TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro

Post by DOHC »

devin96 wrote: 03 Dec 2020, 18:55
DOHC wrote: 05 May 2020, 23:12 Enjin block drain nya ga d buka om, odo masi 40an rebu ini.. lagian jg warna coolant nya ga taunya masi mirip ama warna coolant baru

Idle learningnya, cabut aki aj.. ga ad beda apa2 sehh antara sblom ama sesudah nya

Iya sehh itu kl dsambungin belalai, posisi intake jd naek ampe stengah pintu, tp dgn dcopotin extention itu, toh ud d atas posisi ban, jd yah kayanya ane biarin in aj, toh jg slama ini ane ga perna lewatin banjir ampe 1 ban

Turbo ? Masi demen mesin N/a dl om
Om DOHC mau tanya dong, kalo mesin TR ini kalo bongkar throttle body lalu pasang lagi RPM mesin naik turun ga ya kaya di mobil2 honda/nissan? pengen coba bersihin TB fortuner bensin (2TR FE) cuma saya takut RPM-nya naik turun dan harus reset pake scanner, tp sepertinya mobil2 toyota resetnya bsa cuma cabut aki aja ya om?

Oh iya btw tipe busi std (bawaan pabrik) innova reborn ini apakah pake tipe busi yg sama dgn generasi sblmnya atau udh pake tipe iridium ya om?
bongkar dalam arti apa dl neh om ? ampe buka rumah gear nya ?

atau cuman sekedar lap2 bersih doank ?

kl saya biasa kontak on tp enjin off, trus pake tongkat kayu buat ganjel pedal gas mentok lantai.. nah kan posisi skep kebuka tuh, dilap bersih deh..

itu ud sering banget saya ngerjain gt utk inofa bensin lama (1TR non euro) ampe ribon (1TR 2vvti), ga perna cek enjin nyala apapun itu.. rpm pasti pas baru nyalain lgs tinggi dikit.. tp beberapa detik lgs normal.. ga ad masalah

busi bawaan inofa ribon bawaannya beda ama inofa sblom nya.. yg ribon pake double tip iridium
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro

Post by devin96 »

DOHC wrote: 03 Dec 2020, 23:40
devin96 wrote: 03 Dec 2020, 18:55
Om DOHC mau tanya dong, kalo mesin TR ini kalo bongkar throttle body lalu pasang lagi RPM mesin naik turun ga ya kaya di mobil2 honda/nissan? pengen coba bersihin TB fortuner bensin (2TR FE) cuma saya takut RPM-nya naik turun dan harus reset pake scanner, tp sepertinya mobil2 toyota resetnya bsa cuma cabut aki aja ya om?

Oh iya btw tipe busi std (bawaan pabrik) innova reborn ini apakah pake tipe busi yg sama dgn generasi sblmnya atau udh pake tipe iridium ya om?
bongkar dalam arti apa dl neh om ? ampe buka rumah gear nya ?

atau cuman sekedar lap2 bersih doank ?

kl saya biasa kontak on tp enjin off, trus pake tongkat kayu buat ganjel pedal gas mentok lantai.. nah kan posisi skep kebuka tuh, dilap bersih deh..

itu ud sering banget saya ngerjain gt utk inofa bensin lama (1TR non euro) ampe ribon (1TR 2vvti), ga perna cek enjin nyala apapun itu.. rpm pasti pas baru nyalain lgs tinggi dikit.. tp beberapa detik lgs normal.. ga ad masalah

busi bawaan inofa ribon bawaannya beda ama inofa sblom nya.. yg ribon pake double tip iridium
Iya om bongkar total, jadi kita cabut throttle bodynya. Apa kira2 RPM-nya akan naik yaa dan perlu reset pakai scanner?
Nah kalo pake metode yang sekedar lap2 bersih (dgn posisi TB tetap terpasang ) seperti yg om lakukan sepertinya jauh lebih aman ya om dari risiko RPM naik?

Ohh businya beda yaa om, saya pikir businya masih sama dengan innova lama karena mesin juga secara keseluruhan mirip2 ajaa
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro

Post by DOHC »

devin96 wrote: 05 Dec 2020, 18:33
DOHC wrote: 03 Dec 2020, 23:40
devin96 wrote: 03 Dec 2020, 18:55
Om DOHC mau tanya dong, kalo mesin TR ini kalo bongkar throttle body lalu pasang lagi RPM mesin naik turun ga ya kaya di mobil2 honda/nissan? pengen coba bersihin TB fortuner bensin (2TR FE) cuma saya takut RPM-nya naik turun dan harus reset pake scanner, tp sepertinya mobil2 toyota resetnya bsa cuma cabut aki aja ya om?

Oh iya btw tipe busi std (bawaan pabrik) innova reborn ini apakah pake tipe busi yg sama dgn generasi sblmnya atau udh pake tipe iridium ya om?
bongkar dalam arti apa dl neh om ? ampe buka rumah gear nya ?

atau cuman sekedar lap2 bersih doank ?

kl saya biasa kontak on tp enjin off, trus pake tongkat kayu buat ganjel pedal gas mentok lantai.. nah kan posisi skep kebuka tuh, dilap bersih deh..

itu ud sering banget saya ngerjain gt utk inofa bensin lama (1TR non euro) ampe ribon (1TR 2vvti), ga perna cek enjin nyala apapun itu.. rpm pasti pas baru nyalain lgs tinggi dikit.. tp beberapa detik lgs normal.. ga ad masalah

busi bawaan inofa ribon bawaannya beda ama inofa sblom nya.. yg ribon pake double tip iridium
Iya om bongkar total, jadi kita cabut throttle bodynya. Apa kira2 RPM-nya akan naik yaa dan perlu reset pakai scanner?
Nah kalo pake metode yang sekedar lap2 bersih (dgn posisi TB tetap terpasang ) seperti yg om lakukan sepertinya jauh lebih aman ya om dari risiko RPM naik?

Ohh businya beda yaa om, saya pikir businya masih sama dengan innova lama karena mesin juga secara keseluruhan mirip2 ajaa
RPM sehh pasti naek om kl abis bersihin TB.. cuman kl bongkar gear daleman, yah kadang sensor TPS nya bsa error.. lagian, TB ipah itu awet banget koq, jauhhhh lebi awet drpd apanja punya.. jadi yah ngapain dibongkar2 daleman nya jg

metode lap2 sehh saya ud coba di inofa 1TR non euro saya dl, dan di inofa reborn saya yg skrg.. 2 2 nya aman.. blom perna aneh2 macem

busi nya sehh beda, tp kl tanya2 ama mbah marmut dan omnibus di tret sebelah, kata mreka gapapa koq subtitusi mo nikel atau iridium.. yg penting ukuran drat sama, diameter sama, heat range sama
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro

Post by devin96 »

DOHC wrote: 05 Dec 2020, 19:17
RPM sehh pasti naek om kl abis bersihin TB.. cuman kl bongkar gear daleman, yah kadang sensor TPS nya bsa error.. lagian, TB ipah itu awet banget koq, jauhhhh lebi awet drpd apanja punya.. jadi yah ngapain dibongkar2 daleman nya jg

metode lap2 sehh saya ud coba di inofa 1TR non euro saya dl, dan di inofa reborn saya yg skrg.. 2 2 nya aman.. blom perna aneh2 macem

busi nya sehh beda, tp kl tanya2 ama mbah marmut dan omnibus di tret sebelah, kata mreka gapapa koq subtitusi mo nikel atau iridium.. yg penting ukuran drat sama, diameter sama, heat range sama
Maksud saya di bongkar itu di lepas om throttle body dari intake manifold supaya bersihinnya lebih enak gitu dan tuntas, tp takutnya nanti RPM naik hehe. Jadi mending di lap2 aja ya TB-nya (tanpa bongkar) biar lebih aman dari RPM naik.

Oo gitu om siap deh, saya nanti mau coba pake busi iridiumnya aja khusus buat 2TR-FE dari denso
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post