Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: 31 Dec 2013, 21:57
Daily Vehicle: transjakarta

Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by carl »

Malam, SMers, mobil saya yang mau berusia 10 tahun belakangan ini air radiatornya keruh karena karat, kemarin sempet agak naik temp-nya dan diflush sama diganti waterpump sama termostat. Tetapi ga lama kemudian airnya kembali keruh ttp kondisi temperaturnya normal.

Kondisi radiator sendiri belum ada kebocoran, kira-kira untuk karat itu apakah cukup di-flush rutin atau langsung ganti radiator assy? Kemudian apabila radiator assy diganti, apa yang perlu dicek atau diganti agar bekas-bekas karat itu ga muncul (seperti di reservoir, atau pipa2 dsb)? Thanks.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Profith83 »

carl wrote: 05 Oct 2020, 18:15 Malam, SMers, mobil saya yang mau berusia 10 tahun belakangan ini air radiatornya keruh karena karat, kemarin sempet agak naik temp-nya dan diflush sama diganti waterpump sama termostat. Tetapi ga lama kemudian airnya kembali keruh ttp kondisi temperaturnya normal.

Kondisi radiator sendiri belum ada kebocoran, kira-kira untuk karat itu apakah cukup di-flush rutin atau langsung ganti radiator assy? Kemudian apabila radiator assy diganti, apa yang perlu dicek atau diganti agar bekas-bekas karat itu ga muncul (seperti di reservoir, atau pipa2 dsb)? Thanks.
Kalau radiatornya mobil jaman jadul yang bisa diservis dan disolder ada baiknya dibersihkan karatannya dulu. (dikorok)
Itupun karena sudah terlanjur ada karat di jalur air radiator maka kadang ada kerak ata karat yang terlepas lagi masuk ke radiator lagi.

1. Kalau saya korok sekali saja, setelah itu beli air aki yg tutup biru. Isikan
2. 2 hari kemudian ganti lagi
3. Ulangi lagi langkah nomer 2 sampai 3x ganti. Tujuannya agar karat/kerak air ikut kebuang waktu di tap.
4. Baru isi coolant.
5. Tiap 3 bulan buang coolant, sampai terkahir buang coolant tidak ada karat/endapan sama sekali baru tiap tahun diganti
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by bembenk95 »

Radiator tembaga/ almunium sepertinya ngak bakal berkarat om,
karat itu dari blok mesin yg masih dari casting besi. atau ada komp lain yg di jalur air radiator dr casting besi
cmimw

kalo ngak mau berkarat mesti di tambah cairan coolant yg ada rust inhibitor
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Omnibus »

coba dipastikan dulu bukan karena kebocoran kompresi silinder yg mencemari coolant. pakai alat test bentuknya cairan kimia.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 06 Oct 2020, 08:52 coba dipastikan dulu bukan karena kebocoran kompresi silinder yg mencemari coolant. pakai alat test bentuknya cairan kimia.
Kl kami d kampus asemreges, biasa sambil d gas liat ad gelembung2 kluar ga d tabung reservoir coolant mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by benzz89 »

Informasi dari TS kurang lengkap, di informasikan hanya disebutkan "air" radiator saja, tidak pernah disebutkan coolant radiator, jadi asumsi ane selama ini radiator hanya di isi air keran biasa aja, yang wajar jangka panjang akan membuat karat.

Mobil ane sudah 10 tahun lebih kemarin baru ganti water pump & thermostat aman2 aja, tidak ada karat sama sekali, karena memang dari baru radiator selalu isi coolant yang tiap 2 taon sekali di flush secara rutin.

Yang ane akan bingung adalah apabila sudah pakai coolant tapi masih juga berkarat, nah ini salahnya ada dimana? Coolant nya dicampur dengan air keran biasa (bukan distilled water), atau coolantnya tidak pernah di flush sama sekali dari mobil masih baru? Atau pakai coolant abal2 yang tidak jelas mereknya, yang mungkin isinya hanya air biasa yang dikasih semacam pewarna?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by marmut »

Omnibus wrote: 06 Oct 2020, 08:52 coba dipastikan dulu bukan karena kebocoran kompresi silinder yg mencemari coolant. pakai alat test bentuknya cairan kimia.

cairan kimia merk kuda terbang warna merah bisa mbah shifu?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 06 Oct 2020, 09:16 Informasi dari TS kurang lengkap, di informasikan hanya disebutkan "air" radiator saja, tidak pernah disebutkan coolant radiator, jadi asumsi ane selama ini radiator hanya di isi air keran biasa aja, yang wajar jangka panjang akan membuat karat.

Mobil ane sudah 10 tahun lebih kemarin baru ganti water pump & thermostat aman2 aja, tidak ada karat sama sekali, karena memang dari baru radiator selalu isi coolant yang tiap 2 taon sekali di flush secara rutin.

Yang ane akan bingung adalah apabila sudah pakai coolant tapi masih juga berkarat, nah ini salahnya ada dimana? Coolant nya dicampur dengan air keran biasa (bukan distilled water), atau coolantnya tidak pernah di flush sama sekali dari mobil masih baru? Atau pakai coolant abal2 yang tidak jelas mereknya, yang mungkin isinya hanya air biasa yang dikasih semacam pewarna?
Pake coolant tp ga perna diganti puluhan taon PASTI akan berkarat jg mbah

Karena aditip corrosion inhibitor pasti menurun seiring waktu, beda ama glycol2 laen nya yg awet, itulah tujuan rutin kuras coolant... tp ini kes mobil ampe puluhan taon yah ga dikuras

Tp kl cuman 5 taon mah mustinya gapapa utk coolant2 jaman skrg (dan wajip yg branded)


Btw dl an40 saya, lahir taon 2006, pas ganti water pump taon kmaren, nyaris ga ad karat samsek, cuman titik2 karat kecil banget di propeler water pump nya.. coolant gado2, dr toyota, seiken, prestone, ganti tiap perpanjang stnk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Omnibus »

marmut wrote: 06 Oct 2020, 09:57
Omnibus wrote: 06 Oct 2020, 08:52 coba dipastikan dulu bukan karena kebocoran kompresi silinder yg mencemari coolant. pakai alat test bentuknya cairan kimia.

cairan kimia merk kuda terbang warna merah bisa mbah shifu?
bisa mbah ....






bisa berubah wujud jd artefak radiatornya :big_weee:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by benzz89 »


DOHC wrote:
benzz89 wrote: 06 Oct 2020, 09:16 Informasi dari TS kurang lengkap, di informasikan hanya disebutkan "air" radiator saja, tidak pernah disebutkan coolant radiator, jadi asumsi ane selama ini radiator hanya di isi air keran biasa aja, yang wajar jangka panjang akan membuat karat.

Mobil ane sudah 10 tahun lebih kemarin baru ganti water pump & thermostat aman2 aja, tidak ada karat sama sekali, karena memang dari baru radiator selalu isi coolant yang tiap 2 taon sekali di flush secara rutin.

Yang ane akan bingung adalah apabila sudah pakai coolant tapi masih juga berkarat, nah ini salahnya ada dimana? Coolant nya dicampur dengan air keran biasa (bukan distilled water), atau coolantnya tidak pernah di flush sama sekali dari mobil masih baru? Atau pakai coolant abal2 yang tidak jelas mereknya, yang mungkin isinya hanya air biasa yang dikasih semacam pewarna?
Pake coolant tp ga perna diganti puluhan taon PASTI akan berkarat jg mbah

Karena aditip corrosion inhibitor pasti menurun seiring waktu, beda ama glycol2 laen nya yg awet, itulah tujuan rutin kuras coolant... tp ini kes mobil ampe puluhan taon yah ga dikuras

Tp kl cuman 5 taon mah mustinya gapapa utk coolant2 jaman skrg (dan wajip yg branded)


Btw dl an40 saya, lahir taon 2006, pas ganti water pump taon kmaren, nyaris ga ad karat samsek, cuman titik2 karat kecil banget di propeler water pump nya.. coolant gado2, dr toyota, seiken, prestone, ganti tiap perpanjang stnk
Kalau ganti coolant tiap perpanjang stnk masih karatan juga sih kebangeten mbah itu enginenya... rajin kali tiap taon ganti coolant, apa sudah gak tau lagi apa yang mau di DIY itu AN40 nya mbah [emoji38]
aam007
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 15 Sep 2020, 21:28

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by aam007 »

Om. Om.. Semuanya maaf nubie mau tanya nih, menurut manual book air radiator harus dikuras setelah sampai 200 rb km, apakah itu tidak kelamaan? Atau tiap berapa tahun wajarnya radiator harus dikuras?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Profith83 »

aam007 wrote: 06 Oct 2020, 11:21 Om. Om.. Semuanya maaf nubie mau tanya nih, menurut manual book air radiator harus dikuras setelah sampai 200 rb km, apakah itu tidak kelamaan? Atau tiap berapa tahun wajarnya radiator harus dikuras?
kayanya asumsi yang dibangun 200 rb KM seperti dibawah ini hitungannya
6 bulan 10rb KM
1 thn 20rb KM
10 thn 200rb KM

Logika diatas dengan asumsi mobil sering jarak jauh, tapi kalau cuma sering jalan pendek dan dengan kemacetan yang tinggi yang menyebabkan sirkulasi udara tidak bagus menyebabkan panas berlebih di mesin dan di radiator.
Sebaiknya separohnya saja diganti alias 5 thn.
Oh iya asumsi diatas dengan air coolant yang khusus. Kalau di Honda yang warna biru seliter 120 rb an. yang hijau 30rb an

Kalau saya sih mobil baru bolehlah 4 sd 5 thn. Tapi setelah itu tiap 2 thn ganti dengan yang hijau(honda). Kalau Toyota(merah) agak murah mirip yang hijau(honda) harganya

HRV seingat saya bawaan nya warna biru. Tapi setelah 4 thn tetap akan saya ganti yang hijau, 2 thn sekali buka tap dan isi lagi
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: 06 Oct 2020, 10:23
DOHC wrote:
benzz89 wrote: 06 Oct 2020, 09:16 Informasi dari TS kurang lengkap, di informasikan hanya disebutkan "air" radiator saja, tidak pernah disebutkan coolant radiator, jadi asumsi ane selama ini radiator hanya di isi air keran biasa aja, yang wajar jangka panjang akan membuat karat.

Mobil ane sudah 10 tahun lebih kemarin baru ganti water pump & thermostat aman2 aja, tidak ada karat sama sekali, karena memang dari baru radiator selalu isi coolant yang tiap 2 taon sekali di flush secara rutin.

Yang ane akan bingung adalah apabila sudah pakai coolant tapi masih juga berkarat, nah ini salahnya ada dimana? Coolant nya dicampur dengan air keran biasa (bukan distilled water), atau coolantnya tidak pernah di flush sama sekali dari mobil masih baru? Atau pakai coolant abal2 yang tidak jelas mereknya, yang mungkin isinya hanya air biasa yang dikasih semacam pewarna?
Pake coolant tp ga perna diganti puluhan taon PASTI akan berkarat jg mbah

Karena aditip corrosion inhibitor pasti menurun seiring waktu, beda ama glycol2 laen nya yg awet, itulah tujuan rutin kuras coolant... tp ini kes mobil ampe puluhan taon yah ga dikuras

Tp kl cuman 5 taon mah mustinya gapapa utk coolant2 jaman skrg (dan wajip yg branded)


Btw dl an40 saya, lahir taon 2006, pas ganti water pump taon kmaren, nyaris ga ad karat samsek, cuman titik2 karat kecil banget di propeler water pump nya.. coolant gado2, dr toyota, seiken, prestone, ganti tiap perpanjang stnk
Kalau ganti coolant tiap perpanjang stnk masih karatan juga sih kebangeten mbah itu enginenya... rajin kali tiap taon ganti coolant, apa sudah gak tau lagi apa yang mau di DIY itu AN40 nya mbah [emoji38]
buat mbah DOHC kuras radiator itu ibarat mandi sptnya om. setaun sekali aja udah dianggap telat. bagusnya malah sehari dua kali. :weekk:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Or4cle »

Kebetulan bahas coolant ...
Mastah - mastah ada yg pernah pakai coolant Zegen ? kualitas nya bagus gak ? Tune-up kemarin kuras raditor dicekoki coolant ini. Agak was-was, insecure dgn merk yg gak familier ini
Attachments
1601961691171.jpg
1601961691171.jpg (31.67 KiB) Viewed 960 times
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Profith83 »

Or4cle wrote: 06 Oct 2020, 12:28 Kebetulan bahas coolant ...
Mastah - mastah ada yg pernah pakai coolant Zegen ? kualitas nya bagus gak ? Tune-up kemarin kuras raditor dicekoki coolant ini. Agak was-was, insecure dgn merk yg gak familier ini
Bengkel nya bagus gak?
menurut saya sih kalau was was lebih baik ganti coolant yang bagus yang punya nama besar, pastikan juga asli.
Coolant tidak terlalu mahal, tapi kalau sampai keropos dan masuk ke jalur pembakaran bisa stress memperbaiki hal yang seharusnya bisa diantisipasi dari awal
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Or4cle »

Profith83 wrote: 06 Oct 2020, 12:54
Or4cle wrote: 06 Oct 2020, 12:28 Kebetulan bahas coolant ...
Mastah - mastah ada yg pernah pakai coolant Zegen ? kualitas nya bagus gak ? Tune-up kemarin kuras raditor dicekoki coolant ini. Agak was-was, insecure dgn merk yg gak familier ini
Bengkel nya bagus gak?
menurut saya sih kalau was was lebih baik ganti coolant yang bagus yang punya nama besar, pastikan juga asli.
Coolant tidak terlalu mahal, tapi kalau sampai keropos dan masuk ke jalur pembakaran bisa stress memperbaiki hal yang seharusnya bisa diantisipasi dari awal
Kalau bengkelnya sdh gak diragukan. Selama ini pakai Honda all season pre-mix type 1.
OK, mesti diganti drpd was-was knpa napa nantinya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 06 Oct 2020, 11:54
benzz89 wrote: 06 Oct 2020, 10:23
DOHC wrote:
Pake coolant tp ga perna diganti puluhan taon PASTI akan berkarat jg mbah

Karena aditip corrosion inhibitor pasti menurun seiring waktu, beda ama glycol2 laen nya yg awet, itulah tujuan rutin kuras coolant... tp ini kes mobil ampe puluhan taon yah ga dikuras

Tp kl cuman 5 taon mah mustinya gapapa utk coolant2 jaman skrg (dan wajip yg branded)


Btw dl an40 saya, lahir taon 2006, pas ganti water pump taon kmaren, nyaris ga ad karat samsek, cuman titik2 karat kecil banget di propeler water pump nya.. coolant gado2, dr toyota, seiken, prestone, ganti tiap perpanjang stnk
Kalau ganti coolant tiap perpanjang stnk masih karatan juga sih kebangeten mbah itu enginenya... rajin kali tiap taon ganti coolant, apa sudah gak tau lagi apa yang mau di DIY itu AN40 nya mbah [emoji38]
buat mbah DOHC kuras radiator itu ibarat mandi sptnya om. setaun sekali aja udah dianggap telat. bagusnya malah sehari dua kali. :weekk:
Ga cuman coolant seh

Oli power steering jg

Jd tiap kl perpanjang stnk, pe er nya jg banyak.. bayar pajek, ganti minyak rem, coolant, power steering

Itung2 investasi murah utk jangka panjang.. ntuh 3 item tsb ud saya buktiken d ex mobil jadul saya kmaren, ga ad yg rusak.. kcuali waterpump, stelah 200an rebu km baru rembes
benzz89 wrote: 06 Oct 2020, 10:23
Pake coolant ga jaminan 1000% bebas karat om

Coba aj rendem paku besi d dalem coolant yg keraton.. diemin setaon 2 taon, yakin saya pasti ad bintik2 karat walaupun dikit

Tp yahh tentu jauh lebi baik drpd aer ledeng.. itu setaon mungkin ud keropos kl paku nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by MSU »

carl wrote: 05 Oct 2020, 18:15 Malam, SMers, mobil saya yang mau berusia 10 tahun belakangan ini air radiatornya keruh karena karat, kemarin sempet agak naik temp-nya dan diflush sama diganti waterpump sama termostat. Tetapi ga lama kemudian airnya kembali keruh ttp kondisi temperaturnya normal.

Kondisi radiator sendiri belum ada kebocoran, kira-kira untuk karat itu apakah cukup di-flush rutin atau langsung ganti radiator assy? Kemudian apabila radiator assy diganti, apa yang perlu dicek atau diganti agar bekas-bekas karat itu ga muncul (seperti di reservoir, atau pipa2 dsb)? Thanks.
air keruh karena karat...bila ni mobil bekas baru beli & sebelumnya fanatik air ledeng...ya itu kerak2 udh puluhan tahun di dalam mesin om..pas diisi coolant memang akan kembali keruh, terutama di tabung reservoir krn coolant-nya sedikit ngangkat kerak2 itu

saran saya radiator ga perlu diganti...tp bawa ke tukang rojok aja
pengalaman sy bbrp kali beli mobil bekas >5thn...migrasi ke dari air ledeng ke coolant memang lama..stepnya kira2 :
1. flush pake obat...
2. bawa radiator ke tukang rojok
3. setelah step 2 sy pake coolant encer (dicampur ama air aki botol biru)
4. berkala cek tabung reservoir...buang endapan di dasar tabung
5. apabila ada yg bocor2 ya resiko...selama ini mgkn udh keropos tp ketutup kerak
6. setelah setahun buang coolant lama & naikin konsentrasi-nya...
7. kl di tabung udh ga ada endapan lg...isikan full coolant

btw kl ke tukang rojok & disuruh copot termostat dgn alasan spy dingin...jangan mau
aam007
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 15 Sep 2020, 21:28

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by aam007 »

Profith83 wrote:
aam007 wrote: 06 Oct 2020, 11:21 Om. Om.. Semuanya maaf nubie mau tanya nih, menurut manual book air radiator harus dikuras setelah sampai 200 rb km, apakah itu tidak kelamaan? Atau tiap berapa tahun wajarnya radiator harus dikuras?
kayanya asumsi yang dibangun 200 rb KM seperti dibawah ini hitungannya
6 bulan 10rb KM
1 thn 20rb KM
10 thn 200rb KM

Logika diatas dengan asumsi mobil sering jarak jauh, tapi kalau cuma sering jalan pendek dan dengan kemacetan yang tinggi yang menyebabkan sirkulasi udara tidak bagus menyebabkan panas berlebih di mesin dan di radiator.
Sebaiknya separohnya saja diganti alias 5 thn.
Oh iya asumsi diatas dengan air coolant yang khusus. Kalau di Honda yang warna biru seliter 120 rb an. yang hijau 30rb an

Kalau saya sih mobil baru bolehlah 4 sd 5 thn. Tapi setelah itu tiap 2 thn ganti dengan yang hijau(honda). Kalau Toyota(merah) agak murah mirip yang hijau(honda) harganya

HRV seingat saya bawaan nya warna biru. Tapi setelah 4 thn tetap akan saya ganti yang hijau, 2 thn sekali buka tap dan isi lagi
Terima kasih banyak om Prof ulasannya... Kebetulan mobil saya Honda juga.. Dan saya pake coolant honda type 2. Jadi jangan nunggu 200 rb km yaa... Setelah 5 tahun aja ya kuras...
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Profith83 »

aam007 wrote: 06 Oct 2020, 21:04
Profith83 wrote:
aam007 wrote: 06 Oct 2020, 11:21 Om. Om.. Semuanya maaf nubie mau tanya nih, menurut manual book air radiator harus dikuras setelah sampai 200 rb km, apakah itu tidak kelamaan? Atau tiap berapa tahun wajarnya radiator harus dikuras?
kayanya asumsi yang dibangun 200 rb KM seperti dibawah ini hitungannya
6 bulan 10rb KM
1 thn 20rb KM
10 thn 200rb KM

Logika diatas dengan asumsi mobil sering jarak jauh, tapi kalau cuma sering jalan pendek dan dengan kemacetan yang tinggi yang menyebabkan sirkulasi udara tidak bagus menyebabkan panas berlebih di mesin dan di radiator.
Sebaiknya separohnya saja diganti alias 5 thn.
Oh iya asumsi diatas dengan air coolant yang khusus. Kalau di Honda yang warna biru seliter 120 rb an. yang hijau 30rb an

Kalau saya sih mobil baru bolehlah 4 sd 5 thn. Tapi setelah itu tiap 2 thn ganti dengan yang hijau(honda). Kalau Toyota(merah) agak murah mirip yang hijau(honda) harganya

HRV seingat saya bawaan nya warna biru. Tapi setelah 4 thn tetap akan saya ganti yang hijau, 2 thn sekali buka tap dan isi lagi
Terima kasih banyak om Prof ulasannya... Kebetulan mobil saya Honda juga.. Dan saya pake coolant honda type 2. Jadi jangan nunggu 200 rb km yaa... Setelah 5 tahun aja ya kuras...
Oh iya tambahan info baca di manual book untuk HRV kalau penggantian awal memang 10 thn. kalau kita discount 50% jadi 5 thn karena sering macet dan iklim tropis yang cenderung panas.
Sedangkan penggantian berikutnya separuh dari yang pertama. Kalau pertama 5 tahun maka ganti tiap 2 tahun saja.

kalau om @DOHC gantinya tiap tahun tapi yang ijo sptnya.
Saya sendiri Mobilio pakai coolant yang warna hijau, awal 4 thn baru ganti. Sekarang maunya tiap 2 thn ganti. Mobil masih berumur 5 thn

Om @DOHC mobilnya sudah belasan tahun pakai cara ganti tiap 1 thn. BTW saya juga ingin tahu kenapa gak ganti tiap 2 thn?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by DOHC »

Profith83 wrote: 07 Oct 2020, 08:15
aam007 wrote: 06 Oct 2020, 21:04
Profith83 wrote: kayanya asumsi yang dibangun 200 rb KM seperti dibawah ini hitungannya
6 bulan 10rb KM
1 thn 20rb KM
10 thn 200rb KM

Logika diatas dengan asumsi mobil sering jarak jauh, tapi kalau cuma sering jalan pendek dan dengan kemacetan yang tinggi yang menyebabkan sirkulasi udara tidak bagus menyebabkan panas berlebih di mesin dan di radiator.
Sebaiknya separohnya saja diganti alias 5 thn.
Oh iya asumsi diatas dengan air coolant yang khusus. Kalau di Honda yang warna biru seliter 120 rb an. yang hijau 30rb an

Kalau saya sih mobil baru bolehlah 4 sd 5 thn. Tapi setelah itu tiap 2 thn ganti dengan yang hijau(honda). Kalau Toyota(merah) agak murah mirip yang hijau(honda) harganya

HRV seingat saya bawaan nya warna biru. Tapi setelah 4 thn tetap akan saya ganti yang hijau, 2 thn sekali buka tap dan isi lagi
Terima kasih banyak om Prof ulasannya... Kebetulan mobil saya Honda juga.. Dan saya pake coolant honda type 2. Jadi jangan nunggu 200 rb km yaa... Setelah 5 tahun aja ya kuras...
Oh iya tambahan info baca di manual book untuk HRV kalau penggantian awal memang 10 thn. kalau kita discount 50% jadi 5 thn karena sering macet dan iklim tropis yang cenderung panas.
Sedangkan penggantian berikutnya separuh dari yang pertama. Kalau pertama 5 tahun maka ganti tiap 2 tahun saja.

kalau om @DOHC gantinya tiap tahun tapi yang ijo sptnya.
Saya sendiri Mobilio pakai coolant yang warna hijau, awal 4 thn baru ganti. Sekarang maunya tiap 2 thn ganti. Mobil masih berumur 5 thn

Om @DOHC mobilnya sudah belasan tahun pakai cara ganti tiap 1 thn. BTW saya juga ingin tahu kenapa gak ganti tiap 2 thn?
Krn saya mau bkin habit aj om

Kl 2 taon takut kelupaan.. toh lagian coolant ijo kan murah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Omnibus »

hmm ...

bagaimana kl ternyata pakai super long life coolant 5 thn (atau bahkan 10 thn) lebih tidak berkarat drpd pakai coolant ijo ganti tiap 1 thn.

sama spt bagaimana kl ternyata pakai oli keraton ganti 1 thn sekali mesin lebih bersih dan wear minimum drpd pakai oli low-end (tp asli) ganti tiap 3000km sekali. katakanlah pada akhirnya total biaya hampir sama.









jawabannya: tdk berlaku bagi DIYers krn emang nyari2 kerjaan.
.................... :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 07 Oct 2020, 10:12 hmm ...

bagaimana kl ternyata pakai super long life coolant 5 thn (atau bahkan 10 thn) lebih tidak berkarat drpd pakai coolant ijo ganti tiap 1 thn.

sama spt bagaimana kl ternyata pakai oli keraton ganti 1 thn sekali mesin lebih bersih dan wear minimum drpd pakai oli low-end (tp asli) ganti tiap 3000km sekali. katakanlah pada akhirnya total biaya hampir sama.









jawabannya: tdk berlaku bagi DIYers krn emang nyari2 kerjaan.
.................... :ngacir:
Pertanyaan dan jawapan lgs dlam satu post.. :big_weee:

Kl d luar negeri, jadwal minyak rem aj bisa ampe 20-30 rebu MILES.. lah kl DIYers, 10 rebu KM aj ud gatel

Fan belt umur bisa 100 rebu, lah 12 rebu aj ud mau ganti, katanya melar :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by Or4cle »

Pakai Honda all season pre-mix type 1 (warna hijau) sudah bagus, murah meriah asal dikuras setiap 2 tahun.
Saya dah pakai 15 taon, radiator tidak pernah bermasalah dan waktu dikuras pun secara fisik warna coolant tetap bagus.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
Profith83 wrote: 07 Oct 2020, 08:15
aam007 wrote: 06 Oct 2020, 21:04 Terima kasih banyak om Prof ulasannya... Kebetulan mobil saya Honda juga.. Dan saya pake coolant honda type 2. Jadi jangan nunggu 200 rb km yaa... Setelah 5 tahun aja ya kuras...
Oh iya tambahan info baca di manual book untuk HRV kalau penggantian awal memang 10 thn. kalau kita discount 50% jadi 5 thn karena sering macet dan iklim tropis yang cenderung panas.
Sedangkan penggantian berikutnya separuh dari yang pertama. Kalau pertama 5 tahun maka ganti tiap 2 tahun saja.

kalau om @DOHC gantinya tiap tahun tapi yang ijo sptnya.
Saya sendiri Mobilio pakai coolant yang warna hijau, awal 4 thn baru ganti. Sekarang maunya tiap 2 thn ganti. Mobil masih berumur 5 thn

Om @DOHC mobilnya sudah belasan tahun pakai cara ganti tiap 1 thn. BTW saya juga ingin tahu kenapa gak ganti tiap 2 thn?
Krn saya mau bkin habit aj om

Kl 2 taon takut kelupaan.. toh lagian coolant ijo kan murah
Nah ini... ganti oli mesin 1 taon sekali aja kadang bisa lupa kelewatan dikit2, lalu ganti oli matic, gardan, minyak rem, power sterring, coolant kalau lewat dari 2 taon yah memang bablas sih kebanyakannya.

DIY'ers macam Om Omni yang ganti oli mesin Amsoil SS di 7 ribu km atau Om Klep yang ganti minyak rem & coolant setahun sekali yah mobilnya pasti super sehat waalfiat... meski di mata orang awam = pemborosan [emoji16]
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post