All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: 14 Oct 2014, 22:47

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by imansyx »

devin96 wrote: 27 Jun 2019, 05:57 Saya pake fortuner bensin 2007, dari baru sampe skrg belum pernah service ac , ganti oli kompresor, cuci evap, gnti drier dan ekspansi. Paling cuma bersihkan filter ac aja, kalo udh parah baru di ganti filter. Sama kalo tiap nyuci mobil saya semprot kondensor nya.

Sampai saat ini sih ac mobil dingin2 aja dan ga ada keluhan apapun, cuma klo dibandingin sama mobil yg masih baru2 pasti beda dinginnya. Saya sih berencana untuk service ac yg meliputi cuci evap (endoscope) biar ga bongkar2, flushing oli dan freon, dan ganti drier untuk sekedar perawatan saja. Kira2 gmn menurut om2? perlukah saya flushing oli nya atau cukup bersihkan evaporatornya?thx
Same case dengan Freed saya. Perawatan yang saya lakukan juga plek sama kaya om juga cuma ganti filter ac aja dan memang harus saya akui AC ga sedingin mobil2 baru. Iseng saya bawa ke bengkel Denso Authorized mereka mengakui ga ada yang bermasalah tapi saya insist untuk cek. Akhirnya dilakukan ini:
imansyx wrote: 17 Jan 2019, 16:58 Saya pernah sekali tahun kemarin.

AC dingin / no problem, lebih ke arah perawatan aja. Yang kotor dryer nya malah....selama ini perawatan cuma tiap tahun ganti filter ac
Image
Image
Saya jujur ga ngerti but setelah perawatan itu yang langsung saya rasakan: Ac lebih dingin, pada saat kompressor engage terasa lebih ringan. Udah itu pengalaman saya, sampai sekarang sih fine-fine aja
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by kemuningauto »

P47hos wrote:Saya sekali ganti oli kompresor soalnya selang bocor jd diganti selang 1 set. Gantinya pake alat, jd freon lama ditampung di alat tsb, sehingga biaya bisa ditekan. Evaporator ada bocor sedikit tp kata bengkel AC nanti aja diganti klo sudah parah. Kira2 aman aja ga ya?
Menurut saya, problem utamanya di Evaporator sebenernya. Kebocoran di Evaporator, oli Compressor keluar di spot kebocorannya. Jadinya Compressor kekurangan pelumas. Karena kurang pelumas, Compressor terlalu panas, tekanan terlalu tinggi. Jadinya yg kena selangnya karena paling mudah jebol karena tekanan yang over pasti seal, selang karet. Harusnya diganti Evap, sama aja kalo masih bocor.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by iwing »

imansyx wrote: 27 Jun 2019, 14:20

Same case dengan Freed saya. Perawatan yang saya lakukan juga plek sama kaya om juga cuma ganti filter ac aja dan memang harus saya akui AC ga sedingin mobil2 baru. Iseng saya bawa ke bengkel Denso Authorized mereka mengakui ga ada yang bermasalah tapi saya insist untuk cek. Akhirnya dilakukan ini:

Saya pernah sekali tahun kemarin.

AC dingin / no problem, lebih ke arah perawatan aja. Yang kotor dryer nya malah....selama ini perawatan cuma tiap tahun ganti filter ac

Image

Saya jujur ga ngerti but setelah perawatan itu yang langsung saya rasakan: Ac lebih dingin, pada saat kompressor engage terasa lebih ringan. Udah itu pengalaman saya, sampai sekarang sih fine-fine aja
om di nota ada bongkar pasang. itu bongkar pasang dashboard atau kompresor atau gimana ya..?? barangkali om lihat waktu pengerjaan nya
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: 14 Oct 2014, 22:47

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by imansyx »

iwing wrote: 28 Jun 2019, 06:56
om di nota ada bongkar pasang. itu bongkar pasang dashboard atau kompresor atau gimana ya..?? barangkali om lihat waktu pengerjaan nya
Bongkar pasang bumper dan kompressor, kalau gak salah kompressor diturunin dicek dan ganti filter dryernya yang kaya choki choki besar warna putih setelah kompressor diturunin cmiiw. Seinget saya ga ada menyentuh area dashboard sama sekali karena saya bilang waktu itu kalau Filter ac nya baru ganti yang bioguard sakura punya.
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 26 Sep 2017, 14:38

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by akbrn »

zzzprince wrote:
akbrn wrote: 27 Jun 2019, 00:46 @zzzprince

Izin ikut nanggepin, kl debris itu semacam gram besi yg biasa bercampur dgn oli kompresor?

Kl bener itu yg dimaksud, sy pernah ngalamin muncul debris di mobil sy yg dulu (d. sirloin), munculnya gara2 waktu service ac, olinya diganti pakai oli kompresor universal (keluaran amoil) tp oli bawaan kompresor ngga di flush secara maksimal.

Terus pernah juga muncul debris gara2 sering pakai AC saat RPM tinggi (>3000).

Kl sy sih lebih baik balik lg ke bengkel tsb, biasanya masih ada garansi pengerjaan, walaupun udah lewat masa garansi pinter2 ngomong aja biar mereka mau terima.

Tapi lebih baik disertain bukti yg kuat spt foto suhu termometer saat keadaan menggigil & suhu saat keadaan biasa.

Kl sy selalu nempelin termometer model tancap di blower AC, jadi bisa memantau suhu AC yg keluar dari blower.
Kalo boleh tau, dulu di flush pakai mesin atau dgn metode apa om? Kebetulan kemarin dikerjakan taun lalu entah masih bisa garansi apa enggak. Yang saya lihat sih kemarin oli yg dipakai nd8
Dulu sih flush nya manual, ngga pake mesin khusus flushing.

Mungkin salahnya tiap komponen spt evap, kondensor, & kompresor dibersihkan sisa2 olinya pake kompresor udara biasa (harusnya pakai gas nitrogen).

Ada kemungkinan juga oli yg dipake wkt itu ngga cocok dgn sistem ac nya (oli universal botol hitam kemasan 500 ml ada tulisan "SP")

Padahal olinya udah pake ND8 ya oom, mungkin masalah utama di kompresornya yg nyebarin debris ke seluruh sistem ac.
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by devin96 »

imansyx wrote: 27 Jun 2019, 14:20
devin96 wrote: 27 Jun 2019, 05:57 Saya pake fortuner bensin 2007, dari baru sampe skrg belum pernah service ac , ganti oli kompresor, cuci evap, gnti drier dan ekspansi. Paling cuma bersihkan filter ac aja, kalo udh parah baru di ganti filter. Sama kalo tiap nyuci mobil saya semprot kondensor nya.

Sampai saat ini sih ac mobil dingin2 aja dan ga ada keluhan apapun, cuma klo dibandingin sama mobil yg masih baru2 pasti beda dinginnya. Saya sih berencana untuk service ac yg meliputi cuci evap (endoscope) biar ga bongkar2, flushing oli dan freon, dan ganti drier untuk sekedar perawatan saja. Kira2 gmn menurut om2? perlukah saya flushing oli nya atau cukup bersihkan evaporatornya?thx
Same case dengan Freed saya. Perawatan yang saya lakukan juga plek sama kaya om juga cuma ganti filter ac aja dan memang harus saya akui AC ga sedingin mobil2 baru. Iseng saya bawa ke bengkel Denso Authorized mereka mengakui ga ada yang bermasalah tapi saya insist untuk cek. Akhirnya dilakukan ini:
imansyx wrote: 17 Jan 2019, 16:58 Saya pernah sekali tahun kemarin.

AC dingin / no problem, lebih ke arah perawatan aja. Yang kotor dryer nya malah....selama ini perawatan cuma tiap tahun ganti filter ac
Image
Image
Saya jujur ga ngerti but setelah perawatan itu yang langsung saya rasakan: Ac lebih dingin, pada saat kompressor engage terasa lebih ringan. Udah itu pengalaman saya, sampai sekarang sih fine-fine aja
Thx om sharenya, itu evaporator nya juga dibersihkan om? oh iya setau saya freed kompresornya pake sanden, service di denso diterima om?
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by devin96 »

racho wrote: 27 Jun 2019, 07:45 idem. Grandis ane dari 2009 blom pernah servis AC, ganti oli, drier, n valve. yang sempet kena cuma transistor blower belakang... disolder dikit dah sembuh.

ane cuma penasaran cuci evap.. seberapa kotor ya kalo udah 10 taun ga dicuci
:mky_01:

might be worth to do. makin bersih makin dingin harusnya.
iyaa bener om saya juga penasaran, apalagi punya saya udh 12 tahun ga dibongkar
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by Turboman »

devin96 wrote:
racho wrote: 27 Jun 2019, 07:45 idem. Grandis ane dari 2009 blom pernah servis AC, ganti oli, drier, n valve. yang sempet kena cuma transistor blower belakang... disolder dikit dah sembuh.

ane cuma penasaran cuci evap.. seberapa kotor ya kalo udah 10 taun ga dicuci
:mky_01:

might be worth to do. makin bersih makin dingin harusnya.
iyaa bener om saya juga penasaran, apalagi punya saya udh 12 tahun ga dibongkar
Kalo AC gak masalah gak perlu di utak atik

Kalo Evap yg gak ada filter kabin ya bbrp tahun sekali mmg perlu dicuci

kalo bisa dicuci tanpa bongkar sih bagus, kalo mesti bongkar sekalian cek oli Komp AC, kalo kurang ya tambah

ini hasil pengalaman saya piara mobil produksi 2001 yg masih dipake ampe skg
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by devin96 »

Turboman wrote: 27 Jul 2019, 21:47
devin96 wrote:
racho wrote: 27 Jun 2019, 07:45 idem. Grandis ane dari 2009 blom pernah servis AC, ganti oli, drier, n valve. yang sempet kena cuma transistor blower belakang... disolder dikit dah sembuh.

ane cuma penasaran cuci evap.. seberapa kotor ya kalo udah 10 taun ga dicuci
:mky_01:

might be worth to do. makin bersih makin dingin harusnya.
iyaa bener om saya juga penasaran, apalagi punya saya udh 12 tahun ga dibongkar
Kalo AC gak masalah gak perlu di utak atik

Kalo Evap yg gak ada filter kabin ya bbrp tahun sekali mmg perlu dicuci

kalo bisa dicuci tanpa bongkar sih bagus, kalo mesti bongkar sekalian cek oli Komp AC, kalo kurang ya tambah

ini hasil pengalaman saya piara mobil produksi 2001 yg masih dipake ampe skg
Menurut om untuk oli kompresor meskipun udh 12 tahun tdk perlu diganti kah? memang sih skrg tidak ada kendala di AC, cuma menurut pemikiran saya kalo evap nya dicuci pasti bsa lebih dingin. Entah kalo oli kompresor-nya baru apakah tidak terlalu berkontribusi terhadap suhu AC-nya om?
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by agnisp »

devin96 wrote: 27 Jul 2019, 22:03 Menurut om untuk oli kompresor meskipun udh 12 tahun tdk perlu diganti kah? memang sih skrg tidak ada kendala di AC, cuma menurut pemikiran saya kalo evap nya dicuci pasti bsa lebih dingin. Entah kalo oli kompresor-nya baru apakah tidak terlalu berkontribusi terhadap suhu AC-nya om?
DIY untuk cek kualitas dan kuantitas oli komp AC:
https://youtu.be/uI5x7VPpvVY

Bisa beli di sini, atau mungkin pakai kapas?
Oil Acid Level HI-Quality Aircon Checker
https://s.click.aliexpress.com/e/oyuwvPhA
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by kunaskun »

devin96 wrote: 27 Jul 2019, 22:03 Menurut om untuk oli kompresor meskipun udh 12 tahun tdk perlu diganti kah? memang sih skrg tidak ada kendala di AC, cuma menurut pemikiran saya kalo evap nya dicuci pasti bsa lebih dingin. Entah kalo oli kompresor-nya baru apakah tidak terlalu berkontribusi terhadap suhu AC-nya om?
kalau dicuci biasa si jadi bocor, karena bocor yang super halus ketutup kotoran + oli + freon, itu kata bengkel langganan dulu. makanya kalau selama ini baik2 saja, ya uda diemin aja jgn diapa2in, kalau cuma iseng cek tekanan atau iseng ganti drier kalau model ganti isi doang masih bolehlah.
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by devin96 »

agnisp wrote: 04 Sep 2019, 16:03
devin96 wrote: 27 Jul 2019, 22:03 Menurut om untuk oli kompresor meskipun udh 12 tahun tdk perlu diganti kah? memang sih skrg tidak ada kendala di AC, cuma menurut pemikiran saya kalo evap nya dicuci pasti bsa lebih dingin. Entah kalo oli kompresor-nya baru apakah tidak terlalu berkontribusi terhadap suhu AC-nya om?
DIY untuk cek kualitas dan kuantitas oli komp AC:
https://youtu.be/uI5x7VPpvVY

Bisa beli di sini, atau mungkin pakai kapas?
Oil Acid Level HI-Quality Aircon Checker
https://s.click.aliexpress.com/e/oyuwvPhA
thankyou om infonya hehe
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: All About Pelumasan Kompressor AC mobil

Post by devin96 »

kunaskun wrote: 04 Sep 2019, 19:24
devin96 wrote: 27 Jul 2019, 22:03 Menurut om untuk oli kompresor meskipun udh 12 tahun tdk perlu diganti kah? memang sih skrg tidak ada kendala di AC, cuma menurut pemikiran saya kalo evap nya dicuci pasti bsa lebih dingin. Entah kalo oli kompresor-nya baru apakah tidak terlalu berkontribusi terhadap suhu AC-nya om?
kalau dicuci biasa si jadi bocor, karena bocor yang super halus ketutup kotoran + oli + freon, itu kata bengkel langganan dulu. makanya kalau selama ini baik2 saja, ya uda diemin aja jgn diapa2in, kalau cuma iseng cek tekanan atau iseng ganti drier kalau model ganti isi doang masih bolehlah.
oo gitu om, baru tau saya kalo dicuci ternyata malah bisa jadi bocor halus ya karena kotoran yang nutup bocor jadi hilang. Jadi makin bingung nih, tp disisi lain penasaran juga pengen cuci evap. Thx om infonya
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post