resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by sucahyo »

Awalnya sempat ragu apakah benar voltage stabilizer bisa nambah tenaga, karena berpikir paling isinya kapasitor, tapi setelah membaca klaim bahwa penambahan tenaga akan lebih terasa saat kendaraan jalan di tol atau rpm tinggi, baru ngeh bahwa itu sangat memungkinkan terjadi. Kalau pengisian arus ke aki dihentikan pada kondisi tersebut maka jelas voltase akan meningkat karena arus jadi berlebihan. Dengan voltase yang meningkat maka semua komponen performanya akan meningkat. AC lebih dingin, lampu lebih terang, tekanan fuel pump meningkat, semprotan bensin makin kencang, voltase coil meningkat, bunga api makin besar, lampu dashboard makin terang, dst.

Yang jadi persoalan, apakah komponen tersebut dirancang untuk perlakuan seperti itu? Kebanyakan komponen punya batas normal limit operasional. Kalau dipaksakan maka resikonya komponen jadi lebih panas, lebih cepat aus, lebih gampang mati, dan bisa rusak. batok lampu yang dirancang hanya untuk lampu dengan operasi normal bisa jadi akan leleh bila voltase / arus ke lampu dinaikkan. Memang iya lebih terang, tapi kalau dinaikkan diatas ambang normal yang umur makin pendek.

Contoh lain adalah bila bunga api lebih besar yang entah karena voltase ditinggikan pakai voltage stabilizer ataupun hambatan ground dikurangi. Bunga api besar memang bikin tenaga nambah, namun itu juga memaksa ECU mengalirkan arus lebih besar yang efeknya bikin ECU lebih panas. Kalau panasnya berlebihan maka umur ECU bisa berkurang, bisa membuat ECU bekerja tidak normal atau keluar error, atau lebih parah lagi rusak.

Memang benar aki lebih awet bila charging dihentikan saat aki penuh, namun komponen jadi lebih tidak awet. Tinggal pilih mau lebih eman / sayang sama aki atau sama komponen lainnya.

Kalau motor dijalankan tanpa aki, memang performa meningkat, lampu jauh lebih terang, dst. Tapi bila dijalankan di kecepatan tinggi atau rpm tinggi maka lampu lampu akan pada mati semua termasuk yang di dashboard. Bahkan ada juga yang mengalami CDI / kiprok rusak. Itu juga mungkin alasan mengapa motor injeksi nggak akan bisa dinyalakan pakai starter kaki kalau akinya soak. Bisa jebol ECUnya kalau dipaksa jalan dengan aki soak.


Bila suatu voltage stabilizer membuat voltase mobil naik maka klaim bahwa tenaga nambah, lampu lebih terang, audio lebih keras, ac lebih dingin adalah klaim yang masuk akal. Tapi masalahnya komponen mobil tidak dirancang untuk jalan di voltase selain yang didesain oleh pabrik. Mungkin memang benar aki lebih awet, tapi resikonya umur komponen kelistrikan jadi nggak awet. Jadi WAJAR bila garansi hangus kalau pakai alat macam begituan, karena makainya sudah nggak bener.

Jadi, sebaiknya bila menyarankan orang lain pakai voltage stabilizer dan grounding cable juga ikut menyebutkan resikonya. Tapi kalau pengalaman bertahun tahun pakai voltage stabilizer atau grounding cable nggak pernah ganti lampu, nggak pernah ganti kompressor AC, nggak pernah ganti ECU, Walau beneran tenaga terasa nambah atau lampu jauh lebih terang maka silahkan share.

Kalau ada voltage stabilizer atau cable grounding yang bisa nambah tenaga tanpa menaikkan arus/voltase yang lewat ke komponen, jempol deh, peace, salam free energy.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by ak4ng »

Nice share om :cupss: :off_good_job:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by alvin23 »

less controversial topic hehe...

tapi iya lho, kabel grounding kalo masangnya asal/ga bener, bisa ngerusak komponen elektrik, saya lupa di forum mana, ada yg kena ecu CMIIW
Rocky R ADS CVT 2021
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by DOHC »

secara teori... kl yg namanya volt stabilizer, yahh dia hanya bertugas menstabilkan... ga menaikan... (prinsipnya)...

kl ampe ad alat yg blg volt stabilizer tp praktek nya naekin listrik (walaupun sdikit), nah ini namanya ud bukan stabilizer lg, tp trafo step up...

tp setau ane, smua prangkat klistrikan mobil dilindungi sekring (fuse), jd kl dapet kenaikan arus listrik yg lebi tinggi, otomatis ntuh fuse cut off, sblom ntuh arus listrik lebi tinggi masuk ke prangkat... kl ampe mendadak lampu lebi terang, ac mendadak lebi kenceng, jangan2 kabel nya ud kena bypass kl tuh...

all in all, kl mnurut ane, stabilizer, ground cable gini berguna kl emg mobil nya ud d atas beberapa taon, dmana hambatan kabel tembaga nya ud tinggi... atau kl yg dirasa kabel2 grounding dr pabrikan kelewat dikit...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by ecoy »

@om DOHC ground cable itu buat apa ya?klo colokon lighter d mobil bolak balik putus sekringnya itu kenapa ya (pdhal sdh d gnt dgn ampere yg sama)?

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by FRD »

gini dong om kalo bikin trid, lebih bermutu isinya :big_deal:
:big_smoking:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by Turboman »

Voltage stabilizer dan GC nggak menambah tenaga mesin

GC utk mobil yg lokasi ECU jauh dr mesin utk mengurangi lag akibat mekanisme TBW (kalo ECU deket mesin gak perlu pasang GC)

Kalo VS mah barang nggak guna

Mengenai umur komponen kelistrikan jadi pendek : ini semua terkait kpd regulator di alternator, selama tegangan gak lewat 14,3 V sih aman, kecuali regulator dah ngaco dan tegangan melejit di atas 15 V yah amsiong dah.....ha ha haa (dah permah ngalamin di alternator ToKiDies dulu)

Kalo GC sih gak ada resiko sama sekali, lha seluruh body dan chassis mobil kan merupakan jalur ground......tapi buruk

Dgn tambahan kabel ground ya kita bikin sistem ground yg sebenarnya

Sistem GC gak ada resiko sama sekali......asal jangan terkonek ke kepala aki + / terhubung ke terminal + di soket.....kalo itu mah konyol namanya.....ha ha ha
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by setsuka09 »

Sy pernah pakai itu di awal taun kemaren, coba punya temen kntr yg di avanza dia cabut pasang ke mobil sy, dipakai skitar 2 mingguan.

Dr pengalaman itu rasanya ga efek banyak sih, audio normal2 aja lampu jg ga jd lbh terang - sy pakai HID provision H4 6500k.

Nambah tarikan ? Rasanya ga jg, akhirnya sy cabut krn emang awalnya ga da minat pasang tuh alat.

Sempet kepikir jg apa mungkin efek nya blm terasa di durasi 2 minggu tsb, atau hrs sebulan cobanya?


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by b8099ok »

Ecu mobil jaman skr uda ada yg dilengkapi voltage protection. Tp klo belum, jgn main² deh,... Bisa jd casing ecunya membengkak segede modgaton,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by DOHC »

ecoy wrote:@om DOHC ground cable itu buat apa ya?klo colokon lighter d mobil bolak balik putus sekringnya itu kenapa ya (pdhal sdh d gnt dgn ampere yg sama)?

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
buat jalur negatif listrik om... tiap prangkat listrik kan perlu arus + dan -

nambah ground cable biar lancar aj aliran arus nya...

kl lighter putus fuse mulu, coba di buka, siapa tau ad korslet... atau coba di liat, sekring lighter di tandem ama klistrikan bagian mana... siapa tau di bagian lain nya tsb ad yg korslet
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by VanzMatic »

Voltage stabilizer kalo asal bikin ya memang ngga usah dipakai. Tapi kalo jeroannya ngga abal abal, ngaruh kok. Hanya sayang kantong saya ngga mau dirogoh dalam dalam. Sudah nyobain.. pengen sih... nabung dulu aja deh gw.. daripada bini nyap nyapan...

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by ecoy »

Thanks om.


Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by kenop »

kalo di mobil baru rasa nya sama aja, kyk ngga ada efek nya pake extra ground cable
tapi katanya kan buat awet komponen listrik dan jalur ground yg lebih bagus, krn emang setelah di liat2 kecil2 bgt kabel yg dari sana nya dan cm ada bbrp titik aja, jadi ya pasang aja

efek yg paling ane rasain adalah, engine bay jd cakepan dikit krn banyak kabel warna warni sliweran :wkkk:
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by liep »

Saya nambah gc di prit...sdh 2minggu ini ane rasain klo nyetir ato istri pas nyetir..ngefek kok..jd berkurang jeda nya..lbih responsif bkn nambah tenaga.pijakan gas jd lebih kenyal...enak. klo vs blm coba tp fungsinya kurangi spike krn terdiri dr beberapa rangkaian capasitor berbeda farad. Saya malah maubnyoba diy buat capasitor bank ntar klo ad wkt. Mnurut saya gc murni yg terdiri dr kabel saja ga ngrusak krn konsepnya hanya memeprpendek jarak saja.
Turboman wrote:Voltage stabilizer dan GC nggak menambah tenaga mesin

GC utk mobil yg lokasi ECU jauh dr mesin utk mengurangi lag akibat mekanisme TBW (kalo ECU deket mesin gak perlu pasang GC)

Kalo VS mah barang nggak guna

Mengenai umur komponen kelistrikan jadi pendek : ini semua terkait kpd regulator di alternator, selama tegangan gak lewat 14,3 V sih aman, kecuali regulator dah ngaco dan tegangan melejit di atas 15 V yah amsiong dah.....ha ha haa (dah permah ngalamin di alternator ToKiDies dulu)

Kalo GC sih gak ada resiko sama sekali, lha seluruh body dan chassis mobil kan merupakan jalur ground......tapi buruk

Dgn tambahan kabel ground ya kita bikin sistem ground yg sebenarnya

Sistem GC gak ada resiko sama sekali......asal jangan terkonek ke kepala aki + / terhubung ke terminal + di soket.....kalo itu mah konyol namanya.....ha ha ha
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by elraedrew »

Turboman wrote:
Kalo VS mah barang nggak guna
Pernah liad ipah dengan vs distater nyala, vs nya dicabut distater ga nyala, aki ga kuat..

Lebih setuju dengan om dohc cocok utk mobil yg sedikit berumur
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by vipere »

Kalo GC ada gunanya gitu , kenapa ya pabrikan mobil gak masang dari sananya gc ?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by nugroho bagor »

Jangankan ground cable saya pasang juga super gc nah lho
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by kenop »

vipere wrote:Kalo GC ada gunanya gitu , kenapa ya pabrikan mobil gak masang dari sananya gc ?
dari pabrikan ada kok,, cm titik nya sedikit dan kabel nya tipis
biasa lah,, efisiensi biaya kan kl pabrikan..
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by liep »

nugroho bagor wrote:Jangankan ground cable saya pasang juga super gc nah lho
Super gc ini bedanya ap om dg regular gc?
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by sucahyo »

Beberapa VS dipasang antara alternator dan aki. Kabel dari alternator masuk ke alatnya baru ke aki. Alat yang begini mestinya bisa mengontrol voltase / menggantikan fungsi regulator. Voltase bisa diubah semaunya.

Kemampuan regulator juga ada batasnya, kelebihan listrik tidak bisa langsung hilang, harus dipakai. Kalau ada aki, maka kelebihan listrik bisa dibuang ke aki. Walau overcharging paling tidak memang sudah didesain tahan di overcharging.

Capacitor bank memang bisa membantu aki soak atau aki kapasitas kecil, terutama untuk mengalirkan arus lebih besar. Harus diingat bahwa capacitor bank juga bisa soak, efek kalau soak lebih parah soalnya bisa jadi ngeshort. Kalau lampu hemat energi meletus biasanya sumber letusannya kapasitor.

Seburuk apapun hambatan dari bodi atau mesin, komponen kelistrikan di desain perhitungannya pakai hambatan yang buruk tersebut. Bila kita pakai kabel bagus, maka komponen kelistrikan jadi bekerja diluar perhitungan / diluar desain.

Charging pakai arus stabil itu justru cara charging paling parah.
http://www.mpoweruk.com/chargers.htm

Quote dari salah satu voltage stabilize:
[cencored] terhubung langsung dengan alternator sebagai penyuplai arus. Oleh karena alternator berputar mengikuti putaran mesin maka [cencored] secara otomatis mendapatkan pasokan arus secara terus-menerus sesuai dengan putaran mesin. Hasilnya adalah tenaga yang besar pada setiap RPM, RPM bawah sampai atas.
Arus lebih banyak ke komponen, kalau hambatan masih sama = voltase harus naik.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by kunaskun »

sucahyo wrote:Beberapa VS dipasang antara alternator dan aki. Kabel dari alternator masuk ke alatnya baru ke aki. Alat yang begini mestinya bisa mengontrol voltase / menggantikan fungsi regulator. Voltase bisa diubah semaunya.
ini namanya jadi VR dong, volt regulator. VS ya voltage stabilizer. dan output alternator itu palingan 15v itu aja kayanya sudah overload. mau ngerusak sejauh apa? kompoenen mobil itu pasti design bisa diatas itu masih bekerja sebelum jebol kalaupun ga pasti ada proteksi untuk trip.

Kemampuan regulator juga ada batasnya, kelebihan listrik tidak bisa langsung hilang, harus dipakai. Kalau ada aki, maka kelebihan listrik bisa dibuang ke aki. Walau overcharging paling tidak memang sudah didesain tahan di overcharging.

Capacitor bank memang bisa membantu aki soak atau aki kapasitas kecil, terutama untuk mengalirkan arus lebih besar. Harus diingat bahwa capacitor bank juga bisa soak, efek kalau soak lebih parah soalnya bisa jadi ngeshort. Kalau lampu hemat energi meletus biasanya sumber letusannya kapasitor.
kapasitor ya aki tapi lightning fast charge n discharge, dan super deep cycle pula. kalau soak? paling kembung, bocor, tapi ga pernah denger sampe short kecuali ya itu pake super murah kualitasnya, untuk mobil? Saya yakin gradenya yang bagus bukan murmer kaya di LHE murahan, LHE murah ga heran bisa meletus kalau LHE sekelas Philips ga pernah kejadian meletus, bisa putus langsung.
Seburuk apapun hambatan dari bodi atau mesin, komponen kelistrikan di desain perhitungannya pakai hambatan yang buruk tersebut. Bila kita pakai kabel bagus, maka komponen kelistrikan jadi bekerja diluar perhitungan / diluar desain.
iya diluar design pabrikan yang pas2an dan pake yang serba cost efficient.
Charging pakai arus stabil itu justru cara charging paling parah.
http://www.mpoweruk.com/chargers.htm

Quote dari salah satu voltage stabilize:
[cencored] terhubung langsung dengan alternator sebagai penyuplai arus. Oleh karena alternator berputar mengikuti putaran mesin maka [cencored] secara otomatis mendapatkan pasokan arus secara terus-menerus sesuai dengan putaran mesin. Hasilnya adalah tenaga yang besar pada setiap RPM, RPM bawah sampai atas.
Arus lebih banyak ke komponen, kalau hambatan masih sama = voltase harus naik.
ini VS apaan kaya gini? VS mana ada ginian. VS itu isinya emang cuma capacitor, karena capacitor itu cuma batere, dan kenapa bisa dijadiin stabilizer? karena ya fast charge fast discharge, ketika ada gejala kurang arus maka otomatis kana melepas muatan di dalamnya, makanya arus DC kalau dilewatin capacitor jadi bagus.

Jadi kesimpulan trit ini: VS dan GC itu terlarang, sedangkan orgonite yang ga jelas darimana itungannya bagus? :big_chicken: :big_slap:

https://www.youtube.com/watch?v=1nPjv_zvnaM ---> ini kang saftari yang bikin, dan well pake osciloscope, ga perlu buka dompet bersama untuk dyno :mky_01:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by DOHC »

nugroho bagor wrote:Jangankan ground cable saya pasang juga super gc nah lho
ga super jg yagapapa... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Gang4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Thu Sep 25, 2014 8:51

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by Gang4 »

Pernah pasang gc
Habis pasang emang berasa
Tarikan lebih enak
Lampu lebih terang
Sampe suara audio pun berasa ada peningkatan

Pas mau jual
Gc nya di copotin
Selama masa pasang iklan
Nyetir ga pake gc
Ternyata biasa aja
Alias di copot gc pun sama aja rasanya wkwkwk

Kesimpulan: sugesti
You see what u want to see
herp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58

Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by herp »

ecoy wrote:@om DOHC ground cable itu buat apa ya?klo colokon lighter d mobil bolak balik putus sekringnya itu kenapa ya (pdhal sdh d gnt dgn ampere yg sama)?

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Mungkin lighternya dipake buat car charger kali ya, soalnya mobil ane sekringnya dh putus sekali
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Re: RE: Re: resiko dari menambah tenaga pakai voltage stabilizer / grounding cable

Post by ecoy »

herp wrote:
ecoy wrote:@om DOHC ground cable itu buat apa ya?klo colokon lighter d mobil bolak balik putus sekringnya itu kenapa ya (pdhal sdh d gnt dgn ampere yg sama)?

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Mungkin lighternya dipake buat car charger kali ya, soalnya mobil ane sekringnya dh putus sekali
Iya om buat car charger. Apa mungkin krn car charger sering putus?
kenop wrote:
vipere wrote:Kalo GC ada gunanya gitu , kenapa ya pabrikan mobil gak masang dari sananya gc ?
dari pabrikan ada kok,, cm titik nya sedikit dan kabel nya tipis
biasa lah,, efisiensi biaya kan kl pabrikan..

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk