti.. dan juga BMW kan luxury brand, jadi gak heran kalo harga parts nya selangit, namanya juga luxury brand.. pinter2 di nego harga mobilnya aja buat cover dc benerin mobilnya, itu sih gan kurlebnya hehe -- utk nama bengkelnya kyknya ga usah di sebut yah, ngga enak nanti jadi masalah karna mereka udh minta maaf juga walaupun cuma mau ganti setengah, ini ane masih proses nunggu partsnya jg mudah2an ga di persulit sm mereka
mantap sharingnya om, informatif banget.
itu gimana ceritanya bisa mampir ke bengkel itu om?
emang bengkel banyak yang gek bener, kadang part gak rusak aja bisa disuruh ganti.
blum lagi kalau ada problem yang bener2 dikuasai oleh mekanik, suruh ganti part ini-itu dan masalah masih ada lalu suruh ganti part lain lagi, mobil kita buat percobaan dan kita yg keluar duit. :bad-words:
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: 28 Oct 2004, 15:38
Location: Jakarta

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by aspsilver »

Di Indonesia, kalo punya BMW, biasanya ada mobil lain yang dipake sehari hari. Dan mobil mewah gitu, biasanya ngendon di garasi.

Di luar negeri, gak punya kemewahan itu, ya punya mobil paling banyak juga 2, itu juga satu papa satu mama, keduanya jalan.
Jadi mau punya S class juga, ya mobilnya cuma itu.
Jarang punya garasi besar, bisa muat banyak mobil.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by KielConstantine »

aspsilver wrote: 14 Sep 2020, 12:56 BMW F10 ini badak juga,
saya sejak kecil diindroktinasi sama paman paman saya, jangan beli BMW<, rewel dsb. mending mercedes.

tapi paman paman itu beli BMW lagi tuh. walaupun mereka juga punya mercedes .

setelah 10 tahun merawat Mercedes bokap, dan kumpulin uang beli mercedes sendiri.
dari mercy ganti bailk honda.

belakangan dapat tawaran 528i, F10, 2011, yang terakhir pakai mesin inline 6 , 3000.

beli km 56rb , usia 4 tahun. masi dapat service 1x di bengkel Astra BMW, ganti oli dan rem berlakang, tagihan 13 juta (kalau bayar, segitu).

setelah itu pergi ke spesialis aja.

sekarang 108 rb km, baru benerin arm depan aja, dan packing oli (100rb) . gak sampe 10 juta tagihannya.

yang hancur itu karet karet interior nya. lengket trus hancur semua. akhirnya ganti baru. custom, eh udah kelar,b aru lihat, dibukalapak ada yang jual , cuma separo harganya, cuma ya mungkin masangnya separo lagi. hehehe.

puas banget sama BMW ini, suaranya merdu di 7000 rpm. handling juga ok bagnets.
Inline-6 memang the bestnya BMW om. Ibarat bread & butter jadi 1 kesatuan udh. Ane jg sengaja cari yg inline-6 walaupun kastanya masih E90 hahaha.

Semenjak era turbocharged. Musti naek ke 335i / 535i klo mau cari mesin inline-six.

Btw harusnya F13 640i jg termasuk badak ya kaki-kaki dan rack steeringnya, secara dia turunan dari F10 yg dibuat coupé body style yg s3xy abis. Ketambahan mesin N55 inline-6 turbo + transmisi zf-8 speed. Nikmat mana yang kau dustakan. :big_comfort:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by FR6 »

deathstroke wrote: 09 Sep 2020, 18:33
azerbaijan wrote: 09 Sep 2020, 17:36Itu kenapa om decide harus turun mesin om? Apakah karena KM sudah 200rban? Secara GCU apakah ada trouble ya terkait komponen dari mobil? Boleh share om range ganti mesin DCnya abis berapa dan ngelakuinnya dimana? Menurut saya F10 bisa sampai 200rb ini perlu di highlight karena orang orang biasanya takut sama BMW
iyah gan, pas ambil mobil ini juga ane cek nya bener2 detail dan nego seada adanya, harganya menggiurkan soalnya wkwkwk.

waktu sblm ambil mobil di scan sih aman semua ga ada error codes, tarik data di astra juga rawatan banget, ganti oli tiap 5rb KM, kaki2 semua baru ganti 2019 steering rack nya doang yg gak ganti, aki baru ganti 2019/11, ban baru ganti 2019/11 non rft bridgestone, interior rapih ga ada grepes2, cuma jok depan aja udah rada kempes busa nya sama cat nya dah pudar, handle pintu 4 4nya udah pada meleleh (jok udah di restore dan ganti 4 handle total 2jt) problem yg paling parah cuma timing chainnya udah bunyi parah, tinggal coplok nya doang itu rante, makanya pas ane ambil lsg bw ke bengkel ganti timing chain sekalian deh turunin mesin (kl mau ganti timingchain set aja gak harus turun mesin kok, cukup lepas head aja), ane turun mesin karna mau bersihin dan mau liat parts2 yg gak keliatan aja udh pada rapuh apa belum, berhubung BMW makin kesini makin banyak pake parts plastik dan karet2 sampah jadi biar sekalian keliatan aja hahahaha, sekalian skir klep, bersihin pala piston, ganti oli matic, ganti oli gardan, dan semua gasket2nya.

-cut-
Om deathstroke, saya berharap ada trit khusus rawatan F10 nya Om! ilmu yg sangat bermanfaat. apalagi kalau di cantumin sumber2 dari Luar Negeri. Siapa tau ada orang yg minat F10/F30 tapi ragu perawatannya, bisa tercerahkan (termasuk saya). :big_childish: :big_childish: :big_childish:
goodwill
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: 14 Jan 2009, 15:34

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by goodwill »

om @deathstroke, mau info dong beli mika lampu depan dimana and masang nya dimana? males aja kalo masang nya berembun nanti.

Trus gue setuju karena punya 730Li 2012, emang enak banget inline 6 3000cc, yahuuuudddddd
Rio89
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 03 Feb 2021, 17:22

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Rio89 »

Ikut tanya disini ya Om...528i F10 2011 inline 6 saya baru diganti shockbreaker depan nya pakai bilstein, support shocks, balljoint sama bushing arm nya. Ganti nya bukan di Beres waktu itu. Selesai diganti, bagian mobil depan nya jadi tinggi banget. Sanking tingginya, Camber angle roda depan juga jadi positif. 🙈 Jarak roda ke fender nya jd cukup 5 jari orang dewasa deh...Kata bengkel nya lama2 bakal normal lagi tinggi nya. Mbl udah spooring dan di pake jalan 1000km lbh, bagian depan nya blm turun2 ke tinggi normal lagi. Ada yang punya pengalaman yg sama ga Om? kalau ada, boleh share cara benerin nya, apa yang perlu di cek ulang dan bengkel spesialis rekomendasi ya🙏🏻
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by farizfsa »

Rio89 wrote: 03 Feb 2021, 18:11 Ikut tanya disini ya Om...528i F10 2011 inline 6 saya baru diganti shockbreaker depan nya pakai bilstein, support shocks, balljoint sama bushing arm nya. Ganti nya bukan di Beres waktu itu. Selesai diganti, bagian mobil depan nya jadi tinggi banget. Sanking tingginya, Camber angle roda depan juga jadi positif. 🙈 Jarak roda ke fender nya jd cukup 5 jari orang dewasa deh...Kata bengkel nya lama2 bakal normal lagi tinggi nya. Mbl udah spooring dan di pake jalan 1000km lbh, bagian depan nya blm turun2 ke tinggi normal lagi. Ada yang punya pengalaman yg sama ga Om? kalau ada, boleh share cara benerin nya, apa yang perlu di cek ulang dan bengkel spesialis rekomendasi ya🙏🏻
Shock sebelumnya pakai apa? Mungkin kmrn udah lemah jd turun juga
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Rio89
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 03 Feb 2021, 17:22

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Rio89 »

Sebelumnya masih shock bawaan dari baru...keliatannya belum turun juga shock nya...karena waktu ganti shock, ball joint dll parkir nya sebelah2an sama F10 juga.
Yang paling ganggu sih camber angle roda depan nya jadi positif (ngelebihin batas max. nya). Jadi roda depan nya sedikit miring ke arah luar fender 🙈. Udah di spooring juga ga dapet camber angle normal nya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Omnibus »

itu artinya mobilnya minta diceperin kali. udah gan kasih lowering kit aja.

hahaha asem bengkelnya, udah 1000km msh dangak kaya naik speedboat. balikin ke bengkelnya gan suruh tanggung jawab.
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: 24 Sep 2017, 07:21
Location: Jakarta

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Fookyoo »

Rio89 wrote: 03 Feb 2021, 18:11 Ikut tanya disini ya Om...528i F10 2011 inline 6 saya baru diganti shockbreaker depan nya pakai bilstein, support shocks, balljoint sama bushing arm nya. Ganti nya bukan di Beres waktu itu. Selesai diganti, bagian mobil depan nya jadi tinggi banget. Sanking tingginya, Camber angle roda depan juga jadi positif. 🙈 Jarak roda ke fender nya jd cukup 5 jari orang dewasa deh...Kata bengkel nya lama2 bakal normal lagi tinggi nya. Mbl udah spooring dan di pake jalan 1000km lbh, bagian depan nya blm turun2 ke tinggi normal lagi. Ada yang punya pengalaman yg sama ga Om? kalau ada, boleh share cara benerin nya, apa yang perlu di cek ulang dan bengkel spesialis rekomendasi ya🙏🏻
Ini yang diganti depan aja, Om? Belakang ga ganti?
Bengkel jamin parts ori?
goodwill
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: 14 Jan 2009, 15:34

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by goodwill »

Rio89 wrote: 03 Feb 2021, 18:11 Ikut tanya disini ya Om...528i F10 2011 inline 6 saya baru diganti shockbreaker depan nya pakai bilstein, support shocks, balljoint sama bushing arm nya. Ganti nya bukan di Beres waktu itu. Selesai diganti, bagian mobil depan nya jadi tinggi banget. Sanking tingginya, Camber angle roda depan juga jadi positif. 🙈 Jarak roda ke fender nya jd cukup 5 jari orang dewasa deh...Kata bengkel nya lama2 bakal normal lagi tinggi nya. Mbl udah spooring dan di pake jalan 1000km lbh, bagian depan nya blm turun2 ke tinggi normal lagi. Ada yang punya pengalaman yg sama ga Om? kalau ada, boleh share cara benerin nya, apa yang perlu di cek ulang dan bengkel spesialis rekomendasi ya🙏🏻
bantuin jawab, brengs*k bgt emg tuh bengkel kalo bilang bakal turun (mobil gue 730Li inline 6 juga), itu salah pasang om, settingan nya gak gitu, gue jg dulu di mgk ganti padahal tmpt mobil eropa tuh, bisa disetel ulang kok, suru dia bongkar (bengkel awal), tapi emg masi positif 1derajatan (buat spooring gue bawa ke bengkel andala di radio dalam, toppp langsung cari Aris aja), nah perkara positifnya, kalo kata Aris itu emang knuckle nya pernah hajar lobang jadi gak bisa 0 derajat, tapi kalo masih 1 derajat, wajar lah lari 160 jg gak ada beda. :big_love:

masa awalnya positif bisa ampir 5 derajat, ya ban makan luar lha, jangan mau dikadalin itu bad workmanship :off_no:
Rio89
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 03 Feb 2021, 17:22

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Rio89 »

@Omnibus @Fookyoo @goodwill

Udh balik lagi ke bengkel nya 2x. Diliat2 aja ga di bongkar lagi sama bengkelnya dan tetep dibilangnya lama2 bakan normal lg tinggi nya. Jadi males juga kalau balik lg kesana :big_think:
Ganti shock nya baru yang depan, tadinya mau sekalian yang belakang, tapi pas liat yang depan jd danga gt, saya jd bilang ntar dulu deh yang belakang nya :off_no: Tapi sebelum diganti, kondisi shock depan sama belakang nya blm turun kok sbnrnya...

Waktu itu Om @goodwill setel ulang nya dimana? Di Mgk itu? Parah juga ya kalau sampe jadi positif ampir 5 derajat gt🙈. Sy spooring nya juga di Andala radio dalam, lupa sama siapa dikerjain nya. Dia jg bilang minta di setel ulang aja sm bengkel nya.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Dat510 »

Rio89 wrote: 04 Feb 2021, 18:29 @Omnibus @Fookyoo @goodwill

Udh balik lagi ke bengkel nya 2x. Diliat2 aja ga di bongkar lagi sama bengkelnya dan tetep dibilangnya lama2 bakan normal lg tinggi nya. Jadi males juga kalau balik lg kesana :big_think:
Ganti shock nya baru yang depan, tadinya mau sekalian yang belakang, tapi pas liat yang depan jd danga gt, saya jd bilang ntar dulu deh yang belakang nya :off_no: Tapi sebelum diganti, kondisi shock depan sama belakang nya blm turun kok sbnrnya...

Waktu itu Om @goodwill setel ulang nya dimana? Di Mgk itu? Parah juga ya kalau sampe jadi positif ampir 5 derajat gt🙈. Sy spooring nya juga di Andala radio dalam, lupa sama siapa dikerjain nya. Dia jg bilang minta di setel ulang aja sm bengkel nya.
Jangan2 salah part bukan buat F10. Kebetulan aja dudukannya pas.
Bengkelnya dimana Om?
Rio89
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 03 Feb 2021, 17:22

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Rio89 »

Dat510 wrote: 04 Feb 2021, 19:27
Rio89 wrote: 04 Feb 2021, 18:29 @Omnibus @Fookyoo @goodwill

Udh balik lagi ke bengkel nya 2x. Diliat2 aja ga di bongkar lagi sama bengkelnya dan tetep dibilangnya lama2 bakan normal lg tinggi nya. Jadi males juga kalau balik lg kesana :big_think:
Ganti shock nya baru yang depan, tadinya mau sekalian yang belakang, tapi pas liat yang depan jd danga gt, saya jd bilang ntar dulu deh yang belakang nya :off_no: Tapi sebelum diganti, kondisi shock depan sama belakang nya blm turun kok sbnrnya...

Waktu itu Om @goodwill setel ulang nya dimana? Di Mgk itu? Parah juga ya kalau sampe jadi positif ampir 5 derajat gt🙈. Sy spooring nya juga di Andala radio dalam, lupa sama siapa dikerjain nya. Dia jg bilang minta di setel ulang aja sm bengkel nya.
Jangan2 salah part bukan buat F10. Kebetulan aja dudukannya pas.
Bengkelnya dimana Om?
Nah part nya perlu dicek juga sih jadinya cocok atau engga. Gantinya di haji nawi situ waktu itu
goodwill
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: 14 Jan 2009, 15:34

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by goodwill »

Rio89 wrote: 04 Feb 2021, 19:59
Dat510 wrote: 04 Feb 2021, 19:27
Rio89 wrote: 04 Feb 2021, 18:29
Waktu itu Om @goodwill setel ulang nya dimana? Di Mgk itu? Parah juga ya kalau sampe jadi positif ampir 5 derajat gt🙈. Sy spooring nya juga di Andala radio dalam, lupa sama siapa dikerjain nya. Dia jg bilang minta di setel ulang aja sm bengkel nya.
Jangan2 salah part bukan buat F10. Kebetulan aja dudukannya pas.
Bengkelnya dimana Om?
Nah part nya perlu dicek juga sih jadinya cocok atau engga. Gantinya di haji nawi situ waktu itu
waktu itu sih di CA*MEN A*TOT*CH MGK (ya tapi emang to be frank dia bukan bengkel kaki2), tapi dia mau setting ulang setelah debat panjang, all in all, saya bilang sih mending ke bengkel resmi minta setting ulang see if actually works? :big_grin:
goodwill
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: 14 Jan 2009, 15:34

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by goodwill »

coba deh om fotoin dari depan seperti apa fotonya, it could be the same case?
Rio89
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 03 Feb 2021, 17:22

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Rio89 »

goodwill wrote: 04 Feb 2021, 21:40 coba deh om fotoin dari depan seperti apa fotonya, it could be the same case?
Ini foto yg ada. Dari angle ini mungkin ga terlalu keliatan ya? tapi asli nya ngedonga bgt bagian depan nya ini [emo-mark-F] Asli di wheel gap nya bisa masuk 5 jari (full setelapak tangan) while waktu compare sm F10 lain cuma 2-3 jari an...
Attachments
C1266C85-B33E-4FEC-A91F-F210191B94DC.jpeg
C1266C85-B33E-4FEC-A91F-F210191B94DC.jpeg (1.31 MiB) Viewed 484 times
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Omnibus »

Rio89 wrote: 04 Feb 2021, 22:58
Ini foto yg ada. Dari angle ini mungkin ga terlalu keliatan ya? tapi asli nya ngedonga bgt bagian depan nya ini [emo-mark-F] Asli di wheel gap nya bisa masuk 5 jari (full setelapak tangan) while waktu compare sm F10 lain cuma 2-3 jari an...
parts nya pakai ori atau kw nih?

kl ori bisa jd salah part number, itu utk f10 dgn enjin yg lebih besar cc nya (yg lbh berat)

kl kw (aftermarket, copotan, lelangan, atau apapun sebutannya) apalagi non-branded abal2, ane no comment. :mky_03:
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Dat510 »

Rio89 wrote: 04 Feb 2021, 19:59
Dat510 wrote: 04 Feb 2021, 19:27
Rio89 wrote: 04 Feb 2021, 18:29 @Omnibus @Fookyoo @goodwill

Udh balik lagi ke bengkel nya 2x. Diliat2 aja ga di bongkar lagi sama bengkelnya dan tetep dibilangnya lama2 bakan normal lg tinggi nya. Jadi males juga kalau balik lg kesana :big_think:
Ganti shock nya baru yang depan, tadinya mau sekalian yang belakang, tapi pas liat yang depan jd danga gt, saya jd bilang ntar dulu deh yang belakang nya :off_no: Tapi sebelum diganti, kondisi shock depan sama belakang nya blm turun kok sbnrnya...

Waktu itu Om @goodwill setel ulang nya dimana? Di Mgk itu? Parah juga ya kalau sampe jadi positif ampir 5 derajat gt🙈. Sy spooring nya juga di Andala radio dalam, lupa sama siapa dikerjain nya. Dia jg bilang minta di setel ulang aja sm bengkel nya.
Jangan2 salah part bukan buat F10. Kebetulan aja dudukannya pas.
Bengkelnya dimana Om?
Nah part nya perlu dicek juga sih jadinya cocok atau engga. Gantinya di haji nawi situ waktu itu
Oo bengkel A yang terkenal itu ya?
Bengkel itu klo dikalangan komunitas kurang recommended si, harga relatif mahal dibanding spesialis lain terus banyak experience suru ganti macem2 padahal yang rusak cuma 1 atau 2 item.

Cari bengkel lain aja Om, klo udah debat2 gtu si malesin, suru bongkar ya klo dibongkarnya bener, ntar karena kita ngomel2 bongpas nya ngasal.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by farizfsa »

Rio89 wrote: 04 Feb 2021, 22:58
goodwill wrote: 04 Feb 2021, 21:40 coba deh om fotoin dari depan seperti apa fotonya, it could be the same case?
Ini foto yg ada. Dari angle ini mungkin ga terlalu keliatan ya? tapi asli nya ngedonga bgt bagian depan nya ini [emo-mark-F] Asli di wheel gap nya bisa masuk 5 jari (full setelapak tangan) while waktu compare sm F10 lain cuma 2-3 jari an...
Wah kalo setinggi ini aneh dan ga bener sih, minta bengkelnya benerin om
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
bry
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 13 Jan 2017, 13:24

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by bry »

Rio89 wrote: 03 Feb 2021, 18:11 Ikut tanya disini ya Om...528i F10 2011 inline 6 saya baru diganti shockbreaker depan nya pakai bilstein, support shocks, balljoint sama bushing arm nya. Ganti nya bukan di Beres waktu itu. Selesai diganti, bagian mobil depan nya jadi tinggi banget. Sanking tingginya, Camber angle roda depan juga jadi positif. 🙈 Jarak roda ke fender nya jd cukup 5 jari orang dewasa deh...Kata bengkel nya lama2 bakal normal lagi tinggi nya. Mbl udah spooring dan di pake jalan 1000km lbh, bagian depan nya blm turun2 ke tinggi normal lagi. Ada yang punya pengalaman yg sama ga Om? kalau ada, boleh share cara benerin nya, apa yang perlu di cek ulang dan bengkel spesialis rekomendasi ya🙏🏻
mau tanya om 528i itu adaptive ga shockbreakernya ? ane user 328i udah adaptive. bbrp hari lalu muncul notif chassis fault kalo mobil nanjak masuk parkiran/kena goncangan kenceng, ud bawa ke bengkel spesialis A yg terkenal itu mereka colok scanner ada valvetronic fault. mereka bilang sensor valve adaptivenya ud rusak yg depan kiri, padahal shock ane masih bagus bgt blm bocor, baru dipake lagi juga soalny dlu pake coilover. disuruh gnti 1 set shock adaptive 20jutaan merek bilstein, kalo pake boge bisa 25jt :big_slap: .

tapi ane diksh tau katanya bisa jg karna ane blm gnti aki juga sih, aki ane dari 2013 dlu blm prnah gnti. next ane coba gnti aki dlu smoga sih ilang chassis faultnya :big_biglaugh: .

ente ganti shock bilstein itu berapa jt ya ? sm itu adaptive ga hehe
Rio89
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 03 Feb 2021, 17:22

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Rio89 »

Sy pribadi udh males kalau minta bongkar lg ke yg haji nawi itu. Udh 2x balik lg kesana soalnya. Sama mereka ga di bongkar atau di setting ulang juga 😁.

So, kemarin saya coba ke bengkel spesialis bmw yg direkomendasiin temen. Bengkel nya ada di Mgk lantai 7.
Long story short, kaki2 depan dicek sdh sesuai buat 528i F10 6cyl, mereka setting ulang kaki2 depan nya jg. Hasilnya, bagian depan mbl turun sedikit (walaupun masih lbh tinggi dr normal nya), camber angle roda depan jg udh ga sepositif sebelumnya. Kalau dilihat bnr2 dari depan, roda depan nya udh jd sedikit masuk ke arah fender lagi. Overall, rasanya jadi lbh enak kaki2 depan nya.

Kalau mau di buat normal lg tinggi nya, disaranin sama kepala teknisi dan owner bengkel nya ganti spring pake eibach prokit. Kemarin kebetulan bisa cobain F10 yg pakai eibach prokit. Ternyata masih cukup nyaman dan ga stiff rebound nya. Jadi keliatannya bakal ganti eibach prokit 😁. Mudah2 hasilnya sesuai ekspektasi.

Kemarin sekalian ganti oli dan filter oli juga. Bawa sendiri oli nya pake Castrol Edge 5W-40. Disana jual oli yg sesuai jg, cuma beda brand aja. Waktu di reset, muncul fault di left fuel sensor level :big_cry: . Kalau sensor yg di tanki sebelah kiri, katanya harus ganti se tanki tanki nya. Harganya 18,5jt an 🙃. Jadi memang udh ada symptom nya sih, kalau isi bensin kadang fuel gauge nya ga naik. Ada yg punya pengalaman juga di F10 nya?
Attachments
25ACCE65-88ED-4479-A33C-A7640767EEA7.jpeg
25ACCE65-88ED-4479-A33C-A7640767EEA7.jpeg (851.99 KiB) Viewed 400 times
Rio89
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 03 Feb 2021, 17:22

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Rio89 »

bry wrote: 05 Feb 2021, 13:40
Rio89 wrote: 03 Feb 2021, 18:11 Ikut tanya disini ya Om...528i F10 2011 inline 6 saya baru diganti shockbreaker depan nya pakai bilstein, support shocks, balljoint sama bushing arm nya. Ganti nya bukan di Beres waktu itu. Selesai diganti, bagian mobil depan nya jadi tinggi banget. Sanking tingginya, Camber angle roda depan juga jadi positif. 🙈 Jarak roda ke fender nya jd cukup 5 jari orang dewasa deh...Kata bengkel nya lama2 bakal normal lagi tinggi nya. Mbl udah spooring dan di pake jalan 1000km lbh, bagian depan nya blm turun2 ke tinggi normal lagi. Ada yang punya pengalaman yg sama ga Om? kalau ada, boleh share cara benerin nya, apa yang perlu di cek ulang dan bengkel spesialis rekomendasi ya🙏🏻
mau tanya om 528i itu adaptive ga shockbreakernya ? ane user 328i udah adaptive. bbrp hari lalu muncul notif chassis fault kalo mobil nanjak masuk parkiran/kena goncangan kenceng, ud bawa ke bengkel spesialis A yg terkenal itu mereka colok scanner ada valvetronic fault. mereka bilang sensor valve adaptivenya ud rusak yg depan kiri, padahal shock ane masih bagus bgt blm bocor, baru dipake lagi juga soalny dlu pake coilover. disuruh gnti 1 set shock adaptive 20jutaan merek bilstein, kalo pake boge bisa 25jt :big_slap: .

tapi ane diksh tau katanya bisa jg karna ane blm gnti aki juga sih, aki ane dari 2013 dlu blm prnah gnti. next ane coba gnti aki dlu smoga sih ilang chassis faultnya :big_biglaugh: .

ente ganti shock bilstein itu berapa jt ya ? sm itu adaptive ga hehe
Di Indo, yg 528i 2010-2011 mesin N52B30 6cyl belum adaptive shocks om setau sy (belum ada driving mode kaya di mesin N20). Jadi kemarin ganti shocks depan sama support shock nya kalau ga salah 6,5jt an ya. Di luar balljoint, link stabil dan bushing arm nya itu. Yg adaptive shock emg jauh lbh mahal gt Om hehe.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post