Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27
Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Mohon izin bertanya dan masukannya suhu²,
Mohon pertimbangannya dari suhu dan yang masih piara atau pernah piara 2 mobil ini, kebetulan lagi bimbang meminang Vios gen 2 tipe g matic tahun 2011-2012 atau Corolla Altis tipe G matic tahun 2008-2009 dengan pertimbangan:
1. Keiiritan bahan bakar untuk penggunaan dalkot jakarta (jakbar-jakpus)
2. Ketersediaan dan kemudahan pembelian spareparts untuk 5 s.d. 10 tahun kedepan terutama slowmoving sparepart
3. Ketahanan kaki² mobil untuk jalanan jkt dan seputaran jawa (kebetulan agak sruntulan kalo ada poldur suka ga di rem)
4. Kemudahan manuverabilitas masuk² jalan sempit dan putbal untuk kemudahan pilih rute kalo lagi macet parah
4. Perawatan khusus untuk di keep 5 tahun mendatang
5. Fitur² bawaan yg masih lumayan pada tahun 2025 (ini alasannya masukin altis jadi kandidat)
Kebetulan sebelumnya pernah diminta pelihara vios mantan gen 3 odo terima udah 540rban pakai hingga odo 560rb-an, hampir 2 tahun udah meremajakan mulai dari sistem pendinginan (ganti radiator dan pakai coolant), engine mounting set, ganti kampas kopling, part kaki², elektrikal pw dan central lock dan magnet clutch ac. namun hingga dikembalikan ke owner masih ada pr bawaan yaitu mesin harus turun setengah krn oli susut 800ml per 5000km (tidak ada asap putih dari exhaust) tidak dieksekusi krn menkeu ga setuju sebab biayanya lumayan (cost premajaan sebelumnya udah lumayan banyak dari kita).
Mohon pendapat dan pengalamannya suhu², terima kasih.
Mohon pertimbangannya dari suhu dan yang masih piara atau pernah piara 2 mobil ini, kebetulan lagi bimbang meminang Vios gen 2 tipe g matic tahun 2011-2012 atau Corolla Altis tipe G matic tahun 2008-2009 dengan pertimbangan:
1. Keiiritan bahan bakar untuk penggunaan dalkot jakarta (jakbar-jakpus)
2. Ketersediaan dan kemudahan pembelian spareparts untuk 5 s.d. 10 tahun kedepan terutama slowmoving sparepart
3. Ketahanan kaki² mobil untuk jalanan jkt dan seputaran jawa (kebetulan agak sruntulan kalo ada poldur suka ga di rem)
4. Kemudahan manuverabilitas masuk² jalan sempit dan putbal untuk kemudahan pilih rute kalo lagi macet parah
4. Perawatan khusus untuk di keep 5 tahun mendatang
5. Fitur² bawaan yg masih lumayan pada tahun 2025 (ini alasannya masukin altis jadi kandidat)
Kebetulan sebelumnya pernah diminta pelihara vios mantan gen 3 odo terima udah 540rban pakai hingga odo 560rb-an, hampir 2 tahun udah meremajakan mulai dari sistem pendinginan (ganti radiator dan pakai coolant), engine mounting set, ganti kampas kopling, part kaki², elektrikal pw dan central lock dan magnet clutch ac. namun hingga dikembalikan ke owner masih ada pr bawaan yaitu mesin harus turun setengah krn oli susut 800ml per 5000km (tidak ada asap putih dari exhaust) tidak dieksekusi krn menkeu ga setuju sebab biayanya lumayan (cost premajaan sebelumnya udah lumayan banyak dari kita).
Mohon pendapat dan pengalamannya suhu², terima kasih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Dari semua poin anda,paling cocok ya vios
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1651
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
cari kondisi mana yg lebih bagus aja om, tapi altis kayanya lebih nyaman sih pasti. Kalo parts sih ga usah ragu sama 2 mobil ini, mulai dari, original, aftermarket, kw, imitasi, copotan, rebuild masih banyak.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Walaupun secara populasinya lebih sedikit dari vios parts aman ya om? Rata² penyakit altis model ini apa ya om selain kaki², mesin 1zz-fe nya ada concern kah om terutama kalo sudah high mileage? Dan altis gen 10 ini sharing partnya sm toyota apa aja ya om di indo?t105erd wrote: Sun Jun 08, 2025 14:37 cari kondisi mana yg lebih bagus aja om, tapi altis kayanya lebih nyaman sih pasti. Kalo parts sih ga usah ragu sama 2 mobil ini, mulai dari, original, aftermarket, kw, imitasi, copotan, rebuild masih banyak.
Kalau vios gen 2 ini kan selagi yaris bakpao masih berkeliaran untuk parts pasti aman ya, terutama mesin yg dipake sampe gen 3 prefacelift
Secara dari 5 aspek, 4 diantaranya vios kandidat kuatnya om tapi ane sedang mencari alasan apakah altis juga layak dipertimbangkan, karena altis gen 10 ini secara drivetrainnya pake U341E torq conv 4sp, lebih durable ketimbang K111 cvt di faceliftnya dan yang menggoda adalah fitur spt tilt&telescopic steering, interior yang lebih lapang dan cerah (beige), di harga yang sama dengan vios bisa dapat sedan kelas atasnya. Tapi yg buat ragu adalah kekuatan kaki²nya dan steering rack, denger² unit prefacelift lebih rentan dibanding faceliftnya serta efisiensi bahan bakar yg lebih rendah dibandingkan vios
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Ya kalau berani bayar servis& bbm lebih mahal untuk dibanding kenyamanan silakan ambil altisilhamr wrote: Sun Jun 08, 2025 15:50
Secara dari 5 aspek, 4 diantaranya vios kandidat kuatnya om tapi ane sedang mencari alasan apakah altis juga layak dipertimbangkan, karena altis gen 10 ini secara drivetrainnya pake U341E torq conv 4sp, lebih durable ketimbang K111 cvt di faceliftnya dan yang menggoda adalah fitur spt tilt&telescopic steering, interior yang lebih lapang dan cerah (beige), di harga yang sama dengan vios bisa dapat sedan kelas atasnya. Tapi yg buat ragu adalah kekuatan kaki²nya dan steering rack, denger² unit prefacelift lebih rentan dibanding faceliftnya serta efisiensi bahan bakar yg lebih rendah dibandingkan vios
2 kendaraan tersebut beda kelas jadi pajak yang lebih premium lebih mahal,sparepart juga lebih mahal, tidak cuma konsumsi bbm yang lebih boros saja, tapi emang altis lebih nyaman dari vios sih
Sesuaikan kemampuan dompet aja
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1651
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
sangat aman, corolla itu mobil global om, banyak pabrikan parts aftermarket atau oem yg masih terus produksi buat tipe ini.ilhamr wrote: Sun Jun 08, 2025 15:50Walaupun secara populasinya lebih sedikit dari vios parts aman ya om? Rata² penyakit altis model ini apa ya om selain kaki², mesin 1zz-fe nya ada concern kah om terutama kalo sudah high mileage? Dan altis gen 10 ini sharing partnya sm toyota apa aja ya om di indo?t105erd wrote: Sun Jun 08, 2025 14:37 cari kondisi mana yg lebih bagus aja om, tapi altis kayanya lebih nyaman sih pasti. Kalo parts sih ga usah ragu sama 2 mobil ini, mulai dari, original, aftermarket, kw, imitasi, copotan, rebuild masih banyak.
Kalau vios gen 2 ini kan selagi yaris bakpao masih berkeliaran untuk parts pasti aman ya, terutama mesin yg dipake sampe gen 3 prefacelift
Secara dari 5 aspek, 4 diantaranya vios kandidat kuatnya om tapi ane sedang mencari alasan apakah altis juga layak dipertimbangkan, karena altis gen 10 ini secara drivetrainnya pake U341E torq conv 4sp, lebih durable ketimbang K111 cvt di faceliftnya dan yang menggoda adalah fitur spt tilt&telescopic steering, interior yang lebih lapang dan cerah (beige), di harga yang sama dengan vios bisa dapat sedan kelas atasnya. Tapi yg buat ragu adalah kekuatan kaki²nya dan steering rack, denger² unit prefacelift lebih rentan dibanding faceliftnya serta efisiensi bahan bakar yg lebih rendah dibandingkan vios
Pastikan aja mesin bersih ga ada sludge/varnish berlebih, radiator bagus, motor fan bagus, dan pakai coolant ga pakai air keran, kompresor ac normal.
Sesama toyota biasanya untuk filter2 banyak yg sama, prake pad juga banyak yg sama, untuk parts lain mah gampang ga usah khawatir.
Kecuali punya toyota tipe khusus yg jarang dijual kaya mark x, century, supra dll...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1127
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Kalau terkait FC apalagi dalkot pasti iritan Vios dengan 1NZ nya itu om.
Untuk fast moving parts pasti sama aja mudah dicari untuk keduanya. Paling slow moving parts macam part body pasti lebih susah untuk New Altis dibanding Vios. Tapi coba perhatikan, batok spion Dan handle pintu luar Altis dan Vios ini sama persis
Kaki2 saya rasa mirip2 sih mereka berdua, sama-sama sedan Toyota relatif lebih tahan jika dibandingkan Honda mah.
Untuk kelincahan saya pegang vios deh om, untuk Gen 2 ini masih cukup gesit jangan dibanding dengan Gen 3 yg radius putarnya ga sesuai ukuran mobil wkwkwk
Secara Fitur setahu saya sih mirip2 antara Altis G dan Vios G Matic, udah keyless, lampu HID, saya lupa Altis G apakah sudah auto ac atau belum.
Altis Gen 10 pre-facelift (2008-2009) itu mesinnya masih 1ZZ sama seperti Altis sebelumnya,jadi seperti masih peralihan. Ada 3 trim yaitu 1.8J, 1.8G, dan 1.8V. Tahun 2009 untuk tipe V jadi 2.0V dengan mesin 3ZR-FE (Dual VVT-i) tapi body masih prefacelift dan transimisi juga masih U341E.
Baru di 2010 ada facelift jadi Grand New Corolla Altis dimana semuanya pakai mesin ZR Dual VVT-i dan transmisi CVT yg membuatnya lebih irit dari pre-facelift.
untuk yg 1.8 mesinnya ganti pakai 2ZR-FE Dual VVT-i dengan transmisi CVT K311, sedangkan yg 2.0 tetap pakai 3ZR-FE Dual VVT-i tapi transmisinya ganti pakai CVT K111 (sama dengan transmisi Nav1). Mesin ZR ini masih dipakai sampai Altis yg sekarang. Untuk CVT Toyota relatif awet selama perawatan seperti ganti fluida berkala dan ga kasar2 bgt bawanya.
Tapi kalau lihat dari poin2 TS, kayanya lebih pas Vios sih om. Lebih irit, lebuh gesit, dan lebih mudah dirawat juga.
Untuk fast moving parts pasti sama aja mudah dicari untuk keduanya. Paling slow moving parts macam part body pasti lebih susah untuk New Altis dibanding Vios. Tapi coba perhatikan, batok spion Dan handle pintu luar Altis dan Vios ini sama persis

Kaki2 saya rasa mirip2 sih mereka berdua, sama-sama sedan Toyota relatif lebih tahan jika dibandingkan Honda mah.
Untuk kelincahan saya pegang vios deh om, untuk Gen 2 ini masih cukup gesit jangan dibanding dengan Gen 3 yg radius putarnya ga sesuai ukuran mobil wkwkwk
Secara Fitur setahu saya sih mirip2 antara Altis G dan Vios G Matic, udah keyless, lampu HID, saya lupa Altis G apakah sudah auto ac atau belum.
Altis Gen 10 pre-facelift (2008-2009) itu mesinnya masih 1ZZ sama seperti Altis sebelumnya,jadi seperti masih peralihan. Ada 3 trim yaitu 1.8J, 1.8G, dan 1.8V. Tahun 2009 untuk tipe V jadi 2.0V dengan mesin 3ZR-FE (Dual VVT-i) tapi body masih prefacelift dan transimisi juga masih U341E.
Baru di 2010 ada facelift jadi Grand New Corolla Altis dimana semuanya pakai mesin ZR Dual VVT-i dan transmisi CVT yg membuatnya lebih irit dari pre-facelift.
untuk yg 1.8 mesinnya ganti pakai 2ZR-FE Dual VVT-i dengan transmisi CVT K311, sedangkan yg 2.0 tetap pakai 3ZR-FE Dual VVT-i tapi transmisinya ganti pakai CVT K111 (sama dengan transmisi Nav1). Mesin ZR ini masih dipakai sampai Altis yg sekarang. Untuk CVT Toyota relatif awet selama perawatan seperti ganti fluida berkala dan ga kasar2 bgt bawanya.
Tapi kalau lihat dari poin2 TS, kayanya lebih pas Vios sih om. Lebih irit, lebuh gesit, dan lebih mudah dirawat juga.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 732
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
vios 2011 kalau dari semua kriteria diatas, tp eks pribadi ya . Altis udh ketuaan modelnya udh jadul bgt di tahun segitu udh macem corolla ae 2000
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Setuju om untuk ketenangan dompet saat servis dan biaya maintenancenyazonepublic wrote: Sun Jun 08, 2025 16:06 Ya kalau berani bayar servis& bbm lebih mahal untuk dibanding kenyamanan silakan ambil altis
2 kendaraan tersebut beda kelas jadi pajak yang lebih premium lebih mahal,sparepart juga lebih mahal, tidak cuma konsumsi bbm yang lebih boros saja, tapi emang altis lebih nyaman dari vios sih
Sesuaikan kemampuan dompet aja

Dari badge om pernah piara vios gen 2 juga ini ya, selama miara apa aja + dan negatif dari mobilnya om?azu wrote: Sun Jun 08, 2025 16:50 Kalau terkait FC apalagi dalkot pasti iritan Vios dengan 1NZ nya itu om.
Untuk fast moving parts pasti sama aja mudah dicari untuk keduanya. Paling slow moving parts macam part body pasti lebih susah untuk New Altis dibanding Vios. Tapi coba perhatikan, batok spion Dan handle pintu luar Altis dan Vios ini sama persis![]()
Kaki2 saya rasa mirip2 sih mereka berdua, sama-sama sedan Toyota relatif lebih tahan jika dibandingkan Honda mah.
Untuk kelincahan saya pegang vios deh om, untuk Gen 2 ini masih cukup gesit jangan dibanding dengan Gen 3 yg radius putarnya ga sesuai ukuran mobil wkwkwk
Secara Fitur setahu saya sih mirip2 antara Altis G dan Vios G Matic, udah keyless, lampu HID, saya lupa Altis G apakah sudah auto ac atau belum.
Altis Gen 10 pre-facelift (2008-2009) itu mesinnya masih 1ZZ sama seperti Altis sebelumnya,jadi seperti masih peralihan. Ada 3 trim yaitu 1.8J, 1.8G, dan 1.8V. Tahun 2009 untuk tipe V jadi 2.0V dengan mesin 3ZR-FE (Dual VVT-i) tapi body masih prefacelift dan transimisi juga masih U341E.
Baru di 2010 ada facelift jadi Grand New Corolla Altis dimana semuanya pakai mesin ZR Dual VVT-i dan transmisi CVT yg membuatnya lebih irit dari pre-facelift.
untuk yg 1.8 mesinnya ganti pakai 2ZR-FE Dual VVT-i dengan transmisi CVT K311, sedangkan yg 2.0 tetap pakai 3ZR-FE Dual VVT-i tapi transmisinya ganti pakai CVT K111 (sama dengan transmisi Nav1). Mesin ZR ini masih dipakai sampai Altis yg sekarang. Untuk CVT Toyota relatif awet selama perawatan seperti ganti fluida berkala dan ga kasar2 bgt bawanya.
Tapi kalau lihat dari poin2 TS, kayanya lebih pas Vios sih om. Lebih irit, lebuh gesit, dan lebih mudah dirawat juga.
kalo liat reviu yutub altis tipe g sudah punya auto acnya om, secara fitur mirip² tapi ada beberapa lebih unggul di altis (wajar sih secara kelas aja di atasnya dan lebih mahal juga)
Iya om cuma mau ambil eks pribadi krn cari maticnya, kalo mantan pasti manual semua dan capek bawa manual di kemacetan jakarta, sepengamatan saya secara populasi di jalanan altis pre-facelift ini lebih jarang keliatan dibandingkan model faceliftnya yg juga banyak digunakan oleh plat merahcarlzeiss wrote: Mon Jun 09, 2025 2:58 vios 2011 kalau dari semua kriteria diatas, tp eks pribadi ya . Altis udh ketuaan modelnya udh jadul bgt di tahun segitu udh macem corolla ae 2000
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1127
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Saya dulu piara Vios Gen 2 tapi manual sih om. So far sih bensin irit, perawatan mudah, sparepart juga melimpah karena dipakai taxi juga ya. Paling pastikan tidak ada varnish aja sih, di mobil saya dulu terlihat ada Varnish karena pas awal2 baru ganti olinya di Auto2000 tiap 10 ribu Kmilhamr wrote: Mon Jun 09, 2025 6:41Dari badge om pernah piara vios gen 2 juga ini ya, selama miara apa aja + dan negatif dari mobilnya om?azu wrote: Sun Jun 08, 2025 16:50 Kalau terkait FC apalagi dalkot pasti iritan Vios dengan 1NZ nya itu om.
Untuk fast moving parts pasti sama aja mudah dicari untuk keduanya. Paling slow moving parts macam part body pasti lebih susah untuk New Altis dibanding Vios. Tapi coba perhatikan, batok spion Dan handle pintu luar Altis dan Vios ini sama persis![]()
Kaki2 saya rasa mirip2 sih mereka berdua, sama-sama sedan Toyota relatif lebih tahan jika dibandingkan Honda mah.
Untuk kelincahan saya pegang vios deh om, untuk Gen 2 ini masih cukup gesit jangan dibanding dengan Gen 3 yg radius putarnya ga sesuai ukuran mobil wkwkwk
Secara Fitur setahu saya sih mirip2 antara Altis G dan Vios G Matic, udah keyless, lampu HID, saya lupa Altis G apakah sudah auto ac atau belum.
Altis Gen 10 pre-facelift (2008-2009) itu mesinnya masih 1ZZ sama seperti Altis sebelumnya,jadi seperti masih peralihan. Ada 3 trim yaitu 1.8J, 1.8G, dan 1.8V. Tahun 2009 untuk tipe V jadi 2.0V dengan mesin 3ZR-FE (Dual VVT-i) tapi body masih prefacelift dan transimisi juga masih U341E.
Baru di 2010 ada facelift jadi Grand New Corolla Altis dimana semuanya pakai mesin ZR Dual VVT-i dan transmisi CVT yg membuatnya lebih irit dari pre-facelift.
untuk yg 1.8 mesinnya ganti pakai 2ZR-FE Dual VVT-i dengan transmisi CVT K311, sedangkan yg 2.0 tetap pakai 3ZR-FE Dual VVT-i tapi transmisinya ganti pakai CVT K111 (sama dengan transmisi Nav1). Mesin ZR ini masih dipakai sampai Altis yg sekarang. Untuk CVT Toyota relatif awet selama perawatan seperti ganti fluida berkala dan ga kasar2 bgt bawanya.
Tapi kalau lihat dari poin2 TS, kayanya lebih pas Vios sih om. Lebih irit, lebuh gesit, dan lebih mudah dirawat juga.
kalo liat reviu yutub altis tipe g sudah punya auto acnya om, secara fitur mirip² tapi ada beberapa lebih unggul di altis (wajar sih secara kelas aja di atasnya dan lebih mahal juga)

Pengalaman di Vios ini yg gantinya lumayan ya Radiator karena rembes, pakai Koyorad ga sampai sejuta. Terus alternator ganti dioda rectifier dan bearingnya sekitar 900ribuan dulu. sama ya penyegaran kaki2 paling, seperti bushing dan shockbreaker.
oiya sama bohlam HID sudah mati2, akhirnya saya ganti pakai LED yg lebih terang juga. Bohlam ini juga sama dengan di New Altis.
Untuk parts Vios Gen 2 ini secara harga relatif lebih mahal daripada yg Gen 3 ya, mungkin karena yg Gen2 ini jatuhnya mobil Global Market meskipun untuk market Indo tetap ada penyesuaian. Dan mesinnya kalau yg saya agak sensitif dengan BBM alias mudah ngelitik kalau pakai Premium/Pertalite sih.
Kalau Altis E140 prefacelift untuk mesin masih pakai ZZ dari generasi sebelumnya jadi parts sih harusnya mudah juga om. untuk parts lainnya yg saya tahu sih seperti Brake Pad depan itu sama dengan Sienta dan Nav1, brake pad belakang klo ga salah sama dengan Yaris/Vios Gen2.
Kalau saya jadi om sih coba cari di Marketplace keduanya, cari yg kondisinya paling bagus

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27663
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
800 cc susut dalam 5000 km mah itungan nya amat sangat wajar dan sehat itu, apalagi utk mesin 500an rebu km
apakabar enjin2 honda macam B,D, F bahkan K series, bahkan sekelas 1TR dual vvti aj kadang bsa susut lebi dari itu
btw antara 1NZ dan 1ZZ, ngomong reabilitas, 1NZ lebi terbukti seh, walaupun 2 2 nya kl ud masuk kelas odo tinggi yah sama aj
apakabar enjin2 honda macam B,D, F bahkan K series, bahkan sekelas 1TR dual vvti aj kadang bsa susut lebi dari itu
btw antara 1NZ dan 1ZZ, ngomong reabilitas, 1NZ lebi terbukti seh, walaupun 2 2 nya kl ud masuk kelas odo tinggi yah sama aj
numpang lewat aja....


-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Kalo ga salah om turbo pernah buat trit terkait solusi mesin yg rentan varnish dipakein hss stiction eliminator buat rontokin varnishnya, mungkin ini bisa jadi obat kalo belom terlalu parah tapi kalo udah sampe sludge obatnya ya turun mesinazu wrote: Mon Jun 09, 2025 8:48 Saya dulu piara Vios Gen 2 tapi manual sih om. So far sih bensin irit, perawatan mudah, sparepart juga melimpah karena dipakai taxi juga ya. Paling pastikan tidak ada varnish aja sih, di mobil saya dulu terlihat ada Varnish karena pas awal2 baru ganti olinya di Auto2000 tiap 10 ribu Km![]()
Pengalaman di Vios ini yg gantinya lumayan ya Radiator karena rembes, pakai Koyorad ga sampai sejuta. Terus alternator ganti dioda rectifier dan bearingnya sekitar 900ribuan dulu. sama ya penyegaran kaki2 paling, seperti bushing dan shockbreaker.
oiya sama bohlam HID sudah mati2, akhirnya saya ganti pakai LED yg lebih terang juga. Bohlam ini juga sama dengan di New Altis.
Untuk parts Vios Gen 2 ini secara harga relatif lebih mahal daripada yg Gen 3 ya, mungkin karena yg Gen2 ini jatuhnya mobil Global Market meskipun untuk market Indo tetap ada penyesuaian. Dan mesinnya kalau yg saya agak sensitif dengan BBM alias mudah ngelitik kalau pakai Premium/Pertalite sih.
Kalau Altis E140 prefacelift untuk mesin masih pakai ZZ dari generasi sebelumnya jadi parts sih harusnya mudah juga om. untuk parts lainnya yg saya tahu sih seperti Brake Pad depan itu sama dengan Sienta dan Nav1, brake pad belakang klo ga salah sama dengan Yaris/Vios Gen2.
Kalau saya jadi om sih coba cari di Marketplace keduanya, cari yg kondisinya paling bagus![]()
Engine mounting sudah sempet ganti kah om?
Susutnya keliatan dari dipstik oli mesin pas ganti oli rutin saya minta di fullkan di batas atas, pas di km 2500an oli sudah sisa 1/6 dari batas bawah dan saya topup lagi 800ml sampe ke km 5000 dan susut juga, kalo ditotal mungkin pemakaian 5000km susutnya bisa 1 liter padahal oli sudah pake 10w-40, sm montir langganan yg dulunya eks mekanik burung biru sejak armadanya soluna sampai limo gen 3, solusi temporernya pakein oli prima xp 20w-50DOHC wrote: Mon Jun 09, 2025 9:25 800 cc susut dalam 5000 km mah itungan nya amat sangat wajar dan sehat itu, apalagi utk mesin 500an rebu km
apakabar enjin2 honda macam B,D, F bahkan K series, bahkan sekelas 1TR dual vvti aj kadang bsa susut lebi dari itu
btw antara 1NZ dan 1ZZ, ngomong reabilitas, 1NZ lebi terbukti seh, walaupun 2 2 nya kl ud masuk kelas odo tinggi yah sama aj

1TR vampir oli juga kah om kalo odo tinggi?
Wah kalo honda ane no comment deh om, walaupun kemarin pas liat² kandidat sempet masukin juga city vtec gd8 krn lumayan kembaliannya dibanding vios, tp krn fitur lebih minim dari vios gen 2 dan bentukan desainnya jadi kurang minat

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1127
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Selama saya pegang (2017-2023/130an ribu Km-180an ribu Km) sih ga ganti engine mounting om. Saya lupa sebelumnya waktu masih dirawat om saya (owner sebelumnya) ada ganti itu mounting atau ngga ya.ilhamr wrote: Mon Jun 09, 2025 12:54Kalo ga salah om turbo pernah buat trit terkait solusi mesin yg rentan varnish dipakein hss stiction eliminator buat rontokin varnishnya, mungkin ini bisa jadi obat kalo belom terlalu parah tapi kalo udah sampe sludge obatnya ya turun mesinazu wrote: Mon Jun 09, 2025 8:48 Saya dulu piara Vios Gen 2 tapi manual sih om. So far sih bensin irit, perawatan mudah, sparepart juga melimpah karena dipakai taxi juga ya. Paling pastikan tidak ada varnish aja sih, di mobil saya dulu terlihat ada Varnish karena pas awal2 baru ganti olinya di Auto2000 tiap 10 ribu Km![]()
Pengalaman di Vios ini yg gantinya lumayan ya Radiator karena rembes, pakai Koyorad ga sampai sejuta. Terus alternator ganti dioda rectifier dan bearingnya sekitar 900ribuan dulu. sama ya penyegaran kaki2 paling, seperti bushing dan shockbreaker.
oiya sama bohlam HID sudah mati2, akhirnya saya ganti pakai LED yg lebih terang juga. Bohlam ini juga sama dengan di New Altis.
Untuk parts Vios Gen 2 ini secara harga relatif lebih mahal daripada yg Gen 3 ya, mungkin karena yg Gen2 ini jatuhnya mobil Global Market meskipun untuk market Indo tetap ada penyesuaian. Dan mesinnya kalau yg saya agak sensitif dengan BBM alias mudah ngelitik kalau pakai Premium/Pertalite sih.
Kalau Altis E140 prefacelift untuk mesin masih pakai ZZ dari generasi sebelumnya jadi parts sih harusnya mudah juga om. untuk parts lainnya yg saya tahu sih seperti Brake Pad depan itu sama dengan Sienta dan Nav1, brake pad belakang klo ga salah sama dengan Yaris/Vios Gen2.
Kalau saya jadi om sih coba cari di Marketplace keduanya, cari yg kondisinya paling bagus![]()
Engine mounting sudah sempet ganti kah om?
Susutnya keliatan dari dipstik oli mesin pas ganti oli rutin saya minta di fullkan di batas atas, pas di km 2500an oli sudah sisa 1/6 dari batas bawah dan saya topup lagi 800ml sampe ke km 5000 dan susut juga, kalo ditotal mungkin pemakaian 5000km susutnya bisa 1 liter padahal oli sudah pake 10w-40, sm montir langganan yg dulunya eks mekanik burung biru sejak armadanya soluna sampai limo gen 3, solusi temporernya pakein oli prima xp 20w-50DOHC wrote: Mon Jun 09, 2025 9:25 800 cc susut dalam 5000 km mah itungan nya amat sangat wajar dan sehat itu, apalagi utk mesin 500an rebu km
apakabar enjin2 honda macam B,D, F bahkan K series, bahkan sekelas 1TR dual vvti aj kadang bsa susut lebi dari itu
btw antara 1NZ dan 1ZZ, ngomong reabilitas, 1NZ lebi terbukti seh, walaupun 2 2 nya kl ud masuk kelas odo tinggi yah sama ajtapi jadi agak lemot ga se gesit pas pake 5w-30
1TR vampir oli juga kah om kalo odo tinggi?
Wah kalo honda ane no comment deh om, walaupun kemarin pas liat² kandidat sempet masukin juga city vtec gd8 krn lumayan kembaliannya dibanding vios, tp krn fitur lebih minim dari vios gen 2 dan bentukan desainnya jadi kurang minat![]()
Saya coba pakai oli diesel, trs coba jg pakai flushing oil dan terakhir iseng coba pakai liqui moly sludge flush. Kalau lihat dari lubang pengisian oli sih ga ngaruh ya om

Akhirnya sih waktu akhir2 pakai oli 5W-30 termurah (terakhir pakai Petronas 3000XS), paling setiap 2000-3000Km top up 200ml, ganti setiap 5.000Km.
Tapi kalau baca tentang mesin ZZ ini di sini: https://toyota-club.net/files/faq/04-01 ... fe_eng.htm
Sama seperti mesin Toyota seangkatannya (seri NZ dan AZ), permasalahannya ya konsumsi oli yg berlebih terutama di Km tinggi, secara posisi dia tidak sebaik mesin seri NZ tapi masih lebih baik dari mesin seri AZ.Summary
So what is the result? Toyota created the modern, sufficiently powerful and economic engine... But the story of oil consumption was so loud, that made tainted reputation of all new series. It is good, that "planned" oil burn at least not immobilize the car, so in the canonical triple of Toyota's engines ZZ are at intermediate position - between the successful NZ and more unsuccessful AZ.
The struggle between manufacturability and reliability ended not in favor of the consumer. And it's unfortunate that no more alternative for new generation engines...
Solusi paling mudah ya rutin cek oli dan top up aja saat oli sudah berkurang

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4967
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
tergantung kebutuhan. kalo cari kenyamanan sm ga masalah sm bantingan suspensi vote altis, tp kalo cari durability & konsumsi bbm jd concern pilih vios. yg penting cb cek kondisi maupun td keduanya aja, cari yg kondisinya terbaik & minim PR heheilhamr wrote: Sun Jun 08, 2025 9:04 Mohon izin bertanya dan masukannya suhu²,
Mohon pertimbangannya dari suhu dan yang masih piara atau pernah piara 2 mobil ini, kebetulan lagi bimbang meminang Vios gen 2 tipe g matic tahun 2011-2012 atau Corolla Altis tipe G matic tahun 2008-2009 dengan pertimbangan:
1. Keiiritan bahan bakar untuk penggunaan dalkot jakarta (jakbar-jakpus)
2. Ketersediaan dan kemudahan pembelian spareparts untuk 5 s.d. 10 tahun kedepan terutama slowmoving sparepart
3. Ketahanan kaki² mobil untuk jalanan jkt dan seputaran jawa (kebetulan agak sruntulan kalo ada poldur suka ga di rem)
4. Kemudahan manuverabilitas masuk² jalan sempit dan putbal untuk kemudahan pilih rute kalo lagi macet parah
4. Perawatan khusus untuk di keep 5 tahun mendatang
5. Fitur² bawaan yg masih lumayan pada tahun 2025 (ini alasannya masukin altis jadi kandidat)
Kebetulan sebelumnya pernah diminta pelihara vios mantan gen 3 odo terima udah 540rban pakai hingga odo 560rb-an, hampir 2 tahun udah meremajakan mulai dari sistem pendinginan (ganti radiator dan pakai coolant), engine mounting set, ganti kampas kopling, part kaki², elektrikal pw dan central lock dan magnet clutch ac. namun hingga dikembalikan ke owner masih ada pr bawaan yaitu mesin harus turun setengah krn oli susut 800ml per 5000km (tidak ada asap putih dari exhaust) tidak dieksekusi krn menkeu ga setuju sebab biayanya lumayan (cost premajaan sebelumnya udah lumayan banyak dari kita).
Mohon pendapat dan pengalamannya suhu², terima kasih.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Mon May 27, 2019 13:07
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Kalau saya sampai sekarang di rumah masih ada Altis generasi sebelumnya (E120). Kebetulan waktu itu nyari bemper depan ga nemu, kalau ada yang punya info boleh PM ya.
Nyari radiator ke bengkel resmi harus pesen tapi mereka ga berani jamin ada stoknya, yang aftermarket nemunya cuma merk Trivindo, Runner, sama Koyorad; merk Denso udah ga ada (Koyorad pernah beli tapi ga lama pake udah rembes lagi, akhirnya radiator aslinya aja diservis). Jadi kalau E140 ketersediaan sparepartnya mirip dengan E120 sih saya ga rekomen ya, untuk Viosnya no comment ya karena ga pernah punya.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2092
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Kalau altisnya udh yang facelift atau E170 dengan mesin 2ZR, itu mesin iritnya beti2 dibanding Vios 1NZ loh wkwkwk
Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Iya si om mobil udah di atas 15 tahun ya harap maklum perlu extra care, opsinya rutin kontrol oli mesin atau refreshment mesin dengan ganti seluruh seal dan packing²nyaazu wrote: Mon Jun 09, 2025 14:41 Selama saya pegang (2017-2023/130an ribu Km-180an ribu Km) sih ga ganti engine mounting om. Saya lupa sebelumnya waktu masih dirawat om saya (owner sebelumnya) ada ganti itu mounting atau ngga ya.
Saya coba pakai oli diesel, trs coba jg pakai flushing oil dan terakhir iseng coba pakai liqui moly sludge flush. Kalau lihat dari lubang pengisian oli sih ga ngaruh ya om
Akhirnya sih waktu akhir2 pakai oli 5W-30 termurah (terakhir pakai Petronas 3000XS), paling setiap 2000-3000Km top up 200ml, ganti setiap 5.000Km.
Tapi kalau baca tentang mesin ZZ ini di sini: https://toyota-club.net/files/faq/04-01 ... fe_eng.htm
Sama seperti mesin Toyota seangkatannya (seri NZ dan AZ), permasalahannya ya konsumsi oli yg berlebih terutama di Km tinggi, secara posisi dia tidak sebaik mesin seri NZ tapi masih lebih baik dari mesin seri AZ.Summary
So what is the result? Toyota created the modern, sufficiently powerful and economic engine... But the story of oil consumption was so loud, that made tainted reputation of all new series. It is good, that "planned" oil burn at least not immobilize the car, so in the canonical triple of Toyota's engines ZZ are at intermediate position - between the successful NZ and more unsuccessful AZ.
The struggle between manufacturability and reliability ended not in favor of the consumer. And it's unfortunate that no more alternative for new generation engines...
Solusi paling mudah ya rutin cek oli dan top up aja saat oli sudah berkurang![]()
Setelah saya baca 1NZ sedikit lebih baik keandalannya dibanding ZZ, dan 1nz di indo masih di produksi sampai tahun 2015-an dan populasinya jauh lebih banyak
Iya om kita maksimalkan cari unit yg kondisinya minim pr, agak tinggi dari pasaran masih oke supaya lebih tenang kedepannya, berdasarkan pengalaman om hunting 2nd hand cars mencari unit tahun tinggi tapi ownernya keep semua nota servis dan ada track record servisnya sepertinya satu poin plus ya ditengah maraknya mundurin odo pada mobil bekas, karena saya lihat banyak iklan di o*x tidak state terkait ini bahkan ada yang terang²an menyebut buku panduan dan buku servis hilang,Pboyz97 wrote: Mon Jun 09, 2025 14:51tergantung kebutuhan. kalo cari kenyamanan sm ga masalah sm bantingan suspensi vote altis, tp kalo cari durability & konsumsi bbm jd concern pilih vios. yg penting cb cek kondisi maupun td keduanya aja, cari yg kondisinya terbaik & minim PR heheilhamr wrote: Sun Jun 08, 2025 9:04 Mohon izin bertanya dan masukannya suhu²,
Mohon pertimbangannya dari suhu dan yang masih piara atau pernah piara 2 mobil ini, kebetulan lagi bimbang meminang Vios gen 2 tipe g matic tahun 2011-2012 atau Corolla Altis tipe G matic tahun 2008-2009 dengan pertimbangan:
1. Keiiritan bahan bakar untuk penggunaan dalkot jakarta (jakbar-jakpus)
2. Ketersediaan dan kemudahan pembelian spareparts untuk 5 s.d. 10 tahun kedepan terutama slowmoving sparepart
3. Ketahanan kaki² mobil untuk jalanan jkt dan seputaran jawa (kebetulan agak sruntulan kalo ada poldur suka ga di rem)
4. Kemudahan manuverabilitas masuk² jalan sempit dan putbal untuk kemudahan pilih rute kalo lagi macet parah
4. Perawatan khusus untuk di keep 5 tahun mendatang
5. Fitur² bawaan yg masih lumayan pada tahun 2025 (ini alasannya masukin altis jadi kandidat)
Kebetulan sebelumnya pernah diminta pelihara vios mantan gen 3 odo terima udah 540rban pakai hingga odo 560rb-an, hampir 2 tahun udah meremajakan mulai dari sistem pendinginan (ganti radiator dan pakai coolant), engine mounting set, ganti kampas kopling, part kaki², elektrikal pw dan central lock dan magnet clutch ac. namun hingga dikembalikan ke owner masih ada pr bawaan yaitu mesin harus turun setengah krn oli susut 800ml per 5000km (tidak ada asap putih dari exhaust) tidak dieksekusi krn menkeu ga setuju sebab biayanya lumayan (cost premajaan sebelumnya udah lumayan banyak dari kita).
Mohon pendapat dan pengalamannya suhu², terima kasih.
adakah tips and trick cari unit pada mobil yg bisa dibilang kuda perang supaya ga ketipu sm bungkusan penampilan yg bisa dipoles/diganti
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Tapi harga pasarannya masih tinggi untuk unit altis gen 10.5 (facelift), udah gitu sudah pakai trans cvtalvin23 wrote: Tue Jun 10, 2025 3:56 Kalau altisnya udh yang facelift atau E170 dengan mesin 2ZR, itu mesin iritnya beti2 dibanding Vios 1NZ loh wkwkwk

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed May 30, 2018 4:49
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: B100RS
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Ijin kasih masukan om, saya juga baru pake Altis gen 10 yg facelift mesin 2ZR-FE dari september 2024 kemarin, dapet dilema yang sama juga dengan om nya pilihannya cuma saya ketambahan City GM6, cuma akhirnya dapet mempertimbangkan dengan kondisi keadaan mobil di market dengan budget yang ada akhirnya jatuh ke Altis G 2010 facelift.ilhamr wrote: Tue Jun 10, 2025 5:14 Tapi harga pasarannya masih tinggi untuk unit altis gen 10.5 (facelift), udah gitu sudah pakai trans cvt![]()
Saya juga awal gak menjatuhkan kandidat ke yang model facelift karena takut koil dari mesin 2ZR dan CVT nya, cuma karena saya liat review review termasuk punya om hillsat, saya berani ambil yang facelift karena :
- 2ZR-FE ini punya life span yang lama dari 2010-current masih dipakai di altis / corcross non hybrid, so untuk reliability dan ketersediaan parts seharusnya aman
- CVT toyota sepertinya lebih minim issue dibanding CVT lain bahkan DCVT nya daihatsu
- Model prefacelift yang saya incer waktu itu harus yang tipe 1.8 V (1ZZ-FE dan Matic Conventional) tapi full features, tapi susah nyari unit yang seger, sekalinya ada yang seger harganya ngalahin 2.0 V facelift

- Pajak nya surprisingly dibawah 3 juta untuk unit saya punya bahkan lebih murah dari City GM6 di tahun yang sama
Semoga membantu om
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
wah nice insight bagian yg saya bold om, saya baru tahu ternyata 2ZR masih di produksi sampai sekarang sehingga sparepart mesin sudah no issue,densept wrote: Tue Jun 10, 2025 6:39
Ijin kasih masukan om, saya juga baru pake Altis gen 10 yg facelift mesin 2ZR-FE dari september 2024 kemarin, dapet dilema yang sama juga dengan om nya pilihannya cuma saya ketambahan City GM6, cuma akhirnya dapet mempertimbangkan dengan kondisi keadaan mobil di market dengan budget yang ada akhirnya jatuh ke Altis G 2010 facelift.
Saya juga awal gak menjatuhkan kandidat ke yang model facelift karena takut koil dari mesin 2ZR dan CVT nya, cuma karena saya liat review review termasuk punya om hillsat, saya berani ambil yang facelift karena :
- 2ZR-FE ini punya life span yang lama dari 2010-current masih dipakai di altis / corcross non hybrid, so untuk reliability dan ketersediaan parts seharusnya aman
- CVT toyota sepertinya lebih minim issue dibanding CVT lain bahkan DCVT nya daihatsu
- Model prefacelift yang saya incer waktu itu harus yang tipe 1.8 V (1ZZ-FE dan Matic Conventional) tapi full features, tapi susah nyari unit yang seger, sekalinya ada yang seger harganya ngalahin 2.0 V facelift![]()
- Pajak nya surprisingly dibawah 3 juta untuk unit saya punya bahkan lebih murah dari City GM6 di tahun yang sama
Semoga membantu om
wah ga salah om pajaknya ga sampe 3 juta? saya coba simulasiin Altis 1.8 G AT pake aplikasi pajak di google untuk wilayah jakarta dengan NJKB 108jt
total 3.8 pajaknya
wah beneran om? soalnya hasil2 searching dan chat gpt fuel consnya vios 1nz vs altis 1zz untuk dalkot jakarta selisih 1-2 km/l lebih boros di altisnyaalvin23 wrote: Tue Jun 10, 2025 3:56 Kalau altisnya udh yang facelift atau E170 dengan mesin 2ZR, itu mesin iritnya beti2 dibanding Vios 1NZ loh wkwkwk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11936
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
ilhamr wrote: Sun Jun 08, 2025 9:04 Mohon izin bertanya dan masukannya suhu²,
Mohon pertimbangannya dari suhu dan yang masih piara atau pernah piara 2 mobil ini, kebetulan lagi bimbang meminang Vios gen 2 tipe g matic tahun 2011-2012 atau Corolla Altis tipe G matic tahun 2008-2009 dengan pertimbangan:
3. Ketahanan kaki² mobil untuk jalanan jkt dan seputaran jawa (kebetulan agak sruntulan kalo ada poldur suka ga di rem)
ini bagian paling saya suka....

kalo sudah sampe saatnya penggantian part(s), anda pilih rekondisi ke spesialis kaki² atau ganti baru?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Hehehe berdasarkan pengalaman miara mantan, cari spesialis dan saya ganti baru om, ya agak mahal tapi ngga bolak balik kerjain bagian yg sama, yg pasti cari² info dulu kualitas oem/aftermarketnyamarmut wrote: Tue Jun 10, 2025 14:37
ini bagian paling saya suka....![]()
kalo sudah sampe saatnya penggantian part(s), anda pilih rekondisi ke spesialis kaki² atau ganti baru?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1127
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Fuel Consumption 2ZR di altis dapet berapa om?densept wrote: Tue Jun 10, 2025 6:39Ijin kasih masukan om, saya juga baru pake Altis gen 10 yg facelift mesin 2ZR-FE dari september 2024 kemarin, dapet dilema yang sama juga dengan om nya pilihannya cuma saya ketambahan City GM6, cuma akhirnya dapet mempertimbangkan dengan kondisi keadaan mobil di market dengan budget yang ada akhirnya jatuh ke Altis G 2010 facelift.ilhamr wrote: Tue Jun 10, 2025 5:14 Tapi harga pasarannya masih tinggi untuk unit altis gen 10.5 (facelift), udah gitu sudah pakai trans cvt![]()
Saya juga awal gak menjatuhkan kandidat ke yang model facelift karena takut koil dari mesin 2ZR dan CVT nya, cuma karena saya liat review review termasuk punya om hillsat, saya berani ambil yang facelift karena :
- 2ZR-FE ini punya life span yang lama dari 2010-current masih dipakai di altis / corcross non hybrid, so untuk reliability dan ketersediaan parts seharusnya aman
- CVT toyota sepertinya lebih minim issue dibanding CVT lain bahkan DCVT nya daihatsu
- Model prefacelift yang saya incer waktu itu harus yang tipe 1.8 V (1ZZ-FE dan Matic Conventional) tapi full features, tapi susah nyari unit yang seger, sekalinya ada yang seger harganya ngalahin 2.0 V facelift![]()
- Pajak nya surprisingly dibawah 3 juta untuk unit saya punya bahkan lebih murah dari City GM6 di tahun yang sama
Semoga membantu om
Di Nav1 sih dengan 3ZR-FAE 2.0 kalau dalkot macet parah di 1:7an, dalkot yg normal di 1:8.5, kombinasi 1:9.5, luar kota tol di 1:12. Di Altis harusnya sih lebih irit ya, kayanya dalkot dapat di 1:9-1:10an
Yes 2ZR ini lifespannya masih berlanjut terus sampaj Altis sekarang. Untuk part mesinnya banyak yg interchabgeable juga dengan keluarga ZR lain seperti 3ZR-FE di Altis ataupun 3ZR-FAE di Nav1 dan Voxy R80.
Kalau di Altis Gen 10, persamaan komponen mesin ada di koil dengan Nav1/Voxy, water pump dengan Nav1, paking cover klep utk keluarga ZR sama semua, busi sama dengan mesin NR punya Avanza. Untuk CVT seingat saya ada perbedaan dengan Gen 11, tapi CVT Toyota relatif minim issue juga.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2092
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Pengalamanku yang 2ZR udh dual vvti, kalau 1 ZZ sama 1 NZ jelas iritan 1NZ, kan masih segenerasi itu mesin.ilhamr wrote: Tue Jun 10, 2025 12:51wah beneran om? soalnya hasil2 searching dan chat gpt fuel consnya vios 1nz vs altis 1zz untuk dalkot jakarta selisih 1-2 km/l lebih boros di altisnyaalvin23 wrote: Tue Jun 10, 2025 3:56 Kalau altisnya udh yang facelift atau E170 dengan mesin 2ZR, itu mesin iritnya beti2 dibanding Vios 1NZ loh wkwkwk
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Sun Apr 05, 2020 10:14
- Location: South Tangerang
- Daily Vehicle: Proton Exora
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Kalo pilihannya diantara 2 itu,vios menang di semua poin