Tentang Hyundai Ioniq 5

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

Faridalfanza wrote: 25 Sep 2022, 13:32

Cacat aki?
Ini memang penyakitnya... ndak cuma disini, sak semesta alam pada kena 12v nya. Berhubung masih transisi dr ICE ke EV kayaknya untuk memudahkan supply chain seluruh yg nyala di mobil ini sumbernya dr 12v (blower AC, audio, sensor2, motor liftgate, controller EV dll. dsb.). Nah kalo ICE nyala, bahkan idle kan kirim stroom ke aki, yg ini nentuin kapan kirim stroom ke aki pake algoritma.... naaah masalahnya kayaknya algoritmanya irit2 kirim daya ke 12v, terutama kalo sering idle.

Solusi paling pendek, kalo pas lg idle jgn lupa diset ke utility mode, jd batere traksi tetep kirim daya ke 12v. Yg repot itu kalo macet brenti, diset utility ndak bisa, jd tetep berdoa si algoritmanya tetep konsisten kirim stroom ke 12v :big_biglaugh:
Solusi agak mendingan, ganti aki ke li-ion, kan dia ndak butuh C rating gede kayak aki starter...... cuma kagak ngerti merek ama harganya, kl aman si aman mestinya, kan ndak kumpul ama panas tinggi....

Urusan 12v ini kemaren nyaris kena, mau start tp kagak mau masuk D, diliat indikator aki nyala, lsg sy ganti ke utility mode tungguin 15an menit.... colok OBD dapet 14v kurang dikit baru sy nyalain, lsg bisa masuk D :mky_01: :mky_01: :mky_01:

Nah, kedepan si mestinya engineer Hyundai ada bikin perubahan dialgoritma kapan kirim stroom ke 12v, wong kl dicek pake OBD SOC-nya 12v kebaca, atau tanggung sekalian kl perlu sama sekali ndak pake 12v, lsg bypass dr HV-DC ke LV-DC.

Btw, penyakit terbaru, pintu belakang kriyet2, tebakan sy si stopper karetnya kekecilan, kyknya lama2 kalah sm pintu segede gaban, wong stoppernya lebih kecil dr stopper kap mesin papanjah lama.... Ntar lg dipikirin mau diganjel washer karet atau cari stopper karet gedean dikit, sementara si cukup gedein aja audionya... wong Bose koq.... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

Bibieight wrote: 25 Sep 2022, 14:26
Faridalfanza wrote: 25 Sep 2022, 13:32

Cacat aki?
Ini memang penyakitnya... ndak cuma disini, sak semesta alam pada kena 12v nya. Berhubung masih transisi dr ICE ke EV kayaknya untuk memudahkan supply chain seluruh yg nyala di mobil ini sumbernya dr 12v (blower AC, audio, sensor2, motor liftgate, controller EV dll. dsb.). Nah kalo ICE nyala, bahkan idle kan kirim stroom ke aki, yg ini nentuin kapan kirim stroom ke aki pake algoritma.... naaah masalahnya kayaknya algoritmanya irit2 kirim daya ke 12v, terutama kalo sering idle.

Solusi paling pendek, kalo pas lg idle jgn lupa diset ke utility mode, jd batere traksi tetep kirim daya ke 12v. Yg repot itu kalo macet brenti, diset utility ndak bisa, jd tetep berdoa si algoritmanya tetep konsisten kirim stroom ke 12v :big_biglaugh:
Solusi agak mendingan, ganti aki ke li-ion, kan dia ndak butuh C rating gede kayak aki starter...... cuma kagak ngerti merek ama harganya, kl aman si aman mestinya, kan ndak kumpul ama panas tinggi....

Urusan 12v ini kemaren nyaris kena, mau start tp kagak mau masuk D, diliat indikator aki nyala, lsg sy ganti ke utility mode tungguin 15an menit.... colok OBD dapet 14v kurang dikit baru sy nyalain, lsg bisa masuk D :mky_01: :mky_01: :mky_01:

Nah, kedepan si mestinya engineer Hyundai ada bikin perubahan dialgoritma kapan kirim stroom ke 12v, wong kl dicek pake OBD SOC-nya 12v kebaca, atau tanggung sekalian kl perlu sama sekali ndak pake 12v, lsg bypass dr HV-DC ke LV-DC.

Btw, penyakit terbaru, pintu belakang kriyet2, tebakan sy si stopper karetnya kekecilan, kyknya lama2 kalah sm pintu segede gaban, wong stoppernya lebih kecil dr stopper kap mesin papanjah lama.... Ntar lg dipikirin mau diganjel washer karet atau cari stopper karet gedean dikit, sementara si cukup gedein aja audionya... wong Bose koq.... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
kalo dah kepepet nyari mesin diesel malu oi chas aja pake colokan :wkkk:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

b0ku wrote: 25 Sep 2022, 14:31
Bibieight wrote: 25 Sep 2022, 14:26
Faridalfanza wrote: 25 Sep 2022, 13:32

Cacat aki?
Ini memang penyakitnya... ndak cuma disini, sak semesta alam pada kena 12v nya. Berhubung masih transisi dr ICE ke EV kayaknya untuk memudahkan supply chain seluruh yg nyala di mobil ini sumbernya dr 12v (blower AC, audio, sensor2, motor liftgate, controller EV dll. dsb.). Nah kalo ICE nyala, bahkan idle kan kirim stroom ke aki, yg ini nentuin kapan kirim stroom ke aki pake algoritma.... naaah masalahnya kayaknya algoritmanya irit2 kirim daya ke 12v, terutama kalo sering idle.

Solusi paling pendek, kalo pas lg idle jgn lupa diset ke utility mode, jd batere traksi tetep kirim daya ke 12v. Yg repot itu kalo macet brenti, diset utility ndak bisa, jd tetep berdoa si algoritmanya tetep konsisten kirim stroom ke 12v :big_biglaugh:
Solusi agak mendingan, ganti aki ke li-ion, kan dia ndak butuh C rating gede kayak aki starter...... cuma kagak ngerti merek ama harganya, kl aman si aman mestinya, kan ndak kumpul ama panas tinggi....

Urusan 12v ini kemaren nyaris kena, mau start tp kagak mau masuk D, diliat indikator aki nyala, lsg sy ganti ke utility mode tungguin 15an menit.... colok OBD dapet 14v kurang dikit baru sy nyalain, lsg bisa masuk D :mky_01: :mky_01: :mky_01:

Nah, kedepan si mestinya engineer Hyundai ada bikin perubahan dialgoritma kapan kirim stroom ke 12v, wong kl dicek pake OBD SOC-nya 12v kebaca, atau tanggung sekalian kl perlu sama sekali ndak pake 12v, lsg bypass dr HV-DC ke LV-DC.

Btw, penyakit terbaru, pintu belakang kriyet2, tebakan sy si stopper karetnya kekecilan, kyknya lama2 kalah sm pintu segede gaban, wong stoppernya lebih kecil dr stopper kap mesin papanjah lama.... Ntar lg dipikirin mau diganjel washer karet atau cari stopper karet gedean dikit, sementara si cukup gedein aja audionya... wong Bose koq.... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
kalo dah kepepet nyari mesin diesel malu oi chas aja pake colokan :wkkk:
Naaah masalahnya yg sy pecat kan yg dijel dambaan hati se SM raya oom Boku... sisa satu2nya si sheer repairing pleasure.... :big_cry: :big_cry: :big_cry:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Salvanost »

baru beli 2 bulan loh :big_think:
udah jelas ada yang salah sama aki 12v di Ioniq 5 ini, bukan masalah chargingnya doank,
itu jelas2 ada yang ngambil listrik kebanyakan, masa aki ngedrop sampai 2,3volt? :big_dunno:
ada yang ngambil ga tau apa

di youtubenya ada yg komen nyalain mobil 15 menit per 2 hari buat charge aki doank
praktis sekali punya mobil listrik kaya gini :big_biglaugh: harus "dipanasin" mobilnya tiap 2 hari :mky_04:
semoga batch tahun depan udah semakin bagus QCnya
Last edited by Salvanost on 25 Sep 2022, 18:55, edited 1 time in total.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Salvanost »

bisa ngedrift :mky_02: apakah Wuling Air EV yang dibangga2in youtuber endorse bisa ngedrift juga? :big_weee:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

Salvanost wrote: 25 Sep 2022, 18:39 baru beli 2 bulan loh :big_think:
udah jelas ada yang salah sama aki 12v di Ioniq 5 ini, bukan masalah chargingnya doank,
itu jelas2 ada yang ngambil listrik kebanyakan, masa aki ngedrop sampai 2,3volt? :big_dunno:
ada yang ngambil ga tau apa

di youtubenya ada yg komen nyalain mobil 15 menit per 2 hari buat charge aki doank
praktis sekali punya mobil listrik kaya gini :big_biglaugh: harus "dipanasin" mobilnya tiap 2 hari :mky_04:
semoga batch tahun depan udah semakin bagus QCnya
musti di charge dan nyala per berapa hari om gak bisa kayak mobil bensin 1 bulan ditinggal kalo akinya joss sih masih idup EV mah tewas banyak kasus sampe di towing kalo parkir di tempat gak ada chargingnya :wkkk:

kalo tesla saya pernah liat kalo aki soak dia makan listrik dari main battery kok emang ini ioniq kagak bisa apa??? :big_bored:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

b0ku wrote: 25 Sep 2022, 19:17
Salvanost wrote: 25 Sep 2022, 18:39 baru beli 2 bulan loh :big_think:
udah jelas ada yang salah sama aki 12v di Ioniq 5 ini, bukan masalah chargingnya doank,
itu jelas2 ada yang ngambil listrik kebanyakan, masa aki ngedrop sampai 2,3volt? :big_dunno:
ada yang ngambil ga tau apa

di youtubenya ada yg komen nyalain mobil 15 menit per 2 hari buat charge aki doank
praktis sekali punya mobil listrik kaya gini :big_biglaugh: harus "dipanasin" mobilnya tiap 2 hari :mky_04:
semoga batch tahun depan udah semakin bagus QCnya
musti di charge dan nyala per berapa hari om gak bisa kayak mobil bensin 1 bulan ditinggal kalo akinya joss sih masih idup EV mah tewas banyak kasus sampe di towing kalo parkir di tempat gak ada chargingnya :wkkk:

kalo tesla saya pernah liat kalo aki soak dia makan listrik dari main battery kok emang ini ioniq kagak bisa apa??? :big_bored:
Nah itu oom Boku, kodingannya si Korea ndak kayak gitu, dia irit ngisi 12v-nya, aki seupil yg narik banyak, jd lun tentu tu mobil jalan 12v masuk, perkara stlh brenti sisa cuma 10-11 volt belun tentu dia ngecas…. Kalo di negara bule ini mobil kan dah OTA, jd “katanya” dah diupgrade otomatis, dia akan cek dl 12v sisa berapa, kl tekor brenti tetep ngecas, nah disini harus cek bengkel dulu dah keluar updatenya lun…. :big_bored: :big_bored: :big_bored: . Saya yg tertib 2hari sekali tiap masuk rumah idupin utility mode bangsa 10-15 menit aja nyaris kena jebakan betmen… :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

Bibieight wrote: 25 Sep 2022, 19:33
Nah itu oom Boku, kodingannya si Korea ndak kayak gitu, dia irit ngisi 12v-nya, aki seupil yg narik banyak, jd lun tentu tu mobil jalan 12v masuk, perkara stlh brenti sisa cuma 10-11 volt belun tentu dia ngecas…. Kalo di negara bule ini mobil kan dah OTA, jd “katanya” dah diupgrade otomatis, dia akan cek dl 12v sisa berapa, kl tekor brenti tetep ngecas, nah disini harus cek bengkel dulu dah keluar updatenya lun…. :big_bored: :big_bored: :big_bored: . Saya yg tertib 2hari sekali tiap masuk rumah idupin utility mode bangsa 10-15 menit aja nyaris kena jebakan betmen… :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
harusnya si di utamain sih itu 12volt :big_bored:

utility mode itu buat apa om??? :big_think:

kalo modelan pakenya kek mobil saya gimana tuh om kayak sekarang status pajero baru di cuci sayang di pake akhirnya di jogrokin di parkiran belakang ud seminggu saya baru idupin kadang kalo males bisa 2 minggu gitu juga yang jazz kalo lagi getol pake pajero atau baru di cuci saya jogrokin di belakang bisa2x seminggu sekali nongkrong di spklu kalo kagak bisa berabe manggil derek itu juga bingung keluarin dari B2 nya :big_biglaugh:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

Utility mode itu yg buat kemping itu, yg dr mobil bisa nyalain kulkas,lampu dll. Nah kalo mode itu aktip otomatis ngisi aki 12v. Sy juga heran ama si Korea, koq bisa2nya punya batere kingkong diirit2 sampe yg 12v dikorbanin…. Nah sialnya lagi, akinya kayaknya aki starter biasa, bukan aki deep cycle… :big_bored: :big_bored: :big_bored:
Benernya si cukup punya charger 12v, sekalinya penuh dah aman, lha tapi kalo pas 12v sompret itu mampus di tengah hutan gimana.. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:, jadi akhirnya sekarang sy mendisiplinkan diri, tiap 2-3 hari sekali pas masuk rumah parkir, matiin AC, idupin utility mode, tinggal makan, mandi, baru balik matiin mobil, kl mau ditinggal lama colok OBD dulu, pastiin tu aki sompret minimal diatas 13.5 V… :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kesimpulan sementara, punya mobil listrik harus patuh sama ritual, mau pergi jauh pastiin batere 100%, terus jangan lupa cek charge.in, SPKLU yg aktif mana saja, sesuaikan rutenya, mau pake dalkot, jangan isi > 80%, selalu rencanakan mau kemana, jangan sampe keseringan batere < 20%, pingin diskon 30%, ngecas jam 10 malem - 5 pagi, (bisa diset di apps charge.in), pastiin masuk stroom sesuai rencana perjalanan, kalo mau kebut2an > 180 km/h pastikan stroom masih 50-60an persen dan kurang 150-an km dr SPKLU terdekat… naaaah berhubung sy akuntan merangkap IT yg notabene sejiwa ama ritual beginian, sy lama2 jd cocok ama mobil ini.. :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

Salvanost wrote: 25 Sep 2022, 18:41 bisa ngedrift :mky_02: apakah Wuling Air EV yang dibangga2in youtuber endorse bisa ngedrift juga? :big_weee:
Kalo endorser kan ndak beli pake uang mobilnya… lha kalo rakyat jelata mana tega ngedrift pake ban harga 6 juta sebiji (Michelin Pilot Sport EV 245/55 ring 20)… ngeliat ini RFT baling2 bambu eh biru berasa murah…. :mky_01: :mky_01: :mky_01:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

Bibieight wrote: 25 Sep 2022, 20:38 Utility mode itu yg buat kemping itu, yg dr mobil bisa nyalain kulkas,lampu dll. Nah kalo mode itu aktip otomatis ngisi aki 12v. Sy juga heran ama si Korea, koq bisa2nya punya batere kingkong diirit2 sampe yg 12v dikorbanin…. Nah sialnya lagi, akinya kayaknya aki starter biasa, bukan aki deep cycle… :big_bored: :big_bored: :big_bored:
Benernya si cukup punya charger 12v, sekalinya penuh dah aman, lha tapi kalo pas 12v sompret itu mampus di tengah hutan gimana.. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:, jadi akhirnya sekarang sy mendisiplinkan diri, tiap 2-3 hari sekali pas masuk rumah parkir, matiin AC, idupin utility mode, tinggal makan, mandi, baru balik matiin mobil, kl mau ditinggal lama colok OBD dulu, pastiin tu aki sompret minimal diatas 13.5 V… :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kesimpulan sementara, punya mobil listrik harus patuh sama ritual, mau pergi jauh pastiin batere 100%, terus jangan lupa cek charge.in, SPKLU yg aktif mana saja, sesuaikan rutenya, mau pake dalkot, jangan isi > 80%, selalu rencanakan mau kemana, jangan sampe keseringan batere < 20%, pingin diskon 30%, ngecas jam 10 malem - 5 pagi, (bisa diset di apps charge.in), pastiin masuk stroom sesuai rencana perjalanan, kalo mau kebut2an > 180 km/h pastikan stroom masih 50-60an persen dan kurang 150-an km dr SPKLU terdekat… naaaah berhubung sy akuntan merangkap IT yg notabene sejiwa ama ritual beginian, sy lama2 jd cocok ama mobil ini.. :big_peace: :big_peace: :big_peace:
kok keknya buat hariannya malah lebih ribet om kayaknya :big_think:

padahal kita punya mobil bensin karena suka sama hal2x ribetnya macem ganti oli, kepo liatin bongkar2x setiap ada maintenace atau penggantian parts, bahkan dulu pajero pas turun mesin saya tiap hari inspeksi liatin part2x yang di copot dan di cek2xin bagus liat komponennya waktu belom di bersihin alias baru keluar dari mesin :big_biglaugh:

nah kalo hari2x ya paling cuma taro aja saya nyuci aja bisa 2 bulan sekali :big_biglaugh:, apalagi belakangan itu 2 kepake paling deket2x ke bengkel cuma setaon sekali buat ganti oli sekalian aja service rem tap matic sama cek2xin mesinnya, sisanya hari2x ya pake taro tinggal kadang bisa semingu atau 2 minggu baru pake lagi kalo tuh mobil lagi males di pake ngisi kan sekalian aja pas jalan kemana mampir sebentar isi :big_biglaugh:
Bibieight wrote: 25 Sep 2022, 20:41
Kalo endorser kan ndak beli pake uang mobilnya… lha kalo rakyat jelata mana tega ngedrift pake ban harga 6 juta sebiji (Michelin Pilot Sport EV 245/55 ring 20)… ngeliat ini RFT baling2 bambu eh biru berasa murah…. :mky_01: :mky_01: :mky_01:
kalo tega pun juga kita rakyat jelata gak punya space ngerjain kek gitu di jalan sih bahaya itu mobil berat kalo aggresive driving sebeenernya chasisnya strugle keliatan dari gerakan pantatnya pas belok kenceng, dia mungkin bisa ngedrift di space kosong gitu cuma kalo nikung kenceng di tempat sempit macem flyover2 jalur baek2x kalo sebelahnya motor bisa kesenggol :mky_03:
banglontong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: 30 May 2017, 15:04
Location: jakarta
Daily Vehicle: 2017 CX3 Touring dan 2023 CX5 Kuro

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by banglontong »

Salvanost wrote: 25 Sep 2022, 18:41 bisa ngedrift :mky_02: apakah Wuling Air EV yang dibangga2in youtuber endorse bisa ngedrift juga? :big_weee:
wuling air EV lebi canggih lagi, bukan bisa drifting tapi tergwuling

kemaren2 dibawa ama influencer mobil, di tol lumayan goyang pas disalip truk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by ChZ »

banglontong wrote: 27 Sep 2022, 11:43
wuling air EV lebi canggih lagi, bukan bisa drifting tapi tergwuling

kemaren2 dibawa ama influencer mobil, di tol lumayan goyang pas disalip truk
Suspensi blkg aja masi live axle. D ketawain pengguna suzuki katana.

Berasa ditipu mbl begini 300juta.

Ngomong2 mobil listrik.... Gw kok abis ngurusin kicks ce gw makin ga pengen. Wkwkwkkw. Troubleshoot kalo kenapa napa cm bisa bengong pasrah. Terlalu banyak random factornya.

Kata ce gw SA beres cm bilang "batrenya gapapa" kan gw disuruh apa kalo gini wkwkwkwk. Apa yang dicek, ngolong kemana, beres nissan cuma 1 jauh lg males bener. Tanya second opinion ke luar, ya clueless semua. Mbl aja jarang.

Mobil bensin jau lbh gampang troubleshootnya... Software aman cek hardware, ga ad ecu langsung cek hardware. Sama sama internal combustion dr jaman kakek buyut cara ngecek ga jauh beda.

Ya terserah sih mo disamain ama orang tua yang bilang karbu lbh gampang. Gw dah sampe tahap itu kali males adaptasi barang baru lg :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 27 Sep 2022, 12:59
banglontong wrote: 27 Sep 2022, 11:43
wuling air EV lebi canggih lagi, bukan bisa drifting tapi tergwuling

kemaren2 dibawa ama influencer mobil, di tol lumayan goyang pas disalip truk
Suspensi blkg aja masi live axle. D ketawain pengguna suzuki katana.

Berasa ditipu mbl begini 300juta.

Ngomong2 mobil listrik.... Gw kok abis ngurusin kicks ce gw makin ga pengen. Wkwkwkkw. Troubleshoot kalo kenapa napa cm bisa bengong pasrah. Terlalu banyak random factornya.

Kata ce gw SA beres cm bilang "batrenya gapapa" kan gw disuruh apa kalo gini wkwkwkwk. Apa yang dicek, ngolong kemana, beres nissan cuma 1 jauh lg males bener. Tanya second opinion ke luar, ya clueless semua. Mbl aja jarang.

Mobil bensin jau lbh gampang troubleshootnya... Software aman cek hardware, ga ad ecu langsung cek hardware. Sama sama internal combustion dr jaman kakek buyut cara ngecek ga jauh beda.

Ya terserah sih mo disamain ama orang tua yang bilang karbu lbh gampang. Gw dah sampe tahap itu kali males adaptasi barang baru lg :big_biglaugh:
ya itu bukan sepenuhnya adaptasi.
sebetulnya EV itu mbl tinggal pakai trus charge dan pakai lagi.

plg ganti Electrical coolant atau gear oil doang.
sm air wiper.

selebihnya klo rusak atau malfungsi ya tinggal panggil Service resmi nya. ganti modular parts nya, dan bayar (klo gakda garansi lg dan gak masalah ngeluarin duit yg di luar perkiraan)

shir repair plisur

:weekk:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 27 Sep 2022, 13:11
ya itu bukan sepenuhnya adaptasi.
sebetulnya EV itu mbl tinggal pakai trus charge dan pakai lagi.

plg ganti Electrical coolant atau gear oil doang.
sm air wiper.

selebihnya klo rusak atau malfungsi ya tinggal panggil Service resmi nya. ganti modular parts nya, dan bayar (klo gakda garansi lg dan gak masalah ngeluarin duit yg di luar perkiraan)

shir repair plisur

:weekk:
mobil litsrik itu ud design lembiru bayangin aja rusak motor listrik usia ud 10th baru benerin motor listrik 30jt-50jt eh besok batre kaput :wkkk:

modiaaar itu 30jt-50jt

saya mah mendingan masukin ke crusher lsg......... :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: 27 Sep 2022, 13:18
Suryaputra wrote: 27 Sep 2022, 13:11
ya itu bukan sepenuhnya adaptasi.
sebetulnya EV itu mbl tinggal pakai trus charge dan pakai lagi.

plg ganti Electrical coolant atau gear oil doang.
sm air wiper.

selebihnya klo rusak atau malfungsi ya tinggal panggil Service resmi nya. ganti modular parts nya, dan bayar (klo gakda garansi lg dan gak masalah ngeluarin duit yg di luar perkiraan)

shir repair plisur

:weekk:
mobil litsrik itu ud design lembiru bayangin aja rusak motor listrik usia ud 10th baru benerin motor listrik 30jt-50jt eh besok batre kaput :wkkk:

modiaaar itu 30jt-50jt

saya mah mendingan masukin ke crusher lsg......... :ngacir:
motor listrik mah ganti baru dongg
ya kali di-spul kyk dinamo amper :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 27 Sep 2022, 13:21
motor listrik mah ganti baru dongg
ya kali di-spul kyk dinamo amper :mky_03:
kalo di tesla isinya microchip semua om ya pasti ganti baru :mky_01:

karena masih di bawah 100jt gitu abis benerin motor listrik apes batrenya yang kena itu ya paling pretelin motornya jual lagi mobilnya kita masukin crusher :big_biglaugh:

mendingan beli mobil baru lagi :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 27 Sep 2022, 13:11 ya itu bukan sepenuhnya adaptasi.
sebetulnya EV itu mbl tinggal pakai trus charge dan pakai lagi.

plg ganti Electrical coolant atau gear oil doang.
sm air wiper.

selebihnya klo rusak atau malfungsi ya tinggal panggil Service resmi nya. ganti modular parts nya, dan bayar (klo gakda garansi lg dan gak masalah ngeluarin duit yg di luar perkiraan)

shir repair plisur

:weekk:
ya makanya. gw pake mobil bensin aja trust issue sama beres. apalagi ini disuruh polpolan percaya beres. :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by darrelund »

ChZ wrote: 27 Sep 2022, 12:59
banglontong wrote: 27 Sep 2022, 11:43
wuling air EV lebi canggih lagi, bukan bisa drifting tapi tergwuling

kemaren2 dibawa ama influencer mobil, di tol lumayan goyang pas disalip truk
Suspensi blkg aja masi live axle. D ketawain pengguna suzuki katana.

Berasa ditipu mbl begini 300juta.

Ngomong2 mobil listrik.... Gw kok abis ngurusin kicks ce gw makin ga pengen. Wkwkwkkw. Troubleshoot kalo kenapa napa cm bisa bengong pasrah. Terlalu banyak random factornya.

Kata ce gw SA beres cm bilang "batrenya gapapa" kan gw disuruh apa kalo gini wkwkwkwk. Apa yang dicek, ngolong kemana, beres nissan cuma 1 jauh lg males bener. Tanya second opinion ke luar, ya clueless semua. Mbl aja jarang.

Mobil bensin jau lbh gampang troubleshootnya... Software aman cek hardware, ga ad ecu langsung cek hardware. Sama sama internal combustion dr jaman kakek buyut cara ngecek ga jauh beda.

Ya terserah sih mo disamain ama orang tua yang bilang karbu lbh gampang. Gw dah sampe tahap itu kali males adaptasi barang baru lg :big_biglaugh:
modelan serial hybrid di kicks gada sistem redundancynya, jadi klo batere tewas ya tewas jg semobil :big_biglaugh:

makanya ud pling bener toyota, pake parallel hybrid tuh. mesin bisa jalan roda, e-motor nya jg bisa jalanin roda

serial hybrid modelan e-power gini kyk cheap shortcut supaya pemerintah yg ngepush emisi kga rewel

oe jg males dah mau beli modelan serial hybrid
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by darrelund »

b0ku wrote: 25 Sep 2022, 20:56 kalo tega pun juga kita rakyat jelata gak punya space ngerjain kek gitu di jalan sih bahaya itu mobil berat kalo aggresive driving sebeenernya chasisnya strugle keliatan dari gerakan pantatnya pas belok kenceng, dia mungkin bisa ngedrift di space kosong gitu cuma kalo nikung kenceng di tempat sempit macem flyover2 jalur baek2x kalo sebelahnya motor bisa kesenggol :mky_03:
gmn ga struggle um, cuma 217ps tapi badannya 2ton lebih :big_biglaugh:

sodaranya aja yg 585ps walo udah sport suspension masi keliatan um, klo bodynya berat

ndak tau deh dimari harganya brp, yg EV6 AWD biasa aja katanya 1.350M, apalagi yg GT

wang segitu beli CTR masi nyisa kyknya, sisanya tinggal beli ohlins, hondata sama PS Cup 2 udah bisa makan semua tikungan :big_biglaugh:

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

darrelund wrote: 27 Sep 2022, 14:57 gmn ga struggle um, cuma 217ps tapi badannya 2ton lebih :big_biglaugh:

sodaranya aja yg 585ps walo udah sport suspension masi keliatan um, klo bodynya berat

ndak tau deh dimari harganya brp, yg EV6 AWD biasa aja katanya 1.350M, apalagi yg GT

wang segitu beli CTR masi nyisa kyknya, sisanya tinggal beli ohlins, hondata sama PS Cup 2 udah bisa makan semua tikungan :big_biglaugh:

TESLA aja pada gitu om gak heran ditinggal 1 menit sama GT2 RS di nurburging padahal kalo adu lempeng tewas itu porsche :wkkk:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

Lha ini mobil kayak celeng, kencengnya kalo lurus, bener CGnya negatif tp kan tetep bawa inertia 2 ton lebih. Jalan 4 bulan ini mobil cocoknya buat cruising, city driving yg jelas big no kl buat spirited driving. Nah yg mengejutkan, ternyata mobil ini diem2 setan tanjakan, naik ke Cikole enteng bener.... turun bener2 ndak ngerem, baterenya nambah pula, turun 50% sampe soreang 55%.....
Tapi ndak tau lg ya kalo kaki2nya dituning ulang, ganti shock, pasang anti rollbar gedean dll.. tp nanti jd nambah berat boros listrik lagi... :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

Bibieight wrote: 27 Sep 2022, 18:14 Lha ini mobil kayak celeng, kencengnya kalo lurus, bener CGnya negatif tp kan tetep bawa inertia 2 ton lebih. Jalan 4 bulan ini mobil cocoknya buat cruising, city driving yg jelas big no kl buat spirited driving. Nah yg mengejutkan, ternyata mobil ini diem2 setan tanjakan, naik ke Cikole enteng bener.... turun bener2 ndak ngerem, baterenya nambah pula, turun 50% sampe soreang 55%.....
Tapi ndak tau lg ya kalo kaki2nya dituning ulang, ganti shock, pasang anti rollbar gedean dll.. tp nanti jd nambah berat boros listrik lagi... :big_think:
sama noh kayak babon di rumah cuma kalo ketemu mobilio aja si ai nyerah daripada nyemplung jurang :wkkk:
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: 12 Sep 2016, 00:37

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by sapifr22 »

Di kantor ada 1 Hyundai Kona electric, mobil pool.
Jarang dipakai, ngga seminggu sekali jalan.
Kayaknya baik2 aja, tdk pernah mogok gara2 aki 12V.

Apa mungkin algoritme chargingnya beda dengan Ioniq 5 :big_think:
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by 3mul »

kasus pertama batere ioniq 5 drop (yang viral).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/1 ... niq-5-drop

ane sering nemu kejadian batre laptop drop (padahal laptop baru). solusinya sesimpel cabut batre. sayangnya ini most likely gak applicable di ioniq5 sih
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post