Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by rakyatwkwkland »

DOHC wrote: 06 Oct 2021, 11:22
rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 10:48
marmut wrote: 06 Oct 2021, 09:12



ngga usah parno oli habis, karena bukan dari seal itu bocornya.
kemungkinan terbesar antara valve cover gasket, atau timing chain cover gasket.

selama mobil masih garansi, bawa saja untuk klaim. apapun alasan mereka, anda punya hak mendapatkan perbaikan karena masih dalam masa garansi.

saran saya, segera bawa ke bengkel resmi untuk diproses perbaikan.
Kalo parno oli habis sih enggak lah oom, ane tenang kok sebab seperti yang ane bilang di atas setelah dipantau lewat dipstik sepertinya tidak ada penurunan level oli :big_blushing:

Wah, malah bukan dari seal kah bocornya? Sebab denger punya denger dari yang dah klaim ke beres, beres ngasih opsinya selain ganti gasket ya sealant nya itu diberesin, mbah.

Siap mbah, tampaknya makin mantap bawa aja ya ke beres. Ngurusin beginian gak sampe harus turun mesin kan? Kalo gasalah ada yang bilang cuma buka cover timing chain doang...
Numpang nimbrung ya om ts

Kl saya jadi omTS, justru menit ini jg bakal cecer tu beres betulin

Urusan nge sil ulang timing cover itu sebenernya ga ampe turun mesin , tp rempong pake banget, dan kl dikerjain oleh bengkel jadi2an, biasanya malah ngerembet sana sini ntar... dari yg masalah pake lem RTV murahan, rembes lagi, baut slek gara2 dkencengin se tenaga igun, selang ac bsa ad yg meleot atau patah, dsb
Siap oom... Nanti ane cecer sampe beres dah itu orang beresnya

Mungkin ente jg boleh share tips and trick nyecer orang beres oom, soalnya kayanya ane liat2 ente cukup berpengalaman dalam nyecer orang beres.....

:ngacir: :ngacir:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by rakyatwkwkland »

marmut wrote: 06 Oct 2021, 11:44
rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 10:48



Wah, malah bukan dari seal kah bocornya? Sebab denger punya denger dari yang dah klaim ke beres, beres ngasih opsinya selain ganti gasket ya sealant nya itu diberesin, mbah.

Siap mbah, tampaknya makin mantap bawa aja ya ke beres. Ngurusin beginian gak sampe harus turun mesin kan? Kalo gasalah ada yang bilang cuma buka cover timing chain doang...

itu mesin kan pake rante (cukup rante aja nulisnya gaperlu rante keteng chain karena keteng itu artinya rante dari bahasa belanda. kalo ditulis rante keteng berarti lain kali musti nulis sepatu shoes, kue cake, tangan hand, kepala head, belok kiri turn left), jadi seal di bagian depannya mesin hanya ada di bagian depan kruk as tempat nempelnya puli kruk as.

puli kruk as adanya di bawah, sementara bocor/rembesnya ada di sebelah atas. jadi nggak mungkin seal kruk as depan yang bocor.

mohon koreksinya kalo salah. tapi yang namanya gasket sepengertian saya ada 2 macem, liquid dan solid.
ini yang liquid (murahan) :



IMG20211006113352.jpg



dan ini yang solid :



IMG20211006113255.jpg



mesin jaman sekarang biasanya pakai liquid gasket untuk timing chain cover. belum nemu lagi yang pake gasket/paking kertas seperti jaman dulu.

beresin kaya gitu ga sampe turun mesin, tapi waktunya nggak bisa sebentar karena banyak yang musti dilepas. buka timing chain cover, kemungkinannya musti ngelepas oil pan. andaikata oil pan musti dilepas, ya oli mesin musti dibuang.
nah, mumpung chain cover dilepas, sekalian todong seal kruk as depan diganti juga.
jangan sampe nanti pas kebocoran sudah selesai, seal kruk as malah gantian rembes.

misal mereka banyak alesan, ya sudah rogoh kocek beli saja seal-nya yang baru dan suruh pasang.
Oohh... jadi mungkin yg dimaksud orang2 sealer itu gasket liquid kali yah?

Siaplah mbah, semuanya ane catet biar mubil ane balik gress lagi. Thanks for the advice :big_deal: :big_okay:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by marmut »

rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 11:48

Siap oom... Nanti ane cecer sampe beres dah itu orang beresnya

Mungkin ente jg boleh share tips and trick nyecer orang beres oom, soalnya kayanya ane liat2 ente cukup berpengalaman dalam nyecer orang beres.....

:ngacir: :ngacir:


datang ke BeRes bicara sopan baik-baik. tapi andaikata mereka belaga pilon, tidak ada salahnya minta nomer kontak mbah delko lewat PM buat jaga-jaga.

:mky_03:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by rakyatwkwkland »

marmut wrote: 06 Oct 2021, 11:54
rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 11:48

Siap oom... Nanti ane cecer sampe beres dah itu orang beresnya

Mungkin ente jg boleh share tips and trick nyecer orang beres oom, soalnya kayanya ane liat2 ente cukup berpengalaman dalam nyecer orang beres.....

:ngacir: :ngacir:


datang ke BeRes bicara sopan baik-baik. tapi andaikata mereka belaga pilon, tidak ada salahnya minta nomer kontak mbah delko lewat PM buat jaga-jaga.

:mky_03:
Wakakakakaka :big_biglaugh:

Emang kalo berurusan sama beres yang ngeyel ngedatengin mbah kelep emang jurus yang paling ampuh ya :mky_07:

Oh ya, ane mau nanya lagi mbah...

Yg ente bilang sekalian seal kruk as nya diganti yg satu mana yah? Soalnya ane iseng2 ubek2 eparts nya sijuki ane nemu ada dua yang tulisannya "seal crankshaft" :
2.jpeg
2.jpeg (80.32 KiB) Viewed 2903 times
3.jpeg
3.jpeg (46.59 KiB) Viewed 2903 times
Yang better diganti yang satu mana tuh mbah? Atau malah dua duanya?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by marmut »

rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 12:05

Yg ente bilang sekalian seal kruk as nya diganti yg satu mana yah? Soalnya ane iseng2 ubek2 eparts nya sijuki ane nemu ada dua yang tulisannya "seal crankshaft" :
2.jpeg
3.jpeg
Yang better diganti yang satu mana tuh mbah? Atau malah dua duanya?


front oil seal nomer 34.

itu nempel di chain cover di sebelah bawah.
kalo yang belakang, musti ngelepas transmisi dan as roda, abis itu ngelepas flywheel (m/t) atau flexplate (a/t), baru nanti keliatan crank rear oil seal-nya.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by MSU »

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... a?page=all

cuma gara2 liquid gasket...
ntah itu yg dipake threebond kode brp...masak pabrik pake yg 1104 pasaran ya...mestinya yg 1215?
btw diinfo tanpa biaya...
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by rakyatwkwkland »

marmut wrote: 06 Oct 2021, 12:37
rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 12:05

Yg ente bilang sekalian seal kruk as nya diganti yg satu mana yah? Soalnya ane iseng2 ubek2 eparts nya sijuki ane nemu ada dua yang tulisannya "seal crankshaft" :
2.jpeg
3.jpeg
Yang better diganti yang satu mana tuh mbah? Atau malah dua duanya?


front oil seal nomer 34.

itu nempel di chain cover di sebelah bawah.
kalo yang belakang, musti ngelepas transmisi dan as roda, abis itu ngelepas flywheel (m/t) atau flexplate (a/t), baru nanti keliatan crank rear oil seal-nya.
Ooh berarti yang front oil seal ya mbah? Thanks inpoh nya :big_deal:

Kalo beres gamau gantiin, ane rogoh kocek sendiri ajalah, murah ini cuma 42k, cuma setara sepiring nasi campur :big_blushing:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by Omnibus »

MSU wrote: 06 Oct 2021, 12:56 https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... a?page=all

cuma gara2 liquid gasket...
ntah itu yg dipake threebond kode brp...masak pabrik pake yg 1104 pasaran ya...mestinya yg 1215?
btw diinfo tanpa biaya...
imho, step 7 tuh common mistake lho mbah. yg namanya RTV sealant (atau sealer atau liquid gasket sama aja) kepanjangannya rtv kan room temperature vulcanizing artinya akan mengeras dlm suhu ruangan n memang perlu waktu. justru mesin dinyalain itu sealant belom kering udah kena oli mesin jd basah lagi.
well, tiap montir beda2 pemahamannya, monggo ae. :big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by Omnibus »

rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 13:00
marmut wrote: 06 Oct 2021, 12:37
rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 12:05

Yg ente bilang sekalian seal kruk as nya diganti yg satu mana yah? Soalnya ane iseng2 ubek2 eparts nya sijuki ane nemu ada dua yang tulisannya "seal crankshaft" :
2.jpeg
3.jpeg
Yang better diganti yang satu mana tuh mbah? Atau malah dua duanya?


front oil seal nomer 34.

itu nempel di chain cover di sebelah bawah.
kalo yang belakang, musti ngelepas transmisi dan as roda, abis itu ngelepas flywheel (m/t) atau flexplate (a/t), baru nanti keliatan crank rear oil seal-nya.
Ooh berarti yang front oil seal ya mbah? Thanks inpoh nya :big_deal:

Kalo beres gamau gantiin, ane rogoh kocek sendiri ajalah, murah ini cuma 42k, cuma setara sepiring nasi campur :big_blushing:
indent dulu partsnya siapa tau mrk ga ready stok. nanti udah berharap taunya ga ada stok n dipasang yg lama sedih deh. trus oli mesin jangan mau dimasukin lagi yg lama. even ember penampungannya dibersihin sebersih pake sanitizer juga tetep aja ga sebagus oli baru dr sealed container. mending modalin beli oli baru.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by marmut »

MSU wrote: 06 Oct 2021, 12:56 https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... a?page=all

cuma gara2 liquid gasket...
ntah itu yg dipake threebond kode brp...masak pabrik pake yg 1104 pasaran ya...mestinya yg 1215?
btw diinfo tanpa biaya...


seperti yang mbah racun ketik, rtv = room temperafure vulcanizing.

kalau saya pakai rtv :
1. oles rata ke permukaan (cukup 1 sisi) yang sudah bersih dari minyak dan kotoran.
2. tunggu 20-25 menit atau sampai kering sentuh.
3. setelah kering sentuh, pasang ke tempat semula. hanya dipasang baut, tidak dikencangkan full.
4. dari saat dipasang, tunggu setidaknya 1 jam baru saya kencangkan sesuai spek.
5. dari saat dikencangkan sesuai spek, saya tunggu minimal 12 jam baru tuang oli dan nyalakan mesin.

total waktu tunggu (diluar bongkar pasang dan finishing) 13 jam 20 menit (minimal).

kok lama banget? ya iyalah, kan pake rtv. kalo mau cepet, pake threebond seri berapa tu saya lupa yang 4 digit harganya 250 apa 300rb per tube.

25rb vs. 250rb. pilih mana?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by DOHC »

rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 11:48
DOHC wrote: 06 Oct 2021, 11:22
rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 10:48

Kalo parno oli habis sih enggak lah oom, ane tenang kok sebab seperti yang ane bilang di atas setelah dipantau lewat dipstik sepertinya tidak ada penurunan level oli :big_blushing:

Wah, malah bukan dari seal kah bocornya? Sebab denger punya denger dari yang dah klaim ke beres, beres ngasih opsinya selain ganti gasket ya sealant nya itu diberesin, mbah.

Siap mbah, tampaknya makin mantap bawa aja ya ke beres. Ngurusin beginian gak sampe harus turun mesin kan? Kalo gasalah ada yang bilang cuma buka cover timing chain doang...
Numpang nimbrung ya om ts

Kl saya jadi omTS, justru menit ini jg bakal cecer tu beres betulin

Urusan nge sil ulang timing cover itu sebenernya ga ampe turun mesin , tp rempong pake banget, dan kl dikerjain oleh bengkel jadi2an, biasanya malah ngerembet sana sini ntar... dari yg masalah pake lem RTV murahan, rembes lagi, baut slek gara2 dkencengin se tenaga igun, selang ac bsa ad yg meleot atau patah, dsb
Siap oom... Nanti ane cecer sampe beres dah itu orang beresnya

Mungkin ente jg boleh share tips and trick nyecer orang beres oom, soalnya kayanya ane liat2 ente cukup berpengalaman dalam nyecer orang beres.....

:ngacir: :ngacir:
kita orang mah ga pake rahasia2an kaya anak abege cewe baru gede

pokok e kl samperin beres mo ngeclaim, lgs to the point aj, lgs tembak blg ini mobil masalah gini, masi garansi, saya mau dibetulin ampe bener, titik, jgn ketawa, suara harus jelas dan tegas , tanya brapa lama ampe kelar beres, kl ampe mobil nginep atau musti bolak balik, lgs tembak, you ud bikin kita orang rugi waktu btulin neh mobil jelek amat kaya rakitan anak2 smk aj, blom 3 taon ud rusak , mending (merek sebelah mana aj) donk, lebi murah tp lebi bagus, lebi bagus lg kl beres lg rame biar kedengeran orang2 sebelah

kl si SA ud mulai a e i o u kaya igun, naekin suara satu oktaf, blg ybs wajip beresin, masi igun2an jg, gebrak meja

always works for me , mo itu beres batu makam, toyota, honda... slalu sukses 100 %
Last edited by DOHC on 06 Oct 2021, 19:16, edited 1 time in total.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by MSU »

marmut wrote: 06 Oct 2021, 18:41
MSU wrote: 06 Oct 2021, 12:56 https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... a?page=all

cuma gara2 liquid gasket...
ntah itu yg dipake threebond kode brp...masak pabrik pake yg 1104 pasaran ya...mestinya yg 1215?
btw diinfo tanpa biaya...


seperti yang mbah racun ketik, rtv = room temperafure vulcanizing.

kalau saya pakai rtv :
1. oles rata ke permukaan (cukup 1 sisi) yang sudah bersih dari minyak dan kotoran.
2. tunggu 20-25 menit atau sampai kering sentuh.
3. setelah kering sentuh, pasang ke tempat semula. hanya dipasang baut, tidak dikencangkan full.
4. dari saat dipasang, tunggu setidaknya 1 jam baru saya kencangkan sesuai spek.
5. dari saat dikencangkan sesuai spek, saya tunggu minimal 12 jam baru tuang oli dan nyalakan mesin.

total waktu tunggu (diluar bongkar pasang dan finishing) 13 jam 20 menit (minimal).

kok lama banget? ya iyalah, kan pake rtv. kalo mau cepet, pake threebond seri berapa tu saya lupa yang 4 digit harganya 250 apa 300rb per tube.

25rb vs. 250rb. pilih mana?
Nah setuju om...terakhir bongkar carter...kt montir tunggu bbrp jam aja udh bisa pake...
Sy ga mau...jd inepin dulu supaya bener2 kering..abis itu isi oli..
Asumsi udh bayar montir mahal2 drpd sbntr rembes lg...
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by MSU »

Omnibus wrote: 06 Oct 2021, 17:38
MSU wrote: 06 Oct 2021, 12:56 https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... a?page=all

cuma gara2 liquid gasket...
ntah itu yg dipake threebond kode brp...masak pabrik pake yg 1104 pasaran ya...mestinya yg 1215?
btw diinfo tanpa biaya...
imho, step 7 tuh common mistake lho mbah. yg namanya RTV sealant (atau sealer atau liquid gasket sama aja) kepanjangannya rtv kan room temperature vulcanizing artinya akan mengeras dlm suhu ruangan n memang perlu waktu. justru mesin dinyalain itu sealant belom kering udah kena oli mesin jd basah lagi.
well, tiap montir beda2 pemahamannya, monggo ae. :big_grin:
Itupun di artikel oli-nya ditampung & dimasukin lg mbah...koq ya gitu amat mnrt sy
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by Profith83 »

DOHC wrote: 06 Oct 2021, 19:14
rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 11:48
DOHC wrote: 06 Oct 2021, 11:22

Numpang nimbrung ya om ts

Kl saya jadi omTS, justru menit ini jg bakal cecer tu beres betulin

Urusan nge sil ulang timing cover itu sebenernya ga ampe turun mesin , tp rempong pake banget, dan kl dikerjain oleh bengkel jadi2an, biasanya malah ngerembet sana sini ntar... dari yg masalah pake lem RTV murahan, rembes lagi, baut slek gara2 dkencengin se tenaga igun, selang ac bsa ad yg meleot atau patah, dsb
Siap oom... Nanti ane cecer sampe beres dah itu orang beresnya

Mungkin ente jg boleh share tips and trick nyecer orang beres oom, soalnya kayanya ane liat2 ente cukup berpengalaman dalam nyecer orang beres.....

:ngacir: :ngacir:
kita orang mah ga pake rahasia2an kaya anak abege cewe baru gede

pokok e kl samperin beres mo ngeclaim, lgs to the point aj, lgs tembak blg ini mobil masalah gini, masi garansi, saya mau dibetulin ampe bener, titik, jgn ketawa, suara harus jelas dan tegas , tanya brapa lama ampe kelar beres, kl ampe mobil nginep atau musti bolak balik, lgs tembak, you ud bikin kita orang rugi waktu btulin neh mobil jelek amat kaya rakitan anak2 smk aj, blom 3 taon ud rusak , mending (merek sebelah mana aj) donk, lebi murah tp lebi bagus, lebi bagus lg kl beres lg rame biar kedengeran orang2 sebelah

kl si SA ud mulai a e i o u kaya igun, naekin suara satu oktaf, blg ybs wajip beresin, masi igun2an jg, gebrak meja

always works for me , mo itu beres batu makam, toyota, honda... slalu sukses 100 %
Saya suka gaya ente.
Email ke pusat Susuki mungkin juga salah satu solusi.

Kalau Toyota sudah email ke pusat, gak berani tuh bengkel ... akan manut 100% keinginan customer
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by kunaskun »

marmut wrote: 06 Oct 2021, 18:41 seperti yang mbah racun ketik, rtv = room temperafure vulcanizing.

kalau saya pakai rtv :
1. oles rata ke permukaan (cukup 1 sisi) yang sudah bersih dari minyak dan kotoran.
2. tunggu 20-25 menit atau sampai kering sentuh.
3. setelah kering sentuh, pasang ke tempat semula. hanya dipasang baut, tidak dikencangkan full.
4. dari saat dipasang, tunggu setidaknya 1 jam baru saya kencangkan sesuai spek.
5. dari saat dikencangkan sesuai spek, saya tunggu minimal 12 jam baru tuang oli dan nyalakan mesin.

total waktu tunggu (diluar bongkar pasang dan finishing) 13 jam 20 menit (minimal).

kok lama banget? ya iyalah, kan pake rtv. kalo mau cepet, pake threebond seri berapa tu saya lupa yang 4 digit harganya 250 apa 300rb per tube.

25rb vs. 250rb. pilih mana?
kirain RTV = Recreation Transportation Vehicle. :big_biglaugh: selama ini sampe mikir ini lem sealant andelan mekanik asem reges keren amat ya aslinya dipake di RTV alias camper van malah dipake di mobil... :big_biglaugh: Ternyata Room Temperature Vulcanizing. :big_biglaugh:
dan harganya cuma segitu toh, pantesan banyak disiksa buat segala guna, macem lem korea campur abu rokok :big_dunno:

kalau liat dari pengerjaannya si ga mungkin pake threebond yg mahal... karena artinya mobil nginep = beres rugi... tapi ya siapa tahu Suzuki melakukan good will.

btw soal rembes2 ginian memang menyebalkan, apalagi mobil baru gini. karena kesannya belum apa2 sudah dibongkar2 dan banyak pula.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by DOHC »

Profith83 wrote: 06 Oct 2021, 20:12
DOHC wrote: 06 Oct 2021, 19:14
Saya suka gaya ente.
Email ke pusat Susuki mungkin juga salah satu solusi.

Kalau Toyota sudah email ke pusat, gak berani tuh bengkel ... akan manut 100% keinginan customer
nahh ini baru super hero paling hebat :big_exellent: :big_exellent:

lgs tembak ke kantor pusat nya

bulls eye !!! dooorrrr
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by Omnibus »

MSU wrote: 06 Oct 2021, 19:16
Itupun di artikel oli-nya ditampung & dimasukin lg mbah...koq ya gitu amat mnrt sy
krn itu consumables mbah, ga termasuk dlm coverage warranty sama halnya dgn ban, coolant, minyak rem, wiper blades, bohlam, dsb. n warranty claim itu sifatnya hanya mengganti sebatas yg "perlu dan cukup" utk memperbaiki suatu problem.

bahkan labor rate dr principal ke beres sudah ditentukan brp jamnya dan tarif per jamnya. seringkali lbh rendah drpd beres dpt dr customer retail utk pekerjaan serupa yg out of warranty. makanya sy males jg kadang kl ngeclaim warranty krn pekerjaan ya asal secukupnya mengatasi masalah apalagi kl occurrence rate tinggi kan bengkel penuh sm yg ngeclaim udah kaya RS penuh pasien.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by Profith83 »

DOHC wrote: 06 Oct 2021, 20:27
Profith83 wrote: 06 Oct 2021, 20:12
DOHC wrote: 06 Oct 2021, 19:14
Saya suka gaya ente.
Email ke pusat Susuki mungkin juga salah satu solusi.

Kalau Toyota sudah email ke pusat, gak berani tuh bengkel ... akan manut 100% keinginan customer
nahh ini baru super hero paling hebat :big_exellent: :big_exellent:

lgs tembak ke kantor pusat nya

bulls eye !!! dooorrrr
Kalau perlu suratnya full bahasa inggris mbah, biar dia tahu bukan urusan sama sembarang orang :big_biglaugh:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by rakyatwkwkland »

Omnibus wrote: 06 Oct 2021, 17:40
rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 13:00
marmut wrote: 06 Oct 2021, 12:37



front oil seal nomer 34.

itu nempel di chain cover di sebelah bawah.
kalo yang belakang, musti ngelepas transmisi dan as roda, abis itu ngelepas flywheel (m/t) atau flexplate (a/t), baru nanti keliatan crank rear oil seal-nya.
Ooh berarti yang front oil seal ya mbah? Thanks inpoh nya :big_deal:

Kalo beres gamau gantiin, ane rogoh kocek sendiri ajalah, murah ini cuma 42k, cuma setara sepiring nasi campur :big_blushing:
indent dulu partsnya siapa tau mrk ga ready stok. nanti udah berharap taunya ga ada stok n dipasang yg lama sedih deh. trus oli mesin jangan mau dimasukin lagi yg lama. even ember penampungannya dibersihin sebersih pake sanitizer juga tetep aja ga sebagus oli baru dr sealed container. mending modalin beli oli baru.
Wah, bener juga ya coba telepon beres dulu deh barangnya ready ga. Kalo ga ready better inden dulu ya, drpd dah kucuk2 ke sana barang ga ada... Thanks atas masukannya oom :big_smile]

Kalo oli iya oom, emang udah rencana sekalian ganti soalnya udah jalan 5k km, itu si ecstar dah mulai menghitam aja, macam tampak di foto yg ane share di pejwan.
DOHC wrote: 06 Oct 2021, 19:14
rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 11:48
DOHC wrote: 06 Oct 2021, 11:22

Numpang nimbrung ya om ts

Kl saya jadi omTS, justru menit ini jg bakal cecer tu beres betulin

Urusan nge sil ulang timing cover itu sebenernya ga ampe turun mesin , tp rempong pake banget, dan kl dikerjain oleh bengkel jadi2an, biasanya malah ngerembet sana sini ntar... dari yg masalah pake lem RTV murahan, rembes lagi, baut slek gara2 dkencengin se tenaga igun, selang ac bsa ad yg meleot atau patah, dsb
Siap oom... Nanti ane cecer sampe beres dah itu orang beresnya

Mungkin ente jg boleh share tips and trick nyecer orang beres oom, soalnya kayanya ane liat2 ente cukup berpengalaman dalam nyecer orang beres.....

:ngacir: :ngacir:
kita orang mah ga pake rahasia2an kaya anak abege cewe baru gede

pokok e kl samperin beres mo ngeclaim, lgs to the point aj, lgs tembak blg ini mobil masalah gini, masi garansi, saya mau dibetulin ampe bener, titik, jgn ketawa, suara harus jelas dan tegas , tanya brapa lama ampe kelar beres, kl ampe mobil nginep atau musti bolak balik, lgs tembak, you ud bikin kita orang rugi waktu btulin neh mobil jelek amat kaya rakitan anak2 smk aj, blom 3 taon ud rusak , mending (merek sebelah mana aj) donk, lebi murah tp lebi bagus, lebi bagus lg kl beres lg rame biar kedengeran orang2 sebelah

kl si SA ud mulai a e i o u kaya igun, naekin suara satu oktaf, blg ybs wajip beresin, masi igun2an jg, gebrak meja

always works for me , mo itu beres batu makam, toyota, honda... slalu sukses 100 %
Hahaha... siap oom, thanks tips and tricks nya, siap ane terapkan di tkp nanti :big_biglaugh:

Mudah2an semua berjalan mulus lah biar gak banyak drama dan gerobak ane enjinnya balik mulus lagi :mky_08:
Profith83 wrote: 06 Oct 2021, 20:12
DOHC wrote: 06 Oct 2021, 19:14
rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 11:48

Siap oom... Nanti ane cecer sampe beres dah itu orang beresnya

Mungkin ente jg boleh share tips and trick nyecer orang beres oom, soalnya kayanya ane liat2 ente cukup berpengalaman dalam nyecer orang beres.....

:ngacir: :ngacir:
kita orang mah ga pake rahasia2an kaya anak abege cewe baru gede

pokok e kl samperin beres mo ngeclaim, lgs to the point aj, lgs tembak blg ini mobil masalah gini, masi garansi, saya mau dibetulin ampe bener, titik, jgn ketawa, suara harus jelas dan tegas , tanya brapa lama ampe kelar beres, kl ampe mobil nginep atau musti bolak balik, lgs tembak, you ud bikin kita orang rugi waktu btulin neh mobil jelek amat kaya rakitan anak2 smk aj, blom 3 taon ud rusak , mending (merek sebelah mana aj) donk, lebi murah tp lebi bagus, lebi bagus lg kl beres lg rame biar kedengeran orang2 sebelah

kl si SA ud mulai a e i o u kaya igun, naekin suara satu oktaf, blg ybs wajip beresin, masi igun2an jg, gebrak meja

always works for me , mo itu beres batu makam, toyota, honda... slalu sukses 100 %
Saya suka gaya ente.
Email ke pusat Susuki mungkin juga salah satu solusi.

Kalau Toyota sudah email ke pusat, gak berani tuh bengkel ... akan manut 100% keinginan customer
Hahaha... perkara email ke pusat begini sepertinya di sijuki juga work sih oom. Ane suka mantau tret er3 di kaskus, di sana ada penghuni yg share pengalaman paet nya di salah satu beres sijuki ketemu SA apa mekanik mbalelo gitu. Email ke sijuki pusat, kabengnya auto minta maap minta maap :mky_03:
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by fl4b1e »

Wah.. bagus nih trit.. ijin mantau dan sharing.
Kebetulan kmrn baru dr bangkel resmi Suzuki nanyain emirror saya yang mati. Km baru 2800an sih di mobil XL7 saya. dan baru saja dibawa road trip ke jkt- Puncak-Bandungan-Semarang-jkt 2 minggu lalu.

kalau di mobil saya, krn sebelumnya habis di detailing, makanya awal2saya gak sadar.
Tuk oli sebelum dan sesudah road trip, saya memang cek dipstick dan tidak ada penurunan.
Pas ke bengkel resmi kemarin SAnya konfirmasi bahwa memang ada rembes. Jadi kmrn habya dilap saja oleh mekanik bengkel resmi.

Saran SA ke saya, ntar dipantau dulu dan baru diambil tindakan pas service ke 2 yang pas ganti oli (karn saya baru ambil bulan 7, bulan 8 hanya datang tuk service 1000km).
Well, artinya ntar di bulan 1 fahun depan, kira2 saya jadi tahu apa yg harus dilakukan. Terimakasih mbah2 atas sarannya di trit ini.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by josomba »

MSU wrote: 06 Oct 2021, 19:16
Omnibus wrote: 06 Oct 2021, 17:38
MSU wrote: 06 Oct 2021, 12:56 https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... a?page=all

cuma gara2 liquid gasket...
ntah itu yg dipake threebond kode brp...masak pabrik pake yg 1104 pasaran ya...mestinya yg 1215?
btw diinfo tanpa biaya...
imho, step 7 tuh common mistake lho mbah. yg namanya RTV sealant (atau sealer atau liquid gasket sama aja) kepanjangannya rtv kan room temperature vulcanizing artinya akan mengeras dlm suhu ruangan n memang perlu waktu. justru mesin dinyalain itu sealant belom kering udah kena oli mesin jd basah lagi.
well, tiap montir beda2 pemahamannya, monggo ae. :big_grin:
Itupun di artikel oli-nya ditampung & dimasukin lg mbah...koq ya gitu amat mnrt sy
Ini jaman saya dulu ganti seal kruk as mobilio circa 2017, juga dilakukan hal yg sama mbah ama BeRes Ahond di Tangsel. Kalau ga saya tanyain "olinya gimana, ganti?", si BeRes akan tampung oli lama n dimasukin lg.

wkwkwkk
Image
Otomania
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 19 Aug 2020, 10:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Honda suzuki

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by Otomania »

rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 08:03
Otomania wrote: 06 Oct 2021, 06:21 Ertiga ane jg bgitu om persis kyak yg dipoto,ANE th 2018 akhir,td nya jg sempet panik,udh 1 tahunan lah ketauan rembes,tp ane cuekin aja krna pas cek dipstik ga berkurang,dan ga sampe netes lantai,soalnya saya klo ganti2 cairan DIY.,jd mau nanya ke beres rada males di tanya servis recordnya,ane pantau kelanjutanyanya om
Wah... 1 tahunan rembes and dibiarkan ada efeknya kah oom? Mobil ente masih baik2 saja?

Siap oom, nanti kalo ada kelanjutannya coba ane update lagi.
Mobil sofar aman om buat diajak jalan,km udh 30k lebih,oli transmisi jg ada rembes, shock depan dr dianter sales udh bunyi"klutuk" klo lewat poldur,sejauh ini ke beres cm 2x,itu jg taun pertama doang,bln dsember ini mobil udh umur 3th pemakaian
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 673
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by azu »

pengalaman claim ke Suzuki mending via email aja langsung ke alamat email ini: Halo Suzuki Mobil <[email protected]> dan Customer Relation <[email protected]>

Disitu jelaskan aja permasalahannya, kalau ada referensi lebih baik (misalnya link yg membahas masalah ini). Dulu saya mencantumkan referensi link ke S3RIOUS Kaskus :D
Jangan lupa cantumkan identitas kendaraan dan pemilik di email dan lebih baik juga cantumkan BeRes yang kita mau kalau mau dilakukan perbaikan.

Pengalaman dulu claim rack steer Ertiga 2012 yang bunyi-bunyi, besoknya langsung ditelepon dan dijadwalkan untuk pengecekan di BeRes yang kita mau, gausah debat2 dulu dengan SA. Dan kelebihannya via email ini adalah BeRes gausah kontak laporan dulu ke pusat terkait claim, begitu SA bilang ada yg salah maka bisa langsung diclaim.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by rakyatwkwkland »

Otomania wrote: 07 Oct 2021, 14:49
rakyatwkwkland wrote: 06 Oct 2021, 08:03
Otomania wrote: 06 Oct 2021, 06:21 Ertiga ane jg bgitu om persis kyak yg dipoto,ANE th 2018 akhir,td nya jg sempet panik,udh 1 tahunan lah ketauan rembes,tp ane cuekin aja krna pas cek dipstik ga berkurang,dan ga sampe netes lantai,soalnya saya klo ganti2 cairan DIY.,jd mau nanya ke beres rada males di tanya servis recordnya,ane pantau kelanjutanyanya om
Wah... 1 tahunan rembes and dibiarkan ada efeknya kah oom? Mobil ente masih baik2 saja?

Siap oom, nanti kalo ada kelanjutannya coba ane update lagi.
Mobil sofar aman om buat diajak jalan,km udh 30k lebih,oli transmisi jg ada rembes, shock depan dr dianter sales udh bunyi"klutuk" klo lewat poldur,sejauh ini ke beres cm 2x,itu jg taun pertama doang,bln dsember ini mobil udh umur 3th pemakaian
Wah masih aman ya oom. Okedeh artinya masalahnya gak terlalu urgent. :big_grin:

Oli transmisi rembes juga? Itu cara ngeceknya gimana oom? Pingin ngecek jg ahh takutnya punya ane bocor jg lagi :big_slap: Mungkin boleh fotoin oom bagian mana buat ngeliat rembes enggaknya :big_blushing:

Kalo kaki2 sih untungnya punya ane dr baru sampe sekarang msh like new, ga ada isu apapun. Wah, boil kita berarti selisih sebulan doang yak
azu wrote: 08 Oct 2021, 09:45 pengalaman claim ke Suzuki mending via email aja langsung ke alamat email ini: Halo Suzuki Mobil <[email protected]> dan Customer Relation <[email protected]>

Disitu jelaskan aja permasalahannya, kalau ada referensi lebih baik (misalnya link yg membahas masalah ini). Dulu saya mencantumkan referensi link ke S3RIOUS Kaskus :D
Jangan lupa cantumkan identitas kendaraan dan pemilik di email dan lebih baik juga cantumkan BeRes yang kita mau kalau mau dilakukan perbaikan.

Pengalaman dulu claim rack steer Ertiga 2012 yang bunyi-bunyi, besoknya langsung ditelepon dan dijadwalkan untuk pengecekan di BeRes yang kita mau, gausah debat2 dulu dengan SA. Dan kelebihannya via email ini adalah BeRes gausah kontak laporan dulu ke pusat terkait claim, begitu SA bilang ada yg salah maka bisa langsung diclaim.
Wah, thanks oom atas masukannya, noted :D
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mesin K15B AN Ertiga Rembes

Post by rakyatwkwkland »

apdet...

Akhirnya nubie memberanikan diri juga untuk klaim garansi ke beres. Prosesnya sangat2 mudah dan sangat2 tidak ribet. SA nya jg ga banyak cing cong, ane cmn bilang "rembes2 yg penyakit berjamaahnya ertiga dan XL7 itu lhoo..." SA nya langsung ngerti :big_biglaugh:

Mubil ane bawa ke SBT Puri. Kebetulan dulu ngangkut boil di sana jg sih, walau kalo servis rutin selama masih dapet kupon servis gratis selalu di SBT PIK soalnya lebih deket dgn rumah dan lebih accesible. Tp kali ini ane milih ke SBT Puri soalnya ane pikir kemungkinan pengerjaannya bakal lama dan boil pasti ane tinggal, jadi ane milih ke SBT Puri aja soalnya kalo ke situ ane bisa baliknya naik transjak, kl ke PIK kudu naik taksi/ojek (ketauan meditnya :big_slap: )

Awalnya ane telepon dulu ke beres, tujuannya buat booking jadwal aja dulu dan sekalian order seal crankshaft yg disaranin mbah @marmut sekalian ganti. Eh tapi katanya pas ane telepon kalo klaim garansi harus dateng dulu ke beres bawa boilnya buat diliat kondisinya dan baru diajuin ke pusat lalu nunggu parts dateng baru bisa dikerjain. Yaudah lah ane pikir mungkin ane bawa dulu ke beres buat pengajuan dan pasti boil kudu ane bawa balik dulu buat nunggu parts dateng, nah sekalian deh ane pesenin tuh seal kruk as nya.

Bawalah ane tuh boil ke beres hari Jumat kemaren. Katanya baru bisa dicek mekanik abis jumatan (kebetulan ane ke sananya sekitar jam 11), kalo parts ready langsung dikerjain. Yaudahlah, ane tinggal tuh boil. Sekalian ane pesenin minta ganti oli soalnya odo dah jalan sekitar 5k km dari terakhir kali gantol dan juga sesuai saran suhu2 di marih bahwa oli dari botol pasti lebih bebas kontaminasi drpd oli yg dah ditampung di baskom, dan juga sekalian minta ganti seal kruk as nya. Awalnya tuh SA bilang belum tentu bisa soalnya tergantung penyebab rembesnya apa, bersuaralah ane kalo ane yg bayarin dah, toh murah ini. Oke langsung dipesenin sama SA nya. Siangnya SA nya nge WA ane ternyata bisa start dikerjain hari itu juga dan boil ane dah dibongkar. Walah2, ane pikir mantab jg dari yang tadinya ane expect kudu nunggu sampe parts siap ternyata bisa langsung dikerjain hari itu juga. Estimasi pengerjaan 3 hari sembari nunggu keseluruhan partsnya beserta seal kruk as yg ane pesen dateng.

Mubil langsung dibongkar siang itu juga :
Image

Senin ane WA SA nya katanya msh belon kelar, msh nunggu seal nya. Entah seal buat benerin rembesnya atau seal crankshaft yg ane pesen. Katanya perkiraan sealnya dateng Selasa pagi dan baru kelar Selasa sore.

Ini pagi ane di WA SA nya katanya boil ane lagi dirakit kembali :
Image

Jam 5 sore ane sampe beres, pas boil ane kelar dicuci. Hasilnya, mesin ane kering lagi seperti sediakala :emo-big_love: :big_exellent:
Image
Ini perbandingannya dengan sebelum dibetulin :
Image

Tanya2 SA apa aja yang dibenerin, katanya diganti paking nya beserta baut. Buat benerin rembesnya, semuanya free of charge. Ane cuma bayar tagihan buat oli mesin (ecstar 0w-20 3,1 L DC 268k disc 10% jadi 240k), ongkos jasa ganti oli (DC 66k), seal crankshaft (DC 38k) harga belum termasuk PPN 10%. Pokoe total2 376an. Bonus lagi gratis filter oli, gasket oli, dan kuras radiator gegara SA nya kelupaan nginputin ke invoicenya jadi kata doi, doi yg nombokin :big_love: :emo-big_love: :big_exellent: Ruarrr binasahhh... :off_good_job: Besok2 ane serpis di sini lagi dah kali2 SA nya kelupaan nginput tagihan oli gitu biar gratis lagi :ngacir:

Keluar dari beres, perkara tarikan mubil nubie gak bisa ngomong begitu banyak soalnya emg nubie rada kurang peka sih sama beda tarikan dikit2 gitu :big_blushing: Yg nubie rasain sih masih mirip2 aja sama sebelum perbaikan, malah kayanya rada enakan dikit (yaiyalah wong oli ne abis ganti baru :big_slap: )

Oh ya, ane jg sekalian nanya, ini kalo misalnya 10k atau 20k km lagi tau2 (amit-amiiiittt) dia rembes lagi, kan pasti dah di luar masa garansi kan, kira2 dapet good-will perbaikan gratis lagi dari sijuki ga? Katanya sih paling nanti diliat aja dulu sumber rembesnya dari mana. Wokeh, kl gitu kalo misalnya ane gebrak meja dulu mungkin msh ada chance dapet free reparasi lagi kali ya :big_weee:

Yg pasti SA nya bilang, 1000 km lagi atau 2 minggu lagi disuruh balik lagi ke beres, buat sekedar pengecekan aja. Yaudah deh, 2 minggu lagi nanti ane bakal balik lagi ke beres, sekalian paling ane update lagi di sini gmn hasilnya.

Kesimpulannya, kalo temen2 ada yang boil ne rembes jg, buruan deh bawa aja ke beres, mumpung masih masa garansi. Toh semuanya gratis ini. Klaimnya jg gak ribet kok. Walau ane rada gedek gegara sijuki gak ada action buat recall, tapi pas diklaim beginian SA nya langsung tanggap sih gak banyak cing cong dan gak pake acara "mengedukasi" customer :mky_03: Nubi yang dah siap2 mau PM mbah DOHC buat bantu gebrak2 meja SA nya pun gajadi dan bisa meninggalkan beres dengan hati tenang riang gembira. Malah dapet free filter oli dan kuras radiator pulak :big_love:

Sekalian numpang mejeng doeloe :
Image

Oh ya, nubie mo nanya jg, itu sebenernya ecstar 0w-20 sanggup dihajar berapa km sih? 5000 km? Apa masih bisa sampe 7000-8000 km?
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post