As subject
ganti kipas Compressor pake yg 11 bilah (Aluminium Billet) di Turbo CT16 - 2KD non VNT
beginilah proses pembongkaran kipas setandard
Cartridge dilepas dari rumah Turbin & tutup rumah kompressor dilepas
Penting sebelum kipas dilepas, titik balans di kipas Turbo di tandain in dulu, jadi kipas baru nanti gak boleh asal pasang
Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Last edited by Turboman on 13 Sep 2020, 12:32, edited 5 times in total.
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Setelah Cartridge Turbo dibersihkan, pemasangan kipas baru dgn bantuan heat gun
Coakan pada sisi belakang kipas = titik Balans nya
Coakan pada sisi belakang kipas = titik Balans nya
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Pasang tutup rumah Compressor dgn diberikan sealant High Temp - non hardening
Tuang oli ke lubang oli di Turbo utk pastikan shaft terlumasi
Turbo dipasang
(Perbandingan kipas std vs 11 bilah)
Tuang oli ke lubang oli di Turbo utk pastikan shaft terlumasi
Turbo dipasang
(Perbandingan kipas std vs 11 bilah)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 457
- Joined: 25 Oct 2016, 07:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Thread yg menarik om.
Yang menggelitik saya adalah, mengapa yang di ganti hanya impeller sja, bukan unit turbocharger utuh?
Kalo boleh berkomentar sisi technical :
CMIIW ya om Turboman
Berbicara ttg impeller (kipas), baik pompa centrifugal & turbo compressor.
Ada beberapa point penting ketika proses reinstall.
1. gap antara impeller dan volute
Gap dg impeller replacement harus sama dg impeller yg ori, terutama sisi out fluida. kalo ada gap 0.1 mm pun pasti drop efficiency nya.
2. kondisi volute itu sendiri, masih halus atau sudah bopeng.
Nah ini ujung-ujungnya drop efficiency lagi.
Kalo urusan titik balancing
Melihat om ganti impeller sisi fresh air (foto ke 2 post 1), idealnya membutuhkan rebalancing ulang bareng dg impeller sisi exhaust.
Terlepas titik balance sudah di lakukan, tapi jika berbicara ttg balancing. Balancing tidak sekedar titik/lokasi tapi berhubungan jg dengan berat komponen.
Apalagi komponen penggantinya dibuat menggunakan proses 5d axis milling vs original (sepertinya casting, tidak ada grid/alur2 khas milling), bisa jadi ada perbedaan berat, meski itu hanya 1gr saja.
Nah om pasang tanpa Final balancing ulang, ujung2nya mah justru kedua impeller (fresh side dan exhaust side) bakal touching dg volute nya. Mengingat impeller turbo pasti berputar di atas 10.000 rpm.
CMIIW ya om.
Yang menggelitik saya adalah, mengapa yang di ganti hanya impeller sja, bukan unit turbocharger utuh?
Kalo boleh berkomentar sisi technical :
CMIIW ya om Turboman
Berbicara ttg impeller (kipas), baik pompa centrifugal & turbo compressor.
Ada beberapa point penting ketika proses reinstall.
1. gap antara impeller dan volute
Gap dg impeller replacement harus sama dg impeller yg ori, terutama sisi out fluida. kalo ada gap 0.1 mm pun pasti drop efficiency nya.
2. kondisi volute itu sendiri, masih halus atau sudah bopeng.
Nah ini ujung-ujungnya drop efficiency lagi.
Kalo urusan titik balancing
Melihat om ganti impeller sisi fresh air (foto ke 2 post 1), idealnya membutuhkan rebalancing ulang bareng dg impeller sisi exhaust.
Terlepas titik balance sudah di lakukan, tapi jika berbicara ttg balancing. Balancing tidak sekedar titik/lokasi tapi berhubungan jg dengan berat komponen.
Apalagi komponen penggantinya dibuat menggunakan proses 5d axis milling vs original (sepertinya casting, tidak ada grid/alur2 khas milling), bisa jadi ada perbedaan berat, meski itu hanya 1gr saja.
Nah om pasang tanpa Final balancing ulang, ujung2nya mah justru kedua impeller (fresh side dan exhaust side) bakal touching dg volute nya. Mengingat impeller turbo pasti berputar di atas 10.000 rpm.
CMIIW ya om.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Benar idenya balance ulang, dan balans nya High Speed - HSR machinegadjahalphien wrote:Thread yg menarik om.
Yang menggelitik saya adalah, mengapa yang di ganti hanya impeller sja, bukan unit turbocharger utuh?
Kalo boleh berkomentar sisi technical :
CMIIW ya om Turboman
Berbicara ttg impeller (kipas), baik pompa centrifugal & turbo compressor.
Ada beberapa point penting ketika proses reinstall.
1. gap antara impeller dan volute
Gap dg impeller replacement harus sama dg impeller yg ori, terutama sisi out fluida. kalo ada gap 0.1 mm pun pasti drop efficiency nya.
2. kondisi volute itu sendiri, masih halus atau sudah bopeng.
Nah ini ujung-ujungnya drop efficiency lagi.
Kalo urusan titik balancing
Melihat om ganti impeller sisi fresh air (foto ke 2 post 1), idealnya membutuhkan rebalancing ulang bareng dg impeller sisi exhaust.
Terlepas titik balance sudah di lakukan, tapi jika berbicara ttg balancing. Balancing tidak sekedar titik/lokasi tapi berhubungan jg dengan berat komponen.
Apalagi komponen penggantinya dibuat menggunakan proses 5d axis milling vs original (sepertinya casting, tidak ada grid/alur2 khas milling), bisa jadi ada perbedaan berat, meski itu hanya 1gr saja.
Nah om pasang tanpa Final balancing ulang, ujung2nya mah justru kedua impeller (fresh side dan exhaust side) bakal touching dg volute nya. Mengingat impeller turbo pasti berputar di atas 10.000 rpm.
CMIIW ya om.
masalahnya di Indo gak ada yg punya mesin tsb, yg banyak = low speed Balans yg under 10.000 RPM
makanya ini masi dalam pengamatan, gimana long term nya
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: 17 Apr 2021, 18:45
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Etios valco
Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Permisi om turboman, semoga sehat selalu, gimana nih om, sudah 2 tahun kondisi upgrade billetnya saja, apakah oke? Dan boost brp bar daily? Rasanya gimana om?Turboman wrote: ↑13 Sep 2020, 14:11Benar idenya balance ulang, dan balans nya High Speed - HSR machinegadjahalphien wrote:Thread yg menarik om.
Yang menggelitik saya adalah, mengapa yang di ganti hanya impeller sja, bukan unit turbocharger utuh?
Kalo boleh berkomentar sisi technical :
CMIIW ya om Turboman
Berbicara ttg impeller (kipas), baik pompa centrifugal & turbo compressor.
Ada beberapa point penting ketika proses reinstall.
1. gap antara impeller dan volute
Gap dg impeller replacement harus sama dg impeller yg ori, terutama sisi out fluida. kalo ada gap 0.1 mm pun pasti drop efficiency nya.
2. kondisi volute itu sendiri, masih halus atau sudah bopeng.
Nah ini ujung-ujungnya drop efficiency lagi.
Kalo urusan titik balancing
Melihat om ganti impeller sisi fresh air (foto ke 2 post 1), idealnya membutuhkan rebalancing ulang bareng dg impeller sisi exhaust.
Terlepas titik balance sudah di lakukan, tapi jika berbicara ttg balancing. Balancing tidak sekedar titik/lokasi tapi berhubungan jg dengan berat komponen.
Apalagi komponen penggantinya dibuat menggunakan proses 5d axis milling vs original (sepertinya casting, tidak ada grid/alur2 khas milling), bisa jadi ada perbedaan berat, meski itu hanya 1gr saja.
Nah om pasang tanpa Final balancing ulang, ujung2nya mah justru kedua impeller (fresh side dan exhaust side) bakal touching dg volute nya. Mengingat impeller turbo pasti berputar di atas 10.000 rpm.
CMIIW ya om.
masalahnya di Indo gak ada yg punya mesin tsb, yg banyak = low speed Balans yg under 10.000 RPM
makanya ini masi dalam pengamatan, gimana long term nya
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 12 Replies
- 1310 Views
-
Last post by pendoli
-
- 44 Replies
- 4420 Views
-
Last post by chain90s
-
- 32 Replies
- 2526 Views
-
Last post by KielConstantine
-
- 27 Replies
- 4385 Views
-
Last post by ilhami
-
- 24 Replies
- 3723 Views
-
Last post by Asfur
-
- 40 Replies
- 3451 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 77 Replies
- 5262 Views
-
Last post by ctopher7
-
- 266 Replies
- 18999 Views
-
Last post by darrelund