Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by romi10 »

Pilih GNKI diesel tipe v aja lebih lega dan enak nyetirnya di banding ANKI dll.. kalo ga percaya nonton aja vlog ridwan hanif..






:ngacir:
sangudara
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Tue Sep 05, 2017 11:33
Daily Vehicle: RU1 SE

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by sangudara »

kalo buat saya, inopa lama ama inopa ribon sama aja kalo luar kota yg jrg berenti..
lebih senyap ribon malah..

tp kalo dalkot, itu ribon berasa bgt kalo stop n go... naik turun suspensinya berasa.
enakan inopa lama

-pendapat pribadi
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by black2345 »

Kalo pilihannya hanya 3 itu, go for innova bensin, isi pertalite/premium (kalo kepaksa) masih oke

expander.. entah kenapa setelah coba punya bokap seharian full, ane ilfeel sama mobil ini
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by marama »

Saya kalau suruh pilih saat ini innova bensin vs diesel saya pilih diesel

Buat nyetir lbh berasa rileks torsinya gede, apalagi sering menjelajah luar kota sama keluarga, buat harian juga bisa irit seirit LMPV dengan bodi segede gini, tp jujur nyetir diesel itu enak (opini orang beda2 yah).
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by ginting »

marama wrote:Saya kalau suruh pilih saat ini innova bensin vs diesel saya pilih diesel

Buat nyetir lbh berasa rileks torsinya gede, apalagi sering menjelajah luar kota sama keluarga, buat harian juga bisa irit seirit LMPV dengan bodi segede gini, tp jujur nyetir diesel itu enak (opini orang beda2 yah).
Torsi besar memang gak boong. Kalau mau jalan pelan juga gak usah gas, udah nggelinding..

Tapi ada juga sisi gak enaknya yaitu begitu lewat 3500 RPM udah gak enak
User avatar
udeste
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Wed Dec 12, 2018 3:19
Location: Garut
Daily Vehicle: LC VX 80

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by udeste »

Beda kelas tapi harga mirip sih..

Kalo butuh SUV ya pajero dakar aja.. Ambil yg 4x4 sekalian.. Tapi baris ketiga ga cocok buat orang dewasa..

Kalo butuh all rounder innova reborn yg G aja dah cukup.. Sukur2 yg V.. Mesin lumayan badak tapi harus rajin ngerawat kalo pake biosolar.. Apalagi ntar B30..

Kalo xpander paling canggih lah.. Cuma ukuran agak lebih kecil dari innova..
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Wed Jul 28, 2010 9:05

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by roymhs31 »

Sumbang dkit tambahan info. Mantan pengguna anki v diesel improvement ama xpander sport.

Di atas ud banyak yg kasi itungan anki bensin vs solar dan saya sepakat ama itungannya. Lbh gk masuk akal beli diesel dgn selisih harganya dan mobilnya cm dpake wiken kyk saya dl (dulu saya bahkan full dex plus oli mobil1. Ownership costnya tinggi dbanding return yg dirasakan krn cm pake wiken).

Nah klo cm banyak dlm kota doang kyk jakarta tanpa mikir bensin ato solar, maka ambil xpander krn setir anki berat bgt buat nekuk2 kemacetan dalkot jakarta jauh lebih nyaman krn setir enteng.

Oiya. Dr sisi posisi duduk pengemudi prasaan saya lbh enak duduk d xpander dbanding anki. Entah knp duduk anki gk pernah pas sama saya meski ud ada teleskopik.

Kabin xpander jg terlega d kelasnya jd gk bs dbandingin ama avanza yg shoulder spacenya sangat sempit.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by pengendiesel »

Di atas ada yang ngitung beda harga innova bensin vs diesel 40 juta. Mending beli yang bensin, duit 40 juta bisa dapat sekian ribu liter pertalite.

Ane kok agak bingung dengan logika tersebut. Mungkin suhu2 di mari bisa bantu jelaskan.
Let's say si A beli inova bensin harga 300juta dan si B beli inova diesel 340juta.
Dari harga beli, si A menang 40juta, buat beli pertalite.
Nah pada saat kedua mobil tsb dijual, misal sama2 susut 100 juta.
Si A dapet duit 200juta, si B dapet duit 240juta.

Pada saat beli si A menang 40 juta, tapi pada saat jual si B menang 40 juta. Harusnya impas kan?
Ditambah lagi kecenderungan harga 2nd diesel lebih baik daripada bensin. Jadi imho, selisih 40 juta untuk ribuan liter pertalite tsb harus dibayar pada saat mobil bensin itu dijual. Cmiiw please
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by KielConstantine »

Paling ga pusing emang innova bensin sih buat dirawat.. Asal tahan aja sama kelemotan & keborosannya.

Gw sih pribadi innova diesel. Dakar 2015 mantul jg tuh. Model2 ladder frame begini jaminan awet lah, sampe thn 2030 jg masih pada jalan. Tp yaaa rawatnya musti telaten. Jangan sampe telat2 ganti oli, filter oli, solar, udara.

Xpander? Beli baru pake 5 thn, trus jual :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by bangrosi »

orang pilih innova diesel alasannya irit,bertenaga torsi gede gk bisa di bohongi.minimal innova bensin kasih pilihan mesin 2700cc baru enak tuh

Bio Solar B30 gk usah kuatir ganti filter solar tiap 5000KM
itu juga kan program pemerintah

Kalo berita india ingin menghapus mesin diesel itu wajar karena sudah bosan dgn mesin diesel karena hampir 90% mobil yg disana bermesin diesel,sama kaya di indonesia lama2 transmisi manual akan tergusur sama matic karena sudah bosan dan sudah terjadi di motor.

Pajero,innova,xpander pilih mana
saya pribadi kalo suruh pilih Xpander tinggal isi bensin
Perawatan gratis sampai dgn 50rb KM/4thn termasuk jasa+spareparts gk usah beli paket service ini itu.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by kompresorz »

KielConstantine wrote: Sat Jan 11, 2020 21:45 Paling ga pusing emang innova bensin sih buat dirawat.. Asal tahan aja sama kelemotan & keborosannya.

Gw sih pribadi innova diesel. Dakar 2015 mantul jg tuh. Model2 ladder frame begini jaminan awet lah, sampe thn 2030 jg masih pada jalan. Tp yaaa rawatnya musti telaten. Jangan sampe telat2 ganti oli, filter oli, solar, udara.

Xpander? Beli baru pake 5 thn, trus jual :big_grin:
2030.......:big_think:


kalo BE EM WE gimana om..... :big_childish:
cumifumi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Wed Mar 06, 2019 7:46
Location: Medan

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by cumifumi »

Saya udh trauma dgn innova bensin... boros... 1:7 itu rata2 saya setiap hari nya. ANKI diesel saya aj 1:11/12 gitu. BTT dari pilihan TS, saya milih dakar. Meskipun interior ny ga menarik tp power n torsi mobil ny enak. Tarikan bawah ny sih lemot ya tp klo suka bawa kenceng ya enak itu mobil
2017 ANTB LTZ 2.5 (rebuilt)
2021 ANCX5 GT 2.5
2022 ANF GR SPORT 2.8
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by kompresorz »

cumifumi wrote: Sun Jan 12, 2020 6:46 Saya udh trauma dgn innova bensin... boros... 1:7 itu rata2 saya setiap hari nya. ANKI diesel saya aj 1:11/12 gitu. BTT dari pilihan TS, saya milih dakar. Meskipun interior ny ga menarik tp power n torsi mobil ny enak. Tarikan bawah ny sih lemot ya tp klo suka bawa kenceng ya enak itu mobil
masih syukur itu 1:7...

teman malah 1:5...spy gak ngelitik isi pertabo....lari sih tetap gak tambah cepat...keren kan..... :wkkk:

buat mobil operasional bawa barang part bengkel bmw....
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by Frenzyking »

Om" yang bandingin innova bensin dan diesel pls consider PKBnya juga, ga tau kalo di Jkt klo di tempat ane sih selisihnya 1 jutaan om per tahun bisa lahhh 1 jutaan dialokasiin di tempat lain hehe
Mordecai20

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by Mordecai20 »

ANKI Reborn udah yang paling nyaman dari 2 pilihan lain. Pajero menurut butt-o-meter Ane keras dan mentul-mentul, Xpander empuk tapi ajrut-ajrutan macem Panjah gen 1, dan Innova Reborn yang paling pas (empuk dan gak terlalu mental-mentul cuma ayunan dari suspensi cukup over)
*Opini Ane sendiri
*Tiap orang mungkin punya opini yang berbeda dari Ane
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by babehgue708 »

Beda ya kelasnya satu SUV Ladder Frame, Medium MPV, yang satu LMPV.

Jelas kalo mau nyaman ya MPV / SUV monokok, pernah naik ANPS dan hmmm sempit ya dalemnya and bantingannya terlalu empuk untuk ukuran SUV Ladder Frame, pernah waktu itu pake Grab di Thailand dapet ANPS, pas ngelawatin polisi tidur sambil belok langsung koper2 di belakang berjatuhan :big_biglaugh: Gatau kalo Pajero lama ya udah pernah naik dulu banget tahun 2012 udah lupa rasanya, tapi yang ane masih inget dalemnya sempit dan ga enak menurut ane.

Innova Reborn, pertanyaannya sering dipake ga ? Kalo sering dipake dan rutenya jauh2an ya mending beli diesel, kalo cuma pake weekend dan rute pendek ya ambil bensin, karena harganya beda 30jtan antara bensin dan diesel.

Dulu pake GNKI Bensin, dipake 3 taun langsung ganti krn ga tahan borosnya (maklum tiap hari ke cimanggis atau ciawi bisa 2-3 hari sekali isi bensin), lalu ganti ANKI Diesel (cuma 1 mgg sekali ini dex) dan smpe skrg puas ya konsumsi BBM sama tenaganya naik jauh, dan buat di tol enak banget untuk cruising (tinggal nambah cruise control), tapi kalo untuk macet2an enak GNKI (setir lebih enteng, suspensi tidak sengayun ANKI, rem tidak sesensitif ANKI, di ANKI direm dikit langsung ngangguk mobilnya).

Xpander, ga pernah coba jadi ga bisa ngomong, cuma katanya sih bantingannya paling enak dikelasnya tapi tenaga biasa saja.

Itu aja sih dari saya :big_peace:
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by bangrosi »

babehgue708 wrote:Beda ya kelasnya satu SUV Ladder Frame, Medium MPV, yang satu LMPV.

Jelas kalo mau nyaman ya MPV / SUV monokok, pernah naik ANPS dan hmmm sempit ya dalemnya and bantingannya terlalu empuk untuk ukuran SUV Ladder Frame, pernah waktu itu pake Grab di Thailand dapet ANPS, pas ngelawatin polisi tidur sambil belok langsung koper2 di belakang berjatuhan :big_biglaugh: Gatau kalo Pajero lama ya udah pernah naik dulu banget tahun 2012 udah lupa rasanya, tapi yang ane masih inget dalemnya sempit dan ga enak menurut ane.

Innova Reborn, pertanyaannya sering dipake ga ? Kalo sering dipake dan rutenya jauh2an ya mending beli diesel, kalo cuma pake weekend dan rute pendek ya ambil bensin, karena harganya beda 30jtan antara bensin dan diesel.

Dulu pake GNKI Bensin, dipake 3 taun langsung ganti krn ga tahan borosnya (maklum tiap hari ke cimanggis atau ciawi bisa 2-3 hari sekali isi bensin), lalu ganti ANKI Diesel (cuma 1 mgg sekali ini dex) dan smpe skrg puas ya konsumsi BBM sama tenaganya naik jauh, dan buat di tol enak banget untuk cruising (tinggal nambah cruise control), tapi kalo untuk macet2an enak GNKI (setir lebih enteng, suspensi tidak sengayun ANKI, rem tidak sesensitif ANKI, di ANKI direm dikit langsung ngangguk mobilnya).

Xpander, ga pernah coba jadi ga bisa ngomong, cuma katanya sih bantingannya paling enak dikelasnya tapi tenaga biasa saja.

Itu aja sih dari saya :big_peace:
Waduh skr sdh 30jt ya beda innova bensin yg diesel,kalo yg gen sebelumnya cuma 15jt.

Maklum sih yg versi diesel pakai mesin baru 2GD sedangkan yg bensin masih setia dgn 1TR dari 2004.
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by babehgue708 »

bangrosi wrote: Sat Feb 22, 2020 16:36
babehgue708 wrote:Beda ya kelasnya satu SUV Ladder Frame, Medium MPV, yang satu LMPV.

Jelas kalo mau nyaman ya MPV / SUV monokok, pernah naik ANPS dan hmmm sempit ya dalemnya and bantingannya terlalu empuk untuk ukuran SUV Ladder Frame, pernah waktu itu pake Grab di Thailand dapet ANPS, pas ngelawatin polisi tidur sambil belok langsung koper2 di belakang berjatuhan :big_biglaugh: Gatau kalo Pajero lama ya udah pernah naik dulu banget tahun 2012 udah lupa rasanya, tapi yang ane masih inget dalemnya sempit dan ga enak menurut ane.

Innova Reborn, pertanyaannya sering dipake ga ? Kalo sering dipake dan rutenya jauh2an ya mending beli diesel, kalo cuma pake weekend dan rute pendek ya ambil bensin, karena harganya beda 30jtan antara bensin dan diesel.

Dulu pake GNKI Bensin, dipake 3 taun langsung ganti krn ga tahan borosnya (maklum tiap hari ke cimanggis atau ciawi bisa 2-3 hari sekali isi bensin), lalu ganti ANKI Diesel (cuma 1 mgg sekali ini dex) dan smpe skrg puas ya konsumsi BBM sama tenaganya naik jauh, dan buat di tol enak banget untuk cruising (tinggal nambah cruise control), tapi kalo untuk macet2an enak GNKI (setir lebih enteng, suspensi tidak sengayun ANKI, rem tidak sesensitif ANKI, di ANKI direm dikit langsung ngangguk mobilnya).

Xpander, ga pernah coba jadi ga bisa ngomong, cuma katanya sih bantingannya paling enak dikelasnya tapi tenaga biasa saja.

Itu aja sih dari saya :big_peace:
Waduh skr sdh 30jt ya beda innova bensin yg diesel,kalo yg gen sebelumnya cuma 15jt.

Maklum sih yg versi diesel pakai mesin baru 2GD sedangkan yg bensin masih setia dgn 1TR dari 2004.
Iya oom beda 30jtan, dengan catatan trim dan transmisi sama, tp gmn ya, jangankan yang trimnya sama, Tipe V MT Bensin sama Tipe G AT Diesel aja mahalan G AT Diesel. :big_bored:

Emang gabisa boong mesin 2GDnya sih naiknya jauh banget, kmrn abis dari Jakarta-Bandung-Ciwidey-Jakarta bbrp kali kena macet di Bandung dan Tol Dalam Kota, dan ke bandung dan ciwidey kan nanjak, bisa dapet 1:16 KM/L, jadi kalau oom lebih sering jarak jauh dan sering pake, lebih baik ambil Diesel.

Xpander denger2 diskon 20jtan utk unit pre-facelift, bisa dicek tuh oom. :big_smile]

Kalo boleh saran lain, CRV Non-Turbo 2000cc juga oke, yaa harganya 460jtan sih oom, tapi kalo oom bisa cari dealer yang masih ada VIN 2019, mungkin bisa diteken utk diskonnya, scr yang 2000cc ini peminatnya kurang.
qaz22
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Mar 15, 2015 8:22

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by qaz22 »

nyotsaeba wrote: Mon Dec 23, 2019 6:43
quyquy wrote:
Oblivion14 wrote: Mon Dec 23, 2019 5:19
Iya sih gan. Rencana ane begitu. Ambil innova v reborn bensin 2016 yg km nya masi dibawah 25ribu. Kasi pertalite. Pemakaian sih dalem kota aja. Mau ngambil V diesel karena kata orang lebih kuat dan lebih hemat cuma ane gatau lebih nya tuh jauh ato ngga.
Makanya ane lagi nyari tahu apakah perbedaan bensin dan tarikannya signifikan? Soalnya v bensin 2000 cc itu uda termasuk gede.
Soalnya harga secondnya kalo v diesel 2016 bisa dampe 320an. Sedangkan v bensin 2016 cuma 270an.
Betul gan pilihan ane ada xpander krena fitur dan menang mobil baru
Tapi overall innova v 2016 sama xpander menang mana gan? Kalo yg ga dipunyain innova tapi xpander ada ap ya?
Innova reborn diesel memang betul irit bbm nya.
Tp kalo pake dex duitnya msh lebih banyak keluarnya ketimbang innova reborn bensin.

Gak percaya?

Ini hitungannya:
Taruh kata luar kota 200km.
Innova reborn diesel konsumsinya 1:15.
Berarti utk 200km dia butuh 13,3 liter dex yaitu Rp 156.666.
Nah kalo innova reborn bensin konsumsinya 1:11
Berarti utk 200km dia butuh 18,8 liter pertalite yaitu Rp 139.090.

Org bilang ya gak apple to apple, mestinya reborn diesel pake biosolar donk.
Oke, pake bio solar konsumsinya turun 1:13 butuh 15,38 liter biosolar yaitu Rp. 86,897. Tapii dia butuh additif solar (harga 185an ribu utk 4 kali isi solar): Rp 46.250. Lalu butuh filsol (harga 70an ribu utk 20rb km, jd 1km Rp 3.5). Rp 700.
Total2 cost 200km 133.847.
Mirip2 pake innova reborn bensin tp si bensin gak repot nyari2 additif, nggak repot order2 filsol..

Nah xpander vs innova reborn bensin:
Xpander dapet gress, kapasitas oli mesin lebih sedikit ketimbang innova reborn, bensin sedikit lebih irit, dapat fitur2 keyless+hillstart+stability control.
Cuma minusnya, dipake 5 thn kedepan desainnya ngebosenin (subyektif), image LMPV (subyektif), dipake 5 thn kedepan yakin deh link kaki2nya rewel (sudah jd khasnya fwd), belum ada ac auto climate, interior jauh lebih sempit, bagasi lebih sempit, kapabilitas jelajah aneka ragam kondisi jalan agak kurang ketimbang innova.

Kalo minusnya masih acceptable ya mungkin pilih xpander krn dpt mbl baru.
Saya dalkot jkt biosolar 1:13 - 14 lo om
Lukot kl nyantai 16-17 plg jelek.
Filsol ganti 25rb km tunggu nyala warning ( saya ada share di trit sini) oli ganti sama aja sm yg bensin 10k km. Additif 25rb per isi 35-40ltr aja.

Total saving dibanding dulu pake gnki bensin 50% minimal. Dulu pertalite sebulan 1.6 jt an. Skrg 750-800 rb sebulan.

Hitung2 an saving : 750rb × 48 bulan aja 36 juta - udah lebih banyak dr selisih harga beli bensin sm diesel.

PASAR GA BOONG, ada sebabnya kenapa harga jual reborn diesel kuat bener dibanding bensin.

Jgn terulang saya dulu keki pas jual gnki bensin yg jatuh dibanding disel. Tahu gitu dulu beli yg gnki disel, beda baru 20jt, tp jual lagi bisa beda 25 jt lebih mahal.

Rada oot, baru ganti aki reborn, mahal yak, yg gs OEM 2,1 jt, amaron 1,9 jt. Kl xpander mungkin aki nya ga sampe sejuta.
expander 1L/8,5-9,5km ; sepi dapat 10 an
Aki ns 40 - mf kira ² ya g GS hijau 6-800rb

Sebenarnya budget berapa? Lrn hargamya nga sepadan soalnya. Harga pakero/ reborn mana ada sama kaya expander baru dengan tahun gituan ? Kalau yang barang masih terawat ya
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by RVR »

qaz22 wrote: Thu Mar 19, 2020 3:38
nyotsaeba wrote: Mon Dec 23, 2019 6:43
quyquy wrote:
Innova reborn diesel memang betul irit bbm nya.
Tp kalo pake dex duitnya msh lebih banyak keluarnya ketimbang innova reborn bensin.

Gak percaya?

Ini hitungannya:
Taruh kata luar kota 200km.
Innova reborn diesel konsumsinya 1:15.
Berarti utk 200km dia butuh 13,3 liter dex yaitu Rp 156.666.
Nah kalo innova reborn bensin konsumsinya 1:11
Berarti utk 200km dia butuh 18,8 liter pertalite yaitu Rp 139.090.

Org bilang ya gak apple to apple, mestinya reborn diesel pake biosolar donk.
Oke, pake bio solar konsumsinya turun 1:13 butuh 15,38 liter biosolar yaitu Rp. 86,897. Tapii dia butuh additif solar (harga 185an ribu utk 4 kali isi solar): Rp 46.250. Lalu butuh filsol (harga 70an ribu utk 20rb km, jd 1km Rp 3.5). Rp 700.
Total2 cost 200km 133.847.
Mirip2 pake innova reborn bensin tp si bensin gak repot nyari2 additif, nggak repot order2 filsol..

Nah xpander vs innova reborn bensin:
Xpander dapet gress, kapasitas oli mesin lebih sedikit ketimbang innova reborn, bensin sedikit lebih irit, dapat fitur2 keyless+hillstart+stability control.
Cuma minusnya, dipake 5 thn kedepan desainnya ngebosenin (subyektif), image LMPV (subyektif), dipake 5 thn kedepan yakin deh link kaki2nya rewel (sudah jd khasnya fwd), belum ada ac auto climate, interior jauh lebih sempit, bagasi lebih sempit, kapabilitas jelajah aneka ragam kondisi jalan agak kurang ketimbang innova.

Kalo minusnya masih acceptable ya mungkin pilih xpander krn dpt mbl baru.
Saya dalkot jkt biosolar 1:13 - 14 lo om
Lukot kl nyantai 16-17 plg jelek.
Filsol ganti 25rb km tunggu nyala warning ( saya ada share di trit sini) oli ganti sama aja sm yg bensin 10k km. Additif 25rb per isi 35-40ltr aja.

Total saving dibanding dulu pake gnki bensin 50% minimal. Dulu pertalite sebulan 1.6 jt an. Skrg 750-800 rb sebulan.

Hitung2 an saving : 750rb × 48 bulan aja 36 juta - udah lebih banyak dr selisih harga beli bensin sm diesel.

PASAR GA BOONG, ada sebabnya kenapa harga jual reborn diesel kuat bener dibanding bensin.

Jgn terulang saya dulu keki pas jual gnki bensin yg jatuh dibanding disel. Tahu gitu dulu beli yg gnki disel, beda baru 20jt, tp jual lagi bisa beda 25 jt lebih mahal.

Rada oot, baru ganti aki reborn, mahal yak, yg gs OEM 2,1 jt, amaron 1,9 jt. Kl xpander mungkin aki nya ga sampe sejuta.
expander 1L/8,5-9,5km ; sepi dapat 10 an
Aki ns 40 - mf kira ² ya g GS hijau 6-800rb

Sebenarnya budget berapa? Lrn hargamya nga sepadan soalnya. Harga pakero/ reborn mana ada sama kaya expander baru dengan tahun gituan ? Kalau yang barang masih terawat ya
xp kok cuma dapet 8.5-9.5 Km/l, saya udah 2 tahunan pake average full to full berkisar 10-12 km/l, jarak tempuh harian 80an kilometer, kombinasi jalan biasa 25% & tol 75%
apakah jarak tempuh harian terlau dekat & macet?
catalyticR
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Jan 10, 2019 11:51
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Car

Re: Pajero 2015 vs Innova reborn vs xpander

Post by catalyticR »

Apakah ada pertimbangan penumpang lansia ?Kalo ada berarti pilihannya tinggal inva atau xpnder.
Ama pajak stnk pertahun dipertimbangkan juga ngga, lebih murah xpnder pajaknya, dan tarif berubah2 salah satu faktornya mengikuti cc mobil