WTA : Kaki-kaki F10-2012

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

checklow
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Aug 23, 2020 7:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: F10 528i

WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by checklow »

Selamat malam suhu2 Seraya.. mohon pencerahan nih.

Ane baru meminang F10 528i 2012, cuman tiba2 muncuk permasalahan di sektor kaki2nya.
Ketika posisi berhenti, rem diinjak, dan stir diputar bunyi seperti krek krek ketika stir diputar, namun pas ane lepas rem ga diinjak, posisi tetap berhenti, dan coba ane putar stir lagi tidak ada suara sama sekali sama halnya saat mobil sedang melaju. Kira-kira permasalahannya ini dimana ya? apakah sektor racksteer dkk. atau di remnya ya?

Mohon pencerahan ya suhu2, rencananya sih akan ane bawa ke bengkel secepatnya cmn belum sempet2 jadi kepikiran terus. :ungg:
Ane akan update setelah sempat dibawa ke bengkel.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by aspsilver »

kemungkina itu normal aja. Rem nya suka bunyi, karena ada efek gerakan roda waktu stir diputer.

kalo rack steer, itu bunyinya waktu injek lobang, ada kretek kretek.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by KielConstantine »

Pertama, ane ucapin selamat dulu om buat mobilnya. Tambah kluarga lagi european user diforum ini :mky_02:

Trus buat masalah bunyi, sepertinya bukan masalah besar dari ceritanya ya. Coba nanti dibengkel minta check steering aja sama kaki-kaki. Paling2an part aus aja kemakan usia.

Enjoy bmw nya om, sering2 share pengalaman ngerawat disini yah. Biar seru aja gitu ehehehe
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by farizfsa »

coba cek cv joint

padahal kaki2 suspensi f10 kuat loh drpd f30
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
deathstroke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Sep 06, 2019 20:15

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by deathstroke »

checklow wrote: Mon Aug 24, 2020 14:46 Selamat malam suhu2 Seraya.. mohon pencerahan nih.

Ane baru meminang F10 528i 2012, cuman tiba2 muncuk permasalahan di sektor kaki2nya.
Ketika posisi berhenti, rem diinjak, dan stir diputar bunyi seperti krek krek ketika stir diputar, namun pas ane lepas rem ga diinjak, posisi tetap berhenti, dan coba ane putar stir lagi tidak ada suara sama sekali sama halnya saat mobil sedang melaju. Kira-kira permasalahannya ini dimana ya? apakah sektor racksteer dkk. atau di remnya ya?

Mohon pencerahan ya suhu2, rencananya sih akan ane bawa ke bengkel secepatnya cmn belum sempet2 jadi kepikiran terus. :ungg:
Ane akan update setelah sempat dibawa ke bengkel.
wihh selamat gan, kebetulan sama ane juga baru minang 528i 2012, habis ambil mobil langsung turunin mesin kemarin, kebetulan juga sama, mobil pas di rem ada bunyi kretek2 kenceng.. awalnya ane kira shock depan aus atau apa karna bunyi nya kalo di rem dan mobil manggut doang, ternyata pas turun mesin ketahuan center mount kopel jebol hahaha, coba di cek gan siapa tau agan punya jebol juga, kalo jebol ini p/n nya 26127564694. ane beli merk SWAG, 1.3jt, semoga lekas sembuh
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by aspsilver »

deathstroke wrote: Tue Sep 08, 2020 19:34
checklow wrote: Mon Aug 24, 2020 14:46 Selamat malam suhu2 Seraya.. mohon pencerahan nih.

Ane baru meminang F10 528i 2012, cuman tiba2 muncuk permasalahan di sektor kaki2nya.
Ketika posisi berhenti, rem diinjak, dan stir diputar bunyi seperti krek krek ketika stir diputar, namun pas ane lepas rem ga diinjak, posisi tetap berhenti, dan coba ane putar stir lagi tidak ada suara sama sekali sama halnya saat mobil sedang melaju. Kira-kira permasalahannya ini dimana ya? apakah sektor racksteer dkk. atau di remnya ya?

Mohon pencerahan ya suhu2, rencananya sih akan ane bawa ke bengkel secepatnya cmn belum sempet2 jadi kepikiran terus. :ungg:
Ane akan update setelah sempat dibawa ke bengkel.
wihh selamat gan, kebetulan sama ane juga baru minang 528i 2012, habis ambil mobil langsung turunin mesin kemarin, kebetulan juga sama, mobil pas di rem ada bunyi kretek2 kenceng.. awalnya ane kira shock depan aus atau apa karna bunyi nya kalo di rem dan mobil manggut doang, ternyata pas turun mesin ketahuan center mount kopel jebol hahaha, coba di cek gan siapa tau agan punya jebol juga, kalo jebol ini p/n nya 26127564694. ane beli merk SWAG, 1.3jt, semoga lekas sembuh

udah km berapa gan, center mount kopel nya jebol?
deathstroke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Sep 06, 2019 20:15

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by deathstroke »

aspsilver wrote: Wed Sep 09, 2020 6:32 udah km berapa gan, center mount kopel nya jebol?
hampir 200rb gan hehehe
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by farizfsa »

deathstroke wrote: Wed Sep 09, 2020 6:34
aspsilver wrote: Wed Sep 09, 2020 6:32 udah km berapa gan, center mount kopel nya jebol?
hampir 200rb gan hehehe
mantep jg km nya 200rb tahun 2012 :big_exellent:
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
deathstroke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Sep 06, 2019 20:15

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by deathstroke »

farizfsa wrote: Wed Sep 09, 2020 7:10 mantep jg km nya 200rb tahun 2012 :big_exellent:
iya gan, kmaren ane dapet langsung turun mesin cuci ganti timing chain set segala macem wkwkwkw
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by Omnibus »

kl mau awet mobil apapun usahakan jgn muter setir ketika berhenti total, apalagi sambil direm. krn itu nambah beban kerja komponen steering dan kaki2.
azerbaijan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sat Jan 23, 2016 9:10

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by azerbaijan »

deathstroke wrote: Tue Sep 08, 2020 19:34
checklow wrote: Mon Aug 24, 2020 14:46 Selamat malam suhu2 Seraya.. mohon pencerahan nih.

Ane baru meminang F10 528i 2012, cuman tiba2 muncuk permasalahan di sektor kaki2nya.
Ketika posisi berhenti, rem diinjak, dan stir diputar bunyi seperti krek krek ketika stir diputar, namun pas ane lepas rem ga diinjak, posisi tetap berhenti, dan coba ane putar stir lagi tidak ada suara sama sekali sama halnya saat mobil sedang melaju. Kira-kira permasalahannya ini dimana ya? apakah sektor racksteer dkk. atau di remnya ya?

Mohon pencerahan ya suhu2, rencananya sih akan ane bawa ke bengkel secepatnya cmn belum sempet2 jadi kepikiran terus. :ungg:
Ane akan update setelah sempat dibawa ke bengkel.
wihh selamat gan, kebetulan sama ane juga baru minang 528i 2012, habis ambil mobil langsung turunin mesin kemarin, kebetulan juga sama, mobil pas di rem ada bunyi kretek2 kenceng.. awalnya ane kira shock depan aus atau apa karna bunyi nya kalo di rem dan mobil manggut doang, ternyata pas turun mesin ketahuan center mount kopel jebol hahaha, coba di cek gan siapa tau agan punya jebol juga, kalo jebol ini p/n nya 26127564694. ane beli merk SWAG, 1.3jt, semoga lekas sembuh
Itu kenapa om decide harus turun mesin om? Apakah karena KM sudah 200rban? Secara GCU apakah ada trouble ya terkait komponen dari mobil? Boleh share om range ganti mesin DCnya abis berapa dan ngelakuinnya dimana? Menurut saya F10 bisa sampai 200rb ini perlu di highlight karena orang orang biasanya takut sama BMW
deathstroke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Sep 06, 2019 20:15

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by deathstroke »

azerbaijan wrote: Wed Sep 09, 2020 10:36Itu kenapa om decide harus turun mesin om? Apakah karena KM sudah 200rban? Secara GCU apakah ada trouble ya terkait komponen dari mobil? Boleh share om range ganti mesin DCnya abis berapa dan ngelakuinnya dimana? Menurut saya F10 bisa sampai 200rb ini perlu di highlight karena orang orang biasanya takut sama BMW
iyah gan, pas ambil mobil ini juga ane cek nya bener2 detail dan nego seada adanya, harganya menggiurkan soalnya wkwkwk.

waktu sblm ambil mobil di scan sih aman semua ga ada error codes, tarik data di astra juga rawatan banget, ganti oli tiap 5rb KM, kaki2 semua baru ganti 2019 steering rack nya doang yg gak ganti, aki baru ganti 2019/11, ban baru ganti 2019/11 non rft bridgestone, interior rapih ga ada grepes2, cuma jok depan aja udah rada kempes busa nya sama cat nya dah pudar, handle pintu 4 4nya udah pada meleleh (jok udah di restore dan ganti 4 handle total 2jt) problem yg paling parah cuma timing chainnya udah bunyi parah, tinggal coplok nya doang itu rante, makanya pas ane ambil lsg bw ke bengkel ganti timing chain sekalian deh turunin mesin (kl mau ganti timingchain set aja gak harus turun mesin kok, cukup lepas head aja), ane turun mesin karna mau bersihin dan mau liat parts2 yg gak keliatan aja udh pada rapuh apa belum, berhubung BMW makin kesini makin banyak pake parts plastik dan karet2 sampah jadi biar sekalian keliatan aja hahahaha, sekalian skir klep, bersihin pala piston, ganti oli matic, ganti oli gardan, dan semua gasket2nya.

alhamdulillah pas turun mesin sih mesinnya bersih gak banyak deposit/sludge, mungkin karna interval ganti oli pemilik sblmnya deket bgt kaliya tiap 5000KM.. gak banyak parts tambahan yang diganti sih, cuma:
-selang radiator tengah;ori bmw (825rb) - ujungnya udah rapuh
-o ring inlet coolant pipe yg ke turbo (5rb perak) - udah copot jadi coolant bocor
-center mount;swag (1.3jt) - jebol

cuma ya gitu, namanya turun mesin ada aja masalahnya, gak tau mekanik bengkelnya yg ga kompeten atau emg pure kecelakaan aja, jadi tambah ganti;
-tambahan oli 5L + filter oli;ane pake amsoil european 5w40 dan filter pake mann (1.1jt) - pas naik mesin, bengkel isi oli cuma 5L, pas ane bawa pulang dr bengkel mobilnya, ane coba geber dijalan tbtb drivetrain warning nyala tulisan suruh tambah oli seliter, jadi ane mampir di pertamina buat beli fastron sementara, nyampur deh tuh oli fastron sm amsoil, jadi kena 2x ganti oli.. bengkel gamau tanggung jawab wkwk
-selang radiator yg ke tank;ori bmw (815rb) - dipatahin mekanik, 100% ane yg nanggung
-vacuum pump (3.6jt); vaico germany (sebelumnya ori BMW padahal harga 8.5jt huhu) - pentil yg ke pressure converter dipatahin mekanik, dan besi bagian atas penyok jadi oli pada bocor dr cam (kyknya pas turun mesin jatoh atau di getok pake palu buat copotin jadi bisa penyok gt) utk vacuum pump bengkel setuju buat ganti rugi 50/50, barang masih pesen 7 hari lg katany, sementara mereka akalin dulu ditambel pake lem besi :)

----------
-total dc turun mesin dan ganti semua parts sih 26jt-an, cuma karena ada kelalaian bengkel dan mekanik jadi nambah kurleb 3.6jt-an.

-buat interior rapihin semua 2jt

-kompresor ac jebol + flush ac 9jt
----------

sama ane mau ganti waterpump + thermostat, karna di record astra belum pernah ganti waterpump dr baru, thermostat baru ganti sekali tahun 2015.. udah termasuk hoki sih ini 185.000 KM water pump belum mati, harusnya udh ganti 2x ganti wkwkwk, buat preventive maintenance aja..

dc ganti waterpump set + thermostat 10jt (parts only) kyknya ane mau ganti sendiri aja, udh kurang percaya sama bengkel2 skrg, mayan irit2 ongkos jg

intinya kalo mau beli bmw bekas terutama mesin N20 ini harus mau belajar dan riset tentang mesin itu.. apa2 aja common problems nya, jadi kita dateng ke bengkel udh tau mau ganti apa aja, jgn suruh bengkelnya yg diagnosis.. pengalaman ane benerin mobil ini soalnya 90% mekanik dan bengkel salah diagnosa semua (so far 5 bengkel yg ane udh konsul dan datengin - 3 di jaksel, 2 di tangerang) yg berhasil bantu ane cari solusi dan tepat baru cuma 1 bengkel aja.

dan harus sering2 baca forum2 luar juga, karena high mileage BMW diluar udah banyak.. jadi mereka lebih tau penyakit mesin N20 ini dan apa apa aja solusinya.. gak kaya kita pake BMW di sayang2 terus, ngeliat kilometer gondrong langsung ngeri, padahal ya namanya barang dipake, parts udh hampir elektronik semua pasti ada umurnya, cepat atau lambat mmg hrs diganti.. dan juga BMW kan luxury brand, jadi gak heran kalo harga parts nya selangit, namanya juga luxury brand.. pinter2 di nego harga mobilnya aja buat cover dc benerin mobilnya, itu sih gan kurlebnya hehe -- utk nama bengkelnya kyknya ga usah di sebut yah, ngga enak nanti jadi masalah karna mereka udh minta maaf juga walaupun cuma mau ganti setengah, ini ane masih proses nunggu partsnya jg mudah2an ga di persulit sm mereka
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by devin96 »

deathstroke wrote: Wed Sep 09, 2020 11:33
iyah gan, pas ambil mobil ini juga ane cek nya bener2 detail dan nego seada adanya, harganya menggiurkan soalnya wkwkwk.

waktu sblm ambil mobil di scan sih aman semua ga ada error codes, tarik data di astra juga rawatan banget, ganti oli tiap 5rb KM, kaki2 semua baru ganti 2019 steering rack nya doang yg gak ganti, aki baru ganti 2019/11, ban baru ganti 2019/11 non rft bridgestone, interior rapih ga ada grepes2, cuma jok depan aja udah rada kempes busa nya sama cat nya dah pudar, handle pintu 4 4nya udah pada meleleh (jok udah di restore dan ganti 4 handle total 2jt) problem yg paling parah cuma timing chainnya udah bunyi parah, tinggal coplok nya doang itu rante, makanya pas ane ambil lsg bw ke bengkel ganti timing chain sekalian deh turunin mesin (kl mau ganti timingchain set aja gak harus turun mesin kok, cukup lepas head aja), ane turun mesin karna mau bersihin dan mau liat parts2 yg gak keliatan aja udh pada rapuh apa belum, berhubung BMW makin kesini makin banyak pake parts plastik dan karet2 sampah jadi biar sekalian keliatan aja hahahaha, sekalian skir klep, bersihin pala piston, ganti oli matic, ganti oli gardan, dan semua gasket2nya.

alhamdulillah pas turun mesin sih mesinnya bersih gak banyak deposit/sludge, mungkin karna interval ganti oli pemilik sblmnya deket bgt kaliya tiap 5000KM.. gak banyak parts tambahan yang diganti sih, cuma:
-selang radiator tengah;ori bmw (825rb) - ujungnya udah rapuh
-o ring inlet coolant pipe yg ke turbo (5rb perak) - udah copot jadi coolant bocor
-center mount;swag (1.3jt) - jebol

cuma ya gitu, namanya turun mesin ada aja masalahnya, gak tau mekanik bengkelnya yg ga kompeten atau emg pure kecelakaan aja, jadi tambah ganti;
-tambahan oli 5L + filter oli;ane pake amsoil european 5w40 dan filter pake mann (1.1jt) - pas naik mesin, bengkel isi oli cuma 5L, pas ane bawa pulang dr bengkel mobilnya, ane coba geber dijalan tbtb drivetrain warning nyala tulisan suruh tambah oli seliter, jadi ane mampir di pertamina buat beli fastron sementara, nyampur deh tuh oli fastron sm amsoil, jadi kena 2x ganti oli.. bengkel gamau tanggung jawab wkwk
-selang radiator yg ke tank;ori bmw (815rb) - dipatahin mekanik, 100% ane yg nanggung
-vacuum pump (3.6jt); vaico germany (sebelumnya ori BMW padahal harga 8.5jt huhu) - pentil yg ke pressure converter dipatahin mekanik, dan besi bagian atas penyok jadi oli pada bocor dr cam (kyknya pas turun mesin jatoh atau di getok pake palu buat copotin jadi bisa penyok gt) utk vacuum pump bengkel setuju buat ganti rugi 50/50, barang masih pesen 7 hari lg katany, sementara mereka akalin dulu ditambel pake lem besi :)

----------
-total dc turun mesin dan ganti semua parts sih 26jt-an, cuma karena ada kelalaian bengkel dan mekanik jadi nambah kurleb 3.6jt-an.

-buat interior rapihin semua 2jt

-kompresor ac jebol + flush ac 9jt
----------

sama ane mau ganti waterpump + thermostat, karna di record astra belum pernah ganti waterpump dr baru, thermostat baru ganti sekali tahun 2015.. udah termasuk hoki sih ini 185.000 KM water pump belum mati, harusnya udh ganti 2x ganti wkwkwk, buat preventive maintenance aja..

dc ganti waterpump set + thermostat 10jt (parts only) kyknya ane mau ganti sendiri aja, udh kurang percaya sama bengkel2 skrg, mayan irit2 ongkos jg

intinya kalo mau beli bmw bekas terutama mesin N20 ini harus mau belajar dan riset tentang mesin itu.. apa2 aja common problems nya, jadi kita dateng ke bengkel udh tau mau ganti apa aja, jgn suruh bengkelnya yg diagnosis.. pengalaman ane benerin mobil ini soalnya 90% mekanik dan bengkel salah diagnosa semua (so far 5 bengkel yg ane udh konsul dan datengin - 3 di jaksel, 2 di tangerang) yg berhasil bantu ane cari solusi dan tepat baru cuma 1 bengkel aja.

dan harus sering2 baca forum2 luar juga, karena high mileage BMW diluar udah banyak.. jadi mereka lebih tau penyakit mesin N20 ini dan apa apa aja solusinya.. gak kaya kita pake BMW di sayang2 terus, ngeliat kilometer gondrong langsung ngeri, padahal ya namanya barang dipake, parts udh hampir elektronik semua pasti ada umurnya, cepat atau lambat mmg hrs diganti.. dan juga BMW kan luxury brand, jadi gak heran kalo harga parts nya selangit, namanya juga luxury brand.. pinter2 di nego harga mobilnya aja buat cover dc benerin mobilnya, itu sih gan kurlebnya hehe -- utk nama bengkelnya kyknya ga usah di sebut yah, ngga enak nanti jadi masalah karna mereka udh minta maaf juga walaupun cuma mau ganti setengah, ini ane masih proses nunggu partsnya jg mudah2an ga di persulit sm mereka
Wih keren om sharenya, sampe N20 nya turun mesin segala. Tapi bengkelnya agak ngeselin juga ya udh tau salah tp gamau ganti full, bengkelnya yg terkenal di daerah Hj nawi kah om?
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by HaykelAdityawarman »

deathstroke wrote: Wed Sep 09, 2020 11:33
azerbaijan wrote: Wed Sep 09, 2020 10:36Itu kenapa om decide harus turun mesin om? Apakah karena KM sudah 200rban? Secara GCU apakah ada trouble ya terkait komponen dari mobil? Boleh share om range ganti mesin DCnya abis berapa dan ngelakuinnya dimana? Menurut saya F10 bisa sampai 200rb ini perlu di highlight karena orang orang biasanya takut sama BMW
iyah gan, pas ambil mobil ini juga ane cek nya bener2 detail dan nego seada adanya, harganya menggiurkan soalnya wkwkwk.

waktu sblm ambil mobil di scan sih aman semua ga ada error codes, tarik data di astra juga rawatan banget, ganti oli tiap 5rb KM, kaki2 semua baru ganti 2019 steering rack nya doang yg gak ganti, aki baru ganti 2019/11, ban baru ganti 2019/11 non rft bridgestone, interior rapih ga ada grepes2, cuma jok depan aja udah rada kempes busa nya sama cat nya dah pudar, handle pintu 4 4nya udah pada meleleh (jok udah di restore dan ganti 4 handle total 2jt) problem yg paling parah cuma timing chainnya udah bunyi parah, tinggal coplok nya doang itu rante, makanya pas ane ambil lsg bw ke bengkel ganti timing chain sekalian deh turunin mesin (kl mau ganti timingchain set aja gak harus turun mesin kok, cukup lepas head aja), ane turun mesin karna mau bersihin dan mau liat parts2 yg gak keliatan aja udh pada rapuh apa belum, berhubung BMW makin kesini makin banyak pake parts plastik dan karet2 sampah jadi biar sekalian keliatan aja hahahaha, sekalian skir klep, bersihin pala piston, ganti oli matic, ganti oli gardan, dan semua gasket2nya.

alhamdulillah pas turun mesin sih mesinnya bersih gak banyak deposit/sludge, mungkin karna interval ganti oli pemilik sblmnya deket bgt kaliya tiap 5000KM.. gak banyak parts tambahan yang diganti sih, cuma:
-selang radiator tengah;ori bmw (825rb) - ujungnya udah rapuh
-o ring inlet coolant pipe yg ke turbo (5rb perak) - udah copot jadi coolant bocor
-center mount;swag (1.3jt) - jebol

cuma ya gitu, namanya turun mesin ada aja masalahnya, gak tau mekanik bengkelnya yg ga kompeten atau emg pure kecelakaan aja, jadi tambah ganti;
-tambahan oli 5L + filter oli;ane pake amsoil european 5w40 dan filter pake mann (1.1jt) - pas naik mesin, bengkel isi oli cuma 5L, pas ane bawa pulang dr bengkel mobilnya, ane coba geber dijalan tbtb drivetrain warning nyala tulisan suruh tambah oli seliter, jadi ane mampir di pertamina buat beli fastron sementara, nyampur deh tuh oli fastron sm amsoil, jadi kena 2x ganti oli.. bengkel gamau tanggung jawab wkwk
-selang radiator yg ke tank;ori bmw (815rb) - dipatahin mekanik, 100% ane yg nanggung
-vacuum pump (3.6jt); vaico germany (sebelumnya ori BMW padahal harga 8.5jt huhu) - pentil yg ke pressure converter dipatahin mekanik, dan besi bagian atas penyok jadi oli pada bocor dr cam (kyknya pas turun mesin jatoh atau di getok pake palu buat copotin jadi bisa penyok gt) utk vacuum pump bengkel setuju buat ganti rugi 50/50, barang masih pesen 7 hari lg katany, sementara mereka akalin dulu ditambel pake lem besi :)

----------
-total dc turun mesin dan ganti semua parts sih 26jt-an, cuma karena ada kelalaian bengkel dan mekanik jadi nambah kurleb 3.6jt-an.

-buat interior rapihin semua 2jt

-kompresor ac jebol + flush ac 9jt
----------

sama ane mau ganti waterpump + thermostat, karna di record astra belum pernah ganti waterpump dr baru, thermostat baru ganti sekali tahun 2015.. udah termasuk hoki sih ini 185.000 KM water pump belum mati, harusnya udh ganti 2x ganti wkwkwk, buat preventive maintenance aja..

dc ganti waterpump set + thermostat 10jt (parts only) kyknya ane mau ganti sendiri aja, udh kurang percaya sama bengkel2 skrg, mayan irit2 ongkos jg

intinya kalo mau beli bmw bekas terutama mesin N20 ini harus mau belajar dan riset tentang mesin itu.. apa2 aja common problems nya, jadi kita dateng ke bengkel udh tau mau ganti apa aja, jgn suruh bengkelnya yg diagnosis.. pengalaman ane benerin mobil ini soalnya 90% mekanik dan bengkel salah diagnosa semua (so far 5 bengkel yg ane udh konsul dan datengin - 3 di jaksel, 2 di tangerang) yg berhasil bantu ane cari solusi dan tepat baru cuma 1 bengkel aja.

dan harus sering2 baca forum2 luar juga, karena high mileage BMW diluar udah banyak.. jadi mereka lebih tau penyakit mesin N20 ini dan apa apa aja solusinya.. gak kaya kita pake BMW di sayang2 terus, ngeliat kilometer gondrong langsung ngeri, padahal ya namanya barang dipake, parts udh hampir elektronik semua pasti ada umurnya, cepat atau lambat mmg hrs diganti.. dan juga BMW kan luxury brand, jadi gak heran kalo harga parts nya selangit, namanya juga luxury brand.. pinter2 di nego harga mobilnya aja buat cover dc benerin mobilnya, itu sih gan kurlebnya hehe -- utk nama bengkelnya kyknya ga usah di sebut yah, ngga enak nanti jadi masalah karna mereka udh minta maaf juga walaupun cuma mau ganti setengah, ini ane masih proses nunggu partsnya jg mudah2an ga di persulit sm mereka
Selamat om buat F10 barunya. Ane salut juga sama treatment om, langsung masukin bengkel ganti parts segala macem sampe abis lumayan banyak. Krn menurut ane cara paling bener rawat mobil seken yang umur atau mileage nya tinggi (apalagi eropa) mesti totalitas kaya gini. Semoga makin banyak orang aware thd treatment seperti ini, jangan takut beli mobil eropa seken terus malah ngomporin beli mobil baru dengan compromising kenyamanan yang didapat. Atau jangan juga beli mobil seken eropa krn tergiur harga murah terus gabisa rawat, ujung2nya nambah jumlah mobil yang dibawa ke junkyard :D intinya seperti kata om, banyak belajar dan riset...
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
deathstroke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Sep 06, 2019 20:15

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by deathstroke »

devin96 wrote: Thu Sep 10, 2020 20:14Wih keren om sharenya, sampe N20 nya turun mesin segala. Tapi bengkelnya agak ngeselin juga ya udh tau salah tp gamau ganti full, bengkelnya yg terkenal di daerah Hj nawi kah om?
iya ngeselin sih gan ane udah setengah hari debat di bengkel akhirnya ketemu jalan tengah ganti 50/50, kalo sama2 keras kan gak kelar2 juga jadi yasudahlah.. itupun juga diumpet2in sama mereka dr awal mobil kelar, sampe akhir nya 1 minggu setelah pake ane balik kesana buat cek rembes dan ketauan rembes di vacuum pump, pas dicopot vacuum pumpnya eh ternyata besi atasnya puenyokkkk kayak di banting dari lantai 3 wkwkw :big_slap:

bukan di haji nawi gan bengkelnya :big_okay:
HaykelAdityawarman wrote: Fri Sep 11, 2020 0:50Selamat om buat F10 barunya. Ane salut juga sama treatment om, langsung masukin bengkel ganti parts segala macem sampe abis lumayan banyak. Krn menurut ane cara paling bener rawat mobil seken yang umur atau mileage nya tinggi (apalagi eropa) mesti totalitas kaya gini. Semoga makin banyak orang aware thd treatment seperti ini, jangan takut beli mobil eropa seken terus malah ngomporin beli mobil baru dengan compromising kenyamanan yang didapat. Atau jangan juga beli mobil seken eropa krn tergiur harga murah terus gabisa rawat, ujung2nya nambah jumlah mobil yang dibawa ke junkyard :D intinya seperti kata om, banyak belajar dan riset...
terima kasih gan, iya.. kebanyakan orang kepengen beli mobil eropa bekas dengan harga yang murah tapi ekspektasinya terlalu tinggi, giliran ada yg rusak trs dibenerin kena dc yg mahal, langsung di sama-samain deh sama mobil baru jepang yang harga nya setara hahahaha hadeeh
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by KielConstantine »

Hahahaha mantep sharenya om @deathstroke

Jarang juga nemu F10 ud 200rb km odometer.

Itu owner sebelomnya keliling indonesia kali pake F10 :off_good_job:

Kalo nemu Lexus with odo 200rb lebih sih wajar yah, ini bmw menn...


Yang pasti ud restorasi banyak pasti mobilnya sehat lagi yah, semoga puas pakenya om.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
deathstroke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Sep 06, 2019 20:15

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by deathstroke »

KielConstantine wrote: Fri Sep 11, 2020 5:08Hahahaha mantep sharenya om @deathstroke

Jarang juga nemu F10 ud 200rb km odometer.

Itu owner sebelomnya keliling indonesia kali pake F10 :off_good_job:

Kalo nemu Lexus with odo 200rb lebih sih wajar yah, ini bmw menn...


Yang pasti ud restorasi banyak pasti mobilnya sehat lagi yah, semoga puas pakenya om.
jaraang banget gan, yg jual jg jual apa adanya pasang harga sangat2 miring baru 2 hari di iklan langsung ane samperin wkwkwk, dipake senin - jumat dr 2014, per hari jalan minimal 100KM dr rumah doi ke kantor, udh kyk ojol trayek nya :big_biglaugh:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by maastricht889 »

deathstroke wrote: Fri Sep 11, 2020 6:06
KielConstantine wrote: Fri Sep 11, 2020 5:08Hahahaha mantep sharenya om @deathstroke

Jarang juga nemu F10 ud 200rb km odometer.

Itu owner sebelomnya keliling indonesia kali pake F10 :off_good_job:

Kalo nemu Lexus with odo 200rb lebih sih wajar yah, ini bmw menn...


Yang pasti ud restorasi banyak pasti mobilnya sehat lagi yah, semoga puas pakenya om.
jaraang banget gan, yg jual jg jual apa adanya pasang harga sangat2 miring baru 2 hari di iklan langsung ane samperin wkwkwk, dipake senin - jumat dr 2014, per hari jalan minimal 100KM dr rumah doi ke kantor, udh kyk ojol trayek nya :big_biglaugh:
Penasaran nih saya om, dg secapek itu fisik2nya selain yg om jelasin sblmnya udah secapek odonya ga om? Misal, kaya headlamp yg udah burem ato nguning, cat mulai pudar
deathstroke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Sep 06, 2019 20:15

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by deathstroke »

erwinign wrote: Fri Sep 11, 2020 8:23Penasaran nih saya om, dg secapek itu fisik2nya selain yg om jelasin sblmnya udah secapek odonya ga om? Misal, kaya headlamp yg udah burem ato nguning, cat mulai pudar
kosmetiknya ya gan? kalo cat sih habis di cat kayaknya sama yang punya sblmnya, soalnya mulus banget bodi nya, yg namanya dipake tiap hari ga mungkin kyknya kalo ga ada baret jadi sekalian aja kali di sirem sm dia wkwkw, kalo lampu2 aman sih, ane abis ganti mika lampunya kemaren, ada baret2 soalnya ga betah liatnya, mika lampu yg sebelumnya belum kuning kok gan, kalo list2 kaca yg karet masih aman, list kaca depan atas aja udh gak ada, udh ane beliin tp kagak bs masangnya hahaha, sama kaca depan supir lumayan banyak baret2 dalem, ane lg bingung mau beliin kaca nya 1.4jt apa di poles aja 250rb.. ane ga pentingin kosmetik sih gan, lbh concern sama mesin, kabel2, modul2 dan kelistrikannya utk skrg ini
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by farizfsa »

deathstroke wrote: Fri Sep 11, 2020 8:42
erwinign wrote: Fri Sep 11, 2020 8:23Penasaran nih saya om, dg secapek itu fisik2nya selain yg om jelasin sblmnya udah secapek odonya ga om? Misal, kaya headlamp yg udah burem ato nguning, cat mulai pudar
kosmetiknya ya gan? kalo cat sih habis di cat kayaknya sama yang punya sblmnya, soalnya mulus banget bodi nya, yg namanya dipake tiap hari ga mungkin kyknya kalo ga ada baret jadi sekalian aja kali di sirem sm dia wkwkw, kalo lampu2 aman sih, ane abis ganti mika lampunya kemaren, ada baret2 soalnya ga betah liatnya, mika lampu yg sebelumnya belum kuning kok gan, kalo list2 kaca yg karet masih aman, list kaca depan atas aja udh gak ada, udh ane beliin tp kagak bs masangnya hahaha, sama kaca depan supir lumayan banyak baret2 dalem, ane lg bingung mau beliin kaca nya 1.4jt apa di poles aja 250rb.. ane ga pentingin kosmetik sih gan, lbh concern sama mesin, kabel2, modul2 dan kelistrikannya utk skrg ini
mantep, semoga awet mobilnya dan ga jgn sampe di mainin bengkel.

ane jg lg rapihin mbl german tuwir audi, lebih susah drpd bmw, bengkel spesialis penuh2 semua heran. bengkel spesialis audi yg gede itu, customer service nya kureng & lelet, bengkel spesialis yg kecil baru kmrn sore malah ramah jujur mure.

bengkel spesialis bmw mercy langganan penuh, masih banyak opsi lain apa lg cuma perawatan berkala.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by maastricht889 »

deathstroke wrote: Fri Sep 11, 2020 8:42
erwinign wrote: Fri Sep 11, 2020 8:23Penasaran nih saya om, dg secapek itu fisik2nya selain yg om jelasin sblmnya udah secapek odonya ga om? Misal, kaya headlamp yg udah burem ato nguning, cat mulai pudar
kosmetiknya ya gan? kalo cat sih habis di cat kayaknya sama yang punya sblmnya, soalnya mulus banget bodi nya, yg namanya dipake tiap hari ga mungkin kyknya kalo ga ada baret jadi sekalian aja kali di sirem sm dia wkwkw, kalo lampu2 aman sih, ane abis ganti mika lampunya kemaren, ada baret2 soalnya ga betah liatnya, mika lampu yg sebelumnya belum kuning kok gan, kalo list2 kaca yg karet masih aman, list kaca depan atas aja udh gak ada, udh ane beliin tp kagak bs masangnya hahaha, sama kaca depan supir lumayan banyak baret2 dalem, ane lg bingung mau beliin kaca nya 1.4jt apa di poles aja 250rb.. ane ga pentingin kosmetik sih gan, lbh concern sama mesin, kabel2, modul2 dan kelistrikannya utk skrg ini
Soal kaca depan mending ganti ajaa om, di poles riskan sih kl nanti gelombang2. Asal hrs pelajarin di balik spion tengah itu treatment pemasangannya kudu gimana om, kaya lem2nya+survey kaca film depan yg suitable buat om
deathstroke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Sep 06, 2019 20:15

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by deathstroke »

farizfsa wrote: Fri Sep 11, 2020 8:45 mantep, semoga awet mobilnya dan ga jgn sampe di mainin bengkel.

ane jg lg rapihin mbl german tuwir audi, lebih susah drpd bmw, bengkel spesialis penuh2 semua heran. bengkel spesialis audi yg gede itu, customer service nya kureng & lelet, bengkel spesialis yg kecil baru kmrn sore malah ramah jujur mure.

bengkel spesialis bmw mercy langganan penuh, masih banyak opsi lain apa lg cuma perawatan berkala.
aamiin makasih gan. sblm ane nemu f10 ini sempet mau ambil audi b8.5 tuh gan cuma katanya sparepartsnya jarang ya jadi musi nunggu lama kalo mau ganti parts kudu mesen dulu..

iya gan, ane jg jadi penasaran sama bengkel2 yang kecil2 gt, kayaknya enak gitu berhubungan langsung sama ownernya jadi birokrasinya ga njelimet kalo ada apa2, mau nego2 jg enak.. cuma ya gitu ane belum berani kalo ninggal2in mobil lagi di bengkel semenjak kejadian ini wkwkwk, semangat gann rawat audinya!
erwinign wrote: Fri Sep 11, 2020 9:03Soal kaca depan mending ganti ajaa om, di poles riskan sih kl nanti gelombang2. Asal hrs pelajarin di balik spion tengah itu treatment pemasangannya kudu gimana om, kaya lem2nya+survey kaca film depan yg suitable buat om
kaca depan kanan bagian supir maksud ane gan.. iya sih rada serem juga poles2 kaca ilangin baret, apalagi ane ada baret yg mayan dalem, takutnya ke kikis banyak jadi gmn2 lg ntar.. mending biarin dulu deh sampe kebeli yang baru hahahaha, makasih sarannya gan!
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by aspsilver »

BMW F10 ini badak juga,
saya sejak kecil diindroktinasi sama paman paman saya, jangan beli BMW<, rewel dsb. mending mercedes.

tapi paman paman itu beli BMW lagi tuh. walaupun mereka juga punya mercedes .

setelah 10 tahun merawat Mercedes bokap, dan kumpulin uang beli mercedes sendiri.
dari mercy ganti bailk honda.

belakangan dapat tawaran 528i, F10, 2011, yang terakhir pakai mesin inline 6 , 3000.

beli km 56rb , usia 4 tahun. masi dapat service 1x di bengkel Astra BMW, ganti oli dan rem berlakang, tagihan 13 juta (kalau bayar, segitu).

setelah itu pergi ke spesialis aja.

sekarang 108 rb km, baru benerin arm depan aja, dan packing oli (100rb) . gak sampe 10 juta tagihannya.

yang hancur itu karet karet interior nya. lengket trus hancur semua. akhirnya ganti baru. custom, eh udah kelar,b aru lihat, dibukalapak ada yang jual , cuma separo harganya, cuma ya mungkin masangnya separo lagi. hehehe.

puas banget sama BMW ini, suaranya merdu di 7000 rpm. handling juga ok bagnets.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by maastricht889 »

deathstroke wrote: Fri Sep 11, 2020 13:15
farizfsa wrote: Fri Sep 11, 2020 8:45 mantep, semoga awet mobilnya dan ga jgn sampe di mainin bengkel.

ane jg lg rapihin mbl german tuwir audi, lebih susah drpd bmw, bengkel spesialis penuh2 semua heran. bengkel spesialis audi yg gede itu, customer service nya kureng & lelet, bengkel spesialis yg kecil baru kmrn sore malah ramah jujur mure.

bengkel spesialis bmw mercy langganan penuh, masih banyak opsi lain apa lg cuma perawatan berkala.
aamiin makasih gan. sblm ane nemu f10 ini sempet mau ambil audi b8.5 tuh gan cuma katanya sparepartsnya jarang ya jadi musi nunggu lama kalo mau ganti parts kudu mesen dulu..

iya gan, ane jg jadi penasaran sama bengkel2 yang kecil2 gt, kayaknya enak gitu berhubungan langsung sama ownernya jadi birokrasinya ga njelimet kalo ada apa2, mau nego2 jg enak.. cuma ya gitu ane belum berani kalo ninggal2in mobil lagi di bengkel semenjak kejadian ini wkwkwk, semangat gann rawat audinya!
erwinign wrote: Fri Sep 11, 2020 9:03Soal kaca depan mending ganti ajaa om, di poles riskan sih kl nanti gelombang2. Asal hrs pelajarin di balik spion tengah itu treatment pemasangannya kudu gimana om, kaya lem2nya+survey kaca film depan yg suitable buat om
kaca depan kanan bagian supir maksud ane gan.. iya sih rada serem juga poles2 kaca ilangin baret, apalagi ane ada baret yg mayan dalem, takutnya ke kikis banyak jadi gmn2 lg ntar.. mending biarin dulu deh sampe kebeli yang baru hahahaha, makasih sarannya gan!
Kalo kaca driver yg begitu, kondisi pelipit kacanya gimana om? Mungkin udah keras gitu, jd ngebaret itu kaca. Tp faktor usage di jendela driver yg plg sering buka-tutup jendela jg pengaruh sih, apalg udah jalan 200rb km lebih
masbensin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Sun Sep 04, 2016 2:24

Re: WTA : Kaki-kaki F10-2012

Post by masbensin »

aspsilver wrote: Mon Sep 14, 2020 5:56 BMW F10 ini badak juga,
saya sejak kecil diindroktinasi sama paman paman saya, jangan beli BMW<, rewel dsb. mending mercedes.

tapi paman paman itu beli BMW lagi tuh. walaupun mereka juga punya mercedes .

setelah 10 tahun merawat Mercedes bokap, dan kumpulin uang beli mercedes sendiri.
dari mercy ganti bailk honda.

belakangan dapat tawaran 528i, F10, 2011, yang terakhir pakai mesin inline 6 , 3000.

beli km 56rb , usia 4 tahun. masi dapat service 1x di bengkel Astra BMW, ganti oli dan rem berlakang, tagihan 13 juta (kalau bayar, segitu).

setelah itu pergi ke spesialis aja.

sekarang 108 rb km, baru benerin arm depan aja, dan packing oli (100rb) . gak sampe 10 juta tagihannya.

yang hancur itu karet karet interior nya. lengket trus hancur semua. akhirnya ganti baru. custom, eh udah kelar,b aru lihat, dibukalapak ada yang jual , cuma separo harganya, cuma ya mungkin masangnya separo lagi. hehehe.

puas banget sama BMW ini, suaranya merdu di 7000 rpm. handling juga ok bagnets.
Interiornya di restore aja Oom di colourfresh. Saya belum lama habis restore total E60 M5 sama 911 yang 991. Hasilnya bagus, puas daripada ganti baru. Cuma ya agak lama aja hanis ngantrinya mayan panjang. Isinya rata rata mibil Itali sama jerman.