Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: 28 Oct 2004, 15:38
Location: Jakarta

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by aspsilver »

Parah juga ya oom @farizfsha

F10 ini BMW pertama saya, sejak dulu diomingin mercy lebih bandel.

Tapi ini malah kebalikan
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by farizfsa »

aspsilver wrote: 23 Jul 2021, 15:31 Parah juga ya oom @farizfsha

F10 ini BMW pertama saya, sejak dulu diomingin mercy lebih bandel.

Tapi ini malah kebalikan
f10 ini bukan bmw pertama di klg, dulu pernah ada e46 2x 318i (rewel), 323i (beres) dan X5 3.0 gen pertama (beres dan boros).
kakak saya sempat pakai bmw 320d f30, seinget saya cuma pernah ganti timing chain (30jt) di km 130rb, shockbreaker depan dan service steering rack.

f10 terakhir ngebengkel itu novermber 2020 kmrn (6000km lalu). ini mbl angel eyes nya udh agak redup sebelah sih. audi ngebengkel selain ganti oli agustus 2020 (12000 km lalu).

bini pengen B-Class, sebenernya mbl enak sih meski ga real merc, cm takut apes juga wkwk

cuma menurut badan ane, naik mercy lebih relax drpd bmw audi ya, bawaannya badan lebih tenang. pake bmw audi bawaannya seruntulan
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: 29 Oct 2012, 11:39

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by mojacko »

farizfsa wrote: 23 Jul 2021, 16:31
aspsilver wrote: 23 Jul 2021, 15:31 Parah juga ya oom @farizfsha

F10 ini BMW pertama saya, sejak dulu diomingin mercy lebih bandel.

Tapi ini malah kebalikan
f10 ini bukan bmw pertama di klg, dulu pernah ada e46 2x 318i (rewel), 323i (beres) dan X5 3.0 gen pertama (beres dan boros).
kakak saya sempat pakai bmw 320d f30, seinget saya cuma pernah ganti timing chain (30jt) di km 130rb, shockbreaker depan dan service steering rack.

f10 terakhir ngebengkel itu novermber 2020 kmrn (6000km lalu). ini mbl angel eyes nya udh agak redup sebelah sih. audi ngebengkel selain ganti oli agustus 2020 (12000 km lalu).

bini pengen B-Class, sebenernya mbl enak sih meski ga real merc, cm takut apes juga wkwk

cuma menurut badan ane, naik mercy lebih relax drpd bmw audi ya, bawaannya badan lebih tenang. pake bmw audi bawaannya seruntulan
racunin audi Q3 quattro 2.0 T aja om, daripada B class
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by KielConstantine »

farizfsa wrote: 23 Jul 2021, 13:44
aspsilver wrote: 23 Jul 2021, 13:09 Mobil berturbo sebenarnya rawatnya gak beda jauh.

Ortu saya ada W212 E250, 1800 turbo. 2010,
Km 50 rb an.

Yang error malah ecu nya.

Mekanis sih gak rusak ya.
lol, mercy kakak saya,

ML 400 2014 km 78 rb, rontok matic nya, cam gear mesin rontok semua, waterpump, abis beresin itu 100 jtan kalo ga salah.

pake bmw f10 520d 2015 km lewat 100rb belum ada yg rontok mesin dan kaki2 hamdallah, beli audi seken hi km jg ga se horror ML 400 kakak saya.
Sebentar sebentar sebentar ………… :big_slap:

Ane lagi liat2 W212 E400 facelift.. mesin sama kan M276 ky si ML400 .. V6 twin turbo..

Pikirnya lebih badak drpd N55 BMW
Kudu nabung lebih banyak lg kalo gitu … :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: 23 Jul 2021, 16:57
farizfsa wrote: 23 Jul 2021, 13:44
aspsilver wrote: 23 Jul 2021, 13:09 Mobil berturbo sebenarnya rawatnya gak beda jauh.

Ortu saya ada W212 E250, 1800 turbo. 2010,
Km 50 rb an.

Yang error malah ecu nya.

Mekanis sih gak rusak ya.
lol, mercy kakak saya,

ML 400 2014 km 78 rb, rontok matic nya, cam gear mesin rontok semua, waterpump, abis beresin itu 100 jtan kalo ga salah.

pake bmw f10 520d 2015 km lewat 100rb belum ada yg rontok mesin dan kaki2 hamdallah, beli audi seken hi km jg ga se horror ML 400 kakak saya.
Sebentar sebentar sebentar ………… :big_slap:

Ane lagi liat2 W212 E400 facelift.. mesin sama kan M276 ky si ML400 .. V6 twin turbo..

Pikirnya lebih badak drpd N55 BMW
Kudu nabung lebih banyak lg kalo gitu … :ngacir:
Hahahaahaha, oia lupa ml400 actuator electric hand brake nya jg kena (6.5jt). Gatau apes apa gmn, mbl enggris jag xf 2008 aja ga error2 tuh henbrek.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by walid_007 »

mobil enak apalgi yg udah b48

pilih yg rims bawaan 18inch

ga salah n ga pernah salah bmw sedan

yg salah klo beli mobil ga enak .setir dull naikan bikin mual
engine roaring!
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: 29 Oct 2012, 11:39

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by mojacko »

walid_007 wrote: 23 Jul 2021, 21:36 mobil enak apalgi yg udah b48

pilih yg rims bawaan 18inch

ga salah n ga pernah salah bmw sedan

yg salah klo beli mobil ga enak .setir dull naikan bikin mual
innova dono 2.0 AT milik tante saya nih.
mesin nya dull
matic nya dull
karakter kaki-kaki dull
bensin juga nggak irit

jangankan long trip trans jawa, baru ke bogor saja saya sudah mulai mual dan pegal
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by kompresorz »

KielConstantine wrote: 23 Jul 2021, 11:29
kompresorz wrote: 20 Jul 2021, 08:48
Winz wrote: 12 May 2021, 08:57 Asal kuat aja Dompet'nya gpp, siapin aja dana darurat
ky gini ya om....lg ngetem tuh di bengkel taro pojokan...inden part dulu...mobil jogrok...kt pegawe situ sih kmungkinan jebol...

klo yg parkir pinggir pojokan biasanya berat dah...mungkin kena koronah..

jaman lagi ancor...inden part juga entah kapan datangnya...

gak pernah baca postingan gw sih....

gw kan lebih dulu pake....duluan banyak makan asam garam.... :big_biglaugh:


yah klo baca juga mungkin gak percaya....

pdhl spy gak dibikin bokek...


sudah bokek dibikin tambah bokek...ancor pesena telor dah...

tp tar dibilang black kampanye..... :big_cry:


gw kan orang bae...sering berbagi kebaikan...krn pedoman idup gw berbagi kasih...


serius...sumpeehhh...dehhhh

ky lagu nostalgia jaman sma...I SWEAR...ALL 4 ONE...

Image
Ini mah si f30 328i merah …


Aduh yah .. mohon sangat diperhatikan kalo pelihara BMW all type & tahun apapun. Jangan sampe aer radiator kosong, water pump harus kondisi 100% sehat; thermostat sehat. Price nya ud ane jabarin kan td. Ganti 1 set kg sampe 6 jt . Mesin sehat walafiat.

Itu aer radiator nyebrang campur oli jd warna kopi susu. Starbuck aja kalah saing mennn :big_biglaugh:
:big_biglaugh: ...


udah beli mercedes aja.....

jelas gengsinya juga beda....desainnya aja merci lebih elegan..duit gak boong...yang sering boong tuh orangnya...


jangan krn murah bekasnya tp gak enak belakangnya...


w204 gw tuh waktu dilepas taun 2019 dr tangan ke 2 teman hampir 200 ribu km...mesin kering transmisi halus kaki2 bagus...

cuma knalpot aja kynya ky bocor bagian dalam...terkahir jumpa sbelum dijual teman...

itu brutal gw bawa tuh sampe 150 ribuan taun 2016...gubrak gabruk..matik sering pindah mode manual...


w205 lepas sama kenalan 66 ribu 2 taun lebih pake...harian pake mode sport... balapan selalu mode sport...gubrak gabruk..brp bulan lalu masih jumpa klo gak salah lebih 150 ribu km..pake wara wiri trs tuh..

sampe skrg gw tanya ada keluhan apa...gak ada bagus aja...

mercedes benz gitu loh......


THE BEST OR NOTHING...
riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: 06 Aug 2015, 13:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CM5

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by riisesky »

f30 330i, entah karna barang sisaan nik 2019 angkut di maret 2020, awal pake sering banget bolak balik bestindo :

1. sunroof macet
2. doortrim kriyet2 kek lcgc
3. head unit ga keluar suara -> taunya ini rusak segelondong sampe dashboard nya diganti
4. rem berisik
5. pas di gas kenceng ada bunyi berisik dari bawah handbrake -> ada part yang lepas apa diganti terus aman

sisanya sampe sekarang servis standar aja, enak juga kalo masi under BSI BSD

go for it, cuma kalo ya kalo dapet ambil yang facelift udh lebih minim long term issue kynya
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: 06 Mar 2019, 09:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by HaykelAdityawarman »

KielConstantine wrote: 16 May 2021, 12:03
reyapr wrote: 15 May 2021, 21:52
donz wrote: 15 May 2021, 20:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha

Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brp

Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt

Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
Oke oke saatnya kita mode serius :big_grin:

#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.

#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau

Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.

#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.

Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.

Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.

#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.

Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.

#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.

#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta

#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan

#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.

#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.

#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan

#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta

Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.

Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.

#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.

#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.

#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l

———

Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .

Ini nih, info yang banyak orang butuhkan. Many thanks for sharing, om Kiel.
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
bry
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 13 Jan 2017, 13:24

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by bry »

halo bro, kebetulan gw pake f30 328i 2013. baru ambil 2nd thn lalu juni 2020
kalo misal ada yg blg B48 LCI lbih bgus ya gw setuju sih namanya jg facelift psti ud dibagusin dri N20nya, dan B48 juga ga ada problem timing chain

saran gw lu kalo mau ambil N20 gapapa sih tpi hindari yg ud 70rb KM keatas karena emg timing chain di km 60an ud disaranin untuk ganti, tapi ada juga kok yg awet smpe 100rb km.
cari yg 40rban msh oke lah kmrn gw beli km 40rb skrng ud 63rb timing chain msh aman. km 40rban wajar sih buat mobil ud 7thnan, tapi yg psti jg hrs terawat ya carinya.
ya memang kalo ada duit gnti timing chain lbih peace of mind sekitar 15jtan kok di anugrah

untuk steering rack gausah takut, skrng ud ada repairkitnya kmrn gw gnti 1,5jt di anugrah per pcs. kalo ga salah repair kit bisa kanan kiri gw gnti sblah doang

penyakit f30 lainnya sensor abs, thermostat, waterpump. untuk sensor abs gw ud gnti murah kok 1jt di anugrah

last, siapin aja 20-30jt kalo mau tenang. mobil eropa ga seribet itu kok asal tau tempat bengkel benerinnya dan banyakin kenalan aja sesama anak f30.
VIPSERIES
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: 05 May 2015, 08:19
Location: Shangri-La Residences

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by VIPSERIES »

F30 320i gue blok bolong segede kepalan tangan. Ganti blok baru tetek bengek +/- 160 juta. Yang kerjain BMW Astra CIlandak.
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by vanosz »

eh buset


itu mobil perbaikan ratusan juta.ane liat beli yang lain ajah

pingsan ane
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by farizfsa »

vanosz wrote: 14 Aug 2021, 19:18 eh buset


itu mobil perbaikan ratusan juta.ane liat beli yang lain ajah

pingsan ane
Wakaka itu kan blok bolong, blok, piston dll pasti mahal lah.

Kmrn baru beberes bmw ane

Microfilter (filter ac), filter udara, flush ganti oli matic, filter matic, ganti oli mesin, filter oli mesin, aki agm 105, reset, habis hampir 11 jt. Tanpa aki kurang lebih 6.5 jt. Oli juga pake amsoil, kalo pake q8 bs cm 6 jt.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VIPSERIES
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: 05 May 2015, 08:19
Location: Shangri-La Residences

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by VIPSERIES »

vanosz wrote: 14 Aug 2021, 19:18 eh buset


itu mobil perbaikan ratusan juta.ane liat beli yang lain ajah

pingsan ane
Namanya sial :big_dunno:
DME dibakar sama tuner juga pernah :big_exellent:
Last edited by VIPSERIES on 15 Aug 2021, 09:42, edited 1 time in total.
lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: 09 Nov 2017, 18:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by lightarmy10 »

VIPSERIES wrote:
vanosz wrote: 14 Aug 2021, 19:18 eh buset


itu mobil perbaikan ratusan juta.ane liat beli yang lain ajah

pingsan ane
Namanya sial :big_dunno:
DME dibakar sama tuner SM om b8099ok juga pernah :big_exellent:
waduh kok dibakar om serem amat , apanya yg kebakar om?
Wisnubudipramono
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 02 Jan 2020, 19:52
Location: Purwokerto
Daily Vehicle: Xv40 FL 2kdftv

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by Wisnubudipramono »

farizfsa wrote: 17 May 2021, 10:57
reyapr wrote: 15 May 2021, 21:52
donz wrote: 15 May 2021, 20:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha

Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brp

Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt

Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
hahaha ga ade harga segitu kalo ga ketipu bengkel, kl ga pake f10 aja lebih badak
udah 6 tahun lebih pake mbl ini dr baru apa itu ganti timing chain, steering rack, water pump, lom pernah ganti gitu2
ganti oli transmisi yg dikata lifetime jg blm pernah, km 100rb lebih, gas terus gausah pusing
Serius dah lewat 100rb km ? Blm pernah ganti oli transmisi nya ? Kebetulan pake 520d jg, km 80rban, ga ada kendala sih,cm bingung aja hrus ganti oli matic atau engga, bnyak yg bilang ngga perlu,kalopun ganti takutnya malah kenapa2 lagi.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by farizfsa »

Wisnubudipramono wrote: 05 Nov 2021, 06:07
farizfsa wrote: 17 May 2021, 10:57
reyapr wrote: 15 May 2021, 21:52

Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brp

Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt

Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
hahaha ga ade harga segitu kalo ga ketipu bengkel, kl ga pake f10 aja lebih badak
udah 6 tahun lebih pake mbl ini dr baru apa itu ganti timing chain, steering rack, water pump, lom pernah ganti gitu2
ganti oli transmisi yg dikata lifetime jg blm pernah, km 100rb lebih, gas terus gausah pusing
Serius dah lewat 100rb km ? Blm pernah ganti oli transmisi nya ? Kebetulan pake 520d jg, km 80rban, ga ada kendala sih,cm bingung aja hrus ganti oli matic atau engga, bnyak yg bilang ngga perlu,kalopun ganti takutnya malah kenapa2 lagi.
Sekarang udh lewat jauh dr 100rb. Kemarin ganti oli dan filter matic di km 115rb. Ganti aki jg yg mulai bs di bilang lemah (karena pas scan ada yg undervoltage). Aki dr baru blm pernah ganti. Setelah ganti semua elektrik ok ga ada yg undervoltage.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
azerbaijan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 23 Jan 2016, 16:10

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by azerbaijan »

KielConstantine wrote: 16 May 2021, 12:03
reyapr wrote: 15 May 2021, 21:52
donz wrote: 15 May 2021, 20:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha

Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brp

Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt

Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
Oke oke saatnya kita mode serius :big_grin:

#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.

#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau

Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.

#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.

Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.

Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.

#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.

Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.

#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.

#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta

#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan

#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.

#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.

#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan

#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta

Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.

Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.

#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.

#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.

#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l

———

Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .
Izin membangkitkan thread yang sudah tidak terlalu aktif, disini Om Kiel mention bahwa usia pakai steering rack F30 kurang lebih di 5 tahun, nah berarti setelah 5 tahun (asumsi F30 tahun awal yang keluar di 2012 - 2013an) berarti ini harus diganti satu assy (segelondong) kah yang sekitar 40 jtan itu atau bisa diperbaiki dengan repair kitnya? Karena saya ada ketertarikan untuk mengambil F30 LCI dan masih agak kurang yakin terhadap issue steering rack
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by KielConstantine »

azerbaijan wrote: 19 Feb 2022, 21:18 Izin membangkitkan thread yang sudah tidak terlalu aktif, disini Om Kiel mention bahwa usia pakai steering rack F30 kurang lebih di 5 tahun, nah berarti setelah 5 tahun (asumsi F30 tahun awal yang keluar di 2012 - 2013an) berarti ini harus diganti satu assy (segelondong) kah yang sekitar 40 jtan itu atau bisa diperbaiki dengan repair kitnya? Karena saya ada ketertarikan untuk mengambil F30 LCI dan masih agak kurang yakin terhadap issue steering rack
Ada repair kitnya lebih murah kok.

Kalo unit F30 LCI belom denger kasus rack steer rusak sih , ane ud lama kg ke bengkel . Blom dpt info terbaru lagi. Lagian f30 lci masih tergolong baru & warranty masih pada aktif kan . User2nya palingan pada claim ke bengkel resmi kalo ada rusak apa2 , trus mobil beres lg . Jd pada diem…

Paling seru ntar pas warranty ud pada abis . Dramanya banyak :mky_03:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
azerbaijan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 23 Jan 2016, 16:10

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by azerbaijan »

KielConstantine wrote: 20 Feb 2022, 10:59
azerbaijan wrote: 19 Feb 2022, 21:18 Izin membangkitkan thread yang sudah tidak terlalu aktif, disini Om Kiel mention bahwa usia pakai steering rack F30 kurang lebih di 5 tahun, nah berarti setelah 5 tahun (asumsi F30 tahun awal yang keluar di 2012 - 2013an) berarti ini harus diganti satu assy (segelondong) kah yang sekitar 40 jtan itu atau bisa diperbaiki dengan repair kitnya? Karena saya ada ketertarikan untuk mengambil F30 LCI dan masih agak kurang yakin terhadap issue steering rack
Ada repair kitnya lebih murah kok.

Kalo unit F30 LCI belom denger kasus rack steer rusak sih , ane ud lama kg ke bengkel . Blom dpt info terbaru lagi. Lagian f30 lci masih tergolong baru & warranty masih pada aktif kan . User2nya palingan pada claim ke bengkel resmi kalo ada rusak apa2 , trus mobil beres lg . Jd pada diem…

Paling seru ntar pas warranty ud pada abis . Dramanya banyak :mky_03:
Wah itu pertanda bagus Om udah lama tidak ke bengkel. Berarti di F30 yang Non LCI juga belum pernah ada kasus terdengaar steering racknya rusak dan masih bisa diperbaiki dengan repair kit ya
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post