Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

as subject

Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick

Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong

Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli

Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang

SELESAI

Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P

di tiap posisi tahan kurleb 1 detik

2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by kurniakerten »

Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject

Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick

Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong

Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli

Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang

SELESAI

Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P

di tiap posisi tahan kurleb 1 detik

2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Pertamax....
mantabss infonya om turboman...
btw risiko cara ini apa ya kalo terjadi salah prosedur atau human error?
trus akan lebih bagus kalo ada bengkel rekomendasi yg bisa melakukan cara ini...
Thanks
E300 W212
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

1 1 nya human error yg mungkin terjadi ya jika anak buah gak aware perubahan warna ATF dr butek ke bening

tapi itu sih kans nya sgt kecil sekali, kecuali orangnya ada gangguan penglihatan

lalu juga saat pindah2 tuas itu rem tangan harus tarik kuat2 dan rem injak
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by alexdonovan »

Oom Turbo,

Kalo cara begini bagaimana:
- buang yang di oil pan, refill based on dipstick
- bawa jalan seminggu
- repeat both steps sampe ATF yang terbuang sudah clear

*males rasanya nyopot-nyopot selang ATF :p
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

alexdonovan wrote:Oom Turbo,

Kalo cara begini bagaimana:
- buang yang di oil pan, refill based on dipstick
- bawa jalan seminggu
- repeat both steps sampe ATF yang terbuang sudah clear

*males rasanya nyopot-nyopot selang ATF :p
sama juga boong

ATF baru kecampur ATF lama

kalo mau ganti yg di pan aja ya lakukan per 20 rb km

misal :
kuras total pertama ala Gerlong

next nya per 20 rb km sistem buang yg di pan aja
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by racho »

teknik kuras ATF secara manual ini saya pernah baca di worskhop manual mitsu... hampir persis sama step2nya.
jadi ini adalah cara yang valid dan recommended kalo lagi 'rajin'.
:big_okay:

risikonya cuma lupa masang kembali selang2nya atau salah itung volume ATF-nya..
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by ginting »

oom Turbo,..untuk yang no 11 itu kan kalau ada anak buah.

Kalau sendirian berarti solusinya selang harus dipanjangin ya ? misalnya selang jadi 2 meter...terus embernya taruh di samping kanan mobil...
Jadi sambil gas sambil kepala mendongak keluar untuk melihat apakah oli ATF yg keluar sudah merah...apakah bisa begitu ?? dengan risiko oli yang keluar jadi lebih banyak karena akan ada oli yang nyangkut di selang (tambahan) 2 meter itu..

asumsinya teory ini adalah
1) oli baru yang dimasukkan ke pan akan ndorong oli bekas yang ada di tembolok (body valve/torque converter
2) asumsinya waktu oli baru mendorong oli lama mereka tidak akan blend (nyampur... atau kalo nyampur juga tidak semua mixing) tapi oli yang masuk belakangan akan mendorong oli existing..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

ginting wrote:oom Turbo,..untuk yang no 11 itu kan kalau ada anak buah.

Kalau sendirian berarti solusinya selang harus dipanjangin ya ? misalnya selang jadi 2 meter...terus embernya taruh di samping kanan mobil...
Jadi sambil gas sambil kepala mendongak keluar untuk melihat apakah oli ATF yg keluar sudah merah...apakah bisa begitu ?? dengan risiko oli yang keluar jadi lebih banyak karena akan ada oli yang nyangkut di selang (tambahan) 2 meter itu..

asumsinya teory ini adalah
1) oli baru yang dimasukkan ke pan akan ndorong oli bekas yang ada di tembolok (body valve/torque converter
2) asumsinya waktu oli baru mendorong oli lama mereka tidak akan blend (nyampur... atau kalo nyampur juga tidak semua mixing) tapi oli yang masuk belakangan akan mendorong oli existing..
lakukan di bengkel yg om kenal

minta mekanik bantu liatin di depan
Abangaja
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 164
Joined: Sat Mar 18, 2017 14:15

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Abangaja »

Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject

Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick

Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong

Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli

Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang

SELESAI

Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P

di tiap posisi tahan kurleb 1 detik

2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Om 2 selang atf yg menuju atf cooler itu posisinya sebelah mana ya?
Nuhun
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

Abangaja wrote:
Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject

Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick

Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong

Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli

Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang

SELESAI

Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P

di tiap posisi tahan kurleb 1 detik

2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Om 2 selang atf yg menuju atf cooler itu posisinya sebelah mana ya?
Nuhun
di bagian bawah radiator

kalo sering perhatikan mobil matic pasti tahu laa yg mana selangnya
Abangaja
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 164
Joined: Sat Mar 18, 2017 14:15

Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Abangaja »

Turboman wrote: Wed May 10, 2017 17:21
Abangaja wrote:
Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject

Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick

Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong

Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli

Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang

SELESAI

Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P

di tiap posisi tahan kurleb 1 detik

2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Om 2 selang atf yg menuju atf cooler itu posisinya sebelah mana ya?
Nuhun
di bagian bawah radiator

kalo sering perhatikan mobil matic pasti tahu laa yg mana selangnya
[/quote
Udh ketemu om selangnya, nuhun bwt infonya, Mw praktekin lgsg,untuk kuras butuh sampe 10ltr y om? Mazda 2 matic
K8055PK
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Wed May 14, 2014 3:40

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by K8055PK »

Tambahan.
Kalau angkat mobil matic second yang gak tau sejarah perawatannya. Mending ganti filter maticnya. Daripada kayak saya, gerlong hbs 8L masih butek.
DensDikusuma
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jun 08, 2017 0:48
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: B3144UML

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by DensDikusuma »

Om Turbo

Maaf mau tanya, biasanya kapasitas oli di oil pan matic brp liter yah?
kemudian oli yang keluar pada saat flush sesuai langkah 9 10 11 12 itu berapa liter om?
Mobil saya livina 2008, saya mau coba teknik ini
terima kasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

DensDikusuma wrote:Om Turbo

Maaf mau tanya, biasanya kapasitas oli di oil pan matic brp liter yah?
kemudian oli yang keluar pada saat flush sesuai langkah 9 10 11 12 itu berapa liter om?
Mobil saya livina 2008, saya mau coba teknik ini
terima kasih
beda2 yah

kalo A 340 sih 4 L

nanti pas buang diukur aja

toh kalo udah selesai proses nanti kan cek dipstick tinggal adjust aja
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by satrialiar69 »

Om Turbo
gerlong itu nama apa ya? istilah apa gitu?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

satrialiar69 wrote:Om Turbo
gerlong itu nama apa ya? istilah apa gitu?
yg mempopulerkan bengkel FAM di Geger Kalong (Mr Yuki)
Herdy999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Fri May 19, 2017 14:39
Location: jakarta utara
Daily Vehicle: Avanza

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Herdy999 »

om turbo, mau ty, di km 70 k papanja 2013 kuras total oli metic di sh*p & dr*v* pakai alat itu sampe 11 lt oli dexron III. apa sampe segitu banyaknya? kalau buka di buku cuman 6 lt. soalnya ini di km 110 k mau kuras total lg.

Sent from my SM-G610F using Seraya Motor mobile app

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

17Herdy wrote:om turbo, mau ty, di km 70 k papanja 2013 kuras total oli metic di sh*p & dr*v* pakai alat itu sampe 11 lt oli dexron III. apa sampe segitu banyaknya? kalau buka di buku cuman 6 lt. soalnya ini di km 110 k mau kuras total lg.

Sent from my SM-G610F using Seraya Motor mobile app
kalo pake mesin ATF changer mmg enak buat manipulasi, krn ATF kotor yg keluar kan gak keliatan kalo ngucur kayak apa

bengkel mau sikat 15 - 20 L kek, konsumen gak punya alibi

kalo teknik Gerlong pas ngucur kan keliatan jelas.....begitu bening lgs stop
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by satrialiar69 »

Turboman wrote: Tue Jun 20, 2017 7:08
satrialiar69 wrote:Om Turbo
gerlong itu nama apa ya? istilah apa gitu?
yg mempopulerkan bengkel FAM di Geger Kalong (Mr Yuki)
i see
udah kepikiran Gerlong is Geger Kalong... cuma belum tau sebabnya dibilang teknik Gerlong
thanks
:mky_01:
DensDikusuma
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jun 08, 2017 0:48
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: B3144UML

Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by DensDikusuma »

Turboman wrote: Tue Jun 20, 2017 6:47
DensDikusuma wrote:Om Turbo

Maaf mau tanya, biasanya kapasitas oli di oil pan matic brp liter yah?
kemudian oli yang keluar pada saat flush sesuai langkah 9 10 11 12 itu berapa liter om?
Mobil saya livina 2008, saya mau coba teknik ini
terima kasih
beda2 yah

kalo A 340 sih 4 L

nanti pas buang diukur aja

toh kalo udah selesai proses nanti kan cek dipstick tinggal adjust aja
Terima kasih info nya
Minta rekomendasi antar Total Fluidmatic MV dgn ATF Idemitsu prefer pilih mana om?
terima kasih
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by didietkeren »

Teknik ini juga dilakukan terakhir kuras ATF sekalian pasang external cooler di Volvo 940 oleh montir panggilan di Bandung..
Malah baru tau ada bengkel mobil Eropa FAM di GerLong padahal sering lewat tiap hari.. Tq infonya Om.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

DensDikusuma wrote:
Turboman wrote: Tue Jun 20, 2017 6:47
DensDikusuma wrote:Om Turbo

Maaf mau tanya, biasanya kapasitas oli di oil pan matic brp liter yah?
kemudian oli yang keluar pada saat flush sesuai langkah 9 10 11 12 itu berapa liter om?
Mobil saya livina 2008, saya mau coba teknik ini
terima kasih
beda2 yah

kalo A 340 sih 4 L

nanti pas buang diukur aja

toh kalo udah selesai proses nanti kan cek dipstick tinggal adjust aja
Terima kasih info nya
Minta rekomendasi antar Total Fluidmatic MV dgn ATF Idemitsu prefer pilih mana om?
terima kasih
Q8 Auto JK

LOL

Kalo under 100 rb mungkin Aisin AFW boleh tuh, di Toda ada, kaleng biru - abu2
Harrazuku
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Jul 06, 2017 3:19
Location: Jakarta

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Harrazuku »

Kalau untuk Kuras CVTF Mirage bisa pake cara ini ga om? Atau hanya untuk matic torque converter saja? :big_smile]
Harrazuku
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Jul 06, 2017 3:19
Location: Jakarta

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Harrazuku »

Kalau untuk matic tipe CVT apa bisa om? Contohnya Mirage. Atau hanya untuk Torque Converter saja?

Sama sekalian nanya, saya pernah buka baut oli matic Nissan March, tapi kok malah ga keluar oli sama sekali yak.. niatnya pengen ganti malah batal. :D
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

Harrazuku wrote:Kalau untuk matic tipe CVT apa bisa om? Contohnya Mirage. Atau hanya untuk Torque Converter saja?

Sama sekalian nanya, saya pernah buka baut oli matic Nissan March, tapi kok malah ga keluar oli sama sekali yak.. niatnya pengen ganti malah batal. :D
Kalo matic gak pake dipstik di karter ada 2 baut

baut buang ATF dan baut utk cek level ATF

di mobil om tsb matic nya ada dipstik gak