Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Spies »

yogaecho wrote: 31 Mar 2021, 06:11
DOHC wrote: 30 Mar 2021, 18:54
yogaecho wrote: 30 Mar 2021, 15:13

Perbedaan terbesar secara performa nya sepengalaman om klo pakai 10w40 dibanding 5w30 gimana di odo yg tinggi? Pernah sharing juga sama mekanik spesialis nissan di tempat ane, utk L10 lebih cocok nya utk pakai 10w40 krn umur oli bisa sedikit lebih panjang drpd umur 5w30 (5w30 dianjurkan ganti 5k, 10w40 bisa di 7/8k)

CMIIW

Trims atas sharing pengetahuannya om2 🙏
bedanya jauh banget om antara oli buntut 40 dan 30

dl slama saya pake lipindut, perna sekali 2 kali make buntut 40, skali make eneos molyb, skali nya lg make FK freshing.. 2 2 nya tarikan berasa ckup berat..

bengkel spesialis batu makam mmg umumnya nganjurin buntut 40 krn tingkat penguapan oli utk mesin ini amat sangat tinggi om, ga boong.. makanya dharap kan dgn oli yg lebi kentel, bsa tahan agak lamaan

cuman kl saya sehh dl, tetep stick di oli buntut 30, cuman modalin oli yg bagusan.. trakir oli buntut 30 yg saya coba dan tahan disiksa di mesin lipindut itu Q8 formula special yg 5-30.. sliter nya 120an rebu tp worth every penny
Ohh gitu ya om, okedeeh next ganti oli coba yg 5w-30. Biar bisa bedain tarikan antara buntut 40 dan buntut 30. semoga gak terlalu cepat menguap krn mesin yg panas 😂

*brb cari rekomendasi oli 5w30 yg harga standaran tapi baguss :big_biglaugh: :big_peace:
Silakan main2 ke trit oli om

Biar makin keracunan :mky_08:
omnyanaira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: 23 Jan 2018, 07:55

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by omnyanaira »

Selain karet boot shock depan, ada part kaki2 lain yg udah diganti ga om?? Kya tie rod, rack end, dll??
Harga karet boot nya sihh emang murah ya om, ongkos bongpas nya yg mahal. Bisa kena 200rb buat bongkar kiri kanan :big_grin: :big_peace:[/quote]Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 punya saya untuk part kaki kaki selama 7 tahun pemakaian sampai odo 98 ribu Km, cuma baru ganti sepasang karet boot shock breaker depan doank untuk part kaki kaki lain masih bawaan dari dealer semua. So far so good buat saya pribadi.
[/quote]
Mantap.... Keren nie mobilnya si om. Moga terus awet yaa om :off_good_job:
Ini antara memang mobilnya yg bandel atau om Herman nya yg apik make mobilnya. Hehehe
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

omnyanaira wrote:Selain karet boot shock depan, ada part kaki2 lain yg udah diganti ga om?? Kya tie rod, rack end, dll??
Harga karet boot nya sihh emang murah ya om, ongkos bongpas nya yg mahal. Bisa kena 200rb buat bongkar kiri kanan :big_grin: :big_peace:
Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 punya saya untuk part kaki kaki selama 7 tahun pemakaian sampai odo 98 ribu Km, cuma baru ganti sepasang karet boot shock breaker depan doank untuk part kaki kaki lain masih bawaan dari dealer semua. So far so good buat saya pribadi.
[/quote]
Mantap.... Keren nie mobilnya si om. Moga terus awet yaa om :off_good_job:
Ini antara memang mobilnya yg bandel atau om Herman nya yg apik make mobilnya. Hehehe[/quote]Menurut user experience selama 7 tahun menggunakan mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT dari tahun 2014 sampai sekarang ini dan akan terus digunakan (lha iya iyalah wong biaya maintenance mobil ini selama 7 tahun sudah sesuai dengan ekspektasi saya pribadi [emoji2]dan selama itu ngak pernah kena jack pot dalam arti biaya service nya sampai lebih dari 3 juta dan biaya service rata rata per 6 bulan murah karena cuma paling banyak seringnya cuma ganti oli mesin dan filternya doank dan oli mesin serta filter oli bawa sendiri di bengkel resmi atau non resmi ). Ada 2 faktor penting yg membuat Mobil Nissan Grand Livina L11 produksi juni 2013 keatas lebih baik dari versi L10 nya yaitu ada beberapa improvement yg dilakukan oleh Nissan Motor Indonesia seperti part kaki kaki Grand Livina L11 ini memang lebih baik dan sudah improve jauh dibandingkan versi L10 nya, lalu magnetic Clutch nya sudah tidak ada 3 bandul karet lagi yg dulu sering dicomplain user terdahulu sering lepas bandul karet ya itu dll.
Sebagai informasi aja selama 7 tahun mobil saya ini selalu menggunakan BBM Premium ron 88
@ 6450 per ltr tapi lucunya saya pribadi ngak pernah mendengar mesin nya ngelitik karena suara mesin nya sampai sekarang masih halus karena selalu pakai oli mesin full synthetic dan ganti filter olinya tiap ganti oli mesin. So far sampai hari ini belum pernah mengalami dan merasakan kerewelannya jadi very good for me yg ngak punya banyak waktu untuk bengkel karena
saya pekerja yg dari senin sampai jumat harus bekerja di kantor.
Cuma punya waktu di hari sabtu dan minggu doank untuk keluarga dan rawat mobil wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

yogaecho wrote: 31 Mar 2021, 06:11
DOHC wrote: 30 Mar 2021, 18:54
yogaecho wrote: 30 Mar 2021, 15:13

Perbedaan terbesar secara performa nya sepengalaman om klo pakai 10w40 dibanding 5w30 gimana di odo yg tinggi? Pernah sharing juga sama mekanik spesialis nissan di tempat ane, utk L10 lebih cocok nya utk pakai 10w40 krn umur oli bisa sedikit lebih panjang drpd umur 5w30 (5w30 dianjurkan ganti 5k, 10w40 bisa di 7/8k)

CMIIW

Trims atas sharing pengetahuannya om2 🙏
bedanya jauh banget om antara oli buntut 40 dan 30

dl slama saya pake lipindut, perna sekali 2 kali make buntut 40, skali make eneos molyb, skali nya lg make FK freshing.. 2 2 nya tarikan berasa ckup berat..

bengkel spesialis batu makam mmg umumnya nganjurin buntut 40 krn tingkat penguapan oli utk mesin ini amat sangat tinggi om, ga boong.. makanya dharap kan dgn oli yg lebi kentel, bsa tahan agak lamaan

cuman kl saya sehh dl, tetep stick di oli buntut 30, cuman modalin oli yg bagusan.. trakir oli buntut 30 yg saya coba dan tahan disiksa di mesin lipindut itu Q8 formula special yg 5-30.. sliter nya 120an rebu tp worth every penny
Ohh gitu ya om, okedeeh next ganti oli coba yg 5w-30. Biar bisa bedain tarikan antara buntut 40 dan buntut 30. semoga gak terlalu cepat menguap krn mesin yg panas 😂

*brb cari rekomendasi oli 5w30 yg harga standaran tapi baguss :big_biglaugh: :big_peace:
Beruntunglah om piara lipindut d jaman skrg

Oli 5-30 kualitas lmayan ud jauhhh lebi banyak dan lebi murah

Harga standaran kualitas lmayan, ad banyak

Ptt evotek plus, valvoline dura blend, eneos botol putih ijo, ntuh smua oli2 5-30 yg lmayan dr segi harga ama kualitet.. pake 5000 km trus ganti, murahhhh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

omnyanaira wrote: 31 Mar 2021, 08:53 Mantap.... Keren nie mobilnya si om. Moga terus awet yaa om :off_good_job:
Ini antara memang mobilnya yg bandel atau om Herman nya yg apik make mobilnya. Hehehe
Coba ditanya Om gmn rute jalannya?
Trs apakah sering kena macet apa ngga?
Rute yg dilewati dan tingkat kemacetan serta kondisi jalan jg pengaruh lho :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: 31 Mar 2021, 07:27Livina L11 punya saya dari 2014 sampai sekarang untuk mesin belum pernah bermasalah termasuk koilnya yg sudah saya ganti baru keempat busi bawaannya di tahun ke 6 pemakaian, sementara untuk bagian kaki baru aja saya ganti Karet boot shock breaker depan nya sepasang karena ada sobek dan harga sepasang karet boot shock breakernya murah.
Kemaren ganti busi pake busi apa Om?
Kl jalan lancar dan busi bagus maka pengapian bagus dan panas di ruang mesin ngga akan terlalu makanya selongsong koil bisa awet.
Ingat, semakin kenceng dia maka sirkulasi udara u dinginkan area mesin nya lbh banyak dan suhu ruang mesin lbh dingin.
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: 31 Mar 2021, 10:23
Herman7103 wrote: 31 Mar 2021, 07:27Livina L11 punya saya dari 2014 sampai sekarang untuk mesin belum pernah bermasalah termasuk koilnya yg sudah saya ganti baru keempat busi bawaannya di tahun ke 6 pemakaian, sementara untuk bagian kaki baru aja saya ganti Karet boot shock breaker depan nya sepasang karena ada sobek dan harga sepasang karet boot shock breakernya murah.
Kemaren ganti busi pake busi apa Om?
Kl jalan lancar dan busi bagus maka pengapian bagus dan panas di ruang mesin ngga akan terlalu makanya selongsong koil bisa awet.
Ingat, semakin kenceng dia maka sirkulasi udara u dinginkan area mesin nya lbh banyak dan suhu ruang mesin lbh dingin.
Kl kata mbah omni

Busi itu ngaruh bangett ama kesehatan coil, busi kl ud jelek atau renggang atau kotor pasti bkin coil kerja extra dan panas
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: 31 Mar 2021, 10:31
blloewy wrote: 31 Mar 2021, 10:23
Herman7103 wrote: 31 Mar 2021, 07:27Livina L11 punya saya dari 2014 sampai sekarang untuk mesin belum pernah bermasalah termasuk koilnya yg sudah saya ganti baru keempat busi bawaannya di tahun ke 6 pemakaian, sementara untuk bagian kaki baru aja saya ganti Karet boot shock breaker depan nya sepasang karena ada sobek dan harga sepasang karet boot shock breakernya murah.
Kemaren ganti busi pake busi apa Om?
Kl jalan lancar dan busi bagus maka pengapian bagus dan panas di ruang mesin ngga akan terlalu makanya selongsong koil bisa awet.
Ingat, semakin kenceng dia maka sirkulasi udara u dinginkan area mesin nya lbh banyak dan suhu ruang mesin lbh dingin.
Kl kata mbah omni

Busi itu ngaruh bangett ama kesehatan coil, busi kl ud jelek atau renggang atau kotor pasti bkin coil kerja extra dan panas
Betul om apalagi ditambah suhu panas di mesin HR15DE bakalan makin cepet rusak itu koil.
Kebanyakan koil kebakar selongsongnya.
Busi bawaan mobil bisa tahan 60-80k km, penggantinya sesuai manual book maksimal 40k km.
Busi skrg u Livina infonya bisa pake denso pny toyota grand avanza.
Harga beda 40 rb per ea dr busi di beres nissan.
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

blloewy wrote:
DOHC wrote: 31 Mar 2021, 10:31
blloewy wrote: 31 Mar 2021, 10:23 Kemaren ganti busi pake busi apa Om?
Kl jalan lancar dan busi bagus maka pengapian bagus dan panas di ruang mesin ngga akan terlalu makanya selongsong koil bisa awet.
Ingat, semakin kenceng dia maka sirkulasi udara u dinginkan area mesin nya lbh banyak dan suhu ruang mesin lbh dingin.
Kl kata mbah omni

Busi itu ngaruh bangett ama kesehatan coil, busi kl ud jelek atau renggang atau kotor pasti bkin coil kerja extra dan panas
Betul om apalagi ditambah suhu panas di mesin HR15DE bakalan makin cepet rusak itu koil.
Kebanyakan koil kebakar selongsongnya.
Busi bawaan mobil bisa tahan 60-80k km, penggantinya sesuai manual book maksimal 40k km.
Busi skrg u Livina infonya bisa pake denso pny toyota grand avanza.
Harga beda 40 rb per ea dr busi di beres nissan.
Quote
Busi skrg u Livina infonya bisa pake denso pny toyota grand avanza.
Harga beda 40 rb per ea dr busi di beres nissan.
Unquote
Setahu saya busi Nissan Grand Livina tidak bisa menggunakan busi Grand Avanza karena Nissan request ke NGK untuk businya specific/ekslusif buat Grand Livina.

https://otodriver.com/article/view/tern ... fsUqXbQbCU

Kalau punya saya busi bawaan yg sudah 6 tahun lebih digunakan, saya ganti dengan busi Iridium NGK seperti di foto terlampir harga Rp 750 ribu untuk 1 kotak berisi 4 busi Iridium beli di distributor NGK di Palembang.
IMG_20200808_191423.jpg
IMG_20200808_191423.jpg (52.24 KiB) Viewed 643 times
:glodak:
HR15DE 2014
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Spies »

Herman7103 wrote: 31 Mar 2021, 12:36
blloewy wrote:
DOHC wrote: 31 Mar 2021, 10:31

Kl kata mbah omni

Busi itu ngaruh bangett ama kesehatan coil, busi kl ud jelek atau renggang atau kotor pasti bkin coil kerja extra dan panas
Betul om apalagi ditambah suhu panas di mesin HR15DE bakalan makin cepet rusak itu koil.
Kebanyakan koil kebakar selongsongnya.
Busi bawaan mobil bisa tahan 60-80k km, penggantinya sesuai manual book maksimal 40k km.
Busi skrg u Livina infonya bisa pake denso pny toyota grand avanza.
Harga beda 40 rb per ea dr busi di beres nissan.
Quote
Busi skrg u Livina infonya bisa pake denso pny toyota grand avanza.
Harga beda 40 rb per ea dr busi di beres nissan.
Unquote
Setahu saya busi Nissan Grand Livina tidak bisa menggunakan busi Grand Avanza karena Nissan request ke NGK untuk businya specific/ekslusif buat Grand Livina.

https://otodriver.com/article/view/tern ... fsUqXbQbCU

Kalau punya saya busi bawaan yg sudah 6 tahun lebih digunakan, saya ganti dengan busi Iridium NGK seperti di foto terlampir harga Rp 750 ribu untuk 1 kotak berisi 4 busi Iridium beli di distributor NGK di Palembang.IMG_20200808_191423.jpg
Ini mah sekelas sama busi orinya lipindut, denso fxe20he11 :big_cry: :big_cry: :big_cry:
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 04 Dec 2017, 20:57

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Mkresnap »

Herman7103 wrote: 31 Mar 2021, 07:27
Mkresnap wrote:Saya ada lipindut odo udah 120 rb, ganti oli pake oli beres dulu total quarts 8000 5w30 terus ngo 5w-30 abis itu astra helix 5w-30, so far nggak ada masalah aman aman aja, odo juga udah gondrong mesin nggak pernah problem kecuali penyakit mesin nissan kalo udah tua karet coil sobek, selebihnya lebih rewel kaki kakinya daripada engine nya [emoji1787]
Livina L11 punya saya dari 2014 sampai sekarang untuk mesin belum pernah bermasalah termasuk koilnya yg sudah saya ganti baru keempat busi bawaannya di tahun ke 6 pemakaian, sementara untuk bagian kaki baru aja saya ganti Karet boot shock breaker depan nya sepasang karena ada sobek dan harga sepasang karet boot shock breakernya murah.
Wah kalo kaki kaki saya gaada obat om, bolak balik ganti ini udah kedua kali, dulu pertama ganti di beres segelondong 12 juta, kesini sini ganti aja di bengkel pinggir jalan, ganti pake copotan singapore racksteer, stabil, join :big_peace:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Mkresnap wrote:
Herman7103 wrote: 31 Mar 2021, 07:27
Mkresnap wrote:Saya ada lipindut odo udah 120 rb, ganti oli pake oli beres dulu total quarts 8000 5w30 terus ngo 5w-30 abis itu astra helix 5w-30, so far nggak ada masalah aman aman aja, odo juga udah gondrong mesin nggak pernah problem kecuali penyakit mesin nissan kalo udah tua karet coil sobek, selebihnya lebih rewel kaki kakinya daripada engine nya [emoji1787]
Livina L11 punya saya dari 2014 sampai sekarang untuk mesin belum pernah bermasalah termasuk koilnya yg sudah saya ganti baru keempat busi bawaannya di tahun ke 6 pemakaian, sementara untuk bagian kaki baru aja saya ganti Karet boot shock breaker depan nya sepasang karena ada sobek dan harga sepasang karet boot shock breakernya murah.
Wah kalo kaki kaki saya gaada obat om, bolak balik ganti ini udah kedua kali, dulu pertama ganti di beres segelondong 12 juta, kesini sini ganti aja di bengkel pinggir jalan, ganti pake copotan singapore racksteer, stabil, join :big_peace:
Boleh On Mkresmap cobain beli AT Reseal 205 untuk disemprot ke semua bagian karet karet yang ada di kaki kaki mobil Om. Mudah mudahan ngak bakal sering ganti part kaki kaki mobil Grand Livina lagi. Cobain aja daripada bayar segelondong kaki kaki 12 juta mending beli Reseal AT 205 Made in USA untuk keawetan part karet karet di mobilnya.

Screenshot_2021-03-31-17-24-36-367_com.opera.mini.native.jpg
Screenshot_2021-03-31-17-24-36-367_com.opera.mini.native.jpg (60.81 KiB) Viewed 609 times
:glodak:
HR15DE 2014
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 04 Dec 2017, 20:57

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Mkresnap »

Herman7103 wrote: 31 Mar 2021, 17:33
Mkresnap wrote:
Herman7103 wrote: 31 Mar 2021, 07:27 Livina L11 punya saya dari 2014 sampai sekarang untuk mesin belum pernah bermasalah termasuk koilnya yg sudah saya ganti baru keempat busi bawaannya di tahun ke 6 pemakaian, sementara untuk bagian kaki baru aja saya ganti Karet boot shock breaker depan nya sepasang karena ada sobek dan harga sepasang karet boot shock breakernya murah.
Wah kalo kaki kaki saya gaada obat om, bolak balik ganti ini udah kedua kali, dulu pertama ganti di beres segelondong 12 juta, kesini sini ganti aja di bengkel pinggir jalan, ganti pake copotan singapore racksteer, stabil, join :big_peace:
Boleh On Mkresmap cobain beli AT Reseal 205 untuk disemprot ke semua bagian karet karet yang ada di kaki kaki mobil Om. Mudah mudahan ngak bakal sering ganti part kaki kaki mobil Grand Livina lagi. Cobain aja daripada bayar segelondong kaki kaki 12 juta mending beli Reseal AT 205 Made in USA untuk keawetan part karet karet di mobilnya.


Screenshot_2021-03-31-17-24-36-367_com.opera.mini.native.jpg
Siap noted om, nanti ane coba, :big_exellent:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Herman7103 wrote: 31 Mar 2021, 12:36
blloewy wrote:
DOHC wrote: 31 Mar 2021, 10:31

Kl kata mbah omni

Busi itu ngaruh bangett ama kesehatan coil, busi kl ud jelek atau renggang atau kotor pasti bkin coil kerja extra dan panas
Betul om apalagi ditambah suhu panas di mesin HR15DE bakalan makin cepet rusak itu koil.
Kebanyakan koil kebakar selongsongnya.
Busi bawaan mobil bisa tahan 60-80k km, penggantinya sesuai manual book maksimal 40k km.
Busi skrg u Livina infonya bisa pake denso pny toyota grand avanza.
Harga beda 40 rb per ea dr busi di beres nissan.
Quote
Busi skrg u Livina infonya bisa pake denso pny toyota grand avanza.
Harga beda 40 rb per ea dr busi di beres nissan.
Unquote
Setahu saya busi Nissan Grand Livina tidak bisa menggunakan busi Grand Avanza karena Nissan request ke NGK untuk businya specific/ekslusif buat Grand Livina.

https://otodriver.com/article/view/tern ... fsUqXbQbCU

Kalau punya saya busi bawaan yg sudah 6 tahun lebih digunakan, saya ganti dengan busi Iridium NGK seperti di foto terlampir harga Rp 750 ribu untuk 1 kotak berisi 4 busi Iridium beli di distributor NGK di Palembang.IMG_20200808_191423.jpg
Bisa ganti merek dan ga harus wajip NGK om

dulu busi bawaan HR15DE itu malah DENSO FXE20HE-11 twin tip iridium dan platinum... justru karena mahal nya minta ampun tuh si denso dan makin lama makin naek harganya, makanya dganti ke NGK iridium skrg

busi yg penting drat sama, ukuran ulir sama, panjang drat sama dan tingkatan heat range sama dan WAJIP beresistor, maka gonta ganti merek gapapa

cuman kl saya pribadi lebi milih either NGK atau DENSO... kl merek2 d luar itu, rada kurang percaya

wong porche aj pake nya denso / ngk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Benar Om DOHC, untuk busi bebas mau pilih NGK Spark Plug or Denso Spark Plug yang penting kalau saya pribadi harus yang Iridium aja karena so far di mesin HR15DE memang busi Iridium 6 tahun lebih digunakan tidak belum koit juga saat saya ganti busi type Iridium juga.

https://carfromjapan.com/article/car-ma ... etter/amp/
:glodak:
HR15DE 2014
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Mbah Klep mana ya?
Apa iya pemakaian RON 98 di Lipindut akan buat mesin jadi ekstra tambah panas dan merusak busi serta selongsong koil?
Korelasinya apa ya itu ron 98 jadi bisa merusak busi dan koil kalau dipakai dalam jangka waktu lama.
nubie in all things - still need to learn
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10928
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

blloewy wrote: 01 Apr 2021, 12:12 Mbah Klep mana ya?
Apa iya pemakaian RON 98 di Lipindut akan buat mesin jadi ekstra tambah panas dan merusak busi serta selongsong koil?
Korelasinya apa ya itu ron 98 jadi bisa merusak busi dan koil kalau dipakai dalam jangka waktu lama.

gosip darimana lagi ini?
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

marmut wrote: 01 Apr 2021, 12:38
blloewy wrote: 01 Apr 2021, 12:12 Mbah Klep mana ya?
Apa iya pemakaian RON 98 di Lipindut akan buat mesin jadi ekstra tambah panas dan merusak busi serta selongsong koil?
Korelasinya apa ya itu ron 98 jadi bisa merusak busi dan koil kalau dipakai dalam jangka waktu lama.

gosip darimana lagi ini?
dari padepokan sebelah mbah... :big_okay:
infonya suhu disana sudah bolak balik pake Busi BRISK yg super mihil itu dan ditambah GURAH auto ON setiap 6 bulan plus Pertabo sejak lahir
eh buat busi ama koilnya modyar semuanya 6 bulan sekali.
dalam 2 tahun sampai ganti busi dan koil set 3x.
diagnosa shifu plop padepokannya karena penggunaan pertabo yg buat panas :big_cry:
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

marmut wrote: 01 Apr 2021, 12:38
blloewy wrote: 01 Apr 2021, 12:12 Mbah Klep mana ya?
Apa iya pemakaian RON 98 di Lipindut akan buat mesin jadi ekstra tambah panas dan merusak busi serta selongsong koil?
Korelasinya apa ya itu ron 98 jadi bisa merusak busi dan koil kalau dipakai dalam jangka waktu lama.

gosip darimana lagi ini?
Suer mbah

Bukan saya yg ngajarin kaya gt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: 31 Mar 2021, 17:33 Boleh On Mkresmap cobain beli AT Reseal 205 untuk disemprot ke semua bagian karet karet yang ada di kaki kaki mobil Om. Mudah mudahan ngak bakal sering ganti part kaki kaki mobil Grand Livina lagi. Cobain aja daripada bayar segelondong kaki kaki 12 juta mending beli Reseal AT 205 Made in USA untuk keawetan part karet karet di mobilnya.
screenshot_2021-03-31-17-24-36-367_com.opera.mini.native.jpg
sdh pernah pake om?
belinya dimana ini?
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: 01 Apr 2021, 12:49
marmut wrote: 01 Apr 2021, 12:38
blloewy wrote: 01 Apr 2021, 12:12 Mbah Klep mana ya?
Apa iya pemakaian RON 98 di Lipindut akan buat mesin jadi ekstra tambah panas dan merusak busi serta selongsong koil?
Korelasinya apa ya itu ron 98 jadi bisa merusak busi dan koil kalau dipakai dalam jangka waktu lama.

gosip darimana lagi ini?
dari padepokan sebelah mbah... :big_okay:
infonya suhu disana sudah bolak balik pake Busi BRISK yg super mihil itu dan ditambah GURAH auto ON setiap 6 bulan plus Pertabo sejak lahir
eh buat busi ama koilnya modyar semuanya 6 bulan sekali.
dalam 2 tahun sampai ganti busi dan koil set 3x.
diagnosa shifu plop padepokannya karena penggunaan pertabo yg buat panas :big_cry:
Rajin gurah yah... 6 bulan skali yah


Hmmm ya ya

Saya aj yg cuman sekedar semprot2 carbjet aj lgs di kuliahin ama prop gerasi 69 ama prop masas

Btw lg, d malon malah oktan sana itu 95 ama 97.. ga ad critanya busi ama coil lipindut mreka pd teler.. tau sendiri tuh malon2 nyetir kaya apa kl d tol, orang kita mah ga ad apa2nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: 01 Apr 2021, 12:54
marmut wrote: 01 Apr 2021, 12:38
blloewy wrote: 01 Apr 2021, 12:12 Mbah Klep mana ya?
Apa iya pemakaian RON 98 di Lipindut akan buat mesin jadi ekstra tambah panas dan merusak busi serta selongsong koil?
Korelasinya apa ya itu ron 98 jadi bisa merusak busi dan koil kalau dipakai dalam jangka waktu lama.

gosip darimana lagi ini?
Suer mbah

Bukan saya yg ngajarin kaya gt
ini aliran baru Om klep
lbh keras dari aliran asem reges :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10928
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

blloewy wrote: 01 Apr 2021, 12:49
dari padepokan sebelah mbah... :big_okay:
infonya suhu disana sudah bolak balik pake Busi BRISK yg super mihil itu dan ditambah GURAH auto ON setiap 6 bulan plus Pertabo sejak lahir
eh buat busi ama koilnya modyar semuanya 6 bulan sekali.
dalam 2 tahun sampai ganti busi dan koil set 3x.
diagnosa shifu plop padepokannya karena penggunaan pertabo yg buat panas :big_cry:

sudah coba kasih sanmol 3×1 plus dibantu kompres?
semoga lekas turun panasnya...
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: 01 Apr 2021, 12:57
Rajin gurah yah... 6 bulan skali yah


Hmmm ya ya

Saya aj yg cuman sekedar semprot2 carbjet aj lgs di kuliahin ama prop gerasi 69 ama prop masas

Btw lg, d malon malah oktan sana itu 95 ama 97.. ga ad critanya busi ama coil lipindut mreka pd teler.. tau sendiri tuh malon2 nyetir kaya apa kl d tol, orang kita mah ga ad apa2nya
saya juga nebaknya itu Om.
Karena cairan yg dipake entah apa itu...
tp di padepokan sebelah itu wajib gurah kl bisa tiap ganti oli :big_cry: :big_cry: :big_cry:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

marmut wrote: 01 Apr 2021, 12:58

sudah coba kasih sanmol 3×1 plus dibantu kompres?
semoga lekas turun panasnya...
Bukan sanmol mbah tp BODREX 1 strip di filter udara :big_weee: :big_biglaugh:
nubie in all things - still need to learn
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post