Tentang Hyundai Ioniq 5

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

Kemarin ke IIMS, yang signifikan rame selain grup Astra cuma Ioniq 5 doang. Meskipun belum buka harga resmi, salesnya sudah punya pegangan harga, belum dirilis karena masih dikalkulasi ulang gara2 PPN naik 1 %. Untuk versi Prime std. range IDR 688 Mio, long-range IDR 729 mio. Terus untuk versi Signature std. range IDR 749 mio, long range IDR 799 mio. Kata si sales SPK dah buka 600 unit (ndak tau bener ndak tau enggak).

Nah, bahan diskusinya : Signature ditambahin all electric power seat, sliding console ,sunroof, sama fitur safety penting seperti stop go adaptive cruise control dan forward collision assist. Kira2 mending mana ya, antara Prime long range vs Signature standard range ?. Mestinya masalah range ini cuma kepakai kalau mau luar kota saja kan ya ?.


Cerita sampingan, untuk harga, cek di website A2K, ternyata Fortie 2x4 bandrol resminya sudah 608 mio yak ?... fitur2 safety sama dengan Prime std range tuh.... itung2an kasar dalam waktu 80.000an km dah ketutup selisih harga pertadex (IDR 13.700/l) vs setrum (IDR 1450/kwh), belum lagi STNK cuma sejuta setaun terus ndak perlu ganti oli per 10k km.
sugarpot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Wed Dec 03, 2014 7:35

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by sugarpot »

Mobil listrik memang menarik sih om, tapi ane rasa cuman cocok untuk orang-orang yang suka teknologi tinggi aja untuk saat ini, karena ya masih mahal dan belum tau ketahanannya, terutama perihal baterainya itu dan pastinya harga jual kembali… Kemudian untuk uang 688 jt paling murah untuk ioniq 5 ane rasa beli mobil non listrik pastinya dapet yang lebih nyaman apalagi untuk saat ini dimana charge mobil listrik masih terbatas apabila mobil mau di bawa keluar kota. Kalo menurut ane apabila kendaraannya mau dipakai tempur setiap hari mobil hybrid lebih bisa diandalkan om :big_childish: :big_childish: :big_childish:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Thu Apr 07, 2022 5:45 Kemarin ke IIMS, yang signifikan rame selain grup Astra cuma Ioniq 5 doang. Meskipun belum buka harga resmi, salesnya sudah punya pegangan harga, belum dirilis karena masih dikalkulasi ulang gara2 PPN naik 1 %. Untuk versi Prime std. range IDR 688 Mio, long-range IDR 729 mio. Terus untuk versi Signature std. range IDR 749 mio, long range IDR 799 mio. Kata si sales SPK dah buka 600 unit (ndak tau bener ndak tau enggak).

Nah, bahan diskusinya : Signature ditambahin all electric power seat, sliding console ,sunroof, sama fitur safety penting seperti stop go adaptive cruise control dan forward collision assist. Kira2 mending mana ya, antara Prime long range vs Signature standard range ?. Mestinya masalah range ini cuma kepakai kalau mau luar kota saja kan ya ?.


Cerita sampingan, untuk harga, cek di website A2K, ternyata Fortie 2x4 bandrol resminya sudah 608 mio yak ?... fitur2 safety sama dengan Prime std range tuh.... itung2an kasar dalam waktu 80.000an km dah ketutup selisih harga pertadex (IDR 13.700/l) vs setrum (IDR 1450/kwh), belum lagi STNK cuma sejuta setaun terus ndak perlu ganti oli per 10k km.
kalo mau pake mobil listrik make sure aja emang mampu ganti mobil 5 th sekali itu belom itung depresiasi yang kita belom tau karena mobil listrik itu kalo batre dah kena dan cost sendiri mahalnya amit2x ini yang takutnya bakalan bikin harga secondnya anjlok :big_bored:

jgn lupa asuransi all risk kalo ada amit2x kena banjir sampe atep dan ud beyond repair karena semua isinya konslet at least ada yang mau nanggung

emang sih kalo nerabas bakalan lebih tahan aer di banding mobil bensin cuma kan namanya musibah kita gak tau kerendem sampe ancurnya gimana :mky_01:

dan pastiin tenganan listrik di rumah kuat sama sedia apar yang bagus karena gak pernah tau tau2x bisa kebakar sendiri dan susah buat di padamin dan paling krusial ya pas charging :big_bored:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by martinnn »

:upss: Kalau dipakai di dalam kota dan ke mall / kantor2 di pusat kota aja sih menarik .....bagi yang banyak duit :big_weee:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by kendibocor »

Bini uda ngebet beli EV/hybrid dari tahun lalu karena mau ngirit biaya bbm (bukan karena termasuk kaum environmentalist), tapi begitu tau harga baterenya yg luar biasa kalau harus ganti di usia 5-7 tahun ya mundur teratur. Yg tadinya mau ngirit bisa2 sebenernya malah nombok biaya ganti batere vs maintenance+bbm mobil konvensional. Kayanya EV/hybrid saat ini lebih ke buat kaum atas yg pgn nyoba2 aja. Selama harga baterenya ga bisa ditekan ya susah menggantikan mbl konvensional setidaknya di indo.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by mobilover »

Ada yg bilang pas baterai mobil EV perlu ganti sekitar 8 tahun ++, harga baterai pasti akan turun karena perkembangan teknologi. Mgkn pas 8 tahun depan harga baterai ev sudah gak mahal karena 1. Diproduksi lokal di pabrik baterai dalam negeri, 2. Karena ada mass production dan perkembangan teknologi, harga baterai pasti bisa lbh murah.

Anyway garansi baterai dari hyundai itu 8 tahun, jadi selama 8 tahun udah pasti aman untuk masalah baterai. Untuk harga jual kembali, masih abu2 karena pasar ev second belum kebentuk. Mudah2an banyak orang yg semakin mau nyoba EV ke depannya sehingga pasarnya lebih bergairah
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by ddyta27 »

kendibocor wrote: Thu Apr 07, 2022 7:25 Bini uda ngebet beli EV/hybrid dari tahun lalu karena mau ngirit biaya bbm (bukan karena termasuk kaum environmentalist), tapi begitu tau harga baterenya yg luar biasa kalau harus ganti di usia 5-7 tahun ya mundur teratur. Yg tadinya mau ngirit bisa2 sebenernya malah nombok biaya ganti batere vs maintenance+bbm mobil konvensional. Kayanya EV/hybrid saat ini lebih ke buat kaum atas yg pgn nyoba2 aja. Selama harga baterenya ga bisa ditekan ya susah menggantikan mbl konvensional setidaknya di indo.
sama persis om..

karena saya masih ragu jadi sementara saya bakal coba beli wuling EV (kalo jadi dijual 😅)

mudah mudahan harganya masih masuk akal..

untuk charging station di rumah, saya udah ada gambaran, sama persis om fitra, bikin sambungan baru khusus untuk charge EV, dengan daya sekitar 7000watt, kalkulasi dari PLN sekitar 7jutaan pasang baru..
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by grimjow »

ddyta27 wrote: Thu Apr 07, 2022 9:04
kendibocor wrote: Thu Apr 07, 2022 7:25 Bini uda ngebet beli EV/hybrid dari tahun lalu karena mau ngirit biaya bbm (bukan karena termasuk kaum environmentalist), tapi begitu tau harga baterenya yg luar biasa kalau harus ganti di usia 5-7 tahun ya mundur teratur. Yg tadinya mau ngirit bisa2 sebenernya malah nombok biaya ganti batere vs maintenance+bbm mobil konvensional. Kayanya EV/hybrid saat ini lebih ke buat kaum atas yg pgn nyoba2 aja. Selama harga baterenya ga bisa ditekan ya susah menggantikan mbl konvensional setidaknya di indo.
sama persis om..

karena saya masih ragu jadi sementara saya bakal coba beli wuling EV (kalo jadi dijual 😅)

mudah mudahan harganya masih masuk akal..

untuk charging station di rumah, saya udah ada gambaran, sama persis om fitra, bikin sambungan baru khusus untuk charge EV, dengan daya sekitar 7000watt, kalkulasi dari PLN sekitar 7jutaan pasang baru..

Kalau pasang charging station 7000 watt apakah berarti rumah nya juga perlu minimal daya 7000 watt, Om?
Atau bisa lebih kecil tapi ngisi ke station nya itu akan jadi lebih lama?
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by the-mantal »

mobilover wrote: Thu Apr 07, 2022 8:14 Ada yg bilang pas baterai mobil EV perlu ganti sekitar 8 tahun ++, harga baterai pasti akan turun karena perkembangan teknologi. Mgkn pas 8 tahun depan harga baterai ev sudah gak mahal karena 1. Diproduksi lokal di pabrik baterai dalam negeri, 2. Karena ada mass production dan perkembangan teknologi, harga baterai pasti bisa lbh murah.

Anyway garansi baterai dari hyundai itu 8 tahun, jadi selama 8 tahun udah pasti aman untuk masalah baterai. Untuk harga jual kembali, masih abu2 karena pasar ev second belum kebentuk. Mudah2an banyak orang yg semakin mau nyoba EV ke depannya sehingga pasarnya lebih bergairah
Mobil EV itu masih evolving koq, teknologi batere yg dipake berubah terus sesuai kondisi. Batere tesla model s yg dijual th 2012 sama 2018 beda banget. Dan mereka ga kompatibel satu sama lain. Jd ga tepat klo dibilang 8 tahun lg harganya akan turun... Lah yg turun baterenya jenis baru dan ga bs dipake di mobil ev lama
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

mobilover wrote: Thu Apr 07, 2022 8:14 Ada yg bilang pas baterai mobil EV perlu ganti sekitar 8 tahun ++, harga baterai pasti akan turun karena perkembangan teknologi. Mgkn pas 8 tahun depan harga baterai ev sudah gak mahal karena 1. Diproduksi lokal di pabrik baterai dalam negeri, 2. Karena ada mass production dan perkembangan teknologi, harga baterai pasti bisa lbh murah.

Anyway garansi baterai dari hyundai itu 8 tahun, jadi selama 8 tahun udah pasti aman untuk masalah baterai. Untuk harga jual kembali, masih abu2 karena pasar ev second belum kebentuk. Mudah2an banyak orang yg semakin mau nyoba EV ke depannya sehingga pasarnya lebih bergairah
keknya malah naek om demand naek materialnya langka bentaran juga naek yang naek bukan cuma ev imbasnya bisa jadi gadget kita makin mahal gara2x bahan batrenya naek, belom ngomongin perkabelan dikira listrik gede gitu kabelnya bisa pake kabel asal2xan, bisa sih tapi jgn kaget kalo tiba2x konslet kebakaran :big_biglaugh:

nah di mobil bensin aja kabel cuma kepake buat sistem yang maen LOW voltage aja bisa kebakar gimana di EV ntar kalo ud berumur gak keurus :big_biglaugh:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Salvanost »

gua 10000% pengen beli ini mobil
sumpah... kalau ada duit... :ngacir:

Image
dia ada fitur 3600watt colokan listrik bisa dipake pas camping :big_exellent:

asal jangan jadi orang gila aja dihabisin terus ga bisa kemana mana

tapi artinya ini bisa jadi powerbank rumah ketika mati lampu
kalau ada akses colokan listrik yg biasa buat genset, colok aja ke ini mobil :big_exellent:

tapi kalau waras dan sayang mobil ya bikin aja jalur buat lampu, minimal lampu ga bakalan mati pas listrik padam

kalau dipake buat AC juga sih umur batrenya ga bakalan lama... :wkkk:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

Salvanost wrote: Thu Apr 07, 2022 11:34 gua 10000% pengen beli ini mobil
sumpah... kalau ada duit... :ngacir:

Image
dia ada fitur 3600watt colokan listrik bisa dipake pas camping :big_exellent:

asal jangan jadi orang gila aja dihabisin terus ga bisa kemana mana

tapi artinya ini bisa jadi powerbank rumah ketika mati lampu
kalau ada akses colokan listrik yg biasa buat genset, colok aja ke ini mobil :big_exellent:

tapi kalau waras dan sayang mobil ya bikin aja jalur buat lampu, minimal lampu ga bakalan mati pas listrik padam

kalau dipake buat AC juga sih umur batrenya ga bakalan lama... :wkkk:

NAH pas mati lampu beli mobil ini juga om buat ngecharge ioniq 5nya :big_grin:



cek pas di 12:17 pas tuh AC lagi tulisannya

:big_grin:
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by trebla88 »

Smua mobil listrik masi mainan
Dibilang nanti teknologi batere berkembang dan mature
Di saat itu lah ditemukan teknologi lain yg ga kompatible ama mbil listrik gen skarang

Bagi yg lebih duit dan mau coba2 boleh banget
Kalau buat yg utk operasional pribadi apalagi di indo mending mikir2 :big_weee:
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by teppey »

Kalo beli ev mesti siap mental dalam 8 tahun jadi 0, jangan bayangin kaya ice yg dalam 10 tahun masih bisa retain 50%.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by kunaskun »

kendibocor wrote: Thu Apr 07, 2022 7:25 Bini uda ngebet beli EV/hybrid dari tahun lalu karena mau ngirit biaya bbm (bukan karena termasuk kaum environmentalist), tapi begitu tau harga baterenya yg luar biasa kalau harus ganti di usia 5-7 tahun ya mundur teratur. Yg tadinya mau ngirit bisa2 sebenernya malah nombok biaya ganti batere vs maintenance+bbm mobil konvensional.
salah info, bukan batere harus ganti, tapi biasanya akan drop kapasitasnya sampai seklian persen dari daya awalnya = tidak sesuai dengan klaim awal. karena seiring waktu degradasi.
jaminan baterai dari pabrik itu menjamin selama masa jaminan baterai tidak akan drop lebih dari sekian persen dari kapasitas awal.
kalau mesti ganti batere, dari kapan tahu itu Tesla Roadster udah jadi besi tua dan ga ada Tesla selanjutnya, sama halnya dengan Prius generasi pertama yang sejaman dengan kijang kapsul.
Last edited by kunaskun on Thu Apr 07, 2022 14:38, edited 1 time in total.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by kendibocor »

mobilover wrote: Thu Apr 07, 2022 8:14 Ada yg bilang pas baterai mobil EV perlu ganti sekitar 8 tahun ++, harga baterai pasti akan turun karena perkembangan teknologi. Mgkn pas 8 tahun depan harga baterai ev sudah gak mahal karena 1. Diproduksi lokal di pabrik baterai dalam negeri, 2. Karena ada mass production dan perkembangan teknologi, harga baterai pasti bisa lbh murah.

Anyway garansi baterai dari hyundai itu 8 tahun, jadi selama 8 tahun udah pasti aman untuk masalah baterai. Untuk harga jual kembali, masih abu2 karena pasar ev second belum kebentuk. Mudah2an banyak orang yg semakin mau nyoba EV ke depannya sehingga pasarnya lebih bergairah
Hyundae garansi baterenya gimana om? Ada parameternya dibawah brp persen akan diganti? Apa tunggu mati total macem garansi aki?

Kalo ada parameternya misalkan tahun ke 8 kapasitas dibawah 50% diganti sih masi lumayan. Tp kalo nunggu mati total saya rasa 8 thn ga bakalan.atau kalo mau licik, tahun ke 5-7 pake aja buat jadi powerbank berjalan biar tuh kapasitas makin turun :big_biglaugh:

Btw, nasib2 tesla generasi pertama yg umurnya uda lebih dari 1 dekade gimana ya? Uda pada jadi scrap kali ya.
Kalo mobil2 konvensional kayaknya masih banyak yg fit dan layak jalan biar udah berumur 10-20thn.
kunaskun wrote: Thu Apr 07, 2022 14:32
kendibocor wrote: Thu Apr 07, 2022 7:25 Bini uda ngebet beli EV/hybrid dari tahun lalu karena mau ngirit biaya bbm (bukan karena termasuk kaum environmentalist), tapi begitu tau harga baterenya yg luar biasa kalau harus ganti di usia 5-7 tahun ya mundur teratur. Yg tadinya mau ngirit bisa2 sebenernya malah nombok biaya ganti batere vs maintenance+bbm mobil konvensional.
salah info, bukan batere harus ganti, tapi baterai akan drop kapasitasnya sampai 80% dari daya awalnya. karena seiring waktu degradasi.
jaminan baterai dari pabrik itu menjamin selama masa jaminan baterai tidak akan drop lebih dari sekian persen dari kapasitas awal.
kalau mesti ganti batere, dari kapan tahu itu Tesla Roadster udah jadi besi tua dan ga ada Tesla selanjutnya, sama halnya dengan Prius generasi pertama yang sejaman dengan kijang kapsul.
Lah iya om, harus ganti kan karena kapasitasnya uda drop. Kalo degradasinya 80% artinya kalo baru bisa jalan 500km, jadi sisa 100km aja. Kalo ngecharge 7-8jam buat jalan 100km siapa yg tahan :mky_04:
Last edited by kendibocor on Thu Apr 07, 2022 14:39, edited 2 times in total.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by kunaskun »

Bibieight wrote: Thu Apr 07, 2022 5:45 Kemarin ke IIMS, yang signifikan rame selain grup Astra cuma Ioniq 5 doang. Meskipun belum buka harga resmi, salesnya sudah punya pegangan harga, belum dirilis karena masih dikalkulasi ulang gara2 PPN naik 1 %. Untuk versi Prime std. range IDR 688 Mio, long-range IDR 729 mio. Terus untuk versi Signature std. range IDR 749 mio, long range IDR 799 mio. Kata si sales SPK dah buka 600 unit (ndak tau bener ndak tau enggak).

Nah, bahan diskusinya : Signature ditambahin all electric power seat, sliding console ,sunroof, sama fitur safety penting seperti stop go adaptive cruise control dan forward collision assist. Kira2 mending mana ya, antara Prime long range vs Signature standard range ?. Mestinya masalah range ini cuma kepakai kalau mau luar kota saja kan ya ?.
soal fitur tidak bisa komen, tapi soal range mendingan beli yg long range, senggaknya ga ketar ketir kena "range anxiety" alias deg2an liat kapasitas batere tersisa, terlebih kalau ga punya kebiasaan charge tiap malam di rumah.

Cerita sampingan, untuk harga, cek di website A2K, ternyata Fortie 2x4 bandrol resminya sudah 608 mio yak ?... fitur2 safety sama dengan Prime std range tuh.... itung2an kasar dalam waktu 80.000an km dah ketutup selisih harga pertadex (IDR 13.700/l) vs setrum (IDR 1450/kwh), belum lagi STNK cuma sejuta setaun terus ndak perlu ganti oli per 10k km.
tapi fortuner kan tangguh segala medan, ga takut banjir, merek toyot jaminan harga juga, tongkrongan keren :big_weee: itu kata netijen maha benar mendang mending modal kuota doang yg ga akan beli... :upss:

hitungan dan pikiran saya gampang:
1. segala insentif masih pol dari pemerintah, dari harga awal sampai pajak tahunan.
2. kalau dipakenya long range, misal setahun pasti tembus belasan ribu km.
3. ga mikirin resale value. beli mobil buat dipake bukan buat dijual lagi.

tapi kalau satu poin diatas ga masuk, mendingan jangan. karena anggap EV di Indo itu kategori mobil mewah ala Eropa. kecuali nanti DaiToyo niat ikutan jualan Hybrid kelas avanza = massal. nanti market akan shifting pelan2 dan EV jadi dianggap biasa.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by kunaskun »

kendibocor wrote: Thu Apr 07, 2022 14:36 Lah iya om, harus ganti kan karena kapasitasnya uda drop. Kalo degradasinya 80% artinya kalo baru bisa jalan 500km, jadi sisa 100km aja. Kalo ngecharge 7-8jam buat jalan 100km siapa yg tahan :mky_04:
sudah saya koreksi, sekian persen dari awalnya, bukan sampe 80% dari awalnya = sisa 20%.
biasanya yang saya tahu itu rata2 pabrikan sebutnya kapasitas tersisa 80% dari awalnya, jadi drop / hilang 20%.

kalau dari baru 400 km ya tersisa 320 km kurang lebih.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by kendibocor »

kunaskun wrote: Thu Apr 07, 2022 14:42
kendibocor wrote: Thu Apr 07, 2022 14:36 Lah iya om, harus ganti kan karena kapasitasnya uda drop. Kalo degradasinya 80% artinya kalo baru bisa jalan 500km, jadi sisa 100km aja. Kalo ngecharge 7-8jam buat jalan 100km siapa yg tahan :mky_04:
sudah saya koreksi, sekian persen dari awalnya, bukan sampe 80% dari awalnya = sisa 20%.
biasanya yang saya tahu itu drop tersisa sampai dengan 80%.
Upsss salah baca. Biasa dibawah 80% uda harus ganti berarti ya om? Baca2 degradasi batere hanya sekitar 2,3% per tahun, taro lah di indo 2,5% lah faktor cuaca panas. Artinya sampe kapasitas 80% bisa jalan 8 tahun. Ya masuk sih itungannya kalo digaransi 8 thn. Pertanyaannya kalo dibawah 80% kita cuek aja kita pakai terus apa masih bisa? Andaikata bisa dipakai sampai kapasitas batere sisa 50% sih boleh juga. Paling rugi di jarak tempuh aja yg makin pendek, tp mobil bisa dipakai sampe 20 tahun :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by KielConstantine »

Bibieight wrote: Thu Apr 07, 2022 5:45 Kemarin ke IIMS, yang signifikan rame selain grup Astra cuma Ioniq 5 doang. Meskipun belum buka harga resmi, salesnya sudah punya pegangan harga, belum dirilis karena masih dikalkulasi ulang gara2 PPN naik 1 %. Untuk versi Prime std. range IDR 688 Mio, long-range IDR 729 mio. Terus untuk versi Signature std. range IDR 749 mio, long range IDR 799 mio. Kata si sales SPK dah buka 600 unit (ndak tau bener ndak tau enggak).

Nah, bahan diskusinya : Signature ditambahin all electric power seat, sliding console ,sunroof, sama fitur safety penting seperti stop go adaptive cruise control dan forward collision assist. Kira2 mending mana ya, antara Prime long range vs Signature standard range ?. Mestinya masalah range ini cuma kepakai kalau mau luar kota saja kan ya ?.


Cerita sampingan, untuk harga, cek di website A2K, ternyata Fortie 2x4 bandrol resminya sudah 608 mio yak ?... fitur2 safety sama dengan Prime std range tuh.... itung2an kasar dalam waktu 80.000an km dah ketutup selisih harga pertadex (IDR 13.700/l) vs setrum (IDR 1450/kwh), belum lagi STNK cuma sejuta setaun terus ndak perlu ganti oli per 10k km.
Kayaknya si om udah fix mau coba pelihara EV ya. Yaudah maju aja om cobain drpd penasaran .

Tenaganya sableng nih si ioniq 5 .

STNK sejuta setahun mantep jg tuh

Ambil type signature ok sih , klo cuman buat dalem kota ambil yg standart range . Luar kota baru deh long range

Tungguin aja , biasanya gerombolan youtuber otomotif ga lama jg bakal roadtrip di bayarin sama si hyundai pake nih mobil :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

kunaskun wrote: Thu Apr 07, 2022 14:32
salah info, bukan batere harus ganti, tapi biasanya akan drop kapasitasnya sampai seklian persen dari daya awalnya = tidak sesuai dengan klaim awal. karena seiring waktu degradasi.
jaminan baterai dari pabrik itu menjamin selama masa jaminan baterai tidak akan drop lebih dari sekian persen dari kapasitas awal.
kalau mesti ganti batere, dari kapan tahu itu Tesla Roadster udah jadi besi tua dan ga ada Tesla selanjutnya, sama halnya dengan Prius generasi pertama yang sejaman dengan kijang kapsul.
roadster populasi gak banyak lagian, type s baru 10th itupun jgnkan batre motor listrik aja ud ada yang jebol kadang bunyinya juga gak enak kalo ud rusak kalo dah rusak ganti satu modul juga, klo hybrid batre rusak masih jalan kek mobil bensin normal cuma sistem ev gak jalan aja bedanya jd gak pernah tau pada di paksa jalan tanpa batre,

pokoknya kalo ev itu daripasa beli spek nanggung2x beli long range aja karena kuncinya juga ada di charging makin sering charging makin cepet rusak batrenya jd bagusnya lsg hajar longrange biar jarang di charging, kenapa hybrid cepet jebol batre ya karena chargimg cyclenya gak beraturan sesuai kondisi jalan dan sistem otomatisnya :big_bored:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Salvanost »

58kwh = 384km
58 kwh x 1450 = 84.100 rupiah
384 / 8 = 48 liter x 12.500 = 600.000

Hemat 86%

Kalau sebulan jalan 1500km
Kena 2.343.000 kalau pake listrik kena 328.125

Hemat 2.015.000/bulan
Hemat 24.180.000 pertahun
Hemat 241.800.000 per 10 tahun.

Pas lah tar 10 tahun kemudian ganti batre 1x...
Berdoa aja batre pengganti ga diatas 250 juta...
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by KielConstantine »

Salvanost wrote: Thu Apr 07, 2022 16:08 58 kwh x 1450 = 84.100 rupiah
Jadi yang bisa ngalahin 5150 ya 1450 ini

Kontender terbaru 5150 vs 1450 :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by kendibocor »

Salvanost wrote: Thu Apr 07, 2022 16:08 58kwh = 384km
58 kwh x 1450 = 84.100 rupiah
384 / 8 = 48 liter x 12.500 = 600.000

Hemat 86%

Kalau sebulan jalan 1500km
Kena 2.343.000 kalau pake listrik kena 328.125

Hemat 2.015.000/bulan
Hemat 24.180.000 pertahun
Hemat 241.800.000 per 10 tahun.

Pas lah tar 10 tahun kemudian ganti batre 1x...
Berdoa aja batre pengganti ga diatas 250 juta...
10 tahun kemudian harga mblnya jangan2 ga sampe 250jt om, ganti batere senilai mobilnya saat itu atau bahkan lebih rendah :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Salvanost »

kendibocor wrote: Thu Apr 07, 2022 16:22
Salvanost wrote: Thu Apr 07, 2022 16:08 58kwh = 384km
58 kwh x 1450 = 84.100 rupiah
384 / 8 = 48 liter x 12.500 = 600.000

Hemat 86%

Kalau sebulan jalan 1500km
Kena 2.343.000 kalau pake listrik kena 328.125

Hemat 2.015.000/bulan
Hemat 24.180.000 pertahun
Hemat 241.800.000 per 10 tahun.

Pas lah tar 10 tahun kemudian ganti batre 1x...
Berdoa aja batre pengganti ga diatas 250 juta...
10 tahun kemudian harga mblnya jangan2 ga sampe 250jt om, ganti batere senilai mobilnya saat itu atau bahkan lebih rendah :upss:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Daripada ganti batre 10 tahun kemudian mending beli mobil listrik baru ya
KielConstantine wrote: Thu Apr 07, 2022 16:18
Salvanost wrote: Thu Apr 07, 2022 16:08 58 kwh x 1450 = 84.100 rupiah
Jadi yang bisa ngalahin 5150 ya 1450 ini

Kontender terbaru 5150 vs 1450 :wkkk:
Bau2nya bakalan naik tahun depan...
Tapi kayanya cuma 20% ke 1700 rupiah /kwh