Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Post by Jambangan »

Oil pan dari plastik jg ga nih kyk kwid?
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Post by kandlcorp »

akhirnya keluar dengan fitur yg cukup banyak
cm keburu corola apa orang2 pada masih ada niatan beli yak.
secara pada ngekep duit2nya masing2 kyknya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Post by ChZ »

baru keluar MT only...
metiknya pun AMT
mereknya bukan suzuki

ya udah jelas jawabannya.

buat yang pengen unik aja kali ya. krn nih mobil emang menang unik saja.

yg menarik lebarnya se LMPV dengan bodi se kompak itu... klo kata yang ud review menang stabil dibanding LCGC astra. tp dengan bodi berat mesin seceng sese... 0-100 mirip dengan duo LCGC astra yg metik which is berarti pelan sekali... manual loh ini. pakabar yang AMT.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Thu May 28, 2020 2:37 baru keluar MT only...
metiknya pun AMT
mereknya bukan suzuki

ya udah jelas jawabannya.

buat yang pengen unik aja kali ya. krn nih mobil emang menang unik saja.

yg menarik lebarnya se LMPV dengan bodi se kompak itu... klo kata yang ud review menang stabil dibanding LCGC astra. tp dengan bodi berat mesin seceng sese... 0-100 mirip dengan duo LCGC astra yg metik which is berarti pelan sekali... manual loh ini. pakabar yang AMT.
body lebih berat xenia ceceng :upss: malah xenia ceceng pake gardan.
AMT mah ga beda jauhlah dari MT. malah jangan2 bisa lebih cepet, karena kan ga ada slip kopling karena "robot" yang pindahin gigi.
ya kalau sekarang aja akselerasi setara duo kaleng junior mpv metik berarti memang gear ratio ngejar halus? karena duo kaleng junior mpv itu lebih berat sedikit bobotnya.
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue May 12, 2020 5:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Post by AR93 »

Memang harus tunggu versi seceng turbo kalo mau proper...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Thu May 28, 2020 6:45
body lebih berat xenia ceceng :upss: malah xenia ceceng pake gardan.
AMT mah ga beda jauhlah dari MT. malah jangan2 bisa lebih cepet, karena kan ga ada slip kopling karena "robot" yang pindahin gigi.
ya kalau sekarang aja akselerasi setara duo kaleng junior mpv metik berarti memang gear ratio ngejar halus? karena duo kaleng junior mpv itu lebih berat sedikit bobotnya.
senia seceng ud ga dijual hahaha.

clutch release-engage di AMT dari pengalaman ga pernah bisa enak, tergantung mobilnya apa. by data ignis AMT vs ignis MT emang selisih dikit baik konsumsi maupun accel. cm by feeling ada rasa awkward di AMT, jau lebih smooth pake MT nya.

di mobil econobox begini settingannya alus, kadang ngga sinkron dengan style mengemudi. AMT sampe level fiat abarth aja kurang bisa enak. Lamborghini entahlah blm pernah coba, cm katanya jg terlalu agresif. supercar yang owe coba semua dualclutch : mekileren 650s ama 911 Turbo S.

Klo gaya nyetir barbar mending beli MT nya sekalian, pindah giginya bisa diatur.

LCGC astra mesinya jg lebi gede...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Thu May 28, 2020 7:56
senia seceng ud ga dijual hahaha.
iya, cuma kasih info saja soal ceceng yg juga sebenernya buat saya si lumrah2 saja. ini trade off lah dengan harga segitu untuk non LCGC.
dan di IIMS tahun lalu pas lihat bener2 not bad. apalagi harga segitu. jauh bener impresinya daripada datsun yang sudah alm.

clutch release-engage di AMT dari pengalaman ga pernah bisa enak, tergantung mobilnya apa. by data ignis AMT vs ignis MT emang selisih dikit baik konsumsi maupun accel. cm by feeling ada rasa awkward di AMT, jau lebih smooth pake MT nya.

di mobil econobox begini settingannya alus, kadang ngga sinkron dengan style mengemudi. AMT sampe level fiat abarth aja kurang bisa enak. Lamborghini entahlah blm pernah coba, cm katanya jg terlalu agresif. supercar yang owe coba semua dualclutch : mekileren 650s ama 911 Turbo S.

Klo gaya nyetir barbar mending beli MT nya sekalian, pindah giginya bisa diatur.

LCGC astra mesinya jg lebi gede...
ya soal AMT akan terus menjadi pembicaraan, macem CVT vs geared AT saja :big_peace:
AMT ini mungkin bisa jadi akan jadi kebiasaan baru untuk orang indo kedepannya, apalagi kalau rakitan india terus masuk ke indo. terutama korean brand.
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Post by FU27 »

Ini mobil lebar banget ya. Lebih lebar dari HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Thu May 28, 2020 9:12
ya soal AMT akan terus menjadi pembicaraan, macem CVT vs geared AT saja :big_peace:
AMT ini mungkin bisa jadi akan jadi kebiasaan baru untuk orang indo kedepannya, apalagi kalau rakitan india terus masuk ke indo. terutama korean brand.
emang brp biji mobil d indo yang skrg pake amt? klw ga ad marketnya ya bakal punah dengan sendirinya. lha wuling kortes aja jadinya pake cvt ntu yang turboh...

perlu diinget india masih doyan transmisi 3 pedal... makanya yg rakitan india bikin amt selow selow ae bah... tinggal nambah modul kopling otomatis. marketshare nya ga terlalu gede utk amt, merek india sendiri (tata) dulu jual mobil g ada amt...

sedangkan +62 produk yang mendominasi sekarang at atau cvt buat private use.

masalahnya ini kalo kita ngomong dari sisi orang awam (bukan internet petrolhead yang onta anti cvt lah ini lah itu lah), cvt dan at nyaris ga ada bedanya selain respon cvt yang agak lemot di awal. cara pengoperasiannya at/cvt/dct itu juga mirip formatnya P-R-N-D. orang awam pahamnya transmisi seperti ini ya metik, terlepas itu at/cvt/dct.

amt dr pengalaman orang sekitar ane yang awam pd bingung... ni transmisi kasar amat pindahnya... dari format persenelengnya aja beda. makanya mak ane ga ane rekomen ignis amt... nanjak melorot panik ntar.

btw korean pake dct yang rakitan india, itu seltos kan dct.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Post by rechtmasta »

Bangkitin trit zombie ah, wkwkwk...

Kebetulan lagi nyari mobil 7 seater yang murah meriah, nah iseng2 ngeliat si triber ini. Biarpun udah banyak nada sumbang di internal keluarga, tapi kekeuh pengen liat atas nama penasaran. Ngedatenginlah satu2nya diler yang ada di Bandung.

Pertama dateng, kesannya udah bikin off duluan, cuman ada satpam, pas nanya ke satpam kemana sales-nya, dijawab ga ada kabar dari pagi....hemmm...yoweslah, yang penting bisa liat mobilnya.

Yasudah, liat2, ada edisi khusus juga warna putih. Nanya ada yg AMT ga? Dibilang harus inden dulu ke Jakarta, Ya salam...diler cuma sebiji, mbok ya taro sebiji yang AMT buat pajangan/test drive. Luar sih ok, tapi interior...err....nyonya pas nyoba duduk di bangku Ratu, langsung turun lagi dan ga perduli buat liat2 dalemannya lebih jauh lagi. Jadi saya yang liat2...dan...anak2pun ga tertarik buat liat lebih jauh lagi, padahal mereka biasanya suka paling semangat kalo liat2 mobil di diler, hahaha...ambience-nya mungkin?

Nah, dari fisik luar dalem ternyata keluarga ga tertarik, yaudah sekalian aja nanya ke pak satpam yang luar biasa baek itu, bisa test drive ga. Karena sales ga ada katanya test drive cuman sekitaran parkiran aja....oke deh kalo gitu, daripada ga ada.

Nah, disini anak2 pada semangat ikut...singkat kata...hup naiklah ke kokpit si triber ini. NYalain mesin...dan wawwww....mesin dijel-nya menyala dengan smooth...eh...tunggu2...ini bensin kan ya? bukan dijel....baru inget, tapi...getaran mesinnya...asik sih, bisa ngebuat badan geter semua, bahkan anak2 pun serasa naik wahana di Dupan karena getarannya. Yasudah, coba jalanin muter2 deh, karena ini make yang manual...ya jadi ga ada impresi khusus. Impresi positifnya: 1. Setir enteng banget, 2. Radius putar udah kyk bajay, edunnn asik banget nih. Sebagai penutup, sebelum matiin mobil, pintu udah saya buka...lalu...terdengar bunyi...WWWUUUUNNNGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG....eh, bunyi apa tuh...tapi tidak saya hiraukan, mesin mati...bunyi pun menghilang. Dengan kemampuan deduksi saya yang sekelas Sherlock...saya menyimpulkan bunyi jet Mach 5 itu adalah bunyi fan mesin si triber...bagus buat mengingatkan para pengendara lain atau pejalan kaki supaya sadar kalo si Triber ini mendekat...fitur keamanan yang unik.

All in all, sorry to say, tapi udah masuknya lama banget, pas dateng produk-nya seperti...well...mungkin Renault harus lebih serius kalau mau menggarap pasar low passenger vehicle di Indonesia.

Thats all dari saya dengan review singkat bin ngaco...mohon maaf kalau ada salah-salah kata, ga ada bermaksud untuk menjatuhkan, hanya sharing pengalaman saja.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Post by rakyatwkwkland »

rechtmasta wrote: Mon Jan 04, 2021 11:37 Bangkitin trit zombie ah, wkwkwk...

Kebetulan lagi nyari mobil 7 seater yang murah meriah, nah iseng2 ngeliat si triber ini. Biarpun udah banyak nada sumbang di internal keluarga, tapi kekeuh pengen liat atas nama penasaran. Ngedatenginlah satu2nya diler yang ada di Bandung.

Pertama dateng, kesannya udah bikin off duluan, cuman ada satpam, pas nanya ke satpam kemana sales-nya, dijawab ga ada kabar dari pagi....hemmm...yoweslah, yang penting bisa liat mobilnya.

Yasudah, liat2, ada edisi khusus juga warna putih. Nanya ada yg AMT ga? Dibilang harus inden dulu ke Jakarta, Ya salam...diler cuma sebiji, mbok ya taro sebiji yang AMT buat pajangan/test drive. Luar sih ok, tapi interior...err....nyonya pas nyoba duduk di bangku Ratu, langsung turun lagi dan ga perduli buat liat2 dalemannya lebih jauh lagi. Jadi saya yang liat2...dan...anak2pun ga tertarik buat liat lebih jauh lagi, padahal mereka biasanya suka paling semangat kalo liat2 mobil di diler, hahaha...ambience-nya mungkin?

Nah, dari fisik luar dalem ternyata keluarga ga tertarik, yaudah sekalian aja nanya ke pak satpam yang luar biasa baek itu, bisa test drive ga. Karena sales ga ada katanya test drive cuman sekitaran parkiran aja....oke deh kalo gitu, daripada ga ada.

Nah, disini anak2 pada semangat ikut...singkat kata...hup naiklah ke kokpit si triber ini. NYalain mesin...dan wawwww....mesin dijel-nya menyala dengan smooth...eh...tunggu2...ini bensin kan ya? bukan dijel....baru inget, tapi...getaran mesinnya...asik sih, bisa ngebuat badan geter semua, bahkan anak2 pun serasa naik wahana di Dupan karena getarannya. Yasudah, coba jalanin muter2 deh, karena ini make yang manual...ya jadi ga ada impresi khusus. Impresi positifnya: 1. Setir enteng banget, 2. Radius putar udah kyk bajay, edunnn asik banget nih. Sebagai penutup, sebelum matiin mobil, pintu udah saya buka...lalu...terdengar bunyi...WWWUUUUNNNGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG....eh, bunyi apa tuh...tapi tidak saya hiraukan, mesin mati...bunyi pun menghilang. Dengan kemampuan deduksi saya yang sekelas Sherlock...saya menyimpulkan bunyi jet Mach 5 itu adalah bunyi fan mesin si triber...bagus buat mengingatkan para pengendara lain atau pejalan kaki supaya sadar kalo si Triber ini mendekat...fitur keamanan yang unik.

All in all, sorry to say, tapi udah masuknya lama banget, pas dateng produk-nya seperti...well...mungkin Renault harus lebih serius kalau mau menggarap pasar low passenger vehicle di Indonesia.

Thats all dari saya dengan review singkat bin ngaco...mohon maaf kalau ada salah-salah kata, ga ada bermaksud untuk menjatuhkan, hanya sharing pengalaman saja.
Wah, nice short review oom :off_good_job:

Btw, ternyata setelah pindah atpm renault tetep ga bisa diharapkan ya. Kirain abis lepas dari indoboil ganti ke nusantara maxindo bisa mendingan gitu, apalagi abis dipegang maxindo ga lama mereka langsung wacana masukin triber. Ternyata podo wae. Keluar kandang singa masuk kandang buaya.

Anyway, menurut ane sebenernya triber ini not bad kok. Menurut pendapat pribadi ane, sebenernya dia punya selling point apa yang diinginkan oleh orang indo, macam ac double blower (bahkan individual di tiap row), akomodasi terutama baris 3 yg lbh lega dari calsig, practicality, dan yang pasti menurut mata ane secara model msh jauh lbh enak dipandang drpd calsig. Kekurangannya mungkin cuma enjin HR10 ny dan tranny amt nya, ga real at. Tapi sayang atpm nya... yahhh... gitu deh..... :mky_06: :frm_bang_head:
Sepertinya ini semakin meyakinkan ane kalo emang nissan group di asean region bener2 difokuskan ke miksubiji, apalagi semenjak eranya espander. Batumakam sama renault bener2 macam diplot hanya sebagai penghibur dan penggembira saja...

Sedikit kasih ide gila bin ngawur dari nubie yg tolol ini : berhubung miksubiji brand image nya kuat di sini, marketing dan salesnya ok, dealer dan ass juga not bad, plus ada pabrik di marih, kenapa ga dibikin kembarannya triber berlogo tiga berlian, kasih enjin yg gedean (at least 1.2, bisa hr12 datgo dan march atau mungkin 1.2 ny miras kali), ckd pabrik miksubiji di cikarang, masukin skema lcgc, jadilah lawan calsig. Toh calsig semenjak datgo+ discontinue jd melenggang sendirian. Sepertinya menurut khayalan ane menarik juga...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Renault Triber. Pesaing Avanza, Ertiga cs. (dari Eropa)?

Post by ChZ »

rechtmasta wrote: Mon Jan 04, 2021 11:37 Bangkitin trit zombie ah, wkwkwk...

Kebetulan lagi nyari mobil 7 seater yang murah meriah, nah iseng2 ngeliat si triber ini. Biarpun udah banyak nada sumbang di internal keluarga, tapi kekeuh pengen liat atas nama penasaran. Ngedatenginlah satu2nya diler yang ada di Bandung.

Pertama dateng, kesannya udah bikin off duluan, cuman ada satpam, pas nanya ke satpam kemana sales-nya, dijawab ga ada kabar dari pagi....hemmm...yoweslah, yang penting bisa liat mobilnya.

Yasudah, liat2, ada edisi khusus juga warna putih. Nanya ada yg AMT ga? Dibilang harus inden dulu ke Jakarta, Ya salam...diler cuma sebiji, mbok ya taro sebiji yang AMT buat pajangan/test drive. Luar sih ok, tapi interior...err....nyonya pas nyoba duduk di bangku Ratu, langsung turun lagi dan ga perduli buat liat2 dalemannya lebih jauh lagi. Jadi saya yang liat2...dan...anak2pun ga tertarik buat liat lebih jauh lagi, padahal mereka biasanya suka paling semangat kalo liat2 mobil di diler, hahaha...ambience-nya mungkin?

Nah, dari fisik luar dalem ternyata keluarga ga tertarik, yaudah sekalian aja nanya ke pak satpam yang luar biasa baek itu, bisa test drive ga. Karena sales ga ada katanya test drive cuman sekitaran parkiran aja....oke deh kalo gitu, daripada ga ada.

Nah, disini anak2 pada semangat ikut...singkat kata...hup naiklah ke kokpit si triber ini. NYalain mesin...dan wawwww....mesin dijel-nya menyala dengan smooth...eh...tunggu2...ini bensin kan ya? bukan dijel....baru inget, tapi...getaran mesinnya...asik sih, bisa ngebuat badan geter semua, bahkan anak2 pun serasa naik wahana di Dupan karena getarannya. Yasudah, coba jalanin muter2 deh, karena ini make yang manual...ya jadi ga ada impresi khusus. Impresi positifnya: 1. Setir enteng banget, 2. Radius putar udah kyk bajay, edunnn asik banget nih. Sebagai penutup, sebelum matiin mobil, pintu udah saya buka...lalu...terdengar bunyi...WWWUUUUNNNGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG....eh, bunyi apa tuh...tapi tidak saya hiraukan, mesin mati...bunyi pun menghilang. Dengan kemampuan deduksi saya yang sekelas Sherlock...saya menyimpulkan bunyi jet Mach 5 itu adalah bunyi fan mesin si triber...bagus buat mengingatkan para pengendara lain atau pejalan kaki supaya sadar kalo si Triber ini mendekat...fitur keamanan yang unik.

All in all, sorry to say, tapi udah masuknya lama banget, pas dateng produk-nya seperti...well...mungkin Renault harus lebih serius kalau mau menggarap pasar low passenger vehicle di Indonesia.

Thats all dari saya dengan review singkat bin ngaco...mohon maaf kalau ada salah-salah kata, ga ada bermaksud untuk menjatuhkan, hanya sharing pengalaman saja.

renol klo beli triber kwid duster mahh ya jual emblem eropanya doank... wong aslinya produk buat india... renol trakir dipegang indomobil jualan mobil sport lumayan lah, makin ksini pindah pindah atpm, trus produknya cm jualan barang india ama ekstrel ganti baju doank... mobil macem clio dan megan udah ga muncul.

ini prinsipalnya ngga pusing apa ya jualan 2 merek satu grup sama sama menanti sakaratul maut wkwkwkwkw... mendingan jadiin satu atpm terus rebranding deh kaya masdut... volumenya emg dikit tapi pasarnya niche.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7