Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by maastricht889 »

Edgar wrote: Fri Dec 20, 2019 2:33 Makasi omturbo, sayang pdsnya ga comply aw1 ,
Aneh juga aw1 , atf yg comply dikit bener
Misal kaya case nya PTT 1A ini report nya enak om, tapi kl nggak comply ke AW1 ya sami mawon sih buat saya. Nanti bakal efeknya kaya pas saya kena zonk ganti ATF (carter) di suzuki dulu dipakein 3317 buat ertiga. 2th kerasa boyo sama dengung di transmisi nya.

Dan jgn lupa lagi, bbrp bengkel (incl SnD) buat ertiga (ini di SnD) mereka rekomen kaya shell spirax, castrol transmax yg dijual mereka. Sy lihat semua ATF yg dijual nggak ada yg suitable ke AW1, terus mereka bilang asalkan dah meet dexron III nggak masalah. Aneh sih buat sy kl alesan nya begitu, jelas2 nggak ketulis comply ke AW1. Soalnya rata2 ATF skrg pasti udah dexron III, cuma belum tentu comply ke semua mobil dan spek nya nggak boleh ditawar spt yg saya sebut soal dexron III, dlm hal ini buat ertiga.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

Q8 AUTO MV

meet AW-1 std
Screenshot_2019-12-20-12-04-55-426_com.google.android.apps.docs.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Edgar
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Nov 16, 2019 14:40

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Edgar »

erwinign wrote: Fri Dec 20, 2019 3:37
Misal kaya case nya PTT 1A ini report nya enak om, tapi kl nggak comply ke AW1 ya sami mawon sih buat saya. Nanti bakal efeknya kaya pas saya kena zonk ganti ATF (carter) di suzuki dulu dipakein 3317 buat ertiga. 2th kerasa boyo sama dengung di transmisi nya.

Dan jgn lupa lagi, bbrp bengkel (incl SnD) buat ertiga (ini di SnD) mereka rekomen kaya shell spirax, castrol transmax yg dijual mereka. Sy lihat semua ATF yg dijual nggak ada yg suitable ke AW1, terus mereka bilang asalkan dah meet dexron III nggak masalah. Aneh sih buat sy kl alesan nya begitu, jelas2 nggak ketulis comply ke AW1. Soalnya rata2 ATF skrg pasti udah dexron III, cuma belum tentu comply ke semua mobil dan spek nya nggak boleh ditawar spt yg saya sebut soal dexron III, dlm hal ini buat ertiga.
Walah mesti teliti bener ya buat r3 ini, apa pengaruh vscnya juga ya?
Turboman wrote: Fri Dec 20, 2019 5:05 Q8 AUTO MV

meet AW-1 std
Om turbo ane pernah baca postingan om turbo soal at4 viscosity > 7 ini apakah akan ad efek jangka panjang bila pake yg vscnya < 7

Soalnya ptt lv1 vsc < 7 sama seperti q8 auto mv

Kalo ga pengaruh sih boleh ane coba nih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

Edgar wrote:
erwinign wrote: Fri Dec 20, 2019 3:37
Misal kaya case nya PTT 1A ini report nya enak om, tapi kl nggak comply ke AW1 ya sami mawon sih buat saya. Nanti bakal efeknya kaya pas saya kena zonk ganti ATF (carter) di suzuki dulu dipakein 3317 buat ertiga. 2th kerasa boyo sama dengung di transmisi nya.

Dan jgn lupa lagi, bbrp bengkel (incl SnD) buat ertiga (ini di SnD) mereka rekomen kaya shell spirax, castrol transmax yg dijual mereka. Sy lihat semua ATF yg dijual nggak ada yg suitable ke AW1, terus mereka bilang asalkan dah meet dexron III nggak masalah. Aneh sih buat sy kl alesan nya begitu, jelas2 nggak ketulis comply ke AW1. Soalnya rata2 ATF skrg pasti udah dexron III, cuma belum tentu comply ke semua mobil dan spek nya nggak boleh ditawar spt yg saya sebut soal dexron III, dlm hal ini buat ertiga.
Walah mesti teliti bener ya buat r3 ini, apa pengaruh vscnya juga ya?
Turboman wrote: Fri Dec 20, 2019 5:05 Q8 AUTO MV

meet AW-1 std
Om turbo ane pernah baca postingan om turbo soal at4 viscosity > 7 ini apakah akan ad efek jangka panjang bila pake yg vscnya < 7

Soalnya ptt lv1 vsc < 7 sama seperti q8 auto mv

Kalo ga pengaruh sih boleh ane coba nih
daripada nebak2 mending bawa aja ATF genuine Suzuki AW-1 ke Trakindo

test V40 & V 100

juga additive content dan Contamination

nanti kita bahas besama, apa sih yg bikin beda atau hanya nama akal2 an pabrik doang

indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by indeskey »

Om Turbo, used oil untuk ATF misal buat CVT bisa dites juga ya di Trakindo?
Turboman wrote: Fri Dec 20, 2019 9:43
Edgar wrote:
erwinign wrote: Fri Dec 20, 2019 3:37
Misal kaya case nya PTT 1A ini report nya enak om, tapi kl nggak comply ke AW1 ya sami mawon sih buat saya. Nanti bakal efeknya kaya pas saya kena zonk ganti ATF (carter) di suzuki dulu dipakein 3317 buat ertiga. 2th kerasa boyo sama dengung di transmisi nya.

Dan jgn lupa lagi, bbrp bengkel (incl SnD) buat ertiga (ini di SnD) mereka rekomen kaya shell spirax, castrol transmax yg dijual mereka. Sy lihat semua ATF yg dijual nggak ada yg suitable ke AW1, terus mereka bilang asalkan dah meet dexron III nggak masalah. Aneh sih buat sy kl alesan nya begitu, jelas2 nggak ketulis comply ke AW1. Soalnya rata2 ATF skrg pasti udah dexron III, cuma belum tentu comply ke semua mobil dan spek nya nggak boleh ditawar spt yg saya sebut soal dexron III, dlm hal ini buat ertiga.
Walah mesti teliti bener ya buat r3 ini, apa pengaruh vscnya juga ya?
Turboman wrote: Fri Dec 20, 2019 5:05 Q8 AUTO MV

meet AW-1 std
Om turbo ane pernah baca postingan om turbo soal at4 viscosity > 7 ini apakah akan ad efek jangka panjang bila pake yg vscnya < 7

Soalnya ptt lv1 vsc < 7 sama seperti q8 auto mv

Kalo ga pengaruh sih boleh ane coba nih
daripada nebak2 mending bawa aja ATF genuine Suzuki AW-1 ke Trakindo

test V40 & V 100

juga additive content dan Contamination

nanti kita bahas besama, apa sih yg bikin beda atau hanya nama akal2 an pabrik doang
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by marmut »

indeskey wrote: Fri Dec 20, 2019 10:27 Om Turbo, used oil untuk ATF misal buat CVT bisa dites juga ya di Trakindo?

bantu jawab,
setau saya bisa test semua liquid ;
- pelumas (mesin, transmisi, gardan VOA maupun UOA).
- bahan bakar
- coolant.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

indeskey wrote:Om Turbo, used oil untuk ATF misal buat CVT bisa dites juga ya di Trakindo?
Turboman wrote: Fri Dec 20, 2019 9:43
Edgar wrote: Walah mesti teliti bener ya buat r3 ini, apa pengaruh vscnya juga ya?
Om turbo ane pernah baca postingan om turbo soal at4 viscosity > 7 ini apakah akan ad efek jangka panjang bila pake yg vscnya < 7

Soalnya ptt lv1 vsc < 7 sama seperti q8 auto mv

Kalo ga pengaruh sih boleh ane coba nih
daripada nebak2 mending bawa aja ATF genuine Suzuki AW-1 ke Trakindo

test V40 & V 100

juga additive content dan Contamination

nanti kita bahas besama, apa sih yg bikin beda atau hanya nama akal2 an pabrik doang
Any kind gear oil / Hydraulic oil test pake HP 426

HP 426 = gak ada TBN test

lainnya semua sama spt HP 427

indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by indeskey »

Noted dan terima kasih om Turbo, om Marmut. Maaf nggak bisa multiquote hehe.
Turboman wrote:
indeskey wrote:Om Turbo, used oil untuk ATF misal buat CVT bisa dites juga ya di Trakindo?
Turboman wrote: Fri Dec 20, 2019 9:43 daripada nebak2 mending bawa aja ATF genuine Suzuki AW-1 ke Trakindo

test V40 & V 100

juga additive content dan Contamination

nanti kita bahas besama, apa sih yg bikin beda atau hanya nama akal2 an pabrik doang
Any kind gear oil / Hydraulic oil test pake HP 426

HP 426 = gak ada TBN test

lainnya semua sama spt HP 427
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by arfs »

Edgar wrote: Fri Dec 20, 2019 2:33 Makasi omturbo, sayang pdsnya ga comply aw1 ,
Aneh juga aw1 , atf yg comply dikit bener
PTT ATF LV-1 comply AW1 *CMIIW:
https://pttlubricants.pttor.com/assets/ ... -00(1).pdf
PTT lv 1 aw1.png
Edgar wrote: Fri Dec 20, 2019 6:59 Om turbo ane pernah baca postingan om turbo soal at4 viscosity > 7 ini apakah akan ad efek jangka panjang bila pake yg vscnya < 7

Soalnya ptt lv1 vsc < 7 sama seperti q8 auto mv

Kalo ga pengaruh sih boleh ane coba nih
Sebenarnya kalau di lihat di pds, viscosity ptt 1A yg peruntukan nya untuk gearbox at <5 speed sama lv1 yg untuk at >5 speed selisih sedikit viscosity nya.
Innova 2KD dan SX4 Gen 1 saya kebetulan dulu nya pakai aisin afw+ ganti ke ptt 1a, memang benar sih berasa lebih enteng dikit seperti apa yg om turbo pernah tulis.
Saat dulu pakai aisin afw+ dulu di 30rb an mulai kurang enak, selip. Nah yg ptt 1a ini belum ketahuan enak nya sampai dengan brp rb km.
Saya juga penasaran sih kalau matic 4 speed dikasi yg lv1 apakah jg bisa atau tidak karena tertulis di pds nya performance standard nya dexron iii.
Aisin PTT ATF Spec Comparison.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Edgar
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Nov 16, 2019 14:40

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Edgar »

arfs wrote: Fri Dec 20, 2019 14:13
PTT ATF LV-1 comply AW1 *CMIIW:
https://pttlubricants.pttor.com/assets/ ... -00(1).pdf
PTT lv 1 aw1.png
Edgar wrote: Fri Dec 20, 2019 6:59 Om turbo ane pernah baca postingan om turbo soal at4 viscosity > 7 ini apakah akan ad efek jangka panjang bila pake yg vscnya < 7

Soalnya ptt lv1 vsc < 7 sama seperti q8 auto mv

Kalo ga pengaruh sih boleh ane coba nih
Sebenarnya kalau di lihat di pds, viscosity ptt 1A yg peruntukan nya untuk gearbox at <5 speed sama lv1 yg untuk at >5 speed selisih sedikit viscosity nya.
Innova 2KD dan SX4 Gen 1 saya kebetulan dulu nya pakai aisin afw+ ganti ke ptt 1a, memang benar sih berasa lebih enteng dikit seperti apa yg om turbo pernah tulis.
Saat dulu pakai aisin afw+ dulu di 30rb an mulai kurang enak, selip. Nah yg ptt 1a ini belum ketahuan enak nya sampai dengan brp rb km.
Saya juga penasaran sih kalau matic 4 speed dikasi yg lv1 apakah jg bisa atau tidak karena tertulis di pds nya performance standa
Yap yg lv1 comply aw1 tapi di pds keteranganya suitable for AT<5 with low viscosity dari sini gua keinget tulisan om turbo soal vsc tsb, nanti abis taun baru ane mau bawa aja tu sgo AW1 ke s.o.s trakindo dah

Makasi om
icanz
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Nov 13, 2018 22:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova Diesel 2KD

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by icanz »

Kalo pake teknik gerlong sebaiknya kita siapin oli berapa kali dari kapasitas oli matik ya?
Trus selang yg dilepas itu yg masuk dan keluar dari cooler? Oli nanti hanya keluar dari selang inletnya aja kan?
Tenkyu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

Teknik Gerlong ini justru hemat oli

di Ipah 4AT cuman 6 L

sedangkan kalo pake mesin minimal 8,5 L
icanz wrote:Kalo pake teknik gerlong sebaiknya kita siapin oli berapa kali dari kapasitas oli matik ya?
Trus selang yg dilepas itu yg masuk dan keluar dari cooler? Oli nanti hanya keluar dari selang inletnya aja kan?
Tenkyu
tokezz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jun 25, 2015 15:34

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by tokezz »

Om turbo tanya dong bengkel dijakarta yg bisa ganti oli matic gerlong dimana yah?
Thxs
Turboman wrote:Teknik Gerlong ini justru hemat oli

di Ipah 4AT cuman 6 L

sedangkan kalo pake mesin minimal 8,5 L
icanz wrote:Kalo pake teknik gerlong sebaiknya kita siapin oli berapa kali dari kapasitas oli matik ya?
Trus selang yg dilepas itu yg masuk dan keluar dari cooler? Oli nanti hanya keluar dari selang inletnya aja kan?
Tenkyu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

tokezz wrote:Om turbo tanya dong bengkel dijakarta yg bisa ganti oli matic gerlong dimana yah?
Thxs
Turboman wrote:Teknik Gerlong ini justru hemat oli

di Ipah 4AT cuman 6 L

sedangkan kalo pake mesin minimal 8,5 L
icanz wrote:Kalo pake teknik gerlong sebaiknya kita siapin oli berapa kali dari kapasitas oli matik ya?
Trus selang yg dilepas itu yg masuk dan keluar dari cooler? Oli nanti hanya keluar dari selang inletnya aja kan?
Tenkyu
Saya kalo nge gerlong di Rajawali Ban atau Singit Speed

saya yg kontrol sendiri, montir3 bengkel hanya bantu2 utk cabut / pasang selang ATF & jaga liatin saat ATF ngalir keluar dr selang
tokezz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jun 25, 2015 15:34

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by tokezz »

Thank you om. Soalnya saya jg kurang paham sih sebenernya gerlong itu lebih baik dipandu sama yg udah biasa
Leetny
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Tue Nov 13, 2018 9:38
Daily Vehicle: Innova

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Leetny »

Plus minus gerlong dibanding ganti pake mesin apa ya
icanz
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Nov 13, 2018 22:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova Diesel 2KD

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by icanz »

Berarti ada saat dimana transmisi running dengan kondisi oli kurang yah om? Pada saat nunggu samoe oli bening keluar?
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by indeskey »

Kalau lihat youtube diluar ada yg sambil di isi lewat lubang pengisian. Setelah selesai baru dicek kurang nggak atf nya.
icanz wrote:Berarti ada saat dimana transmisi running dengan kondisi oli kurang yah om? Pada saat nunggu samoe oli bening keluar?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by kompresorz »

gw udah pake redline D6...Q8 mahal bukan auto jk...gulf...aisin..tmo..

skrg baru 5000 km....

tar gw ke toda mau tes PTT LV atau L MPV...
mana murah....


tes di vrz...langsung gaspollll....seperti biasa harian...

semoga bagus...

:big_grin:
168agp
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Feb 25, 2020 3:54
Location: Bekasi
Daily Vehicle: LMPV

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by 168agp »

Numpang tanya...
Baru beli Avanza matic 2014 kilometer 55rb.
Sebaiknya oli matic dikuras nggak?
Rekomendasi oli apa?
Terima kasih.
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Auanz »

Om turbo, belom lama ini yg video YouTube smarter everyday bongkar motornya tesla dia. Ternyata di dalem motor itu ada oli dan collant juga loh. Kykna walaupun ev ttp ada maintance jg de. Walaupun buat bukanya susah bgt.

https://youtu.be/wvLmBfwmA04
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by maastricht889 »

168agp wrote: Wed May 06, 2020 8:54 Numpang tanya...
Baru beli Avanza matic 2014 kilometer 55rb.
Sebaiknya oli matic dikuras nggak?
Rekomendasi oli apa?
Terima kasih.
Ada record2 sebelumnya buat kuras/ganti ATF om? Kl baru kuras/ganti sayang jg (kalo spek olinya tepat ya)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by DOHC »

erwinign wrote: Wed May 06, 2020 11:13
168agp wrote: Wed May 06, 2020 8:54 Numpang tanya...
Baru beli Avanza matic 2014 kilometer 55rb.
Sebaiknya oli matic dikuras nggak?
Rekomendasi oli apa?
Terima kasih.
Ada record2 sebelumnya buat kuras/ganti ATF om? Kl baru kuras/ganti sayang jg (kalo spek olinya tepat ya)
kl baru ngangkat mobil seken mending ganti smua fluida, termasuk fluida wiper.. jgn berspekulasi, fluida2 mobil ga sebebrapa mahal ktimbang mekanikal problem, palagi blom kl ternyata odo hasil muter2.. pedege skrg ud jago2 ngakalin mobil cape jd seger lg, ga jarang ampe rela jabanin ganti pad pedal rem gas, gear knob, tuker2 ban..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Wed May 06, 2020 13:58
erwinign wrote: Wed May 06, 2020 11:13
168agp wrote: Wed May 06, 2020 8:54 Numpang tanya...
Baru beli Avanza matic 2014 kilometer 55rb.
Sebaiknya oli matic dikuras nggak?
Rekomendasi oli apa?
Terima kasih.
Ada record2 sebelumnya buat kuras/ganti ATF om? Kl baru kuras/ganti sayang jg (kalo spek olinya tepat ya)
kl baru ngangkat mobil seken mending ganti smua fluida, termasuk fluida wiper.. jgn berspekulasi, fluida2 mobil ga sebebrapa mahal ktimbang mekanikal problem, palagi blom kl ternyata odo hasil muter2.. pedege skrg ud jago2 ngakalin mobil cape jd seger lg, ga jarang ampe rela jabanin ganti pad pedal rem gas, gear knob, tuker2 ban..
Wah gile sih niat om, sampe pedal2 shift knob diganti hahahaah. Bener sih, fluida pasti kemakan umur om jd harus kuras sekalian
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by DOHC »

erwinign wrote: Wed May 06, 2020 15:40
DOHC wrote: Wed May 06, 2020 13:58
erwinign wrote: Wed May 06, 2020 11:13

Ada record2 sebelumnya buat kuras/ganti ATF om? Kl baru kuras/ganti sayang jg (kalo spek olinya tepat ya)
kl baru ngangkat mobil seken mending ganti smua fluida, termasuk fluida wiper.. jgn berspekulasi, fluida2 mobil ga sebebrapa mahal ktimbang mekanikal problem, palagi blom kl ternyata odo hasil muter2.. pedege skrg ud jago2 ngakalin mobil cape jd seger lg, ga jarang ampe rela jabanin ganti pad pedal rem gas, gear knob, tuker2 ban..
Wah gile sih niat om, sampe pedal2 shift knob diganti hahahaah. Bener sih, fluida pasti kemakan umur om jd harus kuras sekalian
jaman ud serba sulit gini, smua cara di jabanin om.. palagi kl hunting di pasar onderdil, pad2 rem gas, shift knob copotan itu murah koq.. pad cuman puluhan rebu, shift knob copotan aj kadang cuman seratus rebu.. mobil dijual ngaku odo rendah bsa beda jutaan dgn yg odo terbang..

makanya skrg mnurut ane ada bagus nya ada jasa ngecek mobkas yg bener2 qualified dan ditunjang dgn alat2 yg bonafide (kl yg cuman rumahan kaya si yutuber itu yahh jgn dimasuk itungan) utk meminimalisir dikibulin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: