All new rush vs sienta Q vs Ertiga Sport

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: All new rush vs sienta Q vs Ertiga Sport

Post by vincewonk »

F 272 wrote: ↑03 Aug 2019, 19:39 Kebetulan saya pernah TD ke 3 Kendaraan yang om @vincewonk mau pilih....
Oiya Saya mau menyapa TS dulu nih... Haloo Om apa sudah di Indonesia..?
Tempo hari kita Japrian via WA sedang ada pekerjaan di Korea...lalu ke Indonesia..lalu ke..mana lagi gitu yah...Lupa hehehe..

ANR saya beberapa kali di pinjami oleh Plaza Toyota, begitu juga dengan Sienta..
2 2 nya saya pakai sehari2 sekitar 1 mingguan..dan itu terjadi berulang-ulang selama sekitar 3 tahun hehehe...
Pemakaian mulai kegiatan sehari2 yang normal bahkan sampai saya ajak ke jalur antimainstream (alteratif) ke Puncak 1 & 2

Sedangkan untuk Ertiga, kebetulan pernah beli tahun 2012 type GL tapi saya ngga pakai lama, paling 1x sd 2x saja karena kebanyakan dipakai untuk operasional kantor saya (dipakai oleh SPV). Walau demikian saya pernah 1x pakai dengan posisi Driver dan penumpang nya di samping saya dan di baris ke 2 adalah tamu2 special saya... siapa dia..? Hmmmm mereka adalah orang2 dari TMC Japan (Toyota Motor Corporation) yang saat iu kebetulan berkunjung ke rumah saya diantar teman2 dari TAM dan A2K ....pas lihat di garasi saya ada Ertiga baru, eh mereka ingin diajak mutar2 kota Bogor..maka saya dengan senang hati menyupiri mereka, pikir saya kapan lagi ajak orang2 TMC mutar2 Bogor naik Sujuki wkwkwkwk...

Oke..Back to Topic...

Saya pun agak sulit memang menentukan pilihan dari ke 3 mobil ini untuk menjadi kendaraan tempur sperti TS sebutkan di awal yang tadinya pake avanza E 2010, tapi jika disuru milih penggati Avanza kemungkinan saya akan pilih ANR.. itu paling mungkin..

Jika Pilih yang Fun to Drive..saya akan pilih Sienta.. ya SIenta enak, lincah, power nya cukup lah untuk dalam kota..praktis juga untuk antar2 anak sekolah atau ibu2 ke pasar hehehe..

Ertiga saya posisikan di akhir, karena feeling saya Ertiga biasa2 aja walaupun Mesin Suzuki patut diacungi Jempol...
Ingat, mesin Ertiga skarang malah dipakai oleh New Jimny 2019 .

Ok..sekian dari saya,
Salam Road Trip Mania !

Data & Fakta saya berikan di bawah ini...

Link ulasan edisi Piknik saya dengan Sienta :
viewtopic.php?f=52&t=24450&hilit=sienta&start=200

Foto2 saat tamu2 dari TMC grebeg Garasi F272 :

Image

Image

Image

Image
Sampe keluar moderatornya nih hahaha
Sembah dulu om f272
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: All new rush vs sienta Q vs Ertiga Sport

Post by vincewonk »

RollinBoss5009 wrote: ↑02 Aug 2019, 06:26 Cmn masukan..
Kl data akselerasi siy g ngaruh banyak yah.. real world driving ama tes otodriver, autonet, otomotif dll jelas bakal beda bgt. The former, kondisi as is.. tergantung nasib. The latter controlled conditions (biarpun kl liat video2/nya ya g terlalu akademis macam tes2nya motortrend, caranddriver etc, tp yah duit bicara yah βœŒοΈπŸ™πŸ€£).
Krn piara sienta..
Nilai plus.. pintu geser, row 2 bench seat meski g ada armrest tp bisa diakalin pake bantal (murmer dan praktis πŸ˜…). Ini sumpah bench seat ama psd kl udah pernah ngerasain lbh dr seminggu br kerasa.. masuk kanan keluar kiri ato sebaliknya cmn geser2.. trs bisa 3org dijejalin disitu. Trs row 3 kl udah duduk disitu.. jauh2 lbh manusiawi direntang 200-300jt. Tp jggnn dibanding cortez yah. Cuman sienta penyakitnya kaya yaris... Radius puternya sebelas dua belas ama hi ace 🀣🀣🀣. Trs serep dalem.. jd g kotor dan lebih awet.
Rush trd baru sempet td ama dpt pinjeman sebulan..
Kl kebandelan.. g bisa ngomong, cmn dulu piara rush konde versi awal trus ganti trd.. ini mobil macam hilux.. badak abis. Kl mau stabil ama enak bantingannya.. cari yg trd. Suspensi trdnya bikin ride and handlingnya juaaaaaaauuuuuh dibanding versi biasa. Mau galak tinggal ganti injektor. Minum premium g mslh.
Nah anr trd.. kl ditol.. napasnya panjang banget.. g bengek ky rush konde. Rush konde jalan 100an itu udah brasa bosen hidup. Kl anr ke 140an masih enak, dan naiknya cepet. Trs biarpun serep kolong, anr bisa dibeliin tutup serep ant.. jd serepnya terlindung macam anki/anf.
Kl mslh limbung diobatin pake beras.. jd jnget pas punya veloz gen 1. Drpd beras.. mendingan beliin platenya barbell ajah.. murah kok.. jd bisa pas kanan 10 kiri 10 (ini misal). Selain lbh ramping dibanding beras, jg bisa atur beratnya. Kl dulu pake 20kg kanan kiri.
Kl suzuki r3 sport baru aslinya bentuknya mapan sih. Kaca belakang udah ada defogger. Reputasi badak based on last gen jg dapet. Basically, TS g akan salah pilih.. tinggal hati, family, ama duitnya sreg ama yg mana. ✌️🀣✌️
Saya seneng denger review dr om nih hehehe.
Saya bs terima apa adanya kekurangan rush. Mau ada yang caci maki rush avanza, saya ga masalah. Harus diakui mereka pintar mendesain produk yang diinginkan masyrakat indonesia. Sekali lagi toyota mengerti owning experience itu penting disini. Mobil sebagus dan secanggih apapun biasanya mendatangkan owning experience yg mengerikan di indonesia. Tp so far saya puas piara avanza 10thn 120rb km cuma keluar uang cuma beli kopling set dan bushing link stabilizer belakang. Jujur captain seat ga masalah buat saya, kebanyakan lebih kepakai bench seat juga
adrianomyman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: 26 Mar 2018, 20:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: All new rush vs sienta Q vs Ertiga Sport

Post by adrianomyman »

Rush yg skrg memang lebih stabil highway speed dibandingkan yg konde, tp kalo ktmu jalan lobang lobang yg dalam dan ancur2an, guncangan kekiri kanan nya masih lebih menyiksa dibanding yg konde std bahkan walaupun yg konde dipakein sport dumper sbg stabiliser. Sy tau krn masih miara terios konde mt dan new rush G mt.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: All new rush vs sienta Q vs Ertiga Sport

Post by kunaskun »

adrianomyman wrote: ↑27 Sep 2019, 09:33 Rush yg skrg memang lebih stabil highway speed dibandingkan yg konde, tp kalo ktmu jalan lobang lobang yg dalam dan ancur2an, guncangan kekiri kanan nya masih lebih menyiksa dibanding yg konde std bahkan walaupun yg konde dipakein sport dumper sbg stabiliser. Sy tau krn masih miara terios konde mt dan new rush G mt.
nah iya sama dengan pengalaman saya, hanya saya bingung jelasinnya. jadi ANT R deluxe pernah saya coba, pas cruising normal enak2 saja anteng, malah antengnya melebihi ANPJS yang goyang terus sepanjang jalan, tapi giliran mau belok2 baru berasa d goyang kiri kanannya heboh, jangankan masuk lobang di jalan, kena speed bump sambil belok saja langsung berasa kok gini amat ya.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019
Contact:

Re: All new rush vs sienta Q vs Ertiga Sport

Post by F272 »

adrianomyman wrote: ↑27 Sep 2019, 09:33 Rush yg skrg memang lebih stabil highway speed dibandingkan yg konde, tp kalo ktmu jalan lobang lobang yg dalam dan ancur2an, guncangan kekiri kanan nya masih lebih menyiksa dibanding yg konde std bahkan walaupun yg konde dipakein sport dumper sbg stabiliser. Sy tau krn masih miara terios konde mt dan new rush G mt.
Saya belum pernah naik atau nyetir Ruash Konde, tapi kalo New Rush ini saya pernah pakai beberapa kali dalam waktu agak lama.. sekitar 1 sd 2 minggu, bahkan terakhir kemarin sampai 1 bulanan hehehe...saya pakai harian dan berbagai macam kondisi jalan mulai jalan raya, tol, bahkan jalan antimainstream khas jalur 272roadventure... lumayan sih kemampuan nya selain mesin nya yang memang agak berat di tanjakan, soal visibilitas yang menurut saya masih kalah jauh oleh Avanza yang terasa plong banget pandangan kita dari dalam mobil ke arah luar mobil hampir di sekeliling (depan, belakang, kiri, kanan) ... ada sih rencana saya ambil 1 ekor Rush baru ini tapi... si Cibul malah bilang gini : itu mah kayak mobil fortuner di kecilin...

:mky_01: :mky_01:












IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: All new rush vs sienta Q vs Ertiga Sport

Post by IGedeAmat »

F 272 wrote: ↑03 Aug 2019, 19:39 [...]
Hmmmm mereka adalah orang2 dari TMC Japan (Toyota Motor Corporation) yang saat iu kebetulan berkunjung ke rumah saya diantar teman2 dari TAM dan A2K ....pas lihat di garasi saya ada Ertiga baru, eh mereka ingin diajak mutar2 kota Bogor..maka saya dengan senang hati menyupiri mereka, pikir saya kapan lagi ajak orang2 TMC mutar2 Bogor naik Sujuki wkwkwkwk...
[...]
Di share donk om testimoni petinggi TMC ttg Sizuki...
:big_think:
Fearised
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 13 Jun 2017, 14:27
Location: Semarang
Daily Vehicle: Wagonr

Re: All new rush vs sienta Q vs Ertiga Sport

Post by Fearised »

Ijin sharing om, ex pengguna ertiga gl 2013. Jual di km 140.000km, mulai bermasalah rack steer dan kaki bunyi gluduk gluduk. Sempet lirik all new rush, dan sudah test drive. Kurang puas overall, bantingan relatif keras, penumpang row 2 jok kurang nyaman, dan pas lewat poldur terhempas. Tenaga mesin biasa aja. Alhasil merasa masih sayang utk jual ertiga lama tuker all new rush trd. Menurut saya si, sesuai kebutuhan, kalau saya jujur lebih prefer kenyamanan untuk keluarga. Kalau anda prefer mobil tempur , yang bandel dan mantap durabilitaas go for all new rush.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019
Contact:

Re: All new rush vs sienta Q vs Ertiga Sport

Post by F272 »

IGedeAmat wrote: ↑27 Sep 2019, 14:24
F 272 wrote: ↑03 Aug 2019, 19:39 [...]
Hmmmm mereka adalah orang2 dari TMC Japan (Toyota Motor Corporation) yang saat iu kebetulan berkunjung ke rumah saya diantar teman2 dari TAM dan A2K ....pas lihat di garasi saya ada Ertiga baru, eh mereka ingin diajak mutar2 kota Bogor..maka saya dengan senang hati menyupiri mereka, pikir saya kapan lagi ajak orang2 TMC mutar2 Bogor naik Sujuki wkwkwkwk...
[...]
Di share donk om testimoni petinggi TMC ttg Sizuki...
:big_think:
Saya masih ingat, mereka hanya tanya2 tentang gaya menyetir saya aja om...

Lalu mereka malah tanya saya : Kalo nyetir apakah emang suka nya pake sandal ?

wkwkwkwk saya bingung kok malah tanya tentang sandal saya, saat itu saya pake sandal Rockport-adidas kulit berwarna hitam...
Mungkinkah mereka tertarik dg sandal saya dibanding Suzuki..? saya juga tidak tahu...

Yang jelas, saya cukup senang pernah ajak jalan2 orang2 TMC Jepang & Thailand muter2 Bogor ....naik Suzuki pula

:mky_02: :mky_02: :mky_01: :mky_01:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: All new rush vs sienta Q vs Ertiga Sport

Post by adityabp »

F 272 wrote: ↑27 Sep 2019, 13:54 ...
Saya belum pernah naik atau nyetir Ruash Konde, tapi kalo New Rush ini saya pernah pakai beberapa kali dalam waktu agak lama.. sekitar 1 sd 2 minggu, bahkan terakhir kemarin sampai 1 bulanan hehehe...saya pakai harian dan berbagai macam kondisi jalan mulai jalan raya, tol, bahkan jalan antimainstream khas jalur 272roadventure... lumayan sih kemampuan nya selain mesin nya yang memang agak berat di tanjakan, soal visibilitas yang menurut saya masih kalah jauh oleh Avanza yang terasa plong banget pandangan kita dari dalam mobil ke arah luar mobil hampir di sekeliling (depan, belakang, kiri, kanan) ... ada sih rencana saya ambil 1 ekor Rush baru ini tapi... si Cibul malah bilang gini : itu mah kayak mobil fortuner di kecilin...

Mmmmm, kayaknya kurang kenceng larinya om.
:mky_01:
blink182surabay
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: 31 Dec 2018, 11:39
Location: Jakarta Utara

Re: All new rush vs sienta Q vs Ertiga Sport

Post by blink182surabay »

All New Rush = Low SUV
Ertiga = Low MPV
Sienta = Medium MPV


Pertama, kesampingkan Ertiga, jelas kalah dari Sienta.
Sienta type Q udah the best lah di harga segitu, semua ada.

Kedua, lebih sering jalan mulus atau jalan rusak?
Kalau mulus jelas Sienta, kalau rusak jelas Rush.


Dulu tahun 2018 sempat bimbang pilih ANR TRD atau Sienta Q.
ANR no diskon, Sienta diskom 40jt,, jatuhnya harga akhir mirip.
Akhirnya diputuskan beli Sienta Q, dan puas pakai sampai sekarang.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post