Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Mbah Klep mana ya?
Di tol lagi jalan 120 kpj tiba2 kedengeran suara seerr....seerrr....seerr dari arah belakang kursi sopir.
Kl digas pelan suaranya pelan, semakin digas maka suara makin kenceng.
Tanda2 fuel pump kah itu mbah?
Blm minta cek lagi ama mbah marmut soalnya kudu dibawa di atas 80 kpj baru kedengeran suaranya 😒
nubie in all things - still need to learn
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 451
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Spies »

IMG_20210327_165345.jpg
IMG_20210327_165345.jpg (253.45 KiB) Viewed 2520 times
IMG_20210327_165419.jpg
IMG_20210327_165419.jpg (216.04 KiB) Viewed 2520 times
Ini mbah bentukannya kunci buat buka drain plug girboks MT lipindut hasil order dari tiongkok sono..pakai socket 3/8..
Dipegang sih lumayan solid dan berat, besok deh dicobain kalo udh beli oli mtf nya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

marmut wrote: ↑27 Mar 2021, 14:26
DOHC wrote: ↑27 Mar 2021, 12:19 Kl ad soket extension 3/8 " yg ga kepake, bisa dikikir sikit, dan jadi dehh konci buat buka baut drain plug MTF lipindut

itu semua salah si renol.
saya sudah kenyang urusan sama perancis sableng itu sedari jamannya 18TL sama 505 GR.
gaada yang beres....
emang

kampret si renol

dl gara2 mo ganti MTF lipindut tercinta ampe saya akhirnya terjerumus terpaksa beli konci nya si believe in ur miserable choice
20210327_190857.jpg
20210327_190857.jpg (92.65 KiB) Viewed 2518 times
20210327_190844.jpg
20210327_190844.jpg (89.1 KiB) Viewed 2518 times
tp ya suda lah, lmayan bisa kepake jg buat buka baut tap atf honda jg jadi nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: ↑27 Mar 2021, 14:50 Mbah Klep mana ya?
Di tol lagi jalan 120 kpj tiba2 kedengeran suara seerr....seerrr....seerr dari arah belakang kursi sopir.
Kl digas pelan suaranya pelan, semakin digas maka suara makin kenceng.
Tanda2 fuel pump kah itu mbah?
Blm minta cek lagi ama mbah marmut soalnya kudu dibawa di atas 80 kpj baru kedengeran suaranya 😒
fuel pump mah bunyi nya kl lg berdiri di luar mobil

kl dr dalem mah ud ga kedengeran kcuali brizik nya minta ampun... seumur2 fuel pump paling brizik yg perna saya denger itu malah kepunyaan mitsubishi CB ama CK, itu pun kl ud mau matot, dan suara nya pun musti bener2 konsentrasi nyari bunyi nya baru kedengeran, kl ud jalan, atau nyalain radio yah ga bakal kedengeran

coba aj cek knalpot dl, atau coba di bawa ke padepokan nya gusti mbah marmut.. siapa tau kmaren pas dateng lupa bawa 7 mawar dr 7 kuburan, makanya mobil nya jd aneh2 gt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 29 Mar 2021, 21:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by yogaecho »

Malam om2 semua, penghuni baru ijin bergabung.

Baru sebulan ini meminang GL 2012 AT 1.5 ultimate, kebetulan ini yang sesuai budget dan spek. Dapat mobilnya udh dengan kondisi ban dan velg 215/45 r17. Kira kira ada pengaruh gak ya dgn performa mobil? Stir menjadi berat atau lainnya? Mengingat ring default nya yaitu r15.

Kmaren juga diharuskan utk ganti rack steer krn udah oblak dan berkarat, klo di beres bisa 10 jtan :e-silenced:, akhirnya beli yg kw aja. Kira2 bisa tahan brp lama yak dan apakah ada pengurangan performa stir nya?

Odo udh di angka 130 rb, apakah udh tepat menggunakan oli 10w40? Klo di buku manual rekomendasi oli nya brp ya? Buku manual nya udh hilang dari owner sblmnya hehe.

Iseng2 test di jalanan lurus, perpindahan transmisi nya terasa delay (terutama dari 2 ke 3), kira2 problem nya apa ya? Padahal udh tune up dan ganti oli transmisi

Om2 disini klo utk radiator pake coolant merk apa ya? Mana tau bisa jadi referensi.

Terimakasih om :D
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 451
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Spies »

yogaecho wrote: ↑29 Mar 2021, 22:18 Malam om2 semua, penghuni baru ijin bergabung.

Baru sebulan ini meminang GL 2012 AT 1.5 ultimate, kebetulan ini yang sesuai budget dan spek. Dapat mobilnya udh dengan kondisi ban dan velg 215/45 r17. Kira kira ada pengaruh gak ya dgn performa mobil? Stir menjadi berat atau lainnya? Mengingat ring default nya yaitu r15.

Kmaren juga diharuskan utk ganti rack steer krn udah oblak dan berkarat, klo di beres bisa 10 jtan :e-silenced:, akhirnya beli yg kw aja. Kira2 bisa tahan brp lama yak dan apakah ada pengurangan performa stir nya?

Odo udh di angka 130 rb, apakah udh tepat menggunakan oli 10w40? Klo di buku manual rekomendasi oli nya brp ya? Buku manual nya udh hilang dari owner sblmnya hehe.

Iseng2 test di jalanan lurus, perpindahan transmisi nya terasa delay (terutama dari 2 ke 3), kira2 problem nya apa ya? Padahal udh tune up dan ganti oli transmisi

Om2 disini klo utk radiator pake coolant merk apa ya? Mana tau bisa jadi referensi.

Terimakasih om :D
Salken om sesama pengguna L10 :big_deal:

Kalo oli rekomendasi pabrikan 5w30 om, tapi saya ini malah lagi nyoba pake fastron lcgc 0w20.. Enteng banget sama ga ada ngelitik..
Sudah dipakai 2 bulan/1300 km, ada penguapan sih tapi minim banget.. Rencana mau dipake 6 bulan aja..

Buat coolant yang paling bagus tentu nissan genuine coolant yang warna biru itu om, tapi kemarin saya pakai isuzu genuine coolant karena harganya paling murah buat part genuine :big_biglaugh:

Buat problem yang lain nunggu mbah2 ahli livina disini :mky_02:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Nubie numpang jawap

Perihal kaki2, kl masi bawaan, jawapan nya yah pasti ga bakal awet, dl saya punya OGL yg d sayang2 aj tetep bearing roda depan nya tewas d odo 120an rebu.. tp murah koq hub assy nya

Perhatiin jg bushing2 kaki2 depan sperti crossmember, arm, support shock, ntuh bushing2 nya ga tralu awet, ban gede otomatis lebi cepet lg jebol

Rack steer malah bagusan bawaan nya, jgn dganti, d rekondisi aj bushing plastik nya

Oli mesin wajip oli bagus dan encer, minimal buntut 30

Coolant bebas, yg penting aseli dan rutin ganti
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 29 Mar 2021, 21:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by yogaecho »

Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 09:25
yogaecho wrote: ↑29 Mar 2021, 22:18 Malam om2 semua, penghuni baru ijin bergabung.

Baru sebulan ini meminang GL 2012 AT 1.5 ultimate, kebetulan ini yang sesuai budget dan spek. Dapat mobilnya udh dengan kondisi ban dan velg 215/45 r17. Kira kira ada pengaruh gak ya dgn performa mobil? Stir menjadi berat atau lainnya? Mengingat ring default nya yaitu r15.

Kmaren juga diharuskan utk ganti rack steer krn udah oblak dan berkarat, klo di beres bisa 10 jtan :e-silenced:, akhirnya beli yg kw aja. Kira2 bisa tahan brp lama yak dan apakah ada pengurangan performa stir nya?

Odo udh di angka 130 rb, apakah udh tepat menggunakan oli 10w40? Klo di buku manual rekomendasi oli nya brp ya? Buku manual nya udh hilang dari owner sblmnya hehe.

Iseng2 test di jalanan lurus, perpindahan transmisi nya terasa delay (terutama dari 2 ke 3), kira2 problem nya apa ya? Padahal udh tune up dan ganti oli transmisi

Om2 disini klo utk radiator pake coolant merk apa ya? Mana tau bisa jadi referensi.

Terimakasih om :D
Salken om sesama pengguna L10 :big_deal:

Kalo oli rekomendasi pabrikan 5w30 om, tapi saya ini malah lagi nyoba pake fastron lcgc 0w20.. Enteng banget sama ga ada ngelitik..
Sudah dipakai 2 bulan/1300 km, ada penguapan sih tapi minim banget.. Rencana mau dipake 6 bulan aja..

Buat coolant yang paling bagus tentu nissan genuine coolant yang warna biru itu om, tapi kemarin saya pakai isuzu genuine coolant karena harganya paling murah buat part genuine :big_biglaugh:

Buat problem yang lain nunggu mbah2 ahli livina disini :mky_02:
Gak terlalu encer itu om 0w20?, di artikel2 otomotif pada nyaranin klo mobil diatas 5 tahun utk mempertimbangkan oli yg lebih kental dari yg biasa dipake. Karena celah2 mesin udh pada renggang jadi perlu pelumas yg agak kental. Btw, odo udh brp om? 😁

Untuk rack steer, mekanik beres sama spesialis non beres blg gak bisa di servis lagi krn udah oblak parah dan berat, jadi terpaksa tak ganti yg KW aja. Cari copotan gak nemu2 πŸ˜…

Kebetulan bushing arm, link stabilizer, ball joint udh diganti baru semua yg depan walaupun pake aftermarket semua.

Utk coolant nya diganti per brp bulan atau brp KM yak om?

Semoga awet deh πŸ˜‚
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 451
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Spies »

yogaecho wrote: ↑30 Mar 2021, 11:28
Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 09:25
yogaecho wrote: ↑29 Mar 2021, 22:18 Malam om2 semua, penghuni baru ijin bergabung.

Baru sebulan ini meminang GL 2012 AT 1.5 ultimate, kebetulan ini yang sesuai budget dan spek. Dapat mobilnya udh dengan kondisi ban dan velg 215/45 r17. Kira kira ada pengaruh gak ya dgn performa mobil? Stir menjadi berat atau lainnya? Mengingat ring default nya yaitu r15.

Kmaren juga diharuskan utk ganti rack steer krn udah oblak dan berkarat, klo di beres bisa 10 jtan :e-silenced:, akhirnya beli yg kw aja. Kira2 bisa tahan brp lama yak dan apakah ada pengurangan performa stir nya?

Odo udh di angka 130 rb, apakah udh tepat menggunakan oli 10w40? Klo di buku manual rekomendasi oli nya brp ya? Buku manual nya udh hilang dari owner sblmnya hehe.

Iseng2 test di jalanan lurus, perpindahan transmisi nya terasa delay (terutama dari 2 ke 3), kira2 problem nya apa ya? Padahal udh tune up dan ganti oli transmisi

Om2 disini klo utk radiator pake coolant merk apa ya? Mana tau bisa jadi referensi.

Terimakasih om :D
Salken om sesama pengguna L10 :big_deal:

Kalo oli rekomendasi pabrikan 5w30 om, tapi saya ini malah lagi nyoba pake fastron lcgc 0w20.. Enteng banget sama ga ada ngelitik..
Sudah dipakai 2 bulan/1300 km, ada penguapan sih tapi minim banget.. Rencana mau dipake 6 bulan aja..

Buat coolant yang paling bagus tentu nissan genuine coolant yang warna biru itu om, tapi kemarin saya pakai isuzu genuine coolant karena harganya paling murah buat part genuine :big_biglaugh:

Buat problem yang lain nunggu mbah2 ahli livina disini :mky_02:
Gak terlalu encer itu om 0w20?, di artikel2 otomotif pada nyaranin klo mobil diatas 5 tahun utk mempertimbangkan oli yg lebih kental dari yg biasa dipake. Karena celah2 mesin udh pada renggang jadi perlu pelumas yg agak kental. Btw, odo udh brp om? 😁

Untuk rack steer, mekanik beres sama spesialis non beres blg gak bisa di servis lagi krn udah oblak parah dan berat, jadi terpaksa tak ganti yg KW aja. Cari copotan gak nemu2 πŸ˜…

Kebetulan bushing arm, link stabilizer, ball joint udh diganti baru semua yg depan walaupun pake aftermarket semua.

Utk coolant nya diganti per brp bulan atau brp KM yak om?

Semoga awet deh πŸ˜‚
Bacanya thread di serayamotor aja om :big_grin: :big_peace:

Saya pakai 0w20 karena jarang maen rpm tinggi om, selain itu karena mobil jarang dipakai juga..

Pas dicek penguapan minim juga makanya saya berani pakai oli encer.. Saat ini km baru 55rb..

Biasanya mbah2 disini nyaranin pakai 5w30 kalo buat GL walau km sudah gondrong.. Kalo pakai 10w40 berat..

Buat coolant kalo ga salah diganti tiap 2 tahun.. Cmiiw..

Saran saya sih kalau history perawatan sebelumnya ga ada, semua cairan di mobil diganti aja dulu om..

Aamiin, mudah2an awet terus GL nya :mky_02:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 13:26
yogaecho wrote: ↑30 Mar 2021, 11:28
Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 09:25

Salken om sesama pengguna L10 :big_deal:

Kalo oli rekomendasi pabrikan 5w30 om, tapi saya ini malah lagi nyoba pake fastron lcgc 0w20.. Enteng banget sama ga ada ngelitik..
Sudah dipakai 2 bulan/1300 km, ada penguapan sih tapi minim banget.. Rencana mau dipake 6 bulan aja..

Buat coolant yang paling bagus tentu nissan genuine coolant yang warna biru itu om, tapi kemarin saya pakai isuzu genuine coolant karena harganya paling murah buat part genuine :big_biglaugh:

Buat problem yang lain nunggu mbah2 ahli livina disini :mky_02:
Gak terlalu encer itu om 0w20?, di artikel2 otomotif pada nyaranin klo mobil diatas 5 tahun utk mempertimbangkan oli yg lebih kental dari yg biasa dipake. Karena celah2 mesin udh pada renggang jadi perlu pelumas yg agak kental. Btw, odo udh brp om? 😁

Untuk rack steer, mekanik beres sama spesialis non beres blg gak bisa di servis lagi krn udah oblak parah dan berat, jadi terpaksa tak ganti yg KW aja. Cari copotan gak nemu2 πŸ˜…

Kebetulan bushing arm, link stabilizer, ball joint udh diganti baru semua yg depan walaupun pake aftermarket semua.

Utk coolant nya diganti per brp bulan atau brp KM yak om?

Semoga awet deh πŸ˜‚
Bacanya thread di serayamotor aja om :big_grin: :big_peace:

Saya pakai 0w20 karena jarang maen rpm tinggi om, selain itu karena mobil jarang dipakai juga..

Pas dicek penguapan minim juga makanya saya berani pakai oli encer.. Saat ini km baru 55rb..

Biasanya mbah2 disini nyaranin pakai 5w30 kalo buat GL walau km sudah gondrong.. Kalo pakai 10w40 berat..

Buat coolant kalo ga salah diganti tiap 2 tahun.. Cmiiw..

Saran saya sih kalau history perawatan sebelumnya ga ada, semua cairan di mobil diganti aja dulu om..

Aamiin, mudah2an awet terus GL nya :mky_02:
Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20

Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca

Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30

Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10928
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

yogaecho wrote: ↑30 Mar 2021, 11:28 di artikel2 otomotif pada nyaranin klo mobil diatas 5 tahun utk mempertimbangkan oli yg lebih kental dari yg biasa dipake. Karena celah2 mesin udh pada renggang jadi perlu pelumas yg agak kental. Btw, odo udh brp om? 😁

Untuk rack steer, mekanik beres sama spesialis non beres blg gak bisa di servis lagi krn udah oblak parah dan berat, jadi terpaksa tak ganti yg KW aja. Cari copotan gak nemu2 πŸ˜…

- -

Utk coolant nya diganti per brp bulan atau brp KM yak om?

Semoga awet deh πŸ˜‚

saya nggak mau debat kusir masalah artikel yang dimaksud. tapi kalau saya pribadi, mengacu ke manual book saja, SAE paling encer yang diperbolehkan berapa? ya sudah ikuti saja. selesai.
atau sila buka google dan search hr15 engine oil, SAE berapa yang tertera disitu?

sekedar cerita (yang kesekian kalinya), saya ada daihatsu ayla 2013, baru tahun lalu (sekitar KM 100ribuan - bulan juli) saya isi oli mesin 0w20.
sebelumnya pakai SAE 5w30 dan 10w30.
sampai dengan hari ini sudah berjalan 5000 KM tidak ada penguapan.
tapi kalau anda sering berjalan jauh dan RPM tinggi, pakai oli mesin buntut 30 saja. boleh 0w30 atau 5w30.

masalah rack steer dan bengkel resmi, sudah jadi prosedur mereka untuk ganti 1 unit pak. tidak ada istilah "perbaikan". kalau mau perbaikan ya jangan ke bengkel resmi.

coolant pakai saja aslinya nissan. setau saya itu longlife bisa 4-5 tahun umurnya. mohon dikoreksi apabila salah.
kalau merk lain, coba dibaca di kemasannya, setau saya maksimal 2 tahun.
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 29 Mar 2021, 21:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by yogaecho »

DOHC wrote: ↑30 Mar 2021, 13:52
Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 13:26
yogaecho wrote: ↑30 Mar 2021, 11:28

Gak terlalu encer itu om 0w20?, di artikel2 otomotif pada nyaranin klo mobil diatas 5 tahun utk mempertimbangkan oli yg lebih kental dari yg biasa dipake. Karena celah2 mesin udh pada renggang jadi perlu pelumas yg agak kental. Btw, odo udh brp om? 😁

Untuk rack steer, mekanik beres sama spesialis non beres blg gak bisa di servis lagi krn udah oblak parah dan berat, jadi terpaksa tak ganti yg KW aja. Cari copotan gak nemu2 πŸ˜…

Kebetulan bushing arm, link stabilizer, ball joint udh diganti baru semua yg depan walaupun pake aftermarket semua.

Utk coolant nya diganti per brp bulan atau brp KM yak om?

Semoga awet deh πŸ˜‚
Bacanya thread di serayamotor aja om :big_grin: :big_peace:

Saya pakai 0w20 karena jarang maen rpm tinggi om, selain itu karena mobil jarang dipakai juga..

Pas dicek penguapan minim juga makanya saya berani pakai oli encer.. Saat ini km baru 55rb..

Biasanya mbah2 disini nyaranin pakai 5w30 kalo buat GL walau km sudah gondrong.. Kalo pakai 10w40 berat..

Buat coolant kalo ga salah diganti tiap 2 tahun.. Cmiiw..

Saran saya sih kalau history perawatan sebelumnya ga ada, semua cairan di mobil diganti aja dulu om..

Aamiin, mudah2an awet terus GL nya :mky_02:
Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20

Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca

Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30

Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
Perbedaan terbesar secara performa nya sepengalaman om klo pakai 10w40 dibanding 5w30 gimana di odo yg tinggi? Pernah sharing juga sama mekanik spesialis nissan di tempat ane, utk L10 lebih cocok nya utk pakai 10w40 krn umur oli bisa sedikit lebih panjang drpd umur 5w30 (5w30 dianjurkan ganti 5k, 10w40 bisa di 7/8k)

CMIIW

Trims atas sharing pengetahuannya om2 πŸ™
Last edited by yogaecho on 30 Mar 2021, 15:14, edited 1 time in total.
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 451
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Spies »

DOHC wrote: ↑30 Mar 2021, 13:52
Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 13:26
yogaecho wrote: ↑30 Mar 2021, 11:28

Gak terlalu encer itu om 0w20?, di artikel2 otomotif pada nyaranin klo mobil diatas 5 tahun utk mempertimbangkan oli yg lebih kental dari yg biasa dipake. Karena celah2 mesin udh pada renggang jadi perlu pelumas yg agak kental. Btw, odo udh brp om? 😁

Untuk rack steer, mekanik beres sama spesialis non beres blg gak bisa di servis lagi krn udah oblak parah dan berat, jadi terpaksa tak ganti yg KW aja. Cari copotan gak nemu2 πŸ˜…

Kebetulan bushing arm, link stabilizer, ball joint udh diganti baru semua yg depan walaupun pake aftermarket semua.

Utk coolant nya diganti per brp bulan atau brp KM yak om?

Semoga awet deh πŸ˜‚
Bacanya thread di serayamotor aja om :big_grin: :big_peace:

Saya pakai 0w20 karena jarang maen rpm tinggi om, selain itu karena mobil jarang dipakai juga..

Pas dicek penguapan minim juga makanya saya berani pakai oli encer.. Saat ini km baru 55rb..

Biasanya mbah2 disini nyaranin pakai 5w30 kalo buat GL walau km sudah gondrong.. Kalo pakai 10w40 berat..

Buat coolant kalo ga salah diganti tiap 2 tahun.. Cmiiw..

Saran saya sih kalau history perawatan sebelumnya ga ada, semua cairan di mobil diganti aja dulu om..

Aamiin, mudah2an awet terus GL nya :mky_02:
Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20

Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca

Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30

Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
Screenshot_20210317-223745.png
Screenshot_20210317-223745.png (240.39 KiB) Viewed 2372 times

Ini di buku manual batumakam juke mbah, bukannya juke pake mesin hr15de juga ya?
Kok bisa beda ya rekomendasi olinya.. πŸ€”
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

yogaecho wrote: ↑30 Mar 2021, 15:13
DOHC wrote: ↑30 Mar 2021, 13:52
Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 13:26

Bacanya thread di serayamotor aja om :big_grin: :big_peace:

Saya pakai 0w20 karena jarang maen rpm tinggi om, selain itu karena mobil jarang dipakai juga..

Pas dicek penguapan minim juga makanya saya berani pakai oli encer.. Saat ini km baru 55rb..

Biasanya mbah2 disini nyaranin pakai 5w30 kalo buat GL walau km sudah gondrong.. Kalo pakai 10w40 berat..

Buat coolant kalo ga salah diganti tiap 2 tahun.. Cmiiw..

Saran saya sih kalau history perawatan sebelumnya ga ada, semua cairan di mobil diganti aja dulu om..

Aamiin, mudah2an awet terus GL nya :mky_02:
Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20

Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca

Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30

Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
Perbedaan terbesar secara performa nya sepengalaman om klo pakai 10w40 dibanding 5w30 gimana di odo yg tinggi? Pernah sharing juga sama mekanik spesialis nissan di tempat ane, utk L10 lebih cocok nya utk pakai 10w40 krn umur oli bisa sedikit lebih panjang drpd umur 5w30 (5w30 dianjurkan ganti 5k, 10w40 bisa di 7/8k)

CMIIW

Trims atas sharing pengetahuannya om2 πŸ™
bedanya jauh banget om antara oli buntut 40 dan 30

dl slama saya pake lipindut, perna sekali 2 kali make buntut 40, skali make eneos molyb, skali nya lg make FK freshing.. 2 2 nya tarikan berasa ckup berat..

bengkel spesialis batu makam mmg umumnya nganjurin buntut 40 krn tingkat penguapan oli utk mesin ini amat sangat tinggi om, ga boong.. makanya dharap kan dgn oli yg lebi kentel, bsa tahan agak lamaan

cuman kl saya sehh dl, tetep stick di oli buntut 30, cuman modalin oli yg bagusan.. trakir oli buntut 30 yg saya coba dan tahan disiksa di mesin lipindut itu Q8 formula special yg 5-30.. sliter nya 120an rebu tp worth every penny
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 16:03
DOHC wrote: ↑30 Mar 2021, 13:52
Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 13:26

Bacanya thread di serayamotor aja om :big_grin: :big_peace:

Saya pakai 0w20 karena jarang maen rpm tinggi om, selain itu karena mobil jarang dipakai juga..

Pas dicek penguapan minim juga makanya saya berani pakai oli encer.. Saat ini km baru 55rb..

Biasanya mbah2 disini nyaranin pakai 5w30 kalo buat GL walau km sudah gondrong.. Kalo pakai 10w40 berat..

Buat coolant kalo ga salah diganti tiap 2 tahun.. Cmiiw..

Saran saya sih kalau history perawatan sebelumnya ga ada, semua cairan di mobil diganti aja dulu om..

Aamiin, mudah2an awet terus GL nya :mky_02:
Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20

Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca

Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30

Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
Screenshot_20210317-223745.png


Ini di buku manual batumakam juke mbah, bukannya juke pake mesin hr15de juga ya?
Kok bisa beda ya rekomendasi olinya.. πŸ€”
jangan heran om, krn buku primbon yg nyaranin make buntut 30 itu yg dari batu makam JDM nihon punya, kl yg laen, apalagi USDM market malah persis yg kaya om post, buntut 20... kl ga salah dulu di tret ini atau sblom nya jaman duluuuuu banget perna saya post jg screenshot nya, disitu dikasi screenshot dr buku manual nya juke JDM dan dtulis recommended oil nya 5-30
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:
Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 16:03
DOHC wrote: ↑30 Mar 2021, 13:52 Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20

Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca

Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30

Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
Screenshot_20210317-223745.png


Ini di buku manual batumakam juke mbah, bukannya juke pake mesin hr15de juga ya?
Kok bisa beda ya rekomendasi olinya.. [emoji848]
jangan heran om, krn buku primbon yg nyaranin make buntut 30 itu yg dari batu makam JDM nihon punya, kl yg laen, apalagi USDM market malah persis yg kaya om post, buntut 20... kl ga salah dulu di tret ini atau sblom nya jaman duluuuuu banget perna saya post jg screenshot nya, disitu dikasi screenshot dr buku manual nya juke JDM dan dtulis recommended oil nya 5-30
Menurut pendapat saya mesin HR15DE L11 sudah cukup baik.Tergantung cara usernya saat memakainya saja. Mobilnya nyaman, akselerasinya cukup kencang, modelnya juga cenderung timeless,” Menurut senior mekanik yang bekerja di bengkel resmi Nissan, yang pernah menghitung running hour mesin dengan sebuah software. Dalam kondisi macet parah jarak 5 ribu kilometer sama dengan pemakaian 10 ribu kilometer, yang jadi masalah bukan mesin HR15DE yang jelek. Tetapi pelepasan panasnya yang kurang oke, ditambah spek oli yang kualitas pas pas an dan yang terlalu encer ya tentu saja penguapan olinya jadi parah(skenario terburuk oli mesin bisa kering), coba pakai oli mesin kualitas sangat bagus, pengalaman pribadi saya walaupun tetap oli mesin nya di top up Tapi ngak banyak juga top up nya dan masih berani menggunakan oli mesin tsb untuk jarak pakai 10 ribu Km atau lebih dalam jangka waktu setahun.
Sekarang saya lagi pakai oli mesin Amsoil Signature Series 0W30 (botol hitam) dari tgl 4 oktober 2020 saat odo 88004 Km dan sampai sekarang saat odo mobil sudah mencapai 98.[cencored] Km so far so good no need to change engine oil due to Amsoil Signature Series is one of the best engine oil I ever used.
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Herman7103 wrote: ↑30 Mar 2021, 20:14
DOHC wrote:
Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 16:03

Screenshot_20210317-223745.png


Ini di buku manual batumakam juke mbah, bukannya juke pake mesin hr15de juga ya?
Kok bisa beda ya rekomendasi olinya.. [emoji848]
jangan heran om, krn buku primbon yg nyaranin make buntut 30 itu yg dari batu makam JDM nihon punya, kl yg laen, apalagi USDM market malah persis yg kaya om post, buntut 20... kl ga salah dulu di tret ini atau sblom nya jaman duluuuuu banget perna saya post jg screenshot nya, disitu dikasi screenshot dr buku manual nya juke JDM dan dtulis recommended oil nya 5-30
Menurut pendapat saya mesin HR15DE L11 sudah cukup baik.Tergantung cara usernya saat memakainya saja. Mobilnya nyaman, akselerasinya cukup kencang, modelnya juga cenderung timeless,” Menurut senior mekanik yang bekerja di bengkel resmi Nissan, yang pernah menghitung running hour mesin dengan sebuah software. Dalam kondisi macet parah jarak 5 ribu kilometer sama dengan pemakaian 10 ribu kilometer, yang jadi masalah bukan mesin HR15DE yang jelek. Tetapi pelepasan panasnya yang kurang oke, ditambah spek oli yang kualitas pas pas an dan yang terlalu encer ya tentu saja penguapan olinya jadi parah(skenario terburuk oli mesin bisa kering), coba pakai oli mesin kualitas sangat bagus, pengalaman pribadi saya walaupun tetap oli mesin nya di top up Tapi ngak banyak juga top up nya dan masih berani menggunakan oli mesin tsb untuk jarak pakai 10 ribu Km atau lebih dalam jangka waktu setahun.
Sekarang saya lagi pakai oli mesin Amsoil Signature Series 0W30 (botol hitam) dari tgl 4 oktober 2020 saat odo 88004 Km dan sampai sekarang saat odo mobil sudah mencapai 98.[cencored] Km so far so good no need to change engine oil due to Amsoil Signature Series is one of the best engine oil I ever used.
betul

pokoknya kunci nya utk mesin HR ini ialah wajip oli bagus

ga bole pelit ama oli
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 451
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Spies »

DOHC wrote: ↑30 Mar 2021, 18:56
Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 16:03
DOHC wrote: ↑30 Mar 2021, 13:52

Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20

Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca

Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30

Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
Screenshot_20210317-223745.png


Ini di buku manual batumakam juke mbah, bukannya juke pake mesin hr15de juga ya?
Kok bisa beda ya rekomendasi olinya.. πŸ€”
jangan heran om, krn buku primbon yg nyaranin make buntut 30 itu yg dari batu makam JDM nihon punya, kl yg laen, apalagi USDM market malah persis yg kaya om post, buntut 20... kl ga salah dulu di tret ini atau sblom nya jaman duluuuuu banget perna saya post jg screenshot nya, disitu dikasi screenshot dr buku manual nya juke JDM dan dtulis recommended oil nya 5-30
Oh gitu om, dimengerti.. :big_exellent:

Tapi bener om di bukman juke yg saya dapet dari internet itu, tiap negara berbeda rekomendasi olinya.. Buat thai sama meksiko 10w30.. Indonesia 0w20.. Lalu negara selain thai, meksiko, dan indonesia rekomendasinya 5w30

Aneh bener ini nissan :big_dunno:

Oya waktu lipindut dikasih q8 kuat berapa lama itu om?
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:
Herman7103 wrote: ↑30 Mar 2021, 20:14
DOHC wrote: jangan heran om, krn buku primbon yg nyaranin make buntut 30 itu yg dari batu makam JDM nihon punya, kl yg laen, apalagi USDM market malah persis yg kaya om post, buntut 20... kl ga salah dulu di tret ini atau sblom nya jaman duluuuuu banget perna saya post jg screenshot nya, disitu dikasi screenshot dr buku manual nya juke JDM dan dtulis recommended oil nya 5-30
Menurut pendapat saya mesin HR15DE L11 sudah cukup baik.Tergantung cara usernya saat memakainya saja. Mobilnya nyaman, akselerasinya cukup kencang, modelnya juga cenderung timeless,” Menurut senior mekanik yang bekerja di bengkel resmi Nissan, yang pernah menghitung running hour mesin dengan sebuah software. Dalam kondisi macet parah jarak 5 ribu kilometer sama dengan pemakaian 10 ribu kilometer, yang jadi masalah bukan mesin HR15DE yang jelek. Tetapi pelepasan panasnya yang kurang oke, ditambah spek oli yang kualitas pas pas an dan yang terlalu encer ya tentu saja penguapan olinya jadi parah(skenario terburuk oli mesin bisa kering), coba pakai oli mesin kualitas sangat bagus, pengalaman pribadi saya walaupun tetap oli mesin nya di top up Tapi ngak banyak juga top up nya dan masih berani menggunakan oli mesin tsb untuk jarak pakai 10 ribu Km atau lebih dalam jangka waktu setahun.
Sekarang saya lagi pakai oli mesin Amsoil Signature Series 0W30 (botol hitam) dari tgl 4 oktober 2020 saat odo 88004 Km dan sampai sekarang saat odo mobil sudah mencapai 98.[cencored] Km so far so good no need to change engine oil due to Amsoil Signature Series is one of the best engine oil I ever used.
betul

pokoknya kunci nya utk mesin HR ini ialah wajip oli bagus

ga bole pelit ama oli
Bener Om DOHC jangan pelit dengan oli mesin dan selalu pakai oli mesin yang bagus. Kalau pakai oli mesin yg biasa biasa aja yg murah meriah cukup 5 ribu Km atau 6 bulan wajib ganti oli mesin nya kalau mau mesin HR15DE nya prima terus dan jangan pernah sekalipun terjadi oli mesin nya kering. Selama oli mesin nya ngak pernah kering saya yakin tuh mesin HR15DE awet lha di mobil saya aja sudah 7 tahun mobil digunakan sampai odo 98 ribu Km, so far so good sampai sekarang.
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 20:29
DOHC wrote: ↑30 Mar 2021, 18:56
Spies wrote: ↑30 Mar 2021, 16:03

Screenshot_20210317-223745.png


Ini di buku manual batumakam juke mbah, bukannya juke pake mesin hr15de juga ya?
Kok bisa beda ya rekomendasi olinya.. πŸ€”
jangan heran om, krn buku primbon yg nyaranin make buntut 30 itu yg dari batu makam JDM nihon punya, kl yg laen, apalagi USDM market malah persis yg kaya om post, buntut 20... kl ga salah dulu di tret ini atau sblom nya jaman duluuuuu banget perna saya post jg screenshot nya, disitu dikasi screenshot dr buku manual nya juke JDM dan dtulis recommended oil nya 5-30
Oh gitu om, dimengerti.. :big_exellent:

Tapi bener om di bukman juke yg saya dapet dari internet itu, tiap negara berbeda rekomendasi olinya.. Buat thai sama meksiko 10w30.. Indonesia 0w20.. Lalu negara selain thai, meksiko, dan indonesia rekomendasinya 5w30

Aneh bener ini nissan :big_dunno:

Oya waktu lipindut dikasih q8 kuat berapa lama itu om?
waktu itu 7 rebuan jg ud ta ganti

ga brani tarik tralu jauh jg, tp ud jauh lebi mending, oli2 laen nya biasa di 5-6 rebuan ud saya ganti
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 04 Dec 2017, 20:57

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Mkresnap »

Saya ada lipindut odo udah 120 rb, ganti oli pake oli beres dulu total quarts 8000 5w30 terus ngo 5w-30 abis itu astra helix 5w-30, so far nggak ada masalah aman aman aja, odo juga udah gondrong mesin nggak pernah problem kecuali penyakit mesin nissan kalo udah tua karet coil sobek, selebihnya lebih rewel kaki kakinya daripada engine nya 🀣
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 29 Mar 2021, 21:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by yogaecho »

DOHC wrote: ↑30 Mar 2021, 18:54
yogaecho wrote: ↑30 Mar 2021, 15:13
DOHC wrote: ↑30 Mar 2021, 13:52

Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20

Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca

Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30

Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
Perbedaan terbesar secara performa nya sepengalaman om klo pakai 10w40 dibanding 5w30 gimana di odo yg tinggi? Pernah sharing juga sama mekanik spesialis nissan di tempat ane, utk L10 lebih cocok nya utk pakai 10w40 krn umur oli bisa sedikit lebih panjang drpd umur 5w30 (5w30 dianjurkan ganti 5k, 10w40 bisa di 7/8k)

CMIIW

Trims atas sharing pengetahuannya om2 πŸ™
bedanya jauh banget om antara oli buntut 40 dan 30

dl slama saya pake lipindut, perna sekali 2 kali make buntut 40, skali make eneos molyb, skali nya lg make FK freshing.. 2 2 nya tarikan berasa ckup berat..

bengkel spesialis batu makam mmg umumnya nganjurin buntut 40 krn tingkat penguapan oli utk mesin ini amat sangat tinggi om, ga boong.. makanya dharap kan dgn oli yg lebi kentel, bsa tahan agak lamaan

cuman kl saya sehh dl, tetep stick di oli buntut 30, cuman modalin oli yg bagusan.. trakir oli buntut 30 yg saya coba dan tahan disiksa di mesin lipindut itu Q8 formula special yg 5-30.. sliter nya 120an rebu tp worth every penny
Ohh gitu ya om, okedeeh next ganti oli coba yg 5w-30. Biar bisa bedain tarikan antara buntut 40 dan buntut 30. semoga gak terlalu cepat menguap krn mesin yg panas πŸ˜‚

*brb cari rekomendasi oli 5w30 yg harga standaran tapi baguss :big_biglaugh: :big_peace:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Mkresnap wrote:Saya ada lipindut odo udah 120 rb, ganti oli pake oli beres dulu total quarts 8000 5w30 terus ngo 5w-30 abis itu astra helix 5w-30, so far nggak ada masalah aman aman aja, odo juga udah gondrong mesin nggak pernah problem kecuali penyakit mesin nissan kalo udah tua karet coil sobek, selebihnya lebih rewel kaki kakinya daripada engine nya [emoji1787]
Livina L11 punya saya dari 2014 sampai sekarang untuk mesin belum pernah bermasalah termasuk koilnya yg sudah saya ganti baru keempat busi bawaannya di tahun ke 6 pemakaian, sementara untuk bagian kaki baru aja saya ganti Karet boot shock breaker depan nya sepasang karena ada sobek dan harga sepasang karet boot shock breakernya murah.

:glodak:
HR15DE 2014
omnyanaira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: 23 Jan 2018, 07:55

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by omnyanaira »

Herman7103 wrote: ↑31 Mar 2021, 07:27
Mkresnap wrote:Saya ada lipindut odo udah 120 rb, ganti oli pake oli beres dulu total quarts 8000 5w30 terus ngo 5w-30 abis itu astra helix 5w-30, so far nggak ada masalah aman aman aja, odo juga udah gondrong mesin nggak pernah problem kecuali penyakit mesin nissan kalo udah tua karet coil sobek, selebihnya lebih rewel kaki kakinya daripada engine nya [emoji1787]
Livina L11 punya saya dari 2014 sampai sekarang untuk mesin belum pernah bermasalah termasuk koilnya yg sudah saya ganti baru keempat busi bawaannya di tahun ke 6 pemakaian, sementara untuk bagian kaki baru aja saya ganti Karet boot shock breaker depan nya sepasang karena ada sobek dan harga sepasang karet boot shock breakernya murah.
Selain karet boot shock depan, ada part kaki2 lain yg udah diganti ga om?? Kya tie rod, rack end, dll??
Harga karet boot nya sihh emang murah ya om, ongkos bongpas nya yg mahal. Bisa kena 200rb buat bongkar kiri kanan :big_grin: :big_peace:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

omnyanaira wrote:
Herman7103 wrote: ↑31 Mar 2021, 07:27
Mkresnap wrote:Saya ada lipindut odo udah 120 rb, ganti oli pake oli beres dulu total quarts 8000 5w30 terus ngo 5w-30 abis itu astra helix 5w-30, so far nggak ada masalah aman aman aja, odo juga udah gondrong mesin nggak pernah problem kecuali penyakit mesin nissan kalo udah tua karet coil sobek, selebihnya lebih rewel kaki kakinya daripada engine nya [emoji1787]
Livina L11 punya saya dari 2014 sampai sekarang untuk mesin belum pernah bermasalah termasuk koilnya yg sudah saya ganti baru keempat busi bawaannya di tahun ke 6 pemakaian, sementara untuk bagian kaki baru aja saya ganti Karet boot shock breaker depan nya sepasang karena ada sobek dan harga sepasang karet boot shock breakernya murah.
Selain karet boot shock depan, ada part kaki2 lain yg udah diganti ga om?? Kya tie rod, rack end, dll??
Harga karet boot nya sihh emang murah ya om, ongkos bongpas nya yg mahal. Bisa kena 200rb buat bongkar kiri kanan :big_grin: :big_peace:
Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 punya saya untuk part kaki kaki selama 7 tahun pemakaian sampai odo 98 ribu Km, cuma baru ganti sepasang karet boot shock breaker depan doank untuk part kaki kaki lain masih bawaan dari dealer semua. So far so good buat saya pribadi.
:glodak:
HR15DE 2014
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post