Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Catatan Moderator:
Thread ini adalah lanjutan dari Part 05
======================================================================

marama wrote:
hengky85 wrote: Fri Dec 29, 2017 11:29
hengky85 wrote: Mon Dec 18, 2017 15:29 Akhir pilihan jatuh ke livina juga
Td siang selesai transaksi dpt ANGL 2014

Langsung di tes pulang pergi kerja,trnyata ada bbrp masalah

1.pas macet kondisi tanjakan mesin seperti berebet gt,2-3 kali..kalau jalanan rata normal

2.pas belok ada seperti bunyi tek,tek,di bagian stang

3.pas muter balik(stang dipatahin) ada bunyi aneh lg di bagian bawah

4.gas kayanya maunya nyelonong terus klo rem ga pinter2 kita mainin

[emoji23][emoji23] baru mau nyobain livina,ada aja masalahnya

Mohon bantuan rekan2,kalau ada bengkel rekomendasi boleh info ke saya(daerah jkt)

Thx
updated :

-akhirnya mobil saya bawa ke FAMILY AUTO SERVICE bintara,tune up dan cek kaki2
berikut rincian biaya2nya:

-tune up 350.000
-oli + filter 400rb
-filter ac dan udara 250an
-kuras matik 6 botol @110.000
-busi 4 @110.000
-cleaner 3 botol

Dan ada biaya yg ga terduga,ternyata yg bikin kalau belok patah ada bunyi2 dibawah ternyata as roda kana kiri saya sdh kena,mau direpair sudah ga bisa karna bola2nya sdh berkarat
Mau beli outer luarnya ternyata buat all new livina blm ada yg jual dan harus beli 1 set @ 4.100.000 bearti kalau kiri kanan 8.200.000 udah gt mesti indent di nissan
Untungnya sama org FAS nya dicarikan dan dapat copotan baru cabutan sebelah kanan dan sebelah kiri kondisi new hasil lelang 2 pcs 4juta

part utk servis kaki2 beli sendiri di tokped:

-jasa 400an
-lower arm 2 pcs @290.000=580.000
-conrod 2pcs @100.000=200.000
-bushing member 2pcs @100.000=200.000
-link komp kiri 250.000
-karet @65.000=130.000

Setelah kaki2 dipasang saya pikir sdh selesai penderitaan saya,pas mesin dinyalain ternyata oli ga naik dan bunyi mesin agak aneh
Akhirnya tutup klep mesin dibuka,mekaniknya mau cek olinya nempel ga di mesin Dan ternyata.......
Oli sudah mengumpal nempel di dinding mesin,apa bila ga dibersihin mesin bisa jebol jika dipakai lama(overhaul)
Akhirnya mobil harus saya inepin lagi semingguan utk di Overhaul
berikut rincian biayanya:

-Jasa 3juta
-ring set piston 400an
-packing set 1.400an
-cairan pembersih 500an
-tutup klep 1.5-2jutaan*
-oli mesin 4 liter
-membran besi 500an*
(yg * mau dicek,harus diganti apa gag)

total sudah belasan juta ... :big_think: :big_think:
Saya kok agak curiga ke bengkel nya ya?
Saya kira pemilik awal mobil yg tidak merawat mobilnya dan tidak baca keseluruhan manual book nya cuma tau pake aja padahal semua mobil yg non EV wajib ganti oli oli an dan filter filter NYA dsb saat sudah waktunya ganti. Next owner nya kelolosan dalam comprehensive check mobil sebelum dibeli. Untung dulu saya yg tdk byk tau ttg mobil ini buy new from dealer jadi after 46 month used only regular periodic maintenance, no problem found until now
[emoji3]
:glodak:
HR15DE 2014
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by supriyadi »

Herman7103 wrote: Wed Feb 28, 2018 5:52
marama wrote:
hengky85 wrote: Fri Dec 29, 2017 11:29

updated :

-akhirnya mobil saya bawa ke FAMILY AUTO SERVICE bintara,tune up dan cek kaki2
berikut rincian biaya2nya:

-tune up 350.000
-oli + filter 400rb
-filter ac dan udara 250an
-kuras matik 6 botol @110.000
-busi 4 @110.000
-cleaner 3 botol

Dan ada biaya yg ga terduga,ternyata yg bikin kalau belok patah ada bunyi2 dibawah ternyata as roda kana kiri saya sdh kena,mau direpair sudah ga bisa karna bola2nya sdh berkarat
Mau beli outer luarnya ternyata buat all new livina blm ada yg jual dan harus beli 1 set @ 4.100.000 bearti kalau kiri kanan 8.200.000 udah gt mesti indent di nissan
Untungnya sama org FAS nya dicarikan dan dapat copotan baru cabutan sebelah kanan dan sebelah kiri kondisi new hasil lelang 2 pcs 4juta

part utk servis kaki2 beli sendiri di tokped:

-jasa 400an
-lower arm 2 pcs @290.000=580.000
-conrod 2pcs @100.000=200.000
-bushing member 2pcs @100.000=200.000
-link komp kiri 250.000
-karet @65.000=130.000

Setelah kaki2 dipasang saya pikir sdh selesai penderitaan saya,pas mesin dinyalain ternyata oli ga naik dan bunyi mesin agak aneh
Akhirnya tutup klep mesin dibuka,mekaniknya mau cek olinya nempel ga di mesin Dan ternyata.......
Oli sudah mengumpal nempel di dinding mesin,apa bila ga dibersihin mesin bisa jebol jika dipakai lama(overhaul)
Akhirnya mobil harus saya inepin lagi semingguan utk di Overhaul
berikut rincian biayanya:

-Jasa 3juta
-ring set piston 400an
-packing set 1.400an
-cairan pembersih 500an
-tutup klep 1.5-2jutaan*
-oli mesin 4 liter
-membran besi 500an*
(yg * mau dicek,harus diganti apa gag)

total sudah belasan juta ... :big_think: :big_think:
Saya kok agak curiga ke bengkel nya ya?
Saya kira pemilik awal mobil yg tidak merawat mobilnya dan tidak baca keseluruhan manual book nya cuma tau pake aja padahal semua mobil yg non EV wajib ganti oli oli an dan filter filter NYA dsb saat sudah waktunya ganti. Next owner nya kelolosan dalam comprehensive check mobil sebelum dibeli. Untung dulu saya yg tdk byk tau ttg mobil ini buy new from dealer jadi after 46 month used only regular periodic maintenance, no problem found until now
[emoji3]
Betul itu Om. Untuk orang yang awam mesin macam kita mending beli mobil baru yang relatif lebih trouble free, memang lebih mahal sih. Ikutin petunjuk buku manual, tapi ya mana yang dirasa kurang enak bisa kita kknsultasikan dengan SA nya. Nah seiring berjalannya waktu kita bisa merasakan ketidaknyamanan mobil kita, baru kita sadar & paham masalah di mobil kita. Maaf susunan katanya belepotan
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Profith83 »

Mobil ini dari dulu memang mahal partnya dan gampang rusak.

Coba lihat thread ke belakang belakang.
Makanya harga bekasnya hancur karena orang sudah tahu kalau betulin habis banyak.
Sudah mahal tapi juga gampang rusak.

Badingkan dengan Part Innova saja missal than 2017-2015. Jelas murah part Innova.
j4niS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Tue May 01, 2012 3:55

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by j4niS »

gedanggodok wrote: Tue Jan 30, 2018 11:30 Permisi para suhu dan master..

Ane ada OGL 2013 and KM udh jalan 87rb..

Ada keluhan, kalau stir dibelokan saat posisi ban diam ada suara bergemuruh gitu. Kira2 masalah ny ada dimana ya?

Thanks
just sharing, mungkin bisa jadi reference.

dulu saya jg alamin gini, kalo di kasus saya, yg harus diganti "bearing" di bawah duduk suspension depan. jadi kalo belok suka ada bunyi.
kebeneran bearing nya livina ini pake ceramic, bukan ball bearing, jadi kalo sering jalan jelek bisa gopal gopal dan bunyi.


habis ganti bearing (dulu masih klaim), ampe sekarang mobil udah 6 tahun, 90rb km, udah gak ada issue itu lg.

semoga berguna.......
j4niS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Tue May 01, 2012 3:55

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by j4niS »

supriyadi wrote: Fri Jan 05, 2018 16:22 Malam Suhu semua, mau tanya nih. Saya pake ANGL 2014 km sekarang 41rban, rencana mau ganti air radiator, kira2 merk apa yang bagus ya? Kalo ganti pake yang ori kira2 worth gak tuh? Tolong sarannya :big_peace:
saran sih pake yg prestone yg tanpa perlu didilut sama air lg. dari hasil rawatin ini mobil dari baru 2012 ampe sekarang gak ada karat/bocor/overheat dkk.

semoga berguna,
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Hanggar »

j4niS wrote: Wed Feb 28, 2018 7:24
supriyadi wrote: Fri Jan 05, 2018 16:22 Malam Suhu semua, mau tanya nih. Saya pake ANGL 2014 km sekarang 41rban, rencana mau ganti air radiator, kira2 merk apa yang bagus ya? Kalo ganti pake yang ori kira2 worth gak tuh? Tolong sarannya :big_peace:
saran sih pake yg prestone yg tanpa perlu didilut sama air lg. dari hasil rawatin ini mobil dari baru 2012 ampe sekarang gak ada karat/bocor/overheat dkk.

semoga berguna,
Kalau saya sih beli radiator coolant bawaan ori Nissan beli di bukalapak . . . hehehehe . . .
j4niS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Tue May 01, 2012 3:55

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by j4niS »

Hanggar wrote: Wed Feb 28, 2018 7:29
j4niS wrote: Wed Feb 28, 2018 7:24
supriyadi wrote: Fri Jan 05, 2018 16:22 Malam Suhu semua, mau tanya nih. Saya pake ANGL 2014 km sekarang 41rban, rencana mau ganti air radiator, kira2 merk apa yang bagus ya? Kalo ganti pake yang ori kira2 worth gak tuh? Tolong sarannya :big_peace:
saran sih pake yg prestone yg tanpa perlu didilut sama air lg. dari hasil rawatin ini mobil dari baru 2012 ampe sekarang gak ada karat/bocor/overheat dkk.

semoga berguna,
Kalau saya sih beli radiator coolant bawaan ori Nissan beli di bukalapak . . . hehehehe . . .
ini pilihan sih, cuma diingat saja, yg bawaan nissan, adalah yg harus dicampur air, seberapa yakin itu air bisa aman (ini pendapat pribadi ya :) ).

semoga berguna,
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Hanggar »

Air pake yg distilasi . . . botol air aki tutup kepala biru aja Om merk Yuasa.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 »

supriyadi wrote:
Herman7103 wrote: Wed Feb 28, 2018 5:52
marama wrote: Saya kok agak curiga ke bengkel nya ya?
Saya kira pemilik awal mobil yg tidak merawat mobilnya dan tidak baca keseluruhan manual book nya cuma tau pake aja padahal semua mobil yg non EV wajib ganti oli oli an dan filter filter NYA dsb saat sudah waktunya ganti. Next owner nya kelolosan dalam comprehensive check mobil sebelum dibeli. Untung dulu saya yg tdk byk tau ttg mobil ini buy new from dealer jadi after 46 month used only regular periodic maintenance, no problem found until now
[emoji3]
Betul itu Om. Untuk orang yang awam mesin macam kita mending beli mobil baru yang relatif lebih trouble free, memang lebih mahal sih. Ikutin petunjuk buku manual, tapi ya mana yang dirasa kurang enak bisa kita kknsultasikan dengan SA nya. Nah seiring berjalannya waktu kita bisa merasakan ketidaknyamanan mobil kita, baru kita sadar & paham masalah di mobil kita. Maaf susunan katanya belepotan
Ya begitulah Om baca manual book dan bila perlu ada yg kurang pas bisa konsultasi kan dgn SA nya krn itu selama hubungan kita baik dgn mekanik, SA dan Kabeng nya semuanya lancar saja.
Saya share pengalaman saya beli setengah lusin NGO 5W30, 2 filter air elements , 1 filter air cabin total cost include PPN sebesar
Rp 993850 utk stock).
Di awal september 2017 saya 1st time ganti oli di bengkel non beres (hasil survei dan tanya sana sini) rupanya jasa ganti oli mesin dan filternya di prabumulih jasanya cuma 35 ribu krn oli dan filternya ambil dari stock, lalu krn ekonomis bikin pengen lagi jadi minggu lalu 2nd time ganti lagi ke tempat yg sama di prabumulih cuma krn lain dgn yg pertama kali dan mekanik nya baru pas ganti oli dan filternya dia lancar cuma saat ganti filter atau AC dia bingung jadi saya turun tangan ganti filter AC kabin sdri, bayar jasa Rp 65 ribu.

Quote
@profith
Mobil ini dari dulu memang mahal partnya dan gampang rusak.

Coba lihat thread ke belakang belakang.
Makanya harga bekasnya hancur karena orang sudah tahu kalau betulin habis banyak.
Sudah mahal tapi juga gampang rusak.

Badingkan dengan Part Innova saja missal than 2017-2015. Jelas murah part Innova.

My comments to Om Profith
My Experience as user ANGL CVT 2014, I have different opinion from om profith, after I used my car for 46 month In my opinion ANGL is more comfort than Ipah but Ipah is Bigger than ANGL. Maintenance cost ANGL for 46 month totally only Rp 8.143.850 Average cost per month only Rp 177040. Vehicles tax only average Rp 2500000. Fuel mostly used premium only when trip to Java use Pertamax or pertalite and fuel consumption quite efficient.
:glodak:
HR15DE 2014
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by supriyadi »

Prinsip saya sparepart kalo sama2 genuine gak beda jauh harganya, lain cerita kalo KW. Justru karena dibilang ini mobil rewel lah, sparepart mahal lah, ringkih lah...saya jadi penasaran & ambil ini mobil. Biar saja orang mau bilang apa, yang penting saya suka & ini saya beli pake duit sendiri bukan duit nyolong/korupsi. Masa bodoh orang bilang apa. Justru dengan orang bilang ini itu saya jadi tau kelemahan mobil saya, ya nikmati aja. Justru saya bilang terimakasih sudah nunjukin kelemahannya, jadi saya bisa aware & ancang seandainya ada kerusakan :big_peace: :big_peace:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 »

supriyadi wrote:Prinsip saya sparepart kalo sama2 genuine gak beda jauh harganya, lain cerita kalo KW. Justru karena dibilang ini mobil rewel lah, sparepart mahal lah, ringkih lah...saya jadi penasaran & ambil ini mobil. Biar saja orang mau bilang apa, yang penting saya suka & ini saya beli pake duit sendiri bukan duit nyolong/korupsi. Masa bodoh orang bilang apa. Justru dengan orang bilang ini itu saya jadi tau kelemahan mobil saya, ya nikmati aja. Justru saya bilang terimakasih sudah nunjukin kelemahannya, jadi saya bisa aware & ancang seandainya ada kerusakan :big_peace: :big_peace:
Kalau saya pribadi beli mobil ini karena berhasil dapat best deal so below under my budget di tahun 2014 serta sesuai kebutuhan, BQ dan Engine lumayan HR15DE Dual Injector Twin VTC, CVT, Hill start assist & roof monitor yg disukai anak lumayan lah dan utk ukuran kondisi fitur fitur and ENGINE & transmission mobil multi purpose seputaran tahun 2014. Setelah baca baca forum dlm negeri memang ada beberapa point minus, but you read at all forums, toh di semua merk merk mobil lain juga ada plus minus nya nothing perfect 100 %. Jadi bener kata Om, hrs diketahui dan diperhatikan point minus mobil yg kita beli dan dgn trik trik and tips tips dari forum dlm negeri atau luar yg kita dapat, yg kita aplikasi kan di perawatan dan cara mengendarai nya then until now mobilnya always ready never mogok selalu nyampe tujuan kalau istilah orang pabrik very low down time and no major problems only regular ordinary maintenance.
[emoji1]
:glodak:
HR15DE 2014
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs »

Herman7103 wrote: Wed Feb 28, 2018 12:26 Kalau saya pribadi beli mobil ini karena berhasil dapat best deal so below under my budget di tahun 2014 serta sesuai kebutuhan, BQ dan Engine lumayan HR15DE Dual Injector Twin VTC, CVT, Hill start assist & roof monitor yg disukai anak lumayan lah dan utk ukuran kondisi fitur fitur and ENGINE & transmission mobil multi purpose seputaran tahun 2014. Setelah baca baca forum dlm negeri memang ada beberapa point minus, but you read at all forums, toh di semua merk merk mobil lain juga ada plus minus nya nothing perfect 100 %. Jadi bener kata Om, hrs diketahui dan diperhatikan point minus mobil yg kita beli dan dgn trik trik and tips tips dari forum dlm negeri atau luar yg kita dapat, yg kita aplikasi kan di perawatan dan cara mengendarai nya then until now mobilnya always ready never mogok selalu nyampe tujuan kalau istilah orang pabrik very low down time and no major problems only regular ordinary maintenance.
[emoji1]
Wuih baru tau ane livina ada Hill start assist.... :e-clap: :e-clap: :e-clap: :e-clap:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 »

arfs wrote:
Herman7103 wrote: Wed Feb 28, 2018 12:26 Kalau saya pribadi beli mobil ini karena berhasil dapat best deal so below under my budget di tahun 2014 serta sesuai kebutuhan, BQ dan Engine lumayan HR15DE Dual Injector Twin VTC, CVT, Hill start assist & roof monitor yg disukai anak lumayan lah dan utk ukuran kondisi fitur fitur and ENGINE & transmission mobil multi purpose seputaran tahun 2014. Setelah baca baca forum dlm negeri memang ada beberapa point minus, but you read at all forums, toh di semua merk merk mobil lain juga ada plus minus nya nothing perfect 100 %. Jadi bener kata Om, hrs diketahui dan diperhatikan point minus mobil yg kita beli dan dgn trik trik and tips tips dari forum dlm negeri atau luar yg kita dapat, yg kita aplikasi kan di perawatan dan cara mengendarai nya then until now mobilnya always ready never mogok selalu nyampe tujuan kalau istilah orang pabrik very low down time and no major problems only regular ordinary maintenance.
[emoji1]
Wuih baru tau ane livina ada Hill start assist.... :e-clap: :e-clap: :e-clap: :e-clap:
ANGL 1.5 CVT 2014 sudah ada Hill start assist check aja dan Google aja[emoji3]
:glodak:
HR15DE 2014
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs »

Herman7103 wrote: Wed Feb 28, 2018 13:44 ANGL 1.5 CVT 2014 sudah ada Hill start assist check aja dan Google aja[emoji3]
:wkkk:
Mana ada bung?
mana dah kalo ada situ yg share link nya disini...

Saya juga pake ANGL 1.5 HWS CVT 2013 kgk ada...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
rozanov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Fri May 26, 2017 4:35
Location: Depok
Daily Vehicle: ANKI 2018

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by rozanov »

Nimbrung master dan suhu... dah lama jadi SR aja... baca baca komen para master di SM...

Ane pakai ultimate 2013 dari baru.. odo sekarang dah 120 ribu... baru aja servis besar di beres... dari awal beli sampai sekarang selalu servis di satu beres aja... dan selalu ane umpanin pertamax.... baru sekali minum premium...itu juga cuman 10 liter buat sampai ke pom doang...waktu ane pulang ke padang....

Hampir 5 tahun.. ane puas pakai nya... Nggak rewel..nggak pernah macam macam... selama masih garansi (3 tahun) semua klaim dan keluhan ane langsung di follow.up sama beres...
Performa sampai 120nribu...menurut ane... Nggak jauh beda sama dulu baru nya... shock breaker terakhir ganti sebelum garansi habis... sampai sekarang masih bagus... ada rattle dikit kemaren di dashboard... tp dah dibenerin beres kemaren waktu servis 120 ribu... kata sa nya... ada baut longgar di air bag depan... fc juga bagus... ane selalu check setiap isi bensin... rata rata 1:10.5 - 11 rute depok pulogadung pp... kalau lukot bisa 1:14... lari juga masih yahud... 160 mah nggak sulit... apalagi ane seneng mainin overdrive nya...

So far puas.... Nggak kecewa...dan ane masih sayang banget sama neng lipi nya... masih enak banget...
Mau nunggu livina yang baru aja...
Escaflowne
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Escaflowne »

Ane nyoba GL SV matic rakitan 2014 pemakaian 2015 gaada hill start assist ah
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 »

arfs wrote:
Herman7103 wrote: Wed Feb 28, 2018 13:44 ANGL 1.5 CVT 2014 sudah ada Hill start assist check aja dan Google aja[emoji3]
:wkkk:
Mana ada bung?
mana dah kalo ada situ yg share link nya disini...

Saya juga pake ANGL 1.5 HWS CVT 2013 kgk ada...
Yes your correct. I am sorry. ANGL 2014 CVT no hill star assist. [emoji1]
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 »

Herman7103 wrote:
arfs wrote:
Herman7103 wrote: Wed Feb 28, 2018 13:44 ANGL 1.5 CVT 2014 sudah ada Hill start assist check aja dan Google aja[emoji3]
:wkkk:
Mana ada bung?
mana dah kalo ada situ yg share link nya disini...

Saya juga pake ANGL 1.5 HWS CVT 2013 kgk ada...
Yes your correct. I am sorry. ANGL 2014 CVT no hill star assist. [emoji1]
Krn kebiasaan di D/L ngak ngelongsor mundur di i jalan menanjak bawa mobil ANGL CVT 2014 ngira hill start assist, my mistake and my error thinking. I apologize for that agan [emoji3]
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by alvin23 »

https://autonetmagz.com/nissan-grand-li ... nya/66552/


gw sebagai mantan user GL udah kehabisan kata2 sama indomobil dan Nissan Indo ckckck.
once a promising product, now die with life support
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by dizco »

alvin23 wrote: Sun Mar 11, 2018 7:26 https://autonetmagz.com/nissan-grand-li ... nya/66552/


gw sebagai mantan user GL udah kehabisan kata2 sama indomobil dan Nissan Indo ckckck.
once a promising product, now die with life support
(very) minor facelift tiada henti :mky_02:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 »

Hopefully bisa ikut upgrade aksesoris special version jg untuk mobil ANGL CVT 2014 kalau sudah ada dipasarkan juga biar ngikutin new update nya.
:glodak:
HR15DE 2014
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs »

alvin23 wrote:https://autonetmagz.com/nissan-grand-li ... nya/66552/


gw sebagai mantan user GL udah kehabisan kata2 sama indomobil dan Nissan Indo ckckck.
once a promising product, now die with life support
Mantab nih fossil masih dipertahankan... Wkk
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by P47hos »

No offense, cuma curhat ttg Livina.. Saya lihat yang bilang ini mobil reliable dll rata2 user dibawah 5tahun.. ya saya setuju ygmobil ini nyaman, memang nyaman TAPI setelah 6 tahun keatas mulai rewelnya aneh2, contoh
-mobil ini ga bisa cuci steam mesin, klo berani coba tunggu aja 2-3 x cuci ntar tiba2 mesin brebet, coil kemasukan air dan minta ganti @800rb. Jd klo mesinnya kotor, harus cuci di BERES, biaya 175.000
- ngelitik, ini sudah penyakit umum meski sudah pake Pertamax, solusi gampangnya carbon clean, tp setelah 60-70k carbon clean sudah ga bisa dijadikan solusi karena setelah 10-15k kembali ngelitik. Solusi dari BERES : TOP OH. Baru 80k sdh top OH? Simpulkan sendiri
- Kaki-kaki, sudah rahasia umum juga, paling cepat 3 tahun, paling lama 6 tahun sudah keluar bunyi2nya. Klo mau pake spare part ORI semua? Diatas 6jt bro biayanya
-Oli rekomendasi BERES 10W-30 boleh diganti sampai 10k km, kenyataannya banyak yg laporan sludge waktu 60-70k, kayanya berkaitan dengan ngelitik diatas soalnya ruang bakar kotor karena oli menguap.
- pergantian oli transmisi di rekomendasi 100k km, kenyataannya banyak yg jebol transmisi di 60-70k km karena oli sdh tidak mampu melumasi. Klo Servis di BERES? 10jt++
- harga spareparts yg malah lebih mahal dari innova. Sebagai pengingat GL series waktu dilaunching di 2007 digadang2 sebagai lawan Innova versi ekonomis, bukan LMPV seperti sekarang.
- dll, macam kopling yg klo belum terbiasa pasti merasa susah banget bawa mobil ini, spiral klakson yg bisa tiba2 putus, blower AC yg nanggung, headlamp yg cepet banget menguning.
Conclusion: Klo Ada yg bilang mobil ini reliable, bagi saya masih banyak mobil yg lebih reliable dan dengan biaya maintenance yg lebih rendah tanpa problem2 yg ngga umum macam diatas,FYI dirumah Ada innova 2007, Jazz GE8 2011 sama GL 2008, yg paling banyak keluar biaya maintenance-nya ini GL.
Disclaimer: mobil saya GL 1.5xv 2008, Dan masih berjalan sampai sekarang kilometer 100k ++, kalo ditanya knp ga dijual? Simple Aja alasannya, karena tahun lalu baru reparasi besar2an semua habis 20 jt jd dipake dulu sampe puas baru mau dijual. Dijual skrg juga harga jualnya jatuh :D.
j4niS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Tue May 01, 2012 3:55

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by j4niS »

P47hos wrote: Mon Mar 12, 2018 1:03 No offense, cuma curhat ttg Livina.. Saya lihat yang bilang ini mobil reliable dll rata2 user dibawah 5tahun.. ya saya setuju ygmobil ini nyaman, memang nyaman TAPI setelah 6 tahun keatas mulai rewelnya aneh2, contoh
-mobil ini ga bisa cuci steam mesin, klo berani coba tunggu aja 2-3 x cuci ntar tiba2 mesin brebet, coil kemasukan air dan minta ganti @800rb. Jd klo mesinnya kotor, harus cuci di BERES, biaya 175.000
- ngelitik, ini sudah penyakit umum meski sudah pake Pertamax, solusi gampangnya carbon clean, tp setelah 60-70k carbon clean sudah ga bisa dijadikan solusi karena setelah 10-15k kembali ngelitik. Solusi dari BERES : TOP OH. Baru 80k sdh top OH? Simpulkan sendiri
- Kaki-kaki, sudah rahasia umum juga, paling cepat 3 tahun, paling lama 6 tahun sudah keluar bunyi2nya. Klo mau pake spare part ORI semua? Diatas 6jt bro biayanya
-Oli rekomendasi BERES 10W-30 boleh diganti sampai 10k km, kenyataannya banyak yg laporan sludge waktu 60-70k, kayanya berkaitan dengan ngelitik diatas soalnya ruang bakar kotor karena oli menguap.
- pergantian oli transmisi di rekomendasi 100k km, kenyataannya banyak yg jebol transmisi di 60-70k km karena oli sdh tidak mampu melumasi. Klo Servis di BERES? 10jt++
- harga spareparts yg malah lebih mahal dari innova. Sebagai pengingat GL series waktu dilaunching di 2007 digadang2 sebagai lawan Innova versi ekonomis, bukan LMPV seperti sekarang.
- dll, macam kopling yg klo belum terbiasa pasti merasa susah banget bawa mobil ini, spiral klakson yg bisa tiba2 putus, blower AC yg nanggung, headlamp yg cepet banget menguning.
Conclusion: Klo Ada yg bilang mobil ini reliable, bagi saya masih banyak mobil yg lebih reliable dan dengan biaya maintenance yg lebih rendah tanpa problem2 yg ngga umum macam diatas,FYI dirumah Ada innova 2007, Jazz GE8 2011 sama GL 2008, yg paling banyak keluar biaya maintenance-nya ini GL.
Disclaimer: mobil saya GL 1.5xv 2008, Dan masih berjalan sampai sekarang kilometer 100k ++, kalo ditanya knp ga dijual? Simple Aja alasannya, karena tahun lalu baru reparasi besar2an semua habis 20 jt jd dipake dulu sampe puas baru mau dijual. Dijual skrg juga harga jualnya jatuh :D.
mungkin tambahan lain , dari sesama pengguna livina (xv mt 2012)

udah ampir 6 thn jg, so far :
- ngelitik, iya, karena tu egr, sama blow by yg dibuang balik ke intake. dulu pake ron 95, masih alamin jg (apa lg kalo gak pernah dibejek/sering macet). tapi semenjak pake pertaturbo aman (dan 1 yg paling penting, ini mobil mesti sering dibetot, kurang cocok kalo dipake macet macet ria~aka kudu sering carbon clean)
- kaki kaki, so far di ane sih masih aman, even dari 2012 ampe skrg dipake pulang kampung ke sukabumi (yg jalanan amburadul, ampe jalanan alternatif yg gak layak/batu batu semua). sempet ganti bearing suspension sblm abis garansi, tapi sampe sekarang gak nongol lg (tentunya agak kudu hati hati sama polisi tidur/jalanan lobang jangan dihantem)
- oil, selama oli ganti 5rb (misal NGO/SGO/HGO 5w-30), no problem sih. ane sendiri dari dulu pake conoco 5w-30 semi synt, 5rb buang, gak ada sludge di mesin....fyi, untuk oli 10w-30 bawaan sih kaga recommend ampe 10r
-mika kuning?semua jg menguning, ane dirmh piara avanza 2009 jg, udah kuning jg. ini semua efek dari uv (thats why, yg ganti hid, lebih cepet lg kuningnya). paling gampang kliatan dari fog lamp (coba pake halogen biasa, cepet banget buteknya), semenjak pake led, udah aman semua gak ada kuning/butek lg.
- kopling, cross finger, ampe skrg udah 90rb an km, masih aman, gak ada selip jg. (walau cuma exedy thailand)

memang bukan mobil yg awet awet amat, tapi disebut ampas sekali pun gak jg :mky_01:

*bukan sales nissan, cuma share pengalaman ngerawat dari 2012 ampe sekarang.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Herman7103 »

Nice info Om walau saya pribadi baru beli GL yg CVT keluaran tahun 2014 akan saya perhatikan informasi tsb. Saya cuma msh cukup confident setelah pake mobil ini selama ini dan akan terus digunakan sebagai mobil perang apalagi sdh beberapa kali jadi andalan sarana transportasi untuk wisata keluarga saat liburan[emoji4]. Mungkin ya karena saya dak pernah dibikin repot dgn biaya BBM dan perawatan nya, ya nggak nyusahin serta anggota keluarga still like it.
:glodak:
HR15DE 2014