New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by Herman7103 »

yohanesw wrote:
xv40user wrote:selamat sore semua..
sebelumnya saya disini tidak berniat menjelekan pihak manapun.. saya hanya ingin mencari pendapat/saran dari agan2 semua
kebetulan saya pemilik new livina VL 2019.. pembelian juli 2019 yang termasuk kena recall..
kebetulan juga mobil ini kebanyakan yang pakai istri saya untuk PP kantor dan rumah..
saat servis pertama kali di km 1000 nissan puri... saya utarakan keluhan2 yg saya dan istri saya alami saat mengendarai new livina ini.. yaitu saat mesin terasa seperti menghentak sendiri saat tuas transmisi di posisi D dan mobil dalam keadaan menanjak.. lalu bunyi di shock kiri belakang yg saat melewati gajrukan saja bunyi jedug dug.. fyi.. saya sehari2 pakai sedan.. dan tidak pernah suspensi sampai bunyi jedug saat melewati gajrukan yg sama.. hasilnya pd saat itu belum ditemukan sumber mslhnya.. saya pkir ya sudahlah.. nanti saya coba di dealer lain dekat rumah.. saya jg baru pertama kali pakai merk Nissan.. kemudian keesokan pagi nya saya panaskan mobil.. ada bunyi tek tek tek tek dr kap mesin dalam posisi mesin idle..
saya berpikir bunyi tsb wajar dan bukan masalah besar.. sampai kemudian di ingatkan untuk servis 10rb.. kilometer mobil saat itu hanya 2600an.. maklum jarak rumah dan kantor istri tdak jauh.. saat servis 10rb.. saya sempat singgung mslh power window yg kadang ga mau otomatis dan bunyi mesin..
mslh power window beres.. tp bunyi tidak keluar kata pihak nissan.. disini saya servis 10rb di nissan gading serpong.. karen lokasi nya dekat dengan rumah saya..
karena bunyi tidak keluar saat diservis.. ya saya positif thinking saja.. berarti memang itu wajar dan bukan masalah.. mobil terus digunakan sampai di bulan juni kemarin ada mncul peringatan servis kembali.. servis 20rb km.. sedangkan kilometer mobil saat itu hanya 4rban km...
saya datang kembali ke nissan gading serpong.. seraya berkeluh kesah lagi mengenai otomatis power window yg gagal otomatis dan bunyi tek tek tek dr dalam kap mesin.. dr situ sama seperti bbrpa bulan lalu.. power window beres.. tetapi bunyi katanya tidak ada atau tidak keluar..
ya sudah saya bawa pulang kendaraan seperti biasa.. selang 2 hari.. pas hari senin ada sms masuk utk ke dealer nissan terdekat.. karena livina saya termasuk unit yg kena recall.. saat yang sama juga servis advisor nissan gading serpong yg menangani livina saya menghubungi utk coba kembali ke bengkel utk recall dan pengecekan lebih lanjut..
ya berselang beberapa hri saya ke bengkel nissan gading serpong kembali.. untuk recall dan cek bunyi2.. disini saya menunggu di bngkel.. sekitar 3 jam.. servis advisor memberi tahu saya.. bunyi nya keluar.. tapi belum ditemukan sumber nya darimana.. disitu saya dikasih opsi untuk nggu dealer hub nissan pusat atau tinggal.. karena saya ada keperluan lain.. mobil saya tinggal..
setelah itu servis advisor dr nissan Gading serpong cukup komunikatif dengan saya melalui WA.. di awal saya sempat menanyakan.. apabila itu dr mesin.. apakah ad kemungkinan turun mesin? lalu dijawab iya..
nah selang sekitar seminggu mobil saya nginap di nissan Gading serpong.. hari ini di info kalo mau cek dalam mesin yang otomatis berarti harus turun mesin..
menurut para suhu disini.. apa yg harus saya sampaikan ke nissan gading serpong? adakah solusi lain? karena kebetulan ini pengalaman pertama saya punya mobil yg belum setahun tp sudah hrus turun mesin.. kira2 langkah apa yg harus saya ambil?
ohya sekali lagi disini saya tidak berniat menjelekan pihak manapun.. karena komunikasi berjalan dengan baik.. saya juga dipinjamkun mobil pengganti utk aktivitas isteri saya.. saya murni ingin minta saran untuk langkah2 kedepan mengenai apa yg harus saya lakukan..

terima kasih
mereknya boleh nissan tapi semua partnya dari mitsubishi om, untuk kasus om kemungkinan besar swap engine, beberapa kasus di xpander juga ada yg bunyi kaya mesin diesel, itu cacat dari mesinnya.

kalo bunyi kaki masih baru sih biasa shocknya uda bocor itu, penyakit xp juga, kalo power window kayanya masalah dari switchnya
Yup merk re badge Nissan tapi part
Mistsuxxxxx , Blunder dari Nissan Indomobil. Punya mesin HR15DE Twin VTC, bukannya di re~design tampilan mobil nya jadi next gwneration. eh malah discontinue wkwkwk padahal tuh mesin HR15DE twin VTC yg sudah 6 tahun lebih gue cekokin bensin termurah premium tanpa ada masalah I Like it much.
Punya mesin HR16DE Twin VTC tapi kagak pernah digunakan untuk product Next generation GL padahal sudah lama dipakai untuk Nissan Sylphy yg penjualannya tahun ini sangat moncer dan menduduki tahta pertama mobil terlaris di China Market penjualannya menggeser VW Lavida.
0_Screenshot_2020-06-22-16-40-07-609_com.opera.mini.native.jpg
0_Screenshot_2020-06-22-16-40-07-609_com.opera.mini.native.jpg (36.14 KiB) Viewed 1026 times
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by ChZ »

yohanesw wrote: 08 Jul 2020, 14:28
mereknya boleh nissan tapi semua partnya dari mitsubishi om, untuk kasus om kemungkinan besar swap engine, beberapa kasus di xpander juga ada yg bunyi kaya mesin diesel, itu cacat dari mesinnya.

kalo bunyi kaki masih baru sih biasa shocknya uda bocor itu, penyakit xp juga, kalo power window kayanya masalah dari switchnya
kerjaan mbah bebonk pasti... diganti 4n15... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 12 May 2020, 12:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by AR93 »

Herman7103 wrote: 08 Jul 2020, 14:56
yohanesw wrote:
xv40user wrote:selamat sore semua..
sebelumnya saya disini tidak berniat menjelekan pihak manapun.. saya hanya ingin mencari pendapat/saran dari agan2 semua
kebetulan saya pemilik new livina VL 2019.. pembelian juli 2019 yang termasuk kena recall..
kebetulan juga mobil ini kebanyakan yang pakai istri saya untuk PP kantor dan rumah..
saat servis pertama kali di km 1000 nissan puri... saya utarakan keluhan2 yg saya dan istri saya alami saat mengendarai new livina ini.. yaitu saat mesin terasa seperti menghentak sendiri saat tuas transmisi di posisi D dan mobil dalam keadaan menanjak.. lalu bunyi di shock kiri belakang yg saat melewati gajrukan saja bunyi jedug dug.. fyi.. saya sehari2 pakai sedan.. dan tidak pernah suspensi sampai bunyi jedug saat melewati gajrukan yg sama.. hasilnya pd saat itu belum ditemukan sumber mslhnya.. saya pkir ya sudahlah.. nanti saya coba di dealer lain dekat rumah.. saya jg baru pertama kali pakai merk Nissan.. kemudian keesokan pagi nya saya panaskan mobil.. ada bunyi tek tek tek tek dr kap mesin dalam posisi mesin idle..
saya berpikir bunyi tsb wajar dan bukan masalah besar.. sampai kemudian di ingatkan untuk servis 10rb.. kilometer mobil saat itu hanya 2600an.. maklum jarak rumah dan kantor istri tdak jauh.. saat servis 10rb.. saya sempat singgung mslh power window yg kadang ga mau otomatis dan bunyi mesin..
mslh power window beres.. tp bunyi tidak keluar kata pihak nissan.. disini saya servis 10rb di nissan gading serpong.. karen lokasi nya dekat dengan rumah saya..
karena bunyi tidak keluar saat diservis.. ya saya positif thinking saja.. berarti memang itu wajar dan bukan masalah.. mobil terus digunakan sampai di bulan juni kemarin ada mncul peringatan servis kembali.. servis 20rb km.. sedangkan kilometer mobil saat itu hanya 4rban km...
saya datang kembali ke nissan gading serpong.. seraya berkeluh kesah lagi mengenai otomatis power window yg gagal otomatis dan bunyi tek tek tek dr dalam kap mesin.. dr situ sama seperti bbrpa bulan lalu.. power window beres.. tetapi bunyi katanya tidak ada atau tidak keluar..
ya sudah saya bawa pulang kendaraan seperti biasa.. selang 2 hari.. pas hari senin ada sms masuk utk ke dealer nissan terdekat.. karena livina saya termasuk unit yg kena recall.. saat yang sama juga servis advisor nissan gading serpong yg menangani livina saya menghubungi utk coba kembali ke bengkel utk recall dan pengecekan lebih lanjut..
ya berselang beberapa hri saya ke bengkel nissan gading serpong kembali.. untuk recall dan cek bunyi2.. disini saya menunggu di bngkel.. sekitar 3 jam.. servis advisor memberi tahu saya.. bunyi nya keluar.. tapi belum ditemukan sumber nya darimana.. disitu saya dikasih opsi untuk nggu dealer hub nissan pusat atau tinggal.. karena saya ada keperluan lain.. mobil saya tinggal..
setelah itu servis advisor dr nissan Gading serpong cukup komunikatif dengan saya melalui WA.. di awal saya sempat menanyakan.. apabila itu dr mesin.. apakah ad kemungkinan turun mesin? lalu dijawab iya..
nah selang sekitar seminggu mobil saya nginap di nissan Gading serpong.. hari ini di info kalo mau cek dalam mesin yang otomatis berarti harus turun mesin..
menurut para suhu disini.. apa yg harus saya sampaikan ke nissan gading serpong? adakah solusi lain? karena kebetulan ini pengalaman pertama saya punya mobil yg belum setahun tp sudah hrus turun mesin.. kira2 langkah apa yg harus saya ambil?
ohya sekali lagi disini saya tidak berniat menjelekan pihak manapun.. karena komunikasi berjalan dengan baik.. saya juga dipinjamkun mobil pengganti utk aktivitas isteri saya.. saya murni ingin minta saran untuk langkah2 kedepan mengenai apa yg harus saya lakukan..

terima kasih
mereknya boleh nissan tapi semua partnya dari mitsubishi om, untuk kasus om kemungkinan besar swap engine, beberapa kasus di xpander juga ada yg bunyi kaya mesin diesel, itu cacat dari mesinnya.

kalo bunyi kaki masih baru sih biasa shocknya uda bocor itu, penyakit xp juga, kalo power window kayanya masalah dari switchnya
Yup merk re badge Nissan tapi part
Mistsuxxxxx , Blunder dari Nissan Indomobil. Punya mesin HR15DE Twin VTC, bukannya di re~design tampilan mobil nya jadi next gwneration. eh malah discontinue wkwkwk padahal tuh mesin HR15DE twin VTC yg sudah 6 tahun lebih gue cekokin bensin termurah premium tanpa ada masalah I Like it much.
Punya mesin HR16DE Twin VTC tapi kagak pernah digunakan untuk product Next generation GL padahal sudah lama dipakai untuk Nissan Sylphy yg penjualannya tahun ini sangat moncer dan menduduki tahta pertama mobil terlaris di China Market penjualannya menggeser VW Lavida. 0_Screenshot_2020-06-22-16-40-07-609_com.opera.mini.native.jpg
HR16DE gak ekonomis buat pasar Indonesia karena begitu kapasitas mesin menyentuh diatas 1.500 cc otomatis PPnBM kena 20% bukan 10%. GL, Evalia dan Juke aslinya HR16DE, khusus pasar sini downgrade jadi HR15DE
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by Herman7103 »

AR93 wrote:
Herman7103 wrote: 08 Jul 2020, 14:56
yohanesw wrote: mereknya boleh nissan tapi semua partnya dari mitsubishi om, untuk kasus om kemungkinan besar swap engine, beberapa kasus di xpander juga ada yg bunyi kaya mesin diesel, itu cacat dari mesinnya.

kalo bunyi kaki masih baru sih biasa shocknya uda bocor itu, penyakit xp juga, kalo power window kayanya masalah dari switchnya
Yup merk re badge Nissan tapi part
Mistsuxxxxx , Blunder dari Nissan Indomobil. Punya mesin HR15DE Twin VTC, bukannya di re~design tampilan mobil nya jadi next gwneration. eh malah discontinue wkwkwk padahal tuh mesin HR15DE twin VTC yg sudah 6 tahun lebih gue cekokin bensin termurah premium tanpa ada masalah I Like it much.
Punya mesin HR16DE Twin VTC tapi kagak pernah digunakan untuk product Next generation GL padahal sudah lama dipakai untuk Nissan Sylphy yg penjualannya tahun ini sangat moncer dan menduduki tahta pertama mobil terlaris di China Market penjualannya menggeser VW Lavida. 0_Screenshot_2020-06-22-16-40-07-609_com.opera.mini.native.jpg
HR16DE gak ekonomis buat pasar Indonesia karena begitu kapasitas mesin menyentuh diatas 1.500 cc otomatis PPnBM kena 20% bukan 10%. GL, Evalia dan Juke aslinya HR16DE, khusus pasar sini downgrade jadi HR15DE
Sesuatu harus di test padar dulu baru ketahuan benar benar ekonomis atau enggak. Baca link dibawah tentang mobil terlaris di China tahun 2020 sampai bulan May 2020. Baca dan lihat sendiri total penjualan mobil dari peringkat kesatu sampai keempat

Best Selling Cars Models ranking in China in 2020 updated at April has a new leader, the Nissan Sylphy outpacing the former leader, the Volkswagen Lavida, which was on top in the last 3 years. All top models are losing heavily.

The Chinese new vehicles market is the largest in the World and is characterized by a very low concentration of sales in the top models. Indeed the top 10 models sales represent only the 14.4% of the market, while the top 50 represent the 43.5% and the top 100 the 66%.

The best-seller in the period 2010-2015 was always a light commercial, the Wuling Hongguang, which is utilized both a minibus and eight seats MPV. Since the 2017 the leadership was in the hands of the Volkswagen Lavida, a compact sedan, which in 2019 reached a peak of 2.4% market share.

In the first four months 2020 the market presents a new best seller: the Nissan Sylphy, which sold 134.376 units (-24.6%), gaining the leadership ahead of the former leader, the Volkswagen Lavida with 127.132 (-41.1%) units and the Wuling Mini Truck with 122.130 (-17.9%).

In fourth place the Toyota Corolla with 115.418 sales (-22.7%) followed by the Volkswagen Bora with 105.132 (-4.0%), the Haval H6 with 97.370 (-37.4%), the Foton Light Truck with 97.235 (-31.4%) and the Chana light truck with 90.940.

In nine place the Volkswagen Sagitar with 80.921 (-16.9%) and in 10th place the Wuling Hongguang with 75.624 (-52.9%)


https://www.focus2move.com/best-selling ... -in-china/
:glodak:
HR15DE 2014
GrandNewInnovaV
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 21 Mar 2018, 15:53
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Innova Old

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by GrandNewInnovaV »

Herman7103 wrote: 08 Jul 2020, 17:20
AR93 wrote:
HR16DE gak ekonomis buat pasar Indonesia karena begitu kapasitas mesin menyentuh diatas 1.500 cc otomatis PPnBM kena 20% bukan 10%. GL, Evalia dan Juke aslinya HR16DE, khusus pasar sini downgrade jadi HR15DE
Sesuatu harus di test padar dulu baru ketahuan benar benar ekonomis atau enggak. Baca link dibawah tentang mobil terlaris di China tahun 2020 sampai bulan May 2020. Baca dan lihat sendiri total penjualan mobil dari peringkat kesatu sampai keempat
Yg ga ekonomis pajaknya om, makanya diturunin ccnya ke 1500
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by Herman7103 »

GrandNewInnovaV wrote:
Herman7103 wrote: 08 Jul 2020, 17:20
AR93 wrote:
HR16DE gak ekonomis buat pasar Indonesia karena begitu kapasitas mesin menyentuh diatas 1.500 cc otomatis PPnBM kena 20% bukan 10%. GL, Evalia dan Juke aslinya HR16DE, khusus pasar sini downgrade jadi HR15DE
Sesuatu harus di test padar dulu baru ketahuan benar benar ekonomis atau enggak. Baca link dibawah tentang mobil terlaris di China tahun 2020 sampai bulan May 2020. Baca dan lihat sendiri total penjualan mobil dari peringkat kesatu sampai keempat
Yg ga ekonomis pajaknya om, makanya diturunin ccnya ke 1500
Semahal mahalnya pajak mobil MPV 1600 CC, ngak bakalan lebih tinggi dari pajak mobil MPV 2000 CC, memang Nissan Indomobil ngak berani test pasar dalam negeri wkwkwk. Sedan Nissan Sylphy aja bisa terjual 134.376 units untuk 4 bulan pertama dari jan sampai april 2020 dan menjadi mobil terlaris di China wkwkwk. Masak kagak berani test pasar dalam negeri wkwkwk .
:glodak:
HR15DE 2014
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by yohanesw »

Herman7103 wrote:
GrandNewInnovaV wrote:
Herman7103 wrote: 08 Jul 2020, 17:20 Sesuatu harus di test padar dulu baru ketahuan benar benar ekonomis atau enggak. Baca link dibawah tentang mobil terlaris di China tahun 2020 sampai bulan May 2020. Baca dan lihat sendiri total penjualan mobil dari peringkat kesatu sampai keempat
Yg ga ekonomis pajaknya om, makanya diturunin ccnya ke 1500
Semahal mahalnya pajak mobil MPV 1600 CC, ngak bakalan lebih tinggi dari pajak mobil MPV 2000 CC, memang Nissan Indomobil ngak berani test pasar dalam negeri wkwkwk. Sedan Nissan Sylphy aja bisa terjual 134.376 units untuk 4 bulan pertama dari jan sampai april 2020 dan menjadi mobil terlaris di China wkwkwk. Masak kagak berani test pasar dalam negeri wkwkwk .
sama nasibnya dengan livina lama 1800cc pun salesnya jauh lebih kecil dari 1500cc gara2 pajak lebih mahal, padahal mesinnya jauh lebih proper tenaganya dan lebih bebas ngelitik.

Konsumen kelas ini masalahnya sensitif sama biaya pajak meskipun bayar cuma setahun sekali
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
Fearised
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 13 Jun 2017, 14:27
Location: Semarang
Daily Vehicle: Wagonr

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by Fearised »

JukeJoken wrote: 25 Jan 2020, 20:13 Permisi om-om... saya pemakai Xpander , mau nanya , user Livina 2019 apa ada yang alamin kaki kaki bunyi gluduk gluduk atau klok klok klok gak ya ? Nissan ada solusi gak ? Mitsubishi saya udah 4 kali ngeluh masih belom bener juga , gak ada solusinya kayaknya dari Mitsubishi.
Ane udah komplain om ke nissan, diganti shokbeker depan kiri, kira2 500 km setelah pakai, bunyi mumcul lagi, gluduk gluduk bisa jalan tidak rata bergelombang sisi kiri. Oya utk livina matic, sdh teruji utk tanjakn ekstrem gravel maupun beton basah, main di L dan 2 ,sama sekati tidak slip dan kuat. Salut dengan performanya. Kmrin salah jalan di area wonosobo, masuk kebun2 sayur ,dengan medan sempit dan ekstrem gegara ikut gmaps, daerah lengkong wonosobo om
blackncp91
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 15 Feb 2021, 12:30
Location: Indonesia

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by blackncp91 »

Halo para owner New Livina, saya lagi akhir tahun 2020 kemarin baru ambil New Livina VE AT NIK 2019 dgn diskon Sumo Sale, tadinya mau ambil Xpander NIK 2019 tapi setelah keliling2 dealer Mitsu, rata2 diskon hanya setengahnya dari diskon dealer Nissan, jadi diputuskan ambil Livina saja karena toh mobilnya juga sama aja (malah menurut selera pribadi saya, desain fascia nya lebih cakep Livina, berasa lebih nyambung sama desain body keseluruhan).

Mau tanya utk para owner yg lebih lama pakai mobil ini, utk fitur auto retract mirror nya apakah ga bisa di disable gitu ya? Masa saya tanya ke SA dealer Nissan nya, dijawab dgn "tidak bisa", sebelum ini saya pakai Yaris lele TRD yg punya fitur serupa dan bisa dengan mudah di non aktifkan dari HU touchscreen nya, sedangkan di Livina saya tidak menemukan settingan ini di HU nya. Saya ubek2 buku manual nya juga tidak ada penjelasan mengenai hal ini.

Kemudian, utk fitur auto door lock setelah mencapai kecepatan tertentu juga koq tidak ada ya, di mobil2 Toyota (mobil saya sebelumnya selalu Toyota), fitur ini selalu tersedia bahkan di tipe terendah sekalipun. Akibat tidak ada fitur ini, jd sering banget lupa kunci pintu nya, takutnya pas di lampu merah ada yg iseng berniat jahat bisa langsung buka pintu akibat lupa mengunci :big_dunno:

Mungkin ada yg tau cara settingnya bisa di share disini :big_okay:

Oiya, impresi saya mengemudikan mobil ini (bensin Pertalite), tenaga nya lemot ya, idealnya mobil dgn body sebesar ini (IMO) seharusnya gendong engine minimal 1800cc, tapi ini dipaksakan pakai 1500cc. Tapi ya kalo utk hanya penggunaan biasa dalkot sih udah cukup lah. Tapi begitu coba di tol, ya harus pinter2 mainin gas nya, atau pas di tanjakan panjang kaya di Cipularang paling OD nya di ON kan supaya matic nya ga pindah2 gigi mulu.

Mengenai interior dan bantingan suspensi nya, kualitasnya udah bagus, menurut saya sudah setara dgn Innova lama (kebetulan pernah pelihara juga cukup lama).
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by yohanesw »

blackncp91 wrote:Halo para owner New Livina, saya lagi akhir tahun 2020 kemarin baru ambil New Livina VE AT NIK 2019 dgn diskon Sumo Sale, tadinya mau ambil Xpander NIK 2019 tapi setelah keliling2 dealer Mitsu, rata2 diskon hanya setengahnya dari diskon dealer Nissan, jadi diputuskan ambil Livina saja karena toh mobilnya juga sama aja (malah menurut selera pribadi saya, desain fascia nya lebih cakep Livina, berasa lebih nyambung sama desain body keseluruhan).

Mau tanya utk para owner yg lebih lama pakai mobil ini, utk fitur auto retract mirror nya apakah ga bisa di disable gitu ya? Masa saya tanya ke SA dealer Nissan nya, dijawab dgn "tidak bisa", sebelum ini saya pakai Yaris lele TRD yg punya fitur serupa dan bisa dengan mudah di non aktifkan dari HU touchscreen nya, sedangkan di Livina saya tidak menemukan settingan ini di HU nya. Saya ubek2 buku manual nya juga tidak ada penjelasan mengenai hal ini.

Kemudian, utk fitur auto door lock setelah mencapai kecepatan tertentu juga koq tidak ada ya, di mobil2 Toyota (mobil saya sebelumnya selalu Toyota), fitur ini selalu tersedia bahkan di tipe terendah sekalipun. Akibat tidak ada fitur ini, jd sering banget lupa kunci pintu nya, takutnya pas di lampu merah ada yg iseng berniat jahat bisa langsung buka pintu akibat lupa mengunci :big_dunno:

Mungkin ada yg tau cara settingnya bisa di share disini :big_okay:

Oiya, impresi saya mengemudikan mobil ini (bensin Pertalite), tenaga nya lemot ya, idealnya mobil dgn body sebesar ini (IMO) seharusnya gendong engine minimal 1800cc, tapi ini dipaksakan pakai 1500cc. Tapi ya kalo utk hanya penggunaan biasa dalkot sih udah cukup lah. Tapi begitu coba di tol, ya harus pinter2 mainin gas nya, atau pas di tanjakan panjang kaya di Cipularang paling OD nya di ON kan supaya matic nya ga pindah2 gigi mulu.

Mengenai interior dan bantingan suspensi nya, kualitasnya udah bagus, menurut saya sudah setara dgn Innova lama (kebetulan pernah pelihara juga cukup lama).
auto-retract dan auto lock itu bisa di setting di ETACSnya, tinggal cari bengkel yang bisa modif setting etacsnya mitsu koq.

Xpander/vina itu disetel buat eco driving, jadi kalo dibawah 60kpj emg agak lemot, tapi diatas itu feeling ngebutnya enak banget jauh diatas lmpv lain, dengan catatan pintar2 atur gas. Sebagai tambahan, pedal gas bawaan pabrik terkunci hanya 85% maksimal, sisa 15% full unlock kalau sudah remap
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by FR6 »

yohanesw wrote: 03 Mar 2021, 14:46 auto-retract dan auto lock itu bisa di setting di ETACSnya, tinggal cari bengkel yang bisa modif setting etacsnya mitsu koq.

Xpander/vina itu disetel buat eco driving, jadi kalo dibawah 60kpj emg agak lemot, tapi diatas itu feeling ngebutnya enak banget jauh diatas lmpv lain, dengan catatan pintar2 atur gas. Sebagai tambahan, pedal gas bawaan pabrik terkunci hanya 85% maksimal, sisa 15% full unlock kalau sudah remap
serius Om di lock 85% aja? pantes di gas mentok lantai lambat bgt berasa kapal :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by yohanesw »

FR6 wrote:
yohanesw wrote: 03 Mar 2021, 14:46 auto-retract dan auto lock itu bisa di setting di ETACSnya, tinggal cari bengkel yang bisa modif setting etacsnya mitsu koq.

Xpander/vina itu disetel buat eco driving, jadi kalo dibawah 60kpj emg agak lemot, tapi diatas itu feeling ngebutnya enak banget jauh diatas lmpv lain, dengan catatan pintar2 atur gas. Sebagai tambahan, pedal gas bawaan pabrik terkunci hanya 85% maksimal, sisa 15% full unlock kalau sudah remap
serius Om di lock 85% aja? pantes di gas mentok lantai lambat bgt berasa kapal :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ketauan pas di obd scan, bukaan pedal kalau mentok cuma 85% rese dah
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by FR6 »

yohanesw wrote: 04 Mar 2021, 02:38
FR6 wrote:
yohanesw wrote: 03 Mar 2021, 14:46 auto-retract dan auto lock itu bisa di setting di ETACSnya, tinggal cari bengkel yang bisa modif setting etacsnya mitsu koq.

Xpander/vina itu disetel buat eco driving, jadi kalo dibawah 60kpj emg agak lemot, tapi diatas itu feeling ngebutnya enak banget jauh diatas lmpv lain, dengan catatan pintar2 atur gas. Sebagai tambahan, pedal gas bawaan pabrik terkunci hanya 85% maksimal, sisa 15% full unlock kalau sudah remap
serius Om di lock 85% aja? pantes di gas mentok lantai lambat bgt berasa kapal :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ketauan pas di obd scan, bukaan pedal kalau mentok cuma 85% rese dah
waduh, berarti kalo dibikin bisa 100%, HP bisa naik ya Om?
sori nubi hehehehehe :mky_01: :mky_01: :mky_01:
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by yohanesw »

FR6 wrote:
yohanesw wrote: 04 Mar 2021, 02:38
FR6 wrote: serius Om di lock 85% aja? pantes di gas mentok lantai lambat bgt berasa kapal :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ketauan pas di obd scan, bukaan pedal kalau mentok cuma 85% rese dah
waduh, berarti kalo dibikin bisa 100%, HP bisa naik ya Om?
sori nubi hehehehehe :mky_01: :mky_01: :mky_01:
ya sama saja, kecuali sekalian remap
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by ChZ »

yohanesw wrote: 03 Mar 2021, 14:46 auto-retract dan auto lock itu bisa di setting di ETACSnya, tinggal cari bengkel yang bisa modif setting etacsnya mitsu koq.

Xpander/vina itu disetel buat eco driving, jadi kalo dibawah 60kpj emg agak lemot, tapi diatas itu feeling ngebutnya enak banget jauh diatas lmpv lain, dengan catatan pintar2 atur gas. Sebagai tambahan, pedal gas bawaan pabrik terkunci hanya 85% maksimal, sisa 15% full unlock kalau sudah remap
fully stock engine dr pabrik tdk ada yang 100% bukaan gasnya stau saya walau mentok. rata-rata memang segituan 80-90%an. yah namanya jg electronic controlled.

kalo sdh remap baru lain cerita.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: New 2019 Nissan Livina, The best looking LMPV?

Post by b0ku »

ChZ wrote: 04 Mar 2021, 15:25
yohanesw wrote: 03 Mar 2021, 14:46 auto-retract dan auto lock itu bisa di setting di ETACSnya, tinggal cari bengkel yang bisa modif setting etacsnya mitsu koq.

Xpander/vina itu disetel buat eco driving, jadi kalo dibawah 60kpj emg agak lemot, tapi diatas itu feeling ngebutnya enak banget jauh diatas lmpv lain, dengan catatan pintar2 atur gas. Sebagai tambahan, pedal gas bawaan pabrik terkunci hanya 85% maksimal, sisa 15% full unlock kalau sudah remap
fully stock engine dr pabrik tdk ada yang 100% bukaan gasnya stau saya walau mentok. rata-rata memang segituan 80-90%an. yah namanya jg electronic controlled.

kalo sdh remap baru lain cerita.
kalo pake throtle control macem pivot ke unlock gak ya???? :mky_01:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post