Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pulsy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Tue Jun 10, 2008 7:14

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by pulsy »

marmut wrote: Wed Apr 17, 2024 3:33
pulsy wrote: Wed Apr 17, 2024 3:08

Jadi ceritanya kemarin abis spooring om di B-quick hasil spooring chamber kiri Minus satu, menurut mekanik dia ga bisa setel kalo chamber yang bisa disetel cuma caster sama toe. Kemungkinan bisa minus satu ini ada bongkar shockbreaker atau karet shock pas masang ga pas. Disaranin kalo mau dibongkar ulang tutup karet shock yang kiri samain sama yang kanan karena yang kanan masih masuk toleransi. Kalo ga mau bongkar pake baut chamber yang bisa disetel2.

FYI hasil foto spooring pas lagi dikerjain, yang print2 hasil selesai spooring lupa difoto.
Kalo ga salah inget yang center sama toe da ijo semua. cuma chamber kiri yang masih minus
WhatsApp Image 2024-04-17 at 09.17.04.jpeg



baut top mounting yg 3 pcs itu bisa digeser sedikit walopun mungkin nggak sempurna hasilnya. kendorin aja trus geser paksa buat cari sudut paling maksimal.



images.jpeg



kalo lower strut bolt diganti, sudut CAMBER hub (roda) memang bisa berubah sesuai keinginan, tapi sudut CAMBER strut assy (shock depan) pun ikut berubah sudutnya jadi makin tegak.



images (1).jpeg
images (2).jpeg



efeknya, saat high speed ayunan suspensi depan jadi nggak sama antara kiri dan kanan. bahasa mudahnya "terasa limbung".

nb :
CAMBER, nggak pake "h". bukan chamber.
2 kata beda arti beda penggunaan.

tapi balik lg keputusan ada di pemilik mobil.

:beer:
Siap Mbah, maap Newbie mbah ga tau beda antara chamber sama camber. Hahaha...
Berarti nanti bisa ya mbah mintol di Beres atau bisa nih sowan ke tempat Mbah Marmut yang baru :frm_tumbright:

Berarti tetep masih bagusan pake yang ori ya mbah daripada beli yang 3rd party?
Sebenernya sih ga gt berasa ke kiri cuma kalo di tol pas kenceng kalo ga dipegang baru keliatan/berasa lari dikit ke kiri.

Kalo Limbung sih saat ini ga berasa, lari 120 kemarin masih stabil.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

pulsy wrote: Wed Apr 17, 2024 3:42

...
Berarti nanti bisa ya mbah mintol di Beres atau bisa nih sowan ke tempat Mbah Marmut yang baru :frm_tumbright:

Berarti tetep masih bagusan pake yang ori ya mbah daripada beli yang 3rd party?
Sebenernya sih ga gt berasa ke kiri cuma kalo di tol pas kenceng kalo ga dipegang baru keliatan/berasa lari dikit ke kiri.

Kalo Limbung sih saat ini ga berasa, lari 120 kemarin masih stabil.


lower strut bolt alias baut shock bawah (yg ada 2) jangan pernah dikutak katik apalagi diganti camber bolt.

buat setel baut pegangan shock yg atas, harus pas lg spooring jadi langsung ketauan ada perubahan apa enggak.
kalo bengkel spooring alesan aiueo ina inu ga bisa nyetel, suruh tutup aja jangan buka spooringan lagi.
mending dagang bala² di trotoar.......
pulsy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Tue Jun 10, 2008 7:14

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by pulsy »

marmut wrote: Wed Apr 17, 2024 6:59
pulsy wrote: Wed Apr 17, 2024 3:42

...
Berarti nanti bisa ya mbah mintol di Beres atau bisa nih sowan ke tempat Mbah Marmut yang baru :frm_tumbright:

Berarti tetep masih bagusan pake yang ori ya mbah daripada beli yang 3rd party?
Sebenernya sih ga gt berasa ke kiri cuma kalo di tol pas kenceng kalo ga dipegang baru keliatan/berasa lari dikit ke kiri.

Kalo Limbung sih saat ini ga berasa, lari 120 kemarin masih stabil.


lower strut bolt alias baut shock bawah (yg ada 2) jangan pernah dikutak katik apalagi diganti camber bolt.

buat setel baut pegangan shock yg atas, harus pas lg spooring jadi langsung ketauan ada perubahan apa enggak.
kalo bengkel spooring alesan aiueo ina inu ga bisa nyetel, suruh tutup aja jangan buka spooringan lagi.
mending dagang bala² di trotoar.......
Siap.... Mbah, berarti nanti pas Service di Beres aja spooring ulang ya minta dibongkar + langsung spooring karena kalo pake ilmu keker mbah dukun masih bisa meleset.
mending dagang bala² di trotoar.......
Wkwkwkwkw........... untung ada Mbah Marmut dapet wejangan ga langsung maen ganti lower strut bolt.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

Lipindut l11 2018
Km 143rb
Pernah ganti kampas depan terakhir km 80rban di 2022

Hasil ga kepantau dan pake aja oleh ade
Kampas ketemu rotor bunyi grok²
Da buang deh, ganti rotor ama kampas skalian
Kampas belakang sisa dikit juga

Overall ok harga 450rb per disc kata champion sih ori
Kampas keyvalue nissan 400rbansepasang
Kampas belakang 200rban sepasang
Screenshot_20240510-210832_Gallery.jpg
Screenshot_20240510-210853_Gallery.jpg
Screenshot_20240510-210838_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.