Mpv untuk harian dalkot lukot

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

j4ckd4niel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Apr 17, 2020 0:18

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by j4ckd4niel »

quyquy wrote: Fri Apr 17, 2020 8:34 Pasnya cari phanter matic sih tapi bujetnya lebih dari itu hehehe..

Jadi gini aja nyarinya,

pertama target cari Kijang LGX matic baik 2000cc atau 18000cc. Better yg 2000cc.

lalu target kedua cari Kuda Grandia 2000cc matic

Target paling buncit Hyundai Trajet matic
Iya panther matic ga masuk budget,kijang atau kuda lumayan si gan, kalo trajet katanya seenak innova nyamannya?apa bener gan?
j4ckd4niel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Apr 17, 2020 0:18

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by j4ckd4niel »

Pboyz97 wrote: Fri Apr 17, 2020 10:48 bisa lirik kisul fl1 yg tahun 2000-2001, mitsu kuda 2003-2004. Kalau mau yg muda, bisa lirik xenia mi atau li gen awal 2004-2005 sepertinya masuk budget. Kalo mau merek nonmainstream, livina xl atau grand livina gen awal tipe terendah 2007 sepertinya juga masuk budget
Iya gan...kalo mobil yang umum banyak sparepartnya :big_grin:
j4ckd4niel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Apr 17, 2020 0:18

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by j4ckd4niel »

ak4ng wrote: Fri Apr 17, 2020 11:55
quyquy wrote: Fri Apr 17, 2020 8:34 Pasnya cari phanter matic sih tapi bujetnya lebih dari itu hehehe..

Jadi gini aja nyarinya,

pertama target cari Kijang LGX matic baik 2000cc atau 18000cc. Better yg 2000cc.

lalu target kedua cari Kuda Grandia 2000cc matic

Target paling buncit Hyundai Trajet matic
Wah jauh2 deh dari duo Korea taun 2000an :big_biglaugh: yg ngikutin WASeM pasti tau betapa apesnya dapet trajet metik, biaya benerinnya seharga harga mobilnya yg akhir cerita lebih milih dikampakin jual eceran :wkkk:
Kia ma hyundai ya gan duo korea?padahal agak minat carens 2 si tadinya... :big_grin:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by lemonadelovers »

Karimun Wagon R aja om :big_deal:
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by Herman7103 »

j4ckd4niel wrote:Halo para suhu2, saya newbie mau cari mobil buat harian,lukot dalkot 50:50, kalo lukot keluarga ikut (istri plus 2anak balita) jadi spec yg dibutuhkan :
1. Nyaman
2. Mesin bandel, gampang rawatnya
3. Matic (biar ga cape setirnya)
4. Ruang kabin lega,kalo bisa jok bisa rata lantai buat gelar kasur anak2
5. Budget max 60 :big_cry:
6. Irit kali bisa(kalo std aja gpp) :big_peace:

Ada saran barangkali para suhu2
Terima kasih
:big_deal:
Nyaman
2. Mesin bandel, gampang rawatnya
3. Matic (biar ga cape setirnya)
4. Ruang kabin lega,kalo bisa jok bisa rata lantai buat gelar kasur anak2
5. Budget max 60 :big_cry:
6. Irit kali bisa(kalo std aja gpp) :big_pea

Dari 6 kriteria yg disebutkan, 5 kriteria nya, bisa di dapat di mobil Nissan All New Grand Livina yg sudah saya pelihara selama 6 tahun. Untuk kreteris no 1 nyaman, iya mobil Nissan All New Grand Livina yg sudah saya kendarai selama 6 tahun ini memang nyaman selama sektor kaki kaki masih bawaan saat keluar dari dealer.
Untuk kreteria no 2. Mesinnya bandel,
iya mesin HR15DE Twin VTC nya bandel karena unit saya dari tahun 2014 sampai sekarang selalu pakai BBM premium ron 88 tanpa ada masalah asal rutin ganti oli mesin dgn oli full synthetic dan juga ganti filter oli tiap 6 atau 7 bulan.
Untuk kriteria no 3. Matic iya saya sendiri mobilnya matic CVT, yg smooth dan halus.
4. Ruang kabin lega iya lega karena panjang mobilnya 4,45 M, apalagi bangku row tiga bisa lipat rata lantai.
6 . Irit iya, selama 6 tahun pakai FC bade on MID terbaik bisa 1:23.5 dan terburuk 1:11 tapi rata rata 1:15 untuk area sumsel.
Cuma budgetnya yg ngak masuk jadi sebaiknya nabung sedikit lebih lama lagi biar budgetnya masuk.


:glodak:
HR15DE 2014
Dxo24
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Fri Apr 22, 2016 0:15
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Kijang Innova

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by Dxo24 »

vote aerio ato gak hyundai avega aja... sparepart banyak kecuali part body yg agak susah
3SZ-VE (2008)
1NR-VE (2016)
1TR-FE (2005)
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by black2345 »

Dengan budget sekian kok rasanya susah ya dapat mobil yg sehat, terlebih TS minta matic, dimana pasti dapet mobil dengan usia yang udah banyak & perawatan gelap (suka-suka pemilik sebelumnya)

Search di olx, budget segitu paling rasional ambil suzuki aerio, masih 1 basis dengan baleno kalau nggak salah
Taruna ada yg matic nggak ya? Kalau kuda, sebagai eks owner kuda diesel & bensin, ane nyaranin yang manual aja, ini mobil berat soalnya, nggak kebayang kalau pakai matic betapa boyonya

Tapi kalau sudah mantep pilih kuda, ini mobil oke kok, cuman sparepartnya jarang ada yg nyediakan KW-nya, jadi jangan kaget kalau beli parts kebanyakan ori punya mitsu (parts ori pasti mahal)
j4ckd4niel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Apr 17, 2020 0:18

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by j4ckd4niel »

Herman7103 wrote: Sat Apr 18, 2020 0:37
j4ckd4niel wrote:Halo para suhu2, saya newbie mau cari mobil buat harian,lukot dalkot 50:50, kalo lukot keluarga ikut (istri plus 2anak balita) jadi spec yg dibutuhkan :
1. Nyaman
2. Mesin bandel, gampang rawatnya
3. Matic (biar ga cape setirnya)
4. Ruang kabin lega,kalo bisa jok bisa rata lantai buat gelar kasur anak2
5. Budget max 60 :big_cry:
6. Irit kali bisa(kalo std aja gpp) :big_peace:

Ada saran barangkali para suhu2
Terima kasih
:big_deal:
Nyaman
2. Mesin bandel, gampang rawatnya
3. Matic (biar ga cape setirnya)
4. Ruang kabin lega,kalo bisa jok bisa rata lantai buat gelar kasur anak2
5. Budget max 60 :big_cry:
6. Irit kali bisa(kalo std aja gpp) :big_pea

Dari 6 kriteria yg disebutkan, 5 kriteria nya, bisa di dapat di mobil Nissan All New Grand Livina yg sudah saya pelihara selama 6 tahun. Untuk kreteris no 1 nyaman, iya mobil Nissan All New Grand Livina yg sudah saya kendarai selama 6 tahun ini memang nyaman selama sektor kaki kaki masih bawaan saat keluar dari dealer.
Untuk kreteria no 2. Mesinnya bandel,
iya mesin HR15DE Twin VTC nya bandel karena unit saya dari tahun 2014 sampai sekarang selalu pakai BBM premium ron 88 tanpa ada masalah asal rutin ganti oli mesin dgn oli full synthetic dan juga ganti filter oli tiap 6 atau 7 bulan.
Untuk kriteria no 3. Matic iya saya sendiri mobilnya matic CVT, yg smooth dan halus.
4. Ruang kabin lega iya lega karena panjang mobilnya 4,45 M, apalagi bangku row tiga bisa lipat rata lantai.
6 . Irit iya, selama 6 tahun pakai FC bade on MID terbaik bisa 1:23.5 dan terburuk 1:11 tapi rata rata 1:15 untuk area sumsel.
Cuma budgetnya yg ngak masuk jadi sebaiknya nabung sedikit lebih lama lagi biar budgetnya masuk.
Masih tinggi gan kalo livina 2104,paling2 livina yg 2007 mungkin bisa nego2 dpt budgetnya...bedanya dimana gan kalo livina yg awal2?
j4ckd4niel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Apr 17, 2020 0:18

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by j4ckd4niel »

Dxo24 wrote: Sat Apr 18, 2020 2:08 vote aerio ato gak hyundai avega aja... sparepart banyak kecuali part body yg agak susah
Iya aerio bagus gan...bagasi luas,bisa rata lantai joknya,bisa gelar kasur :big_grin: hyundai avega lama liftback kayaknya agak sempit ya gan
j4ckd4niel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Apr 17, 2020 0:18

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by j4ckd4niel »

black2345 wrote: Sat Apr 18, 2020 2:49 Dengan budget sekian kok rasanya susah ya dapat mobil yg sehat, terlebih TS minta matic, dimana pasti dapet mobil dengan usia yang udah banyak & perawatan gelap (suka-suka pemilik sebelumnya)

Search di olx, budget segitu paling rasional ambil suzuki aerio, masih 1 basis dengan baleno kalau nggak salah
Taruna ada yg matic nggak ya? Kalau kuda, sebagai eks owner kuda diesel & bensin, ane nyaranin yang manual aja, ini mobil berat soalnya, nggak kebayang kalau pakai matic betapa boyonya

Tapi kalau sudah mantep pilih kuda, ini mobil oke kok, cuman sparepartnya jarang ada yg nyediakan KW-nya, jadi jangan kaget kalau beli parts kebanyakan ori punya mitsu (parts ori pasti mahal)
Iya awal2 interest banget aerio gan,cm masih di pertimbangkan mobil lainnya neh...kuda diesel mantep si,cm jarang ktm matic rasanya....kalo tarikan gpp ga kuat2 bgt gan,buat mobil mpv ga perlu cepet2 banget :big_grin:
j4ckd4niel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Apr 17, 2020 0:18

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by j4ckd4niel »

lemonadelovers wrote: Sat Apr 18, 2020 0:14 Karimun Wagon R aja om :big_deal:
Kecil banget space nya gan,buat lukot kurang :big_peace:
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by black2345 »

j4ckd4niel wrote: Sat Apr 18, 2020 3:38
black2345 wrote: Sat Apr 18, 2020 2:49 Dengan budget sekian kok rasanya susah ya dapat mobil yg sehat, terlebih TS minta matic, dimana pasti dapet mobil dengan usia yang udah banyak & perawatan gelap (suka-suka pemilik sebelumnya)

Search di olx, budget segitu paling rasional ambil suzuki aerio, masih 1 basis dengan baleno kalau nggak salah
Taruna ada yg matic nggak ya? Kalau kuda, sebagai eks owner kuda diesel & bensin, ane nyaranin yang manual aja, ini mobil berat soalnya, nggak kebayang kalau pakai matic betapa boyonya

Tapi kalau sudah mantep pilih kuda, ini mobil oke kok, cuman sparepartnya jarang ada yg nyediakan KW-nya, jadi jangan kaget kalau beli parts kebanyakan ori punya mitsu (parts ori pasti mahal)
Iya awal2 interest banget aerio gan,cm masih di pertimbangkan mobil lainnya neh...kuda diesel mantep si,cm jarang ktm matic rasanya....kalo tarikan gpp ga kuat2 bgt gan,buat mobil mpv ga perlu cepet2 banget :big_grin:
Masalahnya manual aja bensin 1:8-9 di dalkot.. Kalau matic yaa... :big_childish:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by Herman7103 »

j4ckd4niel wrote:
Herman7103 wrote: Sat Apr 18, 2020 0:37
j4ckd4niel wrote:Halo para suhu2, saya newbie mau cari mobil buat harian,lukot dalkot 50:50, kalo lukot keluarga ikut (istri plus 2anak balita) jadi spec yg dibutuhkan :
1. Nyaman
2. Mesin bandel, gampang rawatnya
3. Matic (biar ga cape setirnya)
4. Ruang kabin lega,kalo bisa jok bisa rata lantai buat gelar kasur anak2
5. Budget max 60 :big_cry:
6. Irit kali bisa(kalo std aja gpp) :big_peace:

Ada saran barangkali para suhu2
Terima kasih
:big_deal:
Nyaman
2. Mesin bandel, gampang rawatnya
3. Matic (biar ga cape setirnya)
4. Ruang kabin lega,kalo bisa jok bisa rata lantai buat gelar kasur anak2
5. Budget max 60 :big_cry:
6. Irit kali bisa(kalo std aja gpp) :big_pea

Dari 6 kriteria yg disebutkan, 5 kriteria nya, bisa di dapat di mobil Nissan All New Grand Livina yg sudah saya pelihara selama 6 tahun. Untuk kreteris no 1 nyaman, iya mobil Nissan All New Grand Livina yg sudah saya kendarai selama 6 tahun ini memang nyaman selama sektor kaki kaki masih bawaan saat keluar dari dealer.
Untuk kreteria no 2. Mesinnya bandel,
iya mesin HR15DE Twin VTC nya bandel karena unit saya dari tahun 2014 sampai sekarang selalu pakai BBM premium ron 88 tanpa ada masalah asal rutin ganti oli mesin dgn oli full synthetic dan juga ganti filter oli tiap 6 atau 7 bulan.
Untuk kriteria no 3. Matic iya saya sendiri mobilnya matic CVT, yg smooth dan halus.
4. Ruang kabin lega iya lega karena panjang mobilnya 4,45 M, apalagi bangku row tiga bisa lipat rata lantai.
6 . Irit iya, selama 6 tahun pakai FC bade on MID terbaik bisa 1:23.5 dan terburuk 1:11 tapi rata rata 1:15 untuk area sumsel.
Cuma budgetnya yg ngak masuk jadi sebaiknya nabung sedikit lebih lama lagi biar budgetnya masuk.
Masih tinggi gan kalo livina 2104,paling2 livina yg 2007 mungkin bisa nego2 dpt budgetnya...bedanya dimana gan kalo livina yg awal2?
Old Grand Livina (OGL) dgn All New Grand Livina (ANGL )beda penampakan bagian depan dan lampu bagian belakangnya walau platformnya relatif sama. Untuk sektor mesin OGL pakai mesin HR15DE juga, cuma yg ANGL sudah Twin VTC dual Injector dan unit yg saya pakai dari 2014 sampai skrg suara mesin nya skrg masih halus walau dari awal selalu pakai BBM termurah premium sampai sekarang karena SPBU dekat kompleks rumah saya masih nyediain (area Sumsel) so far so good di mobil saya bikin dompet kagak tipis deh.
IMG_20200112_141700.jpg
IMG_20200227_123436.jpg
IMG_20191220_075920.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by FU27 »

Budget 60 klo mau matic ya harus siap2 dengan biaya operasional mobilnya besar, karena pilihannya minimal umur belasan tahun. Dan agak riskan juga matic di usia segitu klo perawatan owner sebelumnya berantakan
j4ckd4niel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Apr 17, 2020 0:18

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by j4ckd4niel »

Herman7103 wrote: Sat Apr 18, 2020 5:42
j4ckd4niel wrote:
Herman7103 wrote: Sat Apr 18, 2020 0:37 Nyaman
2. Mesin bandel, gampang rawatnya
3. Matic (biar ga cape setirnya)
4. Ruang kabin lega,kalo bisa jok bisa rata lantai buat gelar kasur anak2
5. Budget max 60 :big_cry:
6. Irit kali bisa(kalo std aja gpp) :big_pea

Dari 6 kriteria yg disebutkan, 5 kriteria nya, bisa di dapat di mobil Nissan All New Grand Livina yg sudah saya pelihara selama 6 tahun. Untuk kreteris no 1 nyaman, iya mobil Nissan All New Grand Livina yg sudah saya kendarai selama 6 tahun ini memang nyaman selama sektor kaki kaki masih bawaan saat keluar dari dealer.
Untuk kreteria no 2. Mesinnya bandel,
iya mesin HR15DE Twin VTC nya bandel karena unit saya dari tahun 2014 sampai sekarang selalu pakai BBM premium ron 88 tanpa ada masalah asal rutin ganti oli mesin dgn oli full synthetic dan juga ganti filter oli tiap 6 atau 7 bulan.
Untuk kriteria no 3. Matic iya saya sendiri mobilnya matic CVT, yg smooth dan halus.
4. Ruang kabin lega iya lega karena panjang mobilnya 4,45 M, apalagi bangku row tiga bisa lipat rata lantai.
6 . Irit iya, selama 6 tahun pakai FC bade on MID terbaik bisa 1:23.5 dan terburuk 1:11 tapi rata rata 1:15 untuk area sumsel.
Cuma budgetnya yg ngak masuk jadi sebaiknya nabung sedikit lebih lama lagi biar budgetnya masuk.
Masih tinggi gan kalo livina 2104,paling2 livina yg 2007 mungkin bisa nego2 dpt budgetnya...bedanya dimana gan kalo livina yg awal2?
Old Grand Livina (OGL) dgn All New Grand Livina (ANGL )beda penampakan bagian depan dan lampu bagian belakangnya walau platformnya relatif sama. Untuk sektor mesin OGL pakai mesin HR15DE juga, cuma yg ANGL sudah Twin VTC dual Injector dan unit yg saya pakai dari 2014 sampai skrg suara mesin nya skrg masih halus walau dari awal selalu pakai BBM termurah premium sampai sekarang karena SPBU dekat kompleks rumah saya masih nyediain (area Sumsel) so far so good di mobil saya bikin dompet kagak tipis deh. IMG_20200112_141700.jpgIMG_20200227_123436.jpgIMG_20191220_075920.jpg
Iya livina salah satu opsi bagus si gan,saya newbie ga bisa lihat gambar yg diposting
:big_grin:
j4ckd4niel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Apr 17, 2020 0:18

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by j4ckd4niel »

FU27 wrote: Sat Apr 18, 2020 8:37 Budget 60 klo mau matic ya harus siap2 dengan biaya operasional mobilnya besar, karena pilihannya minimal umur belasan tahun. Dan agak riskan juga matic di usia segitu klo perawatan owner sebelumnya berantakan
Iya gan bugdet mepet soalnya :big_cry:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by Herman7103 »

j4ckd4niel wrote:
Herman7103 wrote: Sat Apr 18, 2020 5:42
j4ckd4niel wrote: Masih tinggi gan kalo livina 2104,paling2 livina yg 2007 mungkin bisa nego2 dpt budgetnya...bedanya dimana gan kalo livina yg awal2?
Old Grand Livina (OGL) dgn All New Grand Livina (ANGL )beda penampakan bagian depan dan lampu bagian belakangnya walau platformnya relatif sama. Untuk sektor mesin OGL pakai mesin HR15DE juga, cuma yg ANGL sudah Twin VTC dual Injector dan unit yg saya pakai dari 2014 sampai skrg suara mesin nya skrg masih halus walau dari awal selalu pakai BBM termurah premium sampai sekarang karena SPBU dekat kompleks rumah saya masih nyediain (area Sumsel) so far so good di mobil saya bikin dompet kagak tipis deh. IMG_20200112_141700.jpgIMG_20200227_123436.jpgIMG_20191220_075920.jpg
Iya livina salah satu opsi bagus si gan,saya newbie ga bisa lihat gambar yg diposting
:big_grin:
Kalau masih newbie ya memang belum bisa lihat foto yg saya posting, nanti kalau sudah banyak postingannya di SM baru bisa lihat foto fotonya. Sabar dan rajin posting aja.
:glodak:
HR15DE 2014
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by maastricht889 »

j4ckd4niel wrote: Sat Apr 18, 2020 11:58
FU27 wrote: Sat Apr 18, 2020 8:37 Budget 60 klo mau matic ya harus siap2 dengan biaya operasional mobilnya besar, karena pilihannya minimal umur belasan tahun. Dan agak riskan juga matic di usia segitu klo perawatan owner sebelumnya berantakan
Iya gan bugdet mepet soalnya :big_cry:
Kl OGL coba consider yg 1.8cc aja om, jatuhnya at least dapet 1.8 XV ato bisa2 dapet 1.8 ultimate matic (top trim) good deal jg. Krn 1.8cc nya (MR18DE) lebih nggak rewelan dibanding 1.5cc (HR15DE) walaupun mungkin sedikit lbh boros dr yg 1.5cc. Dan dg budget om yang range segitu, saya rasa kl OGL dapetnya tahun keluaran awal, yaitu th 2007 maks 2008. Dg th segitu, saya rekomen hindari yg 1.5cc.

Ini pendapat saya om, sy pernah pake 1.5 XV 2007 manual (bener2 awal) itu ampun deh rewelnya, dan krn faktor 1.5cc waktu itu harga lbh murah = unit lbh banyak di jalan. Stl beberapa th (let say stl 5th beredar) dapet record spt itu, berarti scr logika unit yg udah busuk lebih banyak kan yg dijualin/masih jalan. Dan mengingat skrg mobil itu udah usia 10-13th keatas saya nggak yakin bs dapet unit yg oke buat livina 1.5cc th segitu dg budget om ya, krn rata2 cenderung udah pindah tangan at least 2x, dan itu perawatannya blm tentu baik (no offense ke om herman ya, krn saya ex user juga). Lain cerita kalau bs afford unit livina yang udah dual injector spt om herman, itu saya masih mungkin rekomen ke om yg 1.5cc krn udah lbh disesuaiin sama bensin jelek disini.

Krn salah satu problem OGL keluaran awal yg 1.5cc itu ngelitik, apalagi kl makenya jorok sama owner sblmnya (cth diisi premium, oli jelek yg diganti tiap 10rb km) itu internal mesin bs rawan sludge om, sesuai karakter HR15DE. Dan saya mengakui dulu saya pake livina ya jorok, krn belum melek mobil dan bengkel2 resmi nissan jelek pelayanannya sama blm banyak bengkel spesialis nissan di kota saya.

Cuma, buat saya livina itu mobil enak banget. LMPV kaya ertiga pun kalah naikannya sama livina. jalan 140kmh aja santai banget naik mobil ini dan keitung kedap di kelasnya. Tapi tetep masukin pertimbangan sih yg 1.5cc om, iseng2 berhadiah dpt unit yang baik oke juga asal udah siap sama treatment perawatannya.

Smg membantu
j4ckd4niel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Apr 17, 2020 0:18

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by j4ckd4niel »

erwinign wrote: Sat Apr 18, 2020 12:48
j4ckd4niel wrote: Sat Apr 18, 2020 11:58
FU27 wrote: Sat Apr 18, 2020 8:37 Budget 60 klo mau matic ya harus siap2 dengan biaya operasional mobilnya besar, karena pilihannya minimal umur belasan tahun. Dan agak riskan juga matic di usia segitu klo perawatan owner sebelumnya berantakan
Iya gan bugdet mepet soalnya :big_cry:
Kl OGL coba consider yg 1.8cc aja om, jatuhnya at least dapet 1.8 XV ato bisa2 dapet 1.8 ultimate matic (top trim) good deal jg. Krn 1.8cc nya (MR18DE) lebih nggak rewelan dibanding 1.5cc (HR15DE) walaupun mungkin sedikit lbh boros dr yg 1.5cc. Dan dg budget om yang range segitu, saya rasa kl OGL dapetnya tahun keluaran awal, yaitu th 2007 maks 2008. Dg th segitu, saya rekomen hindari yg 1.5cc.

Ini pendapat saya om, sy pernah pake 1.5 XV 2007 manual (bener2 awal) itu ampun deh rewelnya, dan krn faktor 1.5cc waktu itu harga lbh murah = unit lbh banyak di jalan. Stl beberapa th (let say stl 5th beredar) dapet record spt itu, berarti scr logika unit yg udah busuk lebih banyak kan yg dijualin/masih jalan. Dan mengingat skrg mobil itu udah usia 10-13th keatas saya nggak yakin bs dapet unit yg oke buat livina 1.5cc th segitu dg budget om ya, krn rata2 cenderung udah pindah tangan at least 2x, dan itu perawatannya blm tentu baik (no offense ke om herman ya, krn saya ex user juga). Lain cerita kalau bs afford unit livina yang udah dual injector spt om herman, itu saya masih mungkin rekomen ke om yg 1.5cc krn udah lbh disesuaiin sama bensin jelek disini.

Krn salah satu problem OGL keluaran awal yg 1.5cc itu ngelitik, apalagi kl makenya jorok sama owner sblmnya (cth diisi premium, oli jelek yg diganti tiap 10rb km) itu internal mesin bs rawan sludge om, sesuai karakter HR15DE. Dan saya mengakui dulu saya pake livina ya jorok, krn belum melek mobil dan bengkel2 resmi nissan jelek pelayanannya sama blm banyak bengkel spesialis nissan di kota saya.

Cuma, buat saya livina itu mobil enak banget. LMPV kaya ertiga pun kalah naikannya sama livina. jalan 140kmh aja santai banget naik mobil ini dan keitung kedap di kelasnya. Tapi tetep masukin pertimbangan sih yg 1.5cc om, iseng2 berhadiah dpt unit yang baik oke juga asal udah siap sama treatment perawatannya.

Smg membantu
Thanks gan,mantap ulasannya :big_exellent: :big_exellent:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by Herman7103 »

erwinign wrote:
j4ckd4niel wrote: Sat Apr 18, 2020 11:58
FU27 wrote: Sat Apr 18, 2020 8:37 Budget 60 klo mau matic ya harus siap2 dengan biaya operasional mobilnya besar, karena pilihannya minimal umur belasan tahun. Dan agak riskan juga matic di usia segitu klo perawatan owner sebelumnya berantakan
Iya gan bugdet mepet soalnya :big_cry:
Kl OGL coba consider yg 1.8cc aja om, jatuhnya at least dapet 1.8 XV ato bisa2 dapet 1.8 ultimate matic (top trim) good deal jg. Krn 1.8cc nya (MR18DE) lebih nggak rewelan dibanding 1.5cc (HR15DE) walaupun mungkin sedikit lbh boros dr yg 1.5cc. Dan dg budget om yang range segitu, saya rasa kl OGL dapetnya tahun keluaran awal, yaitu th 2007 maks 2008. Dg th segitu, saya rekomen hindari yg 1.5cc.

Ini pendapat saya om, sy pernah pake 1.5 XV 2007 manual (bener2 awal) itu ampun deh rewelnya, dan krn faktor 1.5cc waktu itu harga lbh murah = unit lbh banyak di jalan. Stl beberapa th (let say stl 5th beredar) dapet record spt itu, berarti scr logika unit yg udah busuk lebih banyak kan yg dijualin/masih jalan. Dan mengingat skrg mobil itu udah usia 10-13th keatas saya nggak yakin bs dapet unit yg oke buat livina 1.5cc th segitu dg budget om ya, krn rata2 cenderung udah pindah tangan at least 2x, dan itu perawatannya blm tentu baik (no offense ke om herman ya, krn saya ex user juga). Lain cerita kalau bs afford unit livina yang udah dual injector spt om herman, itu saya masih mungkin rekomen ke om yg 1.5cc krn udah lbh disesuaiin sama bensin jelek disini.

Krn salah satu problem OGL keluaran awal yg 1.5cc itu ngelitik, apalagi kl makenya jorok sama owner sblmnya (cth diisi premium, oli jelek yg diganti tiap 10rb km) itu internal mesin bs rawan sludge om, sesuai karakter HR15DE. Dan saya mengakui dulu saya pake livina ya jorok, krn belum melek mobil dan bengkel2 resmi nissan jelek pelayanannya sama blm banyak bengkel spesialis nissan di kota saya.

Cuma, buat saya livina itu mobil enak banget. LMPV kaya ertiga pun kalah naikannya sama livina. jalan 140kmh aja santai banget naik mobil ini dan keitung kedap di kelasnya. Tapi tetep masukin pertimbangan sih yg 1.5cc om, iseng2 berhadiah dpt unit yang baik oke juga asal udah siap sama treatment perawatannya.

Smg membantu
Saya cuma berbagi pengalaman saya selama pelihara mobil Nissan All New Grand Livina dari 2014 sampai sekarang untuk referensi yg mau beli mobil 2nd. Yang pasti selama 6 tahun jalan dgn mobil ini sampai odo skrg 81 ribu Km llebih, belum pernah mobil ini rewel atau mogok atau brebet sehingga membuat saya sekeluarga puas banget dan belum berminat ganti mobil baru karena memang mobil nya,juga masih masih kinclong, biaya BBM nya dan pajaknya murah ngak bikin dompet tipis. Cuma satu yg bagi saya di palembang ini menyulitkan di ANGL cuma saat saya mau pasang cruise control dan remote steernya mobil ini, ngak ada bengkel di sini yg bisa pasangnya wkwkwk. Kalau lampu HID, TPMS, Roof Rail dan Arm Rest serta Audio Sound System SQ semua mudah dipasang di mobil ini. Kalau saya pribadi untuk mobil satu satu nya di garasi maka untuk wajib utk kebersihan dan keapikan adalah hal yg rutin dikerjakan sendiri saat hari libur/minggu untuk cuci mobil dan vacuum interior dlm mobil di garasi karena saya masih betah untuk merawatnya 10 tahun kedepan jadi mobil harus selalu kinclong selalu sehingga saya pribadi selalu PD dijejerin di samping mobil yg masih plat profit.[emoji2]
IMG_20200418_205833.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by maastricht889 »

Herman7103 wrote: Sat Apr 18, 2020 14:01
erwinign wrote:
j4ckd4niel wrote: Sat Apr 18, 2020 11:58

Iya gan bugdet mepet soalnya :big_cry:
Kl OGL coba consider yg 1.8cc aja om, jatuhnya at least dapet 1.8 XV ato bisa2 dapet 1.8 ultimate matic (top trim) good deal jg. Krn 1.8cc nya (MR18DE) lebih nggak rewelan dibanding 1.5cc (HR15DE) walaupun mungkin sedikit lbh boros dr yg 1.5cc. Dan dg budget om yang range segitu, saya rasa kl OGL dapetnya tahun keluaran awal, yaitu th 2007 maks 2008. Dg th segitu, saya rekomen hindari yg 1.5cc.

Ini pendapat saya om, sy pernah pake 1.5 XV 2007 manual (bener2 awal) itu ampun deh rewelnya, dan krn faktor 1.5cc waktu itu harga lbh murah = unit lbh banyak di jalan. Stl beberapa th (let say stl 5th beredar) dapet record spt itu, berarti scr logika unit yg udah busuk lebih banyak kan yg dijualin/masih jalan. Dan mengingat skrg mobil itu udah usia 10-13th keatas saya nggak yakin bs dapet unit yg oke buat livina 1.5cc th segitu dg budget om ya, krn rata2 cenderung udah pindah tangan at least 2x, dan itu perawatannya blm tentu baik (no offense ke om herman ya, krn saya ex user juga). Lain cerita kalau bs afford unit livina yang udah dual injector spt om herman, itu saya masih mungkin rekomen ke om yg 1.5cc krn udah lbh disesuaiin sama bensin jelek disini.

Krn salah satu problem OGL keluaran awal yg 1.5cc itu ngelitik, apalagi kl makenya jorok sama owner sblmnya (cth diisi premium, oli jelek yg diganti tiap 10rb km) itu internal mesin bs rawan sludge om, sesuai karakter HR15DE. Dan saya mengakui dulu saya pake livina ya jorok, krn belum melek mobil dan bengkel2 resmi nissan jelek pelayanannya sama blm banyak bengkel spesialis nissan di kota saya.

Cuma, buat saya livina itu mobil enak banget. LMPV kaya ertiga pun kalah naikannya sama livina. jalan 140kmh aja santai banget naik mobil ini dan keitung kedap di kelasnya. Tapi tetep masukin pertimbangan sih yg 1.5cc om, iseng2 berhadiah dpt unit yang baik oke juga asal udah siap sama treatment perawatannya.

Smg membantu
Saya cuma berbagi pengalaman saya selama pelihara mobil Nissan All New Grand Livina dari 2014 sampai sekarang untuk referensi yg mau beli mobil 2nd. Yang pasti selama 6 tahun jalan dgn mobil ini sampai odo skrg 81 ribu Km llebih, belum pernah mobil ini rewel atau mogok atau brebet sehingga membuat saya sekeluarga puas banget dan belum berminat ganti mobil baru karena memang mobil nya,juga masih masih kinclong, biaya BBM nya dan pajaknya murah ngak bikin dompet tipis. Cuma satu yg bagi saya di palembang ini menyulitkan di ANGL cuma saat saya mau pasang cruise control dan remote steernya mobil ini, ngak ada bengkel di sini yg bisa pasangnya wkwkwk. Kalau lampu HID, TPMS, Roof Rail dan Arm Rest serta Audio Sound System SQ semua mudah dipasang di mobil ini. Kalau saya pribadi untuk mobil satu satu nya di garasi maka untuk wajib utk kebersihan dan keapikan adalah hal yg rutin dikerjakan sendiri saat hari libur/minggu untuk cuci mobil dan vacuum interior dlm mobil di garasi karena saya masih betah untuk merawatnya 10 tahun kedepan jadi mobil harus selalu kinclong selalu sehingga saya pribadi selalu PD dijejerin di samping mobil yg masih plat profit.[emoji2]
IMG_20200418_205833.jpg
Kl livina batch awal se-refined livina punya om mungkin hr ini masih saya keep om hahahah, sampe hr ini saya msh terngiang2 sbnrnya kl inget livina saya dulu. Dan GL punya om liat dr foto aja kerasa mobilnya msh seger, untungnya jg dr om beli sampe hr ini maintenance GL lbh reachable. Saya jarang liat livina XV spt om, krn kebanyakan SV yg appearancenya agak nanggung. Lanjutkan trs ngerawatnya om, unit punya om itu msh keitung unit jaman nissan masih cukup care ke livina krn peredamannya masih bagus dan fitur blm dikurang2in
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by DOHC »

aduh2... ini knapa old nissan grand livina HR15DE single injector single cvtc malah masuk nominasi.. ini mobil hobby atau simpenan... bukan buat di siksa kaya lg make apanja dkk..

mobil resing ini.. oli ama bensin aj musti pake yg kelas sultan punya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by benzz89 »

Ane liat syarat no.5 budget MAX 60 JUTA means harus cari unit yang under 60 juta buat spare biaya perbaikan ini-itu.

Kalau ane sih akan spare 10 juta untuk mobil2 yang sudah ada umur seperti kriteria yang diinginkan TS, apalagi syaratnya HARUS MATIC pula, yang biaya perbaikan matic kalau bermasalah pasti jauh lebih besar banding manual.

Ane juga ex user OGL matic 1.5 ultimate taon 2011 akhir beli dari baru, memang nyaman sih naikannya, cuman FWD kaki2 gak sekuat duo kaleng, mesin ngelitik even pakai bensin RON 95. Taon 2018 jual di ODO 70 ribu beruntung cuman kena evap rusak, ganti baru di panca jaya AC 1,7 juta kalau tidak salah, di BERES kena 2,7 atau 3 juta blom ongkos pasang.

Saran ane sih paling aman pilih duo kaleng Avxen gen awal MANUAL aja (dapet apa enggak yah 50 juta?), toh jalan luar kota gak macet2 amat, ini menghindari perbaikan matic yang mihul, RWD + manual lebih pas buat jalur luar kota, kaki2 juga lebih awet, bengkel biasa bisa perbaiki, sparepart melimpah, super badak lah ini duo kaleng, kantor ane dulu sales pakenya avanza gen 1 & gen 2 di abuse habis2an tidak ada kerusakan yang berarti sampai di jual, yang beli antri, harga jual bagus, luar biasa lah duo kaleng, peace of mind dapet banget.

Jangan cari kandidat yang "aneh2" apalagi user awam banget ama urusan mobil, kasihan nanti diperbudak ama mobil, buang waktu, uang & tenaga... belum stress & keselnya, bisa2 jadi sakit ntar gara2 di rong2 ama mobil, keep it short & simple aja.

Oh yah katana bisa masuk kandidat gak yah? Cuman manual kayanya, super badak setelah duo kaleng, cuman remnya belum pakai booster & tromol semuanya, sangat disayangkan menurut ane, injak rem harus extra tenaga [emoji16]
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by Herman7103 »

erwinign wrote:
Herman7103 wrote: Sat Apr 18, 2020 14:01
erwinign wrote: Kl OGL coba consider yg 1.8cc aja om, jatuhnya at least dapet 1.8 XV ato bisa2 dapet 1.8 ultimate matic (top trim) good deal jg. Krn 1.8cc nya (MR18DE) lebih nggak rewelan dibanding 1.5cc (HR15DE) walaupun mungkin sedikit lbh boros dr yg 1.5cc. Dan dg budget om yang range segitu, saya rasa kl OGL dapetnya tahun keluaran awal, yaitu th 2007 maks 2008. Dg th segitu, saya rekomen hindari yg 1.5cc.

Ini pendapat saya om, sy pernah pake 1.5 XV 2007 manual (bener2 awal) itu ampun deh rewelnya, dan krn faktor 1.5cc waktu itu harga lbh murah = unit lbh banyak di jalan. Stl beberapa th (let say stl 5th beredar) dapet record spt itu, berarti scr logika unit yg udah busuk lebih banyak kan yg dijualin/masih jalan. Dan mengingat skrg mobil itu udah usia 10-13th keatas saya nggak yakin bs dapet unit yg oke buat livina 1.5cc th segitu dg budget om ya, krn rata2 cenderung udah pindah tangan at least 2x, dan itu perawatannya blm tentu baik (no offense ke om herman ya, krn saya ex user juga). Lain cerita kalau bs afford unit livina yang udah dual injector spt om herman, itu saya masih mungkin rekomen ke om yg 1.5cc krn udah lbh disesuaiin sama bensin jelek disini.

Krn salah satu problem OGL keluaran awal yg 1.5cc itu ngelitik, apalagi kl makenya jorok sama owner sblmnya (cth diisi premium, oli jelek yg diganti tiap 10rb km) itu internal mesin bs rawan sludge om, sesuai karakter HR15DE. Dan saya mengakui dulu saya pake livina ya jorok, krn belum melek mobil dan bengkel2 resmi nissan jelek pelayanannya sama blm banyak bengkel spesialis nissan di kota saya.

Cuma, buat saya livina itu mobil enak banget. LMPV kaya ertiga pun kalah naikannya sama livina. jalan 140kmh aja santai banget naik mobil ini dan keitung kedap di kelasnya. Tapi tetep masukin pertimbangan sih yg 1.5cc om, iseng2 berhadiah dpt unit yang baik oke juga asal udah siap sama treatment perawatannya.

Smg membantu
Saya cuma berbagi pengalaman saya selama pelihara mobil Nissan All New Grand Livina dari 2014 sampai sekarang untuk referensi yg mau beli mobil 2nd. Yang pasti selama 6 tahun jalan dgn mobil ini sampai odo skrg 81 ribu Km llebih, belum pernah mobil ini rewel atau mogok atau brebet sehingga membuat saya sekeluarga puas banget dan belum berminat ganti mobil baru karena memang mobil nya,juga masih masih kinclong, biaya BBM nya dan pajaknya murah ngak bikin dompet tipis. Cuma satu yg bagi saya di palembang ini menyulitkan di ANGL cuma saat saya mau pasang cruise control dan remote steernya mobil ini, ngak ada bengkel di sini yg bisa pasangnya wkwkwk. Kalau lampu HID, TPMS, Roof Rail dan Arm Rest serta Audio Sound System SQ semua mudah dipasang di mobil ini. Kalau saya pribadi untuk mobil satu satu nya di garasi maka untuk wajib utk kebersihan dan keapikan adalah hal yg rutin dikerjakan sendiri saat hari libur/minggu untuk cuci mobil dan vacuum interior dlm mobil di garasi karena saya masih betah untuk merawatnya 10 tahun kedepan jadi mobil harus selalu kinclong selalu sehingga saya pribadi selalu PD dijejerin di samping mobil yg masih plat profit.[emoji2]
IMG_20200418_205833.jpg
Kl livina batch awal se-refined livina punya om mungkin hr ini masih saya keep om hahahah, sampe hr ini saya msh terngiang2 sbnrnya kl inget livina saya dulu. Dan GL punya om liat dr foto aja kerasa mobilnya msh seger, untungnya jg dr om beli sampe hr ini maintenance GL lbh reachable. Saya jarang liat livina XV spt om, krn kebanyakan SV yg appearancenya agak nanggung. Lanjutkan trs ngerawatnya om, unit punya om itu msh keitung unit jaman nissan masih cukup care ke livina krn peredamannya masih bagus dan fitur blm dikurang2in
Iya om, Nissan All New Grand Livina tahun 2014 bukan tipe XV tapi SV yg matic CVT, penampakannya memang seperti XV karena sudah saya beli online list body moulding Rp 400 ribu dan pasang sendiri serta cat semua handle pintunya di bengkel cat body Rp 250 ribu . Fog lamp dan tuas fog lamp serta list chromenya saya beli online dan saya install di Beres Nissan. Lampu HID buat Head Lamp beli dan pasang di toko aksesoris mobil.
Untuk sektor filter udara dari tahun 2016 akhir saya ganti filter nya dgn yg Filter udara after market merk K&N. Untuk sektor dlm interior di awal tahun 2020 ini saya ganti jok sintetis hadiah saat beli dari dealernya dgn jok hasil beli online serta ganti karpet dasarnya agar sektor interor dalam mobil terasa fresh baru lagi setelah masa pakai selama 6 tahun. TPMS, Arm Rest serta roof rail, saya beli online dan pasang sendiri. Untuk sektor Audio saya beli online speaker 2 Ways terdiri dari sepasang mid bass dan sepasang tweeter serta crossovernya, tapi subwoofer dan ampli nya beli di toko audio dipalembang berikut instalasi sound systemnya .
IMG_20200419_084312.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
j4ckd4niel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Apr 17, 2020 0:18

Re: Mpv untuk harian dalkot lukot

Post by j4ckd4niel »

benzz89 wrote: Sun Apr 19, 2020 1:13 Ane liat syarat no.5 budget MAX 60 JUTA means harus cari unit yang under 60 juta buat spare biaya perbaikan ini-itu.

Kalau ane sih akan spare 10 juta untuk mobil2 yang sudah ada umur seperti kriteria yang diinginkan TS, apalagi syaratnya HARUS MATIC pula, yang biaya perbaikan matic kalau bermasalah pasti jauh lebih besar banding manual.

Ane juga ex user OGL matic 1.5 ultimate taon 2011 akhir beli dari baru, memang nyaman sih naikannya, cuman FWD kaki2 gak sekuat duo kaleng, mesin ngelitik even pakai bensin RON 95. Taon 2018 jual di ODO 70 ribu beruntung cuman kena evap rusak, ganti baru di panca jaya AC 1,7 juta kalau tidak salah, di BERES kena 2,7 atau 3 juta blom ongkos pasang.

Saran ane sih paling aman pilih duo kaleng Avxen gen awal MANUAL aja (dapet apa enggak yah 50 juta?), toh jalan luar kota gak macet2 amat, ini menghindari perbaikan matic yang mihul, RWD + manual lebih pas buat jalur luar kota, kaki2 juga lebih awet, bengkel biasa bisa perbaiki, sparepart melimpah, super badak lah ini duo kaleng, kantor ane dulu sales pakenya avanza gen 1 & gen 2 di abuse habis2an tidak ada kerusakan yang berarti sampai di jual, yang beli antri, harga jual bagus, luar biasa lah duo kaleng, peace of mind dapet banget.

Jangan cari kandidat yang "aneh2" apalagi user awam banget ama urusan mobil, kasihan nanti diperbudak ama mobil, buang waktu, uang & tenaga... belum stress & keselnya, bisa2 jadi sakit ntar gara2 di rong2 ama mobil, keep it short & simple aja.

Oh yah katana bisa masuk kandidat gak yah? Cuman manual kayanya, super badak setelah duo kaleng, cuman remnya belum pakai booster & tromol semuanya, sangat disayangkan menurut ane, injak rem harus extra tenaga [emoji16]
Mantap ulasannya gan,cuma avanza xenia belum kebeli gan